Friday, 30 December 2016

[Review] Chinese Movie: Fleet of Time (2014)


Fleet of Time (2014) adalah salah satu dari Chinese / Taiwanese coming of age movies yang ada dalam list tontonan aku. Seperti yang aku katakan beberapa waktu lalu, aku sedang berburu Chinese / Taiwanese coming of age movie karena kehabisan Japanese youth movie HAHHAHAHA.
Ternyata setelah dicoba, meski pun tidak terkenal dan endingnya juga banyak yang tidak happy ending, aku menyukai ceritanya. Dan Fleet of Time adalah salah satunya :)


Fleet of Time dalam chinese movie yang rilis pada Desember 2014 berdurasi 119 menit yang disutradarai oleh Zhang Yibai. Menjadi box office saat minggu pertama movie ini tayang, Fleet of Time diangkat dari novel populer berjudul sama karya Jiu Yehui. Dibintangi oleh Eddie Peng, Ni Ni, Wei Chen, Zhang Zi Xuan, Zheng Kai dan cast lainnya, movie ini berkisah tentang sekelompok anak SMA pada tahun 1990an, masa-masa SMA mereka, persahabatan, kisah cinta dan masalah-masalah lainnya yang terjadi.
Ini adalah movie dengan alur maju mundur, jadi memang harus teliti banged hehehhehehe.


Fleet of Time sendiri banyak mendapatkan kritikan meskipun sangat populer pada saat itu, yang katanya salah pilih aktor lah, nothing new lah, terlalu banyak nostalgia lah, dramanya lebih bagus lah, tapi memang benar kata orang, jangan menilai sebuah movie/drama jelek atau buruknya dari pendapat orang lain sebelum mencobanya sendiri. Sebelum menonton movie ini, aku sempat searching juga, ternyata novel-nya sendiri diangkat menjadi drama dengan judul Back In Time dan katanya dramanya jauh lebih bagus dari movie-nya kecuali endingnya. Well, kalau dipikir-pikir dengan baik, drama punya 16 episode sedangkan movie hanya 119 menit, tentu saja drama akan mengungkit lebih banyak mengenai kisahnya dan momennya juga akan lebih banyak, makanya kisah drama terasa lebih kuat. Tapi menurut aku yang baru menonton movie-nya, movie-nya sama sekali tidak mengecewakan dan menurut aku bagus :))

Tapi ya itu tergantung pendapat orang-orang sih ya, beda orang beda pula pendapatnya :)

STORY

" Even after so many years, I still remember. That moment when she turned to me. It was that moment when I fell for her."__Chen Xun

Fleet of Time diawali dengan seorang gadis berambut pirang bernama Seven yang ada di sebuah pesta dan menelpon seseorang menceritakan apa yang terjadi di pesta itu. Saat itu mereka sedang mengungkapkan hal memalukan yang belum pernah mereka katakan pada siapapun. Ia tertarik dengan seorang pria mabuk yang mengatakan kalau ia pernah sengaja tidak menjawab soal fisika demi menyamakan nilai dengan gadis yang ia sukai, gagal ujian demi bisa satu universitas dengan gadis yang ia sukai.
Seven kemudian berakhir dengan berkenalan pada pria yang bernama Chen Xun (Eddie Peng) itu dan tidur dengannya. Kemudian keduanya bertemu lagi dipesta pernikahan sahabat Chen Xun, Zhao Ye (Zheng Kai).

Seven sangat tertarik dengan kisah cinta pertama Chen Xun dan terus menanyai kapan ia jatuh cinta, pada siapa dan bagaimana. Di pesta pernikahan Zhao Ye sendiri, Seven ternyata disewa menjadi perekam acara pernikahan dan tugasnya adalah merekam para sahabat pengantin pria dan ia benar-benar sangat tertarik dengan kisah masa SMA mereka, karena mereka bersahabat sejak SMA.
Karena Seven terus menanyainya mengenai masa SMA mereka dan kisah cintanya, hal itu membawa Chen Xun mengingat kenangan masa SMA-nya, dimana ia pertama kali jatuh cinta pada seorang siswi pindahan bernama Fang Hui (Ni Ni).

Chen Xun, Zhae Ye, Qiao Ran (Wei Chen) dan Lin Jia Mo (Zhang Zhi Xuan) adalah sahabat di SMA, mereka berempat sekelas. Chen Xun dan Zhang Ye adalah anggota klub basket di sekolah mereka. Suatu hari saat mereka sedang pemanasan, mereka melihat seorang gadis mengangkat kursi dan semuanya tertarik pada gadis yang wajahnya tidak mereka kenal itu. Gadis itu adalah Fang Hui, siswi pindahan ke kelas mereka.

Fang Hui tidak bicara, ia gadis yang pendiam, bahkan setelah beberapa lama sekelas, mereka jarang mendengarkan suaranya. Chen Xun sangat penasaran dengan gadis itu dan membuat taruhan akan mengajaknya ngobrol, sayang obrolan itu tidak terjadi, meski Fang Hui bicara sih, hanya beberapa kata. Tapi Jiamo agak kesal melihat temannya itu dan akhirnya mengajak Fang Hui untuk makan dan bergabung bersama grup mereka. Meski makan satu meja dengan semuanya, Fang Hui tetap menutup dirinya, ia bahkan tidak bicara sepatah katapun meski yang lain bercanda. Chen Xun jadi tertarik dengannya.

Chen Xun menyukai Fang Hui, ia mendekati gadis itu dengan caranya sendiri, bahkan menjadikannya pengurus kelas bersama dirinya. Ia senang akhirnya Fang Hui mau berbicara dengannya. Ia menyadari dirinya jatuh cinta pertama kali pada Fang Hui adalah saat menemui Fang Hui sedang menulis di papan tulis, angin yang berhembus, cahaya matahari langit sore yang menyinari gadis itu, ia terpesona, dan momen saat gadis itu menoleh padanya, ia jatuh cinta pada Fang Hui.
(aku suka banged cinematography movie ini, keren banged! Pencahayaannya bikin nostalgia banged).

Jatuh cinta untuk pertama kalinya, Chen Xun menjadi dekat dengan Fang Hui dengan cara yang berbeda. Suatu hari Fang Hui mengatakan kalau ia selalu melewati lapangan basket saat pulang sekolah dan sejak saat itu Chen Xun selalu menggunakan baju olahraga terbalik, ia mengatakan pada Fang Hui kalau ia mengenakan baju olah raga terbalik. Kenapa? Agar Fang Hui dengan cepat mengenalinya hehheeehhe.
Dan tentu saja gadis itu tersenyum saat melewati lapangan basket dengan sepedanya ^^

Suatu hari, saat Fang Hui tiba di kelas, seisi kelas memandanginya dengan pandangan aneh dan menemukan kalau dipapan tulis ada siswa yang iseng menulis Fang Hui menyukai Chen Xun. Fang Hui sangat malu karena hal itu, ia menangis di meja-nya dan tidak berbicara dengan siapapun. Ia bahkan pingsan saat upacara bendera dan dibawa ke UKS. Lucunya, Chen Xun dan Qiao Ran berebut menggendongnya dan rebutan membelikan makanan untuknya HAHHAHAHA. Disanalah aku menyadari kalau Qiao Ran juga menyukai Chen Xun.

Saat Qiao Ran membelikan makanan, Chen Xun dan Fang Hui tinggal berdua di UKS dan disanalah Chen Xun mengatakan pada Fang Hui untuk tidak terganggu dengan hal yang terjadi pagi ini. Ia bertanya pendapat Fang Hui bagaimana jika besok ia menuliskan di papan tulis kalau Chen Xun menyukai Fang Hui. Fang Hui awalnya terkejut. Chen Xun mengaku kalau ia menyukai Fang Hui dan ia meminta jawaban Fang Hui, Yes or No. Disaat yang sama dokter UKS bertanya pada Fang Hui yang membutuhkan jawaban Yes or No juga dan jawabannya memang harus Yes sih. akhirnya Fang Hui menjawab Yes, untuk pertanyaan dokter dan Chen Xun. awwwwww aku suka banged adegan ini HAHAHAHAHHA.

Dan sejak itu dari aku sendiri mereka berdua resmi pacaran diam-diam, tapi ternyata mereka berdua masih ragu mereka ini pacaran atau enggak HAHAHH. Aku suka banged adegan saat Fang Hui malu-malu pada Chen Xun sejak kejadian itu, saat ia membagikan buku, ia sengaja cepat-cepat melewati Chen Xun dan Chen Xun berjalan keluar dengan gaya santai sambil menahan senyum dan ternyata Fang Hui mengikutinya dan berjalan lebih cepat darinya dan menunggu diluar, kemudian mereka berjalan bersama-sama sambil tersenyum. ADUUUUUUUUUHHHH Sweet banged!!!!!! Ditambah OST-nya keren banged, cocok!

Suatu hari malam pergantian tahun ke millenium 2000, 5 sekawan menghabiskan waktu bersama. Dan sempat terjadi pertengkaran di tempat bermain sepatu roda. Disini lucu banged, melihat Chen Xun dkk yang melawan beberapa preman sampai terluka, Fang Hui tidak tega dan berteriak ia ingin putus dari Chen Xun. Lucunya, karena nggak ada yang tahu kalau mereka pacaran, teman-temannya pada shock semua dan Chen Xun yang kaget karena ternyata Fang Hui menganggap mereka pacaran malah menemukan energi  baru dan mengalahkan para preman HAHHAHAHAHA.

"Back then we didnt know what 'forever' meant. It was much later that I learned that forever is neither the past nor the future. The time we spent together, that was our 'forever'".__Chen Xun
 
Dan disana kita tahu sedikit masa lalu Fang Hui. Dulu preman yang bertegkar dengan Chen Xun tadi adalah pria yang menyukainya di sekolahya yang lama. Preman itu selalu menunggu di dekat rumahnya dan selalu mengikutinya, mengatakan kalau dia adalah wanitanya. Ia ketakutan tapi nggak bisa minta tolong, sehingga suatu hari ada kejadian dimana seseorang meninggal karena kejadian itu dan karena itu lah dia pindah ke sekolah Chen Xun dkk.
Malam pergantian tahun itu adalah malam dimana keduanya resmi berpacaran dan kissu pertama mereka tepat 1 Januari 2000.

Setelah itu 5 sekawan selalu menghabiskan waktu bersama dan sangat bahagia, mereka juga menghabiskan waktu di pantai dan kita diperlihatkan kisah cinta lainnya, yaitu Zhao Ye yang ternyata diam-diam menyukai Jiamo. Tapi ternyata Jiamo menyukai Su Kai, kapten klub basket Chen Xun dkk. Jiamo tahu Sukai tidak menyukainya dan hanya menganggapnya junior, tapi Jiamo tidak menyerah dan terus mendekatinya bahkan sampai Sukai harus menolaknya secara paksa dengan mengembalikan barang yang diberikan Jiamo. Meski patah hati, Jiamo tidak bisa memberikan hatinya begitu saja pada orang lain, ia tetap menyukai Sukai.

Dan kita juga mengetahui kalau Qiao Ran menyukai Fang Hui. Ia menuliskan puisi tentang bunga lilac dan seorang gadis. Ia membacakan di depan kelas, dimana puisi itu mendapatkan penghargaan dan seisi kelas kagum mendengarnya. Sementara itu Fang Hui menyadari kalau gadis yang dimaksud adalah dia, karena ia masih menyimpan bunga lilac itu.

Hubungan Chen Xun dan Fang Hui juga mengalami rintangan saat ayah Fang hui tahu anaknya pacaran, jadi Fang Hui takut gitu dan menjaga jarak dengan Chen Xun. Meski mereka masih bertemu sih, apalagi kalau kumpul bareng teman-teman dan apalagi saat Zhao Ye tangannya patah HAHAHHA. Ini lucu banged adegan di rumah sakit, Zhao Ye manja XD XD
Lalu ada adegan dimana pertandingan basket antar SMA dan tim mereka masuk ke final dan hari itu Chen Xun dkk bertanding tapi Fang Hui tidak ada disana karena ayahnya menjemputnya. Ini seru banged, karena mereka pake OST Slamdunk HAHHAHA.
Tapi nanti kita tahu kenyataan dibalik itu, bahwa Fang Hui ternyata datang menonton pertandingan.

Mereka memasuki tahun ketiga mereka di SMA, ada foto tahunan dan mereka berlima membuat kenangan menulis sesuatu di pohon sekolah dan mereka juga mulai mempersiapkan tes masuk universitas. Chen Xun dan Fang Hui pernah berjanji akan masuk universitas yang sama. Sayangnya saat ujian Fang Hui membuat kesalahan, ia kehilangan 13 poin karena salah menjawab.
Saat mereka pesta kelulusan, Fang Hui masih kepikiran akan hal itu dan ia menyendiri, dimana Qiao Ran melihatnya dan menyatakan perasaannya secara tidak langsung. Hal itu membuat Fang Hui menyadari betapa ia mencintai Chen Xun. Dan adegan mereka berbaikan kembali ini sangat indah. OST itu lhooooo, keren banged, jarang-jarang movie penuh dengan OST. Saat keduanya berpelukan, mereka bernaji akan selalu bersama, menikah, punya anak dan bersama sampai tua huhuhuhuhuhuhu.

Lalu mereka memasuki masa perkuliahan, dimana Chen Xun dan Fang Hui berhasil masuk ke Universitas yang sama tapi mereka menyadari kalau Universitas berbeda dengan SMA. Meski satu universitas, mereka beda kelas, berbeda teman dan berbeda jadwal, hal itu menimbulkan masalah lagi. Sementara itu Zhao Ye gagal masuk universitas dan memutuskan berdagang pernah pernik, baju dan lain-lain disekitaran kampus. Jiamo sendiri masih terus berusaha mendekati Sukai yang masih terus menolaknya. Qiao Ran cukup pintar diantara mereka, berhasil lulus di salah satu universitas di Inggris, jadi ia meninggalkan mereka semuanya di Beijing.

Masalah Chen Xun dan Fang Hui sudah dimulai saat penyambutan mahasiswa baru alias ospek dimana Chen Xun yang pintar menyanyi sangat populer dikalangan para siswi dan itu membuat Fang Hui tidak tenang. Makanya ia merahasiakan kalau ia dan Chen Xun pacaran. Meski akhirnya teman-temannya tahu dan muncul gosip kenapa Chen Xun bisa pacaran dengan Fang hui.
Lalu Chen Xun berkenalan dengan seorang gadis yang menyukai musik sama sepertinya, Xiao Tang dan ia menikmati pertemanan mereka. Dia sih mengibaratkan dirinya seperti burung yang terbang di angkasa dan Fang Hui adalah tanah dimana ia akan selalu menemukan tempat pulang jika ia melihat Fang Hui dan ia mengibaratkan Xiao Tang seperti burung lain yang terbang bersamanya. Dan hubungan keduanya ini membawa bencana baginya.

Dimana kedekatan Chen Xun dan Xiao Tang awalnya hanya berteman, tapi karena mereka cocok, Chen Xun lebih sering menghabiskan waktu bersama Xiao Tang dan melupakan Fang Hui. Sampai suatu hari Fang Hui melihat keduanya makan bersama di kantin. Awalnya ia berniat melupakan hal itu, tapi sejak itu ia menjadi makin khawatir, bahkan janji bertemu di ulang tahunnya dilupakan dan ia tidak sanggup juga melihat pertunjukan Chen Xun karena Chen Xun lebih memilih Xiao Tang daripada dirinya.
Mengetahui hal itu tentu saja Fang Hui sangat sakit. Ia kembali ke sekolah mereka yang lama dan menemukan tulisan Chen Xun sebelum kelulusan di pohon. Ia menangis disana.

"If the past is worth holding on to, dont forgive each other so soon."__Chen Xun

Setelah kejadian itu aku rasa Chen Xun tidak pernah menghubungi Fang Hui lagi, karenanya Fang Hui mencari tahu sendiri dan menemukan kalau Chen Xun sudah tinggal bersama Xiao Tang, ia bahkan menunggu semalaman di luar apartemen mereka berharap Chen Xun akan keluar, tapi sampai pagi tidak ada tanda-tanda Chen Xun keluar, jadi ia yakin keduanya tinggal bersama.

Dan untuk pertama kalinya setelah sekian lama, malam piala dunia atau olimpiade ya, pokoknya gitu deh, Qiao Ran pulang ke Beijing dan mereka berlima berkumpul bersama lagi. Disana mereka masing-masing mengungkapkan rasa sakit hati mereka, dimana Fang Hui menanyakan sejauh apa hubungan Chen Xun dan Xiao Tang yang membuat pertengkaran antara Qiao Ran dan Chen Xun, karean Qiao Ran menyukai Fang Hui, tapi tahu kalau Chen Xun menyukainya jga, makanya ia menyerah. Ia kembali ke Beijing bukan untuk mendengar kalau Chen Xun selingkuh T______T
Disanalah untuk pertama kalinya Chen Xun mengatakan kalau dulu ia juga berusaha kulaih ditempat yang sama dengan Fang Hui dengan snegaja tidak menjawab soal ujian. Dan disini aku kesal banged, itu bukan alasan seorang pria untuk selingkuh, seolah-olah dia bilang dulu dia juga berusaha bla bla bla. -__-"

 Setelah kejadian malam itu, Fang Hui sepertinya menjadi frustasi dan melakukan hal yang menyakiti dirinya sendiri. Ia tidur dengan teman satu asrama Chen Xun dan ia hamil. Pihak sekolah tahu dia hamil dan menanyai siapa ayahnya tapi Fang Hui tidak menjawab dan Chen Xun mengaku kalau itu anaknya.
Setelah itu Fang Hui melakukan aborsi dan menghilang.

CAST

Ni Ni as Fang Hui

Dia adalah gadis yang manis, pendiam, feminin dan membuat penasaran. Dia tidak populer tapi karena menjadi anak baru, dia menjadi pusat perhatian di hari kepindahannya. Ia trauma karena seorang preman yang menyukainya karena itu ia takut di dekati pria. Tapi Chen Xun berhasil mendekatinya dengan cara yang tak biasa dan meski saat itu ia belum yakin perasaannya, ia mengatakan kalau ia menyukai Chen Xun.

Aku yakin kalau Chen Xun mencintainya lebih dalam dari dirinya sendiri diawal, tapi makin ke akhir cinta Fang Hui lebih besar pada Chen Xun. Padahal kisah cinta mereka sangat manis pas SMA, tapi begitu memasuki perkuliahan keduanya menjadi renggang dan bahkan tiba di jurang yang tidak bisa diselematkan lagi. Aku bahkan bingung ini karena saling tidak percaya atau bagaimana. Tapi saat aku menonton, aku kasihan banged sama FAng Hui. Meski ia bertanya apa salahnya pada Chen Xun, aku pribadi merasa kalau dia tidak salah. Mungkin memang perasaan mereka yang memudar. Tapi tetap saja, aku tidak suka cara Chen Xun yang selingkuh.

Ditahun 2014, 4 sekawan sudah lama tidak bertemu dengan Fang Hui. Meskipun Zhao Ye mengirimkan undangan pernikahan untuknya, ia tak yakin Fang Hui akan datang. Tapi mereka tahu Fang Hui sekarang ada di Perancis sedang melanjutkan pendidikannya dan Qiao Ran mengatakan ia pernah melihatnya sekali, tapi ia tidak menyapa karena tidak ingin mengganggu kehidupan gadis itu. Karena kalau ia muncul ia takut Fang Hui akan mengingat luka lamanya.

Eddie Peng as Chen Xun

Anggota klub basket sekolah. Ia tidak populer meskipun ia cukup berbakat dalam basket. IA sudah tertarik pada Fang Hui sejak pertama kali melihatnya dan akhirnya ia menyadari ia jatuh cinta pada gadis itu. Aku sangat menyukai caranya mendekati Fang Hui yang pemalu, dan bagaimana ia menyatakan perasaan dan awal pacaran dengan Fang Hui. Sangat manis.

Sayangnya setelah masuk Universitas dia berubah. Aku benci bangeeeeeeeeeeeeed!
Sejak ia kenal Xiao Tang, ia berubah. Mungkin karena akhirnya ia menemukan seseorang yang cocok dengan hobinya, menyanyi, jadi ia menemukan pelabuhan baru,. Sayangnya ia melupakan kekasihnya dan bahkan jarang memberikan kabar. Pacar mana coba yang tenang kalau kekasihnya melupakan ulang tahunnya padahal janjian ketemu. Aku shock banged karena ia beneran jatuh cinta pada Xiao Tang dan bahkan tinggal bersama. Shock. Jika perasaannya memudar, harusnya dia ngomong langsung pada Fang Hui. Bagaimanapun selingkuh tak bisa dimaafkan T__T

Ia pernah menciptakan lagu berjudul 'Fleet of Time', lagu yang ia ciptakan untuk Fang Hui, tapi sampai akhir, Fang Hui tidak pernah mendengar lagu itu.
Ditahun 2014 akhirnya ia menyanyikan lagu itu di pernikahan Zhao Ye. Ia sangat penasaran dengan Seven dan curiga siapa dia karena kenapa di persta pernikahan Zhao Ye harusnya tugasnya merekam aja, kenapa sangat tertarik dengan masa lalu mereka.


Zhang Zi Xuan as Lin Jiamo

Gadis yang ceria dan sepertinya dia adalah manajer klub basket atau mungkin hanya penyemangat karena sahabatnya ada disana. Ia menyukai kapten klub basket Sukai dan tidak menyerah sampai masuk Universitas. Sepertinya cintanya memang hanya dia dan dia tidak bisa mencintai orang lain, meski tahu kalau Zhao Ye menyukainya. Tapi ia tidak bisa. Kalau mau sih dia bisa aja pacaran sama Zhao Ye karena Zhao Ye terima aja kalau Jiamo masih kepikiran Sukai, tapi Jiamo tidak mau pacaran dengan orang yang tidak ia cintai, karena orang itu akan terluka.

Jiamo adalah orang yang membawa Fang Hui masuk ke kelompok mereka. Mungkin karena durasi kali ya, jadi kita nggak banyak melihat interaksi keduanya. Misalnya masalah curhat atau bagaimana, jadi seolah-oelah mereka sahabatan tapi masalah ditanggung sendiri dan nggak ada sesi curhatnya.

Ditahun 2014, ia datang ke pernikahan Zhao Ye dan lucunya Zhao Ye masih-masih aja mendekatinya HAHHAHAAHHAA. Ia sepertinya menjadi editor dan saking sibuknya ia membeli hadiah pernikahan secara online saat pesta hahahaha. Ia bertemu kembali dengan Su Kai di pernikahan Zhao Ye dan Su Kai yang keren dulu sudah berubah menjadi pria tidak keren dan lucunya lagi, istri Sukai selingkuh sama pacar Jiamo HAHAHAHHAHAH. Sebenarnya scene 2014 ini ngakak banged lho XD

Zheng Kai as Zhao Ye

Zhao Ye adalah yang paling heboh diantara 5 sekawan. Diawal kita belum diliatin kalau dia suka Jiamo, tapi saat adegan di pantai keduanya duduk saling membelakangi dan menulis nama orang yang disukai. Zhao Ye menulis nama Jiamo tapi Jiamo malah menulis nama Sukai dan Zhao Ye sengaja menggantinya dengan namanya.

Ia tahu bagaimana Jiamo menyukai Sukai dan sangat cemburu melihat gadis itu selalu ada disekitar Sukai dan hatinya sakit melihat Sukai menolaknya. Tapi bagaimanapun Jiamo tetap menyukainya. Ia gagal masuk universitas dan demi tetap dekat dengan sahabatnya, ia jualan di kampus dan ia memanggil honey pada Jiamo seolah-olah ia pacarnya. Awalnya Jiamo terima aja, tapi lama-lama Jiamo kesal karena dia bukan pacar Zhao Ye. Dan itu juga menjadi penyebab pertengkaran saat mereka minum di malam olimpiade. Padahal itu adalah pertemuan mereka pertama kali untuk sekian lama dan Zhao Ye sudah membawa gips yang mereka tulisi dulu untuk perayaan, sayangnya pecah tak berharga.

Di tahun 2014 semuanya berkumpul kembali di hari pernikahannya. Dia lucu banged sumpah, istrinya pencemburu dan dia tak peduli istrinya cemburu melihat dia dekat dengan Jiamo. Katanya sih ini terakhir kalinya HAHAHAHHA. Tapi meski istrinya cemburu, istrinya pengertian sih. Pernikahan mereka penuh dengan pertengkaran wkwkkwkwkw.

Wei Chen as Qiao Ran

Aku merasa semalin Chen Xun, dia adalah orang yang paling dekat dengan Fang Hui. Terlihat kalau mereka berangkat sekolah bersama dan dai adalah orang yang menghapus papan tulis saat itu. Aku masih penasaran siapa yang menulis di papan tulis itu, apakah Qiao Ran atau Chen Xun sendiri. Tapi kayaknya sih Chen Xun.

Dia tahu Fang Hui menyukai Chen Xun, meski begitu secara tidak langsung ia menyatakan perasaannya, jika namanya adalah nama yang ditulis di papan tulis saat itu dan bukna Chen Xun, apakah Fang hui akan menyukainya.
Hal ini yang membuat Fang Hui menyadari kalau ia sangat mencintai Fang Hui dan Qiao Ran akhirnya menyerah dan berangkat ke luar negeri. Meski begitu tentu saja perasaan tetap perasaan, bayangkan sakitnya ia mengetahui kalau Chen Xun selingkuh T___T. Aku suka banged saat akhirnya berdiri dan memukul Chen Xun, mengatakan ia pulang bukan untuk menemukan fakta bahwa Chen Xun selingkuh.

Di tahun 2014 dia terlihat paling sukses diantara semuanya. Sepertinya ia masih diluar negeri sih. Dan dia satu-satunya yang pernah melihat Fang Hui setelah sekian lama meski ia tidak menemuinya secara langsung. Mengetahu Fang Hui baik-baik saja setelah semua kejadian masa muda mereka membuatnya merasa tenang.


"I dont regret having such a wonderful dream. I only wish it world last longer."__Fang Hui

Alur yang aku ceritakan diatas terlihat seperti alur amju kan? Untuk bagian masa lalunya. Sebenarnya alurnya adalah maju mundur, jadi benar-bentar masa lalu, bentar-bentar masa depan. Harus diperhatikan memang saat menontonnya. Dan aku menyukai bagaimana sutradara menampilkannya satu per satu dan membuat kita tidak bosan saat menontonnya.
Karena bisa dibilang bagian masa lalunya manis dan melo sementara bagian masa depannya ada komedinya.

Ini termasuk kisah cinta tragis sih menurut aku, meski nggak ada yang mati tapi keputusan yang dibuat Fang Hui terakhir itu sangat salah. Awalnya ia berniat balas dendam sih, kalau kau tidur sama si A aku boleh donk tidur sama si B. Sayangnya setidaknya Chen Xun melakukannya demi cinta dan Fang Hui tidak. Tapi aku tetap kesal pada Chen Xun, kenapa sih dia tidak memperjuangkan Fang Hui? Sedih banged lho melihat cinta mereka berakhir begini, padahal manis banged awalnya.

Aku suka bangeeeeeeeeeeeeeed sama cinematography dan music director movie ini, sumpah!
Itu adegan masa lalunya indah banged, cara pengambilan gambarnya, pencahayaannya, keren banged, terasa aura nostalgianya. Dan bagian yang slowmotion, bagian yang di blur juga, pokoknya indah banged. Tipe aku banged. Dari beberapa movie China yang aku review belakangan aku paling suka yang ini XD
Dan OST-nya, aduuuhhhh. Ini dia movie yang aku suka!
Aku termasuk orang yang mementingkan OST dalam movie atau drama, kalau OST-nya ga ada atau ga bagus, rasanya feeling ke movienya kurang. Dan sayang sekali biasanya movie jarang yang punya banyak OST, baik itu lagu ataupun yang instrumennya, dan movie ini keren banged, karena dengan OST instrumennya menambah indahnya movie ini. Makanya terasa banged indahnya cinta pertama saat adegan 15 tahun yang lalu diputar XD

Yang aku sayangkan darii movie ini adalah endingnya. Meski ending movie jauh lebih baik dari drama, aku berharap setidaknya Fang Hui bertemu lagi dengan 4 sekawan ini. Sayangnya yang melihat Fang Hui diakhir hanya Chen Xun.  Well, setidaknya dia baik-baik saja sih ya. Dan mungkin kalau dia kembali ke Beijing dan bertemu semuanya, luka lamanya akan berdarah kembali, jadi memang sebaiknya dia tidak perlu datang.

Feng Hui dangat tidak menyukai kalau Chen Xun meminta maaf padanya, bahkan sampai akhir ia tetap tidak ingin Chen Xun minta maaf padanya. Tapi aku ingin sekali melihat mereka bertermu dan Chen Xun meminta maaf sekali lagi padanya, kali ini dengan senyuman. Ada adegan dimana Chen Xun mengatakan ia menyesali dengan apa yang terjadi, dan jika bisa ia ingin mengulanginya dari awal lagi. Tapi bagaimanapun penyesalan selalu datang diakhir dan tidak akan bisa diperbaiki dari awal. Yang bisa kita lakukan hanya melanjutkan hidup dan jangan biarkan terulang lagi. Genggam apa yang kau yakini dan kau anggap penting, dan jang mudah melepaskan, pikir lagi, jika kamu melepaskannya apakah kamu akan dapat yang lebih baik dari itu?

Ini movie tidak disarankan bagi pencari happy ending XD
Tapi bagi yang suka movie-movie tema nostalgia maka ini sangat disarankan. Indah banged lho ^^
Menurut aku sih temanya biasa, kisah cinta masa SMA tapi pembawaannya membuatnya berbeda. Memang sih ini tidak sesuai dengan kultur kita ya, tapi menurut aku Chen Xun itu cukup hebat karena tidak pernah menyentuh Fang Hui selama mereka pacaran. Meski di tertawakan oleh teman-temannya tapi ia yakin apa yang ia lakukan benar. Sayang sekali mereka ditakdirkan tidak bersama :'(
Mungkin itu yang terbaik bagi keduanya. ^^

Skor:

Story: 9/10
Cinematography: 10/10
Character: 8/10
Opening: 8,5/10
Ending: 8/10
Music: 10/10

RECOMENDED!

Share:

8 comments:

  1. masih gagal paham dg endingnya, siapa Seven? knpa Feng Hui ada di video Seven? diakhir film saat Seven memangilnya "honey" di paris.

    apakah Seven teman baik Feng Hui yg disuruh menghadiri pernikahan temannya di Beijing krna tidak punya nyali untk datang sendiri?




    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dari review yg aku baca sih byk yg nebak dia adik Feng Hui tp g tau juga. bisa jd temennya. Intinya sih Fenghui masih mwnjalani kehidupanny di Paris.
      Masalah Seven dateng ke sana kayaknya sih dy jg penasaran sama mantan Fanghui n pengen tau cerita mrk dr sisi cwony

      Delete
    2. adik atau temen yg jelas dia udah tidur dg Chen Xun habis dr discotik diawal scene (lol). bagaimana klo Feng Hui tau marah atau malah ketawa? (lol)

      Delete
  2. Pengen nonton kakkk tp gak tau downloadnya dimana, cari2 di google pada gak ada:(

    ReplyDelete
  3. https://www.youtube.com/watch?v=V586TTlrEMo&t=1411s

    ReplyDelete

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Daiki Shigeoka Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Ueno Juri Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts