Sabtu, 01 Oktober 2016

[Review] J-Movie Twilight: Saya in Sasara (2014)


Sebenernya udah tau movie ini sejak lama, tapi entah kenapa saat itu tidak tertarik menontonnya karena kalau dilihat dari cover-nya, ceritanya tentang sepasang suami istri atau begitulah (aku biasanya malas membaca sinopsis singkatnya hahhaha). Tapi belakangan aku memang tertarik dengan kisah keluarga jadi aku mencoba mendownloadnya dan WOW, ini movie KEREN SEKALI!!


Twilight: Saya in Sasara a.k.a Twilight Sasara Saya adalah sebuah movie yang diangkat dari novel berjudul Sasara Saya oleh Tomoko Kano yang dipublikasikan pada tahun 2001. Movie ini disutradarai oleh Yoshihiro Fukagawa (In His Chart, Teacher and Stray Cat <masih nunggu sub-nya ga muncul2>, Sakurada Reset <film baru Nomura & Yuina 2017>). Naskah ditulis oleh sang sutradara dan Yukiko Yamamoru (Touch, Mango to Akai Kurumaisu).
Melihat list movie sang sutradara dan penulis, Twilight ini adalah film pertama mereka yang aku tonton.

Movie in dibintangi oleh Yui Aragaki (pati kenal donk siapa hehehehhe, ini adalah peran pertamanya sebagai seorang ibu cr. asianwiki), Yo Oizumi (ayahnya Mare di asadora Mare), Aoi Nakamura (pernah main bareng Yui di Koizora, Beck, Kimi to Boku, Beyond The Memories, Library Wars) dan lain-lain.
Aku bukan fans Yui makanya dari kemarin masih ragu-ragu nonton ga ya, eh pas cek lagi ternyata bapaknya Mare main disini dan ga ragu lagi aku download HAHHAHAHAA. Bapaknya Mare lucu sih apalagi disini gaya rambutnya sama kkwkwkwkkwkw.

Movie ini sangat unik. Harusnya adegan sedih malah dibuat lucu dan bikin ngakak di awal episode. Bagi yang nonton Jealousy Incarnate pasti mengerti rasanya scene yang harusnya sedih dan mendebarkan dibuat lucu dan kita ga tahan mau ketawa HHAHAHAHAAHA. Nah, movie ini 11 12 lah, pokoknya begitu heheehheehhe.

Twilight Saya in Sasara menceritakan tentang Saya, seorang ibu muda yang kehilangan suaminya karena kecelakaan dan meninggalkannya serta seorang bayi mereka bernama Yuusuke. Di hari pemakaman/kremasi suaminya, saat mereka sedang berduka, tiba-tiba ayah suaminya datang dan ingin mengmmbil alih hak asuk Yuusuke. Saya sangat terkejut karena yang ia tahu selama ini suaminya adalah anak sebatang kara, tidak punya sanak family dan keluarga, sama seperti dirinya.

Tapi yang lucu bukan itu, justru cerita ini dibuka oleh sang suami, Yutaro. Bagaimana menjelaskannya ya, dia menjadi hantu gentayangan gitu di pemakamannya sendiri. Jadi dia menarasikan kisah ini, jiwanya masih melayang disekitar Saya pada saat pemakamannya dan menceritakan mengenai kisahnya.
Yutaro adalah seorang komedian yang tidak lucu sama sekali. Selama penampilannya, tidak ada satu orang pun yang tertawa, komedinya membosankan, sangat membosankan dan ia tahu akan hal itu, tapi ia tidak pernah punya niat untuk keluar dari komedi. Suatu hari, saat ia melakukan penampilan seperti biasa, ada satu orang yang tertawa karena lelucon tidak lucunya. Dia lah Saya dan itu lah pertemuan pertama mereka.
Dari sana dia tahu Saya adalah seorang anak yang sial, orang tuanya meninggal sejak ia masih kecil, hidup bersama neneknya tapi neneknya meninggal kemudian dan bahkan baru-baru ini bibinya yang mengurusnya juga meninggal. Saya sebatang kara di dunia dan Yutaro mengatakan mereka sama, ia juga tak punya keluarga. Pertemuan itu membuat keduanya saling jatuh cinta dan akhirnya menikah.

Dikaruniai seorang anak laki-laki yang lucu, Yuusuke, mereka hidup sebagai keluarga bahagia meski tidak kaya dan hanya tergantung pada penghasilan lelucon Yuusuke yang tidak lucu, Yutaro berjanji akan terus membuat Saya tersenyum. Tapi sayangnya, kecelakaan itu terjadi dan sekarang Yutaro meninggalkannya sendirian bersama anak mereka. Mungkin karena itu jiwanya tak tenang meninggalkan Saya, Saya masih polos dan mudah terperdaya oleh dunia, jadi jiwanya belum terbang ke surga dan masih disana untuk menjaga Saya sampai Saya lebih kuat dan bisa menjaga diri dan anak mereka.
Dan saat itu lah ayahnya muncul. Jadi sebenarnya Yutaro masih punya ayah, tapi ia menganggap ayahnya tak ada karena ayahnya membuang keluarga mereka karena pekerjaan, bahkan saat ibunya sakit, ayahnya tidak datang menjenguk, bahkan saat ibunya meninggal juga. Karena itu Yutaro membenci ayahnya.

Demi menyelamatkan Yuusuke dan Saya, Yutaro berhasil masuk ke tubuh salah satu pendeta kuil itu. Yutaro bisa masuk ke dalam tubuh orang yang bisa melihatnya, meski tidak terlalu lama. Ia dengan tubuh di pendeta menemui Saya dan memintanya segera kabur karena ia tahu ayahnya akan melakukan segala cara untuk mendapatkan Yuusuke (Yuu-chan. Saya memanggil Yutaro dan Yuusuke sebagai Yuu-chan, kawaii).
Awalnya Saya tentu saja bingung tapi lama-lama ia penasaran apa benar itu pak pendeta dan ia emndapat petunjuk saat Yuu-chan menangis, pak pendeta menggendong Yuu chan seperti yang suaminya biasa lakukan. Saat Yuu Chan menangis, yang bisa membuatnya diam hanya dia dan Yutaro. Percaya tak percaya akhirnya Saya tahu kalau dalam diri pak pendeta ada jiwa Yutaro suaminya. Dengan bantuan Yutaro dalam tubuh pendeta ia berhasil kabur dari kuil itu.

Untuk menghindari ayah mertuanya yang ingin mengambil anaknya, Saya memutuskan pindah rumah ke pedesaan, desa Sasara, tempat tinggal bibinya dulu. Ia tinggal di rumah lama bibinya dan akan memulai hidup baru disana. Tentu saja jiwa Yutaro mengikutinya.
Awalnya warga disana sangat aneh, entah itu karena mereka adalah warga baru pindah atau bagaimana jadi banyak yang penasaran akan Saya dan ada juga yang menguntit dengan teropong. Kebanyakan warga di dekat rumah Saya adalah para orang tua, hampir tak ada yang sebaya Saya. JAdi saat menemukan seorang ibu muda yang sebaya dengannya, Saya sangat senang. Sayangnya awalnya ibu muda itu jahat padanya meski akhirnya mereka berhasil berteman.

Kehidupan Saya di desa Sasara tidak bisa dibilang mudah, tapi ia menjalaninya dengan bahagia. Para warga yang aneh itu juga banyak membantunya dan memberikannya pelajaran tentang bagaimana menjadi seorang ibu. Ia banyak belajar dari mereka.
Kalau dari yang aku amati sih sepertinya ibu-ibu disana merindukan anak muda dan anak-anak, jadi mereka sebenarnya sangat senang Saya dan Yuu Chan pindah kesana, karena mereka sudah lama tidak punya tetangga yang punya bayi. Mereka sangat menyayangi Yuusuke.

Yutaro juga masih keluar masuk tubuh warga yang bisa melihatnya dan tentu saja ia menghabiskan waktu dengan Saya. Tapi lucunya, mereka kebanyakan bertengkar kalau sudah bersama hHAHAHAAHHA. Tapi disitulah kelihatan kalau mereka saling menyayangi. Aku suka banged kalau Yutaro masuk ke tubuh salah satu warga dan bertingkah aneh dengan tubuh orang lain HAHAHHAHA.

Saya juga menceritakan alasannya pindah ke Sasara pada warga, karena ayah mertuanya ingin mengambil anaknya. Para ahjumma sih katanya akan membantu Saya. Tapi Saya sebenarnya tidak ingin kabur dari ayah mertuanya, bagaimana pun Yuusuke adalah cucunya dan mereka memang harus bertemu tapi ia tidak akan menyerahkan anaknya pada ayah mertuanya.
Saat mengatakan keinginannya itu pada Yutaro, Yutaro tentu saja tidak setuju, karena ia telah menganggap ia tak punya ayah. Tapi Saya ingin membuktikan kalau ia bisa menjaga Yuusuke dengan baik meski ia adalah ibu tunggal. Ia ingin membuktikan ia bisa membesarkan Yuusuke seorang diri.

Tapi seiring berlalunya waktu, orang yang bisa dimasuki Yutaro semakin berkurang dan akhirnya yang terakhir adalah Sano, pria yang bekerja di stasiun kereta dan sebenarnya naksir Saya.
Disana mereka melakukan perpisahan terakhir mereka. Adegan ini ada bertengkarnya juga dan lucu hahhahaha tapi akhirnya sedih sih, lebih tepatnya mengharukan.

Masalah utama pun tiba saat ayah Yutaro mengetahui keberadaan Saya dan ingin mengambil Yuusuke darinya. Saya menyambutnya dengan baik di rumah sementara para tetangga mengawasi tingkahnya. Saya juga membiarkan ayah mertuanya bermain bersama Yuusuke tapi kemudian saat ia lengah, ayah mertuanya membawa kabur anaknya. Saya sangat terkejut, ia dan warga mengejarnya, tapi mereka kehilangan mobil ayah Yutaro. Saya sempat dimarahi juga sih karena terlalu percaya pada ayah suaminya, tapi mau bagaimana lagi, Saya memang ingin percaya dan ingin membuktikan kalau ia bisa menjadi ibu yang baik.

Lalu bagaimana akhir kisahnya?
Apakah Saya berhasil menemukan Yuusuke dan membuktikan pada ayah mertuanya kalau ia bisa merawat Yuusuke sendirian?

Drama ini selain lucu, juga menyentuh. Sangat menyentuh. Aku yakin kalian akan menangis sesegukan di ending movie ini.
Melihat ceritanya dari awal, aku pikir nanti endingnya yang paling sedih pasti perpisahan Saya dan arawah Yutaro, aku sudah siap siaga tapi ternyata bukan itu. Aku sangat terkejut karena justru perpisahan Saya dan Yutaro tidak sesedoh ending sebenarnya.
Aku menangis sesegukan melihat flashback kisah Yutaro dan Ayahnya. Kita melihat apa yang sebenarnya terjadi, dari sisi Yutaro dan Ayahnya dan WOW, suer, aku kaget dan ga nyangka kalau ayahnya ternyata seperti itu T_____T
Aku ga masu spoiler ah, ini bagian yang paling the best dari movie ini, melihat bagaimana cinta kikuk seorang ayah pada anaknya :'((((

Akting Yui sebagai seorang ibu juga pas banged huhuhuhuhu.
aku pengen Yui mengambil banyak peran yang seperti ini. Di Koizora dia jadi ibu juga sih, tapi ga sampai menggendong anaknya. Yui cocok banged peran seperti ini, aura keibuannya jadi kelihatan.
Dan akting Yo Oizumi sebagai Yotaro the best deh. Keren banged dia jadi pelawak tapi lawakannya ga lucu, bagaimana dia menghadapi Saya dan juga bertindak gagah kadang-kadang tapi tetap dia adalah Yutaro.
Yutaro tak bisa meninggalkan Saya sendirian karena Saya masih naif dan polos. Yutaro sering memanggil Saya 'baka' dan Saya juga menerima hal itu karena dia memang bodoh, tapi kata-kata 'baka' dari Yutaro adalah tanda kasih sayang Yutaro.

Sejak Saya menjejakkan kaki di Sasara, ia sudah membuat keputusan kalau ia akan membesarkan Yuusuke disana, ia tidak akan pergi dari desa. Dan untungnya orang-orang disana sangat baik dan membantunya. Para orang tua ini merindukan anak muda, karena kebanyakan anak mereka/pemuda desa pergi ke Tokyo dan hanya pulang sekali-kali. Mereka sudah lama tidak mendengar tangisan bayi di desa, jad saat Saya dan Yuusuke datang, mereka sangat senang, mereka membantu memandikannya, merawatnya, pokoknya mereka suka sekali sama anak-anak.
Ibu-ibu disana juga menganggap Saya terlalu polos sih, tapi disitulah mereka sangat menyayangi Saya.

Movie ini recomended banged deh. Aku suka. Cara sutradaranya menyusun cerita juga keren!
Aku suka cerita-cerita seperti ini :')
Dan lagi komedi di adegan sedih sangat menghibur :)

Skor:

Story: 9/10
Cinematography: 8/10
Character: 9/10
Music: 8/10
Opening: 9,5/10
Ending: 9,5/10

Share:

1 komentar:

  1. Aq sih gak merasa wow bgt nonton nie film. Coz lebih banyak film2 japan yg lebih wow 😅
    Tapi satu yg q ingat d film nie, tiap kali kamera nyorot kota/desanya, q pikir itu cuma kota mainan yang biasa barengan sama miniatur kereta api 🤣🤣🤣
    Dah, itu aj yg q ingat 🤣🤣🤣
    Film trilogi ALWAYS lebih wow q rasa 😁

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts