Senin, 15 Mei 2023

[News] "Ano Hana ga Saku Oka de, Kimi to Mata Deaetara" gets Movie Version with Fukuhara Haruka and Mizukami Koshi

 
Hari ini, 15 Mei 2023, Sochiku mengumumkan movie baru mereka berjudul "Ano Hana ga Saku Oka de, Kimi to Mata Deaetara" (disingkat Ano Hana) yang diangkat dari light novel dengan judul sama karya Natsue Shiomi. Fukuhara Haruka yang baru saja menyelesaikan asadora 'Maiagare' dan Okada Kenshi yang beberapa waktu lalu mengubah nama panggungnya menjadi Mizukami Koshi, terpilih sebagai tokoh utama dalam movie bertema time-travel ini. Ini adalah reuni keduanya yang dulu pernah main bareng dalam drama 'Uchi no Musume wa Kareshi ga Dekinai' (2021).

Novel aslinya ini sangat populer dikalangan remaja di TikTok dan telah terjual sebanyak 50ribu copy. Mengisahkan tentang seorang gadis SMP yang tidak puas dengan keluarganya, kehidupan sekolahnya dan banyak hal dalam hidupnya. Suatu hari, setelah bertengkar dengan ibunya, ia kabur dari rumah. Ia bermalam disebuah tempat di pegunungan dan saat ia bangun, ia sudah ada ditahun 1945, masa perang dunia II. Ia ditolong oleh seorang laki-laki yang kebetulan lewat disana. Laki-laki itu adalah seorang pilot kamikaze dan sang gadis jatuh cinta pada kebaikannya. Tapi laki-laki itu sebentar lagi akan berangkat untuk berperang.
 
BTW heroine dalam buku aslinya adalah anak SMP, tapi di movienya diubah menjadi anak SMA. Aku rasa biar lebih terasa romance-nya. Awalnya aku mengecek berita ini, buku aslinya adalah sebuah novel. Tapi kok aku cek lagi ada manganya. Entah itu memang buku aslinya sebuah manga atau ada versi manganya, aku juga kurang tau. Tapi manganya itu memang ceritanya dari Shiomi Natsue, sedangkan artnya oleh Matsue Daichi.
 
Movie ini sudah mulai syuting sejak 1 April dan telah menyelesaikan syutingnya pada 4 Mei lalu. Cepat banged ya. Dan katanya kisah bukunya sendiri sangat menyentuh dan bahkan bikin nangis. Mizukami Koshi aja dalam wawancaranya mengatakan saat dia membaca bukunya, dia menangis. 
Sochiku kayaknya memutuskan membuat movie ini karena novelnya viral di tiktok. Mungkin kisahnya memang sebagus itu. Soalnya ini tentang time travel dan masa perang juga, jadi udah punya bayangan ya gimana kisahnya. 

Aku sangat tertarik dengan movie ini jadi aku putuskan mencari info lebih jauh sebelum menulis postingan ini dan karena itu juga aku menemukan manga terjemahan indonesia di google. Aku sempat membacanya, sekitar 10 chapter. Nah, kira-kita begini kisah dalam manganya.

Jadi, tokoh utamanya memang anak SMP, namanya Kanou Yuri. Dia tipe anak remaja yang emosian dan nggak puas dengan kehidupannya. Ia tinggal berdua dengan ibunya dan sepertinya sih dia nggak punya ayah. Malam itu mereka bertengkar karena hal itu, ibunya nggak mau Yuri menyia-nyiakan masa mudahnya dan Yuri merasa ibunya menyinggungnya karena mengandungnya lah makanya ibunya menyia-nyiakan masa mudanya.

Pertengkaran itu membawa Yuri kabur dari rumah dan ia pergi ke gunung belakang kota. Karena hujan, dia berteduh disebuah bunker (tempat dulu orang berlindung saat perang, kalau kalian nonton Grave of the Fireflies, nah tempatnya kayak gitu). Pagi hari saat dia bangun, ia shock karena pemandangan kota hilang, jalanan hilang dan pokoknya kota itu jadi kayak desa. Dia nggak makan dan minum sejak semalam, jadi dia lemas. Ada seorang pemuda yang lewat di sana dan membantu Yuri, membawanya ke bawah pohon untuk menenangkan diri setelah memberi Yuri minum. Untuk pertemuan pertama, memang cowok yang namanya Akira ini terlalu baik sih, dia bahkan membawa Yuri untuk beristirahat sementara di kedai langganannya. Di sana Yuri mendengarkan cerita aneh mereka tentang perang dan lain-lain, kemudian melalui sebuah koran di sana, Yuri akhirnya sadar kalau dia sekarang ada ditahun 1945.

Yuri pingsan saat mengetahui hal itu dan saat dia bangun, dia bahkan kebingungan dengan apa yang terjadi. Dia sempat kabur dari kedai itu dan diam di bunker lagi, tapi pada akhirnya dia kembali lagi ke kedai itu. Pemilik kedai itu juga kehilangan seluruh keluarganya karena perang dan mengajak Yuri tinggal bersama dan bekerja di kedainya. Kedai itu cukup ramai karena ada pangkalan udara di dekat sana. Jadi, Yuri mulai bekerja di sana. Dia bangun pagi-pagi sekali, mengambil air, melayani pelanggan sampai sore, tidur setelah bekerja dan capek banged, tapi dia sama sekali tidak mengeluh dan nggak merasa puas meski kehidupan sulit pada masa itu. 

Setelah beberapa hari bekerja di sana, dia baru bertemu lagi dengan Akira yang singgah di sana bersama teman-temannya. Akira adalah pilot kamikaze (pesawat tempur Jepang). Akira mengajak Yuri ke sebuah tempat dimana banyak bunga yang mekar di sana. Yuri senang sekali. Lalu disana Akira mulai menceritakan tentang dirinya, kalau dia bukan berasal dari Tokyo, ia punya adik perempuan seumuran Yuri (14 tahun) dan Akira sendiri adalah anak kuliahan berusia 20 tahun. Adik perempuannya sangat ingin bersekolah lagi dan itu sebabnya ia sekarang ingin agar perang segera berakhir dan semuanya kembali normal, bahkan jika itu artinya dia harus mengorbankan dirinya sendiri.

Yuri kepikiran akan hal itu karena dia tahu kalau Jepang tidak akan menang dalam peperangan ini. Ia sekali mencoba mengingatkan Akira dan teman-temannya sesama anggota kamikaze, karena misi mereka adalah misi bunuh diri agar Jepang memang dalam perang. Yuri tidak mau mereka mati konyol karena mereka nggak akan menang, tapi pada masa itu, memang jiwa patriotisme para pemuda sangat besar dan mereka yakin kalau mereka akan memenangkan peperangan.
 
Singkat cerita, Yuri mendapat gaji pertamanya dan akan pergi membeli hadiah untuk Akira. Tapi disana ia melihat ada bapak-bapak mengejar anak kecil karena mencuri sayuran dan akhirnya Yuri menggunakan uangnya untuk membeli sayuran yang anak itu curi. Anak itu tidak mengerti kenapa Yuri menyelamatkannya dan Yuri mengatakan itu karena dia juga diselamatkan.
Suatu hari, saat Yuri diminta oleh pemilik kedai menukar pakaian dengan beras, ada serangan udara dan semua masyarakat kabur ke bunker tapi Yuri agak telat. Untung saja dia tidak terluka, hanya saja dia melihat bagaimana orang-orang terbunuh karena serangan udara itu. Hal mengerikan itu dilihat langsung oleh Yuri yang membuat lututnya lemas. Saat ada bangunan roboh, kakinya terperangkap dan untung saja ia diselamatkan oleh Akira karena Yuri dalam situasi genting itu memanggil Akira.
Akira menyelamatkannya lagi dan Yuri bertanya kenapa, Akira mengatakan itu karena dia sudah menganggap Yuri sebagai adiknya sendiri.

Yuri yang selamat dalam serangan udara itu kembali reuni dengan pemilik kedai. Tapi satu-satunya teman perempuan Yuri meninggal dalam serangan udara itu. Saat itu, para pilot kamikaze akan berangkat dalam 3 hari untuk berperang. Itu artinya Akira akan pergi. Salah satu pilot termuda kelihatan ketakutan dan sempat kabur sebelum misi itu. Tapi ketahuan oleh atasan dan juga teman-temannya. Tapi berkat Akira, atasannya akhirnya mengerti dan membiarkan pilot itu kembali ke kampung halamannya. Pilot itu benar-benar meminta maaf karena dia belum siap mati dan masih ingin hidup.

Sebelum keberangkatan Akira, Yuri mengajaknya bertemu dipadang bunga lily. Yuri mengenakan seragam sailor dari masa depan. Di sana Yuri menyatakan perasaannya pada Akira dan mengajaknya kabur bersama. Ia mengatakan kalau Jepang akan kalah sebentar lagi dan Yuri juga mengatakan kalau ia tahu karena ia berasal dari masa depan. Akira berterima kasih atas perasaan Yuri, tapi ia tidak bisa kabur dengan Yuri, karena ia masih punya tanggungjawab. Akira juga sedikit punya perasaan kalau Yuri tidak berasal dari zaman itu, karena entah kenapa Yuri kelihatan berbeda. Yuri menceritakan bagaimana kehidupan dizamannya, setelah Jepang kalah, Jepang pulih perlahan-lahan, bahkan sekarang mereka berteman dengan Amerika. Jepang menjadi negara maju dibidang ekonomi. Kehidupan anak sekolah sepertinya adalah pergi ke sekolah, belajar, pulang ke rumah, mandi dan tidur. 
Akira bersyukur mendengar hal itu sambil menangis karena zaman seperti itu benar-benar datang.
Karena itu Yuri mengajak Akira kabur dan jangan melakukan misi bunuh diri. Tapi Akira tetap menolak, ia mengatakan ia akan tetap pergi karena dia tidak ingin mengubah masa depan Yuri.

Akira mengatakan bagaimana kecintaannya akan negaranya, orang-orang yang ada di sana dan juga pemandangannya. Jika ia tidak bertemu Yuri, ia mungkin akan melakukan misi ini dengan penuh keragu-raguan dalam hatinya. Tapi syukur ia bertemu dengan Yuri dan ia menjadi yakin untuk melakukan misi ini. Ia lega karena apa yang ia lakukan adalah demi Yuri dimasa depan.
 
Malam sebelum keberangkatan, Akira dan teman-temannya berpesta di kedai. Mereka menuliskan surat untuk keluarga dan menitipkan pada pemilik kedai untuk dikirim nanti. Dihari keberangkatan, Yuri dan yang lain melihat mereka. Yuri bahkan sempat berlari mengejar pesawat milik Akira dan Yuri menangis sejadi-jadinya karena dia tidak akan pernah bertemu dengan Akira lagi.
Lalu ia mendapat sebuah ide, dan ia berlari ke bunker itu. Ia berdoa, memohon agar dia dikembalikan kehari dimana pertama kali ia bertemu dengan Akira. Yuri tidur dalam bunker, dan begitu dia terbangun, ia kembali ke masa sekarang, di dunia yang Akira tidak ada.
 
Aku cuma baca manganya sampai sini dan sumpah sangat-sangat tanggung. Apakah nggak ada lagi terjemahan inggris atau manga aslinya yang tersedia online. Cuma mau lihat bagaimana endingnya.
Apakah seluruh tim kamikaze memang meninggal dalam perang?
Kalau begitu maka Akira juga tidak akan hidup. Kita cuma bisa berharap dia reinkarnasi dimasa sekarang. Kalau dia hidup, mungkin dia sudah meninggal mengingat masa sekarang adalah 70 tahun dari masa itu, Akira saat itu sudah 20 tahun, artinya masa sekarang dia 90 tahun. Apakah ada kemungkinan dia masih hidup diusia 90 tahun?
Atau mungkin endingnya Yuri mencari siapa itu pilot teman Akira yang kabur waktu itu dan mungkin dia tahu keberadaan keluarga Akira dan mengunjunginya?
 
Tapi karena ini fantasy, trus ada dikit romancenya, mungkin klise juga endingnya, yaitu reinkarnasi wkwkwkwkw,.
Trus mereka ketemu lagi ditaman bunga itu. Cuma endingnya jangan cuma saling tatapan aja 😂

Duh, penasaran banged.

Movienya nggak cuma romance aja, malah romancenya terkesan sedikit. Lebih ke memperlihatkan pada kita kehidupan zaman itu. Bagaimana kehidupan yang sudah enak sekarang ini, tapi dianggap membosankan dan setiap hari kesal banged. Padahal kehidupan sekarang adalah apa yang diimpikan oleh orang-orang masa dulu. Seperti anak-anak yang berangkat sekolah, belajar, pulang, mandi, makan, tidur. Hal biasa yang dulu sangat diinginkan oleh mereka.

BTW di movienya nanti tolong jangan mengecewakan. Feelsnya udah dapet banged itu manganya, aku juga membacanya sambil menangis. Sedih juga. Jadi ingat 'Kono Sekai no Katasumi ni', movie ini agak mirip karena kisahnya juga ada slice of life-nya di zaman PD II. Kayaknya kalau ada animenya juga seru sih, mungkin feels-nya jauh lebih dapet.
 
EDIT:
SPOILER ALERT!
 
Oke, 5 menit setelah posting ini, aku akhirnya menemukan ending manganya, well, tapi dalam bahasa Jepang. (ternyata skill pencarianku masih oke wkwkkwkw).

Jadi, diendingnya, chapter 11, Yuri kembali ke masa sekarang. Tentu saja saat dia kembali ke rumah dia dimarahi oleh ibunya. Tapi kayaknya dia cuma menghilang semalam gitu, nggak sampe sebulan kehidupannya di masa 1945. Dia kembali ke sekolah seperti biasa tapi Yuri sekarang nggak suka marah-marah lagi, dia sekolah dengan serius.

Lalu suatu hari sekolah mereka ada kunjungan ke museum gitu dan disana Yuri melihat foto-foto pilot kamikaze. Ada orang yang dia kenal dan itu membuktikan kalau apa yang terjadi bukanlah mimpi. Dan tentu saja da foto Akira di sana. Yang artinya Akira meninggal dunia dalam misi itu. Disamping foto pilot, ada surat terakhir yang ditulis pada pilotnuntuk keluarga mereka, itu adalah surat yang mereka titipkan pada pemilik kedai dulu. Surat Akira ditulis bukan untuk keluarganya melainkan untuk Yuri. Dalam suratnya Akira mencurahkan perasaannya pada Yuri, sejak bertemu gadis itu, kematian bukan hal yang menakutkan baginya, karena ia tau ia mati adalah untuk Yuri dimasa depan. Ia juga mengatakan kalau dia ingin sekali merasakan hidup dimasa Yuri, dimana tidak ada peperangan. Dan sepertinya dalam suratnya Akira mengajak Yuri bertemu lagi ditaman bunga itu saat bunganya mekar.
Yuri menangis sejadi-jadinya saat membaca surat terakhir Akira itu (aku juga nangis 😭 padahal cuma mengandalkan google foto yang bisa translate itu).

Yuri menjalani hari-harinya seperti biasa tapi dia jadi lebih positif. Lalu suatu hari, saat akan pulang sekolah, ia melihat seorang anak laki-laki sedang melihat ke arah lapangan olah raga. Saat anak itu berbalik, Yuri agak kaget karena anak itu mirip dengan Akira. Anak itu menyapa Yuri dan mengatakan kalau dia akan pindah ke sekolah ini mulai semester depan. Yuri tersenyum dan menyapa anak itu.

Ackkkkkkk, jadi tetep ya, endingnya yang klise itu, reinkarnasi. Cuma kok endingnya gak di taman bunga itu ya? Padahal judulnya aja jika aku bertemu denganmu lagi dibukit tempat bunga bermekaran. Atau jangan-jangan bukit itu sudah berubah jadi sekolah sekarang? Makanya mereka ketemunya disana?

Well, begitulah ending bukunya. Nggak tau nanti movienya gimana. Maaf ya guys, jadi spoiler! 😂




Share:

2 komentar:

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts