Selasa, 30 November 2021

[Sinopsis] Come Come Everybody Episode 22

Sinopsis Come Come Everybody Episode 22: 'Osaka'

***

Malam itu Isamu diam-diam datang ke kamar Yasuko dan Rui. Ia menyerahkan amplop berisi yang pada Yasuko dan meminta Yasuko meninggalkan rumah mereka bersama Rui. Ia mengatakan jika Yasuko ingin hidup bersama Rui, maka ini adalah satu-satunya cara. Tapi disaat seperti ini Yasuko masih mengkhawatirkan ibu dan ayah mertuanya. Kalau Rui tidak ada bagaimana dengan keduanya. Isamu mengatakan ia yakin orang tuanya akan sedih, tapi ia akan melakukan sesuatu mengenai hal itu. Ia mengatakan pada Yasuko untuk berangkat ke suatu tempat dengan kereta pertama pagi ini. Yasuko masih ragu tapi Isamu meyakinkan Yasuko kalau ini yang terbaik untuk semuanya.

Subuh pagi itu, Isamu mengantarkan Yasuko dan Rui sampai ke depan pintu. Isamu meminta Yasuko untuk berhati-hati dan Yasuko berterima kasih pada Isamu. Untuk pertama kalinya setelah sekian lama, Isamu memanggil Yasuko dengan nama 'Anko' dan mengatakan padanya jika Yasuko mengalami kesulitan, Yasuko bisa kembali kapan saja. Jika saat itu tiba, ia akan berusaha untuk membantu Yasuko. Yasuko tersenyum mendengarnya dan berjalan meninggalkan rumah keluarga Kijima. Isamu hanya bisa menatapnya dengan perasaan khawatir dan sedih.

Yasuko naik ke kereta pertama dari stasiun Okayama. Tidak ada satu penumpangpun di sana. Ia menyanyikan lagu 'On The Sunny Side of the Street' sepanjang perjalanan sambil mengingat kenangan indahnya bersama Minoru. Ia juga teringat arti dari lirik lagu tersebut yang pernah Minoru tuliskan untuknya, 'Ambil mantelmu, buka topimu, taruh kekhawatiranmu di depan pintu dan berjalanlah ke arah matahari (hinata no michi). Bisakah kamu mendengar? Suara yang menyenangkan itu. Itu adalah langkah kaki kebahagiaanmu. Jika kamu berjalan di jalan Hinata, kamu hidup pasti akan bersinar.'.
Sinar matahari pagi menyinari jendela kereta api. Yasuko tersenyum melihatnya. 
 

 Yasuko tiba di stasiun Osaka pagi itu. Yasuko sama sekali tidak punya tujuan dan ia belum pernah meninggalkan Okayama seumur hidupnya, jadi satu-satunya tempat yang ada dalam pikirannya adalah Osaka, rumah kos tempat dimana Minoru pernah tinggal saat kuliah di sana. Ibu pemilik sama sekali belum berubah, saat melihat Yasuko ia berfikir Yasuko adalah istri Suzuki-kun dan mulai bicara panjang lebah mengenai Suzuki-kun dan Yasuko kesulitan menjelaskan kalau dia adalah istri Minoru. Ibu pemilik ini kalau udah bicara susah berhentinya, jadi Yasuko sulit memotong pembicaraan.
Akhirnya setelah Yasuko menjelaskan siapa dia dan tujuannya ke sana, ibu pemilik memperlihatkan sebuah gudang dan mengatakan Yasuko bisa tinggal di sana. Ia kasihan melihat Yasuko seorang diri dan puterinya yang masih kecil akan hidup berdua di Osaka. Ia mengingatkan Yasuko, di Osaka semuanya sedang kesulitan untuk kepentingan diri sendiri (fokus untuk hidup sendiri) jadi tidak akan ada yang membantu Yasuko. Yasuko mengerti akan hal itu.

Sementara itu di Okayama, Isamu meminta maaf pada kedua orang tuanya karena melakukan hal ini. Ia mengatakan inilah yang terbaik menurutnya. Ia memohon pada mereka untuk tidak mencari Yasuko. Meskipun kelihatan begitu, Yasuko adalah anak yang kuat. Demi Rui, ia yakin Yasuko akan melakukan apapun. Ibu tiba-tiba berdiri dan akan pergi, ayah bertanya dia mau kemana. Ibu mengatakan sudah jelas ia akan melapor ke polisi karena Yasuko menculik cucunya. Isamu meminta ibunya berhenti, ia bertanya apakah ibunya tidak sadar dengan sikap ibu yang seperti ini menyakiti seluruh keluarga. Ibu terdiam. Ayah juga terdiam, ia tidak membantahnya.

Yasuko memulai kehidupan barunya di Osaka. Ia berhasil membersihkan gudang itu sehingga terlihat seperti sebuah rumah tinggal. Ia memasak pagi-pagi untuk sarapan Rui dan saat Rui bangun, ia akan memeluknya. Lalu keduanya pergi ke black market untuk membeli bahan-bahan makanan. Yasuko berencana untuk menjual cemilan manis untuk menghasilkan uang, hanya saja bahan yang dibutuhkan masih sulit didapatkan. Jikapun ada, pasti cepat habis dipasaran dan harganya tidak terjangkau oleh Yasuko. Hari itu Yasuko memutuskan membeli kentang (tapi kok kayak ubi jalar gitu). 
Pulang dari pasar, Yasuko langsung mengolah kentang yang ia beli. Ia merebusnya, kemudian menggilingnya dan kemudian merebusnya. Yasuko ingin membuat permen kentang. 
 
 
Saat membuatnya, Yasuko selalu menggendong Rui di punggungnya, ia tak lupa memberi Rui makan. Bahkan saat malam ia mencuci kain, ia terus menggendong Rui. Saat Rui tidur, barulah Yasuko meletakkan Rui di futon. Yasuko lanjut membuat permen kentang lagi. Setelah adonan menjadi karamel, Yasuko mengguntingnya dan kemudian mencobanya. Menurut Yasuko rasanya lumayan. Dan begitulah besok paginya, ia dan Rui menjual permen kentang itu di black market.
Yasuko mencoba menjual permen kentangnya dan ada seseorang yang mencoba mencicipinya. Aku rasa rasa permennya lumayan makanya orang itu makan banyak, tapi orang itu malah menolak membayar. Yasuko sampai harus mengejar orang itu di tengah pasar dan pria itu menepiskan tangan Yasuko. Hal itu membuat permen jualan Yasuko jatuh di tanah. Yasuko yang shock memunguti permennya tapi orang lalu lalang dan tidak peduli mereka menginjak permennya. Pria tadi kasihan dan akhirnya melempar koin. Yasuko hanya bisa terdiam dengan apa yang baru saja terjadi padanya dan mulai memunguti permennya lagi.

Permen kentang tidak terjual dengan mudah meski rasanya lumayan enak. Yasuko tidak punya pilihan selain terus membuatnya. Malam itu ia menyuapi Rui makan malam sambil memasak permen kentang. Saat adonan di kompor, Yasuko meminta Rui menunggu sebentar selagi ia mengaduk adonan. Tapi Rui mulai menangis dan itu membuat Yasuko meninggikan suaranya. Rui terdiam. Yasuko merasa bersalah dan meminta maaf, ia memeluk Rui dengan penuh kasih sayang. Yasuko sebenarnya khawatir, ia mulai kehilangan rasa percaya diri bisa melindungi Rui dengan keadaan seperti ini. Tapi ia harus bertahan.

Hari itu Yasuko berjualan permen kentang seperti biasa di black market. Tiba-tiba ada dua orang preman pasar bertanya pada Yasuko siapa yang mengizinkan Yasuko berjualan disana dan mereka meminta Yasuko membayar kalau mau jualan disana. Mereka menarik tangan Yasuko, Yasuko ketakutan dan Rui menangis keras. Yasuko mencoba kabur dari dua preman itu ke pemukiman warga. Disana ia mendengar kehangatan sebuah keluarga yang akan makan kare. Lalu samar-samar ia mendengar musik yang diputar di radio. Yasuko mencari sumber suara dari rumah yang satunya. Yasuko teringat masa kecilnya bahwa ia menyukai lagu itu dan sering bernyanyi dengan kakek, ayah, ibu dan pekerja di toko mereka. Itu adalah lagu Shojoji No Tanuki Bayash tapi kali ini liriknya dalam bahasa inggris. Air mata Yasuko menetes saat mendengarkan lagu itu. Itu adalah hari dimana Yasuko pertama kalinya bertemu dengan siaran radio Come Come English.
 
 ***
 
Masa kehidupan Jepang setelah perang memang keras. Apalagi untuk single mother seperti Yasuko. Black market memang begitu, jangan heran, banyak premannya. Kalau mau jualan di black market ya harus keras. 
 
Semua orang sibuk dengan kehidupan masing-masing, nggak ada istilah membantu yang lain, karena kehidupan masing-masing sudah sulit. Itu memang adalah nasehat ibu pemilik pada Yasuko, yang intinya Yasuko harus kuat bertahan. Uang yang diberikan Isamu tidak banyak, sebelum itu habis, Yasuko harus bisa menghasilkan uang dengan jerih payahnya sendiri. Demi puterinya Rui.

Aku berharap orang tua Minoru tidak akan mencari Yasuko tapi aku khawatir karena ibu Minoru seperti itu. Diam-diam dia mungkin sedang merencanakan sesuatu, untuk merebut Rui dari Yasuko.

Come Come English adalah siaran radio bahasa inggris NHK yang sangat populer setelah perang. Siaran ini akan menjadi pengobat hati Yasuko yang memang sedang kesulitan.

Share:

1 komentar:

  1. terima kasih, kak.. 🙏🏻
    Isamu benar-benar baik, huhu.. 🥺
    Yasuko tetap semangat ya, demi Rui juga. 🤗

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts