Monday, 16 April 2018

[Review] J-Drama: Unnatural (2018)


Unnatural adalah drama musim dingin yang tayang di TBS sebanyak 10 episode dan merupakan drama yang menjadi topik perbincangan terbanyak dan yang paling disayangi di Jepang selama masa tayangnya. Meskipun rating drama ini bisa dibilang standar, yaitu 11,1%, tapi Unnatural sangat-lah populer bahkan selalu menjadi drama nomor 1 disetiap polling yang dilakukan dibeberapa site.
Hal ini dikarenakan keunikan dari drama-nya sendiri yang mengambil tema tidak biasa dan aku rasa aku belum pernah melihat drama seperti sebelumnya. Gaya penulisan naskahnya yang sangat bagus, kasus-nya tidak tertebak dengan mudah dan para pemainnya yang benar-benar punya chemistry yang sangat bagus.
Unnatural tayang diawal tahun tapi aku sudah bisa merasakan kalau drama ini akan menjadi drama terbaik 2018.

Unnatural distradarai oleh Tsukahara Ayuko (Reverse, Suna no Tou, Second Love ) dan naskahnya ditulis oleh Nogi Akiko (Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu, Juhan Shuttai!, Soratobu Kouhoushitsu). Pantes dramanya bagus ya, penulisnya memang selalu menampilkan ide yang fresh dan tidak membosankan. Aku sendiri baru nonton 2 dari list drama penulis ini, tapi aku sudah masukkan beberapa list dramanya untuk ditonton nanti. *LOL Aku kebanyakan list drama tapi entah kapan bisa menontonnya XD

Drama ini dibintangi oleh Ishihara Satomi (Jimi ni Sugoi, From Five to Nine, Rich Man Poor Woman), Iura Arata (Contrail, Tantei no Tantei, Rich Man Poor Woman), Kubota Masataka (Boku-tachi ga Yarimashita, The Last Cop, Mars), Ichikawa Mikako (Chiisana Kyojin, Kenji Miyazawa's Table, Yokokuhan), Matsushige Yutaka (Kodoku no Gurume, Byplayers, Akita to Akira), Yakushimaru Hiroko (Amachan, 1 Litre of Tears, Yowakutemo Katemasu), Ryusei Ryo (Otona Kokou, Hiyokko, Koe Koi), Kitamura Yukiya (Segodon, Futagashira 2, Chikaemon), Ikeda Tetsuhiro (Saki ni Umareta Dake no Boku, Chiisana Kyojin, Yami no Banshosa), Ookura Koji (Chinmoku Hotel, Mahiru no Akuma, Hi no Ko), Ogasawara Kai (Tokyo Ghoul, Hello Goodbye, Soko wa Nantoka 2) dan masih banyak cast lainnya.

Para karakter dalam drama ini mempunyai keunikan masing-masing yang membuat kita menyukai mereka. Setiap karakter utama mempunyai rahasia masa lalu yang mereka sembunyikan dan akan dibahas satu per satu dalam drama ini.
Ditengah ketegangan, selalu ada random joke dan sisipan-sisipan adegan lucu yang membuat suasana menjadi lebih baik. Aku akui ini drama benar-benar tak bisa diprediksi. Biasanya aku menonton drama kriminal atau sejenisnya, pasti curiga sama A atau B dan beberapa kecurigaan pasti benar. Tapi dalam drama ini semua prediksi aku salah, aku bahkan shock sendiri padahal udah yakin pelakunya A tapi ternyata C. Pokoknya unpredictable banged kasusnya, aku suka.
Tapi sebenarnya satu yang bikin drama ini agak merepotkan adalah karakternya bicara cepat banged, jadi perpindahan subtitlenya juga cepat dan kita nggak diberi waktu untuk mencerna maksdunya. Jadi memang banyak banged aku pause drama ini untuk mencerna apa yang sedang mereka bicarakan HAHAHAHAH.
Padahal aku nontonnya pake subtitle indonesia lho, tapi tetap saja, banyak istilah yang baru jadi harus dipahami lebih dalam HHAHAHAHHAHA.

Seperti yang aku katakan, aku bukan penggemar drama dengan genre seperti ini, tapi karena drama ini paling populer di musim dingin, jadi aku sejak awal memang sudah niat menontonnya. Apalagi tokoh utamanya adalah Ishihara Satomi dan ada Ryusei Ryo juga, jadi memang kayaknya ini drama harus ditonton. Hanya saja untuk drama seperti ini, lebih baik nunggu dramanya tamat + subtitlenya sudah lengkap, jadi nggak perlu nungguin seminggu, langsung habis aja nontonnya.
Aku menonton drama ini lumayan cepat lho, aku menyelesaikan dalam 2 hari dan selama menyelesaikan drama ini aku nggak ada nonton drama yang lain, jadi memang fokus sama Unnatural dan benar-benar nggak nyesel deh maraton Unnatural. Keren banged!!!!!!!!!!
Apalagi ada tanda-tanda season 2-nya HOHOHOHHOHO~

Jadi, ini drama sebenarnya tentang apa?

Tema utama Unnatural adalah menemukan kebenaran dalam sebuah kematian yang tidak biasa dan tentu saja mengungkapkan kebenaran tersebut. Tema seperti itu udah sering kan ya, tapi biasanya tokoh utamanya itu polisi, pengacara dll. Uniknya disini para tokoh adalah dokter/patologist yang bertugas melakukan otopsi. Patologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang berperan penting dalam mendiagnosa penyakit, intinya patologi adalah ilmuy yang mempelajari penyakit, analisis dan pengambilan sampel jaringan, sel dan cairan tubuh.
Para main cast disini ada dalam tim yang dinamakan UDI atau Unnatural Death Investigation) Lab. Departemen ini adalah sebuah departemen baru yang dibentuk 2 tahun lalu, jadi anggotanya masih sedikit dan tidak banyak yang tertarik masuk dalam tim ini karena pekerjaannya adalah mengurus orang mati.
Awalnya, aku pikir tim UDI ini sama dengan dokter forensik, tapi setelah melihat dramanya lebih dalam lagi, ternyata ada perbedaan diantara keduanya. Mereka sama-sama melakukan otopsi untuk menemukan penyebab kematian, tapi di UDI ini lebih ke kematian yang tidak biasa atau sulit ditemukan penyebabnya dan lagi, organ tubuh yang dianalisis di UDI, biasanya disimpan dalam gudang penyimpanan, tidak dikremasi. Begitu sih bahasa mudahnya. Soalnya ada episode dimana tokoh utama menjelaskan kalau dokter forensik selesai analisis, organ tubuhnya dikembalikan dan dikremasi, kalau di UDI diawetkan dan disimpan.
Jadi pekerjaan tim UDI dan dokter forensik itu sama tapi beda. Intinya sih gitu.

Nah, melihat tema-nya yang seperti ini, pasti serem kan ya, otopsi gitu, maka kita akan banyak melihat mayat-mayat disini. Itu juga alasan awal aku ragu menontonnya, karena aku memang nggak kuat sama yang begituan. Tapi cuma di episode 1 aja sih aku merasa mual, di episode selanjutnya aku udah mulai kuat, sama dengan tokoh Kube Rakuro di drama ini HAHAHHAHAHAHA.
Kisah drama ini tiap episodenya ya seputar mengungkapkan alasan kematian dari korban dan kasus-nya cukup sulit menurutku, makanya tidak tertebak. Seiring berjalannya waktu, kita juga diberikan petunjuk mengenai masa lalu masing-masing tokoh dan hal-hal apa yang mereka simpan selama ini. Untungnya selama 10 episode itu, kasus paling berat selesai dengan baik jadi tidak menggantung.
Tapi dalam drama-drama seperti ini, untuk lanjut ke season 2 cukup mudah, karena pasti ada banyak kasus kematian yang tidak biasa. Aku masih penasaran dengan racun tidak bernama dan aku harap kalau ada season 2-nya, mereka akan membahas mengenai racun tak bernyata itu lagi.

Oke, berikut aku akan menjelaskan karakter-karakter dalam drama ini, dan penjelasan dibawah ini akan berisi mengenai spoiler, jadi silakan dilewatkan jika kalian tidak suka spoiler :)

CHARACTERS:
-spoiler alert-

Ishihara Satomi as Misumi Mikoto

Mikoto adalah seorang patologist yang sudah bergabung dengan Lab UDI selama 1 tahun. Dalam UDI, ada 2 tim dan Mikoto adalah ketua dari tim 2 (anggap aja Nakado adalah tim 1). Dia adalah seseorang yang tidak bisa tinggal diam jika ada kematian yang tidak wajar dan akan melakukan apa saja untuk menemukan kebenaran penyebab kematian korban. Sifatnya ceria dan sangat bersahabat, tapi ia juga sangat serius dan selalu berpegang pada kebenaran.
Ia adalah anak pertama dari keluarga Misumi, tapi sebenarnya dia adalah anak angkat. Mikoto adalah korban dari bunuh diri keluarga dan satu-satunya yang selamat saat itu, yang menangani kasus adalah keluarga Misumi yang memutuskan mengadopsinya. Mikoto selalu tidak mengerti pada ibunya kenapa membuat keputusan bunuh diri melibatkan anak-anaknya, padahal belum tentu anak-anaknya ingin mati. Ia selalu membenci ibu kandungnya karena hal tu.
Bunuh diri keluarga saat itu menggunakan briket, jadi Mikoto menggunakan briket sebagai bahan penelitiannya saat ia di fakultas kedokteran.

Mikoto selalu tegas akan kebenaran dan ia adalah orang yang berhasil membuka hati Nakado-san yang sangat dingin dan sering menyumpah. Saat mengetahui apa yang menimpa Nakado-san, ia mengulurkan tangan untuk membantu dan menyelamatkan Nakado yang berencana melakukan tindakan kriminal.
Mikoto adalah tipe yang mementingkan pekerjaan dari kehidupan normal-nya dan hal itu juga membuat ia berpisah dengan pacarnya. Ia tak punya waktu untuk depresi mengenai hal itu karena ia punya segudang pekerjaan. Ia selalu bersikap positif pada segala hal.

Iura Arata as Nakado Kai

Dia dalah seorang dokter otopsi yang punya perilaku buruk, ia selalu menyumpah jika ada yang menganggunya, selalu marah-marah, tidak pernah tersenyum dan tidak bersahabat. Mikoto sering mengejeknya diam-diam dan menjadikannya bahan tertawaan.
Nakado pernah dituduh sebagai pembunuh dan sepertinya karena itu ia dikeluarkan dari tim forensik dan diterima bekerja di UDI saat UDi pertama kali buka. Ia mengatakan ia tak akan pernah berhenti dari UDi apapun yang terjadi.
Nakado terlihat sangat mencurigakan karena Nakado sering terlihat menemui seorang pengurus jenazah dan memberikan uang padanya. Mikoto adalah orang yang mengikutinya dan mengetahui rahasia besar Nakado.

Pacar Nakado terbunuh dan Nakado adalah dokter yang melakukan otopsi padanya tanpa mengatakan apapun selama proses otopsi. Pembunuh pacar Nakado  belum tertangkap dan Nakado selalu merasa itu pembunuhan berantai. Ia menyelidikinya sendiri dengan bantuan pengurus jenazah yang ia tugaskan untuk mengecek mulut jenazah apakah ada luka seperti ikan mas. Karena yang mencurigakan dari kematian pacarnya adalah ada luka seperti ikan mas dalam mulutnya. Selama ini, Nakado sudah mengumpulkan beberapa korban dengan tanda yang sama, hanya saja pencariannya buntu karena tidak ada kemiripan dalam kasus korban tersebut.
Setelah mengetahui mengenai hal itu, Mikoto mengulurkan tangan untuk membantu Nakado dan menemukan siapa pembunuhnya. Tapi Nakado sudah berniat untuk membunuh pembunuh pacarnya jika ia menemukannya dan itu membuat Mikoto dan tim UDI yang lain selalu mengawasi Nakado.

Nakado sudah melakukan 3000 otopsi dan Mikoto masih 1500 otopsi, hal itu selalu membuat ia merasa lebih hebat dari Mikoto, well, pada dasarnya dia memang dokter yang hebat sih. Dia pernah membuat masalah dan rekannya menuntutnya. Sejak itu ia kerja sendirian dan kesulitan karena dalam otopsi seorang dokter tidak bisa melakukannya sendirian. Hubungannya dan rekannya itu sangat lucu bahkan sampai akhir.

Kubota Masataka as Kube Rokuro

Dia adalah pekerja paruh waktu (?) di UDI. Awalnya ia terlihat sangat polos dan mempunyai perut lemah karena sering mual pas otopsi. Ia bahkan tak tahu pekerjaan di UDi akan separah itu, karena ia melamar kerja begitu saja dna ia lulus karena ia satu-satunya yang melamar. Tugasnya disana adalah mencatat hasil otopsi dan juga memotret.
Tapi dibalik kepolosannya, ia punya rahasia yang cukup membuat tim UDI shock. Kube punya 2 pekerjaan, selain di UDi ia bekerja untuk sebuah majalah dan ia adalah mata-mata dari majalah tersebut.
Kube adalah anak dari seorang dokter ternama dan para kakaknya juga menjadi dokter terkenal tapi Kube masih belum tahu apa yang ia ingin lakukan dimasa depan, meski ia lulusan kedokteran. Setelah bekerja dengan tim UDI dan melihat cara kerja mereka secara langsung, betapa mereka sangat bangga akan pekerjaan mereka dan bagaimana mereka melakukan segalanya hanya demi mayat, Kube jadi tersentuh dan memutuskan untuk terus bekerja di UDI. Ia sempat berhenti dari UDI saat ia ketahuan, tapi kemudian ia kembali lagi.

Kube menyukai Mikoto dan sering salah paham pada mIkoto. Ia juga tipe yang cepat galau kalau Mikoto membicarakan pacarnya atau dekat dengan pria lain, misalnya Nakado. Ia sempat salah paham melihat Nakado dan Mikoto sering bersama-sama.
Dia orangnya sangat lucu pada awalnya, tapi lama-lama karakternya menjadi sangat serius, sampai ada titik dimana aku membencinya HAHAHAHHAAA.

Ichikawa Mikako as Shoji Yuko

Dia adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam uji klinis di UDI, dia paham betul pada racun-racun dan sebagainya. Ia adalah sahabat Mikoto di UDi dan sangat cocok dengan Mikoto dalam hal menggosip dan mengejek Nakado. Ia juga menyukai Kube dan sering menganggu Kube, ia tahu Kube menyukai Mikoto.
Ia sangat kesepian dan selalu ingin punya pacar tapi ia kesulitan untuk mendapatkan pacar. Ia sering pergi ke acara goukon dan selalu mengajak Mikoto tapi Mikoto selalu menolak. Ada sebuah kasus dimana salah seorang teman satu klub gym-nya meninggal disampingnya di kamar hotel yang membuat ia sangat panik.

Shoji orangnya sangat asik dan gaya tertawanya juga lucu. Aku paling suka kalau Shoji dan Mikoto tertawa dan bercanda bersama. Mereka berdua sangat cocok. Ada saat dimana mereka berdua bertengkar tapi baikan lagi.

Matsushige Yutaka as Kamikura Yasuo

Direktur dari Lab UDI dan sepertinya dia orang yang membentuk UDI. Dia pernah bekerja di Dinas Ketenagakerjaan, jadi ia punya banyak orang dalam. Dia orang yang cukup tegas tapi kadang-kadang juga terlihat lemah dan kewalahan, apalagi saat Mikoto dan Nakado melakukan sesuatu yang bisa membahayakan UDI. UDI baru berdiri dan belum punya banyak kekuatan, sepertinya banyak yang ingin menjatuhkan UDI, jadi tim UDI harus berhati-hati.
Tapi keberana adalah hal utama baginya dan ia selalu menjadi pendukung Mikoto. Ia adalah orang yang tahu rahasia Nakado dan aku ragu apakah dia tahu rahasia MIkoto. Mikoto sih bilang kalau tidak ada seorang-pun di UDI yang tahu mengenai masa lalunya, tapi mungkin saja Yasuo-san tahu. Tapi sampai akhir, yang aku yakin 100% tahu adalah Kube.

Yakushimaru Hiroko as Misumi Natsuyo

Ibu yang mengadopsi Mikoto. Dia adalah seorang pengacara handal yang menangani berbagai kasus. Ia sangat excited kalau Mikoto akan membawa pria ke rumah dan saat tahu Mikoto putus dengan pacarnya, ia mulai melihat-lihat di tim UDI apakah ada yang jomblo HAHAAHAHHAHA.
Ia selalu berusaha menjadi ibu yang baik bagi Mikoto dan kadang ia sangat khawatir batas diantara mereka akan menghalangi kedekatan mereka.

Ryusei Ryo as Kibayashi Nagumo

Seorang pengurus jenazah, screentime-nya sedikit tapi setiap kali dia muncul pasti iconic banged, dengan kaca mata lucunya. Dia dekat dengan Nakado karena Nakado meminta bantuannya untuk memeriksa setiap jenazah yang ia urus, apakah ada tanda ikan mas di mulut jenazah tersebut.
Kibayashi orang yang unik dan awalnya aku rasa dia mencurigakan, tapi ternyata orangnya sangat baik dan seharusnya muncul lebih sering AHHAHAHAHHAA.

Kitamura Yukiya as Shishido Riichi

Dia adalah seorang reporter dan sejak awal dia ini sangat mencurigakan. Aku menduga kalau dia adalah pembunuh pacar Nakado karena dia tahu dimana lokasi mayat dengan tanda ikan mas di mulut, padahal saat itu polisi belum tahu. Aku rasa saat menonton ini, aku persis seperti Kube, karena Kube juga mencurigai dia sebagai pembunuhnya.
Meski dia bukan pembunuhnya tapi dia sangatlah kejam. Dia tahu siapa pembunuhnya sejak beberapa tahun lalu tapi dia diam saja dan malah berteman dan mendukung si pembunuh itu, ia menjadikannya sebagai bahan untuk beritanya dan saat si pembunuh tertangkap, ia menulis buku tentang pembunuh itu yang langsung laris manis. Tapi ia tidak mengatakan kebenaran di dalamnya.
Nakadi sangat dendam padanya dan hampir membunuh pria ini, untungnya Mikoto dan Kube datang menghalanginya.

Ogasawara Kai as Misumi Akihiko

Adik Mikoto dari keluarga Misumi. Ia bekerja sebagai guru bimbingan belajar. Seorang adik yang baik dan selalu mengkhawatirkan kakaknya. Kube pernah berfikir kalau mereka pacaran LOL.
Ada kasus yang melibatkan murid dari adik Mikoto ini, yaitu murid dari bimbingan belajarnya menyiarkan siaran langsung dimana salah satu temannya terbunuh dan ingin Mikoto mengungkapkan siapa pembunuhnya hanya dari petunjuk yang ia berikan.
Salah satu episode yang menyayat hati.

Iio Kazuki as Sakamoto Makoto

Dia adalah salah satu anggota tim UDI, dia ada dibawah Nakado dan satu tim dengan Nakado. Nakado sering menyumpah dan marah, membuat ia trauma dan mengirimkan surat tuntutan pada Nakado untuk berhenti dari UDI, tapi tentu saja Nakado menolak.
Mikoto berhasil menyelesaikan masalah Makoto-san dengan mencarikannya pekerjaan baru dan karena itu juga Makoto dan Nakado menjadi agak dekat. Makoto karakter yang unik, dia sangat menyukai sebuah boneka dan lemah pada boneka itu.
Ia berhasil mendapatkan permintaan maaf dari Nakado dan itu membuatnya sangat senang, dia yang awalnya takut pada Nakado malah lama-lama Nakado yang takut padanya. Di ending drama ini ia kembali bekerja di UDI.

Hmmmmmmmm, kira-kira itu adalah beberapa tokoh yang paling sering muncul dalam drama ini. Aku berusaha menjelaskan sebaik mungkin, meski setelah dibaca nggak jelas juga. Jadi intinya memang harus menontonnya, karena karakter mereka memang sangat unik.
Diantara kasus-kasus yang terjadi, tentu saja kasus ikan mas adalah kasus yang paling menarik menurutku, karena kasus itu baru terungkap beberapa tahun kemudian dan tim UDI sempat kesulitan karena mereka tidak bisa menemukan petunjuk jika tidak melakukan otopsi. Tapi siapa sangka justru kunci utama kasus ini dan yang berhasil menyelesaikannya adalah pacar Nakado sendiri. Jadi ada untungnya jenazah tidak dikremasi.

Diantara kasus yang ada dalam drama ini, menurutku kasus tersedih yang membuat aku sesegukan adalah kasus yang berhubungan dengan cake, aku lupa namanya, Happy Cake atau apa gitu. Itu adalah kasus mengenai pekerja lembur yang tidak dibayar, karena mereka harus memenuhi pesanan. Aku benar-benar sangat sedih saat menonton episode itu. Melihat seorang ayah yang terus bekerja dari pagi sampai larut malam, demi anak-anaknya, sementara bos mereka malah asik pesta dan seenaknya pada para pekerja.
Selain itu, kasus mengenai kebakaran di sebuah bar juga sangat berkesan bagiku. Seorang ayah yang mengusir puteranya karena tindakan kriminalnya menemukan rumah ditempat yang baru, hidup dengan baik dan bahkan sampai akhir hayatnya. Pokoknya episode itu aku nangis banged, apalagi melihat pria itu berusaha menyelamatkan mereka yang terkepung api.

 
Unnatural adalah sebuah drama yang tidak biasa menurutku. Aku sangat menyukai mereka yang ada di UDI, sebuah pekerjaan yang tidak disukai oleh banyak orang, tidak banyak yang tertarik karena itu berhubungan dengan orang mati, apalagi ada yang mengatakan kenapa kau begitu berusaha keras hanya demi orang mati.
TApi mereka bangga pada pekerjaan mereka, meski mereka mengeluh mengenai julukan 7K yang diberikan orang pada tim UDI.

Ishihara Satomi keren banged dalam drama ini, entah kenapa aku sangat menyukainya dan dari beberapa drama Satomi yang aku tonton, aku rasa ini peran terbaiknya. Aku juga suka gaya rambut Satomi disini. Cocok dengan karakter Mikoto. Bagus deh Satomi potong rambut untuk peran ini.
Meski nggak ada cinta-cintaan yang terlalu parah dalam drama ini, tapi ada juga yang banyak membuat tim Nakado vs tim Kube. Dan aku rasa aku ada di tim Kube HHAHAHAHAHA. Sejak awal aku memang pendukung Kube sih. Karena alasan aku tertarik salah satunya juga karena melihat stills mereka berdua kok cute gitu HAHAHAHAHA. Sayang banged Mikoto orangnya nggak peka atau mungkin karena dia memang nggak ada mikir cinta lagi karena dia juga baru patah hati sama calon suaminya 😢.

 
Oia, aku udah tulis belum ya diatas kalau salah satu karakter favourite aku dalam drama ini adalah Kibayashi yang scene-nya sedikit tapi saat dia muncul dia mampu mencuri hati, dengan auranya yang misterius dan kacamatanya yang lucu 😂
Ryo Ryusei cocok banged dapat peran ini ☺️

Aku sangat merekomendasikan drama ini, karena ini termasuk drama terbaik di musim dingin 2018 + kisahnya juga unik dan berbeda. OST drama ini sebenarnya juga bagus, terutama endingnya tapi entah kenapa aku nggak baper seperti kebanyakan yang udah nonton HAHAHHAAAH.
BTW drama ini sepertinya akan ada season 2-nya karena di ending drama ini TBS membuat kode gitu 😂 Tapi season 2-nya palingan tahun depan, jadi masih lama hahahaahhaha

Penulis drama ini drama ini bagus banged. Aku baru nonton NigeHaji sih yang sempat membuat aku baper berat. Rencananya juga mau nyoba dramanya yang lain. Udah aku download, tinggal nonton HAHAHAHAHA


Share:

1 comment:

  1. Miimo mbak nama bonekanya haha. Bener.. Bener banget.. Cepetsuper dah mereka apalagi mikoto sama shoji kalau ngmg *tepokjidat. Tapi asik sih wkwk. Setuju untuk cerita menyayat hati itu.. Awalnya ga gitu amat lho tapi kok ya makin ke belakang makin bagus haha. Baru sadar satomi reunian sama cast rmpw ya berarti^^
    Dan ni drama ngingetin banget sama romantic doctor teacher kim yg tiap episode bikin terharu wkwk. Tiap pasien slalu bawa ceritanya masing masing

    Ah.. Dan soal patologi sama dokter forensik, masih blm jelas sih sayanya haha tp emang udi tim independen sih ya dan dibayar jg mungkin beda sama dokter forensik yg emang sering kerjasama dengan kepolisian jd mereka seperti punya hak utk ga mengkremasi atas persetujuan keluarga cmiiw

    ReplyDelete

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Daiki Shigeoka Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Ueno Juri Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts