Senin, 11 Juni 2018

[Review] Anime Series: Tsuki ga Kirei (2017)


Tsuki ga Kirei / The Moon is Beautiful / As the Moon, So Beautiful adalah sebuah anime series yang tayang sebanyak 12 episode pada musim semi 2017 lalu. Awalnya ini akan menjadi anime airing yang akan aku ikuti, tapi setelah menonton 2 episode pertamanya, aku jadi bosan dan berhenti menontonnya.
Pada saat anime musim gugur tayang, aku iseng cek MyAnimeList dan aku cukup kaget karena anime ini ratingnya cukup tinggi. Aku jadi penasaran, apakah setelah aku berhenti menonton animenya jadi lebih bagus atau bagaimana, jadi aku mendownload ulang dan ternyata memang bagus.
Tsuki ga Kirei mendapat point 8,36 dan menduduki ranking ke-191 di MAL, lumayan untuk sebuah anime movie yang menurut aku ceritanya awalnya agak membosankan.

Tsuki ga Kirei tayang mulai 7 April sampai 30 Juni 2017. Anime ini bergenre Romance School dan kita sudah bisa menebak kisahnya bagaimana. Tapi bedanya, tokoh utamanya disini bukan anak SMA (biasanya romance school kebanyakan anak SMA) tapi anak SMP. Makanya awalnya, aku merasa kemudaan deh mereka cinta-cintaan HAHHAAAHA. Tapi menariknya, disini adalah awal cinta dimulai, mulai dari bagaimana mereka berkenalan, menjadi dekat, pacaran, rasa cemburu, keraguan, kesetiaan, sampai akhirnya keduanya mendapat akhir yang sangat bahagia.
Biasanya, dalam anime-anime seperti ini, penulis akan membuat open ending, tapi aku salut dengan penulis/mangaka/animator Tsuki ga Kirei ini, mereka menyuguhkan ending yang membuat penggemar sangat puas dan aku rasa itu adalah alasan kenapa anime ini ratingnya tinggi. Endingnya memang bagus banged. selain itu, aku rasa kisah cinta mereka disini itu cukup dewasa, meski mereka masih SMP, dalam artian, nggak kayak shoujo biasanya yang banyak blushing bla bla bla HHAHAHHA.
Selain itu yang membuat anime ini menarik banged adalah epilog setiap episodenya. Sepanjang drama ini, yang diceritakan adalah masalah OTP utama, tapi epilognya penulis memilih masalah cinta orang-orang disekitar OTP, jadi meski singkat, tapi sangat menarik. Aku sih selalu menunggu epilog tiap episodenya dan aku senang sekali saat special episode tayang, isinya epilog semuanya HAHAHAHAHAHHA.

Director dari anime series ini adalah Kishi Seiji yang pernah menangani anime Angel Beats, Seto no Hanayome, Kappamaki, Kamisama dolls, Fate dan masih banyak lagi.
Untuk seiyuu-nya, aku nggak terlalu kenal nih, karena aku memang jarang update seiyuu anime. Seiyuu heroine-nya adalah Kohara Konomi (Gakuen baby) dan seiyuu lead malenya adalah Chiba Shouya (Haikyuu, The iDOLM@aster).

Nilai plus lain dari anime ini adalah OST-nya, indah bangeeeeeeed, terutama insert songs-nya. Rasanya adem banged mendengarkan ost drama ini. Penyanyi OST anime ini adalah Touyama Nao, dia menyanyikan Opening, Ending dan Insert Songs anime ini.Kalau aku nggak salah insert song anime ini ada banyak banged, terutama di endingnya.
OST favorite aku dari anime ini adalah 'Hatsukoi' yang ada di episode 3 ^^~

Meski genre drama ini adalah romance school, aku rasa aku bisa menambahkan sedikit slice-of-life ke dalam genre-nya. Karena cerita kehidupan sehari-hari sang tokoh utama juga cukup kental disini.
Berikut ini aku akan menceritakan secara ringkas mengenai movie ini dan tentu saja berisi spoiler :)


SINOPSIS
-Spoiler Alert!-

Anime ini mengambil latar kelas 3 SMP disebuah sekolah, saat tahun ajaran baru. Tokoh utama disini adalah Mizuno Akane, anggota klub lari dan Azumi Kotaro, seorang anak yang mempunyai impian menjadi seorang penulis.
Pada awalnya, Akane dan Kotaro tidak saling kenal, mereka mempunyai kelompok masing-masing meski mereka berdua satu kelas. KArena satu kelas, mereka mungkin tahu nama masing-masing, tahu wajah, tapi ya sekedar tahu aja.
Ada adegan dimana keluarga mereka makan ditempat yang sama dan mereka berdua saling menyadari, jadi agak malu-malu gitu, apalagi kalau orang tua, ketemu sama orang tua teman anaknya kan agak heboh gitu heehhehehehe.

Karena aku nontonnya udah agak lama sebelum menulis ini, jadi aku agak lupa bagaimana awalnya mereka saling menyadari satu sama lain, tapi aku ingat mereka berdua mulai dekat saat mereka terpilih menjadi panitia festival olahraga. Akane meski pemalu, tapi dia cukup aktif dan ia kemudian tahu kalau tiap tahun, ada grup chat di LINE bagi panitia dan pembagian tugasnya disana. Akane menyadari kalau KOtaro nggak tahu ada grup, dia ingin add tapi nggak tau id-nya, pada akhirnya dia lupa dan saat itulah KOtaro dimarahi senior karena telat datang atau nggak melakukan tugasnya.
Akane jadi merasa bersalah pada Kotaro, dan saat ia meminta maaf, disana mereka tukar id LINE dan mulai lah PDKT mereka berdua melalui chat LINE.

Hubungan Akane dan KOtaro ini cukup unik menurutku, mereka hampir chat tiap malam tapi kalau di sekolah mereka jarang bicara. Mereka kadang saling melirik dan menyadari kehadiran masing-masing, tapi nggak ngobrol. Tapi nanti kalau malam tiba, mereka akan chatting di LINE, ih gemesssss, anak zaman sekarang banged HHAHAHAHAHAHA. Chat mereka pun nggak aneh-aneh sih, percakapan biasa aja.
Akane adalah anak bungsu dari 2 bersaudara, kakaknya duduk dibangku SMA, ia sekamar dengan kakaknya dan kadang ia sering meminta saran pada kakaknya.
Keluarga mereka sebenarnya sering pindah-pindah karena pekerjaan ayahnya. Akane cukup populer di klub lari, meski ia kelihatan kalem dan pemalu, larinya cukup kencang. Lari adalah hal yang sangat ia sukai.
Akane tidak kelihatan dekat dengan anak laki-laki dikelasnya, tapi ia cukup dekat dengan ketua klub lari, Hira Takumi. Mereka berdua sering bercanda dan adu mulut, aku bisa melihat jelas kalau Hira menyukai Akane tapi Akane kayaknya nggak sadar. Dan teman-teman satu klub sebenarnya menyadari hal itu dan sering membantu Hira untuk berduaan dengan Akane.


Kotaro sendiri adalah anak tunggal di keluarganya. Ia sangat menyukai novel dan punya impian menjadi penulis, ia selalu diam-diam menulis dan tempat nongkrong favoritenya adalah sebuah toko buku.
Kotaro sering mengirimkan karyanya tapi nggak pernah menang, tapi ia tak menyerah. Karena sudah kelas 3, orang tuanya cukup khawatir karena nilai Kotaro tidak membaik sementara Kotaro terus menulis dan menulis. Aku rasa orang tuanya mulai melarangnya menulis, makanya Kotaro sering menulis diam-diam di kamarnya. Kalau orang tuanya datang, ia akan pura-pura belajar.
Tulisan KOtaro ini lebih ke literatur klasik gitu, aku kurang tau sih istilah tepatnya bagaimana, tapi judul Tsuki ga Kirei ini juga dari sebuah tulisan penulis favorite KOtaro.
Tsuki ga Kirei bisa diartikan sebagai Bulan sangat indah, tapi dalam novel yang dibaca Kotaro, itu bisa diartikan sebagai 'aku menyukaimu'.

Meski Kotaro masih SMP, tapi Kotaro sudah terjun ke masyarakat. IA secara rutin mengikuti pertemuan para pemuda di kuil dan ia adalah salah satu panitia dan anggota dalam sebuah festival yang akan datang, jadi kehidupan KOtaro memang cukup sibuk.
Melalui chat LINE dengan Akane, Kotaro memberitahukan mengenai aktivitasnya sehari-hari dan suatu hari Akane datang menemui Kotaro saat latihan. Mereka berdua duduk dibawah sinar bulan dan mengobrol. Awalnya mereka nggak banyak bicara, tapi suasananya memang romantis banged dan disanalah mereka saling menyatakan perasaan dan mulai pacaran.

Tapi meski sudah pacaran, hubungan mereka sama sekali nggak berubah. Di sekolah mereka juga nggak bicara, dan lebih banyak ngobrol via LINE saat malam hari.
TApi bukan berarti mereka nggak pengen ketemu. Mereka berusaha ketemuan, seperti makan bento bareng, tapi mereka kesulitan karena mereka merahasiakan hubungan dari teman-teman yang lain. Mereka biasanya selalu ngumpul dengan kelompok masing-masing, kalau tiba-tiba hilang kan semuanya bakalan curiga.
Tapi mereka akhirnya menemukan solusi dari masalah itu dan bahkan menemukan tempat ketemuan mereka, yaitu di perpustakaan yang tidak ramai pengunjung. Kotaro adalah penjaga perpustakaan itu.
Yang mereka lakukan ya biasa aja, makan terus ngobrol ini dan itu.

Awalnya hubungan cinta mereka berdua adem aja. Masalah dimulai saat Akane tahu kalau teman satu klubnya Chinatsu menyukai Kotaro. Karena Akane dan Kotaro pacaran diam-diam, jadi Akane tidak bisa memberitahunya. Chinatsu sendiri sebenarnya tahu kalau keduanya pacaran tapi ia sengaja terus mendekati Kotaro. Chinatsu ini sebenarnya anak baik, tapi aku benar-benar nggak suka caranya merebut pacar orang.
Setelah akane memberitahu mereka pacaran, Chinatsu malah meminta izin untuk terus bisa menyukai Kotaro. Kotaro sendiri hanya menganggap Chinatsu teman, KOtaro dasarnya baik jadi memang baik pada Chinatsu. Akane nggak bisa melakukan apapun, apalagi saat tahu Chinatsu mendaftar di SMA yang sama dengan Kotaro, Akane jadi makin galau. Intinya ini Chinatsu orangnya, gue nggak peduli kamu itu pacar temanku, tapi aku akan terus mengejar dan menyukaimu.
Ia bahkan berusaha membuat Hira untuk jadian dengan Akane, karena menurutnya dia dan Hira senasib. Untungnya Hira orangnya nggak jahat. Hira tulus menyukai Akane, ia sama sekali nggak tahu kalau Akane dan Kotaro pacaran, makanya ia juga berusaha terus mendekati Akane, sayangnya, ia kalah sebelum perang, ia tahu kalau Akane pacaran dengan Kotaro sebelum sempat mengungkapkan perasaannya. Tapi ia menerima kekalahannya.
Kalau Chinatsu sama sekali nggak begitu, sejak awal dia memang agak iri pada Akane yang lebih berkembang darinya, dalam hal lari juga. Meski mereka berteman sih.

Masalah lainnya adalah saat Akane tahu ayahnya ternyata akan kembali pindah kerja ke tempat yang jauh dan tentu saja dia harus ikut, itu artinya dia dan Kotaro akan berhubungan jarak jauh. Akane sama sekali tidak punya rasa percaya diri akan hal itu, apalagi karena Chinatsu satu SMA dengan Kotaro. Ditambah lagi kakaknya juga mengatakan kalau LDR itu jarang akan berhasil dan hanya akan membuat Akane nantinya resah dan gelisah, lebih baik diakhiri saja secepatnya.
Awalnya Akane memang ingin mengakhirinya, tapi Kotaro meyakinkan kalau mereka bisa melaluinya. KOtaro berjanji akan mengunjungi Akane setiap bulan setelah ia gajian dari kerja sambilannya dan yakin kalau mereka berdua akan bisa melalui hubungan jarak jauh itu.
Seingatku Akane masih ragu sampai akhir dimana ia berangkat tapi pada akhirnya ia setuju untuk menjalani hubungan jarak jauh dengan Kotaro.

Dalam hubungan jarak jauh, kepercayaan dan kesetiaan adalah hal yang utama. Dan aku menyukai bagaimana penulis menunjukkan ending OTP di episode 12 dimana mereka berhasil dengan hubungan jarak jauh mereka.
Meski hanya sepoting demi sepotong, mereka memperlihatkan kejadian setelah perpisahan OTP, dimana Kotaro menepati janjinya datang setiap bulan, mereka selalu chatting di LINE, tentu saja mereka pernah bertengkar, tapi kemudian baikan lagi, setelah lulus SMA, aku lupa mereka kuliah atau kerja, tapi aku sangat mengingat bagaimana Kotaro membantu memilihkan apartemen untuk Akane karena ia mulai hidup sendiri, juga Kotaro datang ke rumah Akane untuk memperkenalkan diri dan akhirnya menikah dengan Akane. Ending anime ini memperlihatkan kalau Kotaro tetap menjadi bagian panitia festival dan ditahun anak pertama mereka lahir, seluruh keluarga berkumpul dan mengambil foto bersama.
Sangat indahhhhhh!!!!!!!!

Pokoknya ini anime kalem banged dan menghangatkan hati, indah banged.
Aku suka bagaimana dua tokoh utama saling mendukung satu sama lain. Saat Akane mengikuti kejuaraan terakhir di SMP, meski ia meminta Kotaro jangan datang karena ia malu, Kotaro datang diam-diam.
Saat Kotaro kesulitan dengan novelnya, saat ia akhirnya bisa debut tapi malah disuruh untuk menulis hal berbeda dari keinginannya, ia jadi galau dan Akane menyemangatinya.
Saat Kotaro tampil di festival, akane datang menonton dan Kotaro ditengah kesibukannya selalu menyempatkan diri untuk menemui Akane.
Pokoknya hubungan mereka berdua asik banged.

Aku sangat merekomendasikan anime ini pada kalian yang suka menonton anime series, meski awalnya kelihatan membosankan, tapi ternyata sangat indah.
Aku bahkan berharap ada season 2 untuk anime ini, setidaknya menceritakan saat mereka LDR sampai menikah, tapi kalau misalnya banyak bertengkarnya trus cemburu dan cemburu mending nggak usah HAHAHAHHAHA. Tapi meski anime ini fokus ke masa SMP kedua tokoh, endingnya itu udah happy banged, meski hanya sebuah foto yang diperlihatkan lol.
Selain hubungan 2 tokoh utama, yang menarik dari anime ini dibagian endingnya ada sedikit diceritakan kisah cinta teman-teman Akane, meski nggak panjang tapi bikin baper juga.

Aku cukup excited kalau ada live action meski aku tahu konsekuensinya, tapi kalau misalnya ada live action anime ini aku sangat menantikannya. Tapi anime ini ceritanya itu kalem banged, konfliknya nggak terlalu WAH, tapi justru dekat denga kehidupan sehari-hari, mungkin kalau dibuat LA-nya, ini termasuk jadi LA yang nggak akan populer. Tapi ya siapa tahu banyak yang tertarik HAHAHHA.

Share:

2 komentar:

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts