Kamis, 15 Februari 2018

[Review] J-Movie: Somebody / Nanimono (2016)


Salah satu Most Anticipated Japanese Movie of 2016, karena deretan pemainnya yang oke punya👍.
Karena deretan cast-nya sudah populer semua, awalnya aku pikir tidak akan ada masalah dalam hal subtitle, tapi ternyata dugaan aku salah. Ini drama mencari subtitle-nya yang bagus sangat sulit. Butuh beberapa bulan hingga akhirnya aku baru bisa menontonnya dengan subtitle.


Aku sendiri menonton dari sub di filmku.net, tapi menurut aku pribadi subtitlenya tidak begitu bagus jadi ada banyak hal yang aku masih bingung. Tapi sudah mending ada yang membuat subtitlenya, setidaknya sedikit kita bisa mengerti. Tapi karena ini movie sebenarnya agak berat, jadi memang harus ada subtitle yang pas gitu supaya bisa paham. Atau mungkin hanya aku yang merasa begitu Hahahahahaha

Nanimono a.k.a Somebody adalah sebuah movie yang diangkat dari novel berjudul sama yang disutradarai oleh Daisuke Miura (Love's Whirlpool, Boys on the Run, Shukan Maki Yoko). Movie berdurasi 97 menit ini rilis pada Oktober 2016, dibintangi oleh Takeru Satoh (Rurouni Kenshin, If Cats Dissappeared from the World, The Liar and His Lover), Kasumi Arimura (Hiyokko, Boku Dake Ga Inai Machi, Flying Colors), Masaki Suda (Drowning Love, Death Note Light Up The World, Daily Lives High School Boys), Fumi Nikaido (Wolf Girl and Black Prince, Himizu, Scoop!), Masaki Okada (April Fools, I Give My First Love to You, Kiyoku Yawaku), Takayuki Yamada (Bakuman, Nobunaga Concerto, Shinjuku Swan) dan para cast lainnya.
Diantara cast utama diatas sudah ada yang pernah bermain dalam movie/drama berbeda sebelumnya, misalnya Takeru dan Takayuki dulu sama-sama main di Bakuman.

Nah, bisa dilihat kan, deretan cast movie ini benar-benar cukup terkenal secara internasional, jadi makanya aku berharap subtitlenya lancar, ternyata nggak juga ya HAHAHHAHAHAH.
Nasib yang nggak ngerti bahasa Jepang 😅

Movie ini menceritakan tentang kehidupan 5 mahasiswa yang baru saja lulus dan masuk ke dunia berburu kerja. Jadi ini memperlihatkan sedikit kehidupan fresh graduate di Jepang, dimana meeeka berkumpul membentuk sebuah kelompok untuk berbagai informasi kerja sekaligus latihan gitu. Bagus banged temanya. Tapi bukan hanya itu, disini kita juga diberi sedikit bumbu romance dan siap-siap aja baper HAHAAHAHAHA.
Aku patah hati 😬

Oke disini aku akan menceritakan mengenai movie ini, awas spoiler ya^^~

SINOPSIS
~spoiler alert~

Tokoh utama movie ini adalah Takuto Ninomiya (Takeru Satoh). Ia baru saja lulus SMA dan sekarang sedang masuk ke dunia perburuan pekerjaan. Ia mengirimkan berbagai lamaran pekerjaan, diwawancara di berbagai tempat. Namun ia masih belum berhasil. Seperti narasinya saat melakukan wawancara, kalau 1 menit adalah segalanya, tunjukkan dirimu dan potensimu dalam 1 menit itu.

Dimasa kuliahnya dulu, Takuto adalah anggota aktif klub drama. Ia adalah mahasiswa yang penuh gairah dalam melakukan pertunjukannya. Tapi pada akhirnya hal itu tidak ada gunanya dalam dunia perburuan kerja. Ia memutuskan fokus pada pencarian kerja setelah lulus kuliah dan meninggalkan klub drama. Takuto aktif di twitter untuk melihat aktivitas teman-temannya lamanya, termasuk Mizuki Tanabe (Kasumi Arimura).

Hari itu, Takuto datang ke pertunjukan band temannya Kotaro Kamiya (Masaki Suda). Takuto tahu Mizuki akan datang disana dari aktivitas twitternya, jadi ia menanti Mizuki sekalian menonton pertunjukan terakhir Kotaro. Takuto, Kotaro dan Mizuki sama-sama bertemu di bangku Universitas. Kotaro saat itu sok akrab dengannya, Kotaro memang bawaannya cepat akrab dengan orang lain. Mereka bertiga jadi berteman. Ia bahkan memaksa Takuto menyewa temoat bersamanya agar biasanya lebih murah. Mereka bertiga berteman pertemuan pertama mereka. Takuto sudah menyukai Mizuki sejak awal, tapi Takuto hanya memandangnya dari jauh. Dan ternyata Mizuki menyukai Kotaro dan keduanya berpacaran. Takuto pun patah hati. Tapi kemudian Kotaro dan Mizuki putus.

Takuto dan Mizuki sudah ada di dunia berburu kerja selama 1 tahun, Kotaro akan mengikuti mereka berburu pekerjaan mulai tahun ini, makanya ia memanggil Takuto senpai-nya. Mereka reuni saat pertunjukan terakhir Kotaro.
Takuto dan Kotaro masih 1 apartemen selama ini. Mizuki ternyata punya teman yang tinggal diatas apartemen mereka bernama Rika Kobayakawa (Fumi Nikaido) yang tinggal bersama kekasihnya Takayoshi Miyamoto (Masaki Okada).

Takuto, Kotaro, Rika dan Mizuki memutuskan membuat kelompok belajar untuk membantu mereka mencari pekerjaan, berbagi informasi dan saling membantu. Mereka juga membahas mengenai wawancara mereka, pendapat mereka, trik-trik menghadapi wawancara dan lain sebagainya. Rumah Rika menjadi markas mereka untuk berkumpul, karena rumah Rika sangat lengkap, mereka bahkan nge-print disana.

Saat mereka berkumpul, Takayoshi juga kadang ada disana ikut bergabung, tapi ia kebanyakan diam sih, membaca buku, atau bicara seperlunya. Karakter Takayoshi ini agak aneh, dia orangnya tidak mau bergabung dengan mereka.

4 orang itu sendiri punya kepribadian dan nasib yang berbeda-beda. Takuto orangnya tidak cekatan, ia juga sering terlihat ragu dan hilang pikiran, ia banyak diamnya. Pendidikannya biasa-biasa saja. Ia berjuang tapi belum diterima.

Rika adalah gadis yang cekatan, ia sangat pandai bicara, kalau masalah adu pendapat, ia tidak akan kalah. Ia punya pendidikan bagus, ia lulusan luar negeri. Tapi ia juga masih belum mendapatkan pekerjaan. Ia dan Takuto pernah mengikuti wawancara bersama-sama, wawancara sistem berdebat, Rika beneran bagus banged pas wawancara sementara Takuti kebanyakan diam.

Mizuki sendiri termasuk anak yang kalem. Ia paling kalem diantara semuanya. Pendidikannya lumayan bagus. Kalau nggak salah dan Rika belajar bersama (kayaknya sih S2 di tempat yang sama gitu). Ia punya masalah dalam keluarganya yang membuat ia harus kembali ke kampung halamannya. Ia sempat meninggalkan semuanya dan kembali lagi karena nasibnya cukuo baik, ia akhirnya diterima di sebuah perusahaan.

Paling beruntung sih menurut aku adalah Kotaro. Dia orangnya suka kebebasan, ia bahkan tidak percaya diri dalam berburu pekerjaan ini dan sering mengeluh mengenai ini dan itu. Ia baru saja bergabung berburu kerja tapi ia malah dipanggil untuk wawancara sementara Takuto dan Rika tidak lulus.

Saat itu lah mulai muncul perselisihan diantara mereka. Kebanyakan sih menyimpan dalam hati ya. Kalau mereka sebenarnya selama ini diam-diam mengamati yang lain, seperti Takuto yang mencari tahu tentang perusahaan Kotaro atau Rika yang mencari tahu tentang perusahaan Mizuki. Kalau aku nangkepnya sih kayaknya mereka iri, kenapa orang yang rasanya ada dibawah mereka kok bisa diterima gitu. Padahal mereka sudah melakukan yang terbaik.

Selain mengenai masalah itu, kita juga melihat kilas balik mengenai masa-masa kuliah Takuto yang dulu ada di klub drama. Ia sangat bersemangat saat itu. Seniornya Sawa senpai sudah diterima di sebuah perusahaan dan meminta Takuto untuk sekali-kali mengunjungi web klub mereka dulu dimana ada teman mereka yang masih tidak menyerah untuk bermain di panggung. Juga mengenai perasaan Mizuki yang ternyata masih mencintai Kotaro, tapi Mizuki juga menyayangi Takuto sebagai temannya. Selama ini, Mizuki selalu ada bersama Takuto, yang paling kekihatan sih saat kuliah, Mizuki g pernah melewatkan pementasan drama Takuto.

Tema movie ini sebenarnya sangat menarik, hanya saja aku kesulitan untuk mengerti dibeberapa bagian. Tapi intinya sih bagaimana para pencari kerja di Jepang mempersiapkan diri mereka untuk wawancara dengan menganalisis ini dan itu. Persiapan mereka cukuplah matang. TApi pada akhirnya, nasiblah yang menentukan. Aku rasa aku perlu menonton ulang movie ini kapan-kapan untuk lebih mengerti, mengingat Tomorrow I Will Date With Yesterday's You, menonton kedua kali baru terasa feelnya HAHAHAHAHAHAHA

Aku cukup kaget dengan plot twist movie ini, aku sama sekali nggak menyangka kalau arahnya kesana. Karena Takuto selama ini kelihatan innocent banged, tapi ternyata dia nggak se-innocent itu. Dia membicarakan orang lain, menjelekkan orang lain dibelakangnya dan teman-temannya tahu akan hal itu, termasuk Mizuki. Tapi ending movie ini nanggung banged sumpah, tapi begitulah hidup ya, kita tidak akan pernah menemukan akhirnya.

Skor:

Story: 4/5
Acting: 4/5
Cinematography: 3/5
Music: 3/5
Opening: 4/5
Ending: 3,5/5

Share:

2 komentar:

  1. Iya nih kesulitan nyari subtitle yang bagus. Adegan terakhirnya sureal. Macam: "inilah panggung kehidupan".

    BalasHapus
  2. Udah nonton dengan subtitle yang bagus. Nie film mang beneran berat. Gak bakalan paham klo gak dapat subtitle yg bagus 😅 nie film, relate bgt sama kehidupan nyata. Seakrab apapun qt dengan teman qt, pada akhirnya, qt semua pasti menyimpan rasa iri. Ada yg ceplas ceplos, ada yang sampe nyimpan dendam... di antara semua karakter, mungkin mizuki paling gak bunyi. Tapi sekali bunyi, dialah yg paling becus dari semuanya. Dia punya tujuan dalam cari pekerjaan. Gak melihat orang lain, tapi hanya fokus pada tujuannya. Dia juga realistis. Karena keadaan sih, q rasa. Tapi akhirnya dia berhasil duluan. Kalo kotaro, tipe blak2an. Meskipun gitu, dia juga punya tujuan dalam cari kerja. Gak mrlihat orang lain, fokus sama tujuan, dan dia berhasil. Rika? Terlalu merasa lebih, mungkn karena memang sukses saat kuliah. Tapi percayalah, dunia kuliah itu berbeda dengan dunia nyata... he... pacarnya rika? Ini hanya orang sok idealis tapi jelas2 cuma pecundang. Tapi hebatnya, di akhir cerita, dia ngaku itu en mw berubah... sedangkan sang tokoh utama??? Adalah pecundang sesungguhnya... bener2 plot twist. Takuto yang dari awal terlihat kek orang yg banyak diam, ternyata sangat2 ceriwis di twitter. Hidupnya cuma penuh dendam en iri sama orang lain. Pada akhirnya, dia menyadari, dia sendiri yg membuat dirinya gak bisa dapat kerja... nie film, sebenarnya pesannya bagus bgt. Cuma mungkin agak berat ya. Endingnya??? Ya gak da ending di kehidupan nyata, kecuali tokohnya mati 😊

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts