Minggu, 18 April 2021

[Review] First Impressions J-Drama: Rikokatsu (2021)

Rikokatsu adalah dorama musim semi yang tayang di stasiun TV TBS setiap hari jumat pukul 10 pm mulai 16 April 2021. Drama ini ditulis oleh Izumisawa Yoko yang sebelumnya menulis drama TBS Dai Renai. Drama ini dibintangi oleh Kitagawa Keiko, Eita, Shirasu Jin, Ono Ito, Takahashi Mitsuomi, Nakata Kurumi, dan lain-lain. Drama ini bergenre romance tapi bukan romcom, lebih ke josei romance karena menceritakan pasangan yang sudah menikah dan masalahnya juga bukan cuma cinta-cintaan aja, tapi masalah pekerjaan dan keluarga pasangan yang baru saja menikah.
 
Judul Rikokatsu sendiri sebenarnya di jelaskan dalam drama, tapi karena aku menonton episode pertama tanpa subtitle, aku kurang paham arti judulnya, tapi kalau aku search di google, kepanjangannya adalah 'Rikon ni muketa katsudō' yang artinya kegiatan perceraian. Mungkin maksudnya hari-hari sebelum bercerai kali ya. lol.

Lah, emangnya ini drama perceraian?

Yaps.
Jadi, ceritanya di drama ini Kitagawa Keiko memerankan karakter Mizuguchi Saki, seorang editor majalah fashion terkenal. Hidup di dunia modern dan selera fashionnya tentu saja bagus. Ia berpacaran dengan pacarnya yang sempurna dan 100% mendukung pekerjaannya selama 6 tahun. Tapi baru-baru ini ia mengetahi kalau pacarnya itu nggak berniat menikahinya sama sekali, bukan karena nggak cinta, tapi pikiran menikah itu memang tidak ada. Sedangkan Saki sangat mendambakan sebuah pernikahan, jadi ya hatinya hancur donk.

Saat ia patah hati, rekan kerjanya mengajaknya mendaki gunung untuk menghilangkan stress-nya dan disana terjadi sebuah kecelakaan dimana dia terpeleset dan jatuh ke lereng gunung yang penuh salju itu. Ia kemudian diselamatkan oleh Obara Koichi (Eita) yang saat itu tergabung dalam tim penyelamat udara yang merupakan ace dari angkatan udara.

Setelah kejadian itu, keduanya sepakat bertemu lagi sebagai ucapan terima kasih dari Saki karena sudah menyelamatkannya. Kalau nggak salah itu adalah kencan pertama mereka dimana Koichi yang mengatur semuanya, meski kencan mereka awkward banged karena memang kepribadian kaku Koichi, tapi kencan mereka berakhir dengan baik. Saat keduanya berpisah, Koichi mengejar Saki dan menyatakan perasaannya kalau ia ingin menikahi Saki. Saki yang saat itu masih patah hati karena mantan pacarnya nggak punya niat menikah, ada pula yang mengajaknya menikah, ia jadi sangat tersentuh, ia bahkan menangis sambil menyetujui ajakan Koichi untuk menikah. Dan kemudian keduanya menikah tanpa berpacaran.

Pesta pernikahan mereka nggak bisa dibilang pesta besar sih, tapi nggak bisa dibilang pesta kecil juga. Hanya saja memang hanya dihadiri oleh keluarga dan teman dekat saja. Di pesta itu sudah kelihatan kalau Koichi dan Saki memang memiliki kepribadian yang sangat berbeda, bahkan keluarga mereka berdua. Keluarga Koichi memang keluarga yang ketat sekali, Koichi dibesarkan oleh ayahnya yang sangat ketat, bahkan tertawa saja nggak boleh. Sementara keluarga Saki ya easy going aja tipenya.

Keduanya kemudian pindah ke rumah dimana mereka akan menghabiskan hari bersama-sama. Itu adalah rumah Koichi yang direnovasi oleh Saki sesuai seleranya karena ya dia yang mengerti fashion. Begitu pindah rumah mereka mulai membahas gorden yang menurut Koichi nggak cocok dengan rumah itu tapi menurut Saki itu cocok, hanya saja kalau memang nggak cocok mereka berencana memilih bersama-sama. Koichi juga memasang kayak papan pengumuman gitu tapi sebenarnya itu 'kanban' atau apa sih istilahnya yang biasanya berisi peraturan-peraturan gitu dan membuat Saki bingung itu untuk apa.

Kehidupan pengantin baru keduanya nggak bisa dibilang lancar sih karena disana mereka mulai mengenali kepribadian masing-masing. Misalnya Koichi yang bangunnya pagi banged, subuh udah bangun untuk olahraga; Saki yang menyiapkan sarapan, tapi dia nggak masak sendiri, beli makanan instan yang sebenarnya nggak cocok sama selera Koichi tapi dia memakluminya; Saki yang sibuk banged dengan pekerjaannya, tapi ternyata Koichi lebih sibuk sampe tengah malam belum pulang.
Saat hari libur mereka memutuskan untuk kencan, Koichi mengajak Saki ke tempat dimana ia biasa makan, ke warung biasa lah dan membuat Saki mengerutkan kening karena ia pikir mereka akan ke restoran mewah makan masakan perancis gitu. Saki juga nggak suka sama fashion Koichi yang menurutnya jadul.

Kencan pertama mereka setelah menikah nggak berjalan lancar dan berujung pada pertengkaran. Koichi sebenarnya mencoba memaklumi dan ingin mengubah diri jadi seseorang yang Saki sukai, misalnya saat Saki protes bajunya, Koichi membuat catatan kalau dia harus mengikuti fashion; atau tentang gorden yang akhirnya mereka beli ke supermarket tapi Saki nggak suka pilihannya, dan Saki meminta kalau masalah dekor rumah ia meminta Koichi menyerahkan semuanya padanya, Koichi juga memakluminya. Tapi saat Saki membahas papan kanban milik Koichi yang menurutnya nggak penting dan nggak cocok sama interior rumah, Koichi jadi naik darah. Mereka mulai bertengkar dan menyadari perbedaan kepribadian, selera dan gaya hidup mereka memang nggak bisa ditoleransi, dan terlontarlah kata-kata 'sebaiknya kita cerai aja' dari mulut Saki. Keduanya kemudian sepakat untuk cerai aja.

Sementara di kehidupan pribadi masing-masing diperlihatkan kalau sebenarnya Koichi ini populer, bahkan ada juniornya yang menaruh hati padanya, tapi memang dasarnya dia itu kaku banged dan nggak peka, jadinya ya cewek itu dicuekin. Ia ternyata satu gym sama mantannya Saki dan entah kenapa Koichi malah konsultasi pernikahan sama mantannya Saki, tentu saja mereka tidak mengenal satu sama lain.

Sedangkan Saki sibuk dengan pekerjaannya dan ia difitnah oleh juniornya melakukan power harassment hanya karena junior itu kesal kenapa selalu Saki yang dipilih oleh atasan mereka. Itu membangkitkan ingatan masa lalu Saki, trauma atau semacamnya. Saki memang cantik sejak kecil dan kalau ia dipuji atau dipilih oleh guru, teman-temannya selalu kesal dan membuat alasan itu karena Saki cantik. Karena itu juniornya juga menuduh Saki ini menggunakan kecantikannya untuk masuk ke perusahaan itu dan bahkan selalu dipilih karena visualnya. Padahal Saki selalu berusaha keras dengan pekerjaannya kenapa ujung-ujungnya wajahnya yang disalahkan.
Saki saat itu benar-benar sedih dan stress, tiba-tiba ia merindukan mantan pacarnya itu. Mantan pacar Saki ini benar-benar care pada Saki dan selalu mendukung Saki dalam pekerjaannya, pokoknya sempurna banged untuk Saki dan Saki merindukan itu. Ia bahkan hampir tergoda untuk menelpon mantannya lagi.

Masalah di drama ini bukan hanya masalah Saki dan Koichi, tapi juga masalah keluarga mereka. Ayah Saki sepertinya main dengan wanita yang lebih muda di klub golf, sedangkan ibu Saki kini jadi novelis yang lumayan populer dan aku rasa ada kemungkinan ayah dan ibunya akan bercerai. Sedangkan di rumah Koichi juga ada masalah. Saat Saki dan Koichi berkunjung kesana untuk membicarakan masalah perceraian mereka, ayah dan ibu Koichi ternyata justru akan bercerai dan itu membuat Koichi terkejut. Ibu sudah memutuskan akan bercerai dan sepertinya nggak akan ada yang bisa menghalangi lagi.

Jadi disini pasangan yang krisis perceraian ada 3 pasangan, sejauh ini sih ya. Dan aku rasa itu yang membuat drama ini menarik bagiku. Aku suka saat Koichi menjemput Saki hujan-hujan karena nggak juga pulang ke rumah, Saki meminta Koichi jangan memperdulikannya lagi toh mereka akan bercerai, tapi Koichi mengatakan ia masih suami sah Saki, jadi ia tetap akan perhatian pada Saki. Awwww. Aku suka banged adegan itu.

Episode 1 Rikokatsu ini sangat menarik, jujur saja, pengen nonton episode berikutnya. Aku sebenarnya baru menonton 2 drama musim semi, Rikokatsu dan Koi wa Deep ni. Diantara 2 drama itu, aku lebih menyukai Rikokatsu karena ceritanya lebih menarik. Kalau Koi wa Deep ni aku rasa biasa aja pas nonton episode 1-nya, romcom sih, pasangannya juga punya chemistry yang bagus tapi nggak membuatku pengen npnton episode selanjutnya. Paling penasarannya cuma apakah Ishihara Satomi adalah duyung atau apa gitu XD
 
Di Rikokatsu ini karakter Eita sebenarnya yang bikin menarik. Dia itu tipe yang kaku, nggak ekspresif sama sekali, dia juga nggak romantis. Dia tegang banged bawaannya karena pengaruh pekerjaannya di angkatan udara trus dibesarkan oleh ayah yang memang juga kaku. Sedangkan karakter Kitagawa Keiko ini tipe yang heboh dan pengen dimanja alias suka yang romantis-romantis. Jadi memang mereka itu berlawanan banged. Tapi aku rasa mereka saling melengkapi satu sama lain dan kalau mereka bisa melewati badai awal pernikahan ini mereka akan menjadi pasangan yang ideal. Biasanya sih drama romance pasti happy ending, jadi nggak perlu khawatir. Karena aku ada di tim pasangan utama, jadi aku aman nih nggak kena second lead male syndrom HAHAHHAHAHAHA.
 
Semoga ada yang nge-sub drama ini ya, karena aku memilih drama ini XD


Share:

4 komentar:

  1. Iyaaa aku jg tertarik dorama ini krn eita...

    BalasHapus
  2. Di kouhai fansub ada dan sudah smpai ep 2 hehe. Aku juga suka sejak awal, drama ini ttg pernikahan tpi masalahnya jauh lebih kompleks dan real drpd drama jepang tema sama yg lain.

    BalasHapus
  3. Akuu suka banget. . Dah nnton episode3....

    BalasHapus
  4. Bagi Link buat nntonnya kak. Udah aku coba search ga ada juga

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts