Minggu, 24 Juni 2018

[Review] Anime Series: Sora Yori mo Tooi Basho (2018)


Sora Yori mo Tooi Basho atau A Place Further than the Universe atau lebih sering disingkat SoraYori adalah anime musim dingin garapan Madhouse yang tayang mulai 2 Januari sampai 27 Maret 2018.
A Story That Leads to The Antartica. Ya, ini adalah sebuah kisah mengenai sekelompok gadis yang pergi ke antartika. Sebuah anime series yang awalnya aku nggak tertarik, tapi karena ada yang ngesub, aku coba nonton dan ternyata ini anime sangat sangat sangat bagus.
Awalnya, aku pikir ini akan menjadi drama persahabatan biasa dimana 4 sahabat akan menemukan sebuah impian untuk ke Antartika bersama-sama. Aku sempat bertanya-tanya, kenapa antartika?

Dan ternyata aku salah besar. Pertama, mereka berempat, awalnya bukan sahabat. Mereka adalah orang asing yang sama sekali tidak saling mengenal. Mereka bertemu secara tidak sengaja dan mulai dekat. Pada awalnya mereka hanya 'kenalan' biasa, tapi seiring berlalunya waktu, mereka jadi berteman dan bersahabat.
Kedua, antartika bukanlah impian mereka pada awalnya, kecuali untuk satu orang. Alasan mereka ke antartika juga berbeda-beda bahkan 3 diantara mereka tidak pernah berfikir mereka akan ke antartika. Jadi intinya, satu orang mempengaruhi kehidupan yang lain dan membawa mereka ke tempat yang bahkan lebih jauh dari langit, antartika.

Tamaki Mari adalah seorang siswi SMA yang merasa masa-masa SMA-nya akan berakhir tanpa melakukan sesuatu. Ia mulai penasaran dengan dunia diluar kebiasaannya dan berfikir akan melakukan sesuatu yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Ia ingin mempunyai sebuah pengalaman yang mendebarkan, agar masa mudanya tidak sia-sia. Ia akhirnya menyusun sebuah rencana untuk bolos sekolah dan melakukan perjalanan ke Tokyo sendirian.
Dalam pelariannya itu, ia bertemu dengan seorang gadis yang mempunyai impiannya sendiri, Kobichizawa Shirase. Pertemuan Mari dan Shirase ini berawal dari Mari yang menemukan amplop berisi uang milik Shirase dan berusaha mengembalikannya. Ia kemudian tahu kalau Shirase ternyata satu sekolah dengannya.
Shirase adalah gadis penyendiri yang tidak punya teman. Teman-teman sekelasnya menjauhinya dan menganggapnya sebagai anak yang aneh, karena Shirase punya impian yang tidak biasa. Ia ingin pergi ke Antartika.

Ibu Shirase adalah salah seorang yang ikut dalam ekpedisi ke antartika dan menghilang disana. Karena itu Shirase ingin ke tempat dimana ibunya menghilang, ia bekerja dan bekerja keras untuk mengumpulkan uang untuk mencari ibunya. Ia diejek oleh banyak orang karena ia hanya seorang anak SMA dan tidak mungkin bisa ke antartika. Tapi Shirase tidak menyerah akan impiannya dan ia melawan setiap tatapan orang-orang padanya, sampai hari dimana ia bisa berteriak 'rasakan!' pada mereka, karena ia berada di antartika.
Mari yang mendengar cerita itu dari Shirase dan melihat kesungguhan Shirase memutuskan untuk ikut bersama Shirase ke antartika. Mari serius dengan hal itu, karena ia memang ingin mencari sesuatu yang bisa ia lakukan di masa mudanya.
Tapi tentu saja ke antartika tidak semudah yang mereka bayangkan, bahkan orang disekitar Mari, seperti sahabatnya mengatakan itu hal yang mustahil. Tapi Mari merasa kalau ia dan Shirase bisa melakukannya.

Sejak saat itu, Mari sering menghabiskan bersama Shirase untuk menyusun rencana, termasuk meyakinkan pihak ekspedisi untuk membiarkan mereka ikut. Shirase dan Mari sering ke sebuah mini market dan salah pekerja sambilan disana mendengar percakapan mereka. Gadis itu adalah Miyake Hinata yang tertarik dengan keinginan keduanya dan ikut bergabung dengan mereka berdua.

Shirasihi Yuzuki adalah seorang aktris muda yang cukup populer saat itu, tapi ia tidak menikmati pekerjaannya sebagai aktris. Yuzuki sangat ingin mempunyai teman tapi ia kesulitan karena ia seorang aktris dan tak ada yang mau mendekatinya. Saat akhirnya ia mempunya teman disekolahnya dan punya grup chat bertiga, Yuzuki malah nggak bisa nyambung dan berakhir ditinggalkan lagi. Satu-satunya hal yang diinginkan Yuzuki adalah teman.
Yuzuki saat itu diminta untuk ikut tim ekspedisi ke antartika tapi ia menolak keras. Sang ibu yang bekerja sebagai manager tetap ingin Yuzuki ikut dan mencoba untuk mencari cara membujuknya. Saat itulah ia bertemu Shirase dkk dan mengatakan kalau mereka bisa membujuk Yuzuki ikut ke antartika, ia akan bicara pada tim ekspedisi agar membiarkan Shirase dkk ikut.
Tentu saja itu adalah kesempatan yang besar bagi sekelompok anak SMA itu dan mereka mulai membujuk Yuzuki untuk setuju ikut ke antartika.

Lalu setelah Yuzuki setuju, apakah mereka akan langsung ke Antartika?

Nah, disini adalah hal yang menarik menurutku. Perjalanan Shirase, Mari, Hinata dan Yuzuki bisa dibilang cukup lancar tapi pengalaman dan hal-hal baru yang mereka pelajari selama perjalanan membuat anime ini sangat menarik. Mereka berempat juga saling lebih mengenal dan satu per satu masalah mereka terungkap selama perjalan itu.

CHARACTERS

Tamaki Mari, nickname Kimari (seiyuu: Inori Minase)

Seorang gadis yang penuh semangat, kelas 2 SMA. Ia sering dipanggil Kimari oleh teman-temannya. Ia selalu penasaran dengan banyak hal yang tidak ia tahu dan selalu tertarik dengan banyak hal. Ia merasa kalau masa SMA-nya akan berlalu begitu saja, jadi ia ingin melakukan sesuatu yang mendebarkan.
Ia memungut amplop berisi 1 juta yen milik Shirase dan saat mengembalikannya, ia mendengar mengenai rencana Shirase ke antartika. Mereka berdua menjadi dekat setelah itu karena Mari juga ingin ikut bersama Shirase.

Diantara 4 sahabat, Mari adalah yang paling heboh dan selalu punya ide, tapi ia tidak terlalu sensitif. Dia sering membuat kesalahan dan polos. 3 temannya yang lain lebih sering mengurusi Mari. Mari selalu penuh persiapan, lebih tepatnya terlalu penuh persiapan. Ia tak bisa tidur dengan tenang karena itu setiap memilih teman tidur, yang bertiga pasti main batu gunting keras dulu HAHAHAHAHA.

Kobuchizawa Shirase (Seiyuu: Hanazawa Kana)

Dia adalah senior Mari di SMA yang sama. Anaknya terlihat cool dan tidak banyak bicara, tapi sebenarnya sangat pemalu dan mudah gugup. Ia sangat menyukai pinguin.
Ia adalah puteri dari Kobuchizawa Takako, member dari ekspedisi ke antartika yang menghilang.  Shirase selalu punya impian ke antartika suatu hari nanti untuk mencari ibunya, karena itu ia bekerja sambilan sepulang sekolah untuk mengumpulkan 1 juta yen. Ia selalu percaya ibunya masih hidup dan menunggunya di antartika.

Shirase tidak punya teman di sekolah karena teman-temannya menjauhinya karena obsesinya ke antartika dan tentu saja tidak ada yang percaya ia bisa kesana. Tapi Shirase tidak menyerah, ia yakin ia akan menjejakkan kakinya di antartika. Ia kemudian bertemu dengan MAri yang terharu karena impian Shirase dan ingin ikut bersama Shirase ke antartika.

Shirase selalu mengirim email pada ibunya setiap hari sejak ibunya menghilang dan saat ia menemukan laptop milik ibunya di antartika, ia melihat email yang masuk tidak pernah dibaca oleh ibunya. Itu adalah adegan terbaik dari Shirase dalam anime ini. Aku menangis sesegukan saat menontonnya. Sebuah konfirmasi bahwa ibu Shirase benar-benar sudah tidak ada di dunia ini lagi.

Miyake Hinata (seiyuu: Iguchi Yuka)

Seorang gadis ceria yang bekerja sambilan di minimarket dekat dengan sekolah Mari dan Shirase.  Dia seusia dengan Mari tapi dia berhenti dari sekolah dan sedang persiapan ujian masuk universitas. Ia tidak mengatakan alasan kenapa ia berhenti sekolah, tapi akan terungkap di epsiode pertengahan ke akhir anime ini.
Hinata adalah anggota grup yang selalu punya kata-kata mutiara untuk mereka, dia paling dewasa diantara semuanya.

Ia ikut dalam rencana Mari dan Shirase karena ia juga masih punya banyak waktu sebelum ujian universitas. Sebenarnya ia merasa iri pada Shirase dan Mari yang sering datang ke minimarket, awalnya ia pikir mereka adalah sahabat baik. Ia cukup kaget saat tahu kalau ternyata mereka berdua baru berkenalan.

Adegan terbaik Hinata adalah saat teman-teman dari klub lari di SMA-nya datang untuk melakukan video call dengan Hinata yang merupakan anggota ekspedisi dan Hinata menceritakan alasan ia keluar dari sekolah adalah karena mereka. Tapi adegan itu juga merupakan salah satu adegan terbaik Shirase yang berdiri menggantikan Hinata dan berteriak pada teman-teman Hinata.

Shirasihi Yuzuki (seiyuu: Hayami Saori)

Dia adalah siswi kelas 1 SMA, paling muda diantara mereka berempat. Ia seorang aktris muda yang cukup populer, paling kalem diantara mereka berempat. Karena sudah masuk ke dunia entertaiment sejak usia 4 tahun, Yuzuki tidak pernah punya teman. Karena itu saat masuk SMA ia berniat untuk mulai membuat teman, tapi pada akhirnya rencana itu tidak berhasil.
Tim ekspedisi meminta Yuzuki ikut ke antartika sebagai MC untuk online live streaming, tapi Yuzuki menolak. Ia kemudian berubah pikiran setelah bertemu Shirase, Mari dan Hinata. Awalnya ia pikir mereka bersahabat dan ia sangat terkejut saat tahu mereka bertiga baru kenal 1 bulan. Mereka bertiga mengatakan meski mereka baru kenal, mereka akan mulai bersahabat sejak sekarang.

Yuzuki tidak tahu arti pertemanan dan bagaimana pertemanan itu, jadi selama perjalan, ia pikir mereka belum menjadi teman. Ia bahkan takut setelah ekspedisi berakhir mereka akan berhenti menjadi teman, atau sesuatu seperti itu. Tapi mereka berempat berjanji meski mereka berpisah, mereka akan tetap berteman.


Tim Mari dkk dinamakan tim musim panas, karena mereka hanya akan ada di antartika selama musim panas, sementara anggota tim yang lain akan ada disana sampai musim dingin. Mereka berempat adalah siswi SMA pertama yang pernah ke antartika dan bagi mereka, itu kehormatan tersendiri.
Melalui drama ini, kita diajak melihat bagaimana ekspedisi ke antartika itu. Tentu saja diawali dengan latihan dan pengenalan apa saja yang harus dan akan dilakukan selama perjalanan, juga pelajaran mengenai apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Keberangkatan dari Jepang ke Australia, tapi singgah terlebih dahulu di Singapura. Di Singapura, para sahabat menghabiskan waktu belanja dan mencoba es krim durian. HAHAHAHAAAHA. Aku sangat suka sama durian jadi melihat mereka makan seolah-olah itu makanan yang nggak enak, aku ketawa hHAHAHAHHA.
Saat tiba di Australia, mereka belanja untuk kebutuhan hidup selama disana, naik kapal untuk pertama kalinya dan akhirnya meninggalkan daratan.

Saat dikapal, mereka berempat satu kamar dan ada banyak peraturan disana. Setiap orang punya giliran memasak dan juga punya waktu olahraga. Shirase dkk juga mabuk laut selama dikapal dan nggak selera makan sama sekali.
Saat tiba di antartika, Shirase dkk mendapat kehormatan menginjakkan kaki pertama kali di es dan Shirase berteriak 'rasakan!' pada orang yang mengejeknya.
Saat tiba di stasiun Syowa, mereka mendapat kamar masing-masing, banyak hal yang mereka lakukan disana, termasuk ke stasiun utama dimana ibu Shirase menghilang, tentu saja mereka kesana untuk menemukan sesuatu.
Untuk siaran online, Yuzuki bertugas sebagai MC dan Shirase terpilih sebagai pembaca laporan tapi Shirase selalu gugup di depan kamera. Para sahabat juga tak lupa menyanyi bersama-sama dan bertemu pinguin, karena itu adalah salah satu hal yang ingin mereka lakukan ketika tiba di antartika.

Anime series ini benar-benar sangat berbeda dengan anime slice of life biasanya, ada sesuatu yang membuat anime ini lebih istimewa dari anime lainnya. Seklias terlihat hanya persahabatan biasa anak SMA yang pergi ke antartika, tapi jika sudah menontonnya, kalian akan tahu kalau anime ini bukan hanya sekedar itu. Aku sangat sulit untuk menjelaskannya, tapi aku benar-benar jarang menemukan anime yang seperti ini, jadi Sorayori benar-benar salah satu anime yang paling berkesan bagiku dan menjadi salah satu anime terbaik yang pernah aku tonton.
keren banged lho, jarang-jarang aku baca komentar di MAL setelah nonton anime, tapi selama mengikuti sorayori ini, setiap selesai nonton, aku selalu ke MAL untuk membaca komentar penggemar.

Ini adalah salah satu anime yang wajib ditonton dan OST-nya OMG! BAGUS BANGEEEEEEEED!!! Kisahnya mungkin terdengar sederhana tapi penulisnya mampu membuat kita nggak bosa ditiap episodenya. Aku menantikan anime lain yang bagus seperti ini hehehehe.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts