Selasa, 14 Februari 2017

[Review] C-Movie: The Left Ear (2015)


Setelah Goblin tamat, rasanya hati ini hampa, nggak minat sama drama-drama yang baru tayang. Entah kenapa. Padahal katanya bagus-bagus HAHHAHAHA. Dan karena itu aku kembali ke koleksi movie-movie yang belum aku tonton. Aku udah mendownload beberapa yang membuat aku tertarik dan beberapa udah aku review sebelumnya. Seperti yang aku katakan beberapa waktu yang lalu, aku sedang tertarik dengan Chinese / Taiwanese coming of age movie ^^


The Left Ear adalah salah satu movie yang ada dalam daftar tunggu untuk ditonton. Sudah lama aku mendownload movie ini, pada akhirnya aku menontonnya juga HAHAHAHAHHA. Aku juga masih punya banyak list movie yang belum ditonton, ditunggu aja review-nya. Kalau sedang mood aku akan membuat review panjang seperti ini, kalau lagi nggak mood aku akan menggabungkan 8 movie dalam sekali review seperti sebelumnya LOL. Tapi biasanya kalau aku membuat review panjang, artinya movienya bagus sih XD

Seperti coming of age movie yang sebelumnya aku review, aku menemukan movie ini di salah satu list C-movie di google. Tertarik karena cover-nya dan kayaknya bagus aja gitu. Ternyata memang banyak yang merekomendasikan movie ini. Awalnya aku berfikir The Left Ear akan sama dengan beberapa coming of age chinese movie yang sebelumnya aku review, dimana manis di awal dan menyakitkan di akhir. Atau manis banged di awal dan manis juga di akhir. Tapi ternyata movie ini lebih berat dari yang aku bayangkan. Manis cinta masa SMA yang aku harapkan sama sekali tidak ada di movie ini. Tapi movie ini sangat bagus dan direkomendasikan.

Judulnya itu kan 'telinga kiri', jadi awalnya aku memang udah menduga kalau movie ini akan ada hubungannya dengan telinga kiri si gadis di poster, tapi ternyata sampai pertengahan kita baru diperlihatkan apa maksud dan inti dari telinga kiri yang dimaksudkan disini. Dan awalnya aku fikir kita akan berpusat pada female lead, tapi siapa sangka ternyata pusat cerita bukan dia, melainkan gadis lain, meski kita juga melihat dari sudut pandang si female lead. Pokoknya movie ini beda dari bayangan awal. Aku bahkan sempat berfikir ini female lead-nya kok kayak pemeran tambahan, scene-nya dikit HAHHAHHA. Tapi tentu saja, pertengahan ke akhir, kita baru diperlihatkan intinya. Dan menurutku movie ini well-written banged.

The Left Ear adalah chinsese movie yang rilis pada tahun 2015, sebuah coming of age movie yang disutradarai oleh Alec Su. The Left Ear diangkat berdasarkan novel berjudul sama karya Rao Xueman. Film ini menjadi Box Office saat masa penayangannya dan banyak mendapat review positif. MOvie ini juga banyak mendapatkan penghargaan di ajang Film Festival ~

STORY

"I swear to god. I am a good girl. My grades are good. I like helping people. I can handle hard work. I respect my elders. My only defect is that I'm deaf in my left ear."

The Left Ear memulai kisah di tahun 2005, saat para tokoh utama kita masih di bangku SMA. Li Er (Chen Duling) adalah gadis pemalu. Ia anak baik dan ia tidak bisa mendengar di telinga kirinya. Jadi ia punya impian seseorang akan membisikkan mencintainya di telinga kirinya suatu hari nanti. Dan ia sudah menemukan orangnya, Xu Yi (Yang Yang), siswa populer di sekolahnya. Ia jatuh cinta pada pria itu. Li Er sendiri terlihat seperti gadis yang lemah, jadi sepupunya You Ta (Hu Xia) selalu bersamanya dan mengawasinya.

Dilain tempat, ada seorang gadis bernama Li Bala (Ma Sichun) yang bekerja sebagai penyanyi di bar. Ia terkenal dikalangan pria dewasa karena tubuhnya yang seksi. Tapi ia bukan gadis gampangan, meski ia bekerja di bar, ia punya harga diri yang tinggi dan tidak mudah di rayu oleh pria. Salah satu pria yang cinta mati padanya adalah Heiren (Duan Bowen), tapi Bala tidak menyukainya. Ia bahkan kesal karena pacar Heiren hampir melukainya saat ia menyanyi.

"I believed that everyone in the world meant me well and that everyone else loved me the same way."

Suatu malam, ada pertandingan basket di daerah mereka. Li Er dan You Ta datang menonton pertandingan karena Xu Yi akan bermain disana. Dan ternyata lawan main tim Xu Yi adalah Heiren dan kawan-kawan. Heiren dan tim-nya bermain sangat kasar, melanggar aturan tapi tetap saja kalah. Li Bala saat itu datang menonton pertandingan karena ia senggang dan Heiren yang melihatnya tentu saja bersemangat. Ia main makin kasar dan tim Xu Yi hampir kalah. Saat itu lah seorang pria muncul, Zhang Yang (Ou Hao), salah satu anak SMA yang sama dengan Li Er dkk. Ia membantu tim Xu Yi dengan bermain sangat keren dan akhirnya mememangkan pertandingan.
Saat itu lah Li Bala tertarik pada Zhang Yang dan jatuh cinta padanya. Ia sih main langsung-langsung aja, mengambil kertas dan menyelipkan ke tangan Zhang Yang yang jelas-jelas saat itu sedang berjalan bersama pacarnya, Jiang Jiao (Guan XiaoTong).

Malam itu juga Li Bala mengikuti Zhang Yang pulang ke rumahnya. Awalnya sih ia mengikuti diam-diam, tapi tentu saja ketahuan. Zhang Yang tak panjang lebar dan menyuruhnya pulang. Bala senang setidaknya Zhang Yang mengingatnya, sebagai gadis yang menyemangatinya tadi saat bermain basket. Ia meminta Zhang Yang jangan lupa untuk menghubunginya. Dan Zhang Yang benar-benar menghubunginya, sepertinya ia menghubunginya di malam yang sama. Bala tentu saja sangat senang. Ia adalah tipe yang kalau suka maka ia harus mendapatkannya, jadi ia akan melakukan apa saja. Zhang Yang menggunakan kesempatan itu untuk meminta Bala melakukan sesuatu. Ia ingin bala menghancurkan hidup seseorang, Xu Yi.

Bala tentu saja setuju, itu mudah baginya. Jadi dimulailah aksinya untuk menggoda Xu Yi yang bermula dari datang ke sekolah dan menyatakan perasaan secara langsung di gerbang sekolah, bahkan menulis di papan tulis dan sengaja menunggu Xu Yi saat ia akan pergi les, ia bahkan memaksanya ke pantai untuk kencan dengannya. Awalnya tentu saja Xu Yi sangat terganggu dengan gadis yang tidak dikenal yang tiba-tiba mengatakan suka padanya, memaksanya ini dan itu. Tapi ternyata seiring berlalunya waktu, Xu Yi malahan jadi suka pada bala. Ia tidak kaget lagi kalau Bala tiba-tiba datang ke sekolahnya dan ia mulai menikmati  hubungan mereka.

Li Er sendiri tentu saja menyakiskan semuanya. Ia tidak suka melihat Xu Yi didekati gadis lain tapi ia tak bisa berbuat apapun. Suatu hari saat hujan turun, Li Er makan di kantin, Li Er melihat Bala makan sendirian di satu meja dan memutuskan makan disana juga. Bala heran melihatnya dan bertanya apakah Li Er tidak takut padanya, karena semua anak menjauhinya dan takut padanya. Li Er sih menjawab dengan enteng kenapa ia harus takut pada Bala. Bala bahkan mengambil sayuran yang ada di mangkuk Li Er tanpa izin dan membuat Li Er berkata kalau Bala sepertinya sangat suka sayuran. Bala mengatakan kalau ia tidak terlalu menyukainya, tapi ia suka mengambil apa yang bukan miliknya. Sesuatu yang bukan milikmu adalah yang terbaik. Tiba-tiba Bala mendapat pesan dan ia segera pergi. Li Er mengejarnya dan meminjamkan payung padanya. Bala sepertinya tersentuh dengan hal itu dan mulai membuka hatinya untuk berkenalan.

 "Don't fall in love. There's not a single good man out there. And you can never beat them."

Menghabiskan waktu sebentar dengan Bala membuat Li Er berfikir kalau Xu Yi menyukai gadis seperti Bala. Jadi ia mencoba merokok di kamarnya, sayangnya ia malah batuk-batuk. Ia menyadari untuk menjadi gadis seperti bala butuh 1000 tahun baginya.
Hubungan Xu Yi dan Bala sendiri menjadi lebih dekat dan Bala benar-benar menghancurkan anak baik seperti Xu Yi, ia bahkan mengajak Xu Yi berjudi. Tentu saja semua itu demi Zhang Yang orang yang ia cintai. Suatu hari saat Bala mengajak Zhang Yang ke tempat rahasianya, Zhang Yang menceritakan alasan kenapa ia sangat membenci Xu Yi dan ingin menghancurkannya. Bala menjadi tersentuh karena mereka berdua mirip. Dan malam harinya ia menuliskan impiannya di kertas, kalau ia ingin membuat Zhang Yang bahagia. Jadi ia benar-benar ingin menghancurkan Xu Yi. Alhasil, ia mengupload foto Xu Yi yang berjudi di internet dan tentu saja langsung tersebar. Disaat yang sama, Li Er berusaha melindungi Xu Yi dengan caranya sendiri.

Li Er tidak tahan lagi dengan semuanya berniat menemui Bala di bar dan ia melihat Bala bersama Zhang Yang. Ia mendengarkan semuanya, apa yang terjadi dan bahkan melihat Zhang Yang memukuli Bala, mau tak mau ia menolongnya. Bala yang terluka, dibantu Li Er kembali ke rumah dan disana Li Er melihat catatan di kertas yang ditulis Bala, kalau ia ingin membuat Zhang Yang bahagia. Bala mengembalikan payung pinjaman Li Er dan menasehatinya untuk tidak jatuh cinta, karena di luar sana tidak ada pria baik.


Zhang Yang sendiri, pacaran dengan Jiang Jiao yang bercita-cita menjadi penyanyi. Jiang Jiao adalah gadis dari keluarga kaya yang cinta mati pada Zhang Yang. Ia membiayai Zhang Yang dan membelikan semuanya, jadi ia udah merasa kalau ia memiliki Zhang Yang. Zhang Yang memang kelihatan muak banged sama Jiang Jiao, tapi ia tak bisa melakukan apapun karena ia masih membutuhkan Jiang Jiao.
Zhang Yang yang merasa bersalah menemui Bala dan meminta maaf. Bala karena cintanya memaafkan Zhang Yang.

Hubungan Li Er dan Bala sendiri semakin dekat. Mereka sering menghabiskan waktu bersama dan bermain bersama. Bahkan saat Xu Yi yang marah datang menemui Bala di bar itu dan mengamuk, Li Er berhasil melindungi Xu Yi dan hampir terluka karena botol menghantam kepalanya. Bala mengingatkan Li Er jangan seperti itu, suatu hari nanti Li Er bisa-bisa melindungi Xu Yi dari peluru dan membunuh dirinya sendiri.
Bala bahkan mengajaknya ke tempat rahasianya dan akhirnya menceritakan semuanya tentang apa yang terjadi. Meskipun Li Er merasa Bala sangat kejam, ia tetap menjaga rahasia bala. Bahkan meski Xu Yi menuduhnya bersekongkol dengan Bala dan hampir memukulnya, Li Er tidak mengatakan apa-apa. Bagi Li Er, Bala adalah temannya, jadi meski You Ta mengatakan hal jelek tentang Bala, Li Er tetap menganggap Bala teman, jangan mengatakan hal buruk tentang temannya.

 "It's like there are two people inside of me, the good me and the bad me. And they're always fighting."

Setelah ujian berakhir, malam pesta bersama teman-teman, lagi-lagi Jiang Jiao membuat Zhang Yang kesal dan meninggalkan pesta. Ia menemui Bala malam itu, keduanya menyatukan cinta mereka malam itu. Bala bahkan merasa tidak percaya akhirnya ia menemukan cinta sejatinya. Tapi hari bahagia berlalu begitu saja, saat Heiren datang dan menunjukkan sesuatu padanya. Selama ini Heiren sudah mengingatkan Bala kalau Zhang Yang hanya main-main dengannya, tapi Bala tidak percaya. Jadi demi Bala, Heiren menunjukkan bukti, sebuah rekaman saat Zhang Yang mengatakan kalau Bala adalah pelacur. Dan Bala langsung shock setengah mati. Ia menelpon Zhang Yang meminta penjelasan tapi Zhang Yang tidak menjawab telponnya. Pada akhirnya ia menelpon Li Er sambil menangis dan mengatakan semuanya kalau Zhang Yang tidak mencintainya. Li Er jadi khawatir, saat itu sedang badai jadi ia tak bisa keluar karena di larang ibunya. Tapi mendengar Bala yang sangat terluka, ia memutuskan mengajaknya bertemu di suatu tempat.
Tapi dalam perjalanan kesana, Bala mengalami kecelakaan dan meninggal dunia.

Setelah kepergian Bala, semuanya berubah. Zhang Yang diliputi rasa bersalah, Xu Yi menghabiskan waktu d bar, Li Er sangat sedih dan menangis di tepi pantai, ditemani You Ta. Heiren yang tidak terima Bala meninggal dunia menyalahkan Zhang Yang dan menculik ia dan pacarnya, memukuli mereka berdua. Ia berniat membunuh dan menyiksa keduanya. Sayangnya polisi datang saat itu.
Li Er juga menyalahkan Zhang Yang atas kepergian Bala. Ia menemui Zhang Yang di kedai makan dan menyalahkan semuanya padanya. LI Er juga mengaku sebelum meninggal, ia sempat melihat Bala dan Bala mengatakan sesuatu padanya, tapi ia tak akan mengatakannya pada Zhang Yang, agar Zhang Yang selalu merasa bersalah dan tersiksa selama hidupnya.

Waktu berlalu setelah itu, mereka semua menjalani kehidupan baru sebagai mahasiswa. Yang lain mengambil universitas di Beijing, tapi Li Er  memilih universitas di Shanghai. Selama waktu itu, Li Er mencoba menjadi gadis yang buruk, ia mulai merokok dan memakai kutex. Ia selalu mengirim pesan ke Zhang Yang, pesan ancaman, seperti 'apa kau merasa bahagia sekarang'.
Sepertinya alasan Li Er memilih Shanghai adalah karena Xu Yi juga di Shanghai. Li Er masih menyukai Xu Yi. Ia bahkan pergi ke bar tempat Xu Yi bekerja dan mengikutinya pulang ke rumah. Sampai pada level ia akan membayar semua hutang Xu Yi dan berpacaran dengannya. Aku sih bisa lihat Li Er hanya dimanfaatkan saja.

Sementara itu Zhang Yang di Beijing mengikuti kuliah dengan serius dan membuka usaha online shop. Ia masih berpacaran dengan Jiang Jiao yang semakin menjadi-jadi karena rasa cemburunya dan kekesalannya karena Zhang Yang tidak bisa melupakan Bala. Ia bahkan akan bunuh diri karena itu. Sampai pada akhirnya Jiang Jiao menyerah dan keduanya benar-benar putus.
Zhang Yang juga bertemu Heiren setelah sekian lama, masih ada dendam diantara mereka dan mereka menuntaskannya dalam semalam. Kemudian mereka menjadi dekat dan berteman.

"If a woman doesn't know how to love herself, no man will ever love her."
 
Singkat cerita, semuanya menjalani kehidupan mereka masing-masing setelah kepergian Bala. Dengan masih menyimpan luka dan rasa bersalah dihati masing-masing. Li Er kemudian menyadari kalau Xu Yi sama sekali tidak mencintainya setelah semua yang ia lakukan. Ia tahu apa yang ia lakukan salah tapi ia tak bisa melihat Xu Yi terus menghancurkan dirinya sendiri. Ia juga masih mengirimkan pesan-pesan pada Zhang Yang agar Zhang Yang merasa tersiksa sepanjang hidupnya. Tapi kebencian itu membuat keduanya pada akhirnya menajdi dekat. Dan Li Er menyadari ia tidak bisa terus membenci Zhang Yang untuk Bala lagi. Pada saat itulah ia menyerah mengirimkan pesan-pesan itu.

CAST

"Medical experts say, the left ear is closest to the heart. So that's where words of affection should be adressed. If someone says they love you into your left ear, it doesn't matter if you can't hear it. I've been waiting for the one who says that to me."

Chen Duling as  Li Er

Li Er adalah gadis pemalu dan terlihat sangat lemah, karena itu sepupunya You Ta selalu mengawasinya. Ia berasal dari keluarga yang harmonis dan ia selalu berusaha menjadi anak baik. TApi ada saatnya dimana ia berfikir ia ingin menjadi anak nakal. Ia menyukai Xu Yi, teman sekelasnya dan rela melakukan apapun untuknya. Ia melihat Xu Yi menyukai Bala dan awalnya Li Er tak sengaja mendekati Bala untuk mengetahui gadis seperti apa yang disukai Xu Yi. Tapi Li Er pada dasarnya adalah anak baik, jadi ia tidak takut pada Bala yang bekerja di bar dan malah menjadi temannya. Ia tidak malu mengatakan pada semuanya kalau ia dan Bala adalah sahabat.

Setelah kematian Bala, ia selalu mengirimkan pesan pada Zhang Yang karena ia berfikir Zhang Yang yang membuat Bala meninggal dunia. Karena sebelum kematiannya, Bala menelponnya dan mengatakan kalau Zhang yang sama sekali tidak mencintainya. Bala membenci Zhang Yang demi Bala, karena itu selama ini ia mengirimkan pesan 'apa kau merasa bahagia, apa kau sama sekali tidak merasa bersalah'.
Li Er masih mencintai Xu Yi dan ia ingin Xu Yi menjadi seperti dulu, karena itu ia mendekati Xu Yi kembali, bahkan membayarkan hutang-hutang Xu Yi dan berpacaran dengannya, agar Xu Yi tidak merusak diri sendiri lagi. Tapi hal itu dibalas dengan dirinya yang melihat Xu Yi bersama wanita lain dan saat itu LI Er menyadari betapa bodohnya dirinya.

Li Er juga masih menyimpan rahasia selama ini. Saat ia mengatakan kalau Bala mengatakan pesan terakhir padanya, ia merasa bersalah karena Bala membisikkan pesan itu di telinga kirinya dan ia tidak bisa mendengar pesan itu sama sekali. Ia menyalahkan dirinya sendiri karena hal itu, pesan penting yang tidak bisa ia dengar.
Ia terkejut saat tahu You Ta menyukainya, tapi ia meminta maaf karena ia tidak memandang You Ta lebih dari saudaranya. Ia dan Zhang Yang juga masih berteman baik sampai mereka dewasa dan bekerja masuk ke masyarakat. Luka hati mereka disembuhkan oleh waktu dan membuka kesempatan kedua untuk bisa menjadi lebih dekat lagi.

 Ma Sichun as Li Bala

Ia tidak punya orang tua, ia tinggal bersama neneknya yang asik berjudi dan menganggapnya sebagai pembawa sial keluarga. Ia pada akhirnya membiayai diri sendiri dengan menjadi penyanyi di bar. Ia tidak peduli bagaimana orang lain menganggapnya pelacur atau bagaimana, ia melakukan semuanya untuk hidup. Saat datang ke pertandingan basket dimana Heiren mengundangnya, ia melihat Zhang Yang dan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Bala mengakui ia sangat menyukai milik orang lain, jadi ia tak peduli Zhang Yang punya pacar, ia mendekatinya dengan agresif. Ia bahkan rela melakukan apa yang Zhang Yang minta, menghancurkan Xu Yi meski pada akhirnya saat ia meminta balasannya, yang ia dapat adalah pukulan. Tapi ia terlalu mencintai Zhang Yang dan akhirnya memaafkannya. Meski ia terlihat seperti wanita gampangan, Bala selama ini menjaga dirinya dan ia memberikan saat pertamanya pada orang yang benar-benar ia cintai Zhang Yang. Karena itu saat tahu Zhang Yang tidak mencintainya, ia sangat terpukul. Ia mengakui kalau ia bodoh dan menelpon Li Er mengajak bertemu, meski saat itu badai. Tapi sayang sekali, ia mengalami kecelakaan.

Li Er adalah teman satu-satunya, yang menganggap ia manusia, yang mau meminjamkan payung padanya dan bahkan mengatakan pada semua orang kalau mereka bersahabat. Karena itu Bala sangat menyayangi Li Er. Keduanya sering menghabiskan waktu bersama dan bahkan Bala mengatakan rahasianya, mengenai ia yang diminta Zhang Yang menghancurkan Xu Yi. Meski Li Er mengatakan kalau ia akan mengatakan pada Xu Yi yang sebenarnya, tapi Li Er tetap menjaga rahasia itu dan Bala berterima kasih padanya.
Dalam hidup Bala, ia hanya mencintai dua orang, Zhang Yang dan Li Er, bahkan sampai kematian menjemputnya.

 Ou Hao as Zhang Yang

Ia hidup berdua dengan ayahnya yang membuka kedai kecil. Ia mempunyai dendam pada Xu Yi dan memanfaatkan Bala yang menyukainya untuk menghancurkan Xu Yi. Ternyata Xu Yi adalah anak ibunya dan pria lain. Ia dendam karena ibunya meninggalkannya dan ayahnya dan bahagia bersama pria lain, karena itu ia dendam pada Xu Yi, meski pada akhirnya ia tahu rahasia dibalik semuanya dan mengakhiri dendamnya.

Ia berpacaran dengan gadis kaya, Jiang Jiao yang sangat manja. Ia mencintainya tapi kadang muak dengan gadis itu, dan saat itulah Bala masuk ke kehidupannya. Bala yang tak peduli Zhang Yang punya pacar atau bagaimana, menyukai Zhang Yang apa adanya. Zhang Yang bahkan menceritakan rahasianya hanya pada Bala dan ia benar-benar mencintai gadis itu. Hanya saja rekaman Jiang Jiao merusak semuanya. Dan ia juga menyalahkan dirinya atas kematian Bala, karena sebelum kematiannya, Bala menelpon dan mengirim pesan padanya.

Tapi meski diliputi rasa bersalah, ia tetap hidup dan terus maju. Ia belajar dengan sungguh-sungguh dan membuka usaha sendiri. Ia memaafkan Heiren yang dulu hampir memunuhnya dan membuka usaha bersamanya. Usaha kecil yang akhirnya menjadi besar. Ia pada akhirnya putus dari Jiang Jiao setelah tahu ia tak bisa melupakan Bala. Ia selalu mendapat pesan dari Li Er dan memintanya berhenti mengirim pesan seperti itu. Pada akhirnya keduanya menjadi dekat karena rasa bersalahnya pada Bala.

Yang Yang as Xu Yi

Ia sangat tampan, pintar dan populer di sekolahnya. Tapi kehidupannya berubah sejak Bala masuk dalam kehidupannya. Awalnya ia merasa risih dengan gadis yang tak dikenal terus datang dan mengatakan menyukainya, tapi pada akhirnya ia benar-benar jatuh cinta pada Bala. Sampai pada akhirnya ia menghancurkan diri sendiri dengan berjudi dan peringkatnya turun drastis membuat ibunya sakit dan akhirnya meninggal dunia.

Ia sangat terluka saat tahu kalau Bala mengerjainya dan ia berfikir Li Er bersekutu dengan Bala untuk menghancurkannya. Tapi ia tidak mau berubah menjadi baik, bahkan setelah kematian Bala dan ia malah makin menghancurkan dirinya sendiri. Ia tahu sejak dulu Li Er menyukainya, jadi ia memanfaatkan gadis itu untuk membayar hutangnya. Sampai ada saat dimana aku berfikir kalau keduanya benar-benar saling mencintai sekarang, tapi ia malah tidur dengan wanita lain dihadapan Li Er. Pada akhirnya, dia satu-satunya yang tidak berubah menjadi baik. Aku rasa dia melakukannya untuk membiayai pengobatan ayahnya, sepertinya ayahnya masuk rumah sakit setelah bisnisnya gagal.

Duan Bowen as Heiren

Heiren adalah preman di kota itu. Ia cinta mati pada Bala meski ia punya pacar lain juga sih LOL. Ia selalu menggoda Bala tapi Bala sama sekali tidak menyukainya. Saat pertandingan basket ia melihat Bala tertarik pada Zhang Yang dan ia menjadi kesal, tapi aku rasa ia termasuk baik karena ia nggak melabrak Zhang Yang. Ia hanya mencoba meyakinkan Bala kalau Zhang Yang bukan pria baik dan hanya main-main dengannya, meski Bala tidak mendengarkan.

Sampai pada suatu hari ia sengaja mencuri handycam milik Jiang Jiao yang merekam saat Zhang Yang mengatakan kalau Bala adalah pelacur dan menunjukkan itu pada Bala. Bala sangat terluka dan akhirnya meninggal dunia. Heiren menyalahkan Zhang Yang atas kematian Bala dan bahkan menculik dan menyiksa keduanya. Tapi pada akhirnya ia melukai dirinya sendiri, karena rasa bersalah ia yang telah menyebarkan rekaman itu.

Saat pertemuan kembali dengan Zhang Yang, ia masih menuntut Zhang Yang yang juga bersalah atas kematian Bala dan mengajaknya minum bir 20 botol tanpa henti. Tapi setelah itu keduanya berteman baik dan membuka bisnis online bersama dan sukses.

Hu Xia as You Ta

Ia adalah putera dari bibi Li Er. You Ta bukan anak kandung dari keluarga Li Er, tapi dia diperlakukan dengan baik. Sejak awal ia menyukai Li Er, karena itu ia selalu mengikuti Li Er kemanapun dan selalu ada disamping Li Er. Ia tahu Li Er menyukai Xu Yi, dan karena ia berteman dengan Xu Yi, ia selalu mengajak Li Er ke pertandingan basket.

Untuk pertama kalinya ia berpisah dengan Li Er karena ia akan kuliah di Beijing, jadi mereka hanya bertemu saat acara keluarga. Suatu malam You Ta mengatakan ia menyukai seorang gadis dan akan membelikan ponsel pada gadis itu. Li Er tentu saja sangat tertarik karena ini pertama kalinya You Ta mengatakan tentang gadis yang ia sukai. Sampai keesokan harinya, Li Er mendapat hadiah ponsel dari Youta dan ia menyadari maksud You Ta. Li Er meminta maaf pada You Ta. You Ta sudah tahu jawabannya dan ia mengerti. You Ta melanjutkan kuliahnya ke luar negeri dan di ending drama ini, kita tahu kalau dia akan menikah sebentar lagi.

Guan Xiaotong - Jiang Jiao

Gadis keluarga kaya yang sangat menyukai Zhang Yang. Ia rela melakukan apa saja untuk Zhang Yang. Keduanya sering menghabiskan waktu bersama tapi belakangan Jiang Jiao terganggu dengan wanita bernama Bala yang mendekati Zhang Yang. Dan ia lebih terganggu lagi karena Zhang Yang sepertinya juga tertarik padanya. Karena ia membelikan apa saja untuk Zhang Yang, jadi Jiang Jiao ini menganggap kalau Zhang Yang sepenuhnya miliknya.

Zhang Yang sudah cukup bersabar dengan sikap Jiang Jiao dan ia berusaha bersikap baik tapi ada batasnya. Karena Jiang Jiao lah Zhang Yang membuat rekaman 'Bala adalah pelacur', untuk menyenangkan hati Jiang Jiao yang malah akhirnya membawa petaka. Anehnya ia tidak bisa memutuskan Jiang Jiao sampai pada akhirnya Jiang Jiao hampir bunuh diri karena Zhang Yang masih tidak bisa melupakan Bala. Pada akhirnya ia meraih impiannya sebagai penyanyi dan melupakan Zhang Yang sepenuhnya.

"I worry a lot about what the future will be like. But all you can do is go forward. You cant stop. Because if you stop, it's like you will drown."

Ya, seperti itulah sedikit review saia untuk drama ini. Bagaimana, menarik kan?
Tidak ada manis-manis cinta masa SMA dalam movie ini, jadi yang berharap ada manis-manis kaya review yang dulu, jangan kecewa ya. Tapi ini movie keren banged dan menyentuh. Meski ada bagian dimana aku nggak suka sama beberapa tokoh, tapi pada akhirnya aku menyukai mereka lagi. Sebut saja Li Er, dia gadis yang manis dan baik, tapi ada saatnya aku nggak suka karena dia terlalu baik dan terlihat bodoh HAHAHA. Atau Zhang Yang, yang main di belakang pacarnya, kalau nggak suka putus aja kenapa gitu kan ya.
Atau Xu Yi yang beneran berubah drastis, padahal awalnya aku suka dia HAHHAHAHA.

Aku sangat penasaran akan pesan terakhir Bala karena Li Er tidak mau mengatakan pada Zhang Yang. aku bersabar sampai akhir dan ternyata Li Er tidak mendengarnya huhuhuhuhuhuhu. Apa kira-kira yang akan dia katakan ya? Aku suka pada akhirnya Li Er memilih mengatakan pada Zhang Yang apa yang ditulis Bala dulu, bahwa Bala ingin Zhang Yang bahagia dan ia sangat mencintai Zhang Yang. aku rasa luka hati mereka membuat mereka menjadi dewasa dan melanjutkan kehidupan dengan baik. ada sebagaian orang dengan luka hati akan berubah jahat, tapi setidaknya dalam movie ini tidak ada yang bunuh diri ya, mereka menghadapi hari esok masing-masing.

Ini movie lebih banyak ke unsur psikologi-nya sih kalau menurut aku. Memang sih genre-nya tragedi banged ini, Aku bahkan nggak menyangka kalau Bala akan meninggal dunia. Aku suka tema-nya ini mendekatkan orang yang sebelumnya tidak saling kenal, melalui sesuatu mereka saling mengenali, demi melindungi apa yang mereka sayangi mereka menjadi dekat dan dengan perasaan bersalah dan cinta, luka di hati masing-masing, mereka berusaha menyembuhkannya seiring berlalunya waktu. Pada akhirnya yang menyatukan mereka adalah Bala sendiri. Ia mungkin terlihat jahat tapi kita tidak bisa membencinya. Satu-satunya yang aku kecewakan disini adalah Xu Yi. Dia jadi berubah banged huhuhuhuhu. Aku bahkan nggak tahu dia jadi apa di masa depan. Kalau nggak salah di lagu endingnya ada cut scene gitu, terlihat Xu Yi mendorong seseorang di kursi roda dan seorang gadis mendekatinya, kayaknya sih Li Er. Aku anggap aja kalau adegan mereka bicara itu sebagai permintaan maaf HAHAHAHHA.

Aku rasa salah satu alasan lain aku menyukai movie ini karena nggak bisa ditebak. Awalnya saat Bala mendekati Xu Yi untuk main-main, aku pikir nantinya dia bakalan beneran suka sama Xu Yi (Kaya drama-drama gitu), ternyata cintanya cuma untuk Zhang Yang. awalnya aku pikir Heiren ini akan jahat banged, ternyata nggak jahat-jahat banged juga (kecuali bagian dia menculik Zhang Yang dkk). Aku nggak nyangka Li Er endingnya bakalan sama Zhang Yang, mengingat mereka berdua awalnya memang nggak kenal sama sekali. Tapi siapa sangka ternyata sejak awal masuk SMA Zhang Yang udah kenal Li Er awwwwww, seandianya ada flashback saat itu pasti manis banged.
Jadi menurut aku ini movie nggak ketebak banged, kalau kamu nontonnya tanpa spoiler pasti wow banged HHAAHAAHHA.
Aktingnya juga keren banged, pokoknya suka banged deh!

 Aku sempat membaca spoiler saat membuat postingan ini, karena ini adaptasi dari sebuah novel, ternyata kata-kata terakhir Bala sebelum ia meninggal, berdasarkan bukunya adalah “I love you, Little Ear!”.
Awwwwwwww. FYI saat mereka berkenalan, Bala memutuskan memanggil Li Er dengan little ear.

Aku agak bete karena part akhir movie audio di file yang aku download rusak. Jadinya nggak ada suaranya, nggak kerasa gitu kan kalau nggak ada suaranya, cuma baca sub-nya doank HAHAHHAAH. Tapi nggak mengurangi bagusnya movie ini sih. Aku mengerti kenapa banyak yang merekomendasinya. hahahaha.
Kalau ditanya aku nonton dimana, aku nonton di dramanice ^^
Udah hardsub english ~

"Everything passes. So many things have changed. But there are some things that will never change."

Skor:

Story: 4,5/5
Character: 4/5
Cinematography: 3,5/5
Music: 3,5/5
Opening: 4/5
Ending: 4/5

Recommended!

Share:

7 komentar:

  1. Beratttt mbak hazuki 😢😢😢

    BalasHapus
  2. Yang yang kecewain gua disini haha.
    Murni nonton karna Yang yang, dan akhirnya kecewa sendiri sama karakternya disini. Segitu tulus nya Li Er, masih di sia-siain. Kaga papa dah, dari awal udah feeling Li Er bakal end up sama Zhang yang.

    BalasHapus
  3. klo di jepun Chen Duling pasti udah dapet penghargaan "best new comer" atau "rookie of the years"

    BalasHapus
  4. Lanjutan cerita Li er sama Zhang Yang ada loh di fil secret Fruit, baru ngeh karena ngerasa de ja vu, akhirnya mereka berdua menikah dan tinggal di Oz kyna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak lanjutan LiEr dan ZhangYang di Secret Fruit di menit keberapa ya?

      Hapus
  5. Thankyou kak spoilernya��
    Tapi bener deh,lbih epic klo nonton gk tau apa2. Jadinyakan bisa mukul2 bantal ato teriak krna gk sesuai expetasi��
    Karena aku juga penyuka genrekek ginu aseli sih. Lebih suka dari genre yg romantis uwu gitu��

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts