Kamis, 03 Juni 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 14

Sinopsis Okaeri Mone Episode 14: Immediately before the Great East Japan Earthquake

***

Teman-teman Mone menginap bersama di rumah Mone. Mereka tidur di ruang tengah. Semuanya sudah terlelap kecuali Mone dan Asumi yang masih terbangun, mengecek teman-temannya yang sudah tertidur. Sudah lama mereka tidak menginap bersama seperti ini di rumahnya, ia yakin neneknya pasti senang. Asumi setuju. Kemudian Asumi mulai tidak tenang, katanya 'yabai' karena sekarang Ryochin makin ganteng dan membuatnya nggak tenang. Michan ternyata belum tidur, dia masih bangun dan diam-diam mengangguk. Mone bertanya apakah Asumi akan menyatakan perasaan lagi? 
Asumi nggak yakin, karena dia sekarang kuliah dan bakalan jarang pulang ke pulau. Asumi mengatakan pasti bakalan seru kalau Mone juga di Sendai. 

Asumi bertanya bagaimana pekerjaan Mone di Tome, apakah menyenangkan dan Mone mengangguk tapi ia masih harus banyak belajar karena banyak hal yang belum ia ketahui. Tapi ia menemukan sesuatu yang menarik di Tome. Asumi tertarik dan bertanya apa tapi Mone nggak mau bilang. Asumi nggak maksa sih, ia minta Mone nanti cerita kalau Mone sudah memutuskannya. Asumi kemudian menikmati suara laut yang terdengar dari rumah Mone dan mengatakan kalau di pulau memang lebih menyenangkan. Mereka terdiam mendengarkan suara ombak. Asumi kemudian bertanya kenapa Mone meninggalkan musik. Tapi tidak ada jawaban. Asumi berfikir Mone sudah tidur jadi dia tidak mengatakan apapun lagi. Padahal Mone sebenarnya masih terbangun. Ia tidak menjawab dan teringat kenangan masa lalunya. 

Mone sejak kecil sudah menyukai musik. Saat adik Mone lahir, ia bahkan menyanyi untuk membuat adiknya tenang dan tidak menangis. Ditambah lagi sang ayah memang menyukai musik dan sering bermain terompet, jadi ayahnya mengajari Mone untuk bermain terompet. Ayah juga mengajak Mone ke klub musik di Kesennuma dan Mone terpesona, kemudian ia menjadi anggota klub musik itu. Saat itu Mone masih sekolah dasar, ayahnya selalu setia menemaninya latihan bahkan sampai larut malam sebelum mereka kembali ke pulau. Mone kecil bahkan menjadi anggota inti saat penampilan musik di jalanan gitu. 

Saat masuk SMP, sekolah yang Mone masuki tidak punya klub musik/brass band tapi alat musiknya masih bagus tersimpan di gudang. Karena Mone ingin bermain musik di sekolah, ia ingin membentuk klub musik. Ia meminta tolong pada teman-temannya untuk menjadi anggota agar mereka bisa membentuk klub musik. Teman-temannya masuk klub tanpa ragu. Saat penampilan pertama mereka, mereka tampil tidak memuaskan dan nggak semangat sama sekali, saat itulah ibu mengambil foto mereka yang dilihat Asumi di episode 13 lalu. Karena ibu khawatir melihat mereka yang kehilangan semangat, ibu punya ide untuk meminta ayah menjadi guru musik Mone dkk. Sejak ayah menjadi guru musik mereka, mereka latihan penuh semangat, kalau nggak di sekolah ya di rumah Mone. Lama kelamaan anggota klub musik juga bertambah, termasuk Mi-chan yang menjadi anggota di tahun pertama ia masuk SMP. Awalnya dia nggak mau karena nggak yakin, padahal Mone terus membujuknya, tapi saat Ryo memintanya, Mi-chan langsung ok. 

Dan begitulah Mone sampai pada tahap dimana ia ingin serius akan musik dengan mendaftar ke sebuah sekolah musik yang ada di Sendai. Awalnya Mone ragu tapi berkat dukungan ayah dan ibu, Mone akhirnya mencoba.  Mone kelihatan bahagia banged meski saat tes Mone tampak sangat nervous. Meski Mone nggak yakin dia akan lulus, tapi dia sangat mengharapkannya. Sehari sebelum pengumuman kelulusan, Mone dkk latihan, Asumi tampak sedih karena kalau Mone lulus mereka nggak akan bisa main musik bareng lagi. Dan besok adalah latihan terakhir mereka sebelum penampilan. Mone akan melihat pengumaman pada pagi hari dan berjanji akan kembali sebelum latihan di mulai.

Pengumuman kelulusan itu adalah pada tanggal 11 Maret 2011. Mone bersama ayahnya pergi ke sekolah musik dimana Mone mendaftar untuk melihat pengumuman kelulusan. Banyak orang disana yang heboh karena lulus. Mone dan ayah melihat nomor dengan hati-hati, tapi sayang Mone tidak lulus. Mone terlihat sedih, tentu saja, dan ayah berusaha menghibur Mone dengan mengajak Mone makan ke sebuah Jazz Cafe, tempat dimana ayah sering nongkrong saat masa kuliahnya dulu. Mereka makan pizza yang menjadi andalan Jazz Cafe itu. Setelah selesai makan, mereka akan pulang. Tapi kemudian di pentas, sedang persiapan penampilan musik. Ayah bertanya apakah mereka pulang atau menonton dulu. Dan Mone mengatakan pulang saja. 

Tapi langkah terhenti saat penampilan musik dimulai dan itu adalah penampilan solo saxophone (btw, Mone memulai musik dengan terompet tapi dia adalah pemain saxophone saat mulai serius bermain musik yaitu saat menjadi member klub musik saat ia masih SD). Mone terpesona dengan penampilan itu dan meminta pada ayahnya untuk menonton itu dulu, ayahnya tentu saja setuju. Mone benar-benar menyukai musik, matanya berbinar-binar saat melihat penampilan itu. Sementara itu teman-teman Mone sudah menunggu untuk latihan. Mi-chan kemudian datang dan mengabarkan Mone tidak lulus. Asumi malah tampak senang, mungkin karena ia masih bisa bersama-sama Mone. 
Mone masih menikmati penampilan Jazz yang berakhir tepat pukul 2.46 siang. Itu adalah waktu dimana terjadi gempa dan tsunami Tohoku pada 11 Maret 2011.

***

Plot Okaeri Mone ini agak lambat ya, terutama di episode ini. Aku pikir bakalan langsung diperlihatkan gempa buminya, setidaknya adegan saat Mone dan Ayah melihat lautan Kesennuma. Tapi ternyata malah dibuat cliffhanger. Nyebelin banged. 

Aku suka melihat masa SMP Mone dkk yang sebenarnya lebih baik di perlihatkan di awal drama ini, karena sekarang flashback terasa sekilas aja, jadi feelnya kurang dapet. Sampai saat ini aku nggak merasa ada perasaan spesial antara Mone dan Ryo, mereka kayak teman dekat biasa aja gitu. Nggak kayak asadora yang lain yang memang cukup jelas memperlihatkan perasaan cinta heroine dan teman masa kecilnya. Kalau Mone dan Ryo kayaknya memang pas masa lalunya memang cuma teman. Setidaknya itu yang terlihat dari sisi Mone, nggak tau juga gimana perasaan Ryochin. 

Kalau Asumi memang dari dulu suka sama Ryochin. Kelihatan banged pas Mone meminta Ryo masuk klub musik, Asumi masuk karena Ryo juga masuk. Katanya sih Asumi ini punya misi menyatakan perasaan pada Ryo sekali dalam setahun. Tapi karena Asumi orangnya memang gitu makanya Ryo nggak masukin kehati lagi. Tapj Mi-chan memang kelihatan suka sama Ryo sejak kecil. hohohoho. 

Okaeri Mone ini ratingnya agak mengkhawatirkan. Bahkan menyentuk angka 18% aja sulit. Aku baca komentar netizen juga bilang asadoranya membosankan, nggak ada sesuatu yang bikin mereka tertarik gitu. Dilihat dari segi cerita sih target penontonnya ini remaja, tapi ya tahu lah di rumah yang megang remote tv itu ibu-ibu. Dan lagi banyak media online sekarang yang menayangkan jadi bisa ditonton kapan saja, nggak harus pas jam tayang. Tapi mengkhawatirkan juga sih kalau ratingnya nggak nembus 20%. 


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts