Kamis, 25 April 2019

[Review] J-Movie: Shino-chan wa Jibun no Namae ga Ienai (2018)

Shino-chan wa Jibun no Namae ga Ienai atau Shino Can't Say Her Own Name atau Shino yang tidak bisa menyebut namanya sendiri adalah sebuah movie yang rilis pada Juli 2018 yang diangkat dari manga berjudul sama karya Oshimi Shuzo. Movie ini disutradarai oleh Yuasa Hiroaki (Koe Koi, Repeat, Tantei ga Hayasugiru) dan naskahnya ditulis oleh Adachi Shin (Nusumareta Kao, juushi no Yoru, USohappyaku). Movie berdurasi 110 menit ini dibintangi oleh 2 rookie actress Minami Sara (Dear Etranger, Cocoa) dan Makita Aju (After the Storm, Neko wa daku mono, Anone). Melalui movie ini keduanya cukup banyak menjadi nominasi dalam berbagai penghargaan di dunia perfilman sebagai rookie of the year.

Shino-chan wa Jibun no Namae ga Ienai adalah sebuah movie bergenre school, friendship, music dan psychological. Movie ini sekilas terlihat hanya seperti movie biasa dengan persahabatan dua orang gadis yang menyukai musik. Tapi sebenarnya lebih dalam dari itu. Seperti judulnya, movie ini menceritakan tentang Shino-chan yang tidak bisa menyebut namanya sendiri. Tapi dia bukan gadis bisu. Lalu karena apa? Gugup? Nervous? Dalam movie ini dibagian akhir dijelaskan kalau bukan itu alasannya, tapi memang dari sananya dia begitu dan itu adalah dirinya yang sebenarnya.
Di movie ini akting Sara Minami benar-benar mantap! Aku bisa melihat masa depannya sebagai aktris film Jepang yang berbakat. BTW Sara Minami adalah puteri Miyazawa Rie, jadi sepertinya bakat ibunya menurun padanya.

SPOILER!!

Movie ini berpusat pada seorang gadis yang baru saja masuk SMA, Ooshima Shino (Sara Minami). Ia punya kesulitan untuk bicara pada orang lain, apalagi di depan umum. Ia lancar kalau berbicara sendiri, tapi terlihat sangat nervous jika harus bicara pada orang lain. Entah kenapa kata-kata itu sangat sulit keluar dari mulutnya, ia tahu apa yang ingin ia katakan tapi ia tak bisa mengatakannya. Ia sudah latihan dan latihan untuk memperkenalkan diri dihari pertama masuk sekolah, tapi ia bahkan tidak bisa mengatakan namanya sendiri di hadapan teman-temannya dan itu membuat ia sangat sangat kesal pada dirinya sendiri. Tentu saja ia juga menjadi bahan tertawaan di sekolah. Terutama oleh teman sekelasnya Kikuchi Tsuyoshi (Hagiwara Riku) yang merupakan anak paling heboh di kelas itu. Hasilnya adalah SHino tidak punya teman sama sekali dan sering menghabiskan waktu sendiri.

Tapi suatu hari ia berkenalan dengan Okasaki Kayo (Makita Aju) setelah Shino tak sengaja mendengar Kayo menyanyi diam-diam di belakang sekolah. Kayo suka menyanyi dan musik tapi ia buta nada. Kayo adalah teman sekelas Shino dan satu-satunya yang nggak tertawa saat Shino diejek di hari pertama masuk sekolah. Ia sebenarnya penasaran kenapa Shino sulit bicara dan Shino juga tidak tahu jawabannya. Shino tertarik pada Kayo sebagai teman pertamanya yang bicara padanya dan ia jadi terus mengikuti Kayo sehingga Kayo mengajaknya ke rumahnya. Shino mengatakan ia ingin mendengarkan Kayo menyanyi lagi meski suara Kayo jelek dan Kayo menyanyi untuk Shino tapi Shino malah menertawakannya dan membuat Kayo sangat marah. Shino menyadari kesalahannya, padahal Kayo adalah satu-satunya yang tidak tertawa pada gaya bicaranya tapi ia malah menertawakan Kayo.
Keduanya mulai berteman baik sejak saat itu dan Kayo mengetahui kemampuan tersembunyi Shino, kalau Shino sangat pandai menyanyi dan dengan menyanyi Shino bisa menyampaikan kata-kata dengan baik. Keduanya kemudian membentuk sebuah tim bernama Shino-Kayo dan menulis lagi mereka sendiri. Mereka berangkat ke Kota dan melakukan pertunjukan musik jalanan meski tidak ada yang menonton. Keduanya sangat bahagia menghabiskan waktu mereka bersama-sama sejak saat itu, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Ibu Shino juga tampak lega karena puterinya akhirnya bisa punya teman.

Tapi ketentraman itu tidak lama. Kikuchi mengetahui rahasia Shino dan Kayo dan tertarik pada mereka berdua, ia ingin bergabung dengan Shino-Kayo. Kayo sih nggak masalah, lebih banyak orang lebih asik. Tapi Shino tak bisa mengatakan kalau ia tak nyaman bersama Kikuchi karena Shino punya kenangan buruk pada Kikuchi yang mengejek cara bicaranya meski Kikuchi sudah meminta maaf. Hubungan Shino dan Kayo menjadi renggang sejak saat itu, seolah-olah Shino merasa kalau temannya Kayo direcut oleh Kikuchi. Shino jadi tidak mau ngumpul bareng Kayo lagi. Ia bahkan berhenti masuk sekolah karena suatu hal. Shino dan Kayo sebenarnya sudah janji untuk tampil di acara sekolah, duet gitu. Kayo tetap yakin akan janji itu dan bahkan menulis lagu untuk penampilan pertama mereka. Kikuchi sendiri berusaha untuk meyakinkan agar Shino mau bergabung dengan Kayo lagi tapi ia tidak berhasil.
Kikuchi sebenarnya kesal pada sikap Shino padahal Kayo sudah berusaha sangat keras, ia mengatakan Kayo meski suaranya jelek tetap akan tampil di acara tersebut.

Lalu saat Hari-H tiba, Kayo dengan suara sumbangnya benar-benar menyanyi dihadapan teman-temannya meski ia ditertawakan, ia tidak masalah. Shino akhirnya juga datang ke acara tersebut dan untuk pertama kalinya ia bicara di hadapan semuanya sambil berteriak pada mereka menjelaskan tentang dirinya dan inilah dirinya yang sebenarnya.
Shino tidak bisa bicara lancar bukan karena ia nervous atau gugup, tapi begitulah dia apa adanya. Movie ini berakhir dengan Shino, Kayo dan Kikuchi yang berpisah setelah naik kelas 2, mereka melanjutkan hari-hari mereka masing-masing setelah itu. Movienya dibuat open ending karena kita tidak diberitahu apakah ketiganya masih berteman atau tidak. Tapi Shino sekarang sudah punya teman yang bisa ia ajak makan siang bersama.

Ending movie ini berbeda dengan ending manganya. Aku sempat cek manganya karena aku nggak puas dengan ending movienya. Di manga, setelah adegan klimaks dimana Shino berteriak di depan teman-temannya, langsung time jump ke beberapa tahun kemudian setelah ia menikah dan punya anak. Shino masih seperti saat ia SMA, ia tidak lancar bicara dan bahkan kesulitan mengatakan namanya sendiri, bahkan dengan seseorang di telpon. Tapi puterinya langsung membantu ibunya bicara. Puterinya mengatakan jika ibunya kesulitan mengatakan sesuatu, ia akan membantu ibunya menyampaikannya. Sweet banged.

Movie ini hanyalah sekilas kisah kehidupan Shino, Kayo dan Kikuchi di masa SMA mereka. Setelah kejadian itu sepertinya mereka memilih jalan mereka masing-masing karena kelas mereka berbeda. Shino akhirnya punya keberanian untuk bicara pada teman sekelas barunya dan punya teman. Sementara Kikuchi masih heboh seperti biasa dan Kayo memang nggak heboh sih dia lebih suka sendirian. Nggak tahu apakah mereka masih bersahabat dan berkumpul sepulang sekolah, di movienya nggak diperlihatkan, tapi ada gambar promo ketiganya berfoto bersama saat kelulusan, jadi mungkin mereka masih berteman meski nggak seakrab saat mereka sekelas bersama.

Dunia nyata, ending seperti itu sebenarnya banyak terjadi. Kita dekat dengan seseorang saat kelas 1, tapi setelah pisah kelas di kelas 2, semakin menjauh dan menjauh, apalagi kalau udah kuliah di tempat berbeda, apalagi udah menikah. Kenangan itu ya tinggal kenangan aja. Memang sih ada yang bertahan tetap bersahabat sampai mereka menikah dan punya anak, tapi cukup jarang. Coba perhatikan disekitarmu, berapa orang sih yang masih ada disisimu setelah 5, 10 atau 15 tahun berlalu?
Kata orang semakin dewasa dirimu, temanmu akan semakin sedikit sampai akhirnya yang ada disisimu hanya keluarga. Kalau yang masih deket sama teman SMA setelah menikah dan punya anak, kalian beruntung banged.

Share:

1 komentar:

  1. Setuju bgt siiihhh... bener bgt. Semua berubah saat terpisah. Gosah jaoh2 terpisah kota, terpisah kehidupan aja udah bikin jauh. Sekolah beda, menikah, de el el...
    Aq jg agak bingung, kenapa movie nya dibuar beda dengan manga nya. Tapi foto kelulusan mereka di movie, juga ada di manga...
    Ntah kenapa, nonton nie movie, jadi ingatin aq akan masa2 skul, yang gak melulu hepi, tapi tetap dirindukan...
    Walopun aq gak mw lagi balik ke masa lalu 😅

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts