Selasa, 23 Januari 2024

[Review] Anime Series: Deaimon (2022)

Deaimon (であいもん ) adalah anime series yang tayang pada musim semi 2022. Anime ini bergenre slice of life dan berjumlah 12 episode. Di produksi oleh studio Encourage Films, diangkat dari manga Asano Rin yang dirilis pada tahun 2016. 

Awalnya aku tidak terlalu yakin dengan anime ini, karena artworknya seperti anime untuk anak-anak gitu. Tapi karena sedang mood menonton anime genre slice of life + ini anime ini resmi ada di youtube, jadi aku mulai menontonnya untuk menemani makan malam. Tapi begitulah, kita nggak bisa menilai sesuatu cuma dari covernya saja. Anime ini ternyata sangat menghangatkan hati, dengan latar sebuah toko yang membuat cemilan khas Jepang (wagashi) dan latarnya ada di Kyoto dengan bahasa kansai yang kental, ini anime sangat bagus.

Tokoh utama anime ini adalah Nagomu Irino yang meninggalkan kampung halamannya di Kyoto setelah lulus SMA, untuk mengejar impiannya menjadi anggota band di Tokyo. Ia mengejar impiannya selama 10 tahun dan gagal. Suatu hari, ia mendapatkan surat dari sang ibu yang mengatakan kalau ayahnya sakit keras, ia akhirnya kembali ke kampung halamannya yang ia tinggalkan 10 tahun lalu. Sebagai anak satu-satunya, ia sudah berniat mengambil alih toko mereka, tapi ternyata ayahnya cuma sakit pinggang. Ayahnya yang sangat marah karena ia kabur dari rumah 10 tahun lalu, tentu saja tidak menyambutnya dengan hangat.

Keluarga Irino mempunyai sebuah toko wagashi turun temurun bernama Ryokushou. Nagomu adalah anak satu-satunya di keluarganya yang seharusnya menjadi pewaris, tapi karena impiannya, ia kabur 10 tahun lalu dan ayahnya tidak mau menerimanya lagi. Ia mengatakan kalau mereka sudah punya pewaris menggantikan Nagomu. Pewaris baru itu adalah Yukihira Itsuka, seorang anak SD yang tinggal di rumah keluarga Irino setelah ayahnya meninggalkannya di sana tahun lalu. Itsuka berusia 10 tahun dan tinggal di lantai 2 rumah keluarga Irino, dia juga bekerja sambilan dengan rajin di toko wagashi setelah pulang sekolah. 

Nagomu mengenali Itsuka, karena saat dia sampai di stasiun, Itsuka saat itu mengejarnya dan memanggilnya ayah. Nagomu tahu kalau Itsuka merindukan ayahnya dan sepertinya selalu menunggu ayahnya di stasiun. Kenapa Itsuka salah mengenali Nagomu?
Itu karena Nagomu saat itu pulang dengan menggendong gitarnya dan dari belakang, memang mirip dengan ayah Itsuka yang juga menggendong gitar. Itsuka tentu saja membuat Nagomu merahasiakan hal itu, karena dia tidak mau ayah Nagomu dan ibu Nagomu bersedih karena dirinya merindukan ayahnya. 

Meski Nagomu tidak dianggap sebagai pewaris lagi, ia tetap kerja di Ryokushou, tapi tentu saja dia mulai sebagai pegawai baru dengan pangkat paling rendah. Dan Nagomu memang cocok jadi pegawai baru karena dia sangat kikuk dan mudah menangis melihat wagashi yang cantik. Bahkan Itsuka bekerja lebih baik dari Nagomu. Ibu Nagomu sendiri punya tugas untuk Nagomu, yaitu menjadi sosok ayah bagi Itsuka dan menjaganya. Ibu berharap dengan begitu, Itsuka akan membuka hati pada keluarga Irino. Nagomu menyanggupi hal itu, sayangnya Itsuka benar-benar tidak ramah padanya. Itsuka ini baik pada semua orang, senyum pada semua pekerja, tapi hanya pada Nagomu dia selalu menunjukkan wajah tidak suka.

Fokus drama ini adalah kehidupan Nagomu dan Itsuka, bagaimana perlahan mereka menjadi dekat satu sama lain. Tapi tentu saja selama 12 episode itu ada banyak hal yang mewarnai kehidupan mereka. Aku suka bagaimana Nagomu, meski gagal memilik band populer, tapi ia tidak menyesal dengan apa yang dia pilih 10 tahun lalu. Menurutnya perjalanan 10 tahunnya bersama teman anggota band-nya adalah pengalaman yang sangat berharga baginya. Ia tetap menyukai musik dan tidak pernah meninggalkan topi kacang kastanye yang menjadi icon band-nya dulu. Lucu banged saat dia kehilangan topi itu, dia murung banged, sampai Itsuka dkk menghubungi teman satu band-nya dulu untuk meminjamkan topi itu. Dan 3 temannya mantan anggota band itu mempaketkan topi mereka untuk dipinjam dengan syarat harus dikembalikan. Disana bisa terlihat sih kalau dia masih akrab dengan teman bandnya. Meski band mereka gagal, tapi mereka tetap merasa masa-masa dalam band dulu adalah saat berharga.

Selain kisah Nagomu dan Itsuka, ada kisah tentang siswa SMA, pekerja paruh waktu di Ryokushou, Mitsuru Horikawa. Dia adalah anak pertama di keluarganya. Dia punya banyak adik dan dia adalah harapan keluarga karena dia pintar dan punya kemungkinan akan menjadi dokter. Dia menyembunyikan rahasia kalau dia suka musik dan gitar karena tidak mau orang tuanya kecewa padanya. Tapi setelah bertemu dengan Nagomu, mendapat banyak nasehat, akhirnya ia terbuka pada keluarganya. Dia tak menyangka kalau keluarganya mendukung apapun pilihannya. Dan karena hal ini juga Mitsuru jadi diam-diam menyukai Nagomu.

Ada juga kisah Kanoko Matsukaze. Dia adalah mantan Nagomu saat di Tokyo. Saat Nagomu memutuskan kembali ke Kyoto, ada miss komunikasi diantara keduanya. Kanoko berfikir kalau Nagomu akan meninggalkannya tanpa mendengar apa yang akan Nagomu katakan, dia meinggalkan Nagomu. Padahal saat itu Nagomu ingin mengajak Kanoko ke Kyoto bersamanya. Mereka berpisah saat Nagomu kembali ke Kyoto. Dulu Nagomu pernah berjanji akan mengajak Kanoko ke sebuah festival di Kyoto dan karena janji itu, Kanoko pergi ke Kyoto sendirian. Di sana dia bertemu dengan Itsuka dan mereka berteman. 

Kelihatan sekali kalau Kanoko ini masih menyukai Nagomu dan Nagomu juga masih menyukai Kanoko. Tapi keduanya kurang komunikasi dan berfikir mereka sudah saling tidak menyukai dan hanya menganggap teman. Kanoko yang selama ini tinggal di kota dan sebenarnya nggak mau tinggal di Kyoto, malah terpesona dengan kehidupan di sana. Dia berhenti dari pekerjaannya di Tokyo dan malah nyari pekerjaan di Kyoto. Katanya sih selama musim panas aja, tapi entah kenapa dia menikmati kehidupan di sana dan mencari pekerjaan tetap di Kyoto. Mungkin karena di sana ada Nagomu juga. 


Ada juga kemunculan anak magang di Ryokushou dengan masalahnya sendiri. Juga kemunculan ibu kandung Itsuka. Kehidupan Itsuka cukup menarik untuk diikuti, apalagi rahasia kenapa dia ditinggalkan. Kalau dari flashback sih kelihatan banged kalau ibu Itsuka ini memang meninggalkan Itsuka dan ayah Itsuka demi kehidupan lebih baik di luar negeri. Soalnya ayah Itsuka ini anggota band nggak laku, jadi mereka kesulitan keuangan. Meski berdua bersama ayahnya, ayah Itsuka kelihatan banged sangat menyayangi Itsuka. Itsuka sejak kecil banyak menghabiskan waktu dengan sang ayah, meski ayahnya sibuk, ayahnya selalu punya waktu untuk Itsuka, makanya Itsuka sangat menyayangi sang ayah.

Saat ayahnya meninggalkan Itsuka di Ryokushou, ayah berjanji akan menjemputnya karena itu Itsuka selalu menunggu ayahnya. Tapi ada juga adegan yang memperlihatkan kalau ayahnya pernah mengatakan kalau Itsuka adalah penghalang atau bagaimana gitu, makanya ayahnya meninggalkan Itsuka. Tapi aneh juga sih, kok orang tua Nagomu mau aja menampung Itsuka kalau memang nggak kenal sama ayah Itsuka. Dan disitu memang misterinya. Meski tidak pernah dikonfirmasi dengan jelas di animenya, tapi kita bisa mendapat gambaran kalau ayah Itsuka ini sebenarnya adalah senpai yang sangat dihormani Nagomu.
 

Saat SMA dulu, senpai itulah yang mengajari Nagomu gitar dan senpai itu juga yang membuat Nagomu menyukai musik dan punya impian punya band. Mereka selalu bersama-sama saat SMA dan tentu saja Nagomu sering mengajak senpai ke rumahnya, makanya orang tua Nagomu mengenal senpai. Jadi nggak aneh kalau orang tua Nagomu mau menampung Itsuka dan juga keluarga Nagomu menjadi tempat dimana ayah Itsuka menitipkan Itsuka. Mengenai hal ini, sepertinya Nagomu belum tau. Orang tuanya juga sepertinya tidak mengatakan apapun pada Nagomu.

Anime ini sangat bagus dan menghangatkan hati, kalau kalian suka slice of life dan wagashi Jepang, anime ini wajib ditonton. Tontonan santai dan menghibur dengan logat kansai yang unik. Kalian pasti akan suka melihat bagaimana positifnya Nagomu dalam menghadapi kehidupannya, dia tidak pernah menyesali masa lalu dan selalu positif dalam memandang ke depan. Jadi menurutku wajar dia cukup populer di kalangan wanita. 

Aku sebenarnya penasaran juga dan ingin membaca manganya, tapi belum sempat dan sepertinya manganya juga lama nggak update.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts