Jumat, 15 Maret 2024

[Review] J-Movie: Godzilla Minus One (2023)

 
Godzilla Minus One (ゴジラ-1.0) adalah movie jepang yang rilis pada November 2023. Movie ini disutradarai oleh Yamazaki Takashi (Always Sunset on Third Street, Eien no Zero, Ghost Book) sekaligus penulis naskah. Movie berdurasi 125 menit ini dibintangi oleh Kamiki Ryunosuke (Daimyo Tousan, Ghost Book, Last Letter) dan Hamabe Minami (Yakusoku no Neverland, Kakegurui, Silent Love).
Ini adalah proyek Hamabe Minami dan Kamiki Ryunosuke setelah menyelesaikan syuting asadora Ranman. Produsernya bisa banged mengcasting mereka berdua untuk movie ini mengingat mereka berdua masih hangat dengan image suami istri asadora. Selain itu, ini adalah kolaborasi ketiga Hamabe dan Kamiki setelah sebelumnya juga bermain dalam movie yang sama, yaitu Shinjinso no Satsujin. Sedangkan untuk sutradaranya sendiri, dia bekerja sama dengan Kamiki di movie Ghost Book dan dengan Hamabe di movie The Great War of Archimedes. Jadi sebelumnya kedua pemeran utama sudah punya proyek yang sama dengan sutradaranya.

Selain Hamabe Minami dan Kamiki, pemeran lainnya antara lain adalah Ando Sakura (Kaibutsu, Aru Otoko, Manbiki Kazoku), Yamada Yuki (Tokyo Revengers, Black Night Parade, Mimi o Sumaseba), Munetaka Aoki (99.9 Keiji Senmon Bengoshi, Rurouni Kenshin, Hokusai), Hidetaka Yoshioka (In The Wake, Fukushima 50, 64), Sasaki Kuranosuke (Shylock's Children, Hitoyo, Soratobu Taiya) dan lain-lain. 

SPOILER WARNING!
 
Godzilla Minus One mengangkat tema monster Jepang Godzilla dan bersetting diakhir Perang Dunia II di Jepang. Tokoh utama adalah pilot pesawat tempur Shikishima Koichi (Kamiki Ryunosuke) yang bertugas saat perang dunia II. Dia adalah pilot pesawat tempur yang diharapkan menggunakan keahliannya untuk menembakkan senjata pada musuh, tapi dia sangat takut dan kabur dari pertempuran. Saat itu dia mendarat di sebuah pulau. Salah satu teknisi di sana, Tachibana Sosaku (Munetaka Aoki) bisa melihat dari bodi pesawat Shikishima yang bersih, bahwa dia sama sekali tidak masuk ke medan perang. Saat itu, muncul sesuatu di lautan yang ditandai dengan matinya ikan-ikan kecil. Monster Godzilla muncul di pulau tersebut dan menghancurkan semuanya. Mereka yang ada di pulau sebenarnya punya kesempatan melawan Godzilla itu dengan senjata di pesawat Shikishima. Tapi Shikishima ketakutan dan tidak bisa menggapai pesawatnya. Pada akhirnya semua yang ada di sana meninggal dunia kecuali Shikishima dan Tachibana yang bisa bertahan hidup. Tachibana sangat membenci Shikishima karena hal itu. Saat mereka kembali ke daratan setelah perang berakhir, Tachibana memberikan foto-foto keluarga milik rekan mereka yang meninggal dunia agar Shikishima merasakan penyesalan karena ketakutannya.

Kembali ke Tokyo setelah perang, Shikishima menemukan rumah keluarganya hancur. Tidak ada keluarganya yang selamat, kecuali bibinya Sumiko (Ando Sakura) yang juga menyalahkan Shikishima karena kalah dalam perang menyebabkan anak-anaknya meninggal dunia. Sumiko suka mengumpat pada Shikishima yang berani kembali dalam keadaan selamat. Saat merasa kehilangan semuanya dan tidak punya semangat hidup, Shikishima bertemu dengan seorang wanita yang dikejar oleh orang jahat. Wanita itu membawa sebuah buntalan dan saat melihat Shikishima dia menitipkan itu pada Shikishima. Shikishima bingung dan kaget saat melihat buntalan itu isinya adalah seorang bayi. 
 
Shikishima tidak tahu harus melakukan apa, dia diam di tempat itu sampai sore untuk menunggu wanita itu kembali. Tapi karena wanita itu tidak kembali, dia memutuskan membawa bayi itu pulang. Dan ternyata wanita itu juga sudah lama menunggu Shikishima pergi dari tempat itu, karena dia nggak bisa kembali ke sana menjemput si bayi, karena tempat itu diawasi.

Wanita itu adalah Oishi Noriko (Hamabe Minami) yang dengan santainya menginap di rumah Shikishima karena dia tidak punya tempat. Awalnya Shikishima berfikir kalau bayi itu adalah bayi milik Noriko. Tapi ternyata bayi itu milik seorang ibu yang nggak bisa bertahan hidup dan menitipkan bayinya pada Noriko. Noriko tidak bisa meninggalkan bayi itu sendirian dan memutuskan merawatnya. Karena Noriko juga tidak punya pengalaman sebagai ibu, dia nggak begitu tau cara merawat bayi. Bibi Sumiko yang julid melihat Shikishima membawa wanita ke rumah mulai mengatainya, tapi saat tahu kalau bayi itu bukan bayi Noriko, dia jadi kasihan karena takut bayinya akan mati. Akhirnya Sumiko membantu merawat bayi perempuan itu karena dia punya pengalaman merawat bayi 3 kali.

Waktu berlalu setelah itu. Hubungan aneh antara Shikishima dan Noriko berjalan seiring berlalunya waktu. Mereka berdua tidak menikah tapi tetap tinggal di rumah yang sama membesarkan bayi itu yang sekarang sudah berusia 3 tahun. Anak perempuan itu (yang aku lupa namanya) memanggil Noriko dan Shikishima sebagai ibu dan ayah. Noriko juga tahu mengenai trauma Shikishima terhadap perang karena kehilangan rekannya dan dia menganggap itu kesalahannya. Tapi selama ini Noriko berusaha menenangkan hati shikishima.

Shikishima mulai bekerja di sebuah kapal, kayaknya menjadi pengawas di laut gitu. Timnya adalah Akitsu (Sasaki Kuranosuke), Noda (Tachibana Sosaku) dan Mizushima (Yamada Yuki). Aku lupa pekerjaan mereka apa, tapi mereka naik kapal kecil gitu dan mengawasi lautan. Lalu suatu hari, Shikishima melihat hal yang sama seperti di pulau 3 tahun lalu dimana ikan-ikan banyak yang mati, pertanda Godzilla muncul. Awalnya yang lain tak percaya dengan monster itu, smapai mereka melihat dengan mata kepala sendiri kalau Godzilla benar-benar ada. Godzilla menyerang pusat kota dengan sangat ganas menewaskan 30ribu jiwa dalam satu kali serangan. Dalam penyerangan itu, Noriko ikut menjadi korban tepat di depan mata Shikishima.

Pemerintah Jepang yang baru saja kalah dalam perang mulai panik dengan kemunculan monster Godzilla. Padahal mereka baru saja memulai pembangunan kembali setelah perang, tapi malah muncul monster yang bisa saja menghancurkan kembali apa yang sudah mereka bangun selama 3 tahun belakangan. Jadi mereka mulai menyusun strategi untuk mengalahkan monster itu. Pemerintah bersama para ilmuan, angkatan udara, angkatan laut dll mulai mencari strategi mengalahkan Godzilla. Shikishima yang merasa menyesal tidak bisa menyelamatkan Noriko juga ikut ambil bagian dalam rencana itu. Sebelumnya dia diomeli oleh teman-temannya karena hubungan Shikishima dan Noriko sangat aneh, sekarang Noriko sudah tidak ada baru Shikishima menyesal, mereka kesal kenapa nggak dari dulu Shikishima melamar Noriko.

Shikishima ingin menggunakan pesawat tempur untuk menyerang Godzilla itu. Dia merasa tahu titik lemah Godzilla itu ada pada mulutnya. Tapi pesawatnya harus dimodifikasi untuk penyerangan itu, jadi Shikishima mencari Tachibana yang bertugas sebagai mekanik pesawat terbang dulu. Shikihima sengaja mengirim surat yang memicu emosi Tachibana sehingga Tachibana benar-benar datang mencarinya. Shikishima tahu kalau perang Tachibana belum berakhir sama seperti dirinya, jadi Tachibana pasti akan membantunya.

Para angkatan laut yang trauma dengan perang banyak juga yang nggak siap mati lagi meninggalkan keluarga dan nggak mau ikut proyek itu. Tapi beberapa dari mereka setuju untuk ikut karena belum tentu mereka akan mati. Selain itu ide proyeknya juga meyakinkan, yaitu dengan menenggelamkan Godzilla. Rekan Shikishima, Noda-san ternyata seorang ilmuan yang punya pengalaman dan dia lah yang punya ide tersebut. Meski mereka mengatakan proyek ini belum tentu akan merenggut nyawa, tapi sebenarnya mereka sudah siap mati. Karena itu tim Shikishima dkk tidak memperbolehkan Mizushima ikut karena dia masih sangat muda. (Mizushima dulu juga nggak ikut perang karena masih muda).
 
Jadi dengan menggunakan kapal besi, tim menuju lautan lepas untuk menunggu Godzilla keluar. Mereka terdiri dari 2 tim kapal gitu, jadi nanti kalau godzillanya udah keluar, mereka akan mengelilingi godzilla dengan mengikatkan semacam kawat besi gitu dan mendorong agar Godzilla nanti tenggelam. Jadi intinya mereka akan menenggelamkan Godzilla. Untuk Plan B-nya, mereka memasang semacam balon udara juga di kawat itu dan jika diaktifkan maka akan melempar Godzilla ke permukaan lagi dengan harapan tekanan airnya akan membunuh Godzilla. Tapi tentu saja tidak semudah itu. Godzilla dengan mudah bertahan atas serangan tim angkatan laut itu. Saat kapal mereka nggak sanggup lagi menahan Godzilla, muncul lah bantuan dari banyak kapal kecil milik warga dimana Mizushima sebagai pemimpin disana. Mereka membantu kapal besar menarik Godzilla. 
 
Sementara itu Shikishima bertugas untuk menembak Godzilla dari udara, sasarannya adalah mulut Godzilla itu. Tapi Godzilla-nya ini tidak mau mati juga. Dia tetap bertahan dan terlihat semakin kuat. Shikishima sendiri punya rencana utama yaitu meledakkan pesawat yang dia naiki itu tepat di mulut Godzilla. Itu adalah rencana rahasianya yang tidak dia katakan pada siapapun. Saat tim Akitsu mengetahui rencana itu, mereka shock banged. Tapi apalah daya mereka tahu rencana itu saat Shikishima sudah menuju mulut godzilla dengan kecepatan penuh. Pesawat menancap di mulut Gozdilla dan meledak. Semuanya terkejut dengan pengorbanan Shikishima.

Tapi tak lama kemudian terlihat terjun payung tak jauh dari sana dan itu adalah Shikishima. Tachibana ternyata memodifikasi pesawat tempur itu agar punya kursi pelontar dan itu bisa menyelamatkan Shikishima. Seiring dengan Godzilla yang ditumbangkan dan tenggelam ke dasar lautan, rencana tim berhasil tanpa adanya korban jiwa. Di saat yang sama wkatu itu, Sumiko mendapatkan sebuah telegram dan dia langsung mencari Shikishima. Shikishima yang menerima telegram itu langsung pergi ke sebuah rumah sakit. Dan siapa sangka Noriko ternyata belum meninggal dunia. Selama ini dia dalam keadaan tidak sadarkan diri di sebuah rumah sakit, makanya dia tidak sempat mengabari Shikishima. Noriko selamat dari serangan Godzilla itu. Saat pertama kali melihat wajah Shikishima, dia bertanya 'Apalah sekarang perangmu sudah selesai?'.

Shikishima pernah mengatakan pada rekannya alasan kenapa dia tidak menikahi Noriko padahal mereka punya perasaan yang sama itu karena perangnya belum selesai. Aku rasa karena perasaan bersalahnya dulu, Shikishima belum bisa membuka lembar baru kehidupannya dan setelah kehilangan Noriko dia baru menyesal. Dan dipastikan sih setelah reuni ini mereka akan langsung mendaftarkan pernikahan mereka 😂

Tapi Godzilla sebenarnya belum sepenuhnya mati. Bisa dilihat sejak awal Godzilla ini tahan serangan. Jika di serang maka tubuhnya akan kembali normal. Jadi serangan Shikishima waktu itu belum bisa membunuh Godzilla sepenuhnya. Di dasar lautan sebenarnya Godzilla itu kembali menyembuhkan diri sendiri dan suatu hari nanti akan kembali menyerang Jepang.
 
Ini adalah kode untuk season 2 dan aku sangat berharap ada season 2 untuk movie ini. Aku ingin melihat Shikishima dan Noriko sebagai suami istri membesarkan puteri mereka. 

Btw aku menonton movie ini versi webcam-nya karena versi jernihnya belum keluar. Itu karena aku sangat penasaran sebagus apa sih movie ini. Movie ini sejak rilis sudah mencetak banyak rekor, lama banged di bioskop Jepang dan sampai bulan ini masih masuk 10 besar. Ditambah lagi ini menjadi live action Jepang terlaris yang rilis di Amerika. Movie ini juga memenangkan Best Picture di Japan Academy Awards 2024, penghargaan insan perfilman paling bergengsi di Jepang. Dan bahkan menang Best Visual Effect di ajang Oscars 2024! Keren banged sih.
 
Makanya aku pengen banged nonton dan memang nggak mengecewakan sih. Dari segi plotnya bagus dan visual Godzillanya juga bagus banged meski aku nonton versi webcam. Cuma pas kemunculan awalnya itu agak aneh juga, kok tiba-tiba muncul, selama ini kemana? 😂
Aku nggak pernah mengikuti Godzilla sih, ini mungkin movie Godzilla pertamaku.
Sangat disayangkan Cinema di Indonesia nggak ada niat gitu membawa movie ini ke Indonesia. Udah lama nungguin CGV tapi kok kayak nggak ada pergerakan. Padahal bagus banged.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts