Monday, 21 June 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 26

Sinopsis Okaeri Mone Episode 16: What is a qualification?
 
***
 
Suganami-sensei menemukan sapu tangan milik salah satu pekerja Koperasi Kehutanan Tome, Kuma-san. Ia memberikannya pada Mone. Saat itu ada yang sibuk memotret mereka berdua dan itu adalah Tanaka-san yang tampak bersemangat sekali. Mone hanya tertawa meminta Tanaka-san jangan memotret dan Suganami juga panik mencoba mengingatkan Tanaka-san untuk tidak mengambil foto tanpa izin tapi Tanaka mengatakan ia tak akan menyebarkannya, ia hanya ingin mengabadikan kenangan masa muda. Mone kelihatannya nggak risih sih tapi Suganami kayaknya malu gitu jadi mencoba menghentikan Tanaka-san.
 
Mone mengembalikan sapu tangan pada Kuma-san yang baru datang. Lalu Mone mengambil kertas gitu, is membuat jadwal untuk penebangan pohon yang akan digunakan untuk membuat meja sekolah, ia membuatnya berdasarkan keadaan cuaca gitu, kapan waktu yang bagus untuk menebang. Tapi Kuma-san sepertinya nggak yakin dan Sasaki mengatakan kalau belakangan ini Mone belajar tentang cuaca. Kuma-san hanya menatap Mone.
Kuma-san dan rombongan tetap berangkat ke gunung untuk menebang pohon. Mone khawatir, mengamati langit dan mendengar suara guntur. Mone mengecek ramalan cuaca di internet dan benar saja kalau cuaca sedang tidak bagus. Mone berusaha menghubungi Kuma-san menjelaskan kalau cuaca sedang nggak bagus dan meminta mereka segera turun gunung, tapi Kuma-san tidak mendengarkan. Salah satu pekerja di Koperasi Kehutanan kembali setelah hujan-hujanan mengatakan kalau sungai sudah meluap dan Mone makin khawatir, ia menelpon Kuma-san lagi tapi Kuma-san tetap tidak mau mendengarkan dan menutup telponnya. Soalnya di gunung nggak hujan.
 
Beberapa saat kemudian, Kuma-san dan yang lain kembali dengan basah kuyup. Mone memberikan handuk pada mereka satu per satu dan kemudian agak marah pada Kuma-san mengatakan kenapa Kuma-san tidak mendengarnya dan malah mematikan telpon, kenapa Kuma-san tidak segera turun gunung. Ia tahu pekerjaan mereka penting tapi  keselamatan adalah hal yang paling penting. Kuma-san juga kelihatan agak gimana gitu dan bertanya pada Mone siapa yang paling tahu mengenai cuaca di gunung? Ia mengatakan Mone yang baru belajar cuaca kemarin jangan sok tau dan menganggu pekerjaannya. Mone terdiam mendengarnya.
Sasaki mencoba menjelaskan pada Mone kalau industri kehutanan dengan angka kecelakaan industri yang besar. Jumlah industri di mana kecelakaan fatal terjadi jauh lebih tinggi daripada yang lain. Ia mengatakan Kuma-san selalu memikirkan kehidupan para pekerja. Mone mengerti dan kemudian meminta maaf pada Kuma-san. Kuma-san lalu memberikan permen pada Mone dan yang lain heboh karena Kuma-san jarang mengeluarkan itu, permen itu tandanya meminta kita untuk terus berusaha alias menyemangati. Mone ragu-ragu mengambilnya. Lalu Mone dengan cepat akrab dengan pekerja hutan lainnya. Mone menceritakan kalau ia tertarik pada pekerjaan peramal cuaca dan yang lain sibuk membanggakan kualifikasi/lisensi yang mereka miliki. Ternyata para pekerja hutan mempunyai lebih dari 1 kualifikasi untuk mendukung pekerjaan mereka.
 
Sore harinya para pekerja hutan pulang, Mone mengantar mereka ke pintu dan tiba-tiba terdengar suara terjatuh. Ternyata Tanaka-san yang masih ada disana pingsan. Mone dan yang lain panik, mereka memanggil Suganami. Tanaka-san tampak kesakitan, sulit bernafas, Suganami membantunya dan untuk pertama kalinya ia menunjukkan profesionalitasnya sebagai seorang dokter yang menghadapi pasien darurat.

Mone dan Suganami belajar lagi. Mone mengatakan ia lega karena Tanaka-san baik-baik saja. Mone tampak sedang memikirkan sesuatu dan mengatakan ternyata Suganami mempunyai kualifikasi dan Suganami mengatakan tentu saja. Suganami mempunyai lisensi dokter dan kualifikasi dokternya adalah lisensi nasional jadi diakui di seluruh Jepang. Suganami juga mengatakan kalau peramal cuaca juga punya lisensi nasional. Mone bertanya apa itu kualifikasi/lisensi dan Suganami menjelaskan banyak pekerjaan yang membutuhkan kualifikasi secara langsung, apalagi jika berkaitan dengan kehidupan orang lain. Jika membuat kesalahan, kita dapat membunuh hidup nyawa yang ada dihadapan kita. Ia mengatakan kalau memiliki kualifikasi adalah tanggung jawab yang berat dan apakah kita bisa menanggungnya. Mone kemudian terdiam dan lanjut membaca bukunya.

Sore harinya, Mone menatap langit dalam diam dan Suganami yang baru keluar dari klinik menatapnya. Karena Mone tampak fokus, Suganami akan pergi tapi ternyata Mone menyadarinya dan mengatakan kalau sepertinya ia akan mengikuti ujian menjadi peramal cuaca. Mempelajari mengapa awan terbentuk dan bertanya-tanya mengapa angin bertiup adalah hal yang menyenangkan. Tapi bagaimanapun juga, ia ingin melakukan sesuatu yang dapat berguna kehidupan orang lain, seperti Suganami dan para pekerja. Ia ingin punya kekuatan untuk tidak membiarkan orang lain punya kenangan menyedihkan. Ia juga ingin mendapatkan kekuatan semacam itu. Suganami awalnya terdiam tapi kalau diperhatikan lagi ia menahan senyumannya gitu seolah-olah ia tahu Mone akan sampai dititik itu.
 
Suganami mengatakan kalau begitu, maka lain lagi ceritanya. Suganami meminta Mone jangan mempunyai tujuan yang ambigu. Jadi ia bertanya apa tujuan yang ingin Mone capai? Apakah hanya memperdalam ilmu pengetahuan atentang cuaca? ingin lulus ujian peramal cuaca? 
Mone terdiam cukup lama memikirkannya dan kemudian ia menjawab kalau ia ingin lulus ujian peramal cuaca.
Suganami mengerti, ia tersenyum dan ia menjadi bersemangat. Ia berjalan mendekati Mone dan kemudian dia mengatakan kalau begitu maka mereka harus mengubah semuanya. Cara mereka belajar, pendekatannya berbeda dengan hanya mengetahui sebuah fenomena cuaca. Suganami bertanya hal pertama yang penting adalah kapan ujiannya akan dilaksanakan. Mone sudah mencari tahu tentang itu dan mengatakan ujian peramal cuaca dilakukan 2 kali dalam setahun, Januari dan Agustus. Suganami langsung mengatakan mereka harus merelakan ujian bulan Januari. Suganami meminjam buku ujian peramal cuaca Mone dan mencoba membaca sesuatu disana tapi kayaknya dia nggak membaca sih, cuma melihat aja, karena Suganami kayaknya sudah mencari tahu duluan dan menghapalnya, karena ia tahu kalau Mone nantinya pasti ingin ikut ujian.
Suganami bahkan sudah membuat rencana untuk Mone mengatakan kalau ujian 1 dan 2 mereka akan mencobanya dan memastikan Mone akan lulus pada ujian ketiga, Januari 2016. Mone bingung. Suganami mengatakan ujian peramal cuaca nggak ada gunanya kalau nggak lulus. Jadi ia bertanya apakah Mone mau melakukannya atau tidak?
Mone yakin mengatakan kalau ia akan melakukannya. Suganami mengerti, ia tersenyum dan meninggalkan Mone yang masih bingung dengan perkembangan yang cepat ini.

***
Mone mulai fokus pada tujuan utamanya, lulus ujian peramal cuaca. Selama ini ia belajar hanya untuk pengetahuan dengan kenapa sesuatu bisa terjadi, misalnya bagaimana awan terbentuk, bagaimana hujan terjadi dan lain-lain. Kalau fokusnya pada lulus ujian peramal cuaca ya fokus belajarnya juga beda, yaitu membahas soal-soal ujian sebelumnya. Memang kalau kita mau ikut ujian yang sifatnya seperti itu, misalnya ujian CPNS, jangan menghapal tapi sering-sering latihan soal ujian sebelumnya. Itu lebih membantu dan nantinya kita nggak kaget saat disuguhkan soal-soal.
 
Suganami ini kayaknya memang serius nih mau mengajari Mone padahal dia bukan tipe yang mau ikut campur kehidupan orang lain. Makanya banyak gosip bermunculan HAHAHHAHA.
Kalau dari spoiler, Mone tetap akan bekerja seperti biasa di Koperasi Kehutanan sekaligus belajar untuk ujian dan tidak akan lulus semudah itu. Tapi aku yakin keinginan Mone untuk melakukan pekerjaan yang berguna bari orang lain adalah bentuk rasa tanggungjawabnya karena ia tidak bisa melakukan apapun saat Tsunami waktu itu.

Share:

1 comment:

  1. Kak Reques Sinopsis Girl from Now Here Season 1 dong kak, Saya Tidak Bisa Mendengar , Dengan Artikel2 kakak saya bisa membaca dan mengetahui alur cerita film nya, Semoga Di baca kakak nya

    ReplyDelete

Polling

Siapakah yang akan menjadi pasangan Kiyohara Kaya di asadora Okaeri Mone?
Nagase Ren
Sakaguchi Kentaro
Shimizu Hiroya
Tamaoki Reo
Other
Please Specify:
Created with Quiz Maker

Translate

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Moka Kamishiraishi Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts