Senin, 30 Oktober 2023

[Review] Anime Series: Kono Oto Tomare! (2019)

Kono Oto Tomare! adalah animasi series yang tayang pada musim gugur 2019. Anime ini akan mendapatkan season 2 yang akan tayang pada musim gugur 2019. Aku masih bingung kenapa nggak digabung menjadi satu aja, kenapa harus split cour, karena aku nggak puas dengan ending season 1-nya yang sangat menggantung, meski aku sebenarnya sudah membaca manganya HAHHAHHAAHA.

Aku terlebih dahulu membaca manga Kono Oto Tomare! daripada menonton animenya karena aku baru tahu manga Kono Oto Tomare! akan ada animenya setelah membaca beberapa chapter manganya. Beberapa bulan lalu aku sedang mood membaca manga di mangahasu, aku biasanya nggak mencari rekomendasi, tapi mengecek update di site tersebut, trus mana yang covernya kelihatan bagus, aku baca HAHAHAHAHA. Tentu saja yang aku cari adalah manga shoujo-romance. Jadi ceritanya, saat aku mulai kehabisan nih pengen baca manga apa lagi, ada sebuah manga yang kok kayaknya sering diupdate jadi sering kelihatan di halaman depan mangahasu. Saat itu covernya adalah seorang pria main drum, jadi aku pikir manganya tentang musik gitu. Saat aku membacanya aku kaget banged karena manganya tentang musik tradisional jepang yaitu koto dan aku sempat bingung drum-nya dimana, kok covernya pria yang main drum tapi temanya koto? HAAHHHAHAHAH.
Tapi jujur saja, aku benar-benar langsung suka sama manganya saat membaca chapter 1 dan terus baca sampai beberapa chapter trus berfikir ini kalau ada animenya pasti bagus. Pas cek kolom komentar eh ternyata ada animenya aku shock banged dan langsung cek di MAL, WOW, ternyata preview animenya sering muncul di TL twitter aku tapi numpang lewat aja karena aku nggak tertarik saat itu HAHHAHAHAHAHA.
Dan begitulah, aku menyelesaikan manganya sebelum animenya tayang. Pas animenya tayang aku ikuti setiap minggu dan bahkan saking sukanya baca ulang manganya lagi wkwkkwkwkwkw.

Ya, Kono Oto Tomare! adalah sebuah anime tentang alat musik tradisional jepang, koto (kalau di korea gitu mirip gayageum). Aku sama sekali nggak mengerti tentang koto dan nggak pernah mendengar instrumen koto ini, jadi di Kono Oto Tomare! pertama kalinya aku tahu koto dan mendengar musik koto itu sendiri. Gila bagus banged, aku sampai download mp3-nya, musik yang mereka mainkan di anime ini. Favorite aku adalah Ryuuseigun dan Tenkyuu <3
Sekilas, plot animenya mirip dengan anime-anime lain yang bertema sebuah klub yang hampir dibubarkan dan kemudian datanglah penyelamat lalu mereka berjuang untuk memenangkan kompetisi. Bedanya di Kono Oto Tomare! ini ada sesuatu yang membuatnya menarik untuk diikui meski plotnya sering kita lihat dimanga/anime.  Yang aku sukai adalah bagaimana setiap karakter punya kisah sendiri, jadi perkembangan karakternya sangat terlihat di dalam anime ini. Koto adalah alat yang biasanya kebanyakan dimainkan wanita, di Kono Oto Tomare! anggota klubnya kebanyakan adalah pria. Untuk manganya sendiri, artworknya sangat bagus jadi betah banged membacanya. Di animenya, menurutku artworknya kurang dan animasinya nggak menjanjikan, aku suka pergerakan animasi yang luwes gitu, dan itu nggak ada di Kono Oto Tomare! karena studionya kayaknya masih baru gitu. Tapi untung ceritanya bagus jadi masih menarik untuk diikuti.
Dalam manga/anime bertema sekolah, tentu saja ada romance biarpun nggak banyak, dan di Kono Oto Tomare! yang aku suka adalah nggak ada cinta segitiga HAHHAHAHAHA. Jadi, asik banged ngeship couple disini karena nggak ada tim A dan tim B *colek Chihayafuru XD

Karena Kono Oto Tomare! adalah anime bertema musik, tentu saja aku sangat menantikan penampilan klub koto, mendengarkan suara koto mereka itu kayak gimana. Tapi pas adegan latihannya cuma sekilas aja diperdengarkan pada para penonton. Untungnya pas tampil dipanggung, puas banged mendengar suara instrumen koto mereka. Meski ya masih dipotong-potong karena ada dialog pas main, tapi untungnya di youtube ada official yang upload pemain asli koto untuk animasinya, jadi puas banged mendengarnya. Bagus lho suara koto itu huhuhuhu.
Untuk Openingnya, aku sangat menyukai OP Kono Oto Tomare!, judulnya Tone dan itu menjadi OP favoriteku. Untuk ED-nya aku nggak begitu suka sih, lebih suka OP-nya. Klipnya juga bagus XD

SPOILER!

Kono Oto Tomare! menceritakan tentang klub koto di SMA Tokise. Para senior lulus tahun itu dan anggota klub tinggal satu orang, Kurata Takezou. Agar klub tidak dibubarkan, Takezou harus mencari anggota baru dari para siswa baru yang masuk SMA Tokise tahun ini. Biasanya setiap klub diberi kesempatan tampil di panggung dihadapan para siswa baru dan itu harapan satu-satunya Takezou. Tapi Takezou ini anaknya nggak PD dan lemah, karena itu klub Koto dengan cepat diambil alih preman sekolah. Tapi saat itu ada seorang siswa baru bernama Kudou Chika yang mengatakan ingin masuk klub tersebut. Kudou Chika terkenal sebagai preman sekolah pas SMP dan ada gosip mengatakan kalau Chika menyerang rumah kakeknya sendiri dan sehari setelah itu kakeknya meninggal dunia. Takezou nggak percaya pada Chika yang ingin masuk klub dan berfikir Chika sama seperti preman lainnya cuma nyari tempat nongkrong di klub lemah. Bahkan saat Chika menyelamatkan Takezou yang diganggu, Takezou masih nggak percaya kalau Chika benar-benar ingin amsuk klub. Tapi setelah Takezou memberanikan dirinya untuk mempercayai Chika dan juga dengan bantuan teman baik Chika, Takaoka Tetsuki, yang menceritakan kisah Chika yang berhubungan dengan kakeknya itu, Takezou akhirnya menerima Chika menjadi anggota klub. Chika benar-benar ingin masuk klub koto karena klub itu adalah klub buatan kakeknya dan Chika ingin menjaga apa yang ditinggalkan sang kakek.

Penampilan Takezou dihadapan siswa baru tidak berjalan dengan lancar tapi mereka berhasil mendapatkan satu anggota klub baru, Houzuki Satowa, seorang pemain koto profesional, puteri dari sekolah Koto Houzuki yang terkenal. Awalnya Satowa bersikap manis dihadapan Takezou dan Chika, tapi saat tahu kalau anggota klub hanya ada 2 orang, Satowa menunjukkan sifat aslinya. Satowa juga tidak menyukai Chika karena gosip masa lalu Chika itu. Ia bahkan tidak memperbolehkan Chika memegang koto karena menurutnya orang yang pernah merusak koto tidak pantas untuk menyentuh koto. TApi Chika tidak menyerah agar bisa diakui oleh Satowa, ia mencari caranya sendiri bagaimana agar ia pantas untuk memainkan Koto.
3 orang teman Tetsuki, Kota, Sane dan Michitaka pernah diselamatkan oleh Chika dan saat tahu Chika sedang membutuhkan anggota agar klub tidak dibubarkan, mereka bersedia masuk klub koto, cuma numpang nama aja. TApi wakil kepala sekolah yang entah kenapa nggak suka banged sama klub koto dan ingin membubarkannya menantang mereka untuk tampil 1 minggu lagi, jika mereka bisa memuaskannya ia akan mengakui klub koto. Tapi Satowa meminta waktu 1 bulan dan mereka akan tampil di hadapan para siswa lain di aula sekolah. Hal ini karena Satowa tahu jika mereka tampil di hadapan wakil kepsek sebagus apapun penampilan mereka wakil kepsek tetap nggak akan suka, makanya kalau dihadapan para siswa kan nanti kalau ada yang suka akan mempengaruhi penilaian wakil kepsek. Dan lagi, selain Satowa dan Houzuki, 4 anggota lain yaitu Chika, Sane, Michitaka dan Kota adalah pemula jadi mereka memang harus latihan berat.

Lalu hari-hari klub koto dilalui dengan latihan setiap hari. Tentu saja banyak pertengkaran yang terjadi. Misalnya Satowa yang bertugas mengajar tapi ia tak bisa melakukannya dengan baik karena ia tak bisa mengajarkan orang lain, ditambah dengan masa lalu yang ia sembunyikan membuatnya takut. Satowa juga akhirnya mengetahui masa lalu Chika yang sebenarnya dan ia benar-benar merasa bersalah pada Chika selama ini karena ia mengatakan hal yang kejam. 3 teman Tetsuki yang awalnya masuk klub cuma untuk membantu Chika juga terpengaruh dengan koto dan mulai latihan serius sampai akhirnya mereka berhasil membuat penonton terpukau dengan penampilan mereka dan klub koto diakui oleh wakil kepsek.
Tapi yang namanya klub, pasti punya tujuan. Meski mereka awalnya nggak yakin, mereka menetapkan tujuan mereka adalah untuk memenangkan kompetisi nasional dan menuju kompetisi nasional itu, mereka harus melewati banyak sekali rintangan, termasuk dari anggota klub koto yang baru yang ingin menghancurkan kebersamaan mereka, penasehat klub koto yang selalu menguji kesetiaan mereka, tokoh baru yang tidak menyukai Satowa bermain dengan klub rendahan seperi mereka dan juga kepercayaan diri mereka sendiri juga diuji.

Season 1 hanya membahas sampai klub koto mengikuti sebuah festival dan melihat penampilan sebenarnya klub-klub yang sudah berkali-kali mengikuti kompetisi nasional. Melihat kenyataan level mereka ada dimana, apa yang harus mereka lakukan agar bisa sampai ke nasional.
Untuk season 2 nanti, aku yakin endingnya adalah sampai mereka mengikuti kompetisi menuju nasional, babak penyisihan kanto region, yaitu memilih siapa yang akan menuju kompetisi nasional di Tokyo. Disanalah Tenkyuu dimainkan, favoriteku.
Sayangnya, manga Kono Oto Tomare! masih belum tamat sampai saat ini, bahkan belum sampai pada kompetisi nasional, baru latihannya saja. Jadi, aku rasa perjalanan menuju kompetisi nasional masih sangat panjang. Manganya baru sampai chapter 80, yaitu klub koto melihat penampilan lawan mereka di kompetisi nasional nanti.

Musik yang dimainkan oleh Chika dkk yang menjadi favoriteku adalah Ryuseigun dan Tenkyuu. Ryuseigun adalah musik yang mereka mainkan saat penampilan mereka di aula sekolah, untuk mendapat pengakuan wakil kepala sekolah. Lagunya bagus banged, benar-benar terdengar seperti suara naga hohoho. Sementara Tenkyuu adalah musik yang mereka mainkan saat mengikuti babak penyisihan kompetisi nasional, memilih wakil dari kanto region. Di anime season 1 Tenkyuu belum muncul.
Musik yang mereka mainkan saat festival di akhir season 1 adalah Kuon dan aku nggak terlalu menyukai musik itu wkwkkwkw.

Seperti yang aku sebutkan diatas, aku sangat menyukai romance manga da di Kono Oto Tomare!, tapi di anime season 1 masih belum banyak, meski sudah mulai keliahtan siapa yang menjadi pasangannya. Tentu saja Chika dan Satowa yang menjadi pasangan tsundere dan airhead LOL. Nggak puas sih di anime, lebih puas di manga kalau mengenai romance mereka. Mungkin nanti di season 2 baru banyak romancenya.
Satowa dan Chika adalah pasangan yang bikin gemes. Mereka sama-sama suka tapi Chika anaknya dense banged, jadi dia nggak ngerti alasan kenapa dia sering pengen nyentuh kepala Satowa wkwkwkkww. Sedangkan Satowa kayaknya sudah paham banged kalau dia suka sama Chika, tapi dia tipe tsundere XD
Sedangkan Takezou kisah cintanya sama Hiro, teman sekelasnya yang juga anggota klub koto. Di season 1 masih belum kelihatan kalau mereka saling tertarik, nanti di season 2 nih. Aku suka hubungan mereka dimana Hiro-chan wajahnya mudah banged dibaca kalau dia suka sama Takezou, bahkan oleh Takezou sendiri. Tapi Takezou masih nggak yakin, nggak mau kepedean gitu, cuma dia sadar dia sendiri suka sama Hiro.
Bahkan penasehat klub koto yang kelihatannya nggak tertarik pada klub koto juga punya kisah cintanya sendiri di manga, antara dia, bibinya Chika dan nanti ada pelatih klub koto. TApi bibinya Chika dan Tetsuki teman Chika juga cocok sih HAHAHAHHAH.

Aku sangat menyukai Kono Oto Tomare, sudah berkali-kali baca manganya. Aku sarankan menonton animenya terlebih dahulu lalu baru mulai baca manganya, dijamin puas banged!

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts