Tuesday, 24 July 2018

[Review] K-Drama: Live (2018)


Live adalah drama tvN yang tayang pada Maret sampai Mei 2018 sebanyak 18 episode. Drama ini disutradarai oleh Kim Kyu Tae (Moon Lovers, Secret Love, It's Okay This is Love) dan naskahnya ditulis oleh No Hee Kyung (The Most Beautiful Goodbye, Dear My Friends, Its Okay This is Love).
Sejak awal diumumkannya drama ini, aku sudah tertarik karena yang main adalah Lee Kwang Soo. Tapi aku kurang suka drama tema berat begini + kabarnya pas drama ini tayang hak siarnya dibeli oleh Netflix sehingga subtitlenya lamaaaaaaa banged keluarnya.
Karena itu aku menunggu sampai drama ini tamat dulu dan subtitlenya lengkap baru aku mulai nonton wkwkkwkwkw.
Tapi sebenarnya setelah aku download, drama ini masih mengendap lama banged di laptop, karena belum nemu mood menontonnya. Tapi begitu mulai nonton, ternyata nggak bisa berhenti HAHAHHAHAAH.


Sutradara dan penulis drama ini sudah sering bekerja sama dalam drama korea, yaitu World Within, Padam Padam, That winter The Wind Blow dan It's Okay This is Love. Aku tahu penulis No Hee Kyung adalah penulis favorite banyak penggemar drama korea karena naskahnya selalu berkualitas. Tapi diantara karyanya aku hanya menonton World Within, It's Okay This is Love dan Live ini. Aku sebenarnya pengen nyoba Dear My Friends dan The Most Beautiful Goodbye, tapi belum sempat dari dulu wkwkwkkwkw.
Drama ini dibintangi oleh Jung Yumi (The Lady in Dignity, listen to Love, Discovery of Love), Lee Kwang Soo (Hwarang, Euntorage, Sound of Your Heart), Bae Sung Woo (Dating Agency Cyrano, You're My Favorite, Conpiracy in the Court), Bae Jong Ok (Unknown Woman, Monster, Bubble Gum), Sung Dong Il (Ms Hammurabi, Prison Playbook, The Package), Jang Hyun Sung (Signal, Queen for Seven Days, Man to Man), Lee Eol (Lovers, Beijing My Love, Insadong Scandal), Lee Joo Young (Believer, Keys to the Heart, Queen of Walking), Lee Si Un (Man Who Sets the Table, I'm not A Robot, Two Cops), Shin Dong Wook (Look Out, On air, War of Money) dan masih banyak tokoh lainnya.

Live adalah sebuah drama kehidupan yang menceritakan tentang kehidupan para polisi bagian patroli di Korean Selatan. Berbeda dengan drama-drama biasanya, drama ini memperlihatkan sisi lain dari pekerjaan sebagai seorang polisi di Korea Selatan. Dari drama ini aku bisa melihat kalau pekerjaan polisi bukanlah sebuah pekerjaan yang membuat orang tua bangga. Pekerjaan polisi bagian patroli adalah sebuah pekerjaan yang sangat sulit karena mereka akan langsung terjun ke lokasi dan bahaya ada dimana-mana. Polisi bagian patroli orangnya sangat sedikit, pekerjaan sulit, selalu sibuk dan mereka bahkan jarang tidur, tapi gajinya sangat rendah.
Penulis drama ini cukup baik dalam memperlihatkan pekerjaan polisi dibagian patroli sehingga kita bisa masuk dalam kisah mereka. Meski ini drama kehidupan, menurutku drama ini jauh dari healing drama. Saat menonton drama ini, jujur saja aku cukup frustasi dan sangat-sangat kesal, karena melihat bagaimana para tokoh diperlakukan dalam drama ini benar-benar membuatku naik darah.
Para polisi harus mengutamakan masyarakat tapi masyarakat merendahkan mereka, saat menangkap kriminal, mereka harus mematuhi buku pedoman meski nyawa mereka adalah taruhannya, kalau mereka melukai para kriminal, nanti mereka akan disidang, sering dianggap remeh, pokoknya aku benar-benar frustasi melihatnya.
Kebanyakan drama yang aku tonton, para polisi jarang dibahas lebih dalam. Paling tema yang melibatkan polisi tokoh utamanya detektif atau drama polisi yang lebih ke romance jadi saat menonton drama ini kita benar-benar dibawa untuk melihat bagaimana polisi itu sebenarnya. Bahkan netizen korea setelah menonton drama ini mulai memahami betapa beratnya pekerjaan para polisi dibagian patroli.

Drama ini menurutku hampir sempurna tapi aku hanya manusia yang memang nggak akan pernah puas ya. Satu-satunya kekurangan dalam drama ini menurutku adalah romancenya. Menurutku pribadi, akan lebih bagus kalau nggak ada romance dalam drama ini.
Saat menonton drama ini, aku nggak tahu apakah akting Kwang Soo itu bagus atau tidak, tapi wajahnya mengingatkan aku pada perannya di Running Man, jadi kadang meski adegannya serius, aku dibuat tertawa HAHAAHAHHA. Terutama dipertengahan awal drama. Obsesinya pada karakter Jung Yumi malah membuat aku seram, dia nggak kelihatan seperti orang yang jatuh cinta, tapi seperti stalker gitu HAHHAHAHAHA. Maafkan aku Kwang Soo, tapi kamu nggak punya chemistry dengan Jung Yumi dimata aku. Makanya aku selalu skip bagian romancenya HAHAHAHAHA.
Tapi pertengahan akhir drama, akting Kwang Soo mulai bagus, terutama saat dia menyelesaikan kasus, saat dia mendapat masalah, apalagi di beberapa episode terakhir, aduh, pokoknya aktingnya mantap banged.

Justru yang romancenya sedikit tapi bikin baper berat adalah karakter BAe Sung Woo dan Bae Jong Ok. Aku sering senyam senyum sendiri melihat hubungan mereka, apalagi setelah mereka baikan kembali. Saat Bae Sung Woo memanggil BAe Jong ok dengan 'Noona' kalau istrinya sedang marah, aduuuuuuuuuh.
Mereka disini diceritakan sebagai pasangan yang sudah menikah dan punya 2 orang anak, tapi sang istri ingin bercerai karena ia sudah tak tahan hidup dengan suaminya yang sama sekali tidak pernah mementingkan dirinya dan keluarga. TApi mereka masih sama-sama saling mencintai dan proses tarik ulur hubungan mereka berdua itu benar-benar sangat menarik untuk diikuti. Chemistry mereka berdua juga bagus banged.

Untuk tokoh lainnya jangan ditanya deh, semuanya aktingnya bagus, cocok dengan karakter mereka. Nggak ada manusia yang sempurna, karena itu aku memaklumi masalah semua tokoh utama disini, pertengkaran mereka dan seberapa berat kehidupan mereka, mereka tetap mengabdi pada pekerjaan mereka.
Aku suka setiap tokoh punya kisahnya sendiri, meski singkat tapi kita tahu sedikit latar belakang mereka. Aku sangat berharap drama ini ada season 2-nya, karena ini drama slice of life, jadi akan mudah melanjutkannya. Sayangnya drama korea jarang ada season 2, kalau pun ada biasanya tokohnya berubah. Daripada berubah mending nggak usah HAHAHAHAHHA.

SINOPSIS

Han Jung Oh (Jung Yumi) adalah seorang gadis yang sedang berburu pekerjaan. Ia dibesarkan oleh seorang ibu yang menderita penyakit panik dan berusaha untuk mendapatkan pekerjaan yang bisa mendukung dirinya dan ibunya.
Yeom Sang Soo (Lee Kwang Soo) adalah seorang karyawan disebuah perusahaan dan ia kelihatan tidak menikmati pekerjaannya, tapi ia tidak bisa berhenti demi sang ibu yang bekerja sebagai cleaning service. Ia mempunyai seorang kakak yang bekerja sebagai sales tapi sang kakak kemudian pindah ke luar negeri karena ia tak tahan dengan sistem pekerjaan di Korea yang jam kerjanya sangat menegerikan + dia baru putus dari pacarnya dan dia ingin melupakan sang kekasih.
Dua orang yang menghadapi kesulitan masing-masing itu kemudian melihat sebuah pengumuman perekrutan aparat kepolisian dan dalam sekejap mereka memutuskan untuk menjadi polisi. Polisi adalah PNS yang diangkat oleh pemerintah dengan gaji tetap dan kehidupan akan terjamin, setidaknya begitulah apa yang mereka pikirkan awalnya.
Meski awalnya keputusan tersebut ditentang oleh orang tua mereka, tapi mereka berusaha keras belajar selama 3 tahun untuk ujian kepolisian. Dan diantara ribuan pelamar, mereka berdua berhasil lulus dan masuk ke akademi kepolisian.

Tujuan mereka menjadi polisi bukanlah untuk mengabdi pada negara, tapi demi kehidupan yang lebih baik. Selama di Akademi Kepolisian, mereka berusaha menjadi yang terbaik demi nilai, berusaha mengurangi kesalahan agar nilai tidak dikurangi. Yang menjadi instruktur mereka saat itu adalah Oh Yang Chon (Bae Sung Woo) yang terkenal sangat seram dan galak, ia tidak menyukai para pelamar dan berusaha untuk mengeluarkan mereka dengan mencari-cari kesalahan mereka.
Para calon polisi sama sekali tidak menyukainya dan sering bicara dibelakangnya. Latihan yang keras dari Oh Yang Chon membuat satu per satu calon polisi berhenti dari pelatihan mereka dan kalau ada yang berhenti Oh Yang Chon selalu menertawakan mereka dan mengatakan keputusan mereka adalah keputusan yang baik. Oh Yang Chon sejak awal sudah membangun mental para calon polisi, jadi yang mentalnya lemah menurutnya tidak cocok menjadi polisi, karena apa yang terjadi dilapangan lebih menakutkan dari yang mereka bayangkan.
Jung Oh dan Sang Soo tidak saling mengenal secara pribadi, tapi mereka hanya mengenal sekedarnya. Jung Oh mengenal Sang Soo karena Sang Soo adalah calon polisi tertinggi diangkatan mereka. Sementara Sang Soo mengenal Jung oh adalah karena Jung Oh pernah menjadi partner latihannya + Jung Oh merupakan salah satu calon polisi wanita yang berbakat.
Mereka berdua melamar di divisi patroli karena katanya masuk ke divisi patroli akan mempercepat kenaikan pangkat dan mendapatkan banyak penghargaan jika mereka menyelesaikan kasus besar. Karena divisi patroli akan terjun langsung ke lapangan, jadi peluang lebih besar.

Waktu berlalu dan keduanya akhirnya diterima di divisi patroli di kantor polisi Hongil bersama dengan teman seangkatan mereka Song Hye Ri (Lee Joo Young). Dan disanalah kehidupan mereka sebagai polisi baru dimulai.
Mereka bertemu kembali dengan instruktur Oh Yang Chon yang dipindahkan ke kantor polisi Hongil dan dia menjadi rekan Sang Soo. Sang Soo sangat tidak menyukainya dan sering berbicara jelek dibelakang Oh Yang Chon tapi Oh Yang Chon tahu akan hal itu, dia juga tidak menyukai Sang Soo.
Jung Oh berada dibawah bimbingan Kang Nam Il yang terkenal sebagai polisi pemalas, karena ia selalu menolak ke TKP dengan alasan memberikan surat tilang.
Hyeri berada dibawah bimbingan Lee Sam Bo, seorang polisi yang sebentar lagi akan pensiun dan selalu menghabiskan waktu mengurusi orang mabuk dan membuat Hyeri sangat kesal.

Mereka bertiga awalnya sangat bersemangat untuk menyelesaikan kasus besar demi penghargaan dan ingin menangani kasus seperti pembunuhan, penculikan dan lain sebagainya. Hal ini membuat para senior sangat marah pada mereka, karena bagi para senior kasus seperti itu sangat merepotkan dan mereka bahkan berharap kasus seperti itu tidak ada.
Saat mereka menghadapi kasus besar untuk pertama kalinya, mereka menyadari kenapa para senior tidak menyukai kasus seperti itu, karena itu bisa menimbulkan trauma. Kasus besar pertama Jung Oh adalah saat terjadi sebuah pembunuhan dimana dia melihat langsung korban bersimbah darah dan sejak itu dia jadi merinding dan ketakutan. Hyeri yang selalu mengeluh mengurus orang mabuk, saat mendapat kasus besar pertama kalinya, ia malah pingsan ditempat. Aku lupa apa kasus besar pertama KWang Soo, tapi sepertinya ia menanganinya dengan baik.
Mereka juga melakukan banyak kesalahan sebagai polisi baru. Jung Oh yang menembakkan senjatanya tanpa peringatan, Sang Soo juga pernah menembakkan sejatanya demi menyelamatkan Oh Yang Chon tapi itu malah membawa masalah besar bagi mereka.

Para polisi melindungi masyarakat, tapi nyawa polisi sama berharganya dengan nyawa masyarakat yang mereka lindungi. Itu adalah semboyan yang sering dikatakan oleh para senior disana. Mereka tidak boleh bertindak sendirian, tidak boleh gegabah, bahkan jika aksi mereka hanya pembelaan diri, mereka bisa langsung disidang dan bahkan dikeluarkan.
Para anak baru semuanya pernah mengalami slump dimana mereka berfikir untuk berhenti menjadi polisi karena tidak tahan dengan tekanan pekerjaan mereka yang berat. Bagi anak baru, mereka tak masalah kerja lembur, tapi ketidakadilan dari para pejabat yang lebih tinggi-lah yang membuat mereka tidak mampu bertahan. Dan opini masyarakat yang mudah dimanipulasi sering sekali menyalahkan para polisi padahal mereka hanya melakukan pekerjaan dengan baik.
Tentu saja ada juga polisi yang bobrok, tapi polisi yang mengabdi dengan tulus juga ada.  Disitulah menariknya drama ini.

CHARACTERS
-spoiler alert!-

 
Jung Yu Mi as Han Jung Oh

Dibesarkan oleh ibu tunggal yang punya penyakit panik, hidup Jung Oh tidak-lah mudah. Ia adalah anak dari perselingkuhan ayah kandungnya dan ayahnya tidak mengakui keberadaannya, karenanya ia tidak mau meminta bantuan sedikitpun dari sang ayah. Tapi saat ia memutuskan menjadi polisi, ia menemui ayahnya untuk pertama kalinya, ia meminta uang untuk biayanya selama ia belajar dan berjanji akan mengembalikannya. Tapi pada akhirnya ia tidak mengembalikan uang tersebut karena ia memberikannya pada ibunya yang sangat ingin membuka cafe. Meski ia harus mendapat komentar pedas dari sang ayah, tapi ia berusaha menerimanya karena itu adalah kesalahannya sejak awal, ia bersikeras mengembalikan uang itu padahal ayahnya menyuruhnya tak perlu mengembalikannya.

Ia termasuk salah satu calon polisi yang berbakat dan pintar, ia memahami buku pedoman dengan baik. Tapi saat ia bertugas, ia pernah melupakan buku pedoman dan melakukan kesalahan karena panik. Ia tidak suka berbohong tapi ia terpaksa berbohong beberapa kali saat diperiksa, demi dirinya dan demi para seniornya.
Selain berbakat, ia juga diakui oleh para seniornya, karena itu banyak yang berharap padanya. Ia menghadapi trauma berat saat mendapatkan kasus besar pertamanya tapi ia berhasil mengatasinya dengan baik.
Han Jung Oh sangat menghormati polisi Ahn Jang Mi yang pernah menolongnya saat ia masih SMA dulu.

Jung Oh adalah seorang gadis yang punya pendirian yang kuat. Ia menganggap Sang Soo sahabatnya dan tahu Sang Soo menyukainya. Tapi saat itu Jung Oh menyukai senior mereka Choi Myung Ho. Aku rasa keduanya sempat berpacaran tapi kemudian Jung Oh menyadari kalau seniornya tidak bisa melupakan kekasihnya yang dulu dan juga Myung Ho tidak akan bisa memahaminya karena latar belakang mereka yang berbeda.
Jung Oh mulai membuka hatinya untuk Sang Soo dan menerima Sang Soo yang selalu ada disampingnya. Ia perlahan merasa nyaman bersama Sang Soo dan mulai menjalin hubungan dengannya.

Jung Oh pernah mengalami sesuatu yang memilukan saat ia masih SMA dan ia tak bisa menceritakan hal itu pada siapapun. Ia menjalani hidupnya dengan baik seolah ia sudah melupakan hal itu tapi ia teringat kembali saat ia mendapatkan kasus yang mirip dengan apa yang menimpanya dulu.
Jung Oh orang yang sangat tegas dan ia benar-benar ingin pendidikan seks lebih diperdalam dimasa SMA, karena ketidaktahuan para siswa akan memberikan penderitaan yang mendalam bagi para korban. Ketidaktahuannya saat ia menjadi korban dulu, ia tidak ingin hal itu terulang. Jung Oh sebenarnya melakukan itu demi kebaikan tapi ditanggapi negatif oleh pihak sekolah dan orang tua siswa. Itu membawa masalah besar baginya, ia menolak meminta maaf karena apa yang ia katakan adalah benar. Tapi pada akhirnya ia tidak punya pilihan lain.
JUng Oh menghadapi trauma yang besar saat ia menjadi seorang polisi dan bahkan memutuskan untuk mengambil cuti kuliah di luar negeri, karena itu adalah impiannya sejak dulu. Tapi pada akhirnya ia tidak melakuakannya dan tetap menjadi seorang polisi.

Lee Kwang Soo as Yeom Sang Soo

Sang Soo tinggal berdua dengan ibunya yang bekerja sebagai cleaning service. Ia mempunyai seorang kakak laki-laki yang bekerja sebagai sales dan pindah ke luar negeri karena tidak tahan dengan jam kerja di Korea + ingin move on dari pacarnya.
Ibu sang Soo awalnya sangat bangga karena anaknya menjadi PNS, tapi lama-lama dia nggak tahan melihat Sang Soo terus terluka setiap pulang ke rumah dan menyuruhnya berhenti menjadi polisi.
Sang Soo punya masa lalu saat sang ibu frustasi karena kematian suaminya dan mengabaikan Sang Soo dan sang kakak. Kakak Sang Soo harus mencuri atau meminta uang pada temannya untuk membeli makan baginya dan adiknya. Dulu Sang Soo sangat tidak menyukai ibunya dan berharap ia dimasukkan ke panti asuhan, karena setidaknya jika ia masuk ke panti asuhan, ia akan mendapat makan 3 kali sehari.
Karena itu jika Sang Soo menghadapi kasus dimana orang tua mengabaikan anaknya, ia selalu menyarankan agar sang anak dimasukkan ke panti asuhan.

Sifat Sang Soo dipertengahan awal drama ini sangat sangat menyebalkan. Dia selalu bicara dibelakang, menjelek-jelekkan, selalu melakukan sesuatu semaunya, pokoknya dia neybelin banged diawal drama ini dan aku nggak menyukainya HAHHAAHAHHA.
Dia menyukai Jung Oh sejak awal, karena itu ia menyarakan Jung Oh dan Hye Ri untuk menyewa kamar diatas rumahnya dan ibunya. Rasa sukanya pada Jung Oh entah kenapa menjadi obsesi bagi Sang Soo, saat Jung Oh menolaknya ia mulai memikirkan hal jelek tentang Jung Oh dan seolah memaksa Jung Oh untuk menyukainya. Cara Sang Soo tidak menyerah akan perasaannya itu kadang membuat aku kesal, seolah seperti memaksakan perasaannya HAHHAHAHA.
Aku menyukai hubungan Sang Soo dan Hyeri, bagaimana Hyeri sering mengejeknya tapi sebenarnya mendukungnya kadang membuat aku malah nge-ship mereka berdua HAHHHAHA

Sang Soo memperlihatkan perkembangan karakter yang baik mulai dari awal drama sampai akhir drama ini. Bagaimana ia berusaha setelah ia menyelami lebih dalam pekerjaannya, melihat sisi lain dari para senior yang tidak ia sukai, ia perlahan-lahan menjadi dewasa.
Ia dan Oh Yang Chon awalnya seperti anjing dan kucing tapi setelah diperhatikan, itu karena mereka berdua sebenarnya punya sifat yang mirip. Mereka berdua menjadi dekat seiring berlalunya waktu dan menghadapi sebuah masalah yang merupakan klimaks drama ini.
Karena masalah itu ia kehilangan pekerjaannya di divisi patroli dan pindah ke bagian lalu lintas.

Bae Sung Woo as Oh Yang Chon

Dia terkenal sebagai seorang polisi yang jiwanya sangat keras. Ia terkenal sering membuat partnernya terluka dalam tugas. Ia tidak disukai oleh siapapun di divisi patroli dan semuanya berusaha bersabar menghadapinya.
Ia sangat mengabdikan diri pada pekerjaannya sehingga lupa akan tugasnya sebagai seorang suami dan ayah. Ia jarang pulang ke rumah, hubungannya dan anak-anaknya terasa renggang. Istrinya sudah tidak tahan padanya dan meminta cerai.

Yang Chon menikah dengan Ahn Jang Mi yang dulu merupakan seorang polwan yang populer dan banyak yang naksir. Jang Mi adalah seniornya, jadi kalau istrinya marah dia selalu memanggilnya Noona. Ia berusaha untuk mendapatkan hati Jang Mi kembali tapi berkat saran ayahnya, akhirya ia memutuskan bercerai dengan syarat ia akan datang sesekali ke rumah. Tarik ulur Yang Chon berhasil mendapatkan hati Jang Mi kembali.
Yang Chon sejak kecil sering dipukuli ayahnya, karena itu ia tumbuh sebagai pribadi yang keras. Ia tidak menyukai ayahnya, tapi tetap khawatir karena ayahnya mulai menua. Ia menjadikan alasan perceraiannya untuk tinggal bersama ayahnya, padahal sebenarnya ia tinggal disana karena khawatir akan ayahnya. Ibunya dalam keadaan koma saat itu dan keluarga memutuskan untuk melepas alat pernafasan sang ibu, itu merupakan hal yang sangat menyakitkan bagi Yang Chon.

Yang Chon sangat keras pada bawahannya, dan untung saja dia dipasangkan dengan Sang Soo, karena sepertinya hanya Sang Soo yang mampu menghadapi Yang Chon. Keduanya menjadi partner yang sangat cocok. Tapi suatu hari, karena sebuah kasus pembunuhan, Yang Chon terluka parah dan bahkan sempat koma sementara Sang Soo harus diadili karena sudah menembak mati pembunuh. Saat itu tidak ada CCTV disana, jadi saksi mata hanya Sang Soo seorang, yang melihat dengan matanya sendiri bagaimana Yang Chon disakiti oleh pelaku, karena itu ia melepaskan tembakan pada pelaku.
Hanya saja, ia tak bisa bicara tanpa bukti sementara si pelaku punya bukti rekaman suara. Tapi berkat kepercayaan rekan dan seniornya, dukungan orang tua, teman-teman dan kekasihnya, Sang Soo berhasil melalui masalah terberat selama ia menjadi polisi sejauh ini.

Bae Jong Ok as Ahn Jang Mi

Dia adalah seorang polisi wanita yang pernah menolong Jung Oh saat Jung Oh masih SMA. Jung Oh sangat menghormatinya. Saat masih bertugas sebagai polisi wanita dibagian patroli, ia disukai oleh Kyung Mo dan Yang Chon, tapi ia memilih Yang Chon dan menikah dengannya. Kyung Mo ternyata masih menyukainya dan tidak pernah menyerah bahkan mencoba kembali saat tahu Jang Mi sudah bercerai dengan Yang Chon.

Jang Mi sebenarnya masih menyukai Yang Chon, tapi ia tak tahan dengan sikap Yang Chon yang tidak mempedulikannya. Saat orang tuanya meninggal, Yang Chon bahkan tidak ada disampingnya. Ia mulai merasa kalau ada tidaknya Yang Chon dalam hidupnya tidak akan ada yang berubah, ia bisa menjalaninya dengan baik, karena itu ia memutuskan bercerai. Meski Yang Chon terus memohon padanya, ia tak peduli. Tapi seiring berlalunya waktu, Yang Chon mulai berubah dan keduanya bersatu kembali.

Yang Chon dan Jang Mi mempunyai 2 orang anak, seorang anak perempuan yang sudah bekerja dan seorang anak laki-laki yang masih SMA. Anak perempuan mereka orangnya mirip ayahnya, sangat keras dan sering kelihatan bad mood. Dia tidak terlalu ramah pada ayahnya, karena jarang bertemu sang ayah. Anak laki-laki mereka orangnya lebih kalem dan baik, tapi dia juga bersikap awkward pada sang ayah.
Meski begitu, keduanya sangat menyayangi orang tua mereka.

Jang Mi sekarang bekerja di bagian perlindungan perempuan dan anak dan sering bertemu dengan para polisi baru. Ia menghadapi banyak kasus yang berhubungan dengan perempuan dan anak termasuk salah satu kasus yang nantinya berhubungan dengan dihukumnya JUng Oh. Jang Mi sangat muak dengan para petinggi di kepolisian yang menimpakan semua kesalahan padanya saat terjadi sesuatu dan membuatnya di skors, padahal ia sudah bekerja dengan baik. Ia menjadi kambing hitam dalam sebuah kasus karena para petinggi sepakat untuk menimpakan semua kesalahan padanya.

Lee Joo Young as Song Hye Ri
Lee Eol as Lee Sam Bo.

Dia satu angkatan dengan Jung Oh dan Sang Soo, satu rumah dengan Jung Oh. Dia merasa dirinya paling sial diantara mereka, karena ia mendapat rekan yang sudah tua jadi kasusnya terbatas. Ia sering mengeluh karena kakek tua Sam Bo, yang ia lakukan setiap hari hanyalah mengurus orang mabuk. Ia sangat ingin mendapatkan kasus besar seperti Jung Oh dan Sang Soo, tapi begitu ia mendapatkan kasus itu, ia malah pingsan di tempat.
Ia sempat malu karena hal itu dan melihat kedalam dirinya kalau ia tak cocok menjad polisi, ia sempat tidak datang bekerja untuk menenangkan dirinya sampai kakek Sam Bo datang menjemputnya ke rumah.

Bagi Sam Bo, Hye Ri sudah seperti anak perempuannya sendiri dan begitu pula bagi Hyeri, Sam Bo sudah seperti ayahnya sendiri. Sam Bo tinggal sendiri karena istrinya tinggal bersama anak laki-laki mereka untuk mengurus cucu, sementara anak perempuannya kuliah di luar negeri.
Sam Bo kadang merasa dia menjadi beban di kepolisian dan sering bad mood dan merasa tersinggung karena ia sudah tua. Ia sedang mencari pekerjaan setelah ia pensiun nanti dan tidak ada yang lancar.
Ia ingin menyelesaikan sebuah kasus bersama Hyeri untuk terakhir kalinya, karena mereka berdua belum pernah menyelesaikan kasus besar.

Saat Sam Bo akhirnya pensiun, Hyeri menjadi orang yang paling sedih karena harus berpisah dengan orang yang membimbingnya sejak ia menjadi seorang polisi. Setelah pensiun, Sam Bo bekerja sebagai sopir bus anak-anak TK dan hidup dengan bahagia.

Sung Dong Il as Ki Han Sol
Jang Hyun Sung as Eun Kyung Mo

Han Sol adalah kepala polisi di kantor polisi Hongil sementara Kyung Mo adalah pemimpin tim patroli dimana Sang Soo dkk bekerja (Aku sebenarnya nggak terlalu paham mengenai jabatan para polisi, jadi di kantor polisi Hongil ini ada beberapa tim patroli dan yang menjadi fokus drama ini adalah  satu tim, aku lupa mereka itu tim 1 atau 3 ya HAHAHAA).
Han Sol orangnya cukup keras tapi ia sangat berpengalaman dan persiapannya selalu matang kalau berhadapan dengan para petinggi yang bermasalah. Ia juga sangat perhatian pada anggotanya. Dalam drama ini, ia di diagnosis kanker dan merahasiakannya dari keluarga dan rekannya. Ia ingin pindah ke pedesaan dan itu membuat para rekannya sangat marah padanya tapi saat mereka tahu alasannya, mereka akhirnya mengerti.
Dia berperan sangat besar dalam menyelesaikan masalah internal dalam tim mereka. Di ending drama ini, Han Sol terlihat bekerja di kantor polisi pedesaan saat tim yang ia pimpin dulu datang berkunjung ke desa.

Kyung Mo sebenarnya satu angkatan dengan Yang Chon, tapi Yang Chon turun jabatan karena sesuatu dan dipindahkan ke kantor polisi Hongil. Ia dan Yang Chon bermusuhan sejak dulu, tentu saja salah satu alasannya adalah karena Ahn Jang Mi.
Kyung Mo mencoba bersabar kalau berhadapan dengan Yang Chon. Ia sangat menghormati Han Sol. Kalau aku nggak salah Kyung Mo ini belum menikah, orang tuanya tidak suka dia menjadi polisi karena nggak ada martabatnya dibanding para kakaknya yang berkerja sebagai jaksa dan pengacara. Tapi ia mengabdikan seluruh hidupnya menjadi polisi.

Kyung Mo ini Beda banged dengan peran Hyun Sung di Signal dimana ia menjadi polisi bobrok, kalau disini dia baik banged.

Lee Si Un as Kang Nam Il
Shin Dong Wook as Choi Myung Ho

Nam Il terkenal sebagai polisi yang pemalas. Ia selalu menghindari pekerjaan berat dan lebih suka mengeluarkan surat tilang. Ia selalu pulang tepat waktu dan tidak ingin berhadapan dengan kasus sulit. IA merahasiakan mengenai keadaan keluarganya dimana istrinya sedang hamil anak ketiga dan mereka membuka sebuah kedai pizza. JAdi kadang saat ia luang, ia pulang ke rumah dan mengantar pizza.
Ia sempat galau antara dirinya sebagai abdi negara dan keadaan keluarganya. Ia sempat dimusuhi rekannya karena sifatnya yang tertutup.

Myung Ho adalah polisi paling ganteng di tim itu. Ia sangat cakap dalam bekerja. sejak awal dia sudah menunjukkan ketertarikan pada Jung Oh dan tidak pernah menyembunyikannya. Ia juga tidak mau kalah dari Sang Soo yang secara terang-terangan mengajaknya bersaing sehat. Dia berusaha sangat perhatian pada Jung Oh dan selalu berada disisinya, tapi ia tak bisa memungkiri kalau ia masih memikkirkan kekasihnya yang sudah meninggal dunia.
Ia dan Jung Oh akhirnya putus dengan cara baik-baik.

Kim Gun Woo as Kim Han Pyo
Jo Wan Ki as Kim Min Seok
Baek Seung Do as Go Seung Jae
Lee Soon Won as Ban Jong Min
KIm Jong Hoon as Min Won Woo

Aku agak-agak lupa nih peran mereka, kalau misalnya penjelasan ini ada yang salah harap dimaklumi.

Kim Han Pyo kalau aku nggak salah dulu satu SMA dengan Jung Oh, dia adalah teman pacar Jung Oh di SMA. Dia tidak terlalu menyukai Jung Oh yang sudah menyakiti temannya karena JUng Oh memutuskan temannya tanpa alasan yang jelas, membuat temannya sangat stress dan harus pindah ke luar negeri untuk melupakan Jung Oh. Ia sangat menyukai Myung Ho dan menurutnya Myung Ho terlalu baik untuk Jung Oh, jadi ia mendukung Sang Soo mendapatkan Jung Oh LOL.

Kim Min Seok akan menikah dengan pacarnya setelah ia meyakinkan keluarga sang pacar karena keluarga pacarnya tidak terlalu menyukai pekerjaannya yang merupakan seorang polisi. Tapi ia mendapat masalah saat ia mengamankan seorang kpelaku di kantor polisi dan membuat pelaku terluka dan menuntut. Para senior berusaha untuk melindunginya dan patungan membayar tuntutan itu karena kalau masalah diperbesar bisa-bisa MIn Seok dipecat.

Go Seung Jae satu angkatan dengan Min Seok dan berteman dengannya. Ia berusaha untuk menolong temannya itu dengan caranya sendiri, ia bahkan mengikuti si pelaku ke rumah sakit setelah ia tahu ada yang tidak beres dengan pelaku itu yang ternyata tidak terluka parah dan hanya ingin mengambil keuntungan dari polisi.

Ban Jong Min satu angkatan dengan Myung Ho. Ia awalnya memusuhi Myung Ho karena Myung Ho membuat salah satu teman mereka turun jabatan dan dipindahkan. Ia sudah menikah dan akan dikaruniai seorang anak. Tapi ia mendapat masalah karena sebuah kasus bersama 2 temannya yang lain. Mereka sama-sama menolak menerima hukuman pemotongan gaji dan terus adu mulut mengenai siapa yang harus menerima hukuman.

Kim Jong Hoon ini aku lupa perannya bagaimana dan dimana dia difokuskan lol.

Sebenarnya masih banyak tokoh yang lain, seperti ibu Sang Soo, ibu Jung Oh, ayah Hye Ri, ayah Yang Chon anak-anak Yang Chon-Jang Mi dan lain-lain, tapi sedikit banyak sudah aku jelaskan diatas.  Tokoh yang utama dan yang banyak screentimenya hanya mereka yang aku jelaskan diatas.
Awalnya suasana kantor polisi saat anak baru masuk sama sekali tidak bersahabat dan ada banyak pertengkaran, tapi lama-lama mereka menjadi dekat dan kelihatan bersahabat. Meski masih saja ada pertengkaran tapi mereka menyelesaikannya dengan baik.
Tentu saja yang diperihatkan dalam drama ini bukan hanya mengenai mereka yang menyelesaikan kasus dengan tegang, tapi juga apa yang mereka lakukan setelah jam kerja berakhir, seperti minum-minum, pesta untuk  merayakan sesuatu, perjalanan MT dan lain sebagainya.

Yang aku sukai dari Live ini adalah kasus yang dibahasper episodenya tidak hanya 1 kasus tapi ada 2 sampai 3 kasus. Biasanya kan kalau drama-drama seperti ini mereka menyelesaikan satu kasus baru kasus berikutnya dan berikutnya. Kalau disini, ada kasus yang bersambung, ada kasus yang langsung selesai dan tiap episodenya, masing-masing tim punya kasus masing-masing. Misalnya disatu episode tim Hyeri terlihat mengurus orang mabuk, tim Sang Soo patroli diwilayah mereka, Tim Jung Oh menghadapi kasus lainnya. Kasus yang ada dalam drama ini adalah kasus yang biasanya terjadi disekitar, adanya laporan dari korban. Disini diperlihatkan tim mereka seidkit tapi kasusnya banyak banged. Mereka kerja lelah banged.


Share:

0 comments:

Post a Comment

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Wakana Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Choi Ara Dori Sakurada Eikura Nana Eita Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kamiki Ryunosuke Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kitamura Takumi Komatsu Nana Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Suda Masataka Kubota Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Miwa Miyu Yoshimoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Nadine Lustre Nagasawa Masami Nao Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taishi Nakagawa Takanori Iwata Takeru Sato Takuya Kusakawa Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tori Matsuzaka Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kaze no Haruka Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Under the Hawthorn Tree Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts