Selasa, 01 Juni 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 12

 
Okaeri Mone Episode 12: Hatsubon
 
***
Tahun ini adalah hatsubon atau peringatan kematian yang pertama untuk nenek Mone, Masayo yang meninggal tahun lalu. Mone kembali ke kampung halamannya. Ibu menyambut Mone begitu Mone tiba di rumah dengan banyak barang bawaannya. Ibu mencicipi makanan yang dititipkan para ibu di Tome untuk ia bawa pulang. Ibu memuji rasanya enak sekali, Mone mengatakan para ibu disana memintanya membawa banyak makanan sebagai oleh-oleh. Ibu senang melihat Mone yang dicintai oleh orang-orang di Tome. Mone membantu ibunya di dapur menyiapkan makanan untuk para tamu sambil berbincang mengenai nenek. Mereka mengatakan nenek pasti senang karena ada banyak orang datang nanti. Kemudian kakek memanggil dari luar meminta bantuan dan Mone menemui kakek. Kakek sedang memasang sesuatu dan mungkin karena kayunya udah tua jadi mudah patah. BTW di Jepang orang-orang jarang menggunakan paku, kalau ingin membangun sesuatu kebanyakan memasang kayu ke kayu yang lain dengan membuat lubang gitu.

Mone membawa kayu ajaibnya dari Tome pulang (kalau nggak salah namanya Kudejuu, yang bisa dibuat menjadi apapun yang diinginkan). Ia memberikannya pada kakek untuk digunakan. Kakek ternyata akan membuat altar tempat persembahan peringatan kematian nenek. Ia dan Mone menggunakan kubejuu itu untuk membuat altar dan menghiasi altar nenek dengan makanan, bunga, kertas warna-warni. Setelah semuanya selesai, kakek duduk di depan altar nenek dalam diam, ia menatap foto nenek. Mone pun tidak mengganggunya. Saat itu Mi-chan pulang dari sekolah dan Mone menyusulnya.

Sore harinya, Mone dan Mi-chan membakar sesuatu yang biasa di bakar orang jepang saat obon. Aku pernah nonton anime yang mengatakan arwah akan turun ke rumah melalui asap itu dan nanti saat obon berakhir kan itu di bakar lagi, jadi arwahnya kembali ke langit gitu. Saat Mone dan Mi-chan sibuk, teman-teman Mone datang berkunjung, ada Ryo-chin, Asumi (Tsunematsu Yuri) dan Yuto (Takada Hyoga). Mereka ikut melakukan ritual apa gitu memutar kaki di atas api. 

Malam harinya beberapa warga datang, biksu membaca sutra, semuanya hikmat dengan ritual sampai ayah datang dan membuat heboh dengan menyapa semuanya, juga menyapa teman-teman Mone. LOL.

Setelah acara selesai, semuanya makan dan minum-minum. Para ibu heboh karena makanannya enak sekali dan ibu mengatakan itu makanan yang dibawa Mone dari Tome. DAn ternyata ibu itu adalah ibunya Asumi dan Yuto yang meminta agar ibu-ibu jangan minum terlalu banyak, nanti kalau mabuk jadi susah. Ayah heboh sendiri bersama timnya, ia kelihatan sudah agak mabuk sambil menceritakan kalau jembatan penghubung pulau Kameshima dengan daratan utama sudah mau selesai, setelah itu selesai mereka nggak akan kesulitan ke rumah sakit lagi. Lalu para ayah membahas saat Mone lahir dulu, karena sekampung heboh, karena badai besar jadi nggak ada kapal yang beroperasi. Mone tersenyum karena mereka membahas itu lagi. Ibu berterima kasih pada semuanya yang membantunya saat itu. Para ayah bertanya bagaimana kabar ayah Ryo dan Ryo mengatakan dia baik-baik saja. Saat itu wajah ibu berubah, sepertinya ia khawatir. Para ayah bertanya karena saat itu yang membawa ibu Mone ke seberang adalah ayah Ryo. 

Para anak muda berkumpul di ruangan satunya. Mereka mengatakan setiap orang tua berkumpul seperti ini pasti mereka akan membicarakan mengenai hari kelahiran Mone, padahal Mone sekarang sudah dewasa, tapi sepertinya mereka akan terus membicarakannya.
Mone bertanya pada biksu apakah Mitsuo tidak pulang. Mitsuo adalah salah satu teman Mone dan anak pak biksu yang akan menjadi penerusnya. Ayah Mitsuo mengatakan kalau Mitsuo nggak pulang liburan ini karena akan training di kuil kenalannya. Asumi heran karena ia tidak mendengar itu dari Mitsuo. Asumi dan Mitsuo sama-sama kuliah di Sendai, mereka jarang ketemu tapi masih berkomunikasi lewat ponsel. Asumi mengeluh kalau kampus Mitsuo jadi biksu itu jauh banged di pegunungan jadi dia nggak bisa berkunjung. Asumi dan Yuto mulai mengeluh tentang sesuatu dan Mone menatap mereka sambil sedikit tersenyum. Asumi heran kenapa Mone begitu. Mone mengatakan kalau Asumi dan Yuto sekarang benar-benar terasa seperti anak kuliahan. Mi-chan setuju, ia mengatakan kalau Asumi bahkan jauh lebih cantik sekarang. 

Asumi heboh sendiri mengatakan 'yamete yo~' dengan gayanya yang lucu. Ia mengatakan ia masih Asumi yang dulu dan nggak akan berubah. Mone menatap Asumi dan merasa kalau Asumi memang jauh lebih cantik, ia bertanya apakah Asumi memakai make up dan Asumi mengatakan tentu saja. Ryo berkomentar pantas Asumi kelihatan beda dan membuat jantungnya berdegup sedikit dan Asumi kesal gitu pada komentar Ryo itu. Ia meminta Ryo berhenti mengatakan hal seperti itu kare hal itulah dia g bisa suka sama org lain selama 18 tahun ini. Ryo ya bingung. Mi-chan bertanya apa hubungan mereka berdua dan Asumi mengatakan mereka pacaran, tapi Ryo membantah. Asumi kesal karena mereka kan sempat pacaran meski sebentar saja. Ryo bingung kapan lol. Mone mengatakan Ryo jahat banged padahal ia pikir mereka pacaran sejak kelas 3 SD. Asumi juga terdiam, ia mengatakan pada Mone kalau ia dan Ryo pacaran saat kelas 2 SMA. Mone kaget banged. Ryo juga ga merasa. Yuto mengatakan kalau Ryo jahat banged dan Ryo membuat alasan kalau Asumi tu nembak dia sekali setahun sejak TK jadi ya dia udah terbiasa 😂
Asumi kesal banged pada Ryo dan mengatakan kalau cowok-cowok di Sendai juga banyak yang ganteng dan lagi sekarang ia tidak menganggap Ryo ganteng lagi. Asumi meninggalkan mereka untuk mengambil jus.
Ryo bertanya bagaimana kehidupan kuliah Yuto dan Yuto mengatakan nggak ada yang tertarik tentang kehidupannya. Tapi ia pamer juga sih sambil menunjukkan foto pacarnya. Semuanya heboh.

Pak biksu akan pulang, ibu dan Mone mengantarnya ke luar. Saat ibu sudah masuk, Mone masih diluar mengambil foto bulan purnama malam itu. Ia merasa kalau besok akan hujan. Saat ia akan masuk ke rumah, tiba-tiba seseorang keluar dari semak-semak. Mone terkejut karena itu adalah Mitsuo. Mitsuo memohon pada Mone untuk menyembunyikannya. Mone bingung.

***

Akhirnya sebuah episode full di Kameshima. Mone sangat dekat dengan teman-temannya dan sepertinya sih nggak ada aura-aura Mone cinta sepihak sama Ryo, sebenarnya aku khawatir juga ini drama jadi kayak Mare dimana tokoh utama pergi ke Yokohama setelah patah hati LOL. Sebenarnya di spoiler dikatakan kalau Asumi dan Ryo sedang pacaran, tapi kayaknya spoilernya salah deh, mungkin maksudnya pernah berpacaran. Tapi Ryo sama sekali nggak merasa tuh dan aku suka Asumi orangnya heboh dan nggak dimasukkan kehati. Tsunematsu Yuri cocok untuk peran ini. Aku nggak sabar dengan episode selanjutnya karena aku ingin melihat kedekatan Mone dan teman-temannya. Kok rasanya kurang gitu ^^



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts