Jumat, 31 Mei 2024

[Review] K-Drama: Lovely Runner (2024)

Hayo~
Siapa yang tersunjae-sunjae selama kurang lebih 2 bulan ini?
Apakah jiwa perkdramaan kalian yang sudah lama menghilang, balik lagi gara-gara sebuah drama yang jauh dari ekspektasi ini?
Kalau saya sih iya. Sudah lama vakum dari dunia kdrama, akhirnya kembali lagi menonton drama ongoing karena Queen of Tears, tapi aku akui jiwa menggebu-gebu itu kembali saat menonton Lovely Runner!
Rasa excited nonton drama ongoing, baca teori, galau karena kisah pasangan utama, muter OST tiap saat HAHAHAHA. Meski ya nggak separah dulu *karena trauma*, tapi ini memang diluar ekspektasiku sih.

Lovely Runner adalah drama 16 episode yang tayang di tvN mulai 8 April 2024 dan berakhir pada 28 Mei 2024 lalu. Drama ini ditulis oleh Lee Si-Eun yang sebelumnya menulis drama True Beauty dan Top Star Yoo-Baek. Diangkat dari novel berjudul The Best of Tomorrow karya Kim Bbang, movie ini juga ada versi webtoonnya. Tapi sampai drama ini tamat, aku belum membaca baik novel dan webtoonnya karean aku nggak mau kena spoiler. Dan lagi katanya banyak karakter tambahan versi drama yang tidak muncul di novel. Jadi ya, aku mau menikmati dramanya aja baru nanti rencananya baca novelnya.
Untuk sutradaranya, Lovely Runner sepertinya menggunakan sutradara rookie, karena di asianwiki belum ad afilmography-nya. Keren sih, mengingat drama ini di syuting dengan sangat indah.
 
Drama ini dibintangi oleh Byeon Woo Seok (Record of Youth, Moonshine, 20th Century Girl), Kim Hye Yoon (Snowdrop, SKY CAstle, Extraordinary You),  Song Geon Hee (Missing, Snowdrop, Joseon Attorney), Lee Seung Hyub (Nevertheless, Love Next Door, Save Me), Seo Hye Won (Alchemy of Souls, Bloody Heart, Business Proposal), Song Ji Ho (Doctor Cha, Search: WWW, Stangers) dan lain-lain. Meski dari promosi awal dramanya terlihat seperti drama sekolahan remaja biasa, tapi ternyata selain romance, tema keluarga dan persahabatan sangat kental dalam drama ini.

Drama ini bergenre time-travel yang kalau dari deskripsi awalnya memang kurang menjual. Yaitu kisah seorang fans yang kembali ke masa lalu untuk menyelamatkan idolanya yang meninggal karena bunuh diri. Awalnya aku tidak berharap banyak dengan drama ini. Karena waktu itu aku masih suka sama QoT, jadi setelah QoT tamat aku bingung mau nonton apa lagi. Trus di twitter aku lihat sedikit promosi drama ini, yaitu video Kim Hye Yoon dan Byeon Woo Seok yang memperlihatkan perbedaan tinggi yang lucu itu. Dan memang karena Kim Hye Yoon lah aku mencoba menonton drama ini. Soalnya aku suka dia sejak SKY Castle dan Extraordinary You. Karena tema sekolahan, aku berharap sebuah drama romance sekolahan yang lucu gitu. Tapi tetap nggak berharap banyak awalnya. Tapi siapa sangka episode 2 malah mengubah semuanya.
 
Jujur, drama ini yang awalnya 'cuma' tentang seorang fans yang kembali ke masa lalu menyelamatkan idol biasnya, dimana aku pikir nanti dimasa lalu heroinenya akan mendekati idolnya, kemudian idolnya mulai jatuh cinta dan bla bla bla. Siapa sangka ternyata idolnya malah suka duluan sama heroine dan heroine nggak tau dan itu selama 15 TAHUN!!!! Episode 2 benar-benar mengubah semuanya. Dan memang drama ini mulai menarik seteah episode 2. Pokoknya adegan heroine lari pake payung itu THE BEST BANGED! KARENA MENGUBAH PANDANGAN AKU TENTANG DRAMA INI, KALAU INI BUKAN DRAMA BIASA SAJA.
 
Mengikuti drama ini secara ongoing membangkitkan kembali semangat drama koreaku yang dulu. Ada begitu banyak teori yang beredar dan aku beneran kangen tahun 2016 kebawah, karena pada masa itu aku suka banged mengikuti teori drama ongoing dimana puncaknya adalah Reply 1988 kala itu. Kalau nggak salah aku mulai baca-baca teori itu sejak Reply 1997. Dan waktu itu teori banyak di soompi forum, tiap hari cek update disana untuk melihat perkembangan teori atau clue-clue dari penulisnya. Lucu banged kalau ingat masa itu.
Untuk Lovely Runner sekarang ini, aku tetap baca-baca teori fans, tapi aku nggak terlalu mengulik-ulik dramanya atau teorinya, cuma baca dan ya biasa aja. Aku nggak mau lagi terjebak kayak Reply 1988 dulu. Jadi ya aku mengikuti biasa aja.

Dan juga untuk pershipperan, aku udah biasa aja. Memang sih, di dramanya Kim Hye Yoon dan Byeon Woo Seok itu shipper material banged, tapi aku nggak mau terlalu jauh lagi, biarlah aku menikmati karakternya saja. Kalau jodoh di dunia nyata ya itu bonus. Gak mau lagi ngeship garis keras seperti Yeolri dulu. Jadian sih di dunia nyata tapi kandasnya itu nggak enak banged 😂

Oke kembali ke dramanya, Lovely Runner menceritakan tentang Im Sol (Kim Hye Yoon), seorang gadis berkursi roda yang adalah fans dari sebuah band populer ECLIPSE, dan biasnya adalah vocalist Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok). Pada tahun 2008, Im Sol mengalami kecelakaan yang menyebabkan dia lumpuh. Pada saat itu ia sangat sangat kesal dengan orang yang menyelamatkannya, karena untuk apa dia selamat kalau dia tidak bisa berjalan lagi. Dan waktu itu adalah debutnya ECLIPSE, dimana mereka diundang ke sebuah cara radio dan melakukan panggilan telpon random, bertanya pada orang yang mereka telpon apakah mereka tahu band ECLIPSE atau tidak. Dan saat itu Ryu Sun Jae menelpon Im Sol. Im Sol yang sangat sensitif dengan kondisinya dan bahkan sempat ingin bunuh diri, marah-marah pada Sun Jae yang menelponnya. Kebetulan saat itu, radio di kamar rumah sakit menyiarkan acara itu, jadi meski Sol melempar HP-nya, ia tetap mendengar apa yang dikatakan Sun Jae di balik telpon. Sun Jae saat itu meminta Im Sol tetap hidup dengan pikiran kalau hari ini adalah hari yang indah (intinya tunda dulu mau jika ada pikiran ingin menghilang dari dunia ini, karena ini adalah hari yang cerah). Kata-kata Sun Jae saat itu menyelamatkan Im Sol dan membuat dia tetap ingin hidup karena ada orang yang sedih jika ia mati. Dan sejak saat itulah Im Sol menjadi fans Sun Jae.

Tahun 2023, ECLIPSE mengadakan konser dan Sol tentu saja datang untuk menonton konser itu. Kursi rodanya sama sekali tidak menjadi masalah dia pergi ke konser. Karena da sahabatnya Hyun Joo (Seo Hye Won) yang selalu setia mengantarnya dan venue konser dia berteman dengan sesama fans Sun Jae yang sudah menunggunya. Tapi saat itu ia mendapat panggilan interview kerja. Sol masih punya waktu 2 jam, jadi dia memutuskan interview kerja itu dulu dan meninggalkan venue. Sayangnya, Sol ditolak karena mereka tidak tahu Sol menggunakan kursi roda (karena kantor mereka menggunakan tangga dan nggak ada lift). Sol tentu saja sedih, tapi dia tetap menemukan semangatnya dan berangkat ke venue konser. Tapi dia terlambat dan pintu masuk sudah ditutup. Meski ia memohon dan akhirnya diperbolehkan, tapi Sol kehilangan tiketnya. Pada akhirnya dia tidak bisa masuk dan hanya mendengarkan dari luar venue konser. Meski sendirian, Sol ikut menyanyi dengan penuh semangat dan ia sangat kaget karena ada lagu yang tidak ada dalam list yang dinyanyikan Ryu Sun Jae, yaitu sebuah lagu yang berjudul Sonaki (Sudden Shower).

Pulang dari konser, Sol menuju pemberhentian bus. Tapi di sebuah jembatan, baterai kursi rodanya habis dan mati. Sol merasa sedih sekali kok dia sangat sial hari ini. Saat itulah sebuah mobil van selebritis lewat dan seseorang turun dari mobil dengan payung (btw saat itu salju pertama turun). Sol shock banged melihat siapa yang mendekat, itu adalah Ryu Sun Jae!!!
Sol sampe gemetaran dan nggak tahu ngomong apa, karena Sun Jae tiba-tiba ada di hadapannya. Sol sampe terharu dan hampir menangis gitu. Sun Jae memberikan payungnya pada Sol dan Sol memberikan permen pada Sun JAe dimana Sun Jae menatap permen itu dengan penuh arti. Awalnya Sun Jae menawarkan mengantar Sol pulang dan Sol senang banged, tapi Hyun Joo tiba-tiba muncul. Karena sebelumnya Sol udah menelpon Hyun Joo.
(Sebenarnya ini sudah mencurigakan awalnya, kenapa Sun Jae tiba-tiba mengentikan mobil. PAsti dia kenal Sol kan, masa dia random menghentikan mobil untuk orang yang gak dikenal padahal saat itu suasana hatinya sedang tidak bagus. Aku menyadari ini sebenarnya setelah re-watch episode 1. Setelah drama tamat dan re-watch lagi, kelihatan banged ekspresi Sun Jae itu beneran mellow).

Hari itu Sol nggak sepenuhnya sial. Dia bahagia banged karena bisa bertemu Sun Jae dan barang Sun Jae bertambah dalam koleksinya. Sebelumnya Sol punya sebuah jam tangan milik Sun Jae, tidak diceritakan dari mana dia dapat jam itu, tapi kayaknya dari lelang atau mungkin hadiah dari Sun Jae pada fansnya. Sibuk dengan komputernya dan chat dengan sesama fans Sun Jae, sol ketiduran. Lalu tengah malam notif di HP-nya sama sekali nggak berhenti. Sol terbangun dan mengecek HP-nya. Dia shock banged ada berita mengenai Ryu Sun Jae yang bunuh diri dan meninggal dunia. Penyebab bunuh dirinya katanya adalah depresi. Im Sol tentu saja nggak percaya bahkan meski hal itu sudah ada di berita online, dia ingin memastikan sendiri dan berangkat ke rumah sakit yang diinfokan teman sefandomnya. Tapi dalam perjalanan ke sana, dia terjatuh dari kursi roda ke sebuah sungai kecil itu. Pada saat itu waktu tiba-tiba terhenti. Jam tangan milik Sun Jae yang dia pakai bersinar. Im Sol kaget. Ia mencoba menekan jam yang menunjukkan 3.00 itu dan tiba-tiba Im Sol merasakan tarikan waktu.

Saat membuka matanya, Im Sol shock karena dia ada di sebuah kelas. Dia mengenakan seragam SMA dan guru SMA-nya yang pemarah dulu ada di sana. Im Sol masih bingung dengan apa yang terjadi tapi dengan cepat dia menyadari dia kembali ke tahun 2008, saat dia masih SMA. Im Sol langsung ingat Sun Jae dan Sol berlari ke SMA yang berseberangan dengan SMA tempat dia bersekolah. Itu adalah SMA tempat Sun Jae bersekolah, Sun Jae 19 tahun yang kala itu adalah seorang atlet renang.
Saat itu, Sol memeluk Sun Jae yang baru selesai pertandingan Renang dengan Park Tae Hwan (atlet renang KorSel) dan Sun Jae saat itu kaget banged kenapa Sol memeluknya. Bahkan Sol ditarik keluar renang dan galau sendiri di luar. Sol sebenarnya saat itu masih berfikir saat itu dia bermimpi atau dia ada di antara kehidupan dan kematian. Kan dalam mitologi pemisah antara kehidupan dan kematian itu ada jembatan gitu, jadi saat itu Sol ada di jembatan dan saat Sun Jae lewat, dia mencoba menghalangi Sun Jae untuk melintasi Jembatan.

Aku rasa Sol mulai menyadari kalau dia benar-benar kembali ke masa lalu adalah saat dia pulang ke rumahnya. Sol masih tinggal di rumah lamanya dulu, ibunya menyewakan VCD/DVD dan neneknya yang pikun masih sehat banged. Sol sangat terharu. Lalu dia mulai menganalisis apa yang terjadi. Intinya Sol ingin mencegah Sun Jae bunuh diri di tahun 2023 tapi dia juga bingung caranya gimana. Pada tahun 2008 kan Sun Jae masih atlet, jadi Sol pikir kalau Sun Jae nggak jadi idol, dia mungkin gak akan bunuh diri. Jadi, Sol ingin Sun Jae tetap jadi perenang. Hanya saja Sol ingat kalau Sun Jae mengalami cidera gitu pada tahun itu, makanya dia berhenti berenang. Sol mencoba mengingat-ingat dan akhirnya dia ingat kalau cidera itu adalah saat Sun Jae ikut kompetisi dalam waktu dekat ini. Karena itu Sol berusaha mencegah Sun Jae ikut kompetisi renang. Tapi bagi Sun Jae saat itu, Sol hanya gadis aneh yang tiba-tiba sering datang dan mengikutinya.

Kembalinya Sol ke masa lalu, tidak hanya untuk mengubah takdir Sun Jae. Tentu saja Sol menggunakan kesempatan itu untuk mengubah takdirnya sendiri. Misalnya Sol mencegah kebakaran yang terjadi di rumahnya yang menyebabkan tangan ibunya ada luka bakar. Sol juga bertemu cinta pertamanya dulu yang adalah anak nakal dan berusaha membuat anak laki-laki itu untuk tidak menjadi anak nakal dan mulai memikirkan keluarganya. Sol juga mengubah beberapa hal dimasa lalu agar masa depannya berubah. Terutama kecelakaan yang menimpanya itu. Sol ingat tanggalnya, tapi dia nggak ingat kecelakaan seperti apa. Ternyata Sol waktu timeline 1 itu, dia menjadi target pembunuhan berantai gitu, makanya dia menjadi lumpuh. HAnya saja Sol yang kembali ke masa lalu, tidak bisa membuat catatan apapun mengenai masa depan, atau mengatakan mengenai masa depan. Jadi hanya Sol yang tahu.

Ryu Sun Jae sendiri ternyata menyukai Sol sejak pertama kali mereka bertemu 15 tahun lalu (2 bulan sebelum Sol masa depan kembali ke masa lalu). Saat itu Sun Jae dan ayahnya pindah ke depan rumah Sol. Sol salah mengira Sun Jae adalah tukang paket, padahal paket Sol salah letakkan di depan rumah Sun Jae. Hanya saja, Sol saat itu adalah tipe yang kalau suka sama satu laki-laki, ya dia fokus pada satu orang itu, jadi Sol tidak menyadari siapapun disekitarnya. Sol saat itu tergila-gila pada member band Kim Tae Sung yang adalah cinta pertamanya. Makanya dia sama sekali tidak menyadari keberadaan Sun Jae disekitarnya. Sun Jae ternyata cukup banyak terlibat dalam kehidupan masa lalu Sol di timeline 1, sayangnya Sol tidak ingat. Bahkan yang menyelamatkan Sol saat kecelakaan adalah Sun Jae. Makanya saat  ECLIPSE debut, nomor yang ditelpon Sun Jae bukanlah nomor acak, dia sengaja menelpon Sol untuk menyemangatinya. Dan juga kenapa Sun Jae sampai menghentikan van nya saat di jembatan ya karena cewek itu adalah Sol 😭

Sol sempat kembali ke masa depan selama 1 malam setelah timeslip pertamanya waktu itu. Sayangnya apa yang dia coba ubah di masa lalu itu tidak begitu mengubah takdir Sun Jae di masa depan. Pada akhirnya Sun Jae tetap meninggal dunia di tahun 2023. Tapi berkat itu juga Sol jadi tahu kalau jam tangan Sun Jae yang dipakainya lah yang bisa membawanya ke masa lalu. Saat pertama kali dia mengenakan jam itu, jam nya menunjukkan 03.00. Tapi saat Sol kembali ke masa lalu dan kembali lagi ke masa depan, jam tangannya menunjukkan 02.00. Sol kemudian kembali lagi ke masa lalu untuk mengubah takdir Sun Jae. Timeslip keduanya, Sol berusaha membuat Sun Jae tidak debut menjadi member band. 

Kalau nggak salah sih di timeslip kedua ini, Sun Jae 19 tahun punya banyak momen dengan Im Sol. Saat timeslip 1 itu kan Im Sol yang berusaha mendekati Sun Jae. Tapi di timeslip kedua itu, Sun Jae sudah mulai menunjukkan perasaannya pada Sol. Ya meski awalnya keduanya nggak akrab karena setelah Sol kembali ke masa depan, Sol yang tidak mengenal Sun Jae kan kembali. Jadi dia menganggap Sun Jae byeontae karena sering mengikutinya. Makanya saat Sol kembali di timeslip kedua, dia harus berusaha lagi mendekati Sun Jae untuk membuat Sun Jae terbiasa dengannya. BTW di timeslip yang kedua itu, Sol shiro shiro pacaran dengan Kim Tae Sung, makanya Sun Jae itu badmood banged saat Sol mendekatinya. Tapi setelah Sol putus dengan Tae Sung dan Sun Jae tahu akan hal itu, dia senangnya bukan main. Sun Jae sebenarnya juga pernah menyatakan perasaan pada Sol tapi saat itu Sol mabuk dan Sol tidak ingat. Dia mendengar pernyataan itu saat nggak sengaja mendengarkan rekaman di recorder miliknya.
 
Di timeslip kedua itu, Sol masih berhadapan dengan pembunuh berantai yang mengincarnya dan pada akhirnya dia kembali diselamatkan oleh Sun Jae. Tapi setelah selamat, Sol kembali ke masa depan. Dan yang ada dihadapan Sun Jae adalah Sol shiro shiro yang tidak mengenal Sun Jae. Setelah itu bahkan Sol shiro shiro meminta Sun Jae menjauh darinya karena dia terus teringat kejadian kecelakaan itu jika melihat Sun Jae. Karena itu hubungan Sol dan Sun Jae kembali menjauh.

Saat Sol kembali ke masa depan setelah timeslip 2, Im Sol berhasil menyelamatkan kakinya. Dia tidak lumpuh lagi di tahun 2023 dan bahkan bekerja di sebuah perusahaan produksi film dimana dia menjadi penulis. Sol punya banyak koleksi sepatu dan heels. Dia bahkan punya mobil. Hanya saja, Sol bukan fans ECLIPSE lagi. Di kamarnya sudah tidak ada poster, merch, atau sesuatu yang berhubungan dengan fangirling. Meski begitu, Sol tentu saja tetap ingat Sun Jae. Tapi di timeline 3 ini Sol tidak punya kesempatan sama sekali bertemu Sun Jae, setidaknya itu yang dia pikirkan. Tapi kalau takdirnya ketemu ya pasti tetap ketemu. Meski dia nggak nyadar bertemu Sun Jae. BTW disini juga Sol mengetahui masa depan kakak kandungnya yang menikah dengan sahabatnya Hyun Joo dan bahkan sudah punya 2 anak. Sayangnya meski masa depan berubah, tapi takdir Sun Jae tetap tidak berubah. Dia tetap diintai kematian, tapi kayaknya yang di timeline 3 itu dia nggak meninggal dunia, melainkan koma gitu. (atau aku yang salah ingat).
Dan Sol menggunakan kesempatan terakhirnya untuk kembali ke masa lalu.

Setelah kembali ke masa lalu untuk ketiga kalinya, Sol mulai merasa kalau seharusnya dan Sun Jae itu memang tidak usah bertemu saja, dengan begitu Sun Jae akan selamat. Tapi justru di timeslip ketiga ini, Sun Jae dan Sol itu malah manis banged. Mereka udah kuliah di kampus yang sama. Awalnya Sol menghindari Sun Jae tapi malah jatuh terlalu dalam, mereka bahkan sampai pacaran disini. Disini juga Sun Jae mulai menerima kalau Sol yang ini tu datang dari masa depan dan tahu kalau dia akan meninggal dunia di masa depan karena Sol. TApi karena Sun Jae memang sesayang itu dengan Sol, dia nggak peduli dan bahkan akan melakukan hal yang sama jika Sol dalam bahaya.

Disini juga Sol punya sedikit penglihatan akan masa depan dan tahu kalau masa depan berubah. Dia melihat bayangan masa depan kalau Sun Jae akan meninggal disana karena menyelamatkannya. Akhirnya dia memutuskan untuk pura-pura kembali ke Sol shiro shiro, seolah-olah dia tidak ingat Sun Jae. Sunjae awalnya berfikir Sol yang dia kenal kembali ke masa depan. Tapi lama-lama dia baru menyadari ada yang aneh dan sadar kalau Sol berpura-pura. Sun Jae kembali ke Busan dan mencari Sol yang sudah siap kapan saja diserang oleh pembunuh itu. Sol juga menghubungi detektif yang sedang mencari pembunuh itu (detektif ayah Tae Sung) dan mereka bekerja sama malam itu. Tapi karena Sun Jae tiba-tiba datang mencari Sol, malah target pembunuh berganti ke Sun Jae dan Sun Jae malam itu meninggal dunia karena jatuh dari tebing.

Sol shock banged karena hal itu, yang dia inginkan adalah menyelamatkan Sun Jae tapi malah membunuh Sun Jae. Saat Sun Jae dibawa oleh pihak rumah sakit, tiba-tiba Sol melihat jam tangan yang dipakai oleh Sun Jae. Sol merasa kalau ia perlu mencoba untuk melakukan sesuatu dan berlari ke arah mayat Sun Jae dan menekan tombol jam itu. Siapa sangka itu membawa Sol dan Sun Jae kembali ke masa lalu.

Jadi dari tahun 2009 (masa kuliah mereka), Sol dan Sun Jae timeslip ke tahun 2008 saat pertemuan pertama mereka. Sol memutuskan untuk tidak muncul dihadapan Sun Jae saat pertama kali mereka bertemu, jadi Sun Jae tidak pernah jatuh cinta pada Sol. Itu menyedihkan sekali karena Sol harus menghindari Sun Jae selama dia masih dimasa lalu. Lalu tiba waktunya, Sol kembali ke tahun 2023 dan dia memang tidak ada hubungan sama sekali dengan Sun Jae dan Sun Jae juga tidak mengenal Im Sol. Semua ingatan Sun Jae tentang Im Sol hilang dan hanya Sol yang mengingat Sun Jae. Sol memang kelihatan baik-baik saja, tapi kadang kalau mabuk dia teringat juga dengan Sun Jae.

Sol 2023 juga bertemu dengan Tae Sung yang sudah menjadi seorang detektif. Entah kenapa Tae Sung masih ingat pada Im Sol dulu yang menyuruhnya berhenti merokok dan hidup dengan baik. Mungkin sebelum kembali ke masa lalu, Sol tidak lupa mengubah takdir ibunya, Tae Sung dan lain-lain. Sementara itu Ryu Sun Jae di tahun 2023 tidak menjadi member ECLIPSE, tapi dia menjadi aktor populer. Takdir kembali mempertemukan Sol dan Sun Jae, sejauh apapun Sol menghindari Sun Jae. Sun Jae sendiri tertarik pada Sol karena Sol begitu dingin padanya, bahkan Sol dengan tegas tidak ingin naskahnya dibintangi oleh Sun Jae itu semakin membuat Sun Jae penasaran pada Sol. Sedingin apapun Sol pada Sun Jae, tapi pada akhirnya ada aja jalan membuat Sun Jae ini ada di dekat Sol. Entah itu sesuatu yang disengaja atau tidak. Tapi Sun Jae semakin yakin ada sesuatu yang membuat Sol bersikap dingin padanya, karena saat Sol sakit dalam tidurnya malah memanggil Sun Jae.

Aku suka bagaimana penulis mengakhir drama ini dengan bagaimana Sun Jae kembali teringat akan Im Sol yang timeslip kemasa lalu menyelamatkannya. Ingatan yang selama ini hilang ternyata punya waktu untuk kembali ke dalam diri Sun Jae dimana akhirnya dia ingat semua kenangan bahagianya bersama Sol pada masa lalu diberbagai timeline. Dan aku suka bagaimana hal ini terjadi diawal episode 16, jadi kita punya banyak waktu melihat momen SolJae sepanjang episode 16 sampai akhir. Apalagi adegan terakhir menangkap kelopak bunga sakura itu dibuat sangat romantis. Meski keduanya masih berakhir pacaran dan belum menikah, setidaknya ada sedikit kilasan masa depan yang terlihat dimana keduanya menikah.

Ada banyak teori yang muncul selama drama ini tayang dan tentang bagaimana drama ini akan berakhir. Saking banyaknya aku sampai lupa apa aja. Tapi aku ingat satu teori yang sebenarnya aku cukup yakin diawal, yaitu kalau Sun Jae juga time travel ke masa lalu untuk menyelamatkan Sol. Ternyata teori itu salah. Cuma Sol yang time travel. Karena itu menurutku drama ini nggak ketebak. Satu-satunya teori yang benar adalah kalau time travel itu kuncinya adalah nenek Sol. Nenek Sol yang membuat cucunya bersatu dengan orang yang menyelamatkan cucunya dulu. Cuma masih bingung, emangnya jam itu datangnya dari mana, kok bisa time travel. Tapi pas episode 1 kan jam itu dipakai nenek, apakah nenek bertemu seseorang yang mengubah jam itu menjadi mesin waktu?

Teori yang disampaikan fans sebenarnya banyak yang menarik lho, dan kalau kalian baca saat dramanya masih tayang, masuk akal semua. Maksudnya ada kemungkinan hal itu terjadi. Tapi ternyata cuma kita aja yang overthinking akan semuanya. Padahal plot drama ini simpel aja, mengikuti alurnya, cuma kita berharap kebanyakan plot twist.

Drama ini memang bagus banged, plot itu simpel tapi nggak ketebak sama sekali. Tokoh jahatnya cuma satu dan aku suka bagaimana penulis membuat dia jahat tanpa ada latar belakang kenapa dia jahat untuk membuat kita kasihan. Pokoknya jahat ya jahat aja. Aku juga suka bagaimana kisah keluarga Sun Jae dan Im Sol, kisah kakaknya, kisah persahabatan, kisah love rival yang sebenarnya nggak ada love rival karena couple kita bulol banged. Aku ketawa ngakak sih dengan joke penggemar drama ini yang mengatakan Sun Jae itu bulol banged, trus anak durhaka 😂
Udah lama banged rasanya ada drama seseru ini.

Dan ending drama ini memang TOP banged sih, adegannya manis banged dan aku yakin akan menjadi populer di Korea. Adegan menangkap kelopak sakura yang berguguran. Tapi adegan itu kalau ingin melakukannya di real life memang harus punya cowok tinggi dan ceweknya petit. 😂
Dan sejujurnya saat menonton drama ini aku nggak khawatir dengan endingnya karena aku yakin ini akan happy ending, karena aura dramanya memang begitu. Beda dengan QoT kemaren, ada aura sad endingnya, meski memang sad ending sih semuanya mati 😂

Aku sebenarnya kurang update mengenai drama ini sebelum tayang dan bagaimana perjalanannya. Tapi aku sempat baca kalau penulis membuat naskah ini untuk Kim Hye Yoon, saat dia menulis karakter Im Sol, itu berdasarkan Kim Hye Yoon. Kim Hye Yoon menerima drama ini 3 tahun sebelum dramanya mulai syuting dan saat dia masih di agensi yang lama. Makanya saat menonton drama ini, karakter Kim Hye Yoon itu mengalir sendiri. 
Untuk karakter Sun Jae sendiri, katanya banyak aktor yang menolak drama ini sebelum akhirnya diambil oleh Byeon Woo Seok. Siapa sangka melalui drama ini akhirnya nama Byeon Woo Seok sangat populer di Korea dan bahkan secara internasional. Kepopulerannya ini malah membuat dia jadi punya sasaeng yang menunggu di depan rumahnya dan itu tu serem banged.

Banyak yang berharap Hye Yoon dan Woo Seok pacaran di dunia nyata, tentu saja, tapi melalui wawancaranya, Hye Yoon sudah menarik dinding kalau Woo Seok hanya Oppa dekatnya saja, jadi mereka nggak pacaran. Menurutku kalau pacaran juga diam-diam aja dulu sih, karena Woo Seok ini populer banged, jadi nanti Hye Yoon akan kena hujatannya. Kemaren aja ada yang bilang Hye Yoon gak cocok jadi Im Sol, padahal naskahnya ditulis untuk Hye Yoon 😑
 
Oia, katanya juga ada pergantian sutradara ya untuk drama ini, jadi episode awal itu beda dengan yang dipertengahan gitu. Makanya ada beberapa adegan yang ada foto pas syutingnya, tapi ternyata nggak ditayangkan. Salah satu yang membuatku penasaran adalah ada adegan syuting Sun Jae dan Sol shiro shiro di cafe. Adegannya nggak tayang, kira-kira kenapa ya? hmmmmmm.

Bagi kalian yang mencari tontonan ringan tapi seru, nggak ketebak tapi banyak plot twist, yang lucu banged, yang manis, yang bikin ngakak, yang bikin baper, yang nggak ada part boringnya, yang sempurna lah pokoknya, kalian harus nonton LOVELY RUNNER! Aku sangat merekomendasikan drama ini. Drama yang diawal nggak banyak dipromosikan tvN dan bahkan nggak diambil Netflix karena nggak nyangka dramanya sebagus itu dan akan sepopuler ini. Jujur aja sih, diawal juga aku nggak nyangka dramanya akan sebagus itu, karena premis awal fans yang menyelamatkan idol dengan kembali ke masa lalu itu terlalu biasa. Tapi akting dan kisahnya ternyata nggak sebiasa itu.

Bahkan saking nggak dipromosikannya poster drama ini cuma 4 yang official kayaknya. Poster utama yang couple dan 2 poster individual SolJae, poster Sol yang bawa banner Sun Jae (paling atas postingan ini) dan satu lagi poster yang diambil dari foto pas syuting (itu yang diatas tulisan ini). Aku sampe bingung ini milih poster untuk postingan ini yang mana, karena poster utama udah aku pake di postingan First Impressions dulu. Makanya banyak yang bilang ini drama organik, drama UMKM. Pokoknya sebutan untuk drama ini tu banyak banged.

Share:

2 komentar:

  1. Bener banget kak,drama ini itu perfect banget kalo aku udah suka dari pengumuman cast taun lalu dan ekspektasiku tinggi dari awal karena project hye yoon dan woo seok gk pernah ngecewain dan bener kan drama ini sukses besar aku bahkan ninggalin QOT gk aku terusin sampe sekarang bukan karena jelek ato apa cuma hilang minat aja

    BalasHapus
  2. terbaik reviewnya, semangat nulisnya kak

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts