Kamis, 16 September 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 89

Sinopsis Okaeri Mone Episode 89

***

Stasiun JTV sedang sangat sibuk karena topan yang melanda Jepang. Hari itu adalah 15 September 2019, jam 7 pagi mereka masih sibuk dengan berita cuaca. Berita demi berita berdatangan, info demi info mengenai topan. Satoko memperhatikan kerja tim cuaca dalam diam dan kemudian ia akhirnya angkat bicara. Ia mengatakan mereka tidak boleh terus menerus memberitakan tentang kerusakan akibat topan ini, karena mereka punya hal penting lain yang bisa disampaikan sebagai peramal cuaca. Kalau masalah kerusakan akibat topan, biar nanti tim berita yang membicarakannya. 
Mone bertanya apakah maksud Satoko adalah prediksi dan Satoko membenarkan. Apa yang harus mereka sampaikan bukanlah apa yang sudah terjadi, tapi apa yang akan terjadi selanjutnya. Dimana dan kapan waktu paling berbahaya, kerusakan apa yang bisa mereka cegah dan meminimalisir kerusakan yang akan terjadi di masa depan. Yang lain mengerti dan menghapus berita mengenai kerusakan yang diakibatkan oleh topan.

Suganami ada di klinik saat itu. Ia kelihatan sedang resah dan gelisah, tentu saja ia tidak tenang karena topan hebat menyerang Tokyo dimana Mone sedang bekerja keras disana. Aku rasa Suganami mencoba tenang tapi ia tetap kepikiran.

Sawatari mendapat kabar kalau waktu puncak topan sudah berakhir dan mengabarkan pada tim cuaca. BMKG sudah mencabut peringatan hujan deras. Mone dkk lega mendengarnya. Hujan masih ada tapi tidak sederas tadi. Mereka kelihatan kelelahan sekali, karena lembur, mengantuk. Anggota lain datang membawakan makanan untuk mereka. Satoko juga mengatakan mereka sudah bisa beristirahat sebentar. Mone saat itu mengecek hp nya dan baru sadar ada panggilan tak terjawab dari ibunya.

Saat itu jam 3 subuh dan ibu ternyata masih bangun, ia mengangkat telpon Mone. Mone meminta maaf karena menelpon jam segini dan ibu bertanya apakah Mone masih bekerja?
Mone menjelaskan kalau hujan derasnya sudah reda, tapi masih berbahaya. Mone bertanya apakah ibunya baik-baik saja. Ia sudah mendengar mengenai ibu yang ingin membuka kembali guest house tapi ayah tidak setuju. Ibu mengatakan kalau ia baik-baik saja. Mone bertanya apakah ibu sudah memikirkan ini sejak dulu, membuka kembali guest house?
Ibu mengatakan kalau sekarang anak-anaknya sudah bisa berdiri sendiri, jembatan juga akhirnya dibangun menghubungkan pulau mereka dengan pulau utama. Ini adalah hembusan angin baru. Pulau mereka akan segera berubah jadi ia juga berfikir untuk melakukan sesuatu. Mone mengerti.
Ibu juga mengatakan kalau guest house ini adalah sesuatu yang nenek sayangi, ia mungkin tidak akan bisa melakukan sebaik nenek, tapi menurutnya belum terlambat memulainya dari sekarang. Mone mengatakan kalau ini belum terlambat. Ibu berterima kasih. Kemudian mereka mematikan telpon karena mereka sama-sama sibuk.

Setelah ibu mematikan telponnya, kakek muncul mengucapkan selamat pagi. Kakek sepertinya akan ke peternakan tiram. Kakek mengatakan pada ibu kalau dia baik-baik saja, jadi ibu bisa melakukan hal yang ia inginkan. Ia juga mengatakan bagaimana ayah hanya terlalu khawatir. Ibu bertanya apakah kakek mendengarnya dan kakek mengatakan kalau ibu berniat membuka guest house lagi, nenek juga pasti senang.

Asaoka sendirian di Weather Experts. Ia juga lembur disana sambil mengecek data cuaca. Lalu ia melihat ada sesuatu di komputernya kalau curah hujan di sebuah sungai di Nagano terlalu banyak dan berfikir kalau itu berbahaya. Ia juga mengecek situs buatannya dan memang banyak yang memposting masalah itu.
Mone di JTV mendapat telpon dari salah seorang penonton, seorang nenek yang hidup di Nagano. Ia merasa harus menyampaikan apa yang ia lihat makanya ia menghubungi stasiun TV. Nenek mengatakan di daerah mereka ada kayak parit gitu, yang mengalir seperti sungai tapi nggak deras banged. Biasanya sederas apapun hujan, alirannya biasa aja, Tapi kemarin alirannya sangat deras dan itu membuatnya khawatir. Karena parut itu terhubung dengan sebuah sungai besar di Nagano, kalau parit itu jadi sungai alias airnya mengalir deras, biasanya sungai besar Nagano itu akan meluap. Kakeknya juga pernah mengatakan itu makanya ia khawatir dan ingin memberitahu seseorang mengenai hal itu. Nenek juga mengenali suara Mone sebagai peramal cuaca yang bertanggung jawab pada Kosame dan Kasairuka, ia mengatakan ia senang sekali ia bisa menyampaikan ini pada Mone dan ia jadi tenang karena Mone yang mendengar ceritanya.

Setelah Mone menutup telpon nenek itu, Asaoka menghubunginya melalui ponsel. Kebetulan Mone akan mengatakan apa yang baru saja ia dengar dari nenek itu dan Asaoka sudah menebak kalau lokasinya di Nagano. Asaoka meminta Mone menghubungkannya pada Satoko dan yang lain. Dan semuanya mendengar apa yang dikatakan Asaoka melalui loundspeaker hp Mone. Asaoka meminta Satoko menyampaikan di siaran untuk waspada pada mereka yang ada di sekitar sungai di Nagano. Satoko mengatakan kalau mereka sudah beberapa kali memberi peringatan. Asaoka meminta mereka melakukannya lebih keras lagi. Asaoka menjelaskan kalau daerah tersebut curah hujannya sedikit tapi di daerah pegunungan hulu, curah hujan sangat tinggi. Satoko bertanya apa dasar Asaoka mengatakan itu, apakah postingan dari situs yang sedang Asaoka kembangkan atau ada telpon dari pemirsa?
Asaoka menjelaskan mengenai ini adalah prediksi dari data observasi, juga data dari Nosaka yang sebelumnya mengumpulkan data retensi air. Satoko merasa ragu karena Asaoka menggunakan informasi umum yang mungkin saja bisa dicampur dengan data palsu. Karena situs yang dibuat Asaoka kan membernya orang biasa, jadi takutnya ada yg menulis bohong.
Asaoka mengatakan kalau banyak yang menulis hal yang sama meski tidak 100%, tapi menurutnya itu terpercaya.
Mone yang sejak tadi mendengarkan akhirnya angkat bicara, ia mengatakan kalau ada orang-orang disana yang sudah hidup cukup lama dan punya pengalaman mengenai bencana masa lalu, jadi ia pikir mereka harus mendengarkanya dengan baik. Karena ia yakin mereka juga ingin menyelamatkan yang lain. Satoko akhirnya mengerti dan ia akan menanyakan pada atasan terlebih dahulu karena mereka tak bisa menyampaikan informasi ambigu. Asaoka juga meminta Satoko mengirimkan salah satu tim Asakira padanya, karena ia tidak bisa bekerja sendirian. Satoko bertanya apa yang akan Asaoka lakukan dan Asaoka mengatakan kalau air akan semakin naik dalam waktu dekat dan ia juga ingin menggunakan caranya sendiri untuk menyampaikan pada masyarakat.

***

Hmmmmmm…
Episode yang penuh dengan keadaan di sebuah stasiun TV kalau sedang menghadapi berita darurat, terutama kalau ada bencana yang sedang terjadi. Semuanya sibuk mengumpulkan informasi, mencari informasi, juga menerima telpon dari pemirsa. 

Aku suka bagaimana Satoko meminta tim cuaca untuk lebih fokus ke prediksi mengenai topan, bukan fokus pada kerusakan topan karena hal itu bisa diberitakan oleh News Program. Satoko juga tipe yang ketat, dia selalu cek beritanya benar atau nggak, nggak boleh ambigu, harus berdasarkan data. Pokoknya harus akurat.

Share:

2 komentar:

  1. kak tanya dong. punya link streaming tv nhk jepang? tgl 24 sept, sakaken akan muncul di ACARA ASAICHI. cara nonton langsung gimana ya?

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts