Rabu, 01 Maret 2023

[Cast & Details] 108th NHK Asadora "Ranman" (2023)

Ranman atau らんまん adalah asadora NHK ke-108 yang akan tayang pada musim semi dan musim panas 2023. Drama ini diproduksi oleh NHK Tokyo dan diangkat dari kisah nyata bapak botani Jepang, Makino Tomitaro (1862-1957). Sejauh ini, asadora NHK Tokyo dikenal sebagai asadora yang ringan dan lebih memperlihatkan kehidupan remaja, tapi belakangan asadora NHK Tokyo udah kayak asadora NHK Osaka, mengambil kisah nyata dan zamannya juga juah sebelum perang. 

Drama ini pertama kali diumumkan pada Februari 2022 dan menjadi topik hangat karena Kamiki Ryunosuke (Tetsu no Hone, Idaten, Keiji Yugami) akhirnya menjadi hero dalam asadora. Hero dalam sebuah asadora adalah hal tidak biasa karena asadora itu biasanya kisah tokoh utama wanita (heroine). Tapi bukan berarti nggak ada asadora dengan tokoh utama laki-laki. Sejauh ini, yang aku tahu asadora dengan tokoh utama laki-laki adalah Massan, Yell dan Ranman. Kayaknya dulu ada juga tapi aku lupa judulnya yang mana. Dan ini merupakan penampilan kedua Kamiki dalam asadora setelah Dondo Hare (2007).

Sementara itu, Hamabe Minami (Dr. White, Uchi no Musume wa Kareshi ga Dekinai, Watashitachi ga Douka Shiteiru) dipilih sebagai heroine dan diumumkan pada bulan Mei 2022. Sebenarnya sebelum resmi diumumkan sudah ada banyak gosip kalau Hamabe yang akan menjadi heroine. Hamabe dan Kamiki sama-sama dipilih langsung oleh NHK tanpa melalui proses audisi. Kamiki menjadi hero ke-3 tanpa proses audisi sedangkan Hamabe adalah heroine asadora ke-12 yang dipilih langsung oleh NHK.

Ranman sudah memulai syuting pada awal musim gugur 2022 dan supporting castnya sudah diumumkan sejak Agustus 2022. Diantaranya adalah Hirosue Ryoko (Unicorn ni Notte), Shison Jun (Hanbun Aoi), Sakuma Yui (Hiyokko), Kasamatsu Sho (Kimi to Sekai ga Owaru Hi ni), Matsuzaka Keiko (Manpuku), Nakamura Riho (Nee-chan no Koibito), Miyazawa Emma (Ochoyan), Daito Shunsuke (Zenkmono), Nakamura Aoi (Yell), Yamaya Kasumi (Itazura na Kiss), Narumi Riko (Seiten wo Tsuke) dan lain-lain.
 
Naskah drama ini ditulis oleh Osada Ikue (Tabiya Okaeri) dan sepertinya dia belum banyak menulis banyak drama kalau dilihat dari profilnya di dramawiki atau asianwiki. Diangkat dari kisah nyata bapak botani Jepang, Makino Tomitaro, seorang ahli botani dati Prefektur Kochi yang mengklasifikasikan tumbuhan Jepang menggunakan sistem yang dikembangkan oleh Linnaeus. Penelitiannya berhasil mendokumentasikan 50.000 spesimen yang ada dalam bukunya Illustrated Flora of Japan. Meskipun ia pernah putus sekolah, ia akhirnya meraih gelar doktor sains dan hari ulang tahunnya, 24 April diperingati sebagai hari botani di Jepang. Setelah ia meninggal, untuk menghormatinya, Herbarium Makino di Tokyo dan Kebun Raya Makino di Kochi dinamai atas namanya.
 
Drama ini mengambil setting akhir era Tokugawa, Meiji, Taisho dan Showa. Kisah Makino Tomitaro (yang dalam drama ini namanya diubah menjadi Makino Mantaro ) akan diceritakan mengenai kecintaannya akan tumbuhan dan bersama istrinya mengejar impian mereka dengan penuh semangat.

PROFILE:
 
Title: Ranman
Japanese: らんまん
Romaji: ranman
English: Ranman
Directors: Watanabe Yoshiko, Tsuda Atsuko, Fukagawa Takashi
Screenplay: Osada Ikue
Hero: Kamiki Ryunosuke
Heroine: Hamabe Minami
Narrator: Miyazaki Aoi
Music: Abe Umitaro
Theme Song: Ai no Hana by Aimyon
Network: NHK
Genre: Drama, Family
Episodes: 130  (15 mins/ep)
Release Date: April 3, 2022
Runtime: Mon-Fri, 8.00 - 8:15 am
Replaced: Maiagare!
Followed by: Boogie Woogie
Language: Japanese
Country: Japan
Official Twitter: asadora_nhk
Official Instagram: asadora_ak_nhk
 
 STORY:
 
Di akhir era Edo, Makino Mantaro lahir dari keluarga pedagang kaya yang memiliki bisnis pembuatan sake. Ia adalah anak yang cerdas, tapi lemah. Kecintaannya pada tanaman membuat dia dianggap sebagai anak aneh dan ia sering dibully. Saat berusia 6 tahun, ibunya yang merawatnya seorang diri meninggal dunia. Ia kemudian dirawat oleh neneknya dan neneknya memasukkannya ke sekolah bagus dengan harapan dia akan menjadi penerus bisnis keluarga sebagai satu-satunya cucu laki-laki. 

Awalnya dia tidak terbiasa dengan kehidupan sekolah. Tapi dia menemukan sebuah buku dengan nama tanaman dan ilustrasi yang indah. Karena ingin membaca dan mengerti tulisan di buku itu, ia belajar dengan giat. Ia menjadi luar biasa dalam bidang akademik dan bahkan ia belajar pelajaran barat. Memasuki awal Meiji-era, ada sistem sekolah baru yang diterapkan. Ia juga masuk ke sekolah itu tapi tidak puas dengan level pelajaran rendah yang disajikan. Ia kemudian memutuskan berhenti sekolah dan membantu bisnis keluarga. Ia juga menghabiskan hari-harinya mengumpulkan tanaman-tanaman favoritnya.

Saat ada Pameran Industri Nasional di Tokyo, Mantaro pergi ke Tokyo untuk pertama kalinya . Dalam pameran itu, ia melihat berbagai tanaman dari seluruh Jepang dan tanaman langka dari berbagai negara.  Ia kemudian menemukan impiannya untuk mengumpulkan seluruh tanaman di Jepang. Mantaro kemudian pindah ke Tokyo dan mendapat pekerjaan sebagai asisten di Fakultas Botani, Universitas Tokyo. Ia mengabdikan dirinya dalam penelitian berbagai tanaman, menemukan spesies baru dan memberi nama ilmiah. Tapi, ada banyak orang yang iri pada bakatnya dan mengingat dia tidak memiliki background pendidikan tapi bisa bekerja di Universitas Tokyo, ia mendapat gaji yang rendah.

Meskipun begitu, karena kecintaannya pada tanaman, Mantaro terus maju tanpa kehilangan semangat untuk menggapai impiannya, yaitu membuat buku botani bergambar tanaman dari seluruh Jepang.
 
CHARACTERS:
 
KOCHI-hen
 
Kamiki Ryunosuke as Makino Mantaro 
Ia lahir sebagai anak laki-laki satu-satunya keluarga kaya yang menjalankan bisnis pembuatan sake di Kochi. Ia adalah anak yang lemah sejak kecil dan sering dibully, tapi ia sangat mencintai tanaman dan sering berbicara dengan tanaman sekolah tanaman adalah temannya. Seiring berjalannya waktu, ia tumbuh menjadi anak yang sehat karena sering pergi ke kebun penuh tanaman setiap hari. Meskipun ia berhenti sekolah dan tidak lulus SD, ia menguasai botani melalui belajar sendiri dan bisa masuk ke Fakultas Botani Universitas Tokyo. Kelak ia akan dikenal sebagai bapak Botani Jepang.
 
Hirosue Ryoko as Makino Hisa
Ibu Mantaro yang sakit-sakitan. Ia mencintai puteranya lebih dari siapapun. Ia dengan hangat melihat perkembangan Mantaro yang mencintai tanaman.
 
Matsuzaka Keiko as  Makino Taki
Nenek Mantaro yang merawat Mantaro setelah ibunya meninggal dunia. Setelah suaminya dan anak laki-lakinya meninggal dunia, ia menjalankan bisnis sake 'Mineya' sendirian. Ia adalah wanita yang kuat. Ia merawat cucunya Mantaro yang merupakan ahli waris dengan penuh ketegasan dan kasih sayang.

Sakuma Yui as Makino Aya
Kakak perempuan Mantaro. Ia adalah anak yang berkemauan keras dan tegas. Ia sangat peduli pada adik laki-lakinya, Mantaro. Sejak kecil, ia melihat proses pembuatan sake dan ia sangat terpesona akan hal itu.

Shison Jun as Takeo
Putera dari salah satu pekerja di tempat pembuatan sake 'Mineya'. Karena umurnya yang dekat dengan Mantaro, ia diminta untuk mengawasi Mantaro. Ia adalah orang yang paling mengerti akan Mantaro.

Kasamatsu Sho as Kokichi
Dia adalah pembuat sake yang bekerja musiman di Mineya. Ia sudah bekerja pada Mineya sejak ia masih kecil.

Nakamura Riho as Tama
Maid yang bekerja di Mineya sejak Mantaro masih kecil.

Shimazaki Wakako as Kusuno Kie
Wanita yang mendukung gerakan kebebasan dan hak rakyat Kochi.

Terawaki Yasufumi as Ikeda Ranko
Kepala lembaga akademik. Dia sarjana terkenal tapi suka minum dan tidak peduli dengan penampilannya. Ia adalah seorang guru bagi Mantaro, yang mengajarkan Mantaro pentingnya untuk terus belajar.
 
TOKYO-hen
 
Hamabe Minami as Nishimura Sueko
Puteri pemilik toko cemilan di Tokyo. Setelah bertemu Mantaro, keduanya jatuh cinta dan menikah. Ia mendukung impian suaminya yang melakukan penelitian tentang tanaman dan hidup berhemat. Bersama Mantaro dan anak-anak mereka, ia membangun keluarga yang bahagia meski dalam keadaan miskin.
 
Makise Riho as Nishimura Matsu
Ibu Sueko. Dia adalah mantan geisha yang sekarang membuka toko cemilan di Tokyo.

Miyazawa Emma as Kasazaki Mie
Bibi Sueko, adik Matsu. Ia adalah pemilik restoran dan berhubungan baik dengan pemerintahan baru. Ia menjaga keponakannya dengan baik.
 
Ikeuchi Mansaku as Abe Bunta
Pembuat cemilan di toko cemilan milik keluarga Nishimura.
 
Daito Shunsuke as Kuraki Hayato
Mantan samurai yang selamat dalam perang Ueno. Ia suka minum dan berjudi. Ia tinggal bersama istri dan anaknya di 'Jittoku Nagaya', rumah kos tempat Mantaro tinggal di Tokyo.
 
Narumi Riko as Kuraki Ei
Istri Hayato. Ia dulu menyelamatkan Hayato saat terluka dalam perang dan merawatnya sampai sembuh. Ia adalah wanita yang penyayang dan sering memasakkan untuk Mantaro.
 
Ikeda Tetsuhiro as Oikawa Fukuji
Penghuni Jittoku Nagaya. Ia adalah penjual ikan kering dan tinggal bersama puterinya.
 
Yamaya Kasumi as Usami Yu
Ia tinggal di Jittoku Nagaya bersama Mantaro dan lain-lain. Ia adalah pelayan dari sebuah restoran kecil. Ia lahir di Noto dan karena berbagai alasan dia pindah ke Tokyo.
 
Ando Tamae as Eguchi Rin
Pemilik Jittoku Nagaya, rumah kos tempat Mantaro tinggal. Ia adalah wanita yang jujur dan merupakan penasehat bagi Mantaro dan anak kos lainnya.
 
Nakamura Aoi as Hirose Yuichiro
Teman sekelas Mantaro di Meikyokan. Dia belajar teknik sipil di Hokkaido dan saat ini sedang mengerjakan konstruksi rel kereta api untuk kementrian.
 
Tanabe Seiichi as Noda Motoyoshi
 Salah satu ahli botani yang dikagumi oleh Mantaro.
 
 Ito Seiko as Satonaka Yoshio
Salah satu ahli botani yang dikagumi oleh Mantaro. Ia adalah penulis dari buku bergambar yang disukai Mantaro saat ia masih kecil.
 
Drama ini cukup menarik dari perkenalan awalnya, terutama cast-nya. Kisah mengenai pencinta tanaman ini membuat aku berharap syutingnya banyak dilakukan diluar studio. Aku menantikan bunga-bunga apa yang akan keluar dalam drama ini.

Biasanya asadora yang diproduksi NHK Tokyo adalah youth asadora dimana asik banged menebak siapa yang akan menjadi pasangan tokoh utama. Tapi untuk kali ini, nggak ada husband hunting game, karena sejak awal sudah ditetapkan siapa pasangan tokoh utama. Tapi tetap saja aku ingin menebak-nebak. Misalnya kakak Mantaro yang diperankan Sakuma Yui, kalau dari chart relationship sih kayaknya dia nanti akan menikah dengan karakter Kasamatsu Sho atau karakter Shison Jun.
 
Hamabe Minami dan Kamiki Ryunosuke pernah bermain dalam movie yang sama sebagai partner biasa dan ini adalah reuni kedua mereka, kali ini sebagai pasangan suami istri. Reuni ini sebenarnya adalah topik hangat saat cast-nya diumumkan dulu. Banyak yang menantikan reuni keduanya. Menurutku, drama belum mulai aja chemistry-nya udah dapat. Hanya saja, aku masih agak ragu dengan akting Hamabe Minami, selama ini aktingnya masih agak kaku gitu. Semoga dengan asadora ini aktingnya bagus.

Belakangan ini asadora sedang dalam masa kemunduran, karena ratingnya makin lama makin turun dan sebenarnya itu sangat mengkhawatirkan. Terakhir asadora yang menyentuh 20% untuk rating rata-rata adalah Yell, dan kebetulan itu juga produksi NHK Tokyo, tokoh utamanya laki-laki dan based on true story. Jadi, aku berharap sekali melalui drama ini, rating asadora bisa naik lagi menyentuh 20% (meski sepertinya agak sulit). Dan mungkin karena rating juga, promosinya agak kurang. Padahal aku sudah lama menunggu official site drama ini, tapi sepertinya Ranman tidak dibuatkan official site-nya. Sedih banged.
 
Ranman akan tayang mulai 4 April 2023 menggantikan asadora Maiagare! dan nantinya akan digantikan oleh asadora Boogie Woogie.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts