Rabu, 01 September 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 78

Sinopsis Okaeri Mone Episode 78

***

Ryochin tertidur saat teman-temannya yang lain masih bercerita. Asumi menatap wajah tertidur Ryochin dan mengatakan kalau Ryochin 'kawaii' tertidur seperti itu dan mengatakan padahal nggak masalah jika Ryochin berhenti menjadi nelayan dan pergi ke Sendai atau Tokyo. Mone mencoba mengatakan sesuatu dan Asumi bertanya, kenapa seolah-olah yang bekerja di kampung halaman adalah sesuatu yang hebat? (lebih hebat dari mereka yang bekerja di kota). Menurutnya Karena anggapan seperti itu lah Ryochin jadi tertekan. Michi kemudian angkat bicara, ia tidak ingin Asumi mengatakan hal seperti itu. Michi mengakui ada kalanya pekerjaan berat tapi jangan seenaknya memutuskan kalau itu menyakitkan. Michi mengatakan kalau saat di kapal Ryochin sangat keren, saat mengantar ikan ke pasar juga dengan bangga. Saat berbicara dengan orang yang lebih tua, Ryochin sopan dan diakui sebagai belayan. Ryochin yang seperti itu tidak kelihatan seperti dipaksa menjadi nelayan karena keadaan,tidak terlihat menyakitkan. Jadi ia tak ingin Asumi mengatakan seenaknya. 
Yuto mengatakan kalau Ryochin dan mereka berbeda. Asumi meminta maaf. Michi juga. Mitsuo juga meminta maaf karena pembicaraan mereka jadi berat karena dirinya. Tapi Mone mengatakan kalau ia sepertinya sejak lama ingin mendengarkan cerita yang seperti ini.
Saat mereka bicara, sebenarnya Ryochin sudah bangun. Ia hanya diam dan mendengarkan. 

Di Weather Experts, Suganami sedang berbicara dengan Riko dan Uchida membahas mengenai data Samejima. Kemudian Riko meminta maaf pada Suganami yang harus datang padahal hari libur.  Suganami mengatakan ia tak masalah karena kebetulan janjinya hari ini batal, jadi ia sedang tak ada rencana. Riko menggoda Suganami mengatakan apakah itu janji dengan Mone dan Suganami terkejut kenapa Riko tahu. Uchida kayaknya baru tau jadi dia cukup kaget ada sesuatu antara Mone dan Suganami. Riko mengatakan jangan khawatir karena ia sudah mendengar sedikit dari Samejima-san 😂
Suganami pengen kabur dari sana tapi Nosaka datang membawa kopi, jadi harus minum kopi dulu. Riko sampe bilang kalau timing Nosaka bagus banged lol. Mereka penasaran dengan hubungan Mone dan Suganami. Riko bertanya sejak kapan Suganami memulai hubungan dengan Mone? Apakah sejak awal Suganami sudah menganggap Mone itu cute? Sejak di Tome?
Suganami membantah, mengatakan awalnya tidak begitu, Saat di Tome ia tidak merasa begitu (boong banged Suganami-sensei 😂). 
Nosaka berkomentar kalau ia pikir Mone dan Suganami cocok, sama-sama simple. Riko agak kesal karena Mone membatalkan janji dengan Suganami, padahal itu kesempatan bagus. Suganami mengatakan kalau hari ini terjadi sesuatu pada teman masa kecil Mone, jadi mau nggak mau janji mereka batal. 
Nosaka bertanya apakah teman Mone di Kesennuma dan Suganami membenarkan. 

Kembali ke share house, Mereka membicarakan hal berat lagi, mengenai gempa Tohoku. Mitsuo mengatalan kalau ia masih belum bisa membicarakan mengenai gempa. Yuto mengatakan kalau ia tidak memberitahu siapapun kalau kampung halamannya adalah Kesennuma, karena ia malas kalau ada yang bertanya mengenai gempa itu. Asumi juga mengatakan bahkan di keluarganya mereka tidak membicarakan mengenai hal itu. Mitsuo mengerti akan hal itu, ia bahkan tak bisa membicarakan mengenai itu jika Ryochin terbangun nanti. 
Tapi tiba-tiba Ryochin berbicara, meminta maaf dan mengatakan ia sudah terbangun. Semua terdiam menatap Ryochin. Ryochin duduk. Asumi bertanya sampai dimana Ryochin mendengarnya. Ryochin mengatakan kalau ia baru saja mendengarnya, tentang kisah yang berat untuk diceritakan. Mitsuo mengganti nada dengan nada ceria mengatakan kisah berat itu adalah dirinya yang nggak akan bisa lulus universitas. Semuanya terdiam. 

Kembali ke Suganami dan yang lain, Riko mengatakan kalau ia mendengar keluarga Mone adalah keluarga nelayan dan terkena dampak bencana alam itu. Suganami membenarkan dan mengatakan seluruh keluarga Mone selamat dalam bencana itu. Uchida penasaran apakah alasan Mone menjadi peramal cuaca adalah karena hal itu. Nosaka mengatakan kalau mereka memang jarang mendengarnya, cerita langsung dari korban. Ia berasal dari Kobe dan tempatnya tidak terlalu terkena dampak. Tapi kejadian itu masih meninggalkan kenangan buruk bagi anak-anak dan juga orang dewasa. Ia pikir itu ujuga alasan kenapa ia ingin melakukan pencegahan bencana atau mengurangi bencana adalah karena gempa waktu itu.
Riko jadi berfikir apakah orang sepertinya yang selalu bahagia dan hidup normal tanpa ada masalah, memiliki kualifikasi untuk bekerja dibidang ini dan menyampaikan sesuatu pada orang lain. Uchida mengatakan kalau tidak ada yang hidup tanpa masalah, pasti mereka punya, entah itu mereka menyadarinya atau tidak. Nosaka juga setuju, mereka yang tertawa setiap hari  juga memiliki rasa sakit. Hanya saja mereka tidak mengatakan apa-apa. Suganami mengatakan kalau orang itu mungkin tidak bisa mengatakannya, karena percaya orang lain mengalami hal yang lebih buruk.

Kembali ke Mone dkk. 
Ryochin bangkit dan berjalan mendekati semuanya. Ia mengatakan pembicaraan yang berat ya, tak dibicarakan terasa seperti di neraka, membicarakannya pun terasa seperti di neraka. Jika aku mulai membicarakannya, apakah kalian juga akan membicarakannya?
Ryochin memegang tangan Asumi dan Mitsuo, membuat keduanya terkejut. Ia mengatakan kalau mereka tak bisa melakukannya lagi, berpegangan tangan sambil berteriak memanggil UFO sepertj dulu, karena sekarang mereka sudah dewasa. Tidak mungkin menyatukan hati. Tidak bisa mengatakan apapun, bahkan jika berdoa sepenuh hati, UFO tidak akan muncul. Ia akan selamanya seperti ini dan ia tak bisa melakukan apapun mengenai hal itu.

Ryochin tersenyum dan melepaskan tangannya tapi Mitsuo tiba-tiba memegang tangan Ryochin lebih erat. Mitsuo menangis sambil mengatakan kalau UFO itu ada, karena ia melihatnya saat itu. Karena itu jika kita berdoa, itu akan menjadi kenyataan. Karena Ryochin berhati lembut, ia yakin Ryochi akan berubah menjadi lebih baik, begitu jua degan dirinya yang akan menjadi biksu. Asumi bertanya apakah selama ini Mitsuo ingin menjadi biksu tapi tidak bisa?
Mitsuo mengatakan ia tak tahu, tapi jika ia bisa melakukan sesuatu demi orang-orang itu, ia akan melakukannya. Saat itu ia melihatnya, banyak orang yang dibawa ke kuil, saat melihat itu ia jadi ingin melakukan sesuatu demi mereka, ia tak dapat melakukan apapun. Mitsuo meminta maaf karena dulu ia takut, tapi sekarang ia bisa melakukannya. meski sekarang mereka berpisah-pisah, ia percaya mereka bisa memanggil UFO. Tidak apa-apa jika mereka tidak bergenggaman tangan, tidak apa-apa jika mereka tidak menyatukan pikiran, mereka pasti bisa memanggil UFO. Semuanya terdiam dengan mata berkaca-kaca. Mitsuo berteriak pada semuanya untuk tidak menangis, Ryochin berkomentar kalau yang menangis adalah Mitsuo. Mitsuo meminta maaf mengatakan pada semuanya untuk tertawa seperti biasanya. Tapi semuanya terus menangis dan terdiam. Ryochin mengatakan tadi sebaiknya ia makan omurice karena sekarang ia jadi lapar. Mendengar itu semuanya tertawa dengan air mata membanjiri wajah mereka.
😢

***

Episode ini berat banged. Agak sulit aku terjemahkan jadi mungkin akan aku edit lagi kalau udah keluar subtitlenya.
Aku nggak nyangka kalau cerita UFO kemaren ternyata cukup dalam. Aku merasa UFO yang mereka bicarakan adalah semacam harapan, atau tuhan? dimana mereka bisa berdoa kepadanya dan akan dikabulkan. Mungkin saat terjadi bencana itu mereka berdoa gitu supaya UFO turun menyelamatkan mereka atau bagaimana. Entahlah.

Anak-anak korban Tsunami saat itu masih merasakan apa yang mereka lihat saat itu, hanya saja itu bukan sesuatu yang mudah mereka ceritakan bahkan pada keluarga yang mengalami hal yang sama. Mereka punya trauma masing-masing. Apa yang dikatakan Mitsuo di episode ini adalah jawaban dari episode dimana ia kabur dan tidak mau menjadi biksu. Mone dkk ada mengatakan kalau Mitsuo melihat langsung dan mungkin itu maksudnya adalah kumpulan mayat-mayat korban yang dibawa ke kuil. Aku cuma nebak aja sih. 

Share:

1 komentar:

  1. sediiih karena aku gk paham mereka ngomong apa tapi rasanya kaya nyesek

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts