Senin, 30 Oktober 2023

[Review] Anime Series: Kotaro wa Hitorigurashi (2022)

Kotaro wa Hitorigurashi atau lebih dikenal dengan Kotaro Lives Alone, adalah anime series 10 episode yang diproduksi oleh LIDEN Film dan rilis di Netflix pada musim semi 2022 lalu. Anime ini diangkat dari manga dengan judul sama karya Tsumura Mami yang diserialisasikan mulai Maret 2015 sampai Juni 2023. Manganya juga mendapat adaptasi drama pada tahun 2021 dan season 2 tayang pada 2023 lalu. Disini aku akan membahas mengenai animenya karena aku memang belum menonton dramanya atau membaca manganya.

Anime Kotaro wa Hitorigurashi ini sudah lama aku download tapi belum ada waktu menontonnya tahun lalu. Dan entah kenapa, beberapa waktu yang lalu aku kehabisan tontonan setelah maraton Detective Conan dari Ep 1-1000an, nyobain One Piece anime dan Rurouni Kenshin series baru tapi nggak lanjut, trus maraton Ranman, nonton Running Man sampai eps terbaru, nonton series Watashi no Shiawase Kekkon, akhirnya buka folder cek apa yang belum aku tonton dan terpilihlah anime Kotaro wa Hitorigurashi ini (padahal ada banyak banged anime dan movie yang belum aku tonton, entah kenapa pengen nonton yang slice of life).

Sebenarnya udah lama aku mendengar kalau anime ini bagus dan banyak sisi positifnya, tapi juga sedihnya nggak tanggung. Makanya pas nonton aku udah siapin kotak tissu. Dan ya memang sesedih itu. Nggak habis pikir bagaimana bisa anak usia 4 tahun tinggal sendirian di sebuah apartemen. Apa-apa dia lakukan sendirian, dia nggak pernah nangis, nggak pernah mengeluh meski dia kesepian. Dia selalu positif menjalani hari-harinya dan bahkan keberadaannya mengubah kehidupan orang-orang disekitarnya.

Kotaro wa Hitorigurashi adalah anime yang mengisahkan tentang seorang anak usia 4 tahun (atau 5 tahun) bernama Sato Kotaro yang baru pindah ke sebuah apartemen kecil. Dia pindah sendirian, tidak ada orang tua atau orang dewasa yang bersamanya. Di hari pindahannya, dia membelikan tissu untuk tetangganya sambil memperkenalkan diri. Tetangga paling dekat dengannya, ada disamping kamarnya adalah Karino Shin, seorang mangaka yang dulu pernah mendapatkan penghargaan tapi sekarang kesulitan membuat manga. Dia pemalas dan berusaha mencari cara untuk malas keluar rumah. Tapi sejak bertemu Kotaro, rasa tanggungjawab sebagai orang dewasa dalam dirinya mulai muncul (di dramanya tokoh utamanya adalah Karino).

Karino tentu saja heran kenapa ada anak kecil tinggal di apartemen sendirian dan lagi Kotaro ini sifatnya lebih dewasa dari anak-anak seusianya, meski masih ada sisi anak-anaknya. Tapi bisa dilihat kalau Kotaro ini anak yang kuat, takut kesepian, tapi dia tidak mau langsung mengatakan apa isi hatinya. Kotrao bahkan mendaftar TK sendirian (tapi aku bingung juga, kok bisa, biasanya di Jepang ini kalau ada anak-anak terlantar gini pasti diambil sama dinas sosial). Berawal dari simpati, Karino mulai memperhatikan Kotaro. Dan karena Kotaro juga kehidupannya mulai berubah. Awalnya dia tipe yang malas mandi, jadi mandi tiap hari karena menemani Kotaro mandi di pemandian umum. Itu juga karena ada berita mengenai penculikan anak, jadi dia takut Kotaro kenapa-napa jadi dia mengikuti Kotaro.

Karena ini drama slice of life, jadi ya fokusnya adalah kehidupan Kotaro dan para tetangganya. Kebanyakan sih dengan Karino yang seolah-olah menjadi walinya. Kemudian ada juga Akimoto Mizuki, tetangga sebelah kamar Karino yang bekerja di bar, dia ada masalah dengan pacarnya. Dia baik banged sama Kotaro dan meski di stalking di apartemen itu, dia awalnya nggak mau pindah karena nggak mau pisah dari KOtaro. Tapi akhirnya demi keamanannya, KOtaro merelakan Mizuki pindah. BTW saking jarangnya keluar rumah, Karino baru tau ada cewek cantik tinggal di sebelah kamarnya πŸ˜‚πŸ˜‚

Kemudian ada Isami Tamaru, pria paruh baya yang terlihat seperti preman. Wajahnya sangat seram dan ditakuti, tapi hatinya itu luluh pada Kotaro. Dia adalah fans Kotaro sejak pertama mereka bertemu saat Kotaro memberinya kotak tissu. Dia overprotective pada KOtaro dan sering kesal karena Karino lebih akrab dengan Kotaro. Dia sebenarnya punya anak laki-laki yang tinggal dengan mantan istrinya. Dia sayang banged sama anaknya, tapi istrinya nggak mau anaknya ketemu dengan dia. Makanya saat janji ketemuan tiap minggu istrinya gak pernah bawa anaknya dengan alasan anaknya nggak mau ketemu ayahnya. Padahal anaknya kangen banged, makanya anakanya pernah kabur mencari dia dan anaknya ini gayanya mirip dengan ayahnya karena dia mengidolakan ayahnya.

Ada juga penghuni baru, Sumire Takei, yang takut anak-anak tapi dia berusaha terlihat baik-baik saja kalau dekat dengan anak-anak. Sumire ini mulai membuka hatinya untuk Kotaro dan dia juga menyayangi Kotaro. Ada juga Ayano Kobayashi, yang datang ke apartemen KOtaro tiap minggu. Dia adalah pengacara muda yang baru saja ditugaskan untuk mengambil alih uang asuransi Kotaro, dimana dia tiap minggu datang ke apartemen Kotaro untuk memberikan uang asuransi itu. Tapi dia merahasiakan mengenai ibu Kotaro yang sudah meninggal dunia dan uang itu adalah uang asurasi ibunya. Dia selalu mengatakan uang itu dari orang baik.

Kotaro selama ini selalu percaya kalau ibunya masih hidup dan suatu hari nanti akan menjemputnya, karena itu dia ingin hidup dengan baik. Kisah Kotaro sebenarnya sedikit demi sedikit diberitahukan setiap episodenya, jadi memang membuat kita penasaran sebenarnya siapa sih Kotaro itu. Penulis keren banged, dia nggak langsung memperlihatkan masa lalu Kotaro, tapi diberi kilas balik sedikit di setiap episode dan penonton dibiarkan berimajinasi apa yang terjadi.

Sedikit spoiler, dari yang aku tangkap, Kotaro ini dulu tinggal dengan sang ibu. Ibunya terlihat depresi gitu dan entah apa sebabnya, suatu hari dia meninggalkan Kotaro sendirian. Mungkin itu adalah terakhir kali Kotaro melihat ibunya. Kotaro pernah masuk panti asuhan dan punya teman juga disana. Dua temannya muncul dalam anime ini, Ryota yang sangat dekat dengannya dan juga ada satu lagi aku lupa namanya, dia sempat muncul untuk menipu Kotaro dan mengambil uang Kotaro. 
Ada adegan dimana Karino menyadari kalau setelah ditinggal sang ibu, Kotaro ini sangat kepalaran sehingga dia bertahan hidup dengan memakan tissu. Itu karena Kotaro tahu mana jenis tissu manis yang enak dimakan dan mana yang tidak. Aku nangis pas adegan ini 😭

Ayah Kotaro diperlihatkan sekilas dalam anime ini. Ayahnya masih hidup dan sedang mencarinya, tapi ada alasan kenapa Kotaro harus kabur dari ayahnya. Katanya sih ayahnya dulu abusive gitu, jadi kalau ayahnya tau dia tinggal di sana, dia harus pindah. Awalnya dia sedih karena harus pindah dari apartemen itu, tapi untungnya detektive yang di sewa ayahnya tidak jadi melaporkan apartemen itu pada ayahnya. Tapi ada adegan yang memperlihatkan juga kalau ayahnya dekat dengan Kotaro dan kelihatan baik. Kotaro selalu menghindari foto, itu karena dulu saat di panti asuhan, dia dan teman-temannya berfoto dan ayahnya melihatnya, ayahnya datang ke panti itu untuk mengambilnya. Kotaro terpaksa pergi dari panti asuhan itu. Setelah itu dia tinggal di sebuah apartemen, saat itu tetangganya adalah designer baju gitu. Kotaro selalu membunyikan bel tetangganya karena dia pengen punya teman mengobrol, meski akhirnya dia dianggap berisik. Tapi designer itu menerima Kotaro dengan baik. Bahkan saat dia harus pindah, ia memberikan Kotaro banyak baju hasil designnya dan itu adalah baju yang selalu dipakai Kotaro sampai sekarang. Aku suka adegan dimana dia bilang jangan ragu membunyikan bel rumah orang kalau Kotaro mau punya teman ngobrol, sebagain mungkin akan kesal, tapi pasti ada yang baik yang mau menerima Kotaro 😭😭😭😭

Kotaro ini anak yang mudah kesepian tapi dia tidak pernah mengatakannya. Ada adegan dimana dia kalau makan sendirian, lauknya banyak banged. Dia selalu bicara dengan lauk-lauknya saat dia makan, tapi kalau Karino dkk makan di rumahnya, lauknya biasanya cuma 1. Itu karena kalau ada teman makan, Kotaro nggak butuh lauk untuk diajak bicara. Itu sedih banged sumpah!
Kotaro adalah pencinta anime Tonosaman, anime yang kata Karino adalah anime yang membosankan. Aku suka pas adegan Karino ngajak Kotaro nonton film, Kotaro sebenarnya mau nonton Tonosaman, tapi teman-temannya lebih memilih film lain. Karino tau kalau Kotaro sedih, makanya akhirnya dia mengajak Kotaro lagi nonton Tonosaman berdua. Meski ya, animenya memang membosankan bari Karino.
 
BTW Kotaro ini saking sukanya sama Tonosaman, dia itu bicara bahasa zaman dulu dalam kesehariannya. Dia meniru Tonosaman, dia juga membawa pedang plastik seperti Tonosaman. Kotaro jarang tersenyum dan itu membuat guru TK-nya agak khawatir pada Kotaro. Tapi Kotaro berteman baik dengan teman-temannya di TK. Dia juga mengajari mereka untuk tidak terlalu manja dan tergantung pada orang dewasa, karena kalau orang tua mereka nggak ada nanti, mereka bisa kuat.

Kotaro ini memang anak yang kuat banged. Aku nangis banged melihat kehidupannya, kok bisa dia sekuat itu. Dia survive dari child abuse dan yakin ibunya akan kembali. Tapi dia nggak tau ibunya sudah meninggal dunia. Karino aja tau pas mereka ke makam nenek Kotaro, dia melihat ada nama ibu Kotaro di sana. Entah kenapa aku merasa ibu Kotaro ini bunuh diri dan sebelum itu dia ke pengacara dan mungkin mengatakan untuk memberi uang tiap minggu pada Kotaro. Tapi apakah bunuh diri ditutupi oleh asuransi juga?
Oia, ada adegan dimana Kotaro main dengan balon dan di balon itu dia gambar wajah ibu, ayah dan adiknya. Tapi di anime tidak diperlihatkan kalau dia punya adik. Apakah Kotaro punya adik ya? 

Setelah nonton animenya jadi tertarik baca manganya, kayaknya udah tamat manganya. Tapi nggak tau harus mulai dari mana, apakah dari awal atau cari chapter terakhir animenya. Tapi sepertinya sih lompat-lompat. Aku juga tertarik dengan dramanya, cuma takut nggak sesuai ekspektasi. Karena memang cara yang benar itu adalah nonton LA dulu, baru anime, baru baca manga πŸ˜‚

Ini anime sangat direkomendasikan pada kalian yang suka anime slice of life. Tapi ya itu, meski kadang ada lucunya, anime ini menyisipkan kesedihan yang sangat mendalam. Sedih banged 😭 Pokoknya wajib siapin tissu! Aku berharap animenya mendapat season 2, karena memang sebagus itu πŸ‘

 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts