Tuesday, 13 November 2018

[Review] C-Drama: My Huckleberry Friends (2017)

Desember 2017 lalu aku memperkenalkan drama My Huckleberry Friends melalui blog ini sebagai salah satu drama China yang menarik perhatianku setelah A Love So Beautiful. Saat itu aku benar-benar tertarik dengan dramanya, sayangnya My Huckleberry Friends tidak populer secara internasional jadi nggak ada yang bikin subtitlenya. Setelah beberapa episode tayang, barulah ada yang membuat eng sub-nya, tapi rilisnya lama banged. Aku sempat menonton dramanya tanpa subtitle beberapa episode, tapi pada akhirnya aku menyerah karena aku benar-benar tidak mengerti bahasa China HAHAHHAHAAHAH.
Aku tetap mendownload dramanya sampai tamat dan seperti biasa aku simpan di hardisk. Saat subtitlenya udah complete, aku sebenarnya pengen lanjut nonton tapi moodnya itu susah banged nemunya.

Dan pada Oktober 2018 lalu, ada gosip kalau dua pemeran utamanya Li Landi dan Steven Zhang kedapatan berkencan berdua, aku jadi tertarik lagi untuk menonton. Apalagi saat tahu kalau keduanya memerankan Sung Deok Sun dan Kim Jung Hwan dalam sebuah stage play Reply 1988, jadi makin tertarik. Dan karena alasan itulah aku mulai nonton My Huckleberry Friends lagi hehehheheehhe.

My Huckleberry Friends adalah drama IQIYi yang tayang mulai November 2017. Drama ini pernah aku bahas tahun lalu tapi sepertinya banyak kesalahan di dalamnya karena memang saat itu source mengenai drama ini sangat sedikit. My Huckleberry Friends adalah adaptasi dari novel Bae Yue Chang An yang sebelumnya sukses dengan With You. Aku juga sempat menonton With You beberapa episode, tapi belum selesai juga nih HAHAHAHHA (mungkin nunggu couplenya kedapatan kencan dulu kali ya baru mulai lagi HAHHAHAHA).
Drama berjulmah 30 episode ini dibintangi oleh Li Landi, Steven Zhang, Zhou Cheng Ao, Xu Meng Yuan, Zhao Jian Lei, Tang Meng Jia, Jiang Yi Ru, Jiang Yuan, Cao En Qi, Liu Jun Qi, Cheng Peng Wan Li dan masih banyak lagi. Aku sangat jarang nonton drama china, jadi jujur aja saat memulai nonton drama ini aku sama sekali tidak mengenal para tokohnya. Aku hanya tertarik karena ceritanya bertema sekolahan dengan sedikit romance HAHAHHAHAHA.

Drama ini School, Youth, Romance, udah kelihatan dari posternya sih. Tapi ternyata dramanya nggak terlalu banyak romancenya, lebih fokus pada kehidupan sehari-hari siswa SMA di sebuah sekolah paling top di provinsi tersebut. Kalau memang pengen nonton drama yang benar-benar bertema sekolah, maka drama ini cocok banged. Karena disini diperlihatkan kehidupan sekolah mereka dari kelas 1 SMA sampai 3 SMA. Bagaimana mereka memilih jurusan apakah IPA atau IPS, kegiatan sekolah yang tidak boleh mempengaruhi nilai mereka, persahabatan, kisah cinta, impian mereka, menghadapi ujian nasional dan ujian masuk universitas, harapan orang-orang pada siswa dari sekolah paling top di provinsi mereka. Drama ini juga akan membahas mengenai keluarga para tokoh utama satu per satu. Orang tua yang menuntut anaknya menjadi yang terbaik tanpa peduli perasaan sang anak atau orang tua yang membiarkan anaknya memilih apa yang ia inginkan. Bukan hanya masalah orang tua, masalah para guru juga dibahas disini, jadi menurutku sih ini drama human drama banged.
Meski ceritanya lebih ke kehidupan sekolah mereka tapi ada kisah cintanya juga, nggak terlalu kental sih menurutku, tapi tentu saja di kehidupan anak SMA kalau nggak ada kisah cinta rasanya nggak lengkap HAHAHHAHAHAH. PDKT mereka juga ala-ala anak SMA sih, nggak parah. Apalagi pasangan utama drama ini, hubungan mereka itu TTM sampai akhirnya menikah. Meski sebenarnya aku kecewa dengan ending couple utama yang menurutku kurang banged hehehhheheh.

SINOPSIS
-spoiler alert-

Xiang Qian & Zhou Zhou
SMA Zhen Hua adalah sebuah SMA favorit, bisa dibilang terbaik di provinsi tersebut. SMA Zhen Hua sangat disiplin, selalu memperhatikan murid karena itu banyak lulusan SMA Zhen Hua yang berhasil di masyarakat. Di sekolah tersebut hubungan asmara sangat dilarang, kalau ketahuan konsekuensinya bisa dikeluarkan dari sekolah.
Yu Zhou Zhou (Li Landi) adalah seorang siswi kelas 1 SMA Zhen Hua yang sangat pintar dalam bidang matematika dan menjadi harapan besar bagi pihak sekolah. Tapi Zhou Zhou yang diharapkan memilih jurusan IPA malah masuk ke jurusan IPS. Zhou Zhou memang pintar tapi ia tidak terlalu tertarik dengan IPA dan lebih memilih ilmu sosial dan hal itu didukung oleh paman dan bibi yang membesarkannya.
Ling Xiang Qian (Tang Meng Jia) adalah teman sekelasnya saat kelas 1 yang selalu menganggap Zhou Zhou saingannya karena ia tak pernah menang dari Zhou Zhou. Ia juga memilih jurusan IPS dengan harapan ia bisa mengalahkan Zhou Zhou disana. Xiang Qian dibesarkan dalam keluarga kaya dimana ibunya selalu memaksa Zhou Zhou menjadi yang terbaik, ia bahkan tak segan menyogok pihak sekolah agar lebih memperhatikan puterinya, menjadikannya ketua kelas dan bahkan meminta Xiang Qian menjadi ketua osis. Tapi Xiang Qian sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan hal itu, ia memang ingin menjadi nomor 1 tapi ia tak suka ibunya melakukan hal seperti itu. Bahkan saat pemilihan ketua osis ia sengaja mengundurkan diri karena ia tidak ingin menjadi ketua osis.

Jiang Chuan & Lin Yang
Lin Yang (Steven Zhang) adalah siswa SMA Zhen Hua kelas 1, sama seperti Zhou Zhou. Lin Yang sejak awal terlihat tertarik dengan Zhou Zhou dan selalu mengikutinya diam-diam. Pada awalnya alasan Lin Yang melakukan itu tidak dijelaskan jadi memang membuat penasaran sampai episode 6.
Lin Yang juga termasuk siswa harapan di Zhen Hua karena ia pintar. Ia mendaftar ke jurusan IPA tapi saat tahu kalau Zhou Zhou mendaftar ke jurusan IPS, ia diam-diam masuk ke ruang pengawas dan mengganti data di komputer pengawas tersebut. Alasannya agar ia bisa sekelas dengan Zhou Zhou. Tapi saat ia ketahuan, ia dimarahi pihak sekolah bahkan hampir dikeluarkan dari sekolah, tapi untung saja ia hanya diberi peringatan dan kembali ke kelas IPA.
Jiang Chuan (Zhao Jian Lei) adalah teman sekelas Lin Yang, sahabat dekatnya.  Mereka berdua selalu cocok satu sama lain, meskipun kadang mereka bertengkar tapi baikannya cepat banged. Ia menyukai Xiang Qian dan selalu mengejar-ngerjar gadis itu meskipun ia ditolak berkali-kali tapi ia tidak menyerah. Mereka berdua tipe yang nggak nyerah mengejar gadis yang mereka sukai.

Zhou Zhou, Xiang Qian, Lin Yang dan Jiang Chuan ini adalah teman masa kecil, mereka pernah masuk ke TK yang sama.
Zhou Zhou adalah anak baru di kelas mereka saat TK dan dengan cepat akrab dengan Lin Yang karena sebelumnya Zhou Zhou pernah bertemu dengan Lin Yang, Jiang Chuan dan Xiang Qian saat mereka bermain di taman. Zhou Zhou dibesarkan oleh ibunya sendirian, ia tidak mempunyai ayah. Saat Zhou Zhou sudah masuk usia sekolah, ayahnya muncul di hadapannya, tapi ia terlalu kecil untuk mengetahui apa yang terjadi mengenai rahasia kelahirannya. Ayah Zhou Zhou membantu Zhou Zhou mendapatkan surat keluarga, akta lahir dlsb sehingga ia bisa masuk sekolah.
Tapi dengan cepat gosip mulai menyebar bahwa Zhou Zhou adalah anak haram. Ayah Zhou Zhou adalah paman Lin Yang, ayah dari Zhen Ran (Hu Shi Qun) yang juga sekelas dengan mereka. Terjadi pertengkaran hebat di kelas mereka dan Lin Yang berusaha melindungi Zhou Zhou.
Pertengkaran ibu membuat orang tua murid dipanggil dan ibu Shen Ran tau kalau ibu Zhou Zhou adalah selingkuhan suaminya menanamkan rasa kebencian pada ibu Zhou Zhou dan Zhou Zhou.

Little Zhou Zhou and Lin Yang
Sepertinya setelah kejadian itu Zhou Zhou pindah sekolah tapi ia masih berhubungan dengan Lin Yang, mereka berjanji masuk ke SMP yang sama tapi pada akhirnya Zhou Zhou memilih SMP yang berbeda. Pertemuan mereka selanjutnya adalah di taman bermain saat Zhou Zhou, ibu dan calon ayah barunya liburan di taman bermain. Pertemuannya dan Lin Yang itu membuat mereka semakin dekat. Ayah dan ibu Zhou Zhou menikah dan akan bulan madu ke luar negeri tapi bertepatan dengan janji Zhou Zhou dan Lin Yang untuk kencan bersama-sama. Meski Zhou Zhou sudah menolak tapi Lin Yang tetap memaksa sehingga ayah dan ibu harus mengundur bulan madu mereka. Dan saat ayah dan ibu ke agen travel untuk mengundur waktu bulan madu, terjadi kecelakaan yang menyebabkan Zhou Zhou kehilangan orang tuanya.
Zhou Zhou menganggap semua itu adalah kesalahan Lin Yang, dan Lin Yang juga merasa sangat bersalah karena hal itu. Zhou Zhou kemudian pindah dari rumah lamanya bersama paman dan bibinya. Sejak itu, Lin Yang dan Zhou Zhou tidak pernah bertemu lagi.
Mereka bertemu lagi saat sama-sama masuk ke SMA Zhen Hua. Lin Yang selalu memperhatikan Zhou Zhou dari jauh, ia tak berani mendekat dan Zhou Zhou juga menyadari keberadaan Lin Yang tapi ia cuek saja.
Mi Qiao, Zhou Zhou & si kacamata, lupa namanya hahahahaha
Karena kejadian masa lalu itu, Zhou Zhou tumbuh menjadi anak yang tidak tahan melihat orang lain kesulitan. Ia selalu mengulurkan bantuannya karena ia tahu bagaimana asanya diabaikan. Berkat itu, di kelasnya yang baru, Zhou Zhou berkenalan dengan Mi Qiao (Li Qian) dan teman sebangkunya yang aku lupa namanya siapa. Ia dan Mi Qiao adalah penggemar anime yang akan membuka klub anime tapi tidak diperbolehkan. Zhou Zhou membantu mereka membuka klub tersebut dengan menjadi anggota klub. Berkat Mi Qiao, Zhou Zhou tidak kesepian lagi di sekolah. Mi Qiao adalah sahabat terbaik Zhou Zhou.
Mi Qiao tahu kalau LIn Yang menyukai Zhou Zhou dan diam-diam selalu menciptakan kesempatan bagi Lin Yang untuk mendekati Zhou Zhou atau sekedar membantu Lin Yang untuk memberikan sesuatu pada Zhou Zhou karena Lin Yang memang nggak berani bicara langsung pada Zhou Zhou. Mi Qiao juga sering memanfaatkan Lin Yang karena ia tahu kelemahan Lin Yang adalah Zhou Zhou. lol.

Xin Rui & Zhi Qiang
Xin Rui (Xu Meng Yuan) dan Zhi Qiang (Liu Jun Qi) adalah dua siswa penerima beasiswa di SMA Zhen Hua. Keduanya berasal dari keluarga miskin dan masuk ke kelas yang sama dengan Zhou Zhou dkk. Zhi Qiang mudah beradaptasi dengan teman sekelasnya sementara Xin Rui selalu menutup diri. Ia tidak banyak bicara dan semat dibully oleh teman sekelasnya, Zhi Qiang juga sering membully Xin Rui untuk membawakannya rokok dari kedai orang tua Xin Rui. Tapi Zhi Qiang kelihatannya hanya tsundere, meski kejam sih menurutku, tapi ia menyukai Xin Rui.
Zhou Zhou kemudian mengulurkan bantuan, selalu mengajak Xin Rui bicara dan bahkan mengajarkannya Bahasa Inggris. Xin Rui memang sangat lemah dalam pelajaran bahasa inggris dan selalu dimarahi guru. Zhou Zhou benar-benar sangat baik pada Xin Rui dan menjadi satu-satunya teman Xin Rui. Zhou Zhou juga mengajarkan Xin Rui bagaimana menghadapi diri sendiri, bagaimana menjadi tokoh utama dalam kehidupan sendiri yang mampu mengubah Xin Rui 100%.
Dalam waktu singkat, Xin Rui berhasil menjadi siswa TOP di kelasnya, bahkan menggeser posisi Zhou Zhou dan Xiang Qian yang selalu menjadi urutan teratas. Para guru sangat kagum dengan usaha Xin Rui dan Xin Rui selalu dipuji karena hal itu. Tapi itu juga membuat hubungan Zhou Zhou dan Xin Rui jadi menjauh.
Xin Rui tidak sepolos kelihatannya, hatinya ternyata lebih berduri dari yang dibayangkan. Ia memulai aksinya dengan menjadi yang terbaik di kelas, ia juga mendekati Lin Yang dan berteman dengannya, ia ingin merebut Lin Yang dari Zhou Zhou. Ia melaporkan pada pengawas kalau Lin Yang dan Zhou Zhou pacaran dan sempat menjadi sasaran pengawas. Bahkan saat ujian nasional percobaan, Xin Rui berhasil membuat Xiang Qian dan Zhou Zhou didiskualifikasi agar ia dapat tiket masuk universitas tanpa tes.

Ben Ben & Zhou Zhou
Zhou Zhou termasuk siswi yang pintar tapi ia sangat lemah dalam pelajaran Geografi. Ia harus berusaha lebih keras dari biasanya. Ia juga mulai membuka hatinya untuk Lin Yang dan jadi sering menghabiskan waktu dengan Lin Yang, ia membantu Zhou Zhou dalam pelajaran Geografi. Zhou Zhou sudah memaafkan Lin Yang sejak lama, hanya saja ia tidak bisa mengungkapkannya. Lin Yang selama ini selalu merasa bersalah dan mencurahkan semuanya untuk membuat Zhou Zhou bahagia. Ia selalu membantu Zhou Zhou diam-diam dan merasa kalau dirinya yang paling mengenal Zhou Zhou. Tentu saja ia menyukai Zhou Zhou dan sempat kalang kabut saat ada pria yang ternyata mengenal Zhou Zhou lebih awal darinya, bahkan lebih mengenal Zhou Zhou dari dirinya.
Pria itu adalah Ben Ben (Zhao Cheng Ao) teman masa kecil Zhou Zhou. Rumah mereka dulu berdekatan dan Ben Ben sering main dan makan di rumah Zhou Zhou. Ayah Ben Ben sangat pemarah dan sering memukuli Ben Ben, karena itu Ben Ben selalu bersembunyi di rumah keluarga Zhou Zhou. Kalau nggak salah sih Zhou Zhou lebih tua dari Ben Ben. Ben Ben tidak menyukai Zhou Zhou secara romantis, ia menyukainya sebagai sahabat dan sebagai balas budi ia selalu ingin melindungi Zhou Zhou. Ia tahu kalau Lin Yang hanya akan membuat Zhou Zhou bersedih akan ibunya, makanya ia tidak menyukai Lin Yang.

Ben Ben & Mi Qiao
Ben Ben membuka bisnis sate panggang di samping SMA Zhen Hua bersama geng-nya agar ia bisa lebih sering bertemu Zhou Zhou. Ia kemudian berkenalan dengan Mi Qiao dan menjadi sangat dekat dengan gadis itu.
Hubungan Mi Qiao dan Ben Ben sukses membuat drama ini semakin seru, kisah cinta mereka adalah kisah cinta paling berkesan dalam drama ini. Awalnya keduanya saling membenci tapi kemudian karena Ben Ben tahu kelemahan Mi Qiao, ia jadi dekat dengan Mi Qiao dan sering menghabiskan waktu bersama. Tanpa mereka sadari, keduanya saling jatuh cinta dan cinta mereka terlalu dalam sehingga Ben Ben sempat frustasi dan kehilangan semangat hidupnya saat Mi Qiao menghilang dari dunianya.
Tapi uniknya di ending drama ini, Ben Ben bertemu dengan seorang gadis dari Zhen Hua yang mengingatkannya pada Mi Qiao karena sama-sama bersemangat mengenai anime. Aku rasa akan ada love line diantara mereka meski nggak diperlihatkan dalam drama ini HAHAHAHAHA.


Zhou Zhou & Chen An
Selain Ben Ben, pria yang ada dalam kehidupan Zhou Zhou adalah Chen An (Cao En Qi). Zhou Zhou mengenal Chen An saat SD (atau SMP mungkin). Zhou Zhou menyukai Chen An karena Chen An adalah orang yang menyelamatkannya dari kesendirian. Zhou Zhou dan Chen An sama-sama menyukai musik, Zhou Zhou bermain cello dan Chen An bermain piano. Mereka masuk ke kelas musik yang sama.
Chen An juga lulusan Zhen Hua dan sedang kuliah di Beijing. Ia punya masalahnya sendiri di keluarganya dan bertemu dengan Zhou Zhou juga merupakan penyelamat hidupnya. Chen An dibesarkan oleh ayahnya yang tidak menyukai ibunya lagi da punya selingkuhan, setelah ibu Chen An meninggal mereka bahkan langsung menikah. Chen An sangat membenci ayahnya jadi ia hanya pulang sekali setahun ke rumah keluarganya sementara ibu tirinya tidak menyukai Chen An karena ia kahwatir Chen An akan mendapat warisan lebih banyak dari anaknya.
Chen An bahkan harus membuat keputusan untuk memutuskan hubungan dengan ayahnya dan berjanji tidak akan kembali ke keluarga itu lagi. Ending Chen An di drama ini sangat mengharukan saat ia kembali bertemu dengan ayahnya setelah sekian lama. Hal itu karena tunangannya ingin bertemu dengan ayah kandung Chen An sebelum mereka menikah, mereka menunggu di restoran sebuah hotel yang ada di lantai atas tapi ayah tidak juga datang. Saat mereka akhirnya pulang, ternyata lift hotel rusak dan Chen An menyadari kalau jangan-jangan ayahnya naik tangga darirat ke lantai 15 dengan kakinya yang sakit. Dan ternyata Chen An benar, aku menangis sesegukan saat adegan itu T_____T

Sebelum Chen An meninggalkan kota tempat ia dibesarkan, ia sempat menemui Zhou Zhou dan menyelamatkan Zhou Zhou dari amukan ibu Shen Ran yang datang pada Zhou Zhou lagi. Ia membawa Zhou Zhou ke pantai dan mereka menghabiskan waktu disana sebelum jam keberangkatan Chen An ke Beijing. Hal itu sempat membuat paman dan bibi Zhou Zhou khawatir, juga LIn Yang yang tahu Zhou Zhou menghilang.
Setelah kejadian itu, Lin Yang jadi menjauhi Zhou Zhou karena Zhou Zhou sama sekali tidak menghubunginya hari itu, Lin Yang mulai menganggap kalau Zhou Zhou benar-benar tidak peduli padanya padahal mereka sudah berbaikan. Berkat itu juga Zhou Zhou jadi merasa kalau selama ini Lin Yang benar-benar membantu hidupnya, jadi saat Lin Yang menghilang dari sekitarnya, ia merasa kehilangan. Saat mereka berbaikan kembali, LIn Yang dan Zhou Zhou benar-benar sangat akrab, beneran kayak orang pacaran, kemana-mana selalu bersama-sama, karena itulah muncul gosip yang dibuat oleh Xin Rui yang merasa dendam pada Zhou Zhou dan ia juga marah karena Lin Yang tidak menyukainya.
Lin Yang dan Zhou Zhou ini akrab banged, tapi mereka nggak pacaran, tapi lebih dari kayak orang pacaran HAHAHAHAHA.

Xiang Qian & Tian Guo
Xiang Qian menyukai salah seorang siswa Zhen Hua bernama Chu Tian Guo (Chen Peng Wan Li). Dia adalah salah satu siswa paling pintar di sekolah dan berhasil menjadi ketua osis. Keduanya tidak berpacaran tapi menyadari perasaan masing-masing. Mereka sering menghabiskan waktu di perpustakaan belajar bersama-sama dan sering mengobrol berdua, membuat Jiang Chuan cemburu berat. Mereka semakin lama semakin dekat dan sepertinya mereka mulai pacaran diam-diam. Tapi keduanya tidak cocok. Xiang Qian tidak tahu kalau Tian Guo berasal dari keluarga miskin, Tian Guo merahasiakannya. Tian Guo berusaha mengikuti cara kencan Xiang Qian tapi kadang ia kelihatan bingung sendiri karena ia tidak punya uang. Jiang Chuan tahu mengenai keluarga Tian Guo, tapi ia tidak mengatakan apa-apa pada Xiang Qian.
Saat malam natal atau tahun baru ya, aku lupa, keduanya sempat berjanji untuk kencan tapi Tian Guo tidak muncul dan Xiang Qian terpaksa menghabiskan malam natalnya dengan Jiang Chuan. Tian Guo sebenarnya ingin membeli hadian natal untuk Xiang Qian tapi uangnya tidak cukup, sehingga ia harus menunggu sampai jam 12.00 agar harganya turun. Untung saja setelah itu mereka berdua berbaikan.

Xiang Qian & Jiang Chuan
Tapi msalah dimulai saat gosip mengenai ada siswa top yang berpacaran, mereka berdua mulai menjaga jarak. Tapi keduanya ketahuan saat pengawas melihat mereka berduaan di sebuah ruangan, padahal saat itu Tian Guo hanya menghembus debu yang masuk ke mata Xiang Qian.
Keduanya dipanggil oleh pengawas dan dimarahi habis-habisan, saat itu Tian Guo berusaha melindungi dirinya sendiri dengan mengatakan kalau Xiang Qian yang memaksanya dan mereka tidak pacaran. Xiang Qian tentu saja terkejut karena Tian Guo melimpahkan semua kesalahan padanya. Ibu Xiang Qian sangat ketat dan memarahi Xiang Qian habis-habisan, Xiang Qian juga jadi kesulitan dalam pelajarannya sejak saat itu. Jiang Chuan benar-benar sangat marah pada Tian Guo tapi Tian Guo menutup telinganya.
Saat ujian percobaan untuk ujian nasional, Xiang Qian membuat contekan dan tak sengaja jatuh. Xin Rui melihat hal itu, awalnya ia menyembunyikan dengan sepatunya tapi pada akhirnya ia memberitahu guru dan membuat Xiang Qian dipermalukan, ia sangat stress dan kabur dari sekolah saat ujian berlangsung. Zhou Zhou yang melihatnya segera mengejar Xiang Qian diikuti oleh Jiang Chuan dan Lin Yang. Tian Guo benar-benar sangat memuakkan dibalik wajah manisnya.

Xiang Qian kabur tanpa tujuan dan Jiang Chuan berhasil menemukannya di TK tempat mereka biasa bermain. Jiang Chuan benar-benar menyukai Xiang Qian, ia percaya pada gadis itu dan mengatakan ia akan selalu ada disisi Xiang Qian. Sayangnya momen manis Jiang Chuan tidak bertahan lama karena Zhou Zhou dan Lin Yang muncul.
Setelah masalah itu, mereka berempat meminta maaf pada guru dan mereka didiskualifikasi dari penerima beasiswa untuk masuk universitas. Kalau mereka dapat peringkat teratas dalam ujian, mereka akan masuk universitas tanpa tes dan mendapat beasiswa. Pada akhirnya yang mendapatkan itu adalah Xin Rui dan Tian Guo. Sebenarnya ujian itu hanya ujian percobaan, tapi diujian sebenarnya mereka berempat nggak boleh ikut, jadi Xin Rui dan Tian Guo yang mendapat beasiswa. Saingan Xin Rui jelas Xiang Qian dan Zhou Zhou, sementara saingan Tian Guo adalah Lin Yang.
Tapi sejak kejadian itu, mereka berempat menjadi sangat dekat dan sering menghabiskan waktu bersama-sama. Mereka adalah teman sejak TK dan akan menjadi sahabat selamanya.

Karena didiskualifikasi dari penerima beasiswa, mereka berempat harus ikut ujian masuk universitas. Lin Yang pintar dalam bidang Fisika dan sejak awal impiannya memang bekerja dalam bidang yang berhubungan dengan Fisika. Zhou Zhou sama sekali tidak punya impian, ia tidak bisa memikirkan apa yang akan ia lakukan di masa depan. Ia juga tidak tahu harus mendaftar di universitas mana. Aku suka bagian saat Lin Yang mengatakan kalau ia selalu menjadikan Zhou Zhou sebagai tujuannya, ia ingin Zhou Zhou menjadikannya sebagai impiannya. Intinya, Lin Yang ingin Zhou Zhou mengikutinya ke Universitas yang sama. Sepertinya sih setelah itu Zhou Zhou benar-benar menjadikan Lin Yang sebagai tujuannya dan mengikutinya. Mereka tes di universitas yang sama, Zhou Zhou sempat sakit perut dan Lin Yang selalu ada disisinya, aku suka banged sama mereka hehehehe.

Para guru juga dibahas di drama ini. Wali kelas Zhou Zhou dkk agak aneh dan terlihat nggak terlalu peduli, dia mengajar sejarah. Tapi ia menjadi terpengaruh pada siswanya sendiri dan mulai mengajar mereka dengan serius. Ia dan pengawas sekolah adalah teman sejak kuliah, jadi diantara para guru hanya wali kelas yang berani melawan keputusan pengawas sekolah. Wali kelas Zhou Zhou dkk sangat baik, ia tidak terlalu memaksa anak-anak untuk belajar dan belajar, ia selalu menciptakan suasana kelas yang nyaman bagi mereka. Aku suka bagian saat anak-anak ujian masuk universitas, dia berkeliling mencari siswanya yang nggak bisa lewat karena macet.
Guru Fisika jurusan IPA dan wali kelas Lin Yang juga sedikit dibahas. Jadi guru Fisika kayaknya suka sama guru Geografi, tapi guru Fisika pengen menjodohkan wali kelas Lin Yang dan guru geografi, nggak tahu kenapa, mungkin supaya dia juga bisa pdkt karena kalau pdkt sendirian dia malu. Dia mengatakan idenya pada wali kelas untuk mengajak guru geografi kencan di bioskop, tapi setelah film mulai nanti dia akan meninggalkan mereka berdua. Wali kelas Lin Yang setuju, tapi ujung-ujungnya dia nggak datang ke bioskop dan membiarkan guru Fisika dan Geografi kencan berdua hehehehehehe.

Little Zhou Zhou & Papa
Paman dan bibi Zhou Zhou juga sangat baik dan sangat menyayangi keponakan mereka itu. Mereka selalu berusaha yang terbaik untuk Zhou Zhou sehingga Zhou Zhou nyaman tinggal di rumah keluarga. Mereka selalu mendukung keputusan Zhou Zhou. Mereka punya seorang anak laki-laki yang lebih tua dari Zhou Zhou yang juga menyayangi Zhou Zhou. Padahal aku takut awalnya mereka jadi paman dan bibi yang jahat HAHAHA.
Hubungan Zhou Zhou dan ayahnya juga dibahas dalam drama ini. Ayah Zhou Zhou sebenarnya cuma baik pada Zhou Zhou kalau dihadapan ibu Zhou Zhou, kalau diluar ia cuek pada Zhou Zhou dan itu sebenarnya menjadi penyebab gosip menyebar saat Zhou Zhou masih TK.
Zhou Zhou tidak menyukai ayahnya, bahkan setelah ia SMA, tapi bagaimanapun dia adalah adalah Zhou Zhou. Setelah ibu Shen Ran membuat keributan, ayah Zhou Zhou mencari Zhou Zhou lagi untuk bertemu dengannya terakhir kalinya karena mereka akan pindah ke Beijing, agar ibu Shen RAn tidak mengganggu Zhou Zhou lagi.
Zhou Zhou sempat kencan berdua dengan sang ayah, mereka sangat kaku tapi bisa kelihatan kalau mereka adalah ayah dan anak.
Saat mengantri masuk ke lokasi ujian masuk universitas, Zhou Zhou sempat melihat Shen Ran yang kebingungan karena pensilnya hilang. Zhou Zhou sebenarnya tidak terlalu menyukai Shen RAn, tapi Shen RAn tetap adiknya. Zhou Zhou kemudian meminjamkan Shen Ran pensilnya dan aku rasa itu adalah penyelesaian dari permusuhan mereka selama ini.
Shen Ran selalu tajut ayahnya akan diambil oleh Zhou Zhou karena sejak kecil ibunya menanamkan pikiran kalau ibu Zhou Zhou akan merebut ayahnya.

Ending drama ini adalah tahun 2017, dimana semua anak Shen Hua angkatan Zhou Zhou dkk sudah masuk ke dunia kerja.
Kehidupan mereka diperlihatkan satu per satu. Chen An seperti yang aku ceritakan diatas, dia akan menikah dan pindah ke Australian. Ben Ben setelah kepergian Mi Qiao tidak bersemangat akan hidupnya, ia membuka kedai sate tapi nggak niat jualan, sampai akhirnya ia menemukan video milik Mi Qiao yang belum pernah ia lihat, sebuah pesan padanya, ia mulai berfikir untuk berubah dan bergabung dengan 2 sahabatnya untuk membuka bisnis penginapan.
Xin Rui memutuskan hubungan dengan semua orang setelah kelulusan. Ia sekarang membuka perusahaan sendiri dan reuni dengan Zhi Qiang yang sudah punya bisnis warnet gitu. Zhi Qiang sebenarnya nggak sempat lulus SMA, dia masuk wajib militer. Ia mengirimkan surat setiap bulan pada Xin Rui tapi tidak pernah dibalas. Kehidupan Xin Rui setelah masuk dunia kerja sangat sulit dan saat ia benar-benar terpuruk, ia membaca satu per satu surat Zhi Qiang setelah pertemuan mereka. Ia kemudian mulai membuka hatinya untuk Zhi Qiang.
Xiang Qian bekerja disebuah perusahaan dan mulai tinggal bersama Jiang Chuan, entah sejak kapan mereka pacaran LOL. Xiang Qian sempat bertemu dengan Tian Guo secara tidak sengaja dan aku mulai sangat khawatir kalau dia akan pindah hati, tapi untung saja hati Xiang Qian sudah tidak bisa diubah lagi. Adegan Jiang Chuan melamar Xiang Quan sangat lucu. Tian Guo sendiri pacaran dengan anak bosnya dan menggunakan pengaruh anak bosnya itu untuk mendapat promosi.
Saat Xiang Qian mencoba baju pengantin, Zhou Zhou ikut bersamanya dan ikut mencoba gaun juga. Lin Yang terpesona pada gadis itu tapi Zhou Zhou sebenarnya rsah karena Lin Yang belum melamarnya juga.
Saat mereka makan malam bersama, Zhou Zhou berusaha membuat kode kode untuk Lin Yang agar melamarnya tapi Lin Yang nggak juga ngerti HAHAHHAHA. Tapi untungnya setelah ia paham, ia meminjam cincin dari pelanggan restoran untuk melamar Zhou Zhou.

Aku sebenarnya kesal karena ending Zhou Zhou dan Lin Yang kurang panjang, terasa terburu-buru jika dibandingkan dengan ending dari para tokoh lainnya. Aku bahkan nggak tahu pekerjaan Zhou Zhou dan Lin Yang apa. Cuma ada percakapan kalau Lin Yang baru pulang dari luar negeri dan Zhou Zhou juga baru pulang dari tugas kemanusiaan gitu.
Aku sebenarnya mendownload drama ini versinya berbeda dari yang ada subtitlenya di dramacools. Aku mendownloadnya saat dramanya baru tayang dulu. Jadi di episode 28 atau 29 gitu ya, ada yang berbeda dan subnya juga nggak cocok dibeberapa bagian.
Kalau nggak salah adegannya di pinggir pantai saat Lin Yang akhirnya mengatakan pada Zhou Zhou kalau ia menyukai Zhou Zhou, di versi yang pake sub, Zhou Zhou mengatakan ia juga menyukai Lin Yang, keduanya saling tersenyum dan judul episodenya tayang, kemudian time jump gitu.
Di versi yang aku download, setelah Zhou Zhou mengatakan dia juga menyukai Lin Yang, Zhou Zhou menambahkan 'tapi rasa sukaku dan rasa sukamu mungkin berbeda', kemudian Lin Yang kaget, Zhou Zhou bangkit dan meninggalkan Lin Yang. Kemudian time jump.
Aku masih bingung versi yang aku tonton itu yang bagaimana ya? Apakah masih ada sambungan sebelum time jump itu? Makanya pas time jump aku berharap mereka membahas itu setidaknya, tapi ternyata adegan episode 30 Lin Yang dan Zhou Zhou baru muncul pas fitting baju pengantin Xiang Qian. Aku masih penasaran sampai sekarang, ada apa sebenarnya? HAHAHAHHAHAHA. XD

Seperti yang aku ceritakan diatas, drama ini cukup menarik dan menurutku lebih menarik dari ALSB kalau suka drama yang tidak fokus pada kisah cinta. Kalau ALSB itu kan pure romance ya.
Kalau ada drama School series, aku harap dramanya akan seperti drama ini, jadi benar-benar tentang sekolah yang dibahas. Menarik. OST drama ini juga sangat enak untuk didengarkan, apalagi ending songnya aduhhh, adem.

Yang menarik dari drama ini menurutk sih karena semuanya dibahas ya, sampai ke kisah cinta para guru HAHAHHAHAHA. Favoriteku banged. SMA di drama ini sumpah ketat banged. Aku masuk ke sekolah negeri sih jadi nggak tahu apakah di Indonesia sekolah private atau sekolah terbaik di provinsi itu seketat ini. Tapi melihat dari drama ini, membayangkan aku masuk ke sekolah seperti itu rasanya pasti stress banged.  Stress para siswa di drama ini juga diperlihatkan, terutama Xiang Qian yang dituntut untuk selalu menjadi nomor 1. Aku sebenarnya tersentak saat Jiang Chuan mengatakan nggak apa-apa kalau Xiang Qian jadi nomor 2 tapi Xiang Qian mengatakan orang hanya akan ingat yang nomor 1 dan selalu melupakan yang nomor 2, 3 dst. Makanya ia berjuang untuk mendapat nomor 1. Memang sih ibunya berperan sangat besar dalam keinginannya untuk meraih posisi itu, tapi bukan berarti Xiang Qian juga nggak mau melakukannya.

Ibu Lin Yang juga  menuntut anaknya untuk belajar dengan baik, tapi nggak separah ibu Xiang Qian smapai terkesan memaksa meskipun kata ibu ini untuk masa depan Xiang Qian agar kelak dia nggak menyesal. Memang sih, apa yang dilakukan para guru terutama pengawas tampak kejam, tapi kalau dilihat jauh kedepan sebenarnya apa yang mereka lakukan itu ada gunanya. Menurutku ibu Lin Yang cukup normal karena nggak terlalu memaksa anakny. Ayah Lin Yang juga kelihatan bagus. Tapi ibu Lin Yang nggak suka sama Zhou Zhou, kalau mereka menikah kira-kira gimana reaksi ibu ya HAHAAHAHA. Sayangnya nggak diperlihatkan dalam drama ini.

Kalau Zhou Zhou mah sama sekali nggak dipaksa, paman dan bibinya menyerahkan semua pilihan pada Zhou Zhou, terserah Zhou Zhou ingin mengambil jalan apa, asalkan Zhou Zhou serius, yakin dengan keputusannya dan Zhou Zhou bahagia. Kehidupan masa lalu Zhou Zhou memang tampak menyedihkan, karena judge orang-orang pada dirinya yang tidak mempunyai ayah. Tapi ia bahagia dengan paman dan bibi yang sangat menyayanginya. Ia juga punya sahabat baik dan teman yang membantunya. Setidaknya di SMA meskipun masalah itu muncul lagi, Zhou Zhou punya orang yang ada dipihaknya selain keluarganya.

Aku sangat merekomendasikan drama ini bagi yang belum menonton, kebetulan kan subtitlenya udah complete hohohoho. Kalau suka sama drama tema sekolahan yang bener-bener sekolahan dan nggak mulu pacaran, maka drama ini cocok banged :))
Jadi bagaimana dengan gosip pacaran Li Lan Di dan Steven Zhang? Kata agensi sih mereka cuma temenan dan foto yang beredar itu adalah foto mereka lagi syuting variety. Nggak ngerti maksudnya karena sejauh ini nggak ada berita variety mereka. Yang ada cuma stage Reply 1988 itu, tapi nggak ada tuh syuting diluar studio. Jadi curiga HAHHAHAHAHAHA.

Share:

1 comment:

  1. Makasih mbaak udah ngereview salah satu drama favorit aku ❤
    Oiya aku mau ngerekomendasiin china movie yang menurut aku wajib ditonton ke mbak nih, judulnya Cry Me a Sad River (2018) ~

    ReplyDelete

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Daiki Shigeoka Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Ueno Juri Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts