Sabtu, 23 Juli 2022

[Sinopsis] Chimudondon Episode 73


Sinopsis Chimudondon Episode 73: Old Story

***

Nobuko dan Kenshu yang kembali ke Yanbaru saat perayaan Ukui, menyadari kalau ibu mereka merahasiakan sesuatu selama ini. Ibu selalu mengambil satu waktu setiap tahunnya untuk pergi entah kemana. Anak-anak sekarang sudah dewasa dan ibu merasa kalau ini saatnya anak-anak tahu kisah masa lalu ayah dan ibu. Anak-anak berkumpul di meja untuk mendengarkan kisah masa lalu ibu dan ayah. Ibu mengambil sebuah kotak yang selalu ia simpan, ia membuka kotak itu dihadapan anak-anaknya. Ada sebuah foto keluarga di sana yang diambil sekitar tahun 1945. Satu-satunya foto keluarga ibu yang tersisa. Dalam foto itu ada nenek dan kakek ibu, orang tua ibu, ibu, kakak perempuan dan adik laki-laki ibu. Juga ada foto seorang pria, yang tak lain adalah ayah. Saat ayah masih muda, ternyata dia bekerja di kedai milik keluarga ibu, dan itu adalah kedai soba di Naha.
Semuanya baru tahu akan hal itu dan Nobuko mengerti kenapa ayah bisa memasak soba yang enak.
Ibu teringat bagaimana ia sangat dekat dengan kakak dan adiknya. Kakak perempuannya sangat pandai menari tarian khas Okinawa sedangkan adik laki-lakinya sama seperti Kenshu, cukup nakal dan pembuat ulah. Saat kecil, ibu tidak pernah secara khusus belajar menari tapi kakak perempuannya yang mengajarinya, jadi meski ia tak sebagus kakaknya, ibu bisa menari.
Sedangkan ayah waktu muda bekerja di kedai keluarga ibu dan ia membuat soba, karena itu ayah pandai membuat soba. Ibu menceritakan ia dan ayah pertama kali bertemu di kedai soba mereka. Awalnya ayah adalah pelanggan dan merupakan kouhai di sebuah rombongan pemusik gitu. Uehara-san yang pernah datang ke rumah mereka menyapa altar ayah adalah pimpinan dari rombongan itu. Sanshin yang biasanya dipakai oleh Utako ternyata adalah milik ayah sejak ia masih menjadi pemusik dulu.
Kelompok mereka punya kesulitan keuangan makanya ayah waktu muda pergi ke Tokyo untuk bekerja sebagai pekerja migran.

Di saat yang sama, di alla fontana, Fusako juga menceritakan masa lalunya pada Futatsubashi. Orang tua Fusako adalah orang asli Okinawa yang berangkat ke Tsurumi untuk mencari pekerjaan. Ia punya satu orang kakak perempuan, saat itu dititipkan pada keluarga di Okinawa. Sementara itu, Fusako dilahirkan di Tsurumi dan ia sama sekali tidak pernah bertemu dengan kakak perempuannya. Dan Kenzo, ayah Nobuko adalah anak dari kakak perempunnya itu. Ia bertemu dengan Kenzo pertama kali saat Kenzo menjadi pekerja migran di Tokyo sebelum perang. Itu adalah pertama kalinya ia bertemu dengan seseorang yang merupakan keluarganya.

Di Amayu, Saburo juga menceritakan kisah masa lalunya pada Tarashima. Itu adalah tahun 1941, saat Kenzo menjadi pekerja migran di Tokyo dan tinggal di Tsurumi, ia bertemu dengan Kenzo dan Kenzo pemain Sanshin di Kenjinkai. Kenzo adalah orang yang mengajarkan sanshin pada Saburo. Tarashima terkejut saat tahu kalau ayah Nobuko lah yang mengajarkan Saburo sanshin.
Saburo mengatakan ayah dan ibunya dilahirkan di Okinawa sedangkan ia dibesarkan di Tsurumi. Ia sama sekali tidak tahu mengenai Okinawa dan ia sangat kesal. Makanya ia meminta Kenzo mengajarinya sanshin sebelum Kenzo kembali ke Okinawa. Ia dengar Kenzo bercita-cita menjadi penyanyi daerah Okinawa.

Kembali ke ibu dan anak-anak. Ibu mengatakan kalau ayah kembali ke Okinawa untuk meraih impiannya menjadi penyanyi. Sayangnya ayah tidak bisa menjadi penyanyi dan mulai bekerja di kedai soba milik keluarga ibu. Lalu perang terjadi dan ayah ditugaskan untuk pergi ke China. 
Saat itu, Tarashima menceritakan bagaimana kakak laki-lakinya bekerja di sebuah perusahaan di Okinawa tahun 1944 dan meninggal dalam perang. Karena itu ia sangat ingin menulis artikel mengenai perang di Okinawa yang dikenal dengan tetsu no bofu. (Saat perang Okinawa, Okinawa diserang oleh militer AS selama kurang lebih 3 bulan, baik itu serangan udara dan serangan darat. Mereka mengatakan itu seperti badai peluru selama 3 bulan itu dan makanya dinamakan tetsu no bofu).
Saburo mengatakan kalau ia ditempatkan di Siberia selama bertahun-tahun. Ia sama sekali tidak tahu bagaimana keluarganya di Jepang, apakah masih hidup atau tidak. Hidupnya sangat berat saat itu tapi ia yakin hidup keluarganya juga sangat berat. Istri Saburo tersenyum dan mengatakan sama sekali tidak. Saburo ingat bagaimana keadaan di siberia saat itu, sangat dingin dan mereka kelaparan. Ada jasad yang kembali hanya tulang saja. 

Ibu mengatakan kalau ayah jarang membicarakan apa yang terjadi saat perang. Tapi ia ingat ayah mengatakan kalau ia menyesali satu hal. Ibu mengambil topi perang ayah dan mengatakan kalau ayah tidak tahu apa yang ia lakukan, apakah itu hal yang benar atau salah. Ia sangat menyesal karena ia tidak bisa bertahan dengan apa yang ia anggap benar. Sejak kembali perang, setiap malam ayah selalu berminpi buruk dan dalam mimpinya ayah selalu meminta maaf dan meminta maaf.
Anak-anak ingat bagaimana semasa ayah hidup, setiap pagi ayah selalu menatap matahari pagi dan berdoa. Kenshu pernah bertanya kenapa ayah melakukannya dan ayah mengatakan dalam hidup ada hal dimana ia harus meminta maaf.
Oktober 1944, lautan api terjadi di Naha dan rumah keluarga ibu hangus terbakar. Nenek dan kakek ibu meninggal dunia. Saat melarikan diri ke hutan, ibu dan adik laki-lakinya terpisah dengan orang tua mereka. Ia dan adiknya ditemukan tentara Amerika dan ditahan.
Setelah perang berakhir, ayah kembali ke Jepang tapi tidak bisa kembali ke Okinawa. Karena saat itu, Okinawa adalah tanah Amerika, bukan Jepang.
 
Fusako mengatakan pada Futsubashi kalau ia selamat dari perang tapi adiknya menghilang. Ia percaya kalau adiknya masih hidup dan menggunakan hal itu sebagai penyemangat untuk memulai bisnis di black market. Ia berjualan sambil menyebar poster tentang adiknya.
Saat itu-lah Kenzo muncul di kedainya. Tapi Kenzo yang ia temui sekarang berbeda, sama sekali tidak tersenyum, tidak seperti Kenzo yang dulu. Kenzo ingin kembali ke Okinawa tapi tidak bisa, ia mulai membantu bisnis Fusako. Fusako sangat menyukai Kenzo yang merupakan anak baik dan pandai memasak. Fusako yang sendirian sangat bahagia ada keluarga yang bersamanya. Ia bahkan membuatkan pisau memasak untuk Kenzo karena yakin Kenzo akan terus memasak bersamanya.
Tahun berikutnya, Kenzo akhirnya bisa kembali ke Okinawa. Dia berjanji akan kembali ke Tokyo setelah memastikan keselamatan keluarganya. Tapi Kenzo tidak pernah kembali. Setahun kemudian Kenzo mengirim surat pada Fusako meminta maaf karena ia tidak bisa kembali ke Tokyo, ia sudah menikah dan ingin membesarkan anak-anaknya di Yanbaru. Saat itulah Fusako merasa dikhianati oleh keponakannya.
 
Setelah perang berakhir, ibu masih bersama adik laki-lakinya, pindah dari satu tempat ke tempat lain. Itu sangat melelahkan. Pada akhirnya adiknya meninggal dunia dalam pelukannya. Suatu hari ditahun 1946, Ibu bertahan sendirian dan merasa kehilangan semangat hidupnya. Saat itulah dia bertemu kembali dengan ayah yang kesana kemari mencari keluarganya. Seluruh keluarga ayah Nobuko (Kenzo) meninggal dalam perang. Ibu yang saat itu melihat ayah, satu-satunya keluarga yang tersisa baginya, langsung memeluk ayah yang ia panggil dengan 'nini'. Ibu merasa itu adalah reuni yang ditakdirkan.

***

Wah, aku nggak nyangka kalau ibu dan ayah ternyata kenal sejak masih muda. Ayah bekerja di restoran keluarga ibu dan ibu sudah menganggap seperti kakak laki-lakinya sendiri. Pantas saja ayah nggak kembali ke Tokyo, nggak mungkin meninggalkan ibu sendirian. Keduanya sama-sama nggak punya keluarga lagi, hanya tinggal mereka berdua. Kenapa ayah nggak mengajak ibu ke Tokyo aja? 
mungkin karena ibu ingin tetap di Okinawa. 

Disini udah jelas apa hubungan Nobuko dan Fusako. Awalnya aku pikir cuma kenalan biasa aja, misalnya ayah dulu kerja di tempat Fusako, ga ada tali saudara. Ternyata mereka sedekat itu. Fusako dan nenek Nobuko (dari pihak ayah) adalah kakak adik kandung. Artinya Fusako nenek Nobuko dong ya?

Episode ini penuh dengan hal mengejutkan. Ternyata Ayah Nobuko adalah guru sanshin Saburo. Nggak nyangka banged. Aku pikir mereka kenal begitu saja karena ayah kerja dengan Fusako dulu.

Btw drama ini guestnya lumayan banyak ya. Yang jadi ayah dan ibu Nobuko saat masih muda adalah Sakurada Dori & Mio Yuki. Trus ibunya Kazuhiko juga akan muncul, pemerannya Syzuki Honami. wew.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts