Jumat, 01 Desember 2017

[Trivia] Introduce to You: C-Drama - My Huckleberry Friends (2017) - Update!


Setelah bertahun-tahun menghindari drama China, akhirnya tahun ini aku menonton drama China dengan cara mendownload untuk pertama kalinya, yaitu A Love So Beautiful.
Dan kali ini, aku berusaha untuk tidak jatuh cinta pada drama lainnya, dan berusaha menghindar -hahahaha- tapi aku malah nggak tahan pengen nonton drama yang berjudul My Huckleberry Friends. Aku sudah berusaha untuk tidak tertarik pada dramanya, tapi stills-nya membuat aku benar-benar nggak bisa untuk tidak penasaran 😳

Bagaimana aku menemukan drama ini?

Sejak awal aku memang nggak terlalu tertarik dengan drama china, meski ada banyak drama-drama bagus belakngan ini. Karena aku pengen fokus sama k-drama dan j-drama aja, rasanya kebanyakan kalau aku juga nonton c-drama juga
Tapi semua itu berubah setelah aku jatuh cinta pada A Love So Beautiful. Aku banyak follow fanpage dan fans A Love so Beautiful di weibo dan mereka sering mengupload stills drama My Huckleberry Friends. Mereka bahkan selalu membanding-bandingkannya, karena keduanya memang youth drama.
Awalnya sih aku cuek aja, meski aku menyimpan beberapa gambar yang cute dari drama ini, tapi aku pikir 'ah, nggak perlu nonton deh, cukup A Love so Beautiful aja, yang bikin hatiku nyut nyut' HAHHAHAHAHA.

Tapi aku beneran nggak tahan karena banyak banged yang upload stills drama My Huckleberry Friends ini. Entah kenapa cuteeeeee gitu, ya ampun, kayaknya bagus, sepertinya aku harus mencoba. Hanya saja, saat melihat di dramacools, nggak ada yang upload. Drama ini juga ga populer internasional dan belum ada yang bikin sub sepanjang yang aku tahu. Makanya agak ragu juga.
Sampai akhirnya aku meliat salah satu screencapture saat OTP kissu pas kecil, aku jadi nggak tahan pengen nonton dan akhirnya aku mencoba 2 episode pertama tanpa subtitle HAHHAHHAHAHAHA. Nekat banged memang kalau udah suka. Tentu saja aku sama sekali nggak mengerti apa yang mereka bicarakan, aku hanya mengandalkan bahasa kalbu. Kalau K-Drama & J-Drama, meski menonton tanpa subtitle, aku paham dikit-dikit, kalau C-Drama yang aku tau cuma Wo Ai Ni dan Xie Xie HAHHAAHAH.😂😂😂😂

Drama ini tayangnya sejak bulan 11 lalu, sepertinya sih bersamaan dengan A Love So Beautiful, makanya banyak yang membandingkannya. Tapi drama ini jauh lebih serius dari A Love So Beautiful, jauh lebih gelap dan fokusnya adalah bukan hanya cinta segitiga saja. Kalau komentar dari yang udah nonton sih, ini drama menggambarkan bagaimana kehidupan sebenarnya anak sekolah di China, dengan masalah-masalah mereka.

My Huckleberry Friends adalah sebuah drama yang diangkat dari sebuah novel berjudul 'Hello, Old Times' yang ditulis oleh Ba Yue Chang An, yang dulu pernah menulis novel berjudul 'With You', yang juga pernah diadaptasi menjadi drama dan sangat populer di China. -aku juga berencana menonton With You, kapan-kapan-.
Drama yang akan tayang sebanyak 30 episode ini adalah coming-of-age drama yang dibintangi oleh Li Lan Di dan Steven Zhang (Aku sama sekali nggak pernah nonton drama/movie mereka, jadi memang newbie banged dibidang ini lol).
Dilihat dari stills-nya aja kita udah tahu ini drama genre-nya youth-romance^^~💕

Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Yu Zhou Zhou. Saat hari pertama masuk sekolah SD, dia terjatuh dan ditolong oleh seorang anak laki-laki bernama Lin Yang. Lin Yang membantu Zhou Zhou beradaptasi dengan sekolah dan mereka berdua menjadi teman baik. Beberapa waktu kemudian tersebar rumor mengenai Zhou Zhou dan membuat orang tua Lin Yang ingin anaknya untuk menjauh dari Zhou Zhou. Sejak Lin Yang menjauh darinya, Zhou Zhou mulai belajar sikap 'pura-pura tidak peduli' pada keadaan disekitarnya.
Di awal kehidupan SMP-nya, Zhou Zhou berhasil kabur dari Lin Yang dan teman-teman SD-nya, ia akhirnya bisa bernafas lega (untuk tidak berpura-pura lagi). Zhou Zhou punya impian untuk masuk ke SMA Zhen Hua dan ia berhasil masuk kesana. Tapi disana ia kembali bertemu dengan Lin Yang, meski ia tak tahu apakah ia sedih atau bahagia bertemu kembali dengan Lin Yang.
Karena sebuah panggilan telpon tak terduga dari Lin Yang, takdir Zhou Zhou kembali berubah.
Lin Yang selama ini selalu merasa bersalah atas kejadian masa lalu dan ia ingin menebus kesalahannya. TApi dilain sisi, ia juga merasa lega karena Zhou Zhou menghindarinya.

Zhou Zhou dan Lin Yang akan menghadapi banyak kejadian dan masalah dimasa SMA mereka. Hal yang menyedihkan dan membahagiakan silih berganti. Mereka bertemu dengan orang-orang baru dan menjalani kehidupan yang baru.
Zhou Zhou selalu menghadapi kesulitan, tapi keceriaan dan kebaikannya selalu membuka jalan untuknya. Ia adalah gadis yang cepat dewasa karena ia sudah menghadapi berbagai insiden sejak ia kecil. (cr. A Virtual Voyage, Cdramabase)

Watch Trailer Here: https://www.youtube.com/watch?v=8dlCih-TTvU&t=14s

Jangan berfikir drama ini akan manis seperti A Love So Beautiful karena still-stillnya manis banged, a aura drama ini sangatlah berbeda. Jika A Love So Beautiful lebih fokus ke kisah cinta antara Xiao Xi dan Jiang Chen, maka di My Huckleberry Friends ini -first impression aku berdasarkan plot dan teaser + episode 1 & 2- lebih gelap dan dalam. Jangan kaget kalau nanti akan ada insiden dalam drama ini, seperti yang biasanya ada di beberapa C-movie yang pernah aku review hohohohoho.
Jadi aku hati-hati banged menonton drama ini 😳

Aku akan menceritakan sedikit mengenai first impressions My Huckleberry Friends Episode 1 dan 2.

Jadi, karena di plot diatas dikatakan kalau mereka adalah teman SD dan kembali bertemu saat SMA, aku pikir alurnya akan sama seperti drama lainnya, diawali dengan tahun 2017 kemudian flashback saat SD sampai nanti tahun 2017. Tapi ternyata aku salah. Aku bahkan bingung saat menonton episode pertama dan sempat cek berkali-kali, bener ga ini aku nonton episode 1? HAHAHAHAHA.

Drama ini diawali dengan tahun 2017, saat para tokoh sudah bekerja dibidang masing-masing dan sepertinya mereka melakukan wawancara gitu, mengenai masa SMA mereka dan disanalah kita melihat flashback masa SMA mereka. Jadi di episode 1 dan 2, kita belum tahu kalau OTP adalah teman sejak SD. Aku juga nggak yakin apakah diawal mereka masih kelas 1 atau bagaimana (karena nggak ada sub jadi aku bingung, aku hanya akan menceritakan menurut bahasa kalbuku saja 🙏).

Yu Zhou Zhou disini gadis yang pintar, ia dimintai tolong teman sekelasnya untuk menjawab sebuah pertanyaan lomba cerdas cermat gitu dan Zhou Zhou menyelesaikan soalnya dalam waktu kurang dari 30 detik, padahal jawabannya panjang banged. Saat itu, Lin Yang melihatnya lari ke gedung dan ia mengikutinya, jadi ia memang kelihatan mengenal Zhou Zhou.

Nah selanjutnya sepertinya tahun ajaran baru gitu, jadi saat pindah kelas, Zhou Zhou dan Lin Yang terlihat satu kelas. Lin Yang selalu menatap Zhou Zhou dari kursi belakang dan Zhou Zhou juga kadang-kadang melirik ke arah Lin Yang. Jadi kita sudah merasa kalau mereka ada sesuatu. Lin yang juga kelihatan ingin mengajak Zhou Zhou bicara, tapi dia masih awkward gitu.
Ini sama dengan penjelasan di plot, kalau mereka berdua ini masih nggak yakin apakah mereka senang atau tidak bertemu kembali. Jadi mereka saling kenal, tapi tidak akrab, berusaha akrab tapi masih awkward. Kira-kira ya seperti itu.

Lin Yang ini baik banged sama Zhou Zhou, ia selalu berusaha membantu Zhou Zhou diam-diam. Misalnya saat ketua kelas meminta yang pandai menggambar dikelas untuk menggambar mural di papan tulis belakang, karena ketua kelas hubungannya sedang nggak baik dengan gadis tomboi di kelas, anak laki-laki yang pandai menggambar itu menolak menggambar, karena ia takut sama si tomboi. Zhou Zhou akhirnya mengambil alih tugas itu. Lin Yang diam-diam mengecek kelas-kelas lain dan mulai membuat referensi mural dan meletakkan di meja Zhou Zhou. Zhou Zhou sudah curiga sih itu perbuatan Lin Yang. Saat Zhou Zhou mengerjakan muralnya dengan lambat karena ia tak bisa menggambar, ada yang jahat dan menumpahkan cat ke mural itu. Lin Yang membantu Zhou Zhou yang kesulitan dan mengajak teman-teman sekelas untuk bekerja sama. Ia juga membantu Zhou Zhou baikan dengan anak yang merusak muralnya. Hasilnya, mural kelas mereka menjadi mural terindah di sekolah. Pokoknya Lin Yang ini baik banged, dia suka membantu Zhou Zhou. Seperti penjelasan plot, dia maish punya rasa bersalah karena kejadian SD dulu.

Dalam plot-nya, Zhou Zhou dirawat oleh ibu tunggal, tapi di episode 1 dan 2 dia tinggal bersama ayah, ibu dan kakak laki-lakinya. Aku sih menebak ibunya meninggal dunia dan dia diadopsi, mungkin itu keluarga ibunya. Aku khawatir dia tidak berhubungan baik dengan keluarganya, tapi ayah dan ibunya ternyata menyayanginya. Cuma kakak laki-lakinya sering mengomel padanya.
Zhou Zhou ini meski pintar, dia menyukai cello. Kalau dilihat dari stills-nya sih dia nantinya akan terjun dibidang musik dan menjadi pemain cello.

Nantinya, Zhou Zhou dan Lin Yang akan bersahabat dengan teman-teman sekelas mereka, tapi di episode 1 dan 2, masih tahap perkenalan dan pendekatan, mereka masih orang asing dan bahkan saling membenci satu sama lain, belum akrab. Sepertinya di setiap episode kita akan melihat bagaimana mereka akan menjadi dekat dengan Zhou Zhou, karena Zhou Zhou kelihatan memang nggak punya teman, meski dia sebenarnya baik. Di episode 1, Zhou Zhou menjadi dekat dengan ketua kelas yang merupakan saingannya dalam nilai dan di episode 2 Zhou Zhou menjadi dekat dengan si tomboi di kelas mereka setelah kesalahpahaman selesai.

 UPDATE!

Jadi, aku mengedit  kembali postingan ini mulai dari sini sampai kebawah. Saat aku mengedit postingan ini, aku sudah menonton sampai epsiode 12, jadi sedikit banyak aku sudah mengerti apa yang terjadi disini. Aku juga membuat relationship chart diatas untuk sedikit memudahkan agar lebih mengerti mengenai hubungan dalam drama ini dan nama-nama karakternya. Aku akan menjelaskan dibawah ini mengenai karakter dalam drama ini, sejauh yang aku pahami dari dramanya saat menonton tanpa subtitle :) SPOILER ALERT!
  • Li Yang dan Zhou Zhou ternyata tidak sekelas. Aku masih tidak mengerti kenapa diawal episode 2 mereka sekelas, tapi di episode 3 mereka malah pisah kelas sementara teman-teman sekelas Zhou Zhou di episode 2 masih sama dengan episode 3 kecuali, Lin Yang tak ada disana.
  • Lin Yang dan Zhou Zhou, awalnya aku pikir mereka hilang kontak pas tamat SD, ternyata enggak. Pas SMP, mereka ketemu lagi di taman bermain dan disana Lin Yang berusaha mendekati Zhou Zhou lagi. Mereka berdua menjadi dekat dalam sekejap tapi kemudian terjadi lagi sebuah insiden yang membuat mereka jadi menjauh lagi.
  • Jadi masalah waktu SD itu adalah, Zhou Zhou menjadi anak pindahan di kelas Lin Yang dkk. Zhou Zhou dibesarkan oleh seorang ibu tunggal yang cantik, kalau nggak salah ibunya membuka klinik tradisional gitu. Nah ada gosip kalau klinik ibunya ini mencurigakan, jadi banyak warga yang melabrak. Ada bapak-bapak yang kayaknya naksir sama ibu Zhou Zhou dan berusaha mendekati Zhou Zhou, tapi suatu hari di klub tari, Zhou Zhou kecil mengikuti bapak itu dan memanggilnya paman, tapi Zhou Zhou dicuekin. Bapak itu udah menikah dan anaknya ada di kelas yang sama dengan Zhou Zhou. Makanya muncullah gosip jelek tentang Zhou Zhou dan semua anak kelas menjauhinya, terjadi pertengkaran juga dimana Zhou Zhou sebenarnya nggak salah tapi dipaksa meminta maaf. Karena masalah itulah ibu Lin Yang meminta Lin Yang menjauhi Zhou Zhou. Bapak itu ternyata adalah ayah Zhou Zhou. 
  • Lin Yang selalu merasa bersalah pada Zhou Zhou, makanya pas SMP dia mendekati Zhou Zhou lagi dan mereka menjadi dekat dengan cepat, bahkan sempat liburan bareng juga. Zhou Zhou sendiri saat itu sudah hidup bahagia, ibunya menikah lagi dan suami baru ibunya sangat baik padanya. Tapi karena sebuah telpon dari Lin Yang, yang mengajak kencan dirinya, orang tuanya kecelakaan dan meninggal dunia. Zhou Zhou yang sedang rapuh menyalahkan Lin Yang dan karena itulah Lin yang selalu merasa dia membawa ketidakberuntungan bagi Zhou Zhou, sejak bertemu dengannya Zhou Zhou akan mengalami kemalangan. Disalah satu episode Lin Yang mengatakan ia akan terus mengikuti Zhou Zhou sampai ia bisa mengembalikan kebahagiaan yang terenggut dari Zhou Zhou dimasa lalu. Karena itu juga mereka jadi berteman baik lagi di SMA.
  • Ketua kelas Zhou Zhou namanya Ling Xiang Qian (diatas aku sebutkan sebagai saingan Zhou Zhou, kayaknya dia nggak suka karena Zhou Zhou pintar). Tapi Xiang Qian ini ternyata baik. Dia adalah teman SD Lin Yang dan Zhou Zhou, jadi mereka sudah kenal sejak SD. Xiang Qian ini menyukai ketua OSIS, Tian Kuo. Aku masih ragu bagaimana perasaan Tian Kuo pada Xiang Qian, tapi kayaknya dia juga suka, mengingat pas natal dia membelikan hadiah natal untuk Xiang Qian.
  • Jiang Si adalah teman sekelas / sohib Lin Yang. Mereka kenal sejak SD dan satu SD dengan Zhou Zhou dan Xiang Qian juga. Jiang Si adalah yang anak kecil yang membuat Zhou Zhou dan Lin Yang kecil kissu di pipi LOL. Jiang Si menyukai Xiang Qian sejak SD, sampai SMA dia tetap mengejar Xiang Qian. DIa tau Xiang Qian menyukai Tian Kuo, tapi dia nggak menyerah.
  • Ben Ben adalah teman masa kecil Zhou Zhou, dia lebih muda dari Zhou Zhou. Sepertinya sih anak tetangga yang sering main ke rumah Zhou Zhou dulu saat ibunya masih hidup. Mereka berdua sangat dekat. Ben Ben bahkan kembali menemui Zhou Zhou di SMA dan sering menginap di kamar Zhou Zhou. Mereka sudah seperti kakak adik. Ben Ben tidak menyukai Lin Yang karena ia tahu Lin Yang orang yang membuat Zhou Zhou sedih. Awalnya aku pikir Ben Ben ini menyukai Zhou Zhou, tapi setelah Ben Ben dekat dengan Mi Qiao, aku merasa mereka berdua adalah pasangan yang sangat serasi.
  • Mi Qiao ini adalah teman sekelas Zhou Zhou, duduk dibelakang Zhou Zhou, diatas, aku memanggilnya si tomboi. Dia tomboi banged, penggemar anime no 1 dan bahkan mendirikan klub anime bersama Zhou Zhou dan teman sebangku Zhou Zhou (si kacamata, aku lupa namanya siapa). Dia jadi dekat dengan Ben Ben setelah keduanya lomba makan ayam, dia kebanyakan makan dan pingsan. Ia dirawat di rumah sakit dan Ben Ben selalu setia menemaninya. Mereka berdua ini cocok bersama-sama.
  • Xin Rui dan Zhi Qiang adalah murid pindahan di kelas Zhou Zhou, Xiang Qian dan Mi Qiao. Mereka berdua pindahan dari desa yang sekolah lama mereka belum mengajarkan bahasa inggris, jadi awalnya mereka kesulitan. Zhou Zhou dan Mi Qiang dibantu dengan wali kelas mereka kemudian mengajarkan bahasa inggris secara pribadi pada Xin Rui dan Zhi Qiang sampai mereka bisa.
  • Xin Rui ini anaknya pendiam dan suaranya kecil. Aku nggak tahu apa hubungannya dengan Zhi Qiang, kenapa mereka pindah bersama. Apakah mereka saudara atau bagaimana, aku nggak paham. Tapi Zhi Qiang ini jahat banged sama Xin Rui, dia sering menganggu dan menyuruh Xin Rui membawakan rokok untuknya, pokoknya sering mengancam Xin Rui. Tapi pas malam natal dia memberikan kartu ucapan gitu, kayaknya sih ini Zhi Qiang ini tipe tsundere berat. Aku menebak dia menyukai Xin Rui.
  • Xin Rui anaknya baik dan ia suka berteman dengan Zhou Zhou dkk. Ia merasa sangat sedih karena tak bisa ikut pementasan, karena ia datang terlambat. Ia sangat bahagia saat mendapatkan hadiah sarung tangan dari Zhou Zhou. Tapi belakangan ini aku merasa Xin Rui ini menyukai Lin Yang, karena ia menyimpan foto cosplay-nya bersama Lin Yang hmmmm.
  • Chen An adalah tokoh yang cukup mengejutkan bagiku, karena baru diperkenalkan sekitar episode belasan. Dia adalah teman les musik Zhou Zhou sejak kecil. Zhou Zhou menyukai Chen An dan aku masih belum yakin bagaimana perasaan Chen An saat aku menulis postingan ini. Sepertinya sih dia suka juga sama Zhou Zhou.
  • Di drama ini, sampai episode 12, aku merasa kalau Lin Yang ini adalah Wu Bo Song-nya My Huckleberry Friends HAHHAHAHHHA. Baik banged, rela melakukan segalanya untuk menolong female lead, tapi melihat female lead menyukai pria lain, tapi itu tak menghentikan rasa cintanya huhuhuhuu

Tapi drama ini nggak melulu membahas masalah cinta lho. Karena disini masalah para guru bahkan masalah percintaan guru juga dibahas HAHAHHAHAHA.
Selain itu, hubungan para sahabat, teman sekelas dan festival-festival ditulis secara menarik. Aku berharap banged subtitlenya cepat rilis biar aku puas menontonnya XD

Berikut ini adalah beberapa stills drama ini. Para sahabat dan pasangan mereka.

OTP 💕
Yu Zhou Zhou (Li Lan Di) dan Lin Yang (Steven Zhang).
Siapa sih yang nggak gemes melihat stills dan bts mereka berdua yang begini?
Jadi pengen nonton kan? HAHAHHAHHAHA

Yu Zhou Zhou 💕
Dia suka bermain cello (itu cello kan?). Cello itu adalah pemberian ibu kandungnya. Di episode pertama ia terlihat akan menjual cello itu, tapi teringat kenangan bersama ibunya dan nggak jadi menjualnya. Dia pernah ikut les Cello dan berkenalan dengan Chen An disana. Ia sepertinya menyukai Chen An dan sering membayangkan Chen An memainkan piano untuknya. Lin Yang belakangan baru tahu kalau ia pernah melihat Zhou Zhou hanya melihat ke arah Chen An saat mereka masih SD.

Lin Yang sangat suka bermain basket.  Ini adalah adegan saat ketua Osis alias Tian Kuo mengajaknya untuk tanding basket. Saat adegan ini terjadi pertengkaran dan Zhou Zhou mengajak Lin Yang kabur ke atap. Di atap Lin Yang mengatakan perasaannya pada Zhou Zhou, bukan nembak, tapi bagaimana kalau ia selalu merasa bersalah atas apa yang terjadi dimasa lalu, bahwa ia akan terus mengikuti Zhou Zhou sampai kebahagiaan yang terenggut kembali pada Zhou Zhou.


Lin Xiang Qian (Tang Meng Jia) dan Jiang Si.
Mereka adalah OTP lainnya.
Aku punya feeling kalau mereka akan jadian diakhir drama ini. Mereka adalah teman sejak SD dan Jiang Si selalu mengikuti Xiang Qian, selalu menyukainya meski gadis itu sangat dingin padanya.



Ben Ben (Zhou Cheng Ao) dan Mi Qiao (Li Qian)
Mi Qian adalah si tomboi yang aku maksud diatas. Teman sekelas Zhou Zhou, punya pengaruh yang lumayan dikelas. Kalau Ben Ben ini sudah seperti adik sendiri bagi  Zhou Zhou, dia kayaknya kenal Lin Yang juga tapi ga suka sama Lin Yang. Dia selalu waspada kalau ada cowok yang mendekati Zhou Zhou, termasuk Chen An.

Ketua osis dan ketua kelas. Hubungan mereka berdua ini menurut aku cukup unik. Mereka nyaman berdua tapi tidak pacaran. Xiang Qian menyukai Tian Kuo, tapi aku nggak tahu perasaan Tian KUo padanya. Aku menyukai pasangan ini lho dan siap-siap patah hati HAHHAHAHA

Chen An, seorang pianis, saingan cinta Lin yang. Zhou Zhou menyukai Chen An.






Xiang Qian, Jiang Si dan Lin Yang, teman sejak SD.


  LIn Yang, Zhou Zhou, Xiang Qian dan Jiang Si. Ini adalah saat mereka SMP, setelah Lin Yang bertemu kembali dengan Zhou Zhou, dia mengajak Zhou Zhou main ke pantai bersama Jiang Si dan Xiang Qian.


 Ini sohib banged berdua, selalu bersama-sama, selalu merencanakan sesuatu bersama. Jiang Si siap membantu Lin Yang dan begitu juga sebaliknya. Aku suka saat mereka merencanakan akan menyatakan perasaan para orang yang mereka suka saat natal, mereka membuat satu rencana dimana mereka bisa menyatakan perasaan dilain tempat. Lin yang dalam gedung dan Jiang Si diluar gedung bersama Xiang Qian. Lin Yang harus melakukan sesuatu sehingga balon terbang ke udara membentu 'love' yang rencananya akan dilihat oleh Xiang Qian.

Para tokoh dalam drama ini sangat banyak dan aku masih belum hafal nama-nama mereka, yang diatas ada yang bersahabat, saingan dan lain-lain juga adalah tokoh penting, tapi aku nggak hafal namanya, mianhae~

untuk foto paling bawah itu:
2 dibawah Lin Yang dan Zhouzhou
yang ditengah ada si Chen Yao, Xin Rui, Mi Qiao, teman sebangku Zhou Zhou, Xiang Qian.
dua dibelakang itu kayaknya Chen An dan Tian Kuo.



Hmmmm??????? 😍💕💘


Oke itu dia seikit penjelasan mengenai My Hucleberry Friends. Aku baru tau kalau Huckleberry Friends itu artinya sahabat, tapi lebih dekat dari sahabat gitu. Aku takutnya dengan begini nanti Zhou Zhou dan Lin Yang hanya berakhir sebagai sahabat HAHAHAHHAHA.

Aku masih menantikan subtitle drama ini dan semoga saja ada yang merilis subnya. Aku sebenarnya udah cek viki dan sepertinya mereka akan membuat sub drama ini, sudah ada forumnya di viki aku lihat. Semoga cepat ya. Sampai tulisan ini dibuat, drama ini sudah ada yang upload sampai episode 15 RAW.. Kalian bisa cek di youtube channel bi suang.

Kalau ada yang nemu subnya, jangan lupa kasih tau aku ya~ hhohohohoho 🙌🙌🙌


Share:

13 komentar:

  1. penasaran kak.. dari drama A love so Beautiful sama drama ini seragamnya kaya seragam olahraga yah.. apa memang seragam skolah China kaya gitu? lucu jg.. cewe disini pakainya celana panjang jadi agak nyaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, di China seragam anak SMA memang gini, seragam olahraga. Asik ya, bisa pake baju bebas di dalam asal jaketnya tetap dipake. Enak mau ngapa-ngapain hahhahha

      Hapus
  2. Aku mau tanya dong di mana ya download drama ini? Thank you :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nonton di youtube, search pake tulisan china judulnya terus episodenya

      Hapus
  3. sist, boleh bagi link download nya gak ? aku cari di youtube pake tulisan china jg ga ada.. makasih :-)

    BalasHapus
  4. Baru ada sub nya di dailymotion, Liu Nuomi tapi baru ep 2 :') gara2 gw baca review ini gw juga ngubek2 google, yutub utk nyari engsubnya, thengkyu yaa udh review drama bagus gini wkwkw

    BalasHapus
  5. Makasih banyak udah review drama ini,pictnya jernih banget, semakin penasaran untuk nonton dramanya 😍😍

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://myasiantv.se/drama/my-huckleberry-friends/episode-12/

      eng sub full

      Hapus
  7. http://kshowonline.online/watch-video/drama/my-huckleberry-friends/episode-5/ itu ada link buat yg mau nonton,tapi subnya inggris

    BalasHapus
  8. Huaaaaaa rada penasaran sama ini, share dikit. Awalnya ak suka c drama juga sama kayak mba author, gegara a love so beautiful ((berbulan2 gabisa move on)). Sampe akhirnya ketemu c drama lain : with you ((gabisa move on lagi)).

    Mungkin ini yg selanjutny a must try to watch.

    Tp takut endingnya sahabatan aja :( maunya kawinan :')

    BalasHapus
  9. Aku udah nonton ini pas 2019 dan ada subtitle Indonesia, aku cari di Google, dan emng suka bgt sampe sekarang. Apalagi scene waktu nyalaij petasan di tanah orang sama yg malam sebelu sahabat Zhouzhou mmeninggal itu nangis bgt

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts