Rabu, 09 Juni 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 18

Sinopsis Okaeri Mone Episode 18

***

Mone sedang melipat kain saat ibu kembali ke rumah. Ternyata ibu tidak jadi pergi dengan ayah ke kota, dia belanja di sekitaran desa saja dan bertemu dengan ibu Yuto, ya biasa lah ibu-ibu kalau udah ngumpul ya lama ceritanya. Makanya ibu terlambat pulang dan meminta maaf pada Mone yang sudah mengangkat jemuran. Ibu melihat wajah Mone penuh kekhawatiran dan bertanya ada apa. Mone menceritakan apa yang terjadi, kalau kakek dan Michi bertengkar masalah penelitian benih tiram. Kakek bahkan sampe mengatakan kalau dia nggak mau tau lagi / terserah Michi aja. Mendengar itu ibu khawatir karena ia tahu kalau Michi dan kakek sama-sama keras kepala dan lagi Michi tak akan bisa melakukan penelitiannya sendirian. Saat itu ayah menelpon dan ibu ingin memberitahu ayah apa yang terjadi tapi ayah memotong mengatakan kalau ia akan pulang agak malam karena ingin minum-minum dulu dengan Shinji (ayah Ryochin). Ibu hanya terdiam.

Ayah dan Shunji-san, ayah Ryochin minum di kedai kecil. Awalnya sih pembicaraannya hanya sapaan biasa saja, misalnya saat Shinji melihat kotak terompet ayah, ia bertanya apakah ayah masih memainkan itu dan mengatakan itu sangat disayangkan. Tapi ayah mengatakan yang disayangkan adalah Shinji, seorang nelayan berbakat tapi tidak melaut lagi. Ayah khawatir kalau gelar nelayan terbaik Kameshima di rebut orang lain. Tapi Shinji mengatakan kalau itu dulu. Shinji kayaknya malah bicara lama-lama dengan ayah Mone, jadi dia akan pergi. Tapi ayah memintanya membawa payungnya karena di luar hujan. Shinji hanya tersenyum pahit melihat ayah Mone selalu penuh persiapan seperti ini. Ia juga membahas sesuatu mengenai kejadian masa lalu, mengenai kapal miliknya dimana prediksi ayah Mone benar dan kekecewaannya karena ayah Mone tidak membantu padahal ayah Mone adalah pegawai bank. Ada sesuatu yang terjadi diantara keduanya dan itu masih menjadi rahasia, mungkin itu sebabnya wajah ayah dan ibu selalu berubah kalau membahas ayah Ryochin.

Sore itu hujan belum berhenti. Cuaca di laut juga kelihatan buruk. Kakek mengendarai kapalnya ke peternakan tiramnya, Michi mengejar ingin ikut tapi kakek tidak memperbolehkannya ikut. Kakek pergi sendirian. Michi meminta maaf pada kakek karena dia tidak menyangka kalau hujannya akan sederas ini. Mone yang mengejar Michi dengan payung meminta Michi pulang karena cuaca buruk.
Beberapa menit/jam kemudian, kakek kembali ke rumah dengan kaki terluka. Mone membantu mengobati kaki kakek dengan menempelkan penghilang rasa nyeri. Ibu sedang menasehati Michi yang masih membahas benih tiram. Jadi gini, Michi ingin master benih tiram itu direndam dalam laut sampai beberapa jam gitu, kakek kan kemarin minta mereka mengangkatnya karena akan turun hujan tapi Michi nggak mau karena belum sampai perendaman yang ditentukan, makanya Michi bilang di episode kemarin dia akan merendamnya sampai hujan turun dan Michi nggak menyangka hujannya akan lebat banged. Ibu menjelaskan pada Michi kalau penglihatan kakek tidak bagus dan nggak bisa mengendarai kapal malam-malam, tapi demi master milik Michi, kakek tetap ke peternakan malam iyu untuk mrngangkat master benih tiram, karena kalau dibiarkan maka benihnya akan hanyut terbawa arus. Jadi saat melakukan itu lah kaki kakek tersandung tali dan ia jatuh. Kakek mengatakan kalau itu kesalahannya, lagian ini cuma penelitian anak SMA jadi jangan terlalu keras pada Michi. Mendengar itu Michi kesal, ia mengatakan kalau peternakan tiram membeli benih dari sana, kalau tempat menjual benih itu gagal/bangkrut nanti gimana? makanya mereka harus mencoba membuat benih sendiri. Kakek mengatakan kalau laut Kesennuma itu adalah laut dalam, meski mereka berhasil membuat benih, tidak ada tempat mengembangbiakkannya, jadi jalan terbaik memang membelinya. Michi mengatakan kalau ada laut dangkal di Kesennuma, mereka bisa membangun pilar disana. Kakek meninggikan suaranya bertanya siapa yang akan membangunnya? Berapa biayanya? kalau gagal gimana? 

Ayah menengahi mereka meminta kakek jangan terlali serius pada anak SMA. Michi kesal lagi karena kakek dan ayah tidak menganggapnya serius, hanya penelitian anak SMA. Ia sungguh berfikir kalau benih lokal itu penting dan ia sedang mengumpulkan data kalau itu bukannya tidak mungkin membuat benih sendiri di Kameshima. Ia meminta mereka jangan menganggap remeh penelitiannya hanya karena ia anak SMA. Ayah meminta maaf dan ia mengerti kalau Michi melakukannya dengan serius. Tapi ayah mencoba menjelaskan bagaimana setelah bencana 3 tahun lalu mereka mengalami masa sulit, mereka mencoba membangunnya kembali dan akhirnya kembali normal seperti sekarang (peternakan tiram kakek). Ayah memperjelas lagi kalau ini masalah uang. Gaji ayah hanya cukup untuk makan mereka dan nggak bisa membantu impian Michi. Untuk sekarang itu tidak mungkin bagi mereka membuat benih tiram sendiri. 
Michi kesal karena ayahnya hanya bicara tentang uang. Ayahnya benar-benar terasa sebagai pegawai bank yang tidak mau kehilangan uang, selalu memberi penjelasan kongkrit kenapa mereka nggak bisa. Michi berteriak itu sebabnya ayah menyerah akan kapal ayah Ryochin padahal keluarga Ryochin sedang kesulitan saat itu. Mendengar itu ibu terkejut dan marah meminta Michi untuk berhenti bicara. Semua terdiam. 

Mone saat itu di dapur, diam saja mendengarkan karena tidak tahu harus bagaimana. Tapi ia khawatir dengan pertengkaran keluarga ini dan ia mengeluarkan peluit ayahnya, meniupnya. Suaranya berisik seperti biasa. Mone mencoba mencairkan suasana dengan peluit itu dan kemudian mengajak keluarga membuat sesuatu karena sudah jam makan malam. Mereka membuat makanan khas Tome yang dulu pernah dimakan ayah. Ibu merasa itu ide yang bagus dan mulai membantu Mone, ayah juga ikutan. Kakek yang sakit juga ikut membantu. Michi masih terdiam, dan Mone mengajaknya untuk membantu juga. Michi mendekati ayah dan kakek, ia meminta maaf.

Malam itu Mone terdiam di dalam kamarnya, menatap langit malam terang dengan sinar rembulan. Lalu tiba-tiba ia menangis.

***

Mone ini kadang-kadang memang suka menangis sendiri begini. Aku kadang juga nggak mengerti apa yang sebenarnya ia pikirkan dan itu membingungkan.

Suasana awkward kalau keluarga membicarakan ayah Ryochin sepertinya ada hubungannya dengan pekerjaan ayah sebagai pegawai bank. Entah itu dulu ayah Ryochin ingin meminjam uang tapi nggak memenuhi syarat atau bagaimana, intinya ada saat dimana ayah nggak bisa membantu ayah Ryochin yanf kesulitan. Pastinya ada rasa bersalah di dalam diri ayah. Tapi aku yakin nggak cuma iti, mungkin ada kejadian yang lebih dalam lagi, yang saat ini masih menjadi rahasia.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts