Rabu, 10 Januari 2024

[Review] Anime Series: Kusuriya no Hitorigoto - Cour 1 (2023)

 
Kusuriya no Hitorigoto atau The Apothecary Diaries adalah anime musim gugur 2023 yang tayang mulai 22 Oktober 2023. Anime ini berjumlah 24 episode dan tayang sampai musim dingin 2024. Sampai postingan ini dibuat, animenya sudah tayang 13 episode. Anime ini diangkat dari light novel dengan judul sama karya Natsu Hyuga dan diilustrasikan oleh Shino Touko yang diterbitkan pada tahun 2011. Light novelnya juga mendapatkan adaptasi manga pada tahun 2017. 
Anime bergenre historical, medical ini didistribusikan oleh TOHO Animation (Sousou no Frieren, SPY x Family, Ao Haru Ride). Mengambil setting abad pertengahan di negeri Tiongkok, anime ini mengisahkan keseharian dari seorang apoteker wanita di Istana Kekaisaran. Uniknya, animenya bukan hanya tentang obat-obatan, tapi lebih ke misteri dan semakin lama menontonnya membuat kita berfikir kalau tokoh utamanya bukan cuma seorang apoteker biasa, tapi lebih pada seorang detektif yang menggunakan pengetahuannya tentang obat-obatan memecahkan berbagai kasus di istana. Mungkin karena itu anime ini populer baik itu dikalangan wanita dan pria.
 
Aku dengar manganya mendapat banyak perhatian setelah animenya tayang di Jepang, yang artinya animenya sebagus itu dan membuat penonton penasaran dan mulai membaca manganya. Kalau nggak salah diberbagai voting dan situs penjualan manga, manganya sendiri mendapat posisi pertama sebagai yang paling laris terjual tahun kemarin. Dan sebagai yang nonton anime dulu baru membaca manga, aku akui kalau animenya dieksekusi dengan sangat bagus, bahkan beberapa bagian chibi, animenya lebih bagus dari manganya. Biasanya kan aku suka kecewa karena manga lebih bagus, tapi ini 1:1 lah, animenya tidak mengecewakan sama sekali.

Awalnya setelah nonton animenya 12 episode, yaitu Cour 1-nya, aku langsung nyoba baca manganya yang terjemahan official dalam bahasa inggris. Tapi karena bahasanya cukup dalam dan sulit dicerna, akhirnya aku nyari terjemahan indonesia aja. 😂
Soalnya kata-katanya itu sulit dimengerti.
 
 
Kusuriya no Hitorigoto, seperti yang aku jelaskan diatas, adalah kisah seorang apoteker wanita di abad pertengahan Tiongkok. Dia adalah Maomao, yang dibesarkan di daerah pelacuran pada zaman itu. Ia tinggal bersama ayahnya yang membuka toko obat disekitaran sana, tentu saja pelanggan mereka kebanyakan adalah dari wilayah pelacuran itu. Maomao juga dekat dengan pemilik dan pegawai rumah pelacuran itu, mereka menganggap Maomao sebagai adik mereka. Maomao punya rasa penasaran yang tinggi mengenai obat-obatan, terutama racun. Eksperimen racun adalah kesukaannya. Dia menggunakan tangan kirinya yang terbalut perban sebagai percobaan racun dan katanya dia hampir kebal terhadap semua jenis racun.

Suatu hari, Maomao diculik oleh preman dan menjualnya ke istana dalam sebagai pelayan. Istana dalam salah satu kawasan istana kekaisaran Tiongkok dimana isinya 99% adalah wanita raja yang jumlahnya lebih kurang 2000 orang. Di istana dalam, para selir raja tinggal. Pria dilarang masuk ke istana dalam. Yang boleh masuk ke istana dalam hanya kasim raja yang sudah dikebiri jadi nggak punya hasrat seksual lagi. Karena ya, selir dan pelayan disana adalah milik raja. Raja punya banyak sekali selir tapi hanya 4 selir yang punya jabatan tinggi di istana dalam. Maomao sendiri awalnya menjadi pelayan pencuci baju, dia berusaha hidup tidak mencolok di istana dalam. Tapi pada akhirnya, karena sebuah kasus yang terjadi pada anak raja yang masih bayi, dan Maomao memang tipe yang suka menyelesaikan misteri, bakatnya akhirnya diketahui oleh seseorang bernama Jinshi.

Jadi, raja pada saat itu punya 2 anak yang masih bayi, seorang pangeran dari selir Lihua dan seorang putri dari selir Gyokuyou. Saat itu dua-dua bayi raja sakit bersamaan, tapi dokter lebih memilih untuk mengutamakan pangeran yang merupakan calon penerus tahta. Maomao mengetahui keributan itu dan mulai mencari tahu penyebabnya. Saat ia mengetahui penyebabnya, tentu saja pelayan rendahan sepertinya nggak akan didengarkan, jadi dia diam-diam meletakkan catatan yang diikat pada bunga di paviliun selir itu. Hanya saja, selir Lihua nggak peduli dan membuangnya, tapi selir Gyokuyou menganggap itu serius dan mengikuti petunjuk dalam secarik kain itu. Gyokuyou bahkan menemui Lihua untuk mengatakan hal itu tapi Lihua tidak peduli. Dan beberapa saat kemudian pangeran meninggal dunia, sedangkan sang putri sembuh dari penyakitnya dan kembali sehat.

Karena penasaran siapa penyelamat putri, selir Gyokuyou meminta bantuan Jinshi yang katanya adalah seorang kasim pengawas di istana dalam untuk mencari siapa pengirim petunjuk itu. Kebetulan hari saat terjadi kehebohan, Jinshi sempat papasan dengan Maomao yang saat itu bergumam bagaimana cara menyampaikan pesan. Dengan mudah Jinshi menemukan Maomao sebagai satu-satunya pelayan yang bisa membaca perintahnya (bisa membaca = bisa menulis, pada zaman itu pelayan rendahan sama sekali nggak bisa membaca apalagi menulis). Selir Gyokuyou ingin berterima kasih pada Maomao dan ingin agar Maomao menjadi selir di paviliunnya. Menjadi pelayan selir artinya Maomao naik pangkat. Hanya saja pada saat itu, gaji Maomao masih dibagi dengan si penculiknya itu, tapi untung saja pelayan utama selir Gyokuyou menyadari hal itu dan sengaja mengatakan kalau gaji Maomao masih sama, padahal kelebihannya dia memberikan langsung pada Maomao.
 

Menjadi pelayan selir Gyokuyou yang merupakan selir favorit Raja, Maomao hidup dengan sangat baik. Pelayan selir Gyokuyou yang lain berfikir Maomao ini hidup miskin di luar, mendapat kdrt dari orang tuanya karena luka di tangan Mao, jadi mereka berusaha agar Maomao istirahat saja, tidak diolehkan menyapu ataupun bersih-bersih, itu membuat Maomao agak bosan. Maomao disana juga punya kamar sendiri dan pekerjaannya hanya satu, yaitu menjadi pelayan pencicip racun. Jadi, dia akan menjadi pencicip pertama makanan yang disajikan pada selir Gyokuyou, untuk mengetahui ada racun atau tidak. Dan aku rasa itu pekerjaan yang cocok untuk Maomao karena dia kan terobsesi dengan racun + dia tahan dengan racun apapun.
 
Maomao nanti akan menyelesaikan banyak kasus di istana, baik itu kasus yang berhubungan dengan racun, hantu dan lain-nya. Pokoknya seru banged. Aku suka bagaimana Maomao tidak lupa dengan temannya saat menjadi pelayan dulu, dia selalu berkunjung membawakan makanan enak untuk temannya itu. Dan dari temannya itu dia mengetahui banyak gosip istana dan juga petunjuk memecahkan kasus.

Salah satu yang bikin seru anime ini adalah hubungan Maomao dan Jinshi. Jinshi dikenal sebagai kasim yang paling tampan di istana dalam. Hanya dengan senyumannya aja bisa bikin para pelayan klepek kpelek dan Jinshi tahu dengan kemampuannya itu. Hanya saja kemampuannya itu sama sekali tidak berhasil pada Maomao. Kalai Jinshi tersenyum Maomao justru merinding dan ada bagian dalam dirinya yang mengatakan untuk menjauh dari Jinshi. Karena itu juga Jinshi jadi penasaran pada Maomao yang hasilnya adalah dia malah jadi suka pada Maomao.

Maomao sendiri adalah tipe cewek cool yang sama sekali tidak mudah terpengaruh dengan orang lain, justru orang lain yang terpengaruh dengannya. Sejak masuk istana dia juga mengetahui banyak gosip tentang istana, tentang para selir dan lain-lain dimana nantinya dia malah menjadi guru dari para selir raja karena Maomao punya banyak pengetahuan mengenai cara menyenangkan pria. Karena hal itu juga Maomao berhasil pulang ke rumahnya setelah mempengaruhi salah satu prajurit untuk menjadi penjaminnya keluar istana.

Kisah anime ini sangat menarik dan juga manganya. Banyak misteri yang akan kita temukan dalam anime ini. Misalnya misteri siapa Jinshi itu sebenarnya. Sejak awal banyak diberikan petunjuk, tapi identitas dia sampai chapter terakhir terjemahan manganya juga masih meragukan. Kalau dia kasim, harsunya dia udah dikebiri, tapi dia masih punya itu dan dia menangkal hasratnya dengan meminum obat. Ada banyak hint juga kalau dia adalah keluarga kerajaan, entah itu anak Raja yang sekarang atau adik Raja yang sekarang.

Sementara itu kisah Maomao juga diangkat, mengenai ayahnya yang sekarang bukan ayah kandungnya dimana hal itu akan dibahas di cour 2. Dia hanya anak angkat dimana kecantikan Maomao itu bisa dibilang memang kecantikan wanita penghibur, karena itu Maomao sejak kecil sering diserang pria. Maomao menggunakan make up untuk membuat dia jadi jelek, karena hal itu. Sampai pada akhirnya wajahnya dengan bintik malah dianggap wajah aslinya karena kebiasaan dia make bintik diwajahnya. Aku penasaran gimana kisah Maomao akan diangkat di cour 2 nanti, karena memang saat membaca manganya itu agak ribet bahasanya 😂

Bagi kalian yang suka anime dengan latar zaman dulu, ada misterinya, dan karakter chibi-nya lucu banged, aku sangat merekomendasikan anime ini. Meski graphic-nya tidak sebagus itu, tapi plot animenya bagus banged, anime ini memang dari segi ceritanya yang tidak membosankan. Tapi memang lebih baik nunggu tamat dulu, bulan Maret nanti. Tapi kalau nggak sabar mungkin bisa coba 12 episode pertamanya.
 
 

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts