Senin, 22 Januari 2024

[Review] J-Drama: Brush Up Life (2023)

Brush Up Life (ブラッシュアップライフ) adalah drama Jepang yang tayang pada musim dingin 2023. Drama ini ditulis oleh Bakarhythm (Unlucky Girl, Scandal Senmon Bengoshi Queen, Kaku OL Nikki) dan disutradarai oleh Mizuno Itaru (Red Eyes, Watashitachi Douka Shiteiru, 3-nen A-gumi) dan Kariyama Shunsuke (Inori no Karte, Muchaburi, Koi Desu). 

Drama 10 episode ini tayang mulai Januari sampai Maret 2023. Bergenre drama, fantasy, life, drama ini dibintangi oleh Ando Sakura (Tabiya Okaeri, Manpuku, Yutori Desu ga Nani ka) dan supporting castnya diantaranya Kaho (First Love, Silent), Kinami Haruka (Sexy Tanaka-san, Kimi no Hana ni Naru), Matsuzaka Tori (Rikon Shiyo yo, Perfect World), Shida Mirai (Black Postman, Liaison), Sometani Shota (Kyojo 0, Natsuzora), Ichikawa Yui (Konkatsu Tantei, Shiranakute ii Koto), Toko Miura (Elpis), Kuroki Haru (Nagi no Oitoma, Boku no Neechan), Mizukawa Asami (Hakui no Senshi, Toumei na Yurikago), penulis Bakarhythm (Kaku OL Nikki) sendiri dan lain-lain.
 
Dilihat dari jajaran castnya yang sudah senior memang membuat ingin sekali menonton drama ini. Drama ini saat tayang di Jepang cukup populer di Jepang. Meski rating rata-ratanya rendah, tapi drama ini memenangkan banyak penghargaan drama terbaik tahun 2023. Aku sudah lama tertarik menonton drama ini tapi karena nggak sempat, jadinya nggak aku tonton. Aku akhirnya punya kesempatan nonton pas libur tahun baru 2024 lalu. Memang dramanya bagus banged, pantas di Cina aja menjadi drama Jepang dengan rating tertinggi. 

Brush Up Life menceritakan seorang wanita single Kondo Asami (Ando Sakura) yang berusia 33 tahun. Dia bekerja sebagai office lady di kantor pemerintahan, bagian pelayanan gitu, jadi tiap hari dia sudah biasa dengan berbagai tingkah masyarakat yang datang ke sana. Suatu malam, ia dan dua sahabatnya sejak TK, Kadokura Natsuki (Kaho) dan Yonekawa Miho (Kinami Haruka) bertemu di sebuah restoran. Itu adalah pertemuan rutin yang bisanya mereka lakukan 2 kali sebulan gitu. Makan-makan sambil mengobrol banyak hal. Setelah makan, sambil mengantar Asami pulang, mereka singgah di sebuah minimarket untuk membeli minuman. Kemudian mereka berpisah dengan Asami. Lalu Asami menyeberang dan akan pulang ke rumahnya, tiba-tiba dia tertabrak dengan keras.

Saat dia membuka matanya, dia ada di sebuah ruangan berwarna putih dan bertemu dengan seseorang yang mengurusi reinkarnasi manusia setelah meninggal dunia. Pria itu mengatakan kalau Asami akan terlahir kembali menjadi sebuah semut. Asami tentu shock banged. Dia meninggal muda, tapi terlahir kembali sebagai semut. Pria itu mengatakan kehidupan selanjutnya setelah meninggal itu tergantung pada hal baik yang diperbuat selama hidup. Jadi karena Asami sedikit melakukan hal baik saat masih hidup, hal baik itu hanya bisa membuat dia terlahir sebagai semut. Asami tentu shock banged karena hal itu, dia nggak bisa membayangkan terlahir sebagai semut. Tapi ternyata ada opsi lainnya, yaitu dia akan terlahir kembali menjadi dirinya yang dulu dan mengulang kehidupannya. Dia juga bisa menambah usianya dengan melakukan hal baik. Akhirnya daripada jadi semut, Asami lebih baik terlahir jadi dirinya yang dulu.

Dan begitulah Asami kembali ke masa lalu, terlahir sebagai bayi dari orang tuanya yang bahagia banged saat dia lahir. Baby Asami sebenarnya sudah bisa bicara saat masih kecil, karena ingatannya yang dulu masih ada, tapi karena nggak mau membuat orang tuanya shock, jadi dia bersikap seperti bayi pada umumnya. Ia tumbuh menjadi dirinya yang dulu dengan ingatan saat dia dewasa, jadi dengan mudah dia melewati masa TK, SD dan SMP. Karena dia harus melakukan hal baik, Asami mencoba untuk selalu melakukan kebaikan. Asami ingat dulu teman TK-nya Rena harus pindah TK karena ayah Rena selingkuh dengan guru di TK itu. Jadi Asami yang masih TK berusaha menghentikan perselingkuhan guru TK-nya dan ayah Rena. Hal itu berhasil dan Rena tetap satu TK dengannya, tidak pindah seperti kehidupan sebelumnya. Asami juga mendekati sahabatnya Natsuki dan Miho saat masih kecil, karena tentu saja dia tetap mau berteman dengan mereka di kehidupan keduanya itu.

Asami yang di kehidupan pertamanya dulu tidak terlalu bagus dalam hal belajar, di kehidupan keduanya Asami belajar dengan giat dan dia dengan mudah melalui masa-masa sekolahnya. Dulu dia pacaran dengan Tanabe Masaru (Matsuzaka Tori) saat kuliah tapi kali ini dia menghindari masuk circle Tanabe karena nggak mau lagi pacaran dengannya. Aku lupa alasannya kenapa. Dulu ada teman Asami yang punya impian jadi penyanyi gitu dan semuanya mendukungnya seolah-olah dia akan berhasil, padahal suaranya biasa saja. Di kehidupan pertama, temannya itu Fukuda Shunsuke (Sometani Shota) akhirnya meninggalkan impiannya itu dan bekerja di tempat karaoke, gara-gara impiannya itu dia juga putus dengan pacarnya yang juga teman Asami dkk, Tagami Shizuka (Ichikawa Yui). Tapi Fukuda sudah bahagia karena sekarang sudah menikah dan akan punya anak. Di kehidupan kedua itu, Asami ingin menghentikan impian Fukuda, tapi dia khawatir kalau dia ikut campur maka nanti Fukuda nggak akan putus dengan Shizuka, dan kalau mereka nggak putus maka nanti Fukuda nggak akan ketemu dengan pacarnya yang sekarang. Makanya dia nggak mengatakan apapun.
 
Kalau di kehidupan pertamanya Asami hanya bekerja di kantor balai kota gitu, maka di kehidupan keduanya, Asami bekerja sebagai apoteker/peneliti obat gitu. Dengan pengetahuannya tentang obat, dia bisa menghentikan kematian kakeknya yang dulu meninggal karena salah minum obat. Selain itu, dia juga bisa menghentikan perselingkuhan rekan kerjanya yang ternyata pacaran dengan Rena (Kuroki Haru).

Di kehidupan keduanya, Asami memang banyak melakukan hal baik dan ia merasa kalau itu akan memperpanjang usianya. Tapi ternyata ia salah. Ia tetap meninggal dunia di usia 33 tahun. Asami kembali memasuki ruangan putih dan bertemu lagi dengan pria pengatur reinkarnasi itu. Asami bingung kenapa dia tetap meninggal di usia muda. Jawabannya tetap saja dia kurang melakukan kebaikan gitu. Dan kali ini kebaikan yang dia lakukan itu hanya membuat dia bereinkarnasi jadi binatang lagi (aku lupa apa, kayaknya sejenis ikan). Pada akhirnya Asami memilih menjadi dirinya yang dulu dan ia terlahir lagi sebagai Kondo Asami.

Ia kembali melewati masa TK dan menolong Rena, juga masuk ke sekolah yang sama dan berteman lagi dengan Natsuki dan Miho. Di kehidupan ketiganya, dia tidak bisa menghindari mantan pacarnya lagi dan memutuskan masuk ke circle mantannya itu lagi. Itu juga karena dia tahu ternyata mantannya itu jadi orang kaya saat kehidupan keduanya waktu itu. Di kehidupan ketiganya, Asami ganti pekerjaan sebagai sutradara di sebuah stasiun TV. Dia punya banyak kenalan dari kalangan artis. Dia bahkan membuat dramanya sendiri berdasarkan kehidupannya, yaitu reinkarnasi menjadi dirinya yang dulu. Dia juga berusaha menghentikan perselingkuhan rekan kerjanya di farmasi yang dulu dengan Rena. Meski dia melakukan banyak hal baik, tapi kali ini Asami tetap meninggal dunia di usia muda, bahkan lebih muda dari 33 tahun.

Asami kan bingung tuh, trus pria di ruang putih itu entah memberikan alasan apa gitu, kenapa dia meninggal muda. Karena reinkarnasinya tidak juga memuaskan, jadi Asami kembali ke masa lalu lagi menjadi dirinya yang dulu. Melalui hari-hari yang sama di reinkarnasi ke-empatnya, Asami kemudian menemukan kalau ternyata dirinya tidak sendirian mengubah masa depan. Ada temannya bernama Uno Mari (Mizukawa Asami) yang ternyata juga kembali ke masa lalu. Uno Mari dulu dikenal sebagai siswi yang pintar dan sulit didekati. Makanya baik itu dikehidupan pertama dan kedua, Asami merasa kalau mereka nggak mungkin berteman. Tapi ternyata Mari ini udah 5 kali kembali ke masa lalu. Jadi, kehidupan pertama Asami itu dulu adalah kehidupan kedua Mari yang sudah Mari ubah. Mari dan Asami ternyata dulu bersahabat baik, bestie berempat dengan Miho dan Natsuki. Tapi karena sesuatu terjadi pada Miho dan Natsuki, jadi ia reinkarnasi ke masa lalu untuk menyelamatkan keduanya. Ia bahkan rela nggak bestie-an dengan ketiganya lagi demi menyelamatkan Miho dan Natsuki, tapi ternyata dia tetap gagal.

Jadi, dalam perjalanan liburan ke luar negeri, Natsuki dan Miho akan meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat. Mari tau kalau itu adalah kesalahan pilot yang saat itu tidak mau memutar arah atau bagaimana, jadi dia berusaha menjadi pilot agar dapat menerbangkan pesawat yang ditumpangi temannya. Nah, dulu di kehidupan keberapa gitu, Asami memang pernah mendengar gosip kalau Uno Mari menjadi seorang pilot. Asami baru mengerti ternyata itu untuk menyelamatkan teman mereka. 
Mari di kehidupan keenamnya ini juga akan menyelamatkan Natsuki dan Miho, sayangnya dia gagal lagi. Dan Asami juga gagal memperpanjang hidupnya, dia meninggal di usia muda lagi.

Lalu kesempatan terakhir Asami untuk reinkarnasi tiba. Itu adalah kehidupan keenamnya (ketujuh bagi Mari). Kalau Asami gagal lagi dikehidupan itu, dia nggak akan bisa kembali ke masa lalu lagi. Kali ini, Asami sudah tahu kalau temannya Mari juga sama seperti dirinya, jadi sejak sekolah mereka sudah mulai berteman dan belajar giat. Mereka berdua ingin menjadi pilot dan menyelamatkan Natsuki dan Miho. Demi itu, keduanya rela menjauh dari Natsuki dan Miho dan tidak jadi teman dekat, karena mereka harus fokus belajar. Tentu saja disela-sela itu, Asami tetap menyelamatkan keluarga Rena, membantu temannya Fukuda, membantu gurunya yang hampir kena tuduhan pelecehan seksual dan lain-lain. Sampai akhirnya ia dan Mari benar-benar menjadi pilot dan akan menerbangkan pesawat yang ditumpangi oleh Natsuki dan Miho. Meski ada kejadian dimana pilotnya diganti, tapi Asami tidak menyerah dan berusaha membuat kesempatan, pokoknya pilotnya harus mereka, meski memakai cara yang sebenarnya nggak boleh.

Dan begitulah, mereka berhasil menyelamatkan Natsuki dan Miho. Karena hal itu juga, mereka berempat bertemu saat pesawat mendarat dengan aman. Mereka sebenarnya satu sekolah sejak dulu, saling kenal gitu, tapi nggak sahabatan. Tapi sejak itu mereka jadi lebih sering bertemu dan berteman. Asami berhasil mendapatkan hidup lebih panjang. Bahkan sampai nenek-nenek, mereka tetap menjadi teman baik. Sangat mengharukan sekali.

Ini drama memang bagus banged, bagaimana tokoh utama kembali ke masa lalu dan mencoba mengubah hidupnya dan teman-temannya. Dia men-challenge banyak pekerjaan, karena kalau itu itu aja selama 6 kehidupan ya bosan juga sih. Meski hal yang dilaluinya sama, tapi tetap ada perbedaan juga. Misalnya ada masa dimana dia masuk sekolah private yang bagus dan nggak masuk sekolah negeri biasa. Tapi mengulang kehidupan selama ratusan tahun itu apakah tidak membosankan ya? Saat kita tahu apa yang akan terjadi.

Kalau kalian diberi kesempatan seperti Asami, mending jadi semut atau mengulang kehidupan yang lalu? Meski ingat dengan kehidupan sebelumnya, rasanya berat nggak sih menjalani hidup yang sama dan mengulang semuanya? Pengennya langsung pas kuliah aja gitu, karena rasanya sekolah lagi, ujian lagi kok berat ya 😂 Tapi sepertinya asik juga sih, kita bisa memilih sesuatu yang tidak kita pilih dulu. Misalnya kita pernah merasa menyesal, kenapa dulu aku nggak masuk ke sekolah A aja, kenapa aku nggak terima tawaran B, kalau aku pilih C kira- kira hidupku sekarang bagaimana? Mungkin bisa dijawab dengan kembali ke masa lalu.

Yang jelas dramanya sangat seru sih, melihat bagaimana perjuangan tokoh utama memperbaiki kehidupannya demi terlahir kembali menjadi sesuatu yang baik. Bahkan kebaikan yang dia lakukan di kehidupan kedua ternyata belum cukup memperbaiki reinkarnasi untuk kehidupannya selanjutnya. Dramanya juga lebih ke kehidupan dan tidak terlalu berat untuk diikuti, justru banyak lucunya. Ya karena tokoh utama 5 kali mengulang kehidupan yang sama. Kalau mengenai kualitas akting kayaknya nggak perlu ditanya karena yang main senior semuanya. Bahkan yang memerankan tokoh utama pas TK dan remaja itu aktingnya juga bagus.

Ini drama yang cocok ditonton pas liburan sih menurutku. Karena memang asik menontonnya tanpa menunggu seminggu untuk episode selanjutnya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts