Selasa, 13 Desember 2016

[Review] Asadora: Gochisousan / ごちそうさん (2013)


Yups, akhirnya, setelah beberapa bulan, aku menyelesaikan asadora / morning drama yang paling heboh dibicarakan oleh penggemar asadora, Gochisousan. Karena penasaran banyak yang bilang bagus, aku akhirnya memasukkan dalam salah satu list asadora yang akan aku tonton dan ternyata selesai pertama HAHAHHAHA. Masih banyak list yang lain, menanti untuk ditonton (downloadnya kalo ada kuota nganggur HAHHAHAAHA).

Gochisousan adalah asadora yang tayang sebanyak 150 episode, dimulai dari September 2013 sampai Maret 2014. Dibintangi oleh Anne Watanabe dan Masahiro Higashide, asadora ini berhasil memperoleh rating rata-rata 22,4% selama masa penayangannya yang merupakan rating yang cukup tinggi.
Gochisousan adalah asadora pengganti Amachan dan digantikan oleh Hanako to Anne.

Menceritakan tentang seorang gadis bernama Uno Meiko, yang sangaaaaaaaaaaaaaat menyukai makanan lebih dari apapun. Narasi diawal drama ini mengatakan kalau ini bukan perjalanan hidup Meiko, tapi perjalanan hidup makanan. Maka drama ini penuh dengan makanan-makanan tradisonal jepang, mulai dari yang paling serdehana sampai yang  mewah pada zamannya. Kalau nonton drama ini bawaannya pengen makan dan makan, karena Meiko, baik saat kecil sampai ia menjadi dewasa, cara makannya itu bikin kita pengen makan XD

Ini adalah cerita perjalanan hidup Meiko, yang mengubahnya dari gadis yang sangat menyukai makanan menjadi wanita yang suka menyajikan makanan untuk orang lain. Melalui berbagai kesulitan hidup, kehilangan orang-orang tersayang, ia tidak menyerah untuk percaya, asalkan ada makanan, ia akan bisa tetap hidup. Kecintaannya terhadap makanan mengubahnya menjadi wanita yang rendah hati yang suka menyajikan makanan untuk anak-anak dan orang yang membutuhkan.
Ini adalah perjalanan hidup sejak Meiko kecil sampai ia menjadi seorang nenek.

Chemistry Anne dan MAsahiro memang jjang banged!
Meski dibilang nggak banyak scene romantis mereka berdua, tapi saat bersama-sama mereka manis banged. Meski ada masa dimana aku ga suka sama karakter Masahiro HAHHAHAHA.
Wajar sih habis drama ini mereka menikah KYAAAAAAAAa~~
Papa dan Mama si kembar nih :)

Tokyo-Hen

Gochisousan memulai kisahnya saat Meiko masih kecil. Ayahnya membuka restoran perancis di Tokyo, ayahnya adalah koki yang hebat, karena itu sejak kecil Meiko selalu makanan makanan yang enak. Ia tidak tertarik dengan hal apapun kecuali makanan, ia akan segera bangun pagi kalau makanan sudah siap, makan bento dengan wajah puas di sekolah, pulang ke rumah untuk makan malam. Hari-harinya selalu dipenuhi oleh makanan.

Suatu hari ada insiden strawberry dimana ia dan teman-temannya, salah satunya bernama Genta mencuri strawberry di kuil. Saat itu strawberry sangat langka dan anak-anak baru pertama kali melihatnya. Meiko makan untuk pertama kalinya setelah pertengkaran strawberry dengan Genta dkk.
Strawberry adalah hal yang special bagi Meiko dan ini akan selalu ada hubungannya dengan Genta setelah mereka dewasa nanti, karena berkat strawberry mereka bertengkar, mereka baikan dan saling menemukan ketulusan masing-masing.

Karena sejak kecil suka makan, Meiko tumbuh menjadi gadis yang sangat tinggi, ia bahkan lebih tinggi dari pria-pria (makanya mereka nge-cast Anne yang tinggi banged XD ). Meiko tidak tertarik dengan hal apapun kecuali makanan, karena para pria selalu lari melihat badannya yang besar HAHAHHAHA. Ia sebenarnya ingin juga jatuh cinta, tapi tidak ada pria yang menarik baginya, ia ingin pria yang lebih tinggi darinya dan suatu hari ia menemukan pria itu di cafe tempat ia dan temannya nongkrong, Yuutaro Nishikado, seorang mahasiswa yang ternyata akan tinggal di rumahnya.

Pertemuannya dengan Yuutaro mengubah segalanya. Meiko memang suka makan, tapi ia sama sekali tidak bisa memasak. Meiko sejak awal tertarik dengan Yuutaro meski tidak mengerti perasaan apa itu. Demi Yuutaro ia mulai belajar memasak dari 0. Tugasnya adalah membuatkan bekal untuk Yuutaro setiap hari. Ia juga unya tantangan untuk membuat Yuutaro makan natto karena Yutaro tidak pernah makan Natto.
Selain itu Yuutaro juga membantunya belajar dan mengajarkan padanya kalau memasak adalah sains. Yuutaro adalah mahasiswa bidang arsitektur yang bercinta-cita ingin membuat bangunan yang aman untuk ditinggali, karena dulu ibunya meninggal dalam kebakaran.

Hubungan Meiko dan Yuutaro saat itu masih bisa dibilang unik, karena keduanya masih muda dan baru merasakan cinta, tapi mereka belum mengerti. Mereka sering bertengkar karena hal kecil dan baikan karena hal kecil. Sampai suatu hari Meiko dijodohkan oleh orang tuanya, ia tetap kepikiran Yuutaro meski saat itu mereka bertengkar. Meiko bahkan lari dari perjodohannya untuk bertemu Yuutaro, ia sampai jatuh ke sungai dan melamar pria itu di hadapan banyak orang. Aku sangat menyukai bagaimana Meiko melamar Yuutaro, ia mengatakan akan memasakkan makanan yang hangat selama 365 hari setahun.

Awalnya Meiko ditolak oleh Yuutaro. Ia punya alasan sendiri sehingga membuat ayah Meiko marah (Ayahnya sudah tahu kalau anaknya suka Yuutaro makanya ia cepat-cepat menjodohkan Meiko) karena menolak anaknya. Meiko juga jadi kehilangan semangat karena ia sudah mengerahkan smeua keberaniannya. Meiko yang galau obatnya adalah makan, ia pesan ini dan itu saat temannya ingin menghiburnya, tapi bagaimana pun, Yuutaro lah yang ada di hatinya.
Karena kemarahan ayahnya, Yuutaro di usir dari rumah Meiko saat itu dan Yuutaro ternyata memang menyukai Meiko, hanya saja ia punya alasan tak ingin menikah, tapi pada akhirnya ia tidak bisa kalau bukan Meiko. Dan akhirnya Yuutaro melamar Meiko, caranya mirip, tolong buatkan aku makanan hangat setiap hari selamanya >///////////<

Tapi sebenarnya ini yang berdua lucu banged. Yuutaro itu suka belajar dan pintar, dia kalau ngomong suka berbelit-belit. Nah, si Meiko ini agak bodoh, dia nggak akan mengerti kalau nggak to the point. Bahkan lamaran yang harusnya terasa mengharukan, gegara meiko agak baka jadi lucu HAHHAHAHAHA.

Pada akhirnya mereka di restui, Yuutaro lulus dari universitas dan membawa Meiko ke rumah orang tuanya di Osaka. Oia, Yuutaro mengaku kalau kedua orang tuanya sudah meninggal.

Osaka-Hen

Di Osaka, Meiko bertemu dengan keluarga Nishikado. Ada Shizu-san, ibu tiri Yuutaro, mantan geisha yang suka kemewahan, Kazue, kakak Yuutaro yang wajahnya lebih tua dari Shizu jadi Meiko sempat salah yang mana ibu yang mana anak AHAHAHAHA dan adik bungsu Noriko yang pendiam, tidak pernah bicara.

Nah, disinilah penderitaan Meiko dimulai. Awal-awal kehidupan berumah tangga mereka yang sangat sulit, bukan karena ibu tiri tapi karena kakak ipar. Kakak ipar Meiko, Kazue, tidak menyukai Meiko. Ia lebih setuju adiknya menikah dengan teman Yuutaro dulu, Akiko. Karena itu ai bersikap sangat kejam pada Meiko. Ia mengatakan tidak akan merestui Meiko dan harus menjadi pembantu di rumah mereka selama 1 tahun. Dan Meiko benar-benar menjadi pembantu di rumah keluarga Nishikado. Ia memasak, mencuci, belanja, membersihkan rumah. Makan bahkan tidak boleh bersama semuanya. Dan aku nggak tahu ya zaman itu memang begitu atau bagaimana, Yuutaro diam aja >.<
Makanya aku ga suka Yutaro AHAHAHAHAHA.

Meiko tidak sekali dua kali menangis karena perlakuan Kazue padanya, tapi ia selalu berusaha bertahan  demi cintanya pada Yuutaro. Ia bahkan pernah ingin pulang karena hal itu, tapi pada akhirnya ia kembali. Dan disanalah ia bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Genta, yang bekerja sebagai penjual daging disana. Setidaknya dengan adanya Genta, Meiko tidak merasa sendirian disana.
Karena Kazue sangat kejam, Kazue membuang semua barang Meiko termasuk pot rice brand peninggalan neneknya. Meiko memang sangat sabar orangnya, tapi aku suka dia mengatakan bukannya ia tidak membenci Kazue selama ini, ia sangat membencinya dan akan membencinya.

Kazue sebenarnya dulu diperlakukan seperti itu di rumah mertuanya, dijadikan pembantu dan sering dimarahi. Anaknya adalah satu-satunya yang membuatnya bertahan di rumah mertuanya tapi setelah anaknya meninggal ia kehilangan arah dan berubah menjadi kejam. Jadi ia seperti balas dendam pada Meiko. Dan sebenarnya kalau dipikir-pikir Kazue itu ada benarnya dalam hal memasak. Kazue pandai memasak, tapi sejak Meiko datang, ia meninggalkan dapur untuk Meiko dan Meiko memang suka membuat makanan yang enak, tapis etiap kali ia memasak selalu tidak memuaskan keluarga. Dan disana Meiko mulai belajar kalau lidah orang berbeda-beda, enak menurutnya belum tentu orang osaka bilang enak. Jadi ia belajar menyesuaikan selera dengan keluarga barunya, ia bahkan puasa 1 minggu demi menemukan rasa yang pas.

Meiko juga selalu berusaha dengan baik dan tidak mau menyerah. Itu membuat ia disukai, ia punya banyak teman di pasar karena rasa ingin tahunya mengenai bahan makanan ini dan itu, tentu saja dengan bantuan Genta juga. Bahkan sampai ada gosip Meiko dan Genta selingkuh HAHAHHAHAHA.
Yuutaro sampai ke pasar untuk mengawasi dan pada akhirnya mengatakan rasa cintanya pada Meiko di tengah orang banyak. Meiko kesenangan banged itu XD

Kalau Yuutaro cemburunya sama Genta, Maka Meiko juga waspada pada Akiko. Ada saat dimana Meiko cemburu saat mereka masih di Tokyo. Saat Akiko kembali ke Osaka juga, ada saat dimana Yuutaro selalu menemuinya setiap pagi dan membuat Meiko sangat gelisah, ia bahkan melabrak Akiko di rumah sakit meski akhirnya ia yang kalah. Kisah rasa cemburu suami istri ini menarik juga untuk diikuti XD

Karena Meiko tipe gadis yang tidak mudah menyerah, selalu terliaht ceria apalagi dalam hal makanan, ia bisa mengambil hati Shizu-san dan juga Noriko. Noriko yang awalnya memag tidak pernah bicara mulai mengeluarkan suara dan menjadi teman Meiko. Bahkan membantunya memasak. Noriko ini gadis yang baik sebenarnya, tapi ia takut pada Kazue, makanya kadang ia berhati-hati. Ada saat dimana Noriko akan dijodohkan oleh KAzue dan pada akhirnya Noriko berani untuk melawan, meski dengan bantuan beberapa orang juga, termasuk ayah Yuutaro.

Nah, ternyata ayah Yuutaro masih hidup, hanya saja hubungan Yuutaro dan ayahnya sangat sangat buruk. Meiko lebih dulu bertemu dengan ayah Yuutrao tanpa tahu itu ayah mertuanya, mereka sering menghabiskan waktu bersama dan ternyata karena itu ayah sering membantu Meiko, karena ayah tahu Meiko menantunya. Saat Meiko tahu, ia marah pada Yuutaro karena merahasiakannya, ia menolak saat Yuutaro memintanya tidak bertemu ayahnya, ia engingatkan janji Yuutaro padanya untuk membuatnya selalu tersenyum dan senyumannya adalah kalau ayah dan anak itu baikan.
Pada saat perjodohan Noriko, ayah membantu Noriko dengan mengacaukan perjodohan Noriko.
Dan sejak itu pula Noriko mulai membuka hatinya, ia sering keluar dan menghabiskan waktu bersama di Umasuke.

Umasuke adalah sebuah cafe kecil disana, dimana Sakurako, teman SMA Meiko bekerja sebagai pembantu disana. Sakurako kawin lari dengan penulis novel di Tokyo yang sering jadi langganan di restoran ayah Meiko dan tempat Yuutaro menginap saat ia di usir dari rumah Meiko dulu. Awalnya Umasuke tidak ramai, tapi sejak Meiko dkk sering kesana, tempat itu mulai ramai, dan saat pembukaan Umasuke yang menjual yakigori, Noriko menyumbangkan suaranya untuk menyanyi, promosi cafe itu.

Permusuhan Kazue dan Meiko juga masih terus berlangsung dalam waktu yang lama bahkan sampai pada titik dimana keduanya benar-benar sudah tidak bisa berbaikan sehingga harus ada turun tangan memisahkan mereka berdua. Kazue sangat membenci Meiko dan Meiko juga sangat membenci Kazue. PAda akhirnya KAzue menikah lagi dan pindah dari rumah itu, keduanya mengatakan kalau mereak masih terus akan bermusuhan.

Lalu babak baru dimulai  saat terjadi gempa besar di Tokyo yang membuat banyak pengungsi ke Osaka, dimana Meiko membantu untuk menyediakan makanan bagi para pengungsi disana. Ia menghadapi banyak kesulitan juga pada masa itu, termasuk dengan hubungan ayah dan Yuutaro yang masih belum berbaikan. Dan waktu berlalu dengan semua masalah yang ada sampai saat dimana Meiko hamil dan melahirkan puteri pertamanya saat ayah kembali ke rumah Nishikado.
Lucu banged pas Meiko melahirkan dia laper pengen makan HAHAHHAHAHA.

Fuku, Taisuke, Katsuo

Time jump terjadi setelah Meiko melahirkan Fuku, puetri pertama mereka. Dan saat Fuku di sekolah dasar, Meiko dan Yuutaro sudah punay 2 anak lagi, Taisuke dan Katsuo. Masalah baru adalah menjadi seorang ibu, dimana Fuku di cap sebagai anak yang tidak normal di lingkungan mereka, karena ia tidak tertarik dengan hal-hal yang biasa anak-anak lakukan. Fuku bahkan melempar batu kekkai temannya dan menyalakan api disekolah.

Dan ternyata hal ini adalah karena Fuku mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar, dimana ia penasaran kenapa batu jatuh ke tanah dan kenapa asap bisa terbang ke udara. Bagaimana pun dia adalah anak Yuutaro yang menyukai sains, maka Fuku menjadi anak yang penuh rasa ingin tahu mengenai ini dan itu, mirip Yuutaro. Gegara Fuku juga Meiko sempat frustasi karena menganggap Fuku tidak normal juga, ia dan Yuutaro juga sempat bertengkar karena hal itu, karena Yuutaro selalu sibuk bekerja.

Sebenarnya disini juga banyak dibahas mengenai pekerjaan Yuutaro yang membangun ini dan itu tapi karena aku tidak mengerti mengenai arsitektur jadi sulit membahasnya. Diawal pernikahan sih mereka membangun sekolah, kemudian saat ini mereka akan membangun subway, kereta bawah tanah. Ada banyak kendala ini dah itu, Yuutaro juga stress di pekerjaannya. Tiba-tiba aku jadi ingat dulu Meiko dikasi uang belanja sedikit banged, karena gaji Yuutaro yang ngambil kakaknya. Kejam emang. Tapi berkat itu Meiko belajar memasak dengan memanfaatkan bagian yang ada, jadi tidak membuang kulit, duri atau bekas masakan sebelumnya, ia jadi hemat dan bisa mengatasi masalah keuangan itu.

Kalau Fuku lebih tertarik ke Sains dan tidak punya teman, maka Taisuke terlihat menjadi anak yang punya banyak teman, yang sering datang ke rumah Meiko untuk meminta cemilan. Sementara itu Katsuo mirip ibunya, sangat menyukai makanan, mengekspresikan kelezatan makanan dengan wajahnya yang puas dan ia tumbuh menjadi anak yang suka memasak. Aku rasa dari 3 anak Meiko, Katsuo adalah anak yang paling dekat dengan Meiko karena sering membantunya memasak.

9 tahun menikah, Meiko dan Yuutaro sebenarnya belum pernah melakukan upacara pernikahan. Karena itu Noriko yang sekarang bekerja di stasiun penyiaran radio merencanakan pernikahan mereka. Noriko awalnya kita melihat dia tertarik pada Genta dan memang punya perasaan pada Genta, bahkan aku pikir dia akan bersama Genta. Tapi ternyata Noriko tidak memilih siapa yang ia sukai, ia memilih orang yang mencintainya. Makanya ia akhirnya berpacaran dan menikah dengan temannya di tempat penyiaran. Tapi sebelum menikah, ia berbohong pada Yuutaro dan keluarga kalau mereka ingin menikah, padahal keduanya menyiapkan pernikahan Meiko dan Yuutaro.

Mereka mengundang seluruh tetua di keluarga Nishikado dan juga Kazue. Kazue awalnya tidak mau datang, tapi demi Noriko yang akan menikah ia datang. Noriko juga meminta bantuan orang-prang di Umasuke untuk memanggil keluarga Meiko. Meiko dan Yuutaro sama sekali tidak tahu , dan Kazue marah besar karena ia ditipu, tapi Noriko mengatakan alasan kenapa ia ingin Meiko direstui keluarga, karena Meiko sudah berjuang selama ini demi keluarga Nishikado, bahkan dirinya yang tidak bisa apa-apa menjadi berani sejak Meiko muncul di keluarga mereka. Noriko sangat menyayangi Meiko.
Dan dengan begitu, akhirnya setelah 9 tahun, Meiko dan Yuutaro menikah, dengan keluarga besar dan 3 anak mereka.

World War II

Waktu kembali berlalu dan anak-anak Meiko sudah ada di bangku SMA. Meiko masih menjadi ibu-ibu yang suka memberi anak-anak makan, ia bahkan mendapat panggilan 'Gochisousan' di daerah itu. Saat itu perang sudah dimulai dan Meiko kembali menghadapi kehidupan yang sulit untuk mempertahankan keyakinannya. Saat perang, banyak hal yang tidak diperbolehkan, seperti pakaian mewah dilarang, gula dan bahakn lainnya tidak dijual bebas dan lain-lain.

Meiko sebenarnya sudah persiapan dari dahulu kala, jadi ia punya gudang penyimpanan. Menurutnya mereka akan hidup kalau ada makanan, jadi keluarga Nishikado tidak boleh kekuarangan makanan. Prinsip Meiko kalau makanan harus enak, itu membuatnya tidak bisa mengikuti organisasi wanita disana yang harus membuat makanan untuk perang, dimana menggunakan apapun yang ada dan itu rasanya sangat tidak enak. Meiko mengatakan ia tidak bisa menyajikan makanan untuk manusia, yang anjing saja menolak memakannya. Tapi Meiko juga bukan orang yang membuang makanan, ia paling benci melihat orang yang menyianyiakan makanan. Jadi roti yang bau dan rasanya sangat tidak enak itu ia habiskan semuanya. Meski anaknya ingin membantu makan, Meiko melarang, jarena janjinya pada keluarganya adalah menyiapkan makanan yang enak pada mereka, jadi mereka tak boleh makan makanan yang tak enak.

Tapi masalah dan masalah terus berdatangan selama masa perang itu. Masalah mengenai makanan yang mulai kekuarangan, bahkan mereka tidak boleh makan beras putih lagi. Semua bahan makanan di distribusikan dan Meiko masih terus menjadi gochisousan, memberikan makanan pada anak-anak, ditengah masa sulit itu. Ia bahkan dibenci oleh tetangganya, tapi Meiko bisa mengatasinya. Meski di usia itu ia masih menunjukkan kalau ia bisa marah dan merajuk juga. Ia juga menemukan solusi kekurangan bahan makanan dengan mengumpulkan tetangga dan memasak bersama-sama.

Puteri Meiko, Fuku menikah dengan teman Taisuke dengan alasan yang lucu, karena Moroka-san akan pergi berperang dan ia ingin punya anak dengan Moroka. Hubungan mereka awalnya awkward dan Fuku punya imajinasi dalam dirinya mengenai Taisuke dan Moroka, karena itu saat Moroka akan pergi ia merasa tak bisa hidup tanpanya. Ini adalah pertama kalinya Fuku punya keinginan karena selama ini ia sibuk belajar. Jadi Meiko sangat senang, meski awalnya Yuutaro menolak, hehehehe, ayah yang tak mau anak perempuannya diambil.

Perang semakin menjadi, satu per satu pria dikirim ke garis depan untuk berperang. Saat semuanya menunggu kapan dan kapan, Katsuo putera bungsu Meiko malah ingin menjadi relawan disana.Meiko melarang 100% tapi Katsuo tetap ingin melakukannya. Katsuo adalah anak yang paling akrab dengan Meiko, ia menyukai memasak dan ia pikir hidupnya untuk memasak, karenanya ia ingin pergi dan memasak untuk makanan para tentara. Meiko dengan berat hati melepaskannya.
Sang Suami juga tak luput dari itu, Yuutaro melakukan suatu kesalahan dan ditangkap.  Ia memang dilepaskan tapi ternyata ia harus menerima hukuman dan akan dikirim menjadi tentara ke Machuria. Bagi Yuutaro, senyuman Meiko adalah segalanya, bahkan sampai akhir dia tidak mengatakan kalau dia akan pergi berperang. Untung saja Shizu-san mengatakan pada Meiko dan tepat sebelum Yuutaro berangkat, mereka bisa saling melepaskan kepergian dengan janji Yuutaro harus kembali, ia ingin makan masakan Yuutaro saat kembali nanti (sebelum pergi Yuutaro mengajak Meiko kencan dan makana makanan yang diinginkan Meiko di Osaka).

Perang merebut orang-orang yang disayangi Meiko satu per satu. Mulai dari makanan, Anaknya, Suaminya, menantunya. Tapi ia dan yang lain tetap berusaha bertahan hidup. Dalam masa sulit itu, beruntung Tatsuo masih ada disampingnya. Fuku melahirkan saat perang dunia II, saat mereka melakukan pengungsian. Merek berlindung di subway yang dibuat oleh Yuutaro bersama warga yang lain. Seluruh desa sudah rata dengan, mereka tak bisa bertahan hidup disana, jadi Meiko dan Taisuke mengungsi ke tempat Kazue. Meski Kazue masih tidak menyukainya. Tapi Kazue memang terlihat kejam, tapi ia memberikan pelajaran pada mereka. Kalau dirumah orang mereka harus kerja, dan KAzue punya ladang, jadi ia menyuruh keduanya bekerja disana.

Waktu berlalu dan surat panggilan Taisuke datang, Taisuke harus pergi berperang dan meninggalkan ibunya. Meiko kini benar-benar sendirian. Ia paling tidak suka makan sendirian, tapi Kazue mengajarkan padanya untuk terbiasa sendirian, karena kita tak tahu apa yang akan terjadi, dan pada akhirnya kita akan sendirian nantinya.

Meiko sangat terpukul saat surat kematian putera bungsunya sampai di tangannya. Ia kehilangan arah, meski tidak percaya akan hal itu, ia tetap merasa tak kuat untuk hidup. Ia kabur ke hutan dan berjalan tak tentu arah, ingin menangis tapi tak ada air mata yang keluar. Keesokan harinya ia ditemukan. Kazue sama sekali tidak kasihan padanya dan malah menyeretnya ke ladang dan memperlihatkan kalau semua sayur yang ditanam Meiko mati karena Meiko tak memperhatikannya. Kazue mengajarkan pada Meiko untuk menerima kematian anaknya dan bertahan hidup, jangan membuat sesuatu mati karena dirinya. Dengan itu Meiko mengobati rasa sedihnya dengan berkebun dan berkebut sampai waktu berlalu setahun, tidak terasa dan perang berakhir. Meiko yang menyembuhkan hatinya sendiri berniat kembali ke Osaka untuk menyambut kepulangan pueranya dan suaminya. Kazue mengatakan kalau Meiko akan baik-baik saja, karena ia sudah menghadapi dan selamat dari hal yang paling menyakitkan di dunia ini, kematian anak sendiri.

Meiko kembali ke Osaka di rumah lamanya, meski awalnya Noriko menyuruhnya kembali ke tempat yang aman, tapi Meiko sudah memutuskan akan menunggu dan bertahan disana. Dari rumah Meiko yang selamat hanya gudang penyimpanan dan ia tinggal disana. Ia kembali bertemu dengan Gen-chan dan para teman-teman di Umasuke. Ia mmebangun dirinya kembali, memulai kehidupan dengan makanan dan memberi makan pada orang lain. Sedikitpun ia belum melupakan rasa sakitnya, tapi ia menyembuhkan diri dengan memberi makan orang lain.

Kehidupan Meiko tidaklah mudah selama masa perang itu. Ia kehilangan segalanya dan harus mulai dari 0, menyembuhkan luka di hatinya. Ia selalu baik pada orang lain jadi orang lain selalu ada untuk membantunya. Saat jalannya buntu, orang-orang akan berdatangan membantunya.
Ia menangis saat pertama kali makan kembali bersama orang lain, karena di rumah Kazue, ia selalu makan sendiri, karena Kazue mengajarkannya untuk sendiri. Impiannya adalah hal kecil seperti memasakkan masakan yang enak, makan bersama-sama. Tapi ternyata impian kecil itu sangat sulit untuk dilakukan dan ia melalui bertahun-tahun untuk mewujudkannya.

Saat Taisuke kembali dari perang, mereka memulai kehidupan baru. Dengan bantuan orang -orang disekitarnya, mereka bangkit dari keterpurukan. Meiko masih menanti suaminya kembali saat ia mendengar kabar kalau puetranya benar-benar meninggal dunia. Hal terakhir yang ia dapatkan adalah catatan dari Katsuo dan itu membuatnya akhirnya merelakan kepergian puteranya. Menjadi seorang nenek, ia tidak hanya tinggal diam di rumah, ia terus bekerja dan bekerja, sekali seminggu ia akan membagikan makanan gratis di jalanan. Karena itu orang-orang sangat menyukainya.

Meiko yang suka makan untuk pertama kalinya juga menolak makanan, cokelat.
Meski ia sangat ingin memakannya, tapi mengingat cokelat itu dari orang amerika yang membunuh puteranya, ia tak bisa memakannya. Meiko sangat membenci orang amerika, sementara orang amerika saat itu sangat menyukai masakannya.

Aku salut pada Meiko yang menujukkan dia istri yang baik, sejak awal sampai akhir. Ia tidak pintar, otaknya lambat, tapi ia punya semangat. Kalau soal makanan, ia memang jagonya, membuat ini dan itu. Karena makanan yang lezat, mendengarkan orang mengucapkan 'gochisousan' (terima kasih atas makanannya) adalah impiannya. Ini drama tentang makanan dan Meiko. Betapa mulianya makanan dan tanpa makanan orang tak akan bertahan. Gadis yang suka makanan lezat, ingin menyajikan makanan untuk orang lain, senang melihat orang lian tersenyum dengan makananya. ini bisa dibilang hobi dan pekerjaan Meiko, jadi suaminya tidak pernah melarang Meiko melakukannya, karena Meiko hanya hidup untuk makanan.

Ada banyak kisah yang terjadi dalam drama ini dan aku tidak bisa mengingat satu-satu juga, karena ini 150 episode temanya slice of life, jadi banyak sekali kisah sehari-harinya. Bukan hanya seputaran Meiko yang dibahas. Ada mengenai bagaimana pekerjaan Yuutaro yang membawanya bertemu dengan orang-orang baik yang nantinya akan membantu Meiko saat ia tak ada, ada kisah Genta si pencinta wanita dan bagaimana ia ketakutan saat pulang dari perang dan hampir mati, ada kisah mengenai anak-anaknya, teman-teman dan keluarganya.

Aku menonton drama ini dan sangat menyukainya, sayangnya tidak seperti Amachan dan Mare, menurut aku pribadi drama ini punya titik jenuhnya. Saat menonton Amachan dan MAre, aku sama sekali tidak berhenti dan penasaran terus sampai tamat. Tapi saat menonton Gochisousan, aku berhenti di beberapa epiosde dan lanjut lagi. Seperti setelah Fuku lahir, entah kenapa itu udah kaya ending sebenarnya, jadi aku sempat berhenti beberapa minggu dan baru lanjut lagi AHHAHAHAHA.

Ini drama tokoh nya sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaat banyak. Awalnya aku ragu apakah aku bisa mengenali mereka semuanya, tapi tentu saja, seiring berlalunya waktu aku bisa mengenali mereka satu per satu XD
Aku kaget Mitsuki Takahata bermain dalam drama ini (Aku menonton beberapa episode Toto Nee Chan juga sebelum menonton drama ini). Dan karakternya sebagai Noriko dan Tsuneko benar-benar beda XD
Mana dia main bareng Higashide disini, jadi adiknya, sementara di Ao Haru Ride dia naksir Higashide hAHHAHAHAHA.

Jangan terlalu berharap banyak adegan mesra antara Meiko dan Yuutaro HAHAHAHA.
Meski awalnya aku nonton berharap adegan mesra mereka, ternyata sangat jarang sekali, tapi ya tentu saja ada, dan sekali ada aku teriak histeris. Adegan mereka kebanyakan menggunakan kata-kata, tidak banyak skinsip. Kalau aku nggak salah sama sekali gak ada kissu XD
Ada sih tapi ga diliatin. Dan hubungan suami istri mereka bukan awkward juga tapi kalau mereka sudah berdua aku banyak ketawa wkkwkwkwkw.

Ini drama recomended banged bagi yang suka kehidupan sehari-hari. Tapi ya itu 150 episode, meski  1 episode durasinya cuma 15 menit. Tapi terbayar sih, ini drama keren banged dan menghangatkan hati :)
Dan lagi karena OTP-nya menikah di dunia nyata, jadi asik banged deh ngebaperin mereka wkwwkkwkw.
Aku cek beberapa BTS dan sepertinya Higashide tangannya ramah sama Anne selama syuting wkwkkwkw.
Meski dulu pas tau Higashine nikah aku terpukul, aku samsek nga kenal Anne, dan ternyata pantes-lah Higashide jatuh cinta sama dia XD
Mana mereka sama-sama tinggi wkkwkwkw. cocok XD
Anak kembar mereka udah lahir kan, cewek :)

Ada beberapa hal yang aku sayangkan dari drama ini. Biasanya asadora 156 episode (nggak harus juga sih), jadi apa salahnya nambah 6 episode lagi. Aku pengen liat Yuutaro main sama cucunya dan melihat anak Noriko dan juga dengan siapa Taisuke akan menikah huhuhuhuhu. Aku juga merindukan Tami-chan dan bagaimana keadaan keluarga di Tokyo, dengan siapa adik Meiko menikah. Alangkah bahagianya kalau drama ini diakhiri dengan reuni keluarga. Huft.
Tapi ya itu cuma harapan aja sih, overall endingnya bagus kok XD
Sayang sekali tidak ada keajaiban hehhehehhe.

Kalau soal akting sih jangan ditanya ya. HIgashide saat main drama ini masih rookie aktor dan aktingnya sebagai Yuutaro bagus. Dan Anne sebagai pusat dari drama ini beneran kereeeen! Aku ga tau itu aslinya Anne atau enggak, tapi suer, keren banged, Anne itu Meiko banged. Cara makannya, cara berfikir mau masak apa, kalau lagi malu, terkejut, marah menangis, kita langsung bisa merasakannya. Perbedaan antara dia masih remaja, menjadi pengantin, setelah beberapa tahun menikah, menjadi ibu, menjadi nenek, kita bisa merasakan perbedaannya, bagaimana dia menjadi dewasa. Aku suka banged pas Meiko udah jadi nenek, gayanya itu lho, pokoknya Anne keren banged XD
Tentu saja jangan lupakan tokoh pendukung lainnya XD

Sekali lagi, ini drama sangat direkomendasikan. Opening song-nya lucu banged, aku sampe pause untuk melihat wajat tersenyum para karakter hiragana wkkwkwkkwkw.
Dan sejak awla aku merasa aneh sih, biasanya opening di awal minggu akan berbeda dengan di hari lainnya, tapi di Gochisousan aku bingung bedanya apa, aku sampe mikir-mikir apa gitu tapi udah males nyari tau. Dan pas memasuki episode 130an aku baru nyadar bedanya apa, ternyata kalau opening diawal minggu (hari senin) ada alat masak yang tersenyum HHAHAHAHAHA.
Telat banged!

Aku jadi asadora lover nih sekarang, dalam radar aku ada Beppin-san, Toto Nee Chan, Hanako to Anne, Gegege no Nyobo, Ohisama XD
Sayangnya nggak ada subnya, aku menonton versi dramacool soalnya. Kenapa? Karena aku butuh PAHE! HAHAAHAHAH. Aku tau ada yang update di tempat lain, tapi size-nya itu membunuh, kalau cuma 20 episode sih aku nggak ragu, ini 150+ jadi mikir lagi, makanya nyari yang PAHE aja wkkwkwkw (maklum ga ada wifi LOL.

Oke then, Selamat mencoba ~
Dijamin nggak akan menyesal :)

Share:

3 komentar:

  1. Lengkaaap bgt dan terima kasih ya.. Coba liat here we come Asa, aku suka semangaaattnya.. Sayang blogku gak sedetail ini bahas drama Jepang, suka aja utk diri sendiri, hihihi. Salam kenal ya >_<

    BalasHapus
  2. spertinya aku telat ngepens sama orang ini -Masahiro- karna aku barubaru aja nonton Death Note LUTNW, bikin gagal fokus 😆.. ganteng dan tinggi banget (( hmpr 190cm )).. trus inget sama blog kak Airin yg suka bahas film dorama Jepang, pasti ada deh bahas soal Masahiro, tuh bener 😅..

    aku baca smua artikel soal Masahiro disini, aah jd pingin liat LA Aoharu deh. masuk list utk ditonton gara2 review kak Airin.. ah iya, kak Airin nonton asadora ini dimana ? ada link yg bisa di donlot nggak ? ditunggu jawabannya 😊

    BalasHapus
  3. Suka banget cara reviewnya. Singkat, padat dan jelas. top!
    Cuma saran, tokoh2nya di sertakan foto dong biar jelas gitu. Suka gak inget Soalnya hehe :)
    Sukses selaluuuuuuu :*

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts