Minggu, 11 April 2021

[Review] TV Asahi SP Drama: Air Girl (2021)

Air Girl adalah drama spesial yang tayang di stasiun TV Asahi pada 20 Maret 2021. Seperti drama spesial pada umumnya yang tayang pada pergantian musim, drama ini hanya 1 epiosode dengan durasi 1 jam 40 menit. Drama ini diangkat dari novel non-fiksi Nakamaru Yoshie, bergenre historical karena diangkat dari kisah nyata sejarah perusahaan penerbangan pertama di Jepang, Japan Airlines (JAL), dengan tokoh utama pramugari pertama Jepang. Drama ini dibuat sebagai peringatan ulang tahun ke-70 JAL yang diresmikan pada tahun 1951. Intinya adalah perjuangan membuat perusahaan penerbangan pertama di Jepang dan kisah pramugari pertama di penerbangan tersebut.

Hirose Suzu (Natsuzora) berkesempatan untuk menjadi tokoh utama drama ini bersama Sakaguchi Kentaro (Signal), Yamazaki Hirona (Orange), Fujino Ryoko (Hiyokko), Nakada Kurumi, Ihara Rikka (Natsuzora), Fujiki Naohito (Natsuzora), Matsuyuki Yasuko (Hanbun Aoi), Hidetaka Yoshioka (Wakamono-tachi) dan lain-lain. Sebelum syuting Suzu dan Sakaken sempat berkunjung ke JAL untuk melihat kabin pesawat dan sekaligus belajar mengenai penerbangan. 

Air Girl mengisahkan tentang seorang gadis bernama Sano Komari (Hirose Suzu) yang lahir dari ayah yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan pembuat bahan-bahan pesawat terbang. Sejak kecil ia sudah menyukai pesawat terbang karena pengaruh pekerjaan sang ayah dan ibunya yang selalu menceritakan mengenai hebatnya pesawat terbang. Cita-cita Komari kecil adalah ingin menjadi seorang pilot. Sang kakak laki-laki berangkat perang saat Perang Dunia II dan meninggal dunia saat menjalankan misi. Sementara saat terjadi serangan udara di Tokyo, ayah dan ibunya meninggal dunia. 

Komari yang sebatang kara diasuh oleh bibinya (adik ayahnya) yang merupakan pemilik penginapan. Ia menyekolahkan Komari di sekolah khusus wanita dan Komari memang menjadi wanita terpelajar. Ia juga bekerja siang dan malam di penginapan dan bahkan bibinya menyerahkan urusan penginapan pada Komari (kepala pelayan gitu). Karena banyaknya tentara Amerika yang datang ke Jepang setelaj Jepang kalah dalam PD II, bibi Komari memutuskan menyajikan makanan Amerika di restorannya dan menyambut tamu Amerika yang membuat Komari harus belajar bahasa inggris dengan giat. Meski tidak terlalu lancar dalam bahasa inggris apalagi bahasa yang sulit, tapi untuk percakapan sehari-hari Komari sudah lancar dan ia tidak kesulitan melayani tamu asing. 

Suatu hari di penginapan mereka kedatangan tamu dimana Komari diam-diam mendengarkan percakapan mereka tentang pesawat terbang. Yaps, meski keluarga yang ia dicintai meninggal karena serangan udara, hal itu tidak menghentikan Komari untuk mencintai angkasa raya, ia masih menyukai pesawat terbang. Kalau ada sesuatu yang berhubungan dengan pesawat terbang, Komari pasti penasaran, itu sebabnya Komari menguping pembicaraan tamunya yang intinya adalah mereka tak ingin langit Jepang dikuasai oleh Amerika jadi mereka harus membangun perusahaan penerbangan sendiri di Jepang. Komari tertangkap basah oleh seseorang, Mishima Yuuki (Sakaguchi Kentaro) yang merupakan anggota dari orang-orang yang ingin membangun perusahaan penerbangan itu. Komari meminta maaf karena ia menguping pembicaraan, ia tidak punya maksud lain, ia hanya tertarik karena pembicaraan adalah tentang pesawat terbang.

Keesokan harinya saat akan check-out, Mishima dan Komari bertemu lagi. Saat akan membayar, Mishima menjatuhkan sesuatu dari dompetnya, sebuah jimat yang membuat Komari terkejut karena ia sangat mengenai jimat itu. Itu adalah jimat yang ia buat sendiri, yang ia jahitkan dan ia berikan pada kakak laki-lakinya saat akan berangkat perang saat itu. Dan ternyata Mishima Yuuki adalah teman kakak Komari saat perang, ia sangat mengenal kakak Komari yang selalu membanggakan adik perempuannya yang ingin menjadi pilot. 

Perusahaan penerbangan pertama Jepang akhirnya dibuat, dengan jerih payah Shizuo Matsuki (Hidetaka Yoshioka) dan timnya termasuk Mashima. Komari tidak lupa datang berkunjung karena ia juga bahagia dengan pencapaian itu. Saat itu Mashima menawarkan sesuatu pada Komari yang masih punya impian menjadi seorang pilot wanita. Ia menawarkan Komari untuk ikut melamar menjadi Air Girl atau pramugari. Saat itu mata Komari memancarkan sinar menandakan ia semakin dekat dengan impiannya. Tanpa ragu ia mengirimkan lamarannya ke perusahaan tersebut. Meski begitu, Komari merasa dia tidak akan lulus saat tahu yang melamar ternyata para gadis dari keluarga kaya semuanya (yang ortunya punya title alias jabatan). Tapi saat itu Komari berhasil membuat teman dengan seorang pelamar yaitu Ihara Masami (Fujino Ryoko), yang menjadi alasan kenapa Komari lolos seleksi pertama padahal lamarannya saat itu sudah masuk list gagal. Berkat Masami yang memuji bahasa inggris Komari yang bagus, akhirnya Komari lolos tahap pertama. 

Komari tentu saja tidak menyangka namanya masuk dalam 160 orang pelamar yang lolos tahap 1 dari 1.300 lamaran yang masuk. Pada tahap wawancara, Komari lancar menjawab tapi kadang menyimpang dari topik, membuatnya khawatir. Tapi ternyata ia lolos tahap dua dimana hanya 40 gadis yang lolos. Tahap terakhir adalah ujian tertulis dan Komari sangat khawatir karena ia tidak begitu pintar. Tapi Mashima menawarkan mengajari Komari saat hari libur. Dan begitulah Komari diajari oleh Mishima saat hari minggu. Saat itu juga Mishima mengembalikan jimat milik kakak Komari pada Komari sekaligus pengakuannya bahwa pesawat tempur yang diterbangkan oleh kakak Komari seharusnya ia yang menerbangkannya tapi karena hari itu ia sakit, kakak Komari yang menggantikannya (itu adalah misi bunuh diri alias sengaja jatuhin pesawat di tempat lawan). Komari mengatakan kalau itu bukan salah Mishima, ia tahu kakaknya sangat menyukai langit karena itu kakaknya menggantikan Mishima. 

Tes terakhir berlalu dengan baik. Komari menjadi air girl di perusahaan penerbangan pertama Jepang. Ia mulai mengikuti banyak latihan-latihan untuk menjadi pramugari yang baik. Bersama teman-temannya, Komari bisa melaluinya. Dan saat penerbangan pertamanya, Komari meneteskan air mata. Akhirnya ia bisa terbang di angkasa, langit yang selama ini ia hanya bisa melihat kagum dari bumi. 

Tapi kisah ini sebenarnya bukan fokus pada Komari melainkan pada perusahaan penerbangan pertama Jepang. Tidak mudah untuk membuat perusahaan itu, bahkan banyak halangannya. Penerbangan pertama juga tidak bisa dilakukab dengan mudah. Banyak petinggi yang meremehkan, juga dari tentara Amerika. Tapi dengan gigih dan tidak menyerah, mereka berhasil melakukannya. Tapi setelah itu banyak masalah yang terjadi, misalnya seperti tidak banyaknya penumpang yang ingin naik pesawat sehingga para pegawai termasuk pramugari harus mengundanf keluarga untuk naik pesawat. Meski penerbangan milik Jepang, pilot dan co-pilot tetap orang Amerika yang kasar dan merendahkan Jepang, bahkan akan dibuka penerbangan lainnya yang akan dikuasai oleh Amerika. Tapi JAL tidak menyerah dengan mudah, mereka mulai dari bawah dan tetap bertahan sambil terus mencoba maju dengan mengusulkan kalau penerbangan Jepang harus punya pilot dan co-pilot Jepang. Apalagi setelah hampir terjadinya kecelakaan karena pilotnya anggap enteng, tidak mengutamakan keselamatan dimana Komari sempat menjadi korban. 

Perusahaan JAL saat itu menyekolahkan pilot ke luar negeri termasuk Mishima yang akhirnya bisa menjadi pilot. Bahkan Mishima mengusulkan pada atasan untuk mempertimbangkan penerimaan pilot wanita dan tentu saja dia merekomendasikan Komari. Saat impian Komari untuk menjadi pilot wanita semakin dekat, takdir berkata lain. Komari mengalami gangguan kesehatan mata efek kecelakaan yang terjadi saat ia bekerja. Kesehatan mata adalah hal utama bagi pramugari dan pilot, karena itu Komari memutuskan berhenti dari pekerjaannya dan mengubur impiannya. Tapi sebelum itu ia meminta Mishima untuk membawanya ke kabin pilot dimana Komari duduk di kursi pilot dan berpura-pura menjalankannya. Impian yang tidak akan bisa ia raih. 

Setelah resign, Komari memutuskan berkeliling dunia (kalau nggak salah), ia meninggalkan penginapan bibinya tempat ia bernaung selama ini.Saat tahu Komari akan menjadi pramugari, awalnya bibinya sangat melarang dengan alasan penginapan sangat tergantung pada Komari. Tapi sebenarnya itu karena ia takut kehilangan Komari karena pesawat, mengingat keluarga Komari meninggal karena pesawat. Tapi saat Komari akhirnya berhenti, bibinya juga merasa sangat sedih karena keponakannya kehilangan impian yang selama ini ia kejar. 

Pada tahun 2020 cucu Komari datang ke JAL untuk mendengarkan cerita mengenai sang nenek dan bagaimana JAL didirikan sampai sekarang. Aku rasa orang yang ditemui cucu Komari adalah dirut JAL atau mungkin kepala pilot yang sekarang yaitu Mishima Yuuki. Komari selalu merasa kalau Mishima adalah cinta pertama neneknya dan Mishima mengakui kalau ia lah yang menyukai Komari. Dua orang yang saling mencintai dimasa lampau tapi lebih mengutamakan impian mereka. Cucu Komari di tahun 2020 berhasil mewujudkan impian sang nenek yaitu menjadi pilot wanita, menerbangkan pesawat yang diperjuangkan oleh Mishima ke angkasa.

Dan begitulah kira-kira kisah drama Air Girl yang sempat membuatku menangis tersedu-sedu. Aku pikir drama ini terlalu singkat cuma 1 episode untuk banyak kisah yang seharusnya bisa dikembangkan. Akan bagus kalau ini adalah drama 10 episode atau bahkan asadora. Kalau jadi Asadora ini cocok banged menurutku, tokoh utama wanita, kisah masa lalu, perjuangan menggapai impian. Aku harap NHK mempertimbangkan kisah ini untuk menjadi asadora. 

Chemistry Suzu dan Sakaken banged banged padahal ga ada adegan cinta-cintaan, tapi tatapan mereka aja sudah memperlihatkan kalau mereka saling jatuh cinta. Sayangnya nggak ada ruang untuk cinta pada saat itu karena mereka fokus pada JAL dan impian mereka. Dan sayang sekali keduanya nggak pernah bertemu lagi sejak pertemuan mereka terakhir saat Mishima menunjukkan kursi pilot pada Komari. Aku pikir bakal ketemu misalnya saat Komari menjadi penumpang. Aku nangis saat Mishima mengatakan penyesalan terbesarnya adalah saat JAL akhirnya punya penerbangan internasional tapk Komari tidak ada disampingnya, karena itu adalah salah satu impian mereka. 

Udah lama ga nonton drama jadi seru banged akhirnya bisa menyelesaikan satu meski cuma SP. Udah lama banged mood aku nggak pengen nonton drama/movie padahal banyak yang bagus, hiks. 

Aku merekomendasikan drama ini bagi yang suka kisah sejarah dan tentu saja untuk fans Suzu dab Sakaken ini movie wajib banged 👍


Share:

1 komentar:

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts