Sabtu, 04 Mei 2024

[Review] K-Drama: Boyhood (2023)

Boyhood (소년시대) adalah drama korea yang tayang di situs online Coupang Play pada November dan Desember 2023. Drama 10 episode ini disutradarai oleh Lee Myung-woo (Punch, The Fiery Priest, One Ordinary Day) dan naskahnya ditulis oleh Kim Jae-hwan (Reversal of Fortune, Maybe, Boomerang Family), dan dibintangi oleh Im Si-wan (Strangers from Hell, Misaeng, Summer Strike), Lee Sun-bin (Work Later Drink Now, Team Bulldog, The Great Show, Missing Nine), Lee Si-woo (Hi Bye Mama, DoDo Sol Sol La La Sol, Pale Moon), Kang Hye-won (Season of Blossom), Lee Sang-jin (CEO-Dol Mart, Black Knight, New Recruit), Kim Jung-jin (Revenant, Taxi Driver 2, The Bait 1) dan lain-lain. 

Awal nonton drama ini karena teratrik dengan beberapa postingan di twitter mengenai Im Si-wan yang beneran merakyat tampilannya di drama ini. Bahkan saat beberapa foto dan videonya dari drama ini tersebar di twitter, aku pikir dia itu artis indonesia dan shock karena itu Im Si-wan. Tampilannya beda banged di drama ini dan makanya aku mulai tau drama ini. Trus dia juga masuk nominasi Best Actor di 60th Baeksang Arts Award. Ditambah bulan puasa kemaren banyak waktu luang, jadi akhirnya aku memutuskan menonton drama ini.

Mungkin bagi kalian yang sudah lama mengikuti blog ini tahu kalau aku tu dulu penggemar drama korea. Tapi karena memang di real life sangat sibuk + masuk masa slump di drama korea, jadinya aku udah sangat jarang menonton drama korea. Jadi kalau ada drama korea yang aku selesaikan, berarti aku memang sangat tertarik pada drama itu dan drama itu bagus banged bagiku. Makanya aku kaget juga karena aku menyelesaikan drama ini, artinya aku enjoy menontonnya. Dan memang satu-satunya yang aku kenal saat menonton drama ini cuma Im Si-wan, lalu dipertengahan gitu baru aku tertarik melihat nama-nama pemainnya, eh, shock lagi karena ternyata ada Lee Sun-bin, pacarnya Kwang Soo (pantes pas pertama dia muncul tu rasanya nggak asing wajahnya). 😂

Boyhood ini mengambil latar belakang tahun 1980-an di sebuah SMK pertanian di Provinsi Chungcheong. Tokoh utama adalah Jang Byeong Tae (Im Si Wan) yang merupakan siswa lemah di sebuah SMA di Onyang. Dia sering dibully di sekolahnya dan tidak pernah membalas. Dia berfikir menerima semuanya dan mempelajari terknik bully mereka agar dia terbiasa. Tapi suatu hari karena masalah hutang, keluarganya kabur dari desa itu menuju desa Buyeo yang berada di provinsi yang sama dimana teman ayahnya ada di sana. Saat masih kecil, Byeong Tae dan keluarganya pernah tinggal di Buyeo sebelum pindah ke Onyang. Byeong Tae kesal karena mereka pindah setelah ia hapal bagaimana taktik bully temannya.
 
Di Buyeo, Byeong Tae masuk ke SMK Pertanian. Sebelum dia resmi pindah ke sana, di sekolah itu sudah tersebar rumor kalau petarung kerkuat dari Asan yang dijuluki Macan Putih akan pindah ke sekolah itu. Salah satu anak terkuat di sekolah itu Yang Cheol Hong (Kim Jung Jin) yang merupakan pemimpin geng sekolah yang menyebarkan rumor itu dan dia lupa lupa ingat nama Macan Putih dari Asan itu, yang adalah Jung Gyeong Tae (Lee Si Woo). Dia ragu nama macan putih itu Jang Gyeong Tae, atau Jung Byeong Tae, atau Jang Byeong Tae, atau Jung Byeong Tae. Jadi, pas Jang Byeong Tae pindah ke kelas mereka, karena namanya mirip, mereka berfikir kalau macan putih dari Asan itu adalah Byeong Tae.

Sebelum resmi pindah, Byeong Tae sempat jalan-jalan dengan sepedanya di desa itu dan karena rem sepedanya blong, dia menabrak seseorang di sana dan orang itu sempat pingsan, tak sadarkan diri beberapa hari. Orang yang dia tabrak adalah Jung Gyeong Tae si macan putih. Makanya macan putih dari Asan itu telat masuk sekolah.

Byeong Tae yang sebenarnya sudah siap di bully saat masuk SMK yang baru, ternyata dia malah di sambut baik di sana. Meski awalnya banyak yang ragu dia adalah macan putih karena Byeong Tae terlihat lemah, tapi karena beberapa keberuntungan, saat diajak bertarung dia beneran mengalahkan preman itu. Makanya mereka akhirnya percaya padanya. Byeong Tae akhirnya punya masa kejayaan di masa sekolahnya dimana dia menjadi pemimpin di grup preman sekolah. Dia bahkan bisa menggaet wanita tercantik di Buyeo, Kang Seon Hwa (Kang Hye Won) sebagai pacarnya.

Tapi tentu saja semuanya tidak berlangsung lama, karena Macan Putih yang asli akhirnya pindah ke sekolah mereka. Byeong Tae sadar kalau Cheol Hong itu salah nama makanya mereka berfikir dia adalah si macan putih. Untungnya, macan putih asli, Gyeong Tae setelah kecelakaan itu agak hilang ingatan, jadi dia tidak ingat banyak kehidupannya yang dulu. Dia malah berteman dengan Byeong Tae. Satu-satunya yang tahu kehobongan Byeong TAe sejak awal adalah Cho Ho-suk (Lee Sang Jin), tetangga Byeong Tae. Dia sering melihat Byeong Tae di rumah Park Ji Yeong (Lee Sun Bin), gadis yang dia taksir. Karena sering memperhatikan Byeong Tae yang lemah, dia jadi tahu kalau Byeong TAe bukan macan putih, tapi dia nggak menyebarkan hal itu.
 
Tapi lama-lama ingatan Gyeong Tae kembali dan karena sesuatu hal yang adalah salah Byeong Tae juga, Gyeong Tae jadi punya dendam pribadi dengan Byeong Tae. Setelah ingatan Gyeong Tae kembali, Byeong Tae menjadi target bully preman sekolah yang merasa telah dibohongi oleh Byeong Tae. Ditampab lagi Gyeong Tae memang punya dendam pada Byeong Tae, jadi dia mulai sering dipukul, dibully dan menjadi korban untuk meminta uang ke teman-teman sekelasnya. Saking frustasinya Byeong Tae, dia bahkan sempat memukul Ho Suk sampai Ho Suk tidak sadarkan diri karena Ho Suk menolak memberikan uang padanya. Padahal Ho Suk selama ini menganggak Byeong Tae temannya, dia nggak menyangka Byeong Tae akan melakukan itu padanya.

Selain itu, Gyeong Tae juga merebut Seon Hwa pacarnya. Dan Seon Hwa ini juga sangat sangat menyebalkan. Dia mengakui dia pacaran dengan Byeong Tae waktu itu karena Byeong Tae adalah laki-laki paling kuat di Buyeo, tapi karena sekarang bukan lagi, jadinya dia berpaling ke Gyeong Tae. Seon Hwa mengatakan alasan kenapa dia pacaran dengan yang terkuat adalah supaya dia menjadi pusat perhatian. Kalau sampai disitu aja aku nggak terlalu kesal karena udah kelihatan dari wajahnya sejak awal kalau dia ini nyebelin. Tapi makin kesal karena dia memanfaatkan perasaan Byeong Tae padanya, karena dia tau Byeong Tae masih menyukainya. PAdahal Byeong Tae susah payah mengumpulkan uang dengan bantuan teman-temannya untuk merayakan ulang tahun Gyeong Tae (karena disuruh), tapi Byeong Tae malah memberikannya pada Seon Hwa karena berfikir Seon Hwa sangat menginginkan sebuah recorder/tv/apa itu aku lupa. Ternyata seon Hwa menginginkan itu untuk kado Gyeong Tae. Jleb banged.
 
Aku kesal banged karena sampai akhir nggak ada yang tau kalau Seon Hwa ini juga bohong, dia bukan anak orang kaya, tapi anak orang miskin yang sok kaya. Dia selalu diantar ke depan rumah orang kaya, padahal cuma sampai pagar aja, kalau yang nganter pulang, dia langsung ke rumah aslinya di seberang rumah orang kaya itu.

Part akhir drama ini adalah pembalasan dendam Byeong Tae pada Gyeong Tae dan gengnya. Byeong Tae sudah muak di bully dan ingin balas dendam. Jadi, dia mulai latihan fisik dan Ji Yeong yang mengajarkannya secara pribadi. Jiyeong ini pandai banged berkelahi dan cukup terkenal di sekolahnya. Hanya saja orang tuanya paling nggak suka Ji Yeong berkelahi karena Ji yeong adalah wanita. Makanya Ji Yeong sempat kabur dari rumah dan tinggal di gudang. Di sana, Byeong Tae menemaninya dan menjadi tempat rahasia mereka.

Ji Yeong meski kelihatan jutek, sebenarnya dia ini lemah pada Byeong Tae. Kelihatan banged sejak awal kalau dia menyukai Byeong Tae. Kilas balik hubungan mereka baru terlihat dibeberapa episode akhir drama ini. Jadi waktu dulu Byeong Tae dan keluarganya tinggal di Buyeo, Byeong Tae ini sangat dekat dengan Ji Yeong. Mereka berteman baik dan Byeong Tae memang sejak kecil itu sangat lemah dan sering dibully. Ji Yeong lah yang selalu membantunya dan menenangkannya. Makanya Ji Yeong belajar bela diri itu karena dia ingin membantu Byeong TAe yang selalu dibully. Ji Yeong menyukai Byeong Tae sejak kecil dan Byeong Tae juga menyukai Ji Yeong. Makanya pas pindah dari desa itu, Byeong TAe sangat sedih karena tidak bisa bertemu Ji Yeong lagi.

Saat Byeong Tae kembali ke desa itu, Ji Yeong senang banged meski menyembunyikan perasaannya. Byeong Tae mungkin udah lupa perasaannya dulu, tapi dia selalu baik pada Ji Yeong dan memberikannya yakult tiap pagi. Lucu banged Ji Yeong malu-malu kalau menerima yakult Byeong Tae. Ho Suk sudah menyukai Ji Yeong sejak dulu dan dia sempat tantrum karena tau kalau Ji Yeong menyukai Byeong Tae. PAdahal selama ini Ji Yeong selalu menolaknya dia nggak menyerah, tapi pas tau kalau Ji Yeong menyukai Byeong Tae, dia sempat memusuhi Byeong Tae meski Byeong Tae mengatakan itu tidak benar.

Dan begitulah Ji Yeong mengajari Byeong Tae teknik berkelahi untuk balas dendam. Saat melihat siaran TV mereka juga punya ide untuk menggunakan topeng saat balas dendam supaya orang-orang tidak tahu kalau itu adalah Byeong Tae. Meski sudah latihan, Byeong Tae tetap masih lemah, maksudnya nggak akan langsung jago gitu. Kalau untuk pengikut macan putih oke lah, dia bisa mengalahkan mereka satu per satu setiap hari. Rumor mulai tersebar mengenai pria bertopeng yang paling kuat di Buyeo dan itu membuat Gyeong Tae sangat kesal karena posisinya seakan tergantikan. PAdahal aku pikir Gyeong Tae ini awalnya baik dan punya sisi kemanusiaan, tapi beneran gak cocok dengan mukanya, dia sangat kejam.

Yang tahu akan pria bertopeng itu cuma Ji Yeong dan Byeong Tae, tapi Ho Suk mulai tau hal itu dan membantu Byeong Tae diam-diam. Dia juga mengumpulkan tim anak yang sering dibully dan mereka mulai membantu Byeong Tae balas dendam. Tapi mengalahkan Gyeong Tae memang sesulit itu. Meski akhirnya kedamaian datang ke SMK Pertanian setelah macan putih terkalahkan.

Muka Im Si Wan yang sempat membuatku berfikir kalau ini adalah film Indonesia 😂
 
Kalau kalian yang nggak suka drama dengan banyak adegan tinju-tinjuan, bonyok, berdarah, maka kalian sebaiknya jangan menonton drama ini. Disini bonyoknya real banged, sampe aku kasihan banged sama Byeong Tae, kok tahan dibully seperti itu. Kalau aku mungkin udah nggak mau sekolah lagi kalau seluruh sekolah memusuhi seperti itu. Apalagi menjadi target pembully sekolah. Duh.

Drama ini menarik, meski temanya bullying, tapi ada banyak lucunya juga dan ketawanya. Karena settingnya tahun 1980an, ini membawa kita ke masa lalu dimana fashionnya tahun 80an itu kan memang bagus. Aku suka bagaimana karakter Im Si wan dibuat semerakyat itu, sampai stylenya membuat kita pangling dan totalitas banged wajah lemahnya. Karakter dia diawal memang agak menyebalkan, apalagi pas dia sombong karena dikira Macan Putih, tapi setelah ketahuan itu jadi kasihan banged. Yang belum menonton, harus nonton nih drama ini.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts