Sabtu, 09 Desember 2017

[Trivia] Year in Review 2017 : Drama That I Watched This Year


Tidak terasa sudah memasuki akhir tahun 2017, padahal rasanya baru kemarin menulis Year in Review 2016. Rasanya belakangan ini waktu berlalu dengan sangat cepat, nggak terasa sudah dipenghujung tahun aja.
Aku berfikir tontonan aku ditahun 2017 ini berkurang dari tahun lalu, terutama dalam hal K-Drama, tapi ternyata setelah di-lits, tetap aja banyak. Hanya saja untuk tahun 2017 ini, banyak drama yang berhenti aku tonton ditengah-tengah masa tayangnya dan juga ada yang nggak jadi aku tonton karena masalah subtitle-nya lama banged.
Menurutku K-Drama belakangan ini plot-nya boring banged untuk genre yang biasa aku suka, kalua untuk genre yang ga aku suka sudah pasti aku lewatkan sih.
Tahun 2017 ini, kebanyakan tema K-Drama itu thriller dan gelap, makanya banyak drama yang aku lewatkan. Untuk drama romance sendiri entah kenapa aku malah ga suka dan banyak yang nggak selesai, karena menurut aku agak membosankan HAHAHHAHA.


Berikut ini list drama-drama yang aku tonton sepanjang tahun 2017, baik yang selesai mau-pun yang tidak selesai.

FINISHED DRAMA

Goblin (2017) -  Meski banyak komentar yang buruk mengenai Goblin, ini adalah K-Drama yang paling berkesan bagiku di awal tahun 2017 lalu. Aku menyukai ceritanya dan para cast-nya, meski katanya cheesy bla bla bla, aku suka pokoknya sama Gong Yoo HAHAHHAHAAA. Sangat sulit bagi K-Drama sekarang untuk mencapai kesuksesan Goblin, bahkan sampai akhir tahun 2017 ini belum ada drama yang bahkan mendekati kesuksesan Goblin. Aku sangat merindukan drama ini. KIra-kira bagaimana kehidupan reinkarnasi Eun Tak dan Kim Shin ya? Apakag mereka bahagia? hehhehehe. Tapi meski aku sangat menyukai drama ini, aku juga agak kesal karena drama ini sudah membuat blog lamaku dihapus T______T sedih banged pas liat blog udah nggak ada  lagi di mesin pencarian google. Padahal aku cuma buat sinopsis saja tapi malah dihapus postnya bahkan blognya, masih geram sih HAHHAAHHAHA. Mengingat karena Goblin pengunjung blog makin nambah, terpaksa deh mulai dari awal lagi. Goblin dan Reply 1997 akan selalu ada dihati aku, sebagai drama bagus tapi bikin aku nyesek wkwkkwkwkwkkwkwkw.n Recomended!

Fight for My Way (2017) - Sebuah drama slice of life yang menceritakan persahabatan 4 orang yang punya impian besar saat kecil, tapi harus menerima kenyataan bahwa terjun ke masyarakat sangatlah sulit. Mereka tidak melupakan impian mereka, tapi mereka juga harus berjuang dijalan yang sebenarnya tidak mereka pilih, tapi mereka tak punya pilihan selain melaluinya. INi adalah sebuah drama yang sangat menyentuh dan berkesan bagaimana para tokoh berjuang, saling mencintai, tetap bersahabat dan tidak melupakan impian mereka. Apakah kalian pernah mendengarkan lagu Arrow To Athens yang berjudul City of Angels? Maka lirik lagu itu benar-benar mirip dengan kehidupan Dong Man dan Aera, aku bahkan membuat FMV dengan menggunakan lagu itu, karena pas pertama denger lagunya, aku langsung membayangkan Dong Man dan Aera^^~ Recomended!

My Father is Strange (2017) - Sudah lama sekali nggak mengikuti weekend drama korea, dan ini adalah weekend drama yang akhirnya bisa aku selesaikan. Dengan script yang menarik, para tokoh yang mempunyai keunikan masing-masing, akting yang oke, aku benar-benar sangat menyukai My Father Is Strange. Bagi yang belum mencoba drama ini, aku sangat menyarankan kalian untuk mencobanya. Jangan ragu hanya karena ini drama punya 52 episode, karena begitu kalian tiba di episode 52, kalian akan mengeluh karena rasanya kok kurang HAHAHHAHAHAHA. Tapi sebenarnya plot drama ini nggak jauh-jauh dari plot family weekend drama dengan rahasia kelahiran, rahasia masa lalu dan penyakit mematikan (meski nggak makjang sih). Tapi cara penyampaiannya itu asik. Aku sangat menyukai kedekatan keluarga Byun, bagaimana mereka selalu makan bersama dan sang ayah yang selalu setia membuatkan sarapan bagi anak-anaknya. Sebenarnya alasan aku menonton drama ini karena yang main Jung So Min dan Lee Joon sih HAHAHHAHAHA. Aku dengar drama pengganti drama ini ratingnya justru lebih tinggi, tapi kayaknya makjang gitu ceritanya. Sayang yang main Park Si Ho, aku kurang suka dia setelah kasus waktu itu lol. Recomended!

Radiant Office (2017) - Aku mulai menonton drama ini karena yang main adalah Lee Dong Hwi. Awalnya aku tidak tertarik tapi kalau nggak salah waktu itu aku nggak tahu mau nonton apa, terus download deh ini drama. TErnyata bagus dan memang bagus, jadinya aku terus menontonnya sampai tuntas. Ini drama menceritakan mengenai 3 orang yang mengalami banyak kegagalan dalam hidup mereka, seorang gadis yang sudah 99 kali ditolak perusahaan, seorang pria yang memutuskan mencari pekerjaan setelah putus dengan pacarnya dan seorang pria yang selalu melakukan apapun keinginan ibunya. Mereka sama-sama diterima disebuah perusahaan tapi sang Manager berfikir kalau mereka bertiga masuk karena koneksi. Mereka bertiga sebenarnya terikat oleh sebuah takdir yang menurutku sangat kuat. Aku senang mereka bertiga berakhir bahagia bersama-sama. Drama ini tentu saja ada kisah cintanya, tapi nggak berlebihan sama sekali, makanya aku suka. Awalnya aku sebenarnya khawatir dengan drama ini, karena aku malas menonton drama temanya tentang bekerja disebuah perusahaan tapi para tokohnya asik pacaran dan nggak kerja. Untung drama ini porsinya pas. Recomended!

The Best Hit (2017) - Aku menonton drama ini karena sutradaranya adalah Yoo Hojin PD-nim dari 1N2D. Dramanya sendiri sebenarnya nggak terlalu bagus dan banyak banged iklanya, jadi sangat menganggu. PLotnya juga biasa aja. Tapi entah kenapa aku menonton sampai akhir. Mungkin karena chemistry para sahabat kali ya. Aku suka kalau mereka bersama-sama, makan sambil ngobrol di atap^^~

Age of Youth 2 (2017) - Drama yang paling aku tunggu di tahun 2017 ini. Season kedua dari Age of Youth yang awalnya aku protes banged karena mereka mengganti tokoh Yoo Eun Jae dan seperti dugaanku, dia tidak terlalu bagus memerankannya. Tapi karena akhirnya dia putus sama JOng Yeol sunbae, jadi aku mulai dapat karakternya. Aku nggak bisa membayangkan kalau Park Hae Soo yang main, aku mungkin bakalan patah hati selamanya HAHAHAHHA. Season 2 ini merupakan kelanjutan dari sesaon pertama dan penulsinya benar-benar total banged dengan season 2 ini karena feel-nya masih terasa, OST-nya juga sama dan plot-nya tetap slice of life dengan misteri didalamnya. Tapi masalahnya adalah pasangan Ji Won dan Sung Min masih saja dalam friendzone yang membuat banyak fans yang berteriak kesal , mengingat di season 1 kisah mereka digantung dan diseason 2 juga masih digantung. Apalagi muncul plot twist dimana Ji Won akan meninggal di tahun 2025 T_____T Sepertinya penulis memang nggak menyukai Ji Won dan Sung Min. Aku seidh banged, tapi setidaknya mereka berdua menikah dan punya anak, hanya saja Sung Min jadi duda muda T_T. Recomended!

Romance Full of Life (2017) - Ini adalah drama kedua dari trilogi Three Color Fantasy. Ini satu-satunya drama yang aku selesaikan dari trilogi ini. Aku sangat menyukai cerita drama ini, mengenai mereka yang berjuang untuk ujian PNS. Tapi karena ini fantasy tentu saja ada yang nggak masuk akal, ada sebuah pil yang kalau diminum kita akan menjadi pintar, kuat, ganteng HAHAHHAHHA. Sebenarnya ya, tanpa pil ajaib itu, kalau ini drama slice of life biasa, udah bagus lho. Recomended!

While You Were Sleeping (2017) - Aku baper sama 2nd lead di drama ini, huhuhuhuhuhu. Pak Polisi ganteng XD. Menonton drama ini hanya untuk Suzy, Lee Jong Suk dan penulisnya, siapa sangka ternyata Jung Hae In malah buat klepek-klepek dengan kebaikannya dan rasa cintanya yang suci pada sang tokoh utama. Ia bukan tipe yang memaksakan perasaan, tapi ia mencintai dengan tulus dan ingin orang yang ia cintai bahagia. Aku masih ingat banged adegan dia yang mengambil foto bayangannya dan Suzy, omg T_____T Keren sih penulisnya bisa nemu ide begitu HAHAHHAAHHA. Ini dramanya, selain wajah para tokohnya yang bikin adem, plotnya bikin merinding dan aku suka banged bagaimana penulisnya menulis tiap episode drama ini. PLot twist-nya keren lah. Karena selain tokoh utama, tokoh pembantu di drama ini juga perannya benar-benar maksimal, kita nggak bisa membenci para tokoh dalam drama ini, bahkan pengacara yang jahat aja aku selalu menantikan aksinya HAHHAHAHAH. Recomended!

If We Were A Season (2017) - Ini termasuk drama ya, bukan movie, drama special dari KBS. Aku sangat menyukai cinematography dan OSt drama ini. Bikin adem. Tapi script-nya benar-benar membuat aku bingung. Intinya ini drama bagus banged tapi bikin bingung, sepertinya kita butuh epsiode panjangnya deh. Aku masih bertanya-tanya jadi si cewek beneran suka sama teman masa kecilnya nggak sih? Terus kenapa mereka nggak bersatu? Karena takut hubungan mereka berubah? Terus arti pelukan yang di stasiun kereta itu apa? Tandanya aku nggak akan melupakanmu? Atau perpisahan terakhir? Karena kan kata si cewek kalau endingnya pelukan, kisahnya belum selesai, jadi ada sambungannya, tapi gimana? HAHAHAHAHHAHHA. Ini drama banyak menimbulkan pertanyaan, tapi aku suka dramanya. Yang memerankan tokoh utama cowoknya mirip Kim Soo Hyun XD. (Skor: 3/5)

Beppin-san (2016) - Asadora pertama yang aku ikuti ongoing dan aku banyak mengeluh saat menonton drama ini, karena scrit-nya membosankan. Aku bahkan berfikir akan drop drama ini tapi kemudian Yuki Furukawa diumumkan menjadi cast-nya, aku akhirnya bertahan lagi sampai tamat HAHAHHAHAHAH. Ini drama tentang seorang gadis dari keluarga kaya, setelah menikah ia ditinggal suaminya pegi berperang, ia melahirkan saat perang dunia II dan harus hidup sebagai ibu tunggal. Ia tidak bisa melakukan apapun karena dia ojousan, tapi untuk memberi makan anaknya, dia harus melakukan sesuatu. Satu-satunya yang bisa ia lakukan adalah menyulam dan ia mulai bisnis menyulamnya bersama 2 teman SMA-nya dan 1 anak pembantunya dulu. Mereka membuat bisnis pakaian bayi dan anak-anak. Kisah ini dimulai saat sang heroine berusia 7 tahun sampai 70an tahun, sampai cucunya usia 10 tahun kayaknya.

Hiyokko (2017) -  Ini adalah asadora ongoing kedua yang aku ikuti dan asadora pertama yang aku ikuti sejak pemilihan heroine-nya. Aku sangat menyukai drama ini, meski-pun ada beberapa part yang membosankan, tapi aku tetap menikmatinya. Disini kita melihat kekuatan dari naskah sebuah drama, karena penulisnya benar-benar keren membuat bagaimana 1 episode itu hanya percakapan sambil minum teh, tapi tetap menarik. Aku tidak terlalu menyukai akting Kasumi Arimura, tapi di drama ini aktingnya sangat sangat bagus, aku benar-benar menyukai Mineko. Sayangnya menuju ending drama ini, terasa terburu-buru. Apalagi kisah cinta sejati Mineko dan Hide baru dimulai 2 minggu terakhir, jadi benar-benar terasa banged kurangnya. Meskipun begitu, ini drama benar-benar memperlihatkan masa muda remaja tahun 1960an. Drama ini mengisahkan tentang heroine yang ayahnya menghilang di Tokyo. Demi membantu keuangan keluarga, ia berangkat ke Tokyo dan bekerja dipabrik, disana ia bertemu dengan teman-teman baru dan mereka akan menjadi teman selamanya. Tapi pabrik bangkrut dan mereka harus berpisah melalui jalan masing-masing. Heroine kemudian bekerja sebagai pelayan disebuah restoran barat dan tinggal di apartemen kecil dan berkenalan dengan orang-orang baru disana. Ia mulai masuk ke masyarakat dan menjadi gadis termuda dalam perkumpulan mereka. INi drama sangat menghangatkan hati. Aku belum sempat menulis review-nya nih, tapi udah ada dalam rencana ^^~ BAgi fans Kasumi Arimura, ini adalah drama yang wajib di tonton. Recomended!

Gegege no Nyobo (2010) - Ini juga sebuah asadora / morning drama. Diangkat dari kisah nyata manga-ka gegege no kitaro yang kehilangan tangan kirinya saat berperang. Ia menikah dengan seorang gadis yang dijodohkan dengannya, 5 hari setelah berkenalan. Aku sangat menyukai tokoh Shigeru disini, karena meski ia kehilangan tangan kirinya, ia tidak pernah merasa rendah diri karena itu, ia tidak mau dikasihani dan peuh rasa percaya diri kalau ia bisa melakukan semuanya sendirian. Karena tokoh utama drama ini adalah tentang istrinya, tentu kisah sang istri banyak diceritakan, dia benar-benar istri yang baik, setia pada suaminya meski mereka hidup dalam kemiskinan. Ini termasuk salah satu asadora terbaik yang aku tonton. Tapi sebenarnya setelah anak-anak mereka tumbuh dewasa, ceritanya mulai agak membosankan. Makin banyak aku menonton asadora, aku makin merasa cerita itu mulai membosankan ditengah episode apalagi kalau anak sang tokoh utama sudah remaja. Recomended!

Carnation (2011) - Banyak yang merekomendasikan asadora ini padaku, makanya aku mulai menontonnya. Tapi sayang sekali, aku nggak bisa memberi rating tinggi pada asadora ini, karena entah kenapa aku kurang nyaman menontonnya. Tapi cerita asadora ini bagus banged, mengisahkan tentang seorang gadis yang menyukai mesin jahit dan pakaian barat sementara pada masa itu sangat jarang orang menggunakan pakaian barat. Ia menjadi designer dan membuka usahanya sendiri. Ia membesarkan 3 puterinya yang juga mengikuti jalannya menjadi designer ternama di Jepang saat ini. Tentu saja ini diangat dari kisah nyata jadi naskahnya dibuat dengan baik. TApi seperti yang aku katakan diatas, aku mulai merasa ceritanya agak membosankan saat anak-anaknya remaja dan dewasa. LOL. Tapi ending asadora ini adalah salah satu ending asadora terbaik yang pernah aku tonton. Aku sangat menyukai mereka membahas mengenai stasiun TV NHK yang akan membuat asadora mengenai kisah hidupnya, dan pada episode terakhir, NHK menayangkan Carnation episode pertama. Recomended!

Ohisama (2011) - Karena aku suka Hiyokko, aku jadi penasaran dengan penulisnya, yang sebelumnya pernah menulis 2 asadora lainnya. Karena itu aku menonton Ohisama, kebetulan yang main adalah Inoue Mao. Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis yang kehilangan ibunya sejak kecil dan mulai mengurus rumah, ayah dan 2 kakaknya sejak ia masih 10 tahun. IA kemudian menemukan impiannya untuk menjadi seorang guru. Heroine adalah gadis yang sangat positif, ia bertemu dengan seorang ibu yang sangat menyukainya, kemudian menjodohkan heroine dengan puteranya. Aku sangat suka karena mertua duluan yang jatuh cinta padanya, bukan suaminya. Mertuanya sangat baik padanya, masa dimana kalau udah menikah istri harus diam dirumah mengurus keluarga, ia malah ingin menantunya terus bekerja. Tapi ending drama ini terasa sangat dipaksakan, karena rasanya terburu-buru dan seolah-olah untuk menutupi 156 episode ini, harus ada episode tambahan, awalnya ini asadora akan menjadi salah satu asadora terbaik yang pernah aku tonton, tapi karena mulai membosankan, akhirnya nggak jadi deh HAHAHAHHAA. Tapi aku sangat menyukai Inoue Mao disini yang mudah terharu, hubungannya dengan sahabatnya, keluarganya, orang-orang disekitarnya. Sepertinya Inoue Mao memang salah satu heroine yang sangat pure dan berjiwa malaikat dalam asadora :) Recomended!

Churasan (2001) - Setelah Hiyokko dan Ohisama, akhirnya aku mencoba asadora pertama dari penulis yang sama, berjudul Churasan. Ini asadora tahun 2001, jadi memang jadul banged, dari pakaiannya dan semuanya. Asadora ini mengambil lokasi di Okinawa, jadi pemadangannya indah banged lhoooo. Sayangnya ceritanya fairytale banged dan ada penyakit mematikan di endingnya, padahal menurutku nggak penting banged + tokoh utamanya lama-lama jadi bodoh diendingnya, nyebelin banged HAHAHAAHa. Drama ini mengisahkan tentang dua sejoli yang berjanji akan menikah setelah dewasa nanti dan sang gadis selalu percaya akan janji itu, sementara sang pria merasa itu hanya janji anak-anak aja, jadi nggak mungkin lah si cewek masih ingat. Si pria sekolah di sekolah kedokteran dan di gadis berangkat ke Tokyo dan menemukan impiannya menjadi perawat. Awalnya sang gadis patah hati saat tahu sang pria sudha tak ingat janji mereka tapi kemudian sang pria memutuskan untuk memenuhi janjinya, mereka berdua langsung menikah tanpa pacaran. Yang membuat drama ini seru adalah hubungan para tokohnya. Keluarga di Okinawa sangat unik, mulai dari nenek sampai adiknya heroine. apartemen tempat heroine tinggal orangnya juga asik-asik dan mereka bahkan menemukan jodoh disana, jadi sesama penghuni apartemen ternyata berjodoh kecuali satu orang HAHAHAHAH. Hubungan heroine dan adiknya juga menarik, meski sering bertengkar mereka sangat dekat. Karakter dalam drama ini sangat unik dan punya ciri khas tersendiri. Katanya sih pas drama ini tayang di Jepang, drama ini sangat populer. Recomended!

Massan (2014) - Aku banyak mendengar review buruk mengenai drama ini dari yang sudah menontonnya, makanya aku nggak tertarik pada awalnya. Tapi makin lama tontonan asadora semakin berkurang, mengingat yang ada subnya juga sedikit. Akhirnya aku menonton drama ini dan ternyata bagus bangeeeed. Aku sangat menyukai drama ini pas aku menontonnya dan ikutan baper karena pasanagn utamanya skinsipnya lumayan banyak, nggak kayak pasangan asadora yang lain. Drama ini based on true story tentang seorang pria yang membuat wisky asli Jepang untuk pertama kalinya. Disaat semua orang meragukannya dan nggak ada yang percaya padanya, menganggap impiannya hanya sebuah angan-angan belaka, hanya sang istri yang selalu mendukung dan mempercayainya. Bahkan saat dia sendiri juga sudah menyerah akan impiannya, sang istri selalu meyakinkannya untuk tidak melupakan impiannya. Uniknya, istrinya adalah orang asing yang ia temui di Skotlandia saat ia belajar disana. Pada masa itu, pernikahan orang jepang dengan orang asing sangatlah jarang dan mereka mendapat pertentangan dari berbagai pihak. Ini drama bagus banged, aku yakin kalian bakalan suka. Recomended!

Hanako to Anne (2014) - Drama ini dibintangi oleh Yoshitaka Yuriko dan itu merupakan alasan aku memilih asadora ini. Based on true story tentang seorang penerjemah pertama Anne of the Green Gables ke bahasa jepang. Saking sukanya aku bahkan sampai download e-book-nya, tapi belum ada waktu buat membacanya. Aku tertarik pada female lead drama ini yang sangat suka membaca meski ia berasal dari keluarga miskin, ia berhasil masuk ke sekolah elit khusus orang kaya. Ia yang awalnya membenci bahasa Inggris jadi sangat menyukainya dan bahkan tak bisa lepas dari kamus. Cinta pertamanya adalah buku dongeng yang dibelikan ayahnya, cinta keduanya adalah bahasa Inggris, cinta ketiganya adalah kamus. Pokoknya seru banged ini drama, mengenai perjalanan hidupnya, sampai ia bertemu dengan Anne of the Green Gables dan menerjemahkannya pada masa perang dunia II. Tentu saja kisahnya tidak hanya sebatas itu, kita juga diajak melihat mengenai keluarganya, adik dan kakaknya yang menemukan jalan masing-masing, kisah cintanya, keluarganya, sahabatnya, rekan kerjanya, para guru disekolahnya dan sampai ia tua. Recomended!

Junjo Kirari (2006) - Alasan aku memilih drama ini adalah karena heroinenya, Aoi Miyazaki. Selain itu subtitlenya sudah lengkap dan ada link PAHE juga. Aku high expectation banged sama drama ini, mengingat temanya adalah musik klasik. Tapi sayang sekali aku melupakan ini drama tahun 2006 yang saat itu populer dengan tema penyakit mematikan. Ini adalah asadora paling makjang yang pernah aku tonton, dengan tokoh utama yang menyebalkan, egois, tapi aku tetap lanjut menonton sampai akhir. Sayang banged kan udah download 156 episode masa berhenti di episode 30 HAHHAHAHAHHA. Tapi dramanya mulai menarik saat dipertengahan, tapi penulisnya kembali membuat aku kesal karena di female lead jatuh cinta pada kakak iparnya sendiri like WHAT?! Ditambah lagi endingnya yang terlalu kejam HAHAHHAHA. Aku nggak merekomendasikan drama ini pada orang lain kalau soal ceritanya, tapi bagi penggemar Aoi Miyazaki, aku rasa harus nonton drama ini. Aku menyukai akting Aoi Miyazaki, tapi ini pertama kalinya aku nonton drama dia dimana aku nggak suka sama karakternya.

Asa ga Kita (2015) - Dari dulu udah banyak banged yang merekomendasikan drama ini, tapi aku selalu ragu untuk menontonnya. Karena aku nggak suka sama temanya, tentang bisnis. Tapi karena stok asadora yang udah ada subnya hampir habis, jadi aku menontonnya juga. Dan aku sama sekali nggak nyangka ini asadora LUAR BIASA, BAGUS BANGED!!! Aku bahkan menjadikan asadora ini sebagai asadora terbaik yang pernah aku tonton. Asadora tayang sebanyak 156/151 episode, tentu saja dari sebanyak itu episodenya pasti ada bagian yang membosankan dipertengahan, dari pengalaman aku sih, bisanya setelah heroine punya anak dan anaknya remaja, ceritanya mulai agak membosankan. Aku juga khawatir sama asadora ini, tapi ternyata sama sekali nggak ada bagian membosankan dalam drama ini dan WOW banged deh, aku sukaaaa.
Asadora ini dibintangi oleh Haru, Tamaki Hiroshi dan Aoi Miyazaki, menceritakan tentang seorang gadis yang selalu merasa diremehkan hanya karena ia seorang wanita. Ia tumbuh menjadi gadis tomboi dan tidak mau kalah, bahkan pada adiknya yang belajar bisnis, ia juga ingin belajar. Pada masa itu, adalah hal yang biasa menjodohkan anak dengan partner bisnis dan tokoh utama disini bernama Asa, sudah punya tunangan sejak ia berusia 7 tahun. Ia menikah saat berusia 15 tahun dan keluarga suaminya itu baik banged. Ia diperbolehkan belajar bisnis yang ia sukai dan berhasil menyelamatkan bisnis keluarga saat restorasi era Meiji dimana banyak bisnis yang bangkrut. Ia adalah pebisnis wanita pertama di Osaka yang berhasil dengan bisnis batu bara, bank, asuransi jiwa bahkan membangun universitas Wanita Pertama di Jepang. Tapi yang menarik disini bukan hanya dia, tingkah suaminya yang pemalas dan kerjaannya main aja juga lucu, kisah kakaknya yang menikah ke keluarga lain yang bangkrut juga seru. Kisah-kisah tokoh lain disini asik diikuti, kecuali si Fuyu-chan HAHAHAHAHHA. Recomended!

Chiritotechin (2007) - Ini adalah asadora terbaik kedua yang aku tonton setelah Asa ga Kita. Asadora ini awalnya nggak ada di list yang akan aku tonton, tapi ada yang merekomendasikannya dan aku menontonnya, bagus bangeeeeeeeeeed. Drama ini menceritakan tentang 'rakugo' / comic storytelling Jepang. Sang tokoh utama bernama Wada Kiyomi, gadis yang biasa-biasa saja. Ia dan keluarganya pindah ke Obama dimana kakek dan neneknya tinggal, ia pindah sekolah dan sekelas dengan seorang gadis yang punya nama sama dengannya. Gadis itu sangat pintar, cantik, baik dan populer. Karena nama mereka sama, teman sekelas memberi julukan Kiyomi A (si cantik) dan Kiyomi B, female lead kita. Kiyomi B selalu merasa menjadi bayangan kalau dekat dengan si A, karena si A itu sangat populer, ia selalu kehilangan rasa percaya dirinya. Karena itu saat lulus ia ingin berubah, ia berangkat ke Osaka dan mencari apa yang ia sukai. Kemudian disana ia bertemu dengan seorang master rakugo dan ia merasa kalau disanalah tempat yang akan mengubahnya. Ia akhirnya menemukan jalannya sendiri dan ingin menjadi pemain rakugo. Perjalanan hidup Kiyomi sangatlah sulit tapi penuh dengan tawa. Yang seru disini bukan hanya Kiyomi, tapi tokoh lainnya juga, seperti ibu Kiyomi, keluarga Kiyomi, kakak seniornya dalam bermain rakugo dan lain-lain. Ini drama sangat aku rekomendasikan, dijamin suka. Recomended!

Great Teacher Onizuka (2014) - Gara-gara suka sama Ryota Katayose, aku jadi menonton GTO ini.Aku pernah menonton GTO yang pertama duluuuuu banged, jadi sedikit banyak, temanya udah nggak asing lagi, yaitu seorang pria yang menjadi wali kelas. Dia dulunya mantan preman dan mempunyai kenangan masa lalu yang menyedihkan, dia melakukan pendekatan dengan para siswanya dengan caranya sendiri. Dia bisa dengan mudah dekat dengan para siswa dan menyelesaikan berbagai masalah mereka. Bagi para siswa, dia seperti seorang teman, bukan guru, jadi enak kalau diajak bicara dan curhat.

Nigeru wa Haji da Ga Yaku ni Tatsu (2016) - Drama ini sebenarnya aku tonton sejak akhir tahun 2016 lalu dan aku baru menyelesaikan diawal tahun 2017, jadi aku kembali memasukkan drama ini dalam list. Nigehaji adalah salah satu Best Drama yang aku tonton tahun lalu. Dramanya benar-benar unik dan bikin baper. Aragaki Yui manis banged di drama ini. Drama ini menceritakan mengenai pernikahan kontrak, tapi uniknya disini adalah karena sama-sama membutuhkan, dimana mereka menjadikan sebuah pernikahan sebagai pekerjaan. Fokus drama ini mengenai perkembangan hubungan kedua tokoh yang awalnya hanya berdasarkan kontrak, kemudian jadi saling menyukai. Drama ini populer di Jepang karena temanya menarik. Di Jepang sekarang ini banyak yang nggak mau menikah, atau terikat, jadi ini memberi opsi bagaimana dengan menikah dan menjadi ibu rumah tangga, seorang wanita bisa mendapatkan kebebasannya. Jadi kalau menikah adalah pekerjaan, tentu sang istri dibayar gitu. Tapi tentu saja mereka tetap saling mencintai. Recomended!

Kahogo no Kahoko (2017) - Aku menonton drama ini karena yang main adalah Mitsuki Takahata dan Takeuchi Ryoma. Menurutku ini drama Jepang terbaik yang airing tahun 2017 yang aku tonton, bersama Hiyokko, keren banged dramanya. Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis yang terlalu dimanja orang tuanya sampai ia hampir lulus kuliah tidak bisa melakukan apapun sendirian. Ia kemudian bertemu dengan seorang pria yang mandiri dan jatuh cinta padanya, ia jadi ingin berubah demi pria itu. Tapi ibunya berfikir si pria sangat mencurigakan dan melarang Kahoko untuk bertemu dengannya. Tapi Kahoko akhirnya yakin bisa lepas dari orang tuanya dan ingin hidup mandiri. Disini diperlihatkan perjalanan Kahoko untuk berubah, dari gadis manja menjadi gadis yang mandiri. Kahoko itu cute banged, kita nggak bisa membencinya, ia sangat menyayangi keluarganya, no 1 baginya adalah keluarga dan tentu saja ia juga ingin punya keluarga yang bahagia suatu hari nanti. Aku masih mengharapkan season 2 untuk drama ini, semoga saja. Recomended!

Ani ni Aisaresugite Komattemasu (2017) - Ini drama lebay banged tapi bikin baper karena Lead Male-nya bikin gemeeeessss. Awalnya ragu sama akting Katayose Ryota, tapi ternyata keren banged. Aku sempat baper sama Haruka dan Setoka, soalnya hubungan mereka itu bikin doki-doki. Drama ini menceritakan tentang dua kakak adik, dimana sang adik bernama Setoka sangat mudah jatuh cinta pada orang lain, tapi selalu ditolak. Ternyata masalahnya ada pada kakak laki-lakinya HAruka yang terlalu mencintainya, setiap Setoka jatuh cinta, Haruka akan mendekati si pria dan mengancamnya. Awalnya sih itu hanya perasaan overprotective seorang kakak pada adiknya, tapi ternyata ia malah jatuh cinta pada adiknya, apalagi saat tahu mereka tidak ada hubungan darah.

Princess Hours Thailand (2017) - Drama yang sudah sangat lama aku tunggu, sejak tahun 2015 lalu, dan akhirnya tayang tahun 2014. Ini adalah drama thailand kedua yang aku selesaikan setelah Full House (Kiss Me nggak bisa aku selesaikan HAHAAHAHA). Drama ini remake dari drama populer Korea berjudul Princess Hours, yang suka K-Drama pasti udah nonton donk. Drama ini menceritakan tentang seorang gadis biasa yang dijodohkan dengan putera mahkota karena janji kakeknya dulu. Ia mulai masuk ke istana meski awalnya ia tak mau, dan kesulitan menyesuaikan kehidupan disana, apalagi sang putera mahkota ternyata sudah punya seorang gadis yang ia sukai. Drama ini awalnya bikin baper tapi lama-lama jadi makin nyebelin XD Tapi aku bertahan karena Khaning cute banged dan pemandangan di drama ini indah banged lol.


DROPPED DRAMAS

Weightlifting Fairy (2017) - Ini drama sebenarnya bagus, awalnya aku sangat menikmatinya, tapi entah kenapa aku malah nggak menyelesaikannya. Sepertinya aku mulai berhenti menonton sejak OTP pacaran dalam dramanya deh HAHAHAHA.

Legend of the Blue Sea (2017) - Aku juga nggak bisa menyelesaikan drama ini, padahal awalnya aku excited banged. Alasannya karena apa ya? Aku lupa kenapa aku nggak lanjut, mungkin karena plotnya membosankan kali ya.

Reunited World (2017) - Aku nyoba drama ini karena ada yang bilang mirip dengan Your Name. Jadi pengen liat miripnya gimana, makanya aku cuma download 2 episode awal. Memang sih ada feel Your Name-nya, tapi nggak terlalu. Aku nggak melanjutkannya lagi karena memang sejak awal ini bukan drama yang ingin aku tonton/

The Universe's Star (2017) - Aku berfikir menonton drama ini karena episodenya singkat, tapi ternyata kalau nggak klik sama castnya atau plot-nya tetap nggak bisa selesai ya. Aku rasa aku nggak melanjutkan drama ini karena plotnya aneh menurutku HAHHAHAHA.

Chicago Typewriter (2017) -  Aku hanya menonton 2 episode drama ini. Awalnya aku excited karena para pemainnya, tapi ternyata aku nggak klik sama script-nya, plotnya agak membosankan.

Queen of the Ring (2017) - Ini drama sebenarnya bagus, padahal episodenya singkat dan aku suka pemainnya. Tapi entah kenapa jadi males nonton bawaannya. Aku cuma nonton episode 1 aja LOL.

Strong Woman Do Bong Soon (2017) - Awalnya aku excited sama drama ini, tapi sepertinya drama ini nggak cocok sama mood aku pas tayang. Mungkin karena terlalu manis kali ya dan kebanyakan pacarannya jadi aku bawaannya malas lanjutt HAHHAHAHHAAHA.

Ruler the Master of Mask (2017) - Ini drama yang benar-benar aku tunggu, karena yang main Yoo Seung Ho dan Kim So Hyun. Awalnya, ini drama sangat seru dan aku sangat menantikannya, tapi lama-lama plot-nya menurut aku agak aneh dan aku jadi nggak klik lagi sama dramanya. Apalagi saat karakter L tiba-tiba berubah dan terobsesi dengan Kim So Hyun. Pokoknya ada sesuatu dalam drama ini yang nggak klik sama aku, jadi aku berhenti menontonnya HAHHAHAHA.

Father I Will Take Care of You (2017) - Aku menonton drama ini karena Park Eun Bin, awalnya aku menyukainya tapi lama-lama kok jadi membosankan gitu. Karakter Park Eun Bin disini juga tidak bersinar dan terlalu lemah gitu, jadi aku malas melanjutkannya.

Frankenstein's Love (2017) -  Aku sangat tertarik dengan drama ini saat awal tayang, bahkan sempat membuat sinopsisnya. Tapi lama-lama plot-nya jadi boring. aku nggak terlalu mengenal Nikaido Fumi, makanya aku berharap banyak padanya saat menonton drama ini, tapi nothing special pada akhirnya LOL.
Sub

Uchi no Otto wa Shigoto ga Dekinai (2017) - Aku juga tertarik dengan drama ini karena yang main Mayu Matsuoka dan Nishikido Ryo, tapi plotnya membosankan dan nggak ada yang istimewa. Selain itu subnya juga lama, makanya aku drop. Sama seperti Nikaido, banyak yang memuji akting Mayu Matsuoka, tapi di drama ini biasa aja menurutku, Nothing special lah. Menurutku aja lho.

Sannin no Papa (2017) - Aku juga excited dengan drama ini karena yang main young actors semuanya, selain itu sepertinya kisahnya menarik. Tapi lama-lama aku malah bosan dan berhenti menontonnya. Sepertinya sih nggak ada niat lanjut lagi.

Gomen Aishiteru (2017) - Aku tertarik karena ini remakenya Sorry I Love You, tapi saat drama ini tayang, subtitlenya nggak rilis-rilis, jadi malas menontonnya. Aku sebenarnya udah cek episode 1 RAW-nya dan memutuskan tidak menontonnya, karena aku sepertinya males ke yang mellow mellow saat drama ini tayang.


DRAMA YANG SUDAH LAMA NGGAK DITONTON LAGI, TAPI AKAN TETAP MELANJUTKANNYA

Girls Generation 1979 (2017) -  Aku baru menonton drama ini sampai episode 2, sebenarnya bagus dan sesuai dengan selera aku, aku juga klik sama cast dan plotnya, tapi entah kenapa aku belum lanjut-lanjut, tapi kalau ada waktu aku nanti akan lanjut menontonnya ll

Yutori Desu ga Nani ka? (2017) - Aku sudah menonton drama ini sampai episode 9, tinggal 1 episode lagi dan dramanya akan tamat, tapi aku belum lanjutt-lanjut. Selain itu ada 2 episode SP yang bahkan sudah ada subnya, tapi aku masih aja nggak mengklik file drama ini. Tapi ini adalah drama yang akan akus elesaikan suatu saat nanti LOL

Toto Nee-chan (2016) - Ini asadora selalu aku tunggu subtitlenya, tapi lama-lama nyerah juga nungguin subnya dan nggak rilis-rilis. Aku berencana akan menonton RAW-nya saja kalau udah ada subnya nanti HAHAHAHAHAHA. Aku baru menonton sampai episode 72 dan Tsuneko sudah mulai masuk ke pekerjaan di perusahaan penerbitan dan bertemu dengan orang yang akan membantunya dimasa depan. Karena nantinya, 3 kakak adik dalam drama ini akan membuat perusahaan penerbitan sendiri, melanjutkan impian ayah mereka dulu. Aku sangat menyukai drama ini, bagaimana Tsuneko melindungi keluarganya, ia menjadi ayah sekaligus kakak bagi adik-adiknya, meskipun kadang adik-adiknya merasa kalau Tsuneko terlalu keras pada mereka. Adik-adiknya sama sekali tidak tahu apa pengorbanan Tsuneko untuk keluarga mereka, aku benar-benar menyukai bagaimana Tsuneko harus merelakan orang yang ia cintai, karena ia masih harus menjaga keluarganya, ia tak bisa menikah dan meninggalkan keluarganya.

Tokyo Tarareba Musume (2017) - Ini drama bikin aku galau, tinggal 2 episode lagi kok aku malas banged lanjut bikin sinopsisnya ya, mood-nya itu nggak ketemu, mungkin karena OTP aku nggak jadi di drama ini ya HAHHAHAAHHA.

Churasan Part 2, 3 dan 4 - Ini juga sudah ada dalam list sejak lama tapi belum nemu mood untuk menontonnya, padahal dulu pas part 1 selesai ditonton aku heboh banged pengen nonton part 2, 3 dan 4, karena ceritanya berkelanjutan.


ONGOING / CURRENTLY WATCHING

Wise Prison Life (2017) - Sebuah drama yang sudah mulai terasa feel-nya di episode 3. Episode 1 dan 2 masih perkenalan dan aku masih agak ragu, apakah aku harus lanjut atau bagaimana, karena kok kayaknya nggak cocok gitu sama selera aku. Untung saja setelah nonton episode 3 dan 4 aku langsung baper berat dan ini drama wajib ditonton. WAJIB!!!!!! Dramanya keren banged, plot twistnya KEREN ya ampun, itu di episode 3 aku beneran ketipu sama yang bikin ramen HAHAHAHHAHAHAHA. OTP di drama ini, meski scenenya sedikit tapi aduh, aku baper paraaaaaaaaah, suka senyam senyum sendiri kalau re-watch scene mereka. Kayaknya Shin PD memang suka banged sama hubungan abang rasa pacar HAHHAHAHAHAA.

Warotenka (2017) - Asadora pertama yang aku tonton tanpa sub. Aku sudah menonton sampai episode 54 dan sejauh ini aku masih bisa mengikutinya. Tapi untuk asadora based on true story, ini asadora lemah banged. Seperti kurang garam saat menontonnya. Padahal awalnya udah bagus, tapi pas episode belasan udah mulai berkurang dan minggu ke-9 dramanya udah mulai seru lagi LOL. Aku rasa penyebabnya adalah scriptnya kurang menantang jadi beberapa bagian terasa membosankan. Female leadnya juga kurang gimanaaaaa gitu. Aku berharap bakalan tambah seru dan aku bisa menyelesaikan sampai akhir.

Ashi Girl (2017) - Sampai tulisan ini dibuat, aku masih menononton drama ini sampai episode 6 dengan subtitle dan menonton RAW sampai episode 8. Subtitlenya belakangan rilisnya makin lama, mungkin subbernya lagi males, mood hilang atau memang lagi sibuk. Ini drama menurutku cukup menarik dan unik, menghibur lah. Meski masih ada kekurangan disana sini. Tapi aku suka sama Yuina dan Kentaro, akan menonton sampai akhir nih drama XD

Good Morning Call Season 2 (2017) - Aku nggak tahu kalau menunggu drama ini ternyata lamaaaaaa banged. Dulu pas Season 1, aku menontonnya memang setelah dramanya tamat, kayaknya beberapa bulan setelah tamat, jadi aku nggak tahu kalau penantiannya akan sesulit ini. Ini drama udah tayang di netflix tapi linknya nggak muncul-muncul, baru sampai episode 3. Ada sih yang bikin cut scene di youtube, tapi males kalau nggak full, karena aku bikin sinopsis drama ini, jadi nanti takutnya jadi males nulis. Penyakit aku sebenarnya gitu kalau nulis sinopsis, kalau aku kebanyakan liat spoiler, misalnya nonton cut scene-nya di youtube, selera aku bikin sinopsis jadi hilang LOL. Jadi enaknya memang nonton full, trus langsung bikin sinopsisnya, jadi masih fresh gitu wkwkkwkwkkw.

A Love So Beautiful (2017) - drama paling bute 2017 kayaknya ini deh XD Aku menemukan drama ini secara tidak sengaja di weibo, bisanya aku nggak tertarik sama drama China tapi karena perbedaan tinggi keduanya, aku jadi tertarik dan ternyata setelah nonton, dramanya bagus juga dan subtitlenya lancar banged. Banyak juga yang akhirnya suka drama ini HAHAHAHHAHA. Tapi awalnya aku baper berat sama Jiang Chen, saat masih melihat stills dan teasernya, siapa sangka setelah dramanya tayang, aku baper sama Bo Song HAHAHAHHA. Pantes nggak banyak stills Xiao Xi sama Bo Song berdua, karena kalau banyak bisa jadi shipper war HAHAHAHHAHA. Sebenarnya karakter Bo Song itu nggak ada di versi novelnya, karakter Bo Song sengaja ditambahkan untuk dramanya, dan menurutku, kalau Bo Song nggak ada, dramanya bakalan kurang seru. Cute sih memang cute, tapi nggak akan seru tanpa rasa cemburu Jiang Chen Hohohohhoohh.

My Huckleberry Friends (2017) - Ini drama yang aku temukan di weibo, karena penasaran kok banyak banged yang membandingkan drama ini dengan A Love So Beautiful. Sayang banged nggak ada subtitlenya, tapi karena aku terlanjur penasaran, aku menonton tanpa subtitle dan ternyata dramanya bagus. Drama ini lebih ke kehidupan real anak SMA di China, dengan berbagai masalah mereka, masalah dengan guru, dengan keluarga, dengan teman sekelas dan lain sebagainya. Fokusnya ke seorang gadis bernama Yu Zhou Zhou yang pintar, baik banged dan suka bermain cello. Ia kehilangan ibunya saat ia SMP dan tinggal bersama paman dan bibinya. Di sekolah, karena kebaikannya, ia mulai punya banyak teman saat SMA. Lin Yang adalah seorang anak laki-laki yang berusaha mendekatinya, ia mengetahui masa lalu Zhou Zhou dan selalu merasa bersalah padanya.

Umechan Sensei (2012) - Aku sudah lama mendownload drama ini tapi nggak ditonton karena nggak ada subtitlenya. Tapi aku akhirnya mencoba 2 minggu pertama yang ada subnya dan bagus bangeeeeeeeeeeeeeed. Umechan sensei adalah asadora pertama sejak tahun 2003 yang mendapatkan rating rata-rata 20%. Tahun 2003-2012 adalah masa kemunduran asadora dimana sulit sekali mencapai rating 20%, bahkan asadora dengan rating terendah sepanjang masa ada pada masa itu. Umechan sensei menceritakan tentang seorang gadis bernama Umeko yang merupakan anak bungsu di keluarganya. Umeko tidak pintar seperti 2 kakaknya dan agak lamban, ia bingung apa yang akan dia lakukan dimasa depan. Sejak bertemu dengan seorang anak, Umeko kemudian berrfikir mengikuti jejak ayahnya menjadi dokter, tapi semua orang menertawakannya karena tidak mungkin anak seperti Ume menjadi dokter. Umeko tidak menyerah dan akhirnya menemukan orang pertama yang tidak tertawa saat ia mengatakan mengenai keinginannya menjadi dokter.

Hana ni Kedamono (2017) - Drama yang sangat lebay tapi menarik untuk diikuti. Aku merinding sih menontonnya, tapi entah kenapa tetap aku download aja ini drama HAHHAHAHHA. Drama ini menceritakan tentang seorang gadis pindahan ke sebuah sekolah dan sehari sebelum kepindahannya, ia mengecek ke sekolah, ia bertemu seorang pria yang menolongnya dan menciumnya, kemudian ia jatuh cinta padanya. Keesokan harinya, gadis itu tahu kalau pria semalam satu kelas dengannya dan ternyata seorang playboy disekolah itu. Aku bertahan menonton drama ini sebenarnya karena Sugino Yosuke yang main HAHAHHAA. Selain itu 2nd leadnya ganteng kwkkkwkwkwk.

Oke, itu dia drama-drama yang aku tonton sepanjang tahun 2017 ini. Ternyata banyak juga kan ya? Meski yang nggak selesai juga banyak LOL. Aku tipenya gitu, kalau udah agak bosan plotnya, aku libur nonton, rencana mau lanjut pas udah tamat, tapi ternyata nggak lanjut-lanjut HAHAHAHAAH. Akhirnya malas deh lanjut lagi.
Berikut ini ranking drama-drama yang aku tonton ditahun 2017. Tentu saja ini berdasarkan pendapat pribadi aku dan hanya drama-drama yang selesai dan sedang aku tonton (aku tidak memasukkan drama yang aku drop).

  • Best Drama - Asa ga Kita, Chiritotechin, Kahogo no Kahoko, Nigehaji dan Age of Youth 2.
  • Drama yang tidak direncanakan untuk ditonton sebelumnya - Chiritotechin, GTO 2014, My Huckleberry Friends, Massan.
  • Drama yang awalnya aku nggak tertarik, tapi pas ditonton ternyata bagus banged - Chiritotechin, Radiant Office, Asa ga Kita.
  • Drama yang awalnya aku excited tapi ternyata mengecewakan - Junjo Kirari, Frankenstein's Love.
  • Drama yang paling bikin baper - A Love So Beautiful, Nigehaji, Goblin, Anikoma, Kahogo no Kahoko, Chiritotechin.
  • Drama yang biasa aja tapi terus ditonton - The Best Hit, Junjo Kirari, Beppinsan, Churasan.
  • Best Couple - Mikuri ❤ Hiramasa (Nigehaji); Xiao Xi ❤ Jiang Chen (A Love so Beautiful); Kahoko ❤ Hajime (Kahogo no Kahoko).
  • Best Bromance - Goblin & Grim Reaper (Goblin); Lin Yang & Jiang Si (My Huckleberry Friends), Tsurezuretei Brothers (Chiritotechin), Jae Hyuk & Joon Ho (Wise Prison Life), Trio Yutori (Yutori Desu ga Nani Ka)
  • Best Friendship - Belle Epoque Girls (Age of Youth 2), Blank Paper Alliance (Ohisama), Fantastic 4 (Fight for My Way), Ookuibaraki's friends (Hiyokko), Kiaris mom (Beppinsan), White Lotus & Hanako (Hanako to Anne), Tarareba Onna (Tokyo Tarareba Girls). 
  • Best Siblings - Byun bersaudara (Father is Stange), Kohashi bersaudara (Toto Nee Chan), Natsu & Asa (Asa ga Kita), Jae Chan dan adiknya (While You were Sleeping). 
  • Best OST - 365 Nichi no Kamihikouki (Asa ga Kita), Hanataba wo Kimi ni (Toto Nee Chan), Wakagi Hiroba (Hiyokko), It's You (While You Were Sleeping), Johaseulkeol (Wise Prison Life), I Will Go to You Like the First Snow (Goblin), Koi Dance (Nigehaji), The Moment (If We Were A Season), Same Day as Today (Age of Youth 2).
  • Karakter wanita paling berkesan - Byun Hye Young (My Father is Strange), Hana (Hanako to Anne), Kiyomi's mom (Chiritotechin), Song Ji Won (Age of Youth 2), Asa (Asa ga Kita).
  • Karakter pria paling berkesan - Watahiki (Hiyokko), Asa's husband (Asa ga Kita), Tsurezuretei Soso (Chiritotechin), Hiramasa (Nigehaji)
  • Karakter yang nasibnya sangat menyedihkan - Sakurako Arimori (Junjo Kirari), Renko-san (Hanako to Anne), Song Ji Won (Age of Youth 2), Kim Shin (Goblin).
  • Second male lead yang paling bikin baper - Pak polisi ganteng (While You Were Sleeping), Wu Bo Song (A Love So Beautiful)
  • Lead male rasa second lead male - Lin Yang (My Huckleberry Friends)
  • Tokoh paling manis (LOL) - Chen Xiao Xi (A Love So Beautiful), Khaning (Princess Hours Thailand), Kahoko Nemoto (Kahogo no Kahoko), Mikuri (Nigehaji).
  • Drama yang bikin adem mata dengan pemandangan, cinematography-nya - While You Were Sleeping, Mu Huckleberry Friends, Weighlifting Fairy Kim Bok Joo,  If We Were Sleeping, Princess Hours Thailand.
  • New face this year for me - Katayose Ryota, Jung Hae In, Shen Yue, Hu Yi Tian, Li Lan Di, Steven Zhang, Pattie Ungsumalynn, Sugisaki Hana, Yosuke Sugita, Yoshine Kyoko, Munetaka Aoki, Hoshino Gen, Riho Yoshioka.

Itu dia bahasan untuk Year in Review tahun ini. Nggak terasa banged ya, 2017 sudah akan berakhir. Aku masih ingat awal tahun 2017 aku sial banged, terutama pas blog aku dihapus gara-gara sinopsis Goblin, ya ampun aku kesal sekali karena harus mulai dari awal lagi. Pageview blog ini turun drastis dari tahun kemarin, karena memang mulai dari 0 lagi, meski postingan blog lama bisa di backup lagi, tapi pageview mulai dari 0 lagi. Aku mulai takut bikin sinopsis drama korea, takut dihapus lagi HAHAHAHHAHA. Selain itu maraknya copy-paste benar-benar membuat aku jadi malas nulis belakangan ini. Kan capek banged nulis, milih gambar, trus seenaknya saja copy-paste cuma modal 2 menit, geram banged deh. Tapi orang kayak gitu tuh, dikasih tau juga ga akan ngerti, karena kebiasaan dia udah begitu, kebiasaa sulit diubah kalau nggak dari hati.

Untuk tahun depan, semoga aku masih bisa update ya. Aku punya sederet drama yang akan aku tonton, yang tayang tahun depan, tapi aku khawatir apakah aku bisa menontonnya atau tidak. Terutama blog ini, aku harap aku masih bisa terus mengisinya, meski cuma tulisan-tulisan biasa :)

Share:

1 komentar:

  1. Aku saranin because this is my first live. Karakter cowoknya tipikal Irie kun yg kulkaass abis. Bikin susah move on. Kalau udh nonton di tunggu review nya hehhehe

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts