Rabu, 12 Juni 2019

[Review] Anime Series: Hibike! Euphonium (2015)

Hibike! Euphonium adalah anime yang tayang pada musim semi 2015 dan season 2-nya tayang pada musim gugur 2016. Anime ini juga mendapat 2 movie setelah S1 dan S2 tayang, tapi itu hanya ringkasan dari versi seriesnya aja. Aku sempat download dan kecewa HAHAHHAHAHAHA.
Hibike! Euphonium diproduksi oleh studio Kyoto Animation, berjumlah 13 episode untuk tiap seasonnya dan bergenre Music, School, Drama. Disutradarai oleh Ishihara Tatsuya (Chuunibyou, Clannad, K-On!, Tamako Market), anime ini mengangkat tema sebuah klub brass band di sebuah SMA.

Movie atau anime bertema brass band biasanya banyak yang membahas terompet atau seruling sebagai alat musik yang dipegang oleh sang tokoh utama, karena itu aku tertarik pada anime ini yang membahas mengenai Euphonium sebagai alat musik yang dipegang oleh tokoh utama. Sebenarnya aku nggak terlalu paham mengenai alat musik instrument, dan mungkin di anime ini aku pertama kalinya mendengar Euphonium HAHAHHAHAHAHA, Parah. Biasanya aku tau terompet, oboe, horn, saxophone lol. Aku sebenarnya mulai nonton anime ini karena sedang mood nonton anime series lama yang udah aku download tapi belum ditonton wkwkkwkw. Jadi jangan heran belakangan di blog ini sering membahas anime series HAHAHAHAHA. Untuk referensi sih aku liat rating anime di MAL, aku memilih ratingnya yang tinggi, tentu saja HAHAHHAHAHA.

SPOILER

Tokoh utama Hibike! Euphonium ini bernama Oumae Kumiko yang baru saja masuk ke Kitauji High School. Di hari pertamanya, ia melihat penampilan klub brass band di halaman sekolah yang melakukan penampilan untuk menarik anggota baru. Kumiko berkomentar kalau penampilan mereka tidak bagus, tapi hanya bergumam saja. Kumiko ini punya kebiasaan bergumam dalam hati tapi sebenarnya ia mengatakannya dengan jelas cuma dia nggak sadar kalau apa yang dikatakannya dalam hati itu didengar orang lain. Saat SMP, Kumiko ikut klub brass band dan punya kenangan buruk tentang hal itu. Misalnya saat ia terpilih menjadi pemain inti untuk kompetisi, kakak kelas mulai membencinya karena ia masih kelas 1 kok bisa ikut. Atau saat klub brass band mereka kalah saat kompetisi, Kumiko sama sekali nggak sedih karena ia memang sudah merasa mereka nggak akan lanjut ke tahap selanjutnya dengan kemampuan seperti itu, tapi saat itu salah seorang anggota menangis karena kesal mereka nggak masuk ke tahap selanjutnya dan Kumiko mengatakan 'memangnya kau benar-benar berfikir kita bisa ke tingkat nasional dengan kemampuan begitu?'.
Karena itu di SMA ini, Kumiko sepertinya akan menghindari klub brass band dan masuk klub lain. Tapi karena ia tidak punya minat pada yang lain ditambah dengan teman masa kecilnya Tsukamoto Shuuichi yang juga akan masuk klub brass band, KUmiko akhirnya mencoba untuk masuk. Tapi kali ini Kumiko ingin mencoba alat musik lain, karena itu ia merahasiakan kalau ia adalah pemain Euphonium yang punya pengalaman selama 7 tahun.

Di kelasnya, Kumiko berkenalan dengan Hazuki-chan dan Midori-chan. Midori adalah pemain kontrabass dan sudah berfikir untuk masuk ke klub brass band. Sementara itu Hazuki yang nggak punya pengalaman juga tertarik masuk klub brass band, ia sengaja membeli alat untuk latihan gitu tanpa tahu alat itu digunakan untuk alat musik apa. Kumiko yang ikut masuk klub brass band dengan tujuan mencoba alat musik lain, tapi ia ketahuan oleh senior brass instrument dan akhirnya nggak punya pilihan selain kembali ke Euphonium.
Di klub brass band tersebut, Kumiko kembali bertemu dengan Kousaka Reina, anak yang dulu satu klub dengannya yang menangis saat mereka tidak lanjut ke tahap selanjutnya dan Kumiko selalu berusaha menhindari Reina. Dia takut gitu sama Reina.

Kkub brass band SMA Kitauji juga kedatangan pelatih baru yang wajahnya tampak kalem dan selalu tersenyum, tapi kata-katanya sangat tegas pada para siswa. Ia sengaja memberikan pilihan pada anggota klub brass band, apakah mereka masuk klub hanya untuk menghabiskan waktu dengan melakukan hobi bermain musik atau mereka masuk klub dengan tujuan tingkat nasional. Setelah ia mendapat jawaban dari mereka yang ingin berkompetisi di tingkat nasional, pelatih mulai serius melatih mereka semuanya. Meksi cara pelatih ini banyak yang protes karena terasa aneh dan tidak sesuai dengan hati. Terutama saat pelatih melakukan audisi untuk siapa siswa yang akan menjadi pemain inti di tingkat nasional. Biasanya yang akan melaju ke tingkat nasional adalah para kakak kelas gitu, tapi kali ini pelatih melakukan audisi, jadi siapa yang terbaik maka dia yang akan maju ke tingkat nasional.
Anggota per sekolah itu maksimal 55 orang, jadi akan ada sekitar 10 orang yang tidak ikut ke tingkat nasional.

Latihan biasanya dilakukan per grup gitu, Kumiko, Midori dan Hazuki ada di kelompok brass instrument karena mereka memegang Euphonium, kontrabas dan tuba. Kelompok brass instrument dipimpin oleh Asuka-senpai yang memegang Euphonium. 3 anggota lainnya adalah pasangan yang memegang tuba dan salah seorang lagi yang memegang Euphonium.
Di klub brass band SMA Kitauji tersebut, hanya ada siswa kelas 3 dan sedikit siswa kelas 2, selebihnya adalah anak kelas 1. Hal itu karena ada sebuah kejadian tahun lalu yang membuat banyak siswa kelas 2 keluar dari klub. Kumiko penasaran dengan kejadian itu tapi hal itu seperti sebuah hal tabu untuk dibahas di klub. Seperti sebuah rahasia klub gitu yang lengkapnya dibahas di season 2.

Anime ini membahas mengenai keseharian anggota klub di klub brass band, bagaimana mereka termotivasi untuk menjadi anggota inti untuk kompetisi, latihan menjadi lebih baik lagi, bahkan yang dulunya malas-malas saat latihan jadi lebih rajin. Kalau anime ginian pasti lah ya banyak masalah yang terjadi di klub, misalnya mereka yang nggak bisa untuk mencapai harapan pelatih, tokoh utama juga hampir nggak bisa main saat kompetisi, atau masalah mengenai siapa yang menjadi pemain solo saat kompetisi. Ya masalah-masalah di klub gitu deh, kalau yang sering nonton anime tipe klub yang ingin mencapai tujuan tingkat nasional biasanya udah bisa menebak polanya bagaimana.

Anak SMA nggak akan lepas dari kisah cinta meski fokus mereka adalah ke klub, begitu juga dengan anime ini. Kumiko berteman sejak kecil dengan Tsukamoto Shuuichi karena mereka tinggal di kompleks apartemen yang sama. Kakak Kumiko adalah yang membuat Kumiko dan Shuuichi memulai brass band, terutama Kumiko yang sejak kecil punya impian untuk bermain bersama kakaknya. Tapi saat sang kakak kelas 3 SMA, kakaknya berhenti bermain.
Awal sekolah SMA dimulai, Kumiko tampak dingin pada Shuuichi karena saat SMP Shuuichi pernah marah pada Kumiko dan meminta Kumiko jangan bicara padanya di sekolah. Hal itu karena KUmiko mengatakan pada Shuuichi untuk makan malam di rumahnya di hadapan teman-teman Shuuichi dan Shuuichi jadi malu gitu. Karena itu saat SMA dimulai, Kumiko cukup dingin pada Shuuichi. Shuuichi sebenarnya menyukai Kumiko dan itu kelihatan banged. Meski di drama ini mereka masih berteman sampai akhir sih, tapi Shuuichi selalu memperhatikan Kumiko, misalnya saat Kumiko deg degan di penampilan pertama mereka, atau saat Kumiko ultah saat acara menginap bersama, hanya Shuuichi yang ingat ulang tahun Kumiko.

Masalahnya adalah Hazuki yang ternyata jatuh cinta pada Shuuichi dan itu sempat membuat Kumiko galau. Galau karena ia takut nanti Hazuki salah paham dengan hubungannya dan Shuuichi, karena itu Kumiko sempat menghindari Shuuichi yang selalu mencoba mengajaknya bicara. Bahkan saat festival, Kumiko sudah tahu kalau Shuuichi akan mengajaknya dan sebelum Shuuichi sempat mengatakannya, ia sengaja membuat alasan. Karena itu pada akhirnya Shuuichi pergi bersama Hazuki. Saat itu Hazuki sempat menembak Shuuichi tapi Shuuichi menolaknya. HAzuki sebenarnya sudah tahu bakalan ditolak, tapi tetap saja ia sedih. Midori saat itu mendukung Hazuki sepenuhnya jadi ikutan sedih juga. Setelah ditolak, Hazuki meminta Kumiko untuk tidak segan padanya karena ia sudah tidak apa-apa. TApi Kumiko memang nggak ada niat gitu sama Shuuichi sih, jadi ya dia biasa-biasa aja pada Shuuichi. Di akhir season 1 diperlihatkan kalau Hazuki akhirnya sepenuhnya bisa melepaskan perasaannya pada Shuuichi.
Tapi sayang banged, sampai ending season 2, hubungan Shuuichi dan Kumiko nggak ada perkembangan sama sekali, meski aku bisa melihat kalau Kumiko sebenarnya menganggap Shuuichi itu spesial.

Kousaka Reina juga punya kisah cintanya sendiri. Kousaka Reina dan Kumiko akhirnya berteman setelah beberapa kejadian dan Reina ternyata nggak marah karena kejadian saat SMP itu. reina justru kagum karena Kumiko mengatakan hal sebenarnya saat itu. Reina sebenarnya diterima di sebuah sekolah yang mempunyai klub brass band yang bagus, tapi ia memilih masuk ke SMA Kitauji. Saat seluruh siswa klub meragukan pelatih baru mereka dan mengatakan banyak hal buruk tentang pelatih, Reina satu-satunya yang mempercayai pelatih. Itu karena Reina mengenal pelatih sejak dulu dan pelatih itu adalah cinta pertama Reina. Tapi karena hal itu juga Reina mendapat banyak masalah, Reina terpilih sebagai pemain solo untuk terompet saat kompetisi menuju tingkat nasional dan banyak yang berfikir kalau itu karena pelatih mengenal Reina. Tapi kemudian pelatih akhirnya mengadakan audisi ulang dimana kali ini para siswa sendiri yang memilih pemain mana yang pantas menjadi pemain solo saat kompetisi. Dan Reina memang melakukan yang terbaik meski awalnya ia sempat ragu karena salah seorang anggota meminta Reina muncur agar kakak kelas yang jadi pemain solo, karena itu kesempatan terakhir kakak kelas itu. Tapi berkar dukungan Kumiko, Reina akhirnya menunjukkan kemampuan terbaiknya.
Reina sempat shock saat tahu kalau pelatih sudah menikah tapi ia tidak menyerah akan kisah cintanya. Ia sempat nembak pelatih 2 kali, tapi pelatih terlalu dense untuk mengerti akan hal itu HAHAHAAHAH.

Hibike Euphonium punya artwork dan animasi yang sangat bagus karena diproduksi oleh Kyoto Ainmation,. Tapi aku kurang puas dengan musiknya karena musiknya itu-itu aja HAHAHHAHAH. Musik yang diperlombakan dalam anime itu selalu itu aja, jadi agak bosen sih. Tapi mungkin di kompetisi brass band itu memang gitu ya, lagu yang dikompetisikan adalah lagu yang sama, terutama lagu wajibnya. Aku kurang tau mengenai itu makanya aku sebenarnya mengharapkan sesuatu yang baru, tapi setelah 2 season lagunya tetap itu HAHAHHAAHHA.

Aku sangat menantikan kelanjutkan anime ini. Kabarnya akan ada season 3 sih, tapi dalam bentuk movie. Di season 3 nanti Kumiko dkk akan duduk dikelas 2 SMA dan klub mereka akan mendapatkan anggota baru. Nggak sabar pengen nonton. Semoga ada seriesnya juga. Aku juga berharap ada sedikit perkembangan hubungan cinta Kumiko meski animenya bukan romance XD

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts