Rabu, 29 November 2023

[Review] Korean Drama: Twinkling Watermelon (2023)

Twinkling Watermelon (반짝이는 워터멜론) adalah drama stasiun tvN yang tayang mulai September 25, 2023 lalu. Drama 16 episode ini disutradarai oleh Son Jung Hyun (When My Love Blooms, Mental Coach Jegal) dan naskahnya ditulis oleh Jin Soo Wan (Chicago Typewriter, The Moon That Embracing The Sun, Kill Me Heal Me). Drama ini dibintangi oleh Ryeo Un (The Secret Romantic Guesthouse, Borrowed Body,Through The Darkness), Choi Hyun Wook (High Cookie, Twenty Five Twenty One, D.P. Season 2), Seol In A (Business Proposal, Mr. Queen, Record of Youth) dan Shin Eun Soo (Summer Strike, A Model Family, Bloody Heart).

Beberapa tahun belakangan aku memang kena drama slump, susah banged moodnya untuk menonton drama. Apalagi sekarang banyak aktor yang baru muncul dan memang aku udah nggak hapal lagi seperti dulu. K-drama sendiri, aku sudah mulai nggak tertarik tapi kadang ya tetep baca juga updatean drama yang populer. Nah, kebetulan, judul drama ini lewat di timeline Twitter/X dan awalnya aku pikir judulnya kok lucu. Trus banyak yang bilang dramanya juga bagus dan menghibur.
Karena memang sudah lama nggak nonton K-Drama, apalagi yang youth drama yang isinya wajah yang nggak aku kenal, entah kenapa aku tu tertarik gitu aja pengen nonton. Aku nggak pernah baca secara langsung ya ini drama tentang apa dna bagaimana, tapi sekilas dulu pernah terbaca ada yang bilang ini drama time travel.

Dan akhirnya setelah dramanya tamat, aku mencoba menonton drama ini. Secara garis besar, episode pertama drama ini sangat menarik karena tentang CODA (children of deaf adult), yaitu anak yang bisa mendengar dari orang tua yang tuna rungu/tuli. Menurutku episode pertamanya cukup serius dan memang aku fokus menontonnya. Tapi begitu sudah masuk kisah utamanya, yaitu time travel, dramanya malah terasa ringan, ya khas youth drama gitu.
Kadang aku merasa mana sih keseriusan episode pertama, kok ya ditengah-tengah malah banyak ketawanya, banyak lucunya dan terkesan nggak serius. Tapi ya disitu menariknya. 

Belakangan aku menonton drama tu pasti selalu terputus ditengah-tengah, entah karena bosan atau bagaimana, makanya aku malas mengikuti drama. Apalagi yang ongoing. Makanya memang nunggu drama ini tamat dulu baru nonton. Dan alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan drama ini sampai akhir, malah terasa kurang panjang. Padahal menurutku kisahnya ya biasa aja, yang menjadi misteri utama kadang terlupakan, tapi tetap kadang muncul. 😂
Hanya saja saat menontonnya aku sangat khawatir apakah semua misterinya akan terungkap jelas atau tidak. Karena drama tipe begini rawan misterinya malah jadi pertanyaan diakhir episode.
 
Dan, namaya manusia ya, tetap aja endingnya kurang memuaskan menurutku pribadi.

Ha Eun Gyeol
Drama ini mengisahkan tentang Ha Eun Gyeol (Ryeo Un), seorang anak yang lahir dari orang tua yang tuna rungu. Dibilang miskin sih enggak ya, tapi mereka adalah keluarga sederhana yang hidup bahagia. Eun Gyeol adalah suara bagi keluarganya dan kebanggaan bagi orang tuanya. Ia punya satu kakak laki-laki, Ha Eun Ho (Bong Jae Hyun) yang juga tuna rungu dan Eun Ho yang selalu bermain dan merawatnya. Eun Ho pintar bahasa isyarat dan menjadi penerjemah dikeluarganya. Ia dan adiknya berprestasi karena tidak mau orang tuanya dinggap tidak becus membesarkan anak hanya karena disabilitas yang mereka alami. Awalnya Eun Gyeol menjalani harinya tanpa paksaan gitu dan dia memang suka membuat orang tuanya bangga. Sampai akhirnya dia mengenal musik.

Musik membuat Eun Gyeol menemukan apa yang ingin ia lakukan. Padahal dia kelas 3 SMA dan masa-masa dimana dia harus fokus pada kuliahnya, tapi ia selalu kabur dari ruang belajar untuk tampil di panggung memainkan gitar elektriknya. Ia bahkan menjadi anggota band SPINE9 karena bakatnya main gitar. Tapi ia tampil dengan menggunakan masker, itu adalah syarat dia masuk dalam band tersebut. Salah satu syarat lainnya yang dia ajukan adalah dia akan mendahulukan keluarga dan belajarnya. Seniornya anggota band setuju aja karena memang sebanding dengan bakat Eun Gyeol. DAn memang sejak Eun Gyeol masuk anggota band, mereka jadi sangat populer dan bahkan mendapatkan kontrak dengan MJ Entertaiment.

Eun Gyeol pertama kali mengenal musik saat dia masih kecil, ada sebuah toko alat musik di daerah tempat ia dan keluarganya pindah. Toko alat musik Viva Music yang kata anak-anak adalah toko horror, Eun Gyeol malah menemukan apa yang ingin dia lakukan disana. Berkenalan dengan pemilik toko yang mengajarkannya gitar dari 0, Eun Gyeol juga menemukan bakatnya dibidang musik. Sejak itu ia rajin latihan disana. Meski sebuah kejadian membuat dia harus pindah dan pemilik toko juga meninggal dunia, tapi Eun Gyeol tetap melanjutkan musiknya.
Hanya saja orang tuanya terlalu membanggakannya yang akan mengambil kuliah kedokteran dan itu sedikit membuatnya tercekik karena merahasiakan kecintaannya pada musik dari orang tuanya.
Tapi kakak Eun Gyeol, Eun Ho tau kalau Eun Gyeol itu main musik, karena videonya sempat viral dimedia sosial.

Suatu hari, sang ayah mendapat kabar kalau Eun Gyeol ini dekat dengan preman-preman, merokok, minum dan memakai obat-obatan. Padahal saat itu Eun Gyeol memberikan obat demam pada teman anggota band-nya yang memang pake tato dan merokok, kelihatan kayak anak nakal. Ayah Eun Gyeol merasa marah karena anaknya nggak mungkin seperti itu dan merasa kalau Eun Gyeol ada dimasa pemberontakan. Mereka sempat bertengkar. Eun Gyeol yang merasa impiannya tidak didukung oleh sang ayah, kabur dan hampir menghancurkan gitarnya, warisan dari pemilik toko alat musik dulu. Gitar itu ia terima saat ia mengunjungi toko Viva Music yang sekarang berubah menjadi rumah, anak pemilik toko musik itu tinggal disana bersama puterinya. Eun Gyeol sempat kenalan dan anak pemilik itu mengenalinya dan memberikan warisan dari ayahnya itu, karena dulu ayahnya pernah janji pada Eun Gyeol kalau dia sudah bisa bermain gitar, dia akan memberikan gitar itu pada Eun Gyeol. Tapi pemilik keburu meninggal dunia dan Eun Gyeol juga pindah dari lingkungan itu.

Saat Eun Gyeol akan menghancurkan gitar itu, tiba-tiba bulan dilangit menjadi dua, hal yang aneh terjadi. Ada sebuah toko alat musik, La Vida Music yang tiba-tiba muncul. Eun Gyeol masuk ke sana kalau nggak salah mau menjual gitarnya. Lalu pria itu menawarkan sebuah tiket perjalanan pada Eun Gyeol sebagai ganti dari gitarnya itu. Eun Gyeol yang tidak mengerti akan hal itu menerimanya dan saat dia keluar dari toko, tiba-tiba hari cerah dan Eun Gyeol ada di tahun 1995.
 
Ha Yi Chan
Nah, di tahun 1995 itu, Eun Gyeol bertemu dengan Ha Yi Chan (Choi Hyun Wook) yang adalah ayahnya saat berusia 18 tahun. Eun Gyeol kaget saat tahu kalau ayahnya ternyata tidak terlahir tuli dan bisu. Ayahnya bisa melihat dan mendengar dulu dan hal itu tidak pernah diceritakan sang ayah. Eun Gyeol juga shock karena Yi Chan sangat jauh berbeda dengan ayahnya yang sekarang. Ayahnya adalah orang yang kalem, berwibawa, sedangkan Yi Chan 18 tahun adalah pria yang panas, tidak dewasa dan gila karena cinta.
 
Yi Chan saat itu tergila-gila pada madonna dilingkungan tersebut, seorang pemain cello dari sekolah elit SMA seni bernama Choi Se Kyung (Seol In A). Choi Se Kyung adalah impian para remaja saat itu, dia sangat populer meski dingin. Se Kyung tidak tertarik pada laki-laki kecuali seorang pemain band On Ji Hwan (Woo Je Yeon). Karena Yi Chan terus mengejar Se Kyung, Se Kyung membuat sebuah syarat padanya, yaitu Yi Chan harus jadi anggota band dan tampil di festival musim semi. Se Kyung yakin Yi Chan tidak akan bisa melakukannya, tapi Yi Chan malah bersemangat untuk mendapat pengakuan Se Kyung. Kebetulan di sekolah mereka ada klub band yang akan bubar dan bersama temannya Oh Ma Joo (Ahn Do Kyu), mereka akan merekrut anggota baru yang katanya jenius bermain gitar. Dan saat itu mereka salah mengira Eun Gyeol adalah orang yang mereka cari.

Setelah beberapa kejadian, Eun Gyeol akhirnya tinggal di rumah kos milik nenek Yi Chan. Eun Gyeol sedikit banyak ingat mengenai nenek dari ayahnyayang dulu membuka sebuah rumah kos untuk mahasiswa bernama 'Snail Boarding House'. Saat Eun Gyeol lahir, nenek Yi Chan masih hidup dan ia banyak mendengar cerita mengenai nenek buyutnya itu yang sangat bahagia dengan kelahirannya yang tidak tuna rungu. Nenek Yi Chan sangat menyayangi Yi Chan dan keinginannya adalah melihat Yi Chan masuk kuliah. Karena itu Eun Gyeol disana sebagai tutor untuk Yi Chan agar nilainya bagus dan bisa masuk rekomendasi universitas.

Tapi Eun Gyeol panik juga saat tahu Yi Chan menyukai Choi Se Kyung. Ia merasa ayahnya berbohong karena dulu ayahnya pernah bilang kalau ibunya adalah cinta pertama ayah. Ternyata saat SMA ayahnya tergila-gila pada Se Kyung. Dan begitulah Eun Gyeol mendapatkan misinya untuk menjauhkan ayahnya dari Se Kyung dan membuat ayahnya jatuh cinta pada ibunya. Hanya saja saat itu Eun Gyeol belum tau dimana versi muda ibunya.
Sementara itu, Eun Gyeol juga mengenal Se Kyung sebagai anak pemilik toko musik itu. Karena saat ia ke rumah bibi itu (mengambil gitar warisan pemilik toko Viva Music) dia sempat masuk dan melihat foto bibi saat masih muda. Eun Gyeol shock banged, bahkan memanggil Se Kyung yang cantik sebagai Ahjumma dan Se Kyung sangat tersinggung karena hal itu.

Choi Se Kyung
Se Kyung sendiri punya masalah dalam keluarganya. Dia sebenarnya adalah anak angkat dengan harapan membuat ibunya tersenyum karena kehilangan anaknya. Se Kyung berusaha sempurna, tapi ibunya tetap merasa kalau Se Kyung tidak bisa menggantikan anaknya. Sampai Se Kyung akhirnya belajar cello, disana dia akhirnya mendapatkan senyuman ibunya yang memang tulus untuknya. Se Kyung juga tau dia bukan anak kandung dan bahwa dia punya ayah yang selalu datang dipertunjukannya. Tapi Se Kyung tidak mau mengenal ayahnya yang membuangnya itu. Nah, ayah kandungnya lah pemilik toko alat musik Viva Music. Sedangkan ayahnya yang sekarang adalah yang merawatnya dengan baik. 
 
Eun Gyeol pernah mendapat cerita juga dari bibi (Se Kyung tahun 2023) kalau dia pindah ke Amerika saat SMA dan tidak pernah kembali lagi ke Korea sampai ayahnya meninggal dunia. Makanya Eun Gyeol juga agak tenang setelah Se Kyung akhirnya pindah ke Amerika.
Tapi tiba-tiba Choi Se Kyung muncul lagi di Korea. Eun Gyeol juga bingung apa yang terjadi, apakah masa depan berubah atau bagaimana. Hanya saja, Se Kyung yang punya pride tinggi, berbeda dengan Se Kyung yang tiba-tiba muncul lagi. Sekyung yang sekarang lebih free spirit, anaknya asik, dia memotong rambut jadi pende.

Eun Gyeol sama sekali tidak tahu kalau Choi Se Kyung rambut pendek adalah seorang penjelajah waktu, sama seperti dirinya. Choi Se Kyung ini sebenarnya adalah On Eun Yu, puteri dari Choi Se Kyung (2023). Dia pemain cello seperti ibunya tapi dia merasa sesak dengan tuntutan dari sang ibu. Untung ada ayahnya yang masih menganggapnya anak biasa yang mau mengajaknya bermain. Tapi tiba-tiba keduanya bercerai, makanya Eun Yu kembali ke Korea bersama ibunya. Sempat terjadi pertengkaran antara ibu dan anak, Eun Yu pergi ke Amerika untuk menemui ayahnya. Tapi ayahnya malah punya wanita lain disana. Eun Yu yang shock karena merasa menjadi boneka ayah dan ibunya, di datangi La Vida Music seperti Eun Gyeol. Di toko itu, dia menjual cello-nya dan dia sudah berniat bunuh diri. Tapi pemilik La Vida Music menawarkan sebuah perjalanan, Eun Yu setuju dan begitulah dia kembali ke tahun 1995.

On Eun Yu
Eun Yu ini wajahnya sama dengan Choi Se Kyung saat berusia 18 tahun, karena itu dia pura-pura jadi Choi Se Kyung. Ia tinggal di rumah ibunya dan dia beneran ingin mati, tapi sebelum mati, ia ingin membuat ayah dan ibunya tidak jatuh cinta, dengan begitu dia tidak akan lahir di dunia ini. Ia sering mendengar mengenai cinta pertama ibunya, seorang anggota band di sekolahnya yang menyanyikan serenade untuknya saat festival musim semi. Eun Yu ingin mencari cinta pertama ibunya itu dan membuat ibunya menikah dengan cinta pertamanya itu.
 
Eun Yu mendekati anggota band sekolah Yi Chan dkk. Eun Yu yang memang mirip dengan Se Kyung, dianggap Se Kyung oleh orang-orang disekitarnya. Se Kyung memang sangat populer jadi dengan mudah dia bisa mendekati anggota band, karena semua anggota dan laki-laki di sekolah Yi Chan dkk adalah fansnya. Ia ingat cinta pertama ibunya itu bisa makan pedas dengan baik, jadi dia sengaja menelpon mereka satu per satu dan mengajaknya makan di restoran gitu. Eun Yu sengaja memesan makanan pedas. Dari hasil penelitiannya, satu-satunya yang bisa makan pedas adalah Yi Chan. Tapi Eun Yu belum bisa membuat Eun Gyeol makan makanan pedas. Jadi, dia masih ragu apakah cinta pertama ibunya Yi Chan atau Eun Gyeol.
 
Eun Gyeol dan Eun Yu (Se Kyung) menunjukkan rasa permusuhan mereka. Eun Gyeol ini sangat protective pada Yi Chan sehingga membuat Eun Yu salah paham, dia pikir Eun Gyeol menyukai Yi Chan. Sedangkan Eun Yu suka banged mengganggu Eun Gyeol dengan mendekati Yi Chan, karena Eun Gyeol pasti akan panik dan marah. Pokoknya Eun Gyeol selalu berusaha agar Yi Chan tidak bersama Eun Yu (Se Kyung). Sedangkan Yi Chan asik-asik aja sih, karena ya dia memang suka Se Kyung, melihat Se Kyung sekarang jadi lebih akrab dengannya ya dia bahagia. Yi Chan juga sering bertengkar dengan Eun Gyeol gara-gara Se Kyung, sampai Eun Gyeol berhenti dari band dan pergi dari rumah Yi Chan. Eun Gyeol bahkan pernah sengaja mengaku dia menyukai Se Kyung supaya Yi Chan jangan sama Se Kyung agar dia mau balik lagi ke band. Sayangnya Yi Chan menolak 😂
Tapi kalau aku lihat sih kayaknya Eun Gyeol memang sudah suka sama Se Kyung (Eun Yu), mereka bahkan pernah kissu 😘
 
Sementara itu, Eun Gyeol memang agak lama menyadari siapa ibunya karena ibunya yang berusia 18 tahun memang jarang terlibat dengannya. Ibu Eun Gyeol, Yoon Chung A, adalah seorang tuna rungu. Ia bersekolah di SMA seni yang sama dengan Choi Se Kyung. Chung A suka melukis. Ia dibully di sekolah karena bisu dan tuli, tapi meski dibully, dia adalah tipe yang berani melawan. Karena orang-orang mendekatinya dengan kasihan, ia tidak menyukai pergaulan. Tapi Choi Se Kyung mendekatinya dengan baik dan memang tulus pada Chung A dan mengajaknya berteman. Se Kyung juga adalah teman pertama Chung A.
 
Yoon Chung A
Chung A sendiri menyukai Yi Chan. Ia pernah melihat Yi Chan datang ke pesta di rumahnya dan membuat keributan. Lalu mereka bertemu lagi di toko buku dan Yi Chan sempat menolong Chung A. Chung A juga jadi penasaran pada Yi Chan dan sering datang ke tempat kerja sambilan Yi Chan. Chung A sendiri tahu kalau Yi Chan menyukai Se Kyung dan aku pikir Chung A sudah menyerah duluan karena dia merasa gak akan bisa bersaing dengan Se Kyung.
Tapi sejak Eun Gyeol muncul dalam dunia mereka, Chung A jadi punya banyak kesempatan bersama Yi Chan, meski awalnya Yi Chan sama sekali nggak mengenal Chung A.
 
Saat Chung A tau kalau Se Kyung akan ke luar negeri, Se Kyung meninggalkan tiket menonton band untuk Chung A, berharap Chung A akan datang menonton bersamanya. Tapi Chung A memberikan tiket itu pada Yi Chan karena Chung A tau Yi Chan menyukai Se Kyung. Tapi Chung A menitipkan pada pemilik toko tempat Yi Chan kerja sambilan, dan Chung A tidak tau di dalamnya ada surat Se Kyung. Tentu saja saat membacanya, Yi Chan mengira itu surat Se Kyung untuknya.
 
Sempat ada salah paham antara Yi Chan dan Chung A. Yi Chan kesal karena Chung A tidak mau bicara dengannya dan bahkan mengabaikannya saat dipanggil. Yi Chan tidak tahu kalau Chung A tidak bisa mendengar dan tidak bisa bicara. Tapi setelah dia tahu akan hal itu, Yi Chan perlahan-lahan mulai belajar bahasa isyarat untuk bisa berkomunikasi dengan Chung A. Tapi ternyata Chung A tidak bisa bahasa isyarat.

Chung A adalah puteri konglomerat, yang sangat jauh dari bayangan dia di episode pertama karena mereka hidup miskin. Ibu Chung A dulu mengajarinya bahasa isyarat, tapi orang tua mereka bercerai. Seorang guru baru sangat kejam pada Chung A, melarangnya menggunakan bahasa isyarat dan memaksanya belajar membaca bibir. Saat ayahnya perjalanan dinas ke luar negeri, Chung A akan disiksa oleh gurunya itu. Bahkan mengurungnya dalam gudang. Hal ini membuat Chung A tumbuh menjadi anak yang mengisolasi dirinya dari pergaulan. Apalagi setelah ayahnya menikah dengan wanita itu dan dua anak wanita itu menguasai rumah Chung A.

Karena sebuah kejadian, Eun Gyeol bertemu dengan saudara tiri laki-laki dari Chung A.Kejadian itu membuat dia masuk ke dalam rumah keluarga Yoon dan mengetahui apa yang terjadi disana, kalau Chung A diperlakukan tidak adil dan bahkan disiksa. Berhasil mendapatkan hati ayah Chung A, Eun Gyeol kemudian menjadi guru bahasa isyarat Chung A dan bahkan bersekolah di sekolah yang sama dengan Chung A. Eun Gyeol sangat lembut pada Chung A tapi awalnya Chung A sangat tidak bersahabat dengan Eun Gyeol. BTW disini Eun Gyeol sudah tahu kalau Chung A adalah ibunya. Eun Gyeol juga tahu kalau Chung A ternyata menyukai ayahnya Yi Chan sejak awal, cinta sepihak dan dia seidh banged. Karena itu Eun Gyeol bersemangat membuat kesempatan untuk keduanya, hanya saja hati Yi Chan saat itu hanya ada Se Kyung. Seiring berlalunya waktu dan banyak momen mereka, hati Yi Chan perlahan mulai beralih pada Chung A.

Saat pertama kali bertemu dengan ayahnya, Eun Gyeol kaget karena baru tahu ayahnya itu tidak tuli sejak awal dan bahkan menjadi anggota band. Dia tidak mengerti kenapa ayahnya tidak suka dia main musik. Eun Gyeol juga tahu ayahnya kehilangan pendengaran dan kemampaun bicara karena sebuah kecelakaan dan mencari cara melindungi ayahnya. Karena itu dia sangat protektif pada Yi Chan dan membuat semuanya salah paham. Yi Chan juga kesal sekali kenapa Eun Gyeol begitu padanya dan tidak mau menjelaskan alasannya. Tapi Eun Gyeol sebenarnya sering bilang kalau dia adalah anak Yi Chan di masa depan, tapi ya memang sulit dipercaya, Yi Chan juga nggak percaya.
Eun Gyeol ingat sebuah wawancara anggota band yang mengatakan kalau band mereka bubar setelah sebuah kejadian saat festival musim semi dan Eun Gyeol menyadari itu adalah festival yang akan mereka ikuti nanti.

Watermelon Sugar
Ya, Eun Gyeol menjadi anggota band dimana Yi Chan dan teman-temannya akan tampil di festival musm semi. Nama band-nya itu panjang dan agak aneh, tapi akhirnya mereka mengubah nama band sebelum debut. Saat itu, saat Se Kyung (Eun Yu) dan Chung A bergabung dengan mereka sebagai fotografer dan designer. Mereka menamakan band mereka Watermelon Sugar setelah banyak pertimbangan. YI Chan mendapatkan ide watermelon karena Chung A menggambar image band mereka dengan semangka dan supaya namanya lebih keren mereka menggunakan bahasa inggris dan menambahkan kata 'sugar'. Aku rasa mereka totalitas banged dengan band sementara mereka itu. Mereka bahkan membuat poster, mencetak spanduk, membuat baju untuk dijual, ada gantungan kunci wajah mereka juga. Band mereka lumayan populer saat festival meski hampir batal tampil karena sebuah kejadian.
 
Band mereka awalnya dibentuk memang hanya untuk festival saja, jadi seharusnya setelah festival selesai, mereka bubar. Tapi mereka sayang banged dengan band mereka itu dan band mereka juga diakui oleh pihak sekolah. Kepala sekolah mengajak mereka mengikuti audisi sebuah agensi dan mereka sangat bersemangat. Hanya saja mereka harus membuat sebuah lagu original, bukan cover. Untuk itu, mereka mengadakan camp sehari, untuk menciptakan lagu.
 
Sebelum camp itu, banyak hal yang terjadi. Hubungan Yi Chan dan Chung A semakin dekat. Chung A membuatkan pematik gitar gambar semangka untuk Yi Chan dan Yi Chan sangat menyukainya. Dia bahkan sedih karena Chung A tidak ikut after party bersama mereka (padahal saat itu Se Kyung juga ga ikut, tapi Yi Chan lebih sedih karena Chung A tidak ikut). Yi Chan akhirnya menyadari perasaannya. Dan pada festival itu, harusnya Se Kyung memilih salah satu antara Yi Chan dan Eun Gyeol, tapi pada akhirnya Se Kyung tidak memilih siapapun. Tapi Chung A pikir kalau Se Kyung akan memilih Yi Chan, makanya Chung A tidak datang ke festival dan mulai menjauh dari Yi Chan. Tapi Yi Chan berusaha memenangkan hati Chung A kembali. Hingga akhirnya Yi Chan menyatakan perasaan pada Chung A sebelum mereka berangkat ke camp.
BTW, Yi Chan sudah tau kalau Chung A menyukainya dan keduanya sepakat untuk menjadi teman. Tapi kayaknya Chung A terlalu sakit melihat Yi Chan dan Se Kyung, makanya dia memutuskan menjauh. Untungnya Yi Chan menyadari kalau sekarang dia suka pada Chung A.

Dan hubungan Eun Gyeol juga berkembang dengan Eun Yu (Se Kyung) sebelum camp. Awalnya ada pertengkaran hebat antara keduanya, yaitu saat mereka janji nonton film dibioskop, tapi Eun Gyeol meninggalkannya karena Eun Gyeol saat itu akan menyelamatkan Yi Chan. Eun Yu trauma ditinggalkan dan dia kesal sekali. Dan lagi Eun Yu akhirnya menyadari kalau cinta pertama ibunya tak lain dan tak bukan adalah ayahnya sendiri. Jadi, apapun yang Eun Yu lakukan, dia mungkin tidak akan bisa mengubah kenyataan kalau ayah dan ibunya akan menikah nanti dan dia tetap akan dilahirkan. Eun Yu yang stress karena hal itu berniat kembali ke tahun 2023, tapi dia tidak tahu bagaimana caranya. Dia ingin bertanya yang sebenarnya pada ibu dan ayahnya dan dia juga jadi tidak mengerti kenapa dia ada di 1995.

Setelah Eun Gyeol meminta maaf dengan tulus pada Eun Yu, Eun Yu akhirnya memaafkannya dan sesuai dugaanku, mereka pacaran tak lama setelah itu. Yang jelas pas camp diadakan, Eun Gyeol menggandeng Se Kyung dan Yi Chan bersama Chung A. Semua anggota band kecuali Ma Joo shock dengan hal itu. Ma Joo satu-satu-nya yang tahu mengenai hubungan pasangan itu, jadi dia biasa saja dan nggak kaget.

Choi Se Kyung (Eun Yu) & Watermelon Sugar
Dalam perjalanan ke tempat camp itu, Eun Gyeol dan Eun Yu akhirnya saling menyadari kalau mereka adalah penjelajah waktu. Sebenarnya pemilik La Vida Music mengatakan kalau ada penjelajah lainnya di dunia 1995 itu, yang katanya adalah helper. Keduanya menyadari itu saat Eun Gyeol dan Eun Yu melihat mereka sama-sama memegang ponsel yang belum ada di tahun 1995. Mereka akhirnya saling menceritakan apa yang membawa mereka ketahun 1995, bagaimana awalnya dan alasan mereka ada di tahun itu. Karena Eun Yu merasa misinya sudah selesai, sekarang giliran dia membantu Eun Gyeol untuk menyelamatkan Yi Chan. Eun Gyeol mengatakan kalau dia sudah menghentikan tragedi itu, tapi Eun Yu mengatakan sepertinya belum. Karena Eun Yu ternyata mengenal kakak laki-laki Eun Gyeol, Eun Ho. Eun Ho pernah menceritakan kecelakaan ayahnya yang terjadi setelah festival, bukan sebelum festival, dan saat itu adalah hari libur nasional. Eun Ho sendiri mendapat cerita itu karena dia bertemu dengan Oh Ma Joo di tahun 2023, yang adalah direktur MJ Entertaiment.

Jadi, Eun Ho pernah masuk rumah sakit, kakinya patah. Saat ayahnya mengomel, Ma Joo juga ada di rumah sakit yang sama dan menyapa ayah Eun Ho. Ayah sepertinya menghindari Ma Joo dan Eun Ho jadi penasaran. Mereka bertukar no telpon dan beberapa hari kemudian baru Eun Ho minta bertemu. Disanalah Eun Ho mendengarkan kisah masa muda ayahnya versi Ma Joo, mengenai ayahnya yang anggota band dan kecelakaan yang terjadi.
Nah, Eun Yu juga masuk rumah sakit yang sama dan berkenalan dengan Eun Ho. Keduanya menjadi dekat dan Eun Ho menceritakan hal itu, karena Eun Ho menulis kisah itu dalam bentuk novel. Eun Ho dan Eun Yu cukup akrab sampai Eun Ho mengajarinya bahasa isyarat.
 
Awalnya Eun Gyeol tidak percaya dengan apa yang dikatakan oleh Eun Yu, karena adiknya tidak mungkin tidak mengatakan hal itu padanya. Tapi Eun Yu mengatakan Eun Ho menceriatakn itu pada Eun Gyeol, maka beban Eun Gyeol akan semakin berat. Makanya Eun Ho diam saja. Ternyata selama ini Eun Ho merasa kalau dia adalah beban Eun Gyeol. Eun Gyeol sangat sedih mengetahui hal itu.

Lalu, Eun Gyeol dan Eun Yu (Se Kyung) berusaha untuk menghentikan kecelakaan itu. Seperti biasa, Eun Gyeol membuat Yi Chan berjanji untuk tidak keluar rumah pada hari kecelakaan terjadi. Se Kyung juga mengecek lokasi dan memang ada kecelakaan terjadi saat itu. Se Kyung meyakinkan kalau sekarang sudah aman, karena memang ada kecelakaan tapi tidak ada korban.

Sementara itu dihari yang sama, terjadi sesuatu di rumah Chung A. Chung A kembali disiksa oleh ibu tirinya dan kali ini Chung A berani melawan dengan bahasa isyaratnya. Ia bahkan membalas tamparan ibu tirinya. Karena hal itu dia dikurung di gudang. Eun Gyeol yang akan menyelamatkannya bahkan diculik oleh orang suruhan ibu tirinya. Untung saja Eun Gyeol berhasil menyelamatkan Chung A dan membawanya kabur ke rumah Yi Chan. Disana nenek dan Yi Chan menyambut Chung A dengan baik. Sepertinya Eun Gyeol memberitahu Yi Chan apa yang terjadi dengan Chung A. Dan nenek cepat sekali akrab dengan Chung A, nenek begitu excited ada wanita di rumah kosnya. Meski nenek tidak mengerti bahasa isyarat, tapi dia bisa berkomunikasi dengan baik dengan Chung A.
 
Ayah Chung A ternyata tidak sejahat yang aku bayangkan. Aku pikir dia tau anaknya disiksa dan dibiarkan saja. Ternyata karena ayahnya memang sering dinas diluar, jadi dia tidak tahu kalau Chung A disiksa di rumah. Saat ia akhirnya tau dan punya bukti, dia nggak segan menampar istrinya itu. Aku puas banged karena tamparannya sangat kuat sampe wanita itu terjatuh. Aku rasa sejak Eun Gyeol masuk ke rumah keluarga Chung A, ayah mulai menyelidiki apa yang dilakukan istrinya, termasuk korupsi dan lain-lain. Jadi dia punya bukti kuat untuk mengusir istrinya. Hanya saja aku nggak yakin apakah istrinya masuk penjara atau tidak.

Tapi memang ada hal yang tidak bisa diubah dimasa lalu meski kita kembali dan berusaha mengubahnya. Kecelakaan yang menyebabkan Yi Chan kehilangan pendengaran tetap terjadi padahal mereka sudah berusaha menghindarinya. Tapi kali ini, Yi Chan mengalami kecelakaan karena menyelamatkan Eun Gyeol dan itu benar-benar membuat sakit hati. Kenapa harus karena menyelamatkan Eun Gyeol, kan Eun Gyeol jadi merasa sangat bersalah pada Yi Chan. Dan yang menabrak itu adalah adik tiri Chung A yang murka banged pada Eun Gyeol karena sejak Eun Gyeol datang, keluarganya jadi kacau.

Se Kyung (Eun Yu), Chung A & Watermelon Sugar
Pemilik La Vida Music sendiri sudah menelpon Eun Gyeol dan Eun Yu mengatakan kalau perjalanan mereka akan berakhir dan mereka hanya punya satu kesempatan untuk kembali ke tahun 2023. Jika mereka tidak kembali, maka mereka akan terperangkap selamanya di tahun 2023. Sebelum kembali, Eun Yu menemui kakeknya sebagai Se Kyung. Eun Yu selama ini juga sudah menyelidiki pemilik toko musik dan akhirnya menyadari kalau itu adalah kakeknya. Dia bahkan sempat melihat ibunya Se Kyung datang menemui kakeknya ditoko itu. Jadi, Se Kyung sebenarnya pernah kembali ke Korea sekali menemui ayah kandungnya. Eun Yu yang menemui kakeknya mengatakan pada kakeknya jika nanti Se Kyung datang menemuinya, maka tolong katakan pada Se Kyung kalau dia lahir dari cinta, bukan tidak ada cinta. Karena selama ini Se Kyung berfikir kalau ayahnya membuangnya dan tidak mencintainya. Eun Yu juga menemmui Se Kyung ibunya 18 tahun, mengatakan pada Se Kyung untuk bertanya pada kakeknya apakah dia dilahirkan karena cinta atau tidak. Ia menyakinkan Se Kyung untuk menanyakan hal itu agar Se Kyung tidak menyesal.

Eun Gyeol sendiri, setelah kecelakaan Yi Chan, jadi ragu untuk kembali ke tahun 2023. Ia tidak bisa meninggalkan Yi Chan sendirian. Tapi Eun Yu mengatakan kalau Eun Gyeol sudah melakukan apa yang bisa dia lakukan dan sekarang keputusan ada pada Yi Chan sendiri, mereka tidak bisa mencampurinya. Toh pada akhirnya Yi Chan tetap akan hidup ditahun 2023. Tugas mereka sudah selesai dan mereka harus kembali. Yi Chan sendiri memang tampak depresi dengan keadaannya yang tidak bisa mendengar. Tapi ia meminta Eun Gyeol untuk berhenti mengkhawatirkannya dan kembali dengan tenang. Bagi Eun Gyeol, Yi Chan adalah ayahnya, tapi bagi Yi Chan, Eun Gyeol seperti ayah baginya.
Dan begitulah, Eun Gyeol dan Eun Yu akhirnya kembali ke tahun 2023. Dan di akhir perjalanan, kita juga mengetahui kalau pemilik La Vida Music adalah kakek Eun Yu.

Di tahun 2023, Eun Gyeol shock karena ia terbangun di rumah keluarga Yoon. Ia bertanya-tanya apa yang terjadi, apakah dia benar kembali atau tidak. Tapi kemudian ia menyadari foto keluarga di dinding dan melihat foto dirinya, kakak laki-lakinya, ayah, ibu dan kakeknya (Ayah Chung A). Eun Gyeol benar-benar sudah mengubah masa depan dengan apa yang dia lakukan di tahun 2023. Kakeknya, ayah Chung A akhirnya menyadari apa yang terjadi pada Chung A dan memutuskan fokus pada pendidikan puterinya. Apa yang terjadi pada Yi Chan, dia juga tahu kalau anak tirinya yang melakukannya, jadi dia bertanggungjawab dengan biaya pengobatan dan pendidikan Yi Chan. Sepertinya sih Yi Chan dan Chung A sama-sama kuliah ke luar negeri dibiayai ayah Chung A.

Karena ditahun 2023 Chung A menjadi seorang presiden perusahaanya sendiri (atau warisan perusahaan ayahnya) dimana ayah Eun Gyeol juga menjadi direktur di sana. Eun Gyeol sendiri sudah menjadi member SPINE9 yang sangat populer. Dia dan anggotanya dibawah naungan MJ Entertaiment yang didirikan oleh Oh Ma Joo. Mereka tampil di launching gitar baru perusahaan sang ibu. Ayahnya yang dulu memutuskan hubungan dengan teman-temannya, tapi kali ini teman-temannya datang merayakan hal itu. Eun Gyeol sangat terharu melihat teman-teman Watermelon Sugar kembali berkumpul.

Sebenarnya saat pertama bangun, yang diingat Eun Gyeol adalah Eun Yu. Dia langsung pergi ke rumah Eun Yu, tapi entah kenapa bukan keluarga Eun Yu yang tinggal di sana. Ia khawatir Eun Yu tidak kembali dengan selamat. Tapi untungnya Eun Yu muncul saat penampilan SPINE9 dan berhasil reuni dengan Eun Gyeol. Tapi sangat disayangkan adegannya hanya seperti itu saja. Tidak dijelaskan bagaimana Eun Yu dan ibunya, apakah ayah dan ibu jadi bercerai dan dimana Eun Yu dan ibunya tinggal sekarang.

DI episode pertama, jelas sekali kalau Eun Ho menyukai seorang pemain cello dan bisa kita tebak itu adalah Eun Yu. Tapi ditahun 2023 yang episode terakhir, sepertinya takdir berubah. Mungkin Eun Ho sama sekali tidak pernah betemu Eun Yu jadi dia tidak punya perasaan dengan Eun Yu. Itu salah satu kekhawatiranku dulu, bagaimana nanti di tahun 2023 Eun Gyeol kembali dan menemukan Eun Yu adalah cinta pertama kakaknya. dengan kepribadian Eun Gyeol, dia pasti mengalah untuk Eun Ho. Tapi ternyata karena masa lalu berubah, masa depan juga berubah.

Eun Gyeol mungkin tidak bisa menghentikan kecelakaan ayahnya, tapi dia bisa mengubah hidup ayahnya menjadi lebih percaya diri. Ia juga mengubah hidup ibunya yang jadi lebih yakin akan kemampuannya dan juga menyadarkan kakeknya, makanya akhirnya takdir mereka di tahun 2023 berubah. 

Yang jadi pertanyaanku, apakah Eun Gyeol di tahun 1995 adalah sebuah ingatan yang menghilang dari ingatan mereka yang bertemu dengannya di tahun itu? Saat dia kembali ke tahun 2023, gimana dengan mereka yang ada di tahun 1995? Apakah mereka ingat atau melupakan Eun Gyeol? Mungkin itu seperti ingatan terhadap teman lama ya, mereka ingat tapi udah lupa detailnya. Soalnya kan wajah Eun Gyeol yang sekarang sama dengan Eun Gyeol tahun 1995, masa sih anggota Watermelon Sugar tidak merasakan kemiripan itu?

Tapi ada adegan dimana Eun Gyeol menjatuhkan sebuah kaset rekaman dan ayahnya tahun 2023 memungut kaset itu. Ayahnya sepertinya tahu kaset rekaman itu dan lagu yang ada di dalamnya adalah miliknya dulu. Dia juga terlihat punya pandangan berbeda saat melihat Eun Gyeol tampil di panggung. Apakah ayahnya ingat temannya Eun Gyeol tahun 1995? Eun Gyeol selalu bilang dia adalah anak Yi Chan dimasa depan, apakah Yi Chan 2023 akhirnya mengingat hal itu?

Sebenarnya ini drama cukup seru dan asik. Setidaknya itu dibuktikan dengan aku yang sama sekali nggak bosan menontonnya dan bisa aku selesaikan dengan baik. Meski ya ditengah-tengah drama ada bagian yang membingungkan juga. Dan jujur saja, ending untuk pasangan utama sangat kurang. Masa segitu aja gitu. Tapi ya fokus drama ini awalnya bukan tentang pasangan utama, tapi keluarga Eun Gyeol.
 
Reviewnya panjang banged, akhirnya aku buat sampai ending. Padahal awalnya nggak mau buat sampai ending, tapi kebablasan. Aku merekomendasikan drama ini bagi yang suka dengan drama youth, coming-of-age, tapi ada mistery fantasy-nya juga. Tentu saja drama ini musiknya asik karena ya dramanya memang tentang musik. Padahal aku pikir akan lebih berfokus ke disabilitasnya. Ternyata tidak.

Share:

1 komentar:

  1. Wah.. spoiler bangetz, tapi aku memang suka spoiler untuk tahu suatu film worthy ga untuk ditonton, toh aku masih tetep bisa menikmati film tsb karena aku mudah pelupa hahaha.. makasi reviewnya, argumen-argumennya cukup menarik! 👍

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts