Friday, 15 February 2019

[Review] K-Drama: SKY Castle (2018)

SKY Castle adalah drama 20 episode yang tayang di JTBC sejak November 2018 sampai Februari 2019. Drama ini merupakan drama paling populer di Korea selama masa penayangannya dan sukses mendobrak rating drama tv kabel yang selama ini di dominasi oleh drama-drama TVN.
Rating rata-rata SKY Castle selama masa penayangannya adalah 12.5% (AGB Nationwide) dan rating tertingginya adalah 23.779% menjadi rating tertinggi untuk drama tv kabel mengalahkan rating tertinggi Goblin dan Reply 1988.

Drama ini disutradarai oleh Jo Hyun Tak (Who Are You, Dae Mul) dan naskahnya ditulis oleh Yoo Hyun Mi (Gaksital, Secret Healer). TBH, aku belum pernah menonton drama baik dari sutradaranya ataupun dari penulisnya hAHAAHAAHHA. Drama ini dibintangi oleh Yum Jung Ah (Secret Healer), Lee Tae Ran (Wang's Family), Yoon Se Ah (Gentleman Dignity), Oh Na Ra (My Ajushi), Kim Seo Hyung (Come and Hug Me), Kim Jung Nan (Gentleman Dignity), Jung Joon Ho (The Flower in Prison), Choi Won Young (Wolgyesoo), Kim Byung Chul (Goblin), Jo Jae Hyun (Heart Surgeon), Kim Hye Yoon (Come and Hug Me), Lee Ji Won (The Discloser), Kang Chan Hee (Signal), Kim Dong Hee, Jo Byeong Gyu (Radio Romance), Lee Yoo Jin (Ms. Hammurabi), Lee Hyun Jin (Operation Proposal), Kim Bo Ra (Who Are You: School 2015), Song Geun Hee, Yu Seong Ju (Confession) dan banyak tokoh lainnya.

Jujur saja, secara pribadi aku tidak pernah berniat menonton drama ini, aku bahkan nggak tahu kalau drama ini tayang HAHHHAHAHAHA. Tapi sejak timeline twitter sibuk membicarakan SKY Castle dan ratingnya itu yang naik drastis dari 1% sampai 15%, aku jadi tertarik untuk menontonnya. Pengen tahu sebagus apa sih?
Aku mulai menonton drama ini setelah episode 14 tayang di Korea. Yang udah nonton pasti tahu ada apa di episode 14 dan aku sudah tahu spoilernya jadi sebenarnya gak kaget lagi wkwkkwkwkkw. Aku juga menontonnya pelan-pelan banged, nggak sekali duduk karena masih nunggu episode terakhir, aku nggak mau terlalu lama menunggu, makin penasaran ga sehat bagi kesehatan HAHAHHAHHAHA. Karena yang udah nonton pasti tahu drama ini berbeda dari drama kebanyakan.
Bisa aku bilang, SKY Castle ini adalah drama gelap + makjang, tapi nggak separah itu, karena komedi selalu diselipkan disetiap episode yang pasti bikin ngakak. Jadi meski aku bilang ini drama berat, tapi masih bisa jadi hiburan.

Tema yang diangkat dari drama ini cukup menarik, yaitu sistem pendidikan di Korea. Kalau aku sih mengatakan ini drama tentang ibu-ibu sosialita yang terobsesi dengan pendidikan anaknya. Sebenarnya ada banyak drama yang bertema sekolah dan sistem pendidikan, tapi dalam drama ini diambil dari pov orang tua dan semua tokoh utama adalah orang-orang kaya. Jadi kita yang miskin ini mengintip gimana sih sistem belajar anak-anak orang kaya HAHHAHAHAAH.
Tokoh utama drama ini adalah 4 keluarga kaya yang tinggal di kompleks perumahan mewah bernama SKY Castle. Mereka berasal dari keluarga terpandang, para dokter dan profesor yang berharap anak-anaknya akan mengikuti jejak mereka. Demi mengikuti jejak orang tua, pertama yang harus mereka lakukan adalah belajar dengan giat untuk masuk universitas ternama di Korea. Drama ini berjudul SKY Castle yang bisa dibilang judulnya diambil dari nama kompleks perumahan mewah tempat mereka tinggal, tapi sebenarnya SKY dalam judul drama ini merujuk pada nama 3 universitas ternama di Korea yaitu Seoul National University, Korea University dan Yonsei University (Kalau di Indonesia kayaknya UGM, UI dan ITB LOL). Kalau di Korea, jika mencari pekerjaan yang bagus, hanya 3 universitas itu yang diakui, biasanya kalau bukan lulusan universitas tersebut pas seleksi bahan langsung dicoret. Kejam memang, tapi karena itulah orang korea terobsesi pada SKY.
Tapi di drama ini, anak-anak para tokoh utama lebih fokus pada Seoul National University alias SNU, karena itu universitas paling TOP. Para orang tua terutama para ibu akan melakukan segala cara bagaimana agar anak-anak mereka bisa masuk ke universitas TOP tersebut.

Jam belajar di Korea sih jangan ditanya lagi, makanya banyak anak yang stress karena belajar. Mereka belajar di sekolah, ikut les private, di rumah juga belajar dan belajar. Di dalam drama ini kita diperlihatkan banyak tipe orang tua dan tipe para siswa. Ada yang memang sejak awal berniat masuk SNU, jadi dia belajar tanpa dipaksa, pokoknya pengen jadi no. 1, ada yang dipaksa belajar oleh orang tuanya sampai anaknya trauma belajar, ada yang belajar semampunya juga, ada yang udah pintar banged jadi meski nggak belajar melulu peringkatnya selalu diatas. Tipe orang tua ada yang memaksa banged, ada yang mendukung anaknya, ada yang berusaha untuk membuat nyaman anaknya dan ada juga yang membiarkan anaknya belajar sesukanya tanpa paksaan. TApi ya, disini para tokoh utama anak orang kaya, jadi yang perlu mereka pikirkan cuma belajar aja, kalau masalah duit mah nggak masalah.
Nah, karena para orang tua terutama para ibu yang terobsesi agar anaknya masuk ke SNU, mereka juga melakukan segala cara agar anaknya bisa masuk ke sana. Yang aku sukai disini adalah mereka tidak menggunakan cara curang alias menyogok untuk bisa masuk. Meski cara yang mereka lakukan dalam drama ini juga salah karena katanya menyewa pelatih itu ilegal disana, setidaknya mereka tetap membuat anak mereka belajar dan masuk dengan cara lulus tes atau mendapat rekomendasi dari sekolah.

Masalahnya dimulai saat salah satu penghuni SKY Castle berhasil memasukkan anaknya ke jurusan kedokteran di SNU. Jurusan Kedokteran SNU adalah jurusan paling favorit dan paling susah masuknya. Para orang tua yang lain, anak mereka ada yang baru masuk SMA, ada yang masih SMP tentu saja ingin tahu trik dan tips masuk ke SNU, katanya sih portofolio itu penting banged, jadi mereka ingin tahu isi portofolio si anak ini tadi. Mereka mulai mendekati ibu si anak, berusaha baik-baik gitu biar dikasih tahu. Tapi si ibunya ini nggak mau ngasih tahu dengan mudah, pada akhirnya dia cuma memberi petunjuk pada satu ibu yang beruntung awal bagaimana anaknya bisa diterima di SNU, yaitu dengan cara menyewa seorang pelatih. Bahasa mudahnya adalah guru les private, tapi disini si pelatih punya banyak guru dibawahnya yang nantinya guru ini yang akan membimbing di anak dengan petunjuk darinya.
Uniknya, si pelatih ini hanya menerima 2 murid dalam sekali latihannya dan ia memilih sendiri siapa yang akan ia latih. Bayarannya tentu saja mahal banged, tapi demi anak sih ya. Nah, Pelatih ini nantinya akan membawa malapetaka bagi warga SKY Castle, karena dia melakukan tugasnya begitu sempurna, sampai hal-hal jahat yang ia lakukan sulit dibuktikan. Dia juga pandai memanipulasi sesuatu dan mempengaruhi orang tua dan siswa. Tujuan utama si pelatih ini sebenarnya adalah untuk membuat orang tua hancur, disaat paling membahagiakan bagi sebuah keluarga, ia akan menghancurkannya.

SKY Castle ini drama yang intense banged tiap episode, terutama 10 menit menjelang ending tiap episodenya. Pokoknya ini drama memang nggak bagus bagi kesehatan kalau nonton pas airing HAHHAHAHAH. Karena bikin penasaran.
Aku sangat menyarankan nonton drama ini tanpa membaca teori yang ada, karena teori buatan fans semuanya menurutku gila banged dan teori itu membuat kita mengharapkan lebih, sehingga banyak yang kecewa dengan ending drama ini.
Bagiku pribadi, memang benar plot episode terakhir boring jika dibanding dengan 19 episode lainnya, tapi aku suka karena tidak ada plot makjang seperti teori para fans yang menginginkan anak baik jadi psycho HAHAHHAHAHAHA.

Untuk masalah akting, menurutku tidak ada masalah yang berarti karena aktingnya para pemainnya bagus banged, cocok dengan karakternya. Akting mereka terutama para ibu bikin merinding.
Kalau untuk para anak, mereka ikut audisi untuk mendapatkan peran di drama ini, tapi ada satu yang aku kurang suka aktingnya, yang memerankan tokoh Woo Joo, kurang ngena aktingnya, terasa lembek banged apa gimana. Apalagi ending untuk karakter Woo Joo menurutku paling nggak masuk akal HAHAHHAAHA.
Kalau untuk masalah cinematografi drama ini bagus banged, apalagi pergerakan kameranya aduh, pas banged kalau adegannya sedang adegan yang seru. Serasa nonton movie.
Untuk OST, aku melupakan semua OST drama ini kecuali WE ALL LIE hahaahahahaah. Aku merasa lagu lain tertutupi karena We All Lie memang sudah menjadi ciri khas drama ini, pas banged dengan tema drama ini, semuanya berbohong, nggak ada tokoh yang pure 100% baik.

CHARACTERS
-spoiler alert!!!!! Ini spoiler 100% jadi jangan menyesal membacanya-

Kang Family

Kang Jun Sang (Jung Joon Ho)
Han Seo Jin (Yum Jung Ah)
Kang Ye Seo (Kim Hye Yoon)
Kang Ye Bin (Lee Ji Won)

Keluarga Kang adalah tokoh utama dari drama ini. KAng Jung Sang sang suami bekerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit yang sedang berusaha untuk mengambil jabatan presiden rumah sakit. Ia menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan posisi itu, termasuk menjilat presiden yang sekarang. Ia adalah generasi kedua dokter di keluarganya, karena itu ibunya sangat menginginkan anak Jun Sang nantinya menjadi generasi ketiga dokter di keluarga mereka. Karena itu ibu Jun Sang selalu memberi tekanan pada Han Seo Jin untuk mendidik anaknya dengan baik dan menjadikannya dokter.
Ibu Jun Sang tidak menyukai Han Seo Jin karena Han Seo Jin berasal dari keluarga miskin yang memalsukan identitasnya, tapi ia setuju dengan pernikahan mereka karena Seo Jin dulu berhasil mengusir pacar Jun Sang yang lebih tidak ia sukai lagi. Tapi ibu Jun sang kecewa karena Seo Jin tidak bisa melahirkan anak laki-laki.

Kang Ye Seo adalah anak pertama keluarga Kang yang sombong, angkuh dan selalu ingin jadi nomor 1. Ia suka belajar dan impiannya adalah masuk ke jurusan kedokteran SNU. Karena hal itu berasal dari keinginan anaknya sendiri jadi Han Seo Jin tidak perlu memaksa anaknya, ia hanya perlu memberi motivasi dan menyiapkan kondisi terbaik bagi Ye Seo untuk belajar. Karena Ye Seo akan menjadi pembuktian pada ibu mertuanya kalau ia bisa memasukkan anaknya ke SNU, jadi Seo Jin sangat memanjakan Ye Seo. Karena itu juga ia jadi pilih kasih pada Ye Seo dan terlihat seperti mengabaikan anak keduanya Ye Bin. Ye Bin juga tidak terlalu meyukai ibunya dan tidak menyukai kakaknya. Ye Seo dan Ye Bin punya sifat berbeda tapi sama-sama keras.
Seo Jin berusaha mencarikan pelatih yang baik agar Ye Seo bisa masuk ke SNU dan saat itulah ia bertemu dengan pelatih Kim. Seo Jin sangat percaya pada pelatih Kim, bahkan setelah mengetahui apa yang terjadi pada keluarga Park, ia tetap menggunakan jasa pelatih Kim asalkan Ye Seo bisa masuk ke SNU.
Tapi lama kelamaan Seo Jin mulai merasa kalau pelatih Kim berbahaya, meski ia masih terus masuk ke dalam permainan pelatih Kim demi masa depan Ye Seo di SNU.

Ye Seo sendiri anaknya memang cukup pintar tapi sayangnya dia sombong. Dia tipe yang sangat suka belajar, belajar dan belajar, ia tak peduli pada yang lain makanya ia tidak punya teman di sekolahnya. Well, dia juga nggak butuh teman. Tapi dia termasuk tipe yang bermental lemah, sedikit goncangan akan mempengaruhi nilainya. Intinya sih dia tipe kalau nggak belajar atau ada masalah nilainya akan turun. Dan ada anak yang sekelas dengan Ye Seo bernama Kim Hye Na yang sangat pintar dan menjadi saingan Ye Seo. Kim Hye Na ini tipe anak yang meski nggak belajar terlalu keras dia masih bisa juara. Karena itu Ye Seo sangat tidak menyukai Kim Hye Na dan kehadiran Kim Hye Na benar-benar mempengaruhi nilai Ye Seo, apalagi saat Hye Na mulai mendekati orang yang ia sukai.

Park Family

Park Soo Chang (Yu Seong Ju)
Lee Myung Joo (KIm Jung Nan)
Park Young Jae (Song Geun Hee)

Keluarga Park adalah awal dari semua kisah di drama ini. Park Soo Chang adalah seorang dokter yang bekerja di rumah sakit yang sama dengan Kang Jun Sang dan dia adalah senior Kang Jun Sang yang ia hormati.
Lee Myung Joo adalah istri dokter Park yang merawat anak satu-satu mereka Park Young Jae dan berusaha dengan keras memasukkan anaknya ke SNU. Saat anaknya akhirnya diterima di Jurusan Kedokteran SNU, Myung Joo menjadi idola ibu-ibu di SKY Castle karena mereka ingin tahu apa rahasianya Young Jae bisa masuk ke SNU, yang menurut ibu-ibu sih rahasianya ada di portofolio Young JAe, jadi mereka berusaha mendapatkan itu.
Myung Joo tentu saja tidak mau memberitahu hal itu pada mereka, ia tak peduli bagaimana cara mereka membujuknya, tapi ia memberikan tips khusus pada Han Seo Jin untuk mencarikan Ye Seo pelatih khusus dari acara VIP sebuah bank.

Myung Joo berusaha sangat keras untuk memasukkan Young Jae ke SNU tanpa peduli bagaimana stress-nya anak itu dalam belajar. Karena ia yakin Young Jae tidak akan menyesal jika nanti ia berhasil masuk SNU, semua kesulitannya sekarang akan membuahkan hasil. Intinya Young Jae ini dipaksa belajar oleh ibunya sampai Young Jae pernah sakit kejiwaan karena hal itu.
Dulu ada anak pembantu di rumah mereka yang menggoda Young Jae saat masih SMP dan itu membuat Myung Joo sangat marah dan mengusir gadis itu, sejak itu Young Jae kejiwaannya mulai terganggu sampai Myung Joo menyewa pelatih Kim untuk melatih Young Jae. Myung Joo sama sekali tidak tahu kalau pelatih KIm ini memanfaatkan kondisi mental Young Jae untuk membuat Young Jae balas dendam pada ibunya.
Tujuan pelatih Kim adalah memasukkan anak yang ia latih ke SNU, setelah hal itu terwujud ya dia nggak peduli lagi dan ia meminta Young Jae melakukan apa yang ibunya inginkan, masuk ke SNU dan balas dendam. Balasa dendam itu dilakukan saat orang tersebut berada di puncak kebahagiaan dan hancurkan dia.

Dan begitulah Young Jae menahan semua dendamnya, menulisnya di notebook miliknya bagaimana ia ingin mati, bagaimana ia membenci ibunya dan ingin berhenti menjadi anak mereka. Setelah Young Jae lulus masuk SNU ia izin liburan dan tentu saja ibunya memperbolehkan tanpa tahu kalau saat itu adalah saat terakhir ia bisa melihat anaknya. Lalu di ending episode 1 diperlihatkan Myung Joo bunuh diri tanpa diceritakan sebabnya.
Penyebabnya baru diceritakan di episode 2 bagaimana Myung Joo melihat semua tulisan Young Jae di notebook itu, Young Jae ternyata berniat untuk meninggalkan keluarganya dan menemui di anak pembantu itu, ia menyumpah pada ibunya dan membuat hati ibunya hancur, makanya sang ibu bunuh diri.
TApi masih ada banyak kisah panjang mengenai keluarga Park yang sebenarnya diungkap bertahap di drama ini.

Cha Family

Cha Min Hyuk (Kim Byung Chul)
No Seung Hye (Yoon Se Ah)
Cha Seri (Park Yoo Na)
Cha Seo Joon (Kim Dong Hee)
Cha Ki Joon (Jo Byung Gyu)

Cha Min Hyuk adalah seorang profesor di sebuah universitas (SNU deh kayaknya) dan ia juga pemimpin klub membaca di SKY Castle, sebuah klub yang ia bentuk karena ia ingin terlihat menjadi paling pintar diantara penghuni SKY Castle.
Cha Min Hyuk ini terobsesi pada piramid. puncak piramid adalah tujuannya, karena ia tak bisa berada dipuncak, ia ingin 2 anak kembarnya berada dipuncak. Ia mengajari anak kembarnya yang sekarang berada di SMA dengan tangannya sendiri, ruang belajar yang udah kayak penjara, dengan piramid ditengah. Hal itu membuat anak kembarnya trauma dan istrinya Seung Hye juga nggak bisa melawan suaminya pada awalnya, tapi lama kelamaan ia menggunakan caranya sendiri untuk menyelamatkan anaknya dari kondisi seperti itu.

Cha Min Hyuk sangat bangga pada anak pertamanya Cha Seri yang berhasil masuk Universitas Harvard dan ia selalu menggunakan Seri sebagai perbandingan bagi si kembar dan juga menggunakan pencapaian Seri untuk menyombongkan diri pada keluarga lainnya. Tapi nantinya diketahui kalau Seri sama sekali nggak pernah masuk Harvard dan selama setahun ia membohongi orang tuanya.

Pada awalnya, keluarga Cha kelihatan seperti keluarga yang paling mengkhawatirkan, karena Cha Min Hyuk memang tipe yang sangat menyeramkan, tapi ternyata keluarga Cha malah menjadi keluarga yang paling menarik untuk diikuti kisahnya. Seung Hye benar-benar seorang ibu yang baik, dia juga nggak pernah punya niat jahat dan selalu menunjukkan kebaikannya. Ia tidak terobsesi pada SNU seperti ibu-ibu lainnya, ia hanya ingin anak-anaknya belajar dengan suasana yang menyenangkan dan tidak terpaksa. Berkat keluarga Hwang, Seung Hye mulai melawan pada cara suaminya mengajar anak-anak mereka, ia bahkan berani meninggalkan rumah bersama anak-anaknya untuk membuat suaminya jera.
Menurutku Seung Hye adalah ibu terbaik di drama ini yang selalu ada dipihak anaknya. Meski ia tak menyukai cara suaminya mengajari anak-anaknya, tapi ia sangat mencintai suaminya. Ia bahkan merasa sedih untuk suaminya saat anak-anak mereka mengatakan mereka bahagia hidup tanpa ayah. Meski Seung Hye mengancam akan menceraikan Min Hyuk, tapi ia sangat berharap Min HYuk berubah dan mereka bisa hidup bersama-sama lagi.

Woo Family

Woo Yang Woo (Jo Jae Yun)
Jin Jin Hee (Oh Na Ra)
Woo Soo Han (Lee Yoo Jin)

Ini keluarga paling somplak di drama ini. Woo Yang Woo adalah seorang dokter yang bekerja dibawah Kang Jun Sang, jadi demi posisinya ia harus selalu berada dipihak KAng Jun Sang. Jin Jin Hee alias Jin Jin demi posisi suaminya ia juga selalu berusaha baik pada Han Seo Jin. Tapi Jin Jin ini adalah tipe yang ribut, dia nggak suka ada rahasia dan nggak bisa menyimpan rahasia. Ia sering pindah kapal, kadang mendukung si A, kadang mendukung si B, pokoknya hatinya nggak pernah tetap tapi disanalah lucunya.
Woo Soo Han masih SMP dan satu angkatan dengan Kang Ye Bin, Jin Jin selalu berusaha membuat anaknya belajar dengan giat agar masuk SNU dan tentu saja dia nggak terima kalau Soo Han kalah dari Ye Bin. Tapi sejak Soo Han kabur dari rumah, Jin Jin mulai berubah dan membiarkan anaknya belajar sesukanya, Soo Han bahkan nggak ikut les lagi. Ia bahagia melihat anaknya bahagia tapi kadang ia menyesali keputusannya.
Keluarga Jin Jin memang sering bertengkar tapi mereka adalah keluarga paling bahagia di SKY Castle.

Hwang Family

Hwang Chi Young (Choi Won Young)
Lee Soo Im (Lee Tae Ran)
Hwang Woo Joo (Kang Chan Hee)

Keluarga Hwang adalah keluarga yang pindah ke rumah keluarga Park setelah kematian Myung Joo. Hwang Chi Young adalah seorang dokter yang bekerja d rumah sakit yang sama dengan Kang Jun Sang, favorite presdir dan membuat Jun Sang tidak menyukainya.
Meski tinggal di perumahan elit, keluarga Hwang tidak bermewah-mewah seperti keluarga lain, mereka selalu mengenakan pakaian santai dan tidak ingin pamer juga. Tinggal di rumah mewah tapi hidup sederhana gitu.
Awalnya keluarga Hwang tidak tahu apa-apa mengenai kejadian penghuni sebelumnya, tapi berkat Ye Bin, Lee Soo Im jadi penasaran dengan apa yang terjadi. Lee Soo Im adalah seorang penulis jadi ia punya rasa penasaran yang dalam akan sesuatu. Ia mencari tahu sedikit demi sedikit dan merasa semakin tertarik. Ia bahkan berniat menulis novel mengenai SKY Castle dan menurutku tindakannya itu sangat memaksa karena para warga disana nggak setuju Soo Im menulis mengenai kompleks perumahan mereka. Ia bahkan ingin menulis novel tanpa mendapat izin dari pemilik rumah sebelumnya.

Lee Soo Im adalah anak dari pemilik panti asuhan tempat Hwang Chi Young dulu dibesarkan. Hwang Chi Young menikah dengan seseorang dan anak mereka adalah Hwang Woo Joo, tapi ibu Woo Joo meninggal dunia dan Chi Young baru beberapa tahun ini menikahi Soo Im. Meski Woo Joo bukan anak kandungnya, tapi Soo Im sangat mencintai Woo Joo seperti anak kandungnya sendiri. Diantara seluruh keluarga di SKY Castle, menurutku keluarga Hwang adalah keluarga yang sebenarnya.
Lee Soo Im adalah teman SMA Han Seo Jin, ia mengenali HAn Seo Jin sebagai Kwang Mi Hyang. Dulu mereka bersahabat tapi sering bertengkar. Awalnya Seo Jin membantah hal itu karena ia sudah merahasiakan hal itu bertahun-tahun, hanya suami dan mertuanya yang tahu. Tapi karena sebuah kejadian, Soo Im membongkar hal itu dan membuat hubungan mereka menjadi awkward.

Karena Soo Im ingin menyelidiki kasus Young Jae, Soo Im kemudian berkenalan dengan pelatih Kim dan pelatih Kim sukses untuk membodohi Soo Im. Tapi berkat hal itu Soo Im juga jadi mengetahui betapa menyeramkannya pelatih Kim. Soo Im berusaha untuk membuat Han Seo Jin sadar kalau Seo Jin terus berhubungan dengan pelatih Kim, Seo Jin bisa berakhir seperti Myung Joo. Karena Soo Im terus ikut campur urusan pelatih Kim, pelatih Kim jadi tidak menyukainya dan membuat Woo Joo menjadi tersangka kasus pembunuhan. Hal itu membuat hati Soo Im remuk dan ia berusaha sekuat tenaga untuk mengeluarkan anaknya dari penjara, mencari bukti dengan bantuan pengacara yang dikenalkan oleh Seung Hye.

Woo Joo adalah anak baik, saking baiknya penonton drama ini ingin Woo Joo punya sesuatu yang mengejutkan, psycho gitu. Jahat banged HAHHAHAHAHA.
Woo Joo dulunya adalah anak nakal dan tidak mendengarkan ibu tirinya, ia bahkan pernah kabur dari rumah, tapi sekarang ia sudah tobat dan menjadi anak yang baik. Ibunya tidak pernah memaksa Woo Joo belajar, tapi Woo Joo tetap belajar dengan baik dan nilainya juga cukup bagus di sekolah.
Woo Joo menyukai Kim Hye Na sedangkan Kang Ye Seo menyukai Woo Joo.

Kim Joo Young (Kim Seo Hyung)
Teacer Jo (Lee Hyun Jin)

Kim Joo Young adalah pusat malapetaka dalam drama ini. Ia adalah pelatih khusus yang disewa dengan biaya yang tidak murah untuk melatih anak-anak agar masuk ke SNU. Ia hanya menerima 2 orang anak selama masa pelatihannya dan memastikan anak itu 100% akan lulus ke SNu bagaimanapun caranya. Karena itu ia ingin seluruh masalah pelajaran dilimpahkan padanya dan ia harap orang tua tidak ikut campur, yang perlu dilakukan orang tua hanyalah menjaga suasana agar anak nyaman untuk belajar dan menjaga kesehatan sang anak.
Kang Ye Seo sangat menyukai pelatih Kim karena pelatih Kim mengerti akan dirinya dan sejak bertemu pelatih Kim nilai Ye seo juga menjadi bagus. Tapi Han Seo Jin lama kelamaan menjadi khawatir karena ia merasa kalau Ye Seo sekarang lebih memilih pelatih Kim daripada dirinya dan itu membuat dia jadi takut.

KIm Joo Young punya masa lalu yang baru diceritakan dipertengahan drama. Ia punya seorang anak jenius bernama Kay yang sekarang ia kurung di sebuah rumah di hutan karena Kay punya gangguan mental sejak sebuah kecelakaan yang menimpanya. Kim Joo Young juga punya kisah sedih sendiri saat ia hidup bahagia dengan kejeniusan anaknya dan menjadi terobsesi pada anaknya. Kebahagiannya itu direnggut dengan sangat cepat dan ia menjadi terluka, karena itu saat menjadi tutor anak-anak, ia ingin melakukan hal yang sama pada orang tua, ia ingin merenggut kebahagiaan mereka disaat paling bahagia.
Kim Joo Young melakukan semacam hipnotis agar anak yang ia latih fokus pada tujuan. Agak sulit menjelaskan bagaimana Kim Joo Young ini melakukan tugasnya, ia melakukan segala cara agar anak yang ia latih masuk ke SNU + nantinya akan mengalami gangguan mental gitu. TApi ia melakukannya dengan sempurna sehingga nantinya orang tua akan menyalahkan diri sendiri, bukan dirinya. Jadi Kim Joo Young ini membuat situasi sedemikian rupa yang melibatkan orang tua sehingga orang tua tak bisa lari darinya dan menanggung rasa bersalah sendiri.
Misalnya seperti kasus Young Jae, ia membuat Young Jae masuk SNU seperti keinginan ibu Young Jae + membuat hal itu menjadi motivasi Young Jae untuk balas dendam pada ibunya. Jadi begitu Young Jae balas dendam, ibunya menyalahkan diri sendiri, padahal pelatih Kim yang mempengaruhi Young Jae.
Pokoknya seram deh, nonton sendiri baru mengerti gimana pelatih Kim ini HAHAHAHAHAH.

Kim Bo Ra as Kim Hye Na

Kim Hye Na bersekolah di sekolah yang sama dengan Ye Seo, mereka satu kelas dan selalu bersaing meraih posisi teratas di sekolah. Keduanya saling tidak menyukai tapi dengan cara berbeda. Ye Seo kalau tidak suka sama seseorang ia selalu menunjukkan secara langsung melalui kata-kata dan ekspresi wajah, beda dengan Hye Na, dia seperti ular berbisa punya muka dua, jadi dia bisa bersifat manis tapi dalam hati ia benci gitu.
Hye Na merawat ibunya yang sakit sendirian, ia membiayai sang ibu dengan cara mengambil uang dari anak orang kaya, ia memanfaatkan mereka untuk menjadikannya tutor, mengancam dan meminta yang lebih karena ia tahu rahasia dan kelemahan mereka. Sebenarnya Hye Na ini penuh dengan manipulasi.
Setelah ibunya meninggal dunia, Hye Na mengetahui kenyataan kalau ia adalah anak dari Kang Jun Sang dan berusaha masuk ke keluarga Kang dengan wajah manisnya pada Ye Bin dan berusaha menjadi tutor untuk Ye Bin. Ia ingin menghancurkan Ye Seo dengan keberadaannya dan mendapatkan hati ayahnya.

Hye Na melakukan semuanya dengan caranya sendiri, ia tak ada hubungannya dengan Kim Joo Young, tapi berkat Kim Joo Young-lah, Han seo Jin memperbolehkan Hye Na tinggal di rumah mereka, karena pelatih Kim mengatakan kalau ada baiknya Hye Na berada disekitar Ye Seo untuk membuat semangat belajar Ye Seo naik. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Hye Na untuk menghancurkan Han Seo Jin yang tahu kalau dia adalah anak Kang Jun Sang, Hye NA bahkan memberitahu Ye Seo akan hal itu dan membuat Ye Seo hancur berkeping-keping. Hye Na juga memanfaatkan perasaan Woo Joo padanya untuk membuat Ye Seo cemburu.
Kim Joo Young tidak pernah takut dengan siapapun selama ia melakukan rencananya, tapi aku rasa Hye Na adalah orang pertama yang membuat pelatih Kim terasa terancam karena itu ia membunuh Hye Na, tapi tentu saja dia nggak mau melakukannya sendiri, ia berusaha membuat Ye seo dan juga Han Seo Jin terlibat di dalamnya.

Banyak yang kasihan pada tokoh Hye Na dan ingin agar dia hidup kembali karena pada akhirnya nggak ada gunanya Hye Na mati. Tapi kalau bukan karena kematian Hye Na, Kim joo Young nggak akan tertangkap. Hidup Hye Na memang menyedihkan, tapi dia bukan anak baik 100%, dia penuh dengan manipulasi kalau kalian melihat dia dari sisi yang berbeda. Muka dua.
Berbeda dengan Ye Seo, Ye seo memang sombong banged, sangat sangat menyebalkan, kata-katanya selalu menyakitkan tapi dia nggak pernah muka dua, kalau nggak suka dia selalu mengatakan dengan tegas dan menunjukkan dengan sikapnya. Tentu saja dia juga nggak baik 100%. Hanya saja, selain Hye Na, Ye Seo ini juga menyedihkan. Ia mengetahui selama ini ibunya berbohong padanya, ayahnya ternyata punya anak lain, anak itu adalah teman sekelas yang paling ia benci, anak itu masuk ke rumah mereka, orang yang ia cintai menyukai anak itu, ibunya mencurigainya sebagai pembunuh, ia harus kehilangan semua usahanya selama ini karena ketamakan ibunya. Ye Seo meski dia sombong dan angkuh, tapi ia selalu belajar dengan giat, dia nggak mencontek dan nggak melakukan hal curang seperti mencuri soal atau menyogok, impiannya adalah masuk SNU jurusan kedokteran dan ia melakukan atas keinginan sendiri tanpa paksaan.
Kalau soal kasihan, aku justru lebih kasihan pada Ye Bin, karena ibunya pilih kasih, selalu lebih perhatian pada Ye Seo. Tapi Ye Bin itu anak yang kuat dan dia tidak berpihak pada siapapun.
Tapi tokoh yang paling nyebelin di drama ini bagiku pribadi adalah Cha Seri. HAHAHHAAAHAH. Guys, dia itu kriminal lho, meski ia melakukan hal itu karena tuntutan ayahnya, tetap saja dia membohongi keluarga selama 1 tahun, melakukan tindakan kriminal sampai dituntut dan bayangin betapa sakitnya hati sang ibu. Tapi pada akhirnya ibunya berusaha melindunginya karena ia adalah puterinya.

Ada banyak teori dalam drama ini yang aku sebenarnya nggak mengikuti teorinya, cuma kadang terbaca pas liat komentar netizen di netizenbuzz, pannatic dll HAHAHAAHAH.
Teori yang membuatku tercengang sebenarnya adalah mengenai pembunuh Hye Na, banyak yang berharap plot twist yang melakukannya adalah Woo Joo. Aku kasihan banged sama Woo Joo karena banyak yang berharap dia psycho, padahal dia anak baik. Ada juga teori anak yang tertukar, katanya Hye Na kemungkinan anak Han seo Jin HAHAHAHAAH. Untung banged penulis nggak membuat dramanya semakjang itu.
Penulis tidak memperlihatkan secara langsung bagaimana Hye Na dibunuh dan itu masih menjadi misteri tapi setidaknya udah ada bayangan masing-masing, intinya pelakunya adalah si A. Plis jangan jadikan anak baik sebagai pembunuh.

Banyak yang kecewa dengan ending drama ini karena episode 20 tidak semakjang episode 1-19 HAHHAHAAHAHA. Aku rasa itu karena mereka kebanyakan baca teori dan kebanyakan berharap plot twist di ending. Aku akui episode 20 memang membosankan, tapi tidak seburuk yang dikatakan netizen.
Aku hanya tidak suka ending Woo Joo yang memutuskan untuk berhenti sekolah dan keliling dunia, padahal kelulusan tinggal beberapa bulan lagi. bener sih kata netizen ending SKY Castle itu berlaku cuma karena mereka orang kaya, coba kalau yang hidupnya pas pasan ngikutin ending begitu ya hancur hidupnya. Setidaknya anak-anak itu masih punya orang tua yang menyokong kehidupan mereka dan mereka nggak perlu mengkhawatirkan masalah uang makanya bisa hidup seenaknya HAHAHHAHA.
Ending anak-anak lain cukup masuk akal bagiku kecuali Woo Joo HAHAHAAHHAAHA.

Kalau kalian suka drama yang agak kompleks, yang gelap dan bikin deg degan, ini drama cocok banged. Nggak ada kisah cinta, fokusnya keluarga dan pendidikan. Dijamin nangis nonton drama ini dan nggak akan berhenti setelah episode 1 HAHHAHAAH.

Share:

1 comment:

  1. Saya termasuk yg ikutan stress lihat drama ini.. tapi bagiku episode 20 cukup menutup tiap ketegangan episode sebelumnya dengan baik..

    ReplyDelete

Follow by Email

Translate

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


SUPPORT US

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Moka Kamishiraishi Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts