Sunday, 1 April 2018

[Review] J-Drama: anone (2018)


anone adalah sebuah drama yang tayang pada musim dingin 2018 dan menjadi drama ke-4 musim dingin 2018 yang aku selesaikan setelah Todome no Kiss, Kuragehime dan Kakegurui.
Awal menonton drama ini, aku pikir aku mungkin akan drop setelah beberapa episode, karena sejujurnya aku kurang cocok sama drama-drama berat seperti ini. Tapi mungkin karena yang main Hirose Suzu, aku bertahan sampai pertengahan dan uniknya, pertengahan sampai ending, drama ini baru keluar auranya, malah makin menarik.
Karena itu aku sangat senang aku memutuskan untuk terus menonton drama ini HAHAHAHHA.

anone tayang di NTV sebanyak 10 episode mulai tanggal 10 Januari 2018. Drama ini disutradarai oleh Mizuta Nobuo (Saki ni Umareta Dake no Boku, Yutori Desu ga Nani ka, Mother) dan naskahnya ditulis oleh Sakamoto Yuji (Quartet, Woman, Mother). Bagi penggemar dorama, pasti nggak asing sama Sakamoto Yuji karena penulis yang satu ini terkenal dengan drama-dramanya yang berat, berisi tentang kehidupan dan penuh makna. Dia adalah salah satu penulis yang berbakat dalam menulis drama tentang kehidupan.

Bagiku sendiri, ini adalah pertama kalinya aku menonton drama Sakamoto Yuji sampai tamat. Aku tahu dia penulis yang bagus, tapi karena drama-dramanya sering banged terlihat gelap dan berat, aku memang nggak suka drama begitu, jadi aku nggak nonton dramanya. Ini juga karena yang main Suzu makanya aku bertahan HAHAHAH.
Sebenarnya sih aku pernah mencoba menonton drama Itsuka Kono Koi wo Omodashite, tapi episode pertama dramanya boring banged dan aku nggak ngerti, jadi aku drop HHAAHAAHAHHA.
Sebenarnya perasaan itu sama dengan saat aku menonton anone, saat episode pertamanya, aku rasa dramanya kok aneh, kok boring, kok aku bingung mengikutinya dan sempat pengen drop, tapi aku tetap bertahan karena Suzu dan ternyata dramanya makin menarik menuju ending.
Jadi aku pikir aku harus mencoba drama Sakamoto Yuji yang lain setelah ini, untuk awal-awal sih aku berencana nonton ItsukaKoi, Soredemo dan Quartet AHAHAHAHA.

"Precious memories. I think they become your support, they become charms, they become a place for you to go."

anone dibintangi oleh Hirose Suzu (Gakko no Kaidan, Chihayafuru, Sensei) sebagai female lead drama ini. Ia memerankan tokoh Tsujisawa Harika, seorang gadis yang terabaikan di masyarakat, tanpa keluarga, tanpa rumah, mencoba bertahan hidup dan satu-satunya penyemangatnya adalah teman chattingnya, Kanon-san.
Pemeran lainnya adalah Tanaka Yuko (Mare, Woman, Mother), Kobayashi Satomi (Cote d'Azur Bo 10, Kuro no Onna Kyoushi, Akahana no sensei), Sadao Abe (Gekokujo Juken, Naotora, Crazy for Me), Eita (Soredemo Ikite Yuku, Hello Hari Nezumi, Wakamono Tachi), Hino Shohei (Meoto Zenzai, Amas no Kiseki, Kurobe no Taiyo), Shimizu Hiroya (Chihayafuru, Denei Shoujo Video Girl Ai, Houkago Groove) dan banyak tokoh lainnya.
Seperti yang terlihat dalam deretan main cast-nya, Suzu adalah satu-satunya pemeran muda sekaligus heroine dalam drama ini, memang ada juga aktris muda lainnya tapi adegan mereka nggak banyak. Aku salut banged sama Suzu yang mampu mengimbangi akting para seniornya yang sudah sangat berpengalaman. Menurutku aktingnya keren banged dalam drama ini.

Pada awalnya, mendengar judul 'anone' terasa sangat aneh bagiku. Judulnya ditulis dalam huruf alfabet, bukan hiragana, dan sebelum dramanya tayang, aku sama sekali nggak ngerti apa arti kata itu.
Tapi setelah dramanya tayang aku akhirnya mengerti apa artinya. Menurutku ada 2 maksud dari kata 'anone' yang menjadi judul drama ini. Pertama adalah 'anone' dari kata 'ano ne' yang artinya 'hmmmm/you know/kau tahu' yang biasanya diucapkan diawal kalimat. Itu merujuk pada interaksi Harika dan teman chattingnya, dia selalu mulai cerita dengan kata 'ano ne' didepannya.
Yang kedua adalah salah satu nama main cast dalam drama ini adalah Anone. Jadi, judul drama ini bisa merujuk pada dua hal itu.

SINOPSIS
~spoiler alert~

"What's great about life, even something unbearably sad happen to you, before you know it, you'll able to laugh about it. No matter how painful it is, knowing that you'll eventually be able to laugh about it, doesn't it fill you with comfort?"

anone mengisahkan tentang seorang gadis bernama Hazure yang tinggal di net-cafe, ia tidak punya keluarga dan hidup sendiri. Ia melakukan pekerjaan apa saja untuk biaya hidupnya dan mendapat bayaran tak seberapa. Ia seorang gadis 19 tahun, kuat tapi juga punya sisi lemah. Hidup dalam masyarakat tidaklah mudah baginya, tapi ia juga tidak mau dibodoh-bodohi. Ia selalu tegas pada sesuatu yang merupakan haknya.

Hazure punya teman curhat disebuah aplikasi chatting yang unik, teman curhatnya bernama Kanon-san. Kanon-san adalah seorang anak laki-laki yang sakit-sakitan dan selalu tinggal di rumah sakit. Ia tak pernah menikmati dunia luar, jadi Hazure selalu menceritakan dunia luar padanya, pengalaman-pengalamannya yang mendebarkan meski sebenarnya itu semua adalah kebohongan yang ia buat. Hazure membuat dirinya seolah-olah dikelilingi keluarga yang bahagia dan ia punya pengalaman masa kecil yang mendebarkan saat ia berkunjung ke rumah neneknya.

Di Net-cafe, Hazure berteman dengan 2 anak gadis seusianya yang juga tinggal disana. Suatu hari salah satu dari mereka menemukan sekantong uang 1 juta yen dan mengajak Hazure dan teman satunya untuk mengambil uang itu. Tapi dihadapan uang, salah satu dari mereka berkhianat. Dan karena insiden uang itu, Hazure berkenalan dengan Hayashida Anone, wanita pemilik kantong yang itu, yang berusaha mengambilnya dan membakarnya.
Di tempat itu, Hazure juga jadi teringat kenangan masa kecilnya, rumah yang ia pikir adalah rumah neneknya dimana ia berbahagia saat berkunjung disana, ternyata itu hanyalah sebuah ilusi.
Rumah yang ia kunjungi saat itu adalah panti penampungan anak-anak yang berperilaku buruk yang tidak diinginkan keluarga. Saat kecil Hazure penuh imajinasi dan memang berbeda dari anak lainnya. Intinya, keluarga Hazure saat itu tidak menginginkannya makanya menitipkan Hazure disana dengan harapan pemilik panti itu bisa mengubah perilaku Hazure.
Hazure juga bukan namanya yang sebenarnya, namanya yang sebenarnya adalah Tsujisawa Harika, pemilik panti memanggilnya Hazure karena Harika adalah anak yang tidak diinginkan keluarganya.

Mengetahui masa lalunya yang selama ini ia simpan sebagai kenangan indah tapi ternyata adalah kenangan buruk, Hazure curhat pada Kanon-san. Dan ternyata Kanon-san ini mengenal Hazure, karena ia juga ada ditempat penampungan yang sama dengannya saat kecil. Mereka berdua bahkan punya kenangan manis berdua saat kabur dari tempat penampungan itu dan berjanji melihat hujan meteor bersama-sama. Dari Kanon-san lah HAzure tahu kalau namanya yang sebenarnya adalah Tsujisawa Harika. Dan Kanon-san mempunyai nama asli Hikoboshi.

Insiden uang 1 juta yen itu ternyata berbuntut panjang saat Harika kembali ke lokasi dan bertemu Anone-san. Ada 2 orang yang menculik Harika karena berfikir Harika adalah anak Anone dan minta uang tebusan pada Anone. Harika bukanlah siapa-siapa bagi Anone, mereka bahkan baru bertemu tapi Anone membayar yang tebusan Harika itu.
Sejak itu hubungan keduanya menjadi lebih dekat. Dua orang yang menculik Harika juga menyadari kesalahan mereka dan berniat untuk mengganti uang Anone tersebut dengan bekerja padanya.
4 orang yang baru saling mengenal tinggal di rumah yang sama dan hidup layaknya keluarga. Tapi ternyata masalah uang itu masih berbuntut panjang, karena uang itu adalah uang palsu dan seseorang datang mengancam mereka untuk bekerja sama membuat uang palsu.
Mereka berempat mempunyai alasan yang berbeda menyetujui permintaan orang itu dan mulai membuat uang palsu di percetakan milik Anone-san.

Kalau aku sih selalu bilang ini drama tentang beberapa orang asing (strangers) yang dibuang oleh keluarga mereka dan menemukan rasa kekeluargaan ditempat lain. Awal drama ini sangat membingungkan karena masih dalam tahap perkenalan. Tapi pertengahan ke akhir, setelah keempat orang asing mulai hidup bersama, dramanya mulai terasa sangat menarik dan aku menantikan setiap minggu. Aku sangat menyukai bagaimana mereka hidup di rumah yang sama, mereka yang awalnya tidak saling mengenal dan merindukan keluarga, menemukan yang mereka cari bersama-sama.

CHARACTERS
~spoiler alert!~

"The thing about lie, you know... You have to hide it by lying more. There's no end to all the lying.  A lie protected by more lies. In the end, you're only ruining yourselves."

Hirose Suzu as Hazure/Tsujisawa Harika

Harika adalah anak yang 'dibuang' oleh keluarganya karena Harika kecil penuh dengan imajinasi dan rasa ingin tahu, ia dianggap sebagai anak yang aneh. Harika 19 tahun tidak ingat mengenai bagaimana kejadian sebenarnya, yang ada dalam bayangannya saat itu adalah dai berkunjung ke rumah neneknya dan menemukan sebuah rumah peri yang indah di hutan, padahal sebenarnya itu adalah penjara bagi anak-anak nakal.
Saat Harika mengingat apa yang sebenarnya terjadi saat masih kecil, Harika sangat shock. Hazure adalah namanya selama ini ternyata nama pemberian kepala penampungan karena ia anak nakal.

Harika tinggal di net-cafe dan bekerja serampangan, ia akan melakukan pekerjaan apa saja asal dibayar. Ia selalu mengenakan pakaian yang sama, tas yang sama dan skateboard jika bepergian.

Harika pertama kali bertemu dengan Anone-san adalah karena masalah uang 1 juta yen yang ternyata uang palsu. Uang itu akan dibawa kabur oleh temannya tapi berhasil dihalangi oleh Anone-san yang berakhir membakar uang itu. Harika saat itu berhasil mengambul satu lembar uang 10ribu yen dan mengembalikan pada Anone.
Sejak itu keduanya menjadi dekat, lebih tepatnya Anone membiarkan Harika tidur dirumahnya untuk sementara waktu. Harika selama ini tidak pernah tidur dengan futon dan bahkan mengenakan baju tidur, itu adalah saat-saat paling membahagiakan baginya.

Hubungan Harika dan Anone sangatlah unik. Mereka adalah dua orang yang tidak tahu nama masing-masing pada awalnya, menjadi dekat dan membiarkan Harika tinggal di rumahnya. Ia merawat Harika dengan baik dan bahkan memperbolehkan Harika tinggal di rumahnya. Harika juga membayar uang sewa meski pada awalnya tidak diterima oleh Anone. Harika sempat diculik oleh dua orang yang berfikir Harika adalah anak Anone dan meminta uang tebusan pada Anone yang tanpa ragu dibayar oleh Anone, membuat HArika bertanya kenapa Anone melakukannya padahal dia bukan keluarga Anone.
Bagi Harika, Anone perlahan menjadi ibu baginya, begitu juga bagi Anone, Harika menjadi anak baginya.
Harika adalah anak yang sangat baik, ia selalu jujur dengan perasaannya dan membuat Anone sangat menyayanginya.

Saat Nakaseko Riichi (Eita) mengancam mereka untuk membantunya membuat uang palsu, Anone berusaha agar Harika tidak terlibat tindakan kriminal itu, karena Harika masih 19 tahun dan masih punya masa depan cerah dihadapannya. Anone menyediakan tempat bagi Harika untuk pulang dan menjadi ibu baginya. Tapi aku suka ending drama ini dimana Harika memutuskan untuk hidup mandiri dan meninggalkan rumah Anone, karena ia tahu ia tidak akan kesepian lagi, karena ia punya rumah Anone untuk pulang saat ia merasa kesepian.

Selain hubungan Harika dan Anone, yang sangat menarik bagiku adalah hubungan Harika dan Kanon-san/Hikoboshi-kun. Harika sama sekali tidak ingat dengan Hikoboshi tapi Hokoboshi mengingat Harika, jadi Hikoboshi menceritakan bagaimana mereka saat ditempat penampungan dan anak seperti apa Harika itu.
Keduanya tidak pernah bertemu tapi Harika selalu melihat kamar inap Hikoboshi dari jauh. Harika sangat ingin Hikoboshi sembuh, ia bahkan berniat mencari uang untuk biaya operasi. Karena itu juga ia terlibat dengan pembuatan uang palsu, karena ia ingin membantu Hikoboshi.
Menurutku hubungan Hikoboshi dan Harika sangat dalam, mereka tak pernah bertemu tapi menjadi penyemangat bagi masing-masing. Saat Hikoboshi tak bisa keluar, Harika menceitakan dunia luar padanya, saat Harika tak bisa keluar, Hikoboshi yang gantian bercerita mengenai dunia luar.

Aku menangis saat Harika dan Hikoboshi akhirnya bertemu dan saling menyentuh untuk pertama kali dan terakhir kalinya.

Tanaka Yuko as Hayashida Anone

Pada awalnya, Anone ini terlihat sebagai seorang wanita yang tidak tertarik dengan apapun, tidak pernah terlihat tersenyum. Ia juga tidak bersosialisasi dan sibuk dengan dunianya sendiri. Ia tinggal dilantai dua pabrik percetakan mendiang suaminya. Pabrik itu tutup setelah suaminya meninggal dunia. Ia tak sengaja menemukan uang 1 juta yen dan membuangnya di pantai dan hal itu la yang menjadi awal dari drama ini, dimana masalah uang itu akan terus berlanjut sampai ending drama ini.

Anone dulunya mempunyai sebuah keluarga yang bahagia, tapi semuanya berubah saat anak perempuannya tahu kalau Anone bukan ibu kandungnya dan kabur dari rumah. Anone sangat menyayangi puterinya itu dan membesarkan seperti anak sendiri tapi puterinya merasa tidak suka dibesarkan oleh seseorang yang bukan ibunya.
Anone selalu berusaha mencari anaknya setelah suaminya meninggal dunia dan berkat Harika, Anone akhirnya bertemu dengan puterinya. Berkat Harika juga Anone tahu kalau selama ini suaminya sering mengunjungi puteri mereka, ia bahkan sudah menikah dan mempunyai seorang anak laki-laki.
Tapi sang puteri masih terus menghindari dan membenci ibunya.

Anone sangat menyayangi Harika, meski hubungan mereka awkward pada awalnya, tapi ia merawat Harika seperti anaknya sendiri. Ia bahkan membayar uang tebusan pada penculik meski ia tak tahu alasannya kenapa.
Saat Nakaseko mengancam akan membocorkan ke publik kalau cucu Anone adalah penyulut api kebakaran yang menewaskan 1 orang beberapa tahun lalu, Anone setuju untuk membantu membuat uang palsu dengan syarat mereka harus merahasiakan dari Harika.
Saat mengerjakan uang palsu itu, ia sudah membuat keputusan jika mereka tertangkap, ia akan menanggung semua kesalahan sendiri, demi puterinya, cucunya dan Harika.

Kobayashi Satomi as Aoba Ruiko

Kisah Aoba diawali dengan pertemuannya dengan Mochimoto Kaji di sebuah restoran. Hubungan mereka pada awalnya hanya pelanggan dan pemilik, tapi berlanjut ke rekan bunuh diri, menjadi rekan penculikan, menjadi tahanan, menjadi keluarga dan saling jatuh cinta.

Aoba awalnya sangat misterius, ia terlihat seperti seorang wanita yang ingin bunuh diri dan mencari rekannya, makanya dia mengajak Mochimoto. Tapi saat melihat kejadian perebutan uang 1 juta yen, ia jadi tertarik mencoba ikut rebutan uang itu, mereka juga melihat bagaimana Anone membakar uang itu. Merasa kalau Anone bisa dimanfaatkan, mereka menculik Harika dan meminta uang tebusan, meski pada akhirnya terjadi kejadian tak terduga karena penculik malah menjadi tahanan teman Mochimoto yang dendam pada mereka.
Saat Anone membayar uang tebusan Harika, Aoba membawa kabur uang itu sendirian. Saat itulah diperlihatkan masa lalu Aoba, dia termasuk wanita yang tidak dianggap di keluarganya.

Aoba menikah dengan keluarga kaya yang tidak pernah menganggapnya. Puteranya satu-satunya terlalu dimanjakan neneknya dan tidak menganggapnya. Suaminya bersikap dingin padanya. Rumahnya tidak terasa seperti rumah lagi dan ia memutuskan untuk kabur dari rumah. Ia berniat bunuh diri tapi masih memikirkan puteranya. Setelah mendapatkan uang itu, ia akan menggunakannya untuk hidup bersama puteranya, tapi puteranya tidak menyukainya, bahkan tidak mau makan masakannya. Setelah semua yang ia lalui, Aoba memutuskan untuk meninggalkan keluarga dan menandatangani surat cerai.
Setelah kejadian itu, Aoba dan Mochimoto menemui Anone untuk meminta maaf dan berjanji membayar uang tebusan Harika. Mereka tinggal di rumah Anone dan sejak itu mereka jadi tinggal berempat. Supaya tidak ada yang curiga, Aoba dan Mochioto berperan sebagai pasangan suami istri, sepupunya Anone.
Sejak mereka hidup berempat, rumah Anone menjadi lebih ramai dan hidup dari biasanya, mereka berempat hidup dengan sangat bahagia disana.
Aoba juga membantu pembuatan uang palsu itu demi Mochimoto yang sangat ingin melakukan sesuatu seperti itu.

Aoba bisa melihat hal-hal gaib. Ada arwah anak perempuan yang selalu mengikutinya dan ia menganggap arwah itu adalah anaknya.
Aku nggak menyangka kemampuan Aoba ini akan digunakan sampai akhir, aku sampai lupa kalau dia bisa melihat arwah dan itu membuat ending drama ini lebih bermakna karena Mochimoto masih bersama mereka.

Sadao Abe as Mochimoto Kaji

Dia adalah pemilik sebuah restoran dan berencana menutup restorannya saat ia bertemu dengan Aoba yang masuk ke dalam restoran meski restoran tutup. Saat Aoba mengajaknya bunuh diri bersama, ia mengikuti Aoba.
Mochimoto sebenarnya menderita kanker dan hidupnya tidak akan lama lagi, jadi ia ingin melakukan sesuatu sebelum ia meninggal, karena selama ini ia tak pernah melakukan sesuatu atau tak pernah mencoba menjadi sesuatu.
Ia hidup dengan biasa dan tidak menonjol, saat pacaran ia dibuang oleh pacarnya karena kemungkinan ia tak akan bisa mempunyai keturunan, saat pemeriksaan itulah dia tahu kalau dia mengidap kanker.

Sejak bertemu dengan Aoba, banyak hal yang terjadi pada Mochimoto. Mochimoto pada dasarnya adalah orang yang baik, tapi ada saatnya ia terlihat seperti orang yang jahat, seperti saat setuju membantu Nakaseko untuk membuat uang palsu, meski Aoba melarang Mochimoto. Tapi Mochimoto merasa inilah yang harus ia lakukan sebelum ia meninggal, setidaknya ia harus melakukan sesuatu.
Aoba menyukai Mochimoto dan merasa kalau Mochimoto adalah pria yang keren, tapi Mochimoto selalu menganggap itu sebagai candaan. Ia merahasiakan penyakitnya dari yang lain dan Aoba baru mengetahui hal itu di beberapa episode terakhir drama ini.
Aoba dan Mochimoto pernah berjanji ke onsen bersama-sama an mereka berhasil menepati janji itu. Mereka juga menyewa apartemen bersama-sama dan Aoba adalah orang yang ada disisi Mochimoto sampai akhir hayatnya.

Aku sangat menyukai adegan terakhir Mochimoto saat ia menghembuskan nafas terakhirnya, juga saat pagi harinya, Aoba menonton TV yang menyiarkan wawancara dadakan Mochimoto dulu.
Selama ini aku pikir perasaan Aoba bertepuk sebelah tangan, siapa sangka Mochimoto juga sangat menyukai Aoba. Dan plot twist drama ini adalah, Mochimoto masih bersama mereka sampai akhir, sebagai arwah dimana Aoba bisa melihatnya. Jadi aku benar-benar terharu.

Eita as Nakaseko Riichi

Dulunya ia adalah karyawan di pabrik percetakan milik suami Anone dan tentu saja Anone mengenalinya. Kalau aku nggak salah, dulu dia bekerja di perusahaan besar tapi kemudian berhenti karena dikhianati?
Ia sekarang bekerja sebagai penjual bento untuk menghidupi istri dan anaknya, tapi diam-diam, ia punya studio dimana ia meneliti pembuatan uang palsu.
Saat ia bekerja di pabrik percetakan dulu, ia membuat uang palsu bersama suami Anone karena ia mengancam suami Anone akan melaporkan kejahatan cucunya. Jadi uang palsu yang ditemukan Anone (1juta yen) itu adalah yang dicetak Nakaseko dan suami Anone.

Nakaseko juga mendekati Rei, anak Anone dan membuat Rei jatuh cinta padanya. Anak Rei, Haruto juga sangat dekat dengan Nakaseko. Aku masih nggak mengerti apakah Nakaseko menyukai Rei atau bagaimana, tapi intinya dia menggunakan Haruto untuk mengancam Anone, agar Anone mau membantu membuat uang palsu.
Nakaseko ini sangat misterius, diakhir drama ini ia mengatakan sesuatu mengenai kakaknya, sepertinya ia merasa bersalah pada kakaknya yang saat itu masih sebesar Haruto, atau sesuatu seperti itu, makanya ia mendekati Haruto dan menganggap Haruto pengganti kakaknya.
Pada akhirnya ia mencoba menghapus ingatan Haruto atas kejadian masa lalu itu dan menyerahkan diri pada polisi setelah kabur berbulan-bulan.

Eguchi Noriko as Aoshima Rei

Rei adalah puteri Anone yang kabur dari rumah setelah tahu kalau Anone bukan ibu kandungnya. Ia tak suka orang asing bersikap seperti ibu kandung padanya.
Ia adalah orang tua tunggal, ia merawat Haruto, puteranya sendirian. Ia menikah dengan seorang pria yang melakukan kekerasan dalam rumah tangga dan ia bekerja di pom bensin.

Haruto adalah anak yang berbeda dari anak seusianya karena rasa ingin tahunya yang besar, Haruto diabaikan disekolah dan tidak punya teman. Haruto menulis dengan tangan kiri dan dipandang aneh oleh anak-anak lainnya. Karena menulis dengan tangan kiri sangat aneh, Haruto selalu berusaha menulis dengan tangan kanan. Harika menyadari aklau Haruto itu mirip dengan dirinya saat ia masih kecil, tapi untung saja ibu Haruto tidak seperti orang tuanya. Rei sangat menyayangi Haruto dan menghadapinya dengan sabar.

Rei tahu kalau Nakaseko sudah menikah, meski begitu ia merasa kalau Nakaseko bisa mendukung hidupnya. Ia sangat berharap meski seluruh dunia menentangnya, Anone akan bersikap seperti seorang ibu dengan mendukungnya. Tapi Anone tidak bisa mendukung Rei karena Anone tahu Nakaseko bukan orang baik, bahkan menggunakan kesalahan Haruto untuk mengancam.

Haruto, saat kecil pernah melihat ibunya membakar surat yang dikirim oleh Anone. Jadi saat Haruto mendapat surat dari sekolah, ia meniru ibunya dengan membakar surat itu dan menyebabkan kebakaran yang menewaskan satu orang. Haruto sudah melupakan kejadian itu tapi Nakaseko tahu itu ulah Haruto dan bahkan sengaja merekam saat ia mewawancarai Haruto. Rekaman itulah yang digunakan Nakaseko untuk mengancam suami Anone dan Anone. Meski Haruto tak akan dihukum karena ia masih kecil saat kejadian itu, tapi jika HAruto tahu dia pernah membunuh seseorang, Haruto akan terluka.
Tapi pada akhirnya, Nakaseko berusaha menghapus ingatan / mengubah ingatan itu dari Haruto.

Shimizu Hiroya as Kanon-san / Hikoboshi

Kanon-san adalah teman Harika disebuah aplikasi chat. Harika sering membicarakan pengalamannya di dunia luar meski apa yang katakan mengenai kebahagiannya adalah sebuah kebohongan. Saat Harika mengingat masa lalunya dan jujur pada Kanon, ternyata Kanon mengenal Harika. Harika menggunakan id Hazure saat itu dan Kanon teringat temannya ditempat penampungan bernama Hazure, makanya ia memilih Hazure sebagai teman chatnya.
Kanon kemudian mengatakan namanya yang sebenarnya adalah Hikoboshi dan mengatakan nama Hazure sebenarnya adalah Harika. Sejak tahu kalau ternyata mereka pernah berhubungan, Hikoboshi perlahan menceritakan masa lalu mereka berdua melalui chat dan Harika juga jadi penasaran pada Hikoboshi dan pergi ke rumah sakit untuk melihat Hikoboshi, lebih tepatnya Harika hanya diluar dan memandang Hikoboshi dari jauh.

Hubungan Hikoboshi dan Harika sangat dalam. Bagi Hikoboshi, Harika adalah penyemangatnya dan salah satu hal yang membuatnya ingin tetap hidup. Bagi Harika, Hikoboshi adalah satu-satunya orang yang tahu mengenai dirinya dan masa lalunya yang sudah ia lupakan. Saat tahu kalau hidup Hikoboshi tidak akan lama lagi, Harika mencoba mencari tahu berapa biaya operasi dan ingin membantu Hikoboshi, Tapi ia tak punya uang dan Harika merasa kalau ia sama sekali tidak berguna. Tapi Anone mengatakan perasaan Harika saja sudah cukup bagi Hikoboshi.
Pertama kali Harika dan Hikoboshi mendengar suara masing-masing melalui telpon, sangatlah mengharukan. Percakapan mereka biasa-biasa saja, malu-malu, pure banged, tapi disana Hikoboshi menyatakan perasaan pada Harika dan Harika membalas perasaan Hikoboshi.

"What you gave me is a 'welcome home'. You made me say 'I am home'. And I want to become that place for Hikoboshi-kun, too."

Harika dan Hikoboshi akan bertemu untuk pertama kalinya dan juga pertama kalinya Harika mengenakan dress, tapi kemudian ia mengetahui kalau Hikoboshi menolak bantuan keuangan dari keluarga temannya, karena temannya ingin Hikoboshi menyukainya sebagai gantinya. Hikoboshi menolak karena ia menyukai Harika. Hal itu membuat Harika sangat sedih dan harus berbohong pada Hikoboshi mengenai perasaannya, agar Hikoboshi melupakannya dan menerima bantuan temannya.
Hal itu sangat melukai Hikoboshi dan Harika, dan merupakan adegan yang membuat aku sesegukan. Tapi Hikoboshi tahu kalau Harika berbohong dan setelah melihat berita di televisi mengenai Harika, ia mengirim Harika surat dan sejak itu mereka hubungan mereka jadi hubungan surat menyurat. Kali ini, kebalikannya, Hikoboshi lah yang menceritakan dunia luar pada Harika.

Aku sudah low expectation pada pertemuan Harika dan Hikoboshi, tapi aku sangat terkejut karena keduanya benar-benar bertemu untuk pertama kalinya, saling menyentuh pertama kalinya dan juga menjadi yang terakhir kalinya.
Itu adalah sebuah adegan yang membuatku tersenyum tapi menangis, karena aku tahu itu akan menjadi perpisahan mereka berdua.

Mereka adalah dua orang yang saling mencintai dalam kesunyian, lebih dalam dari yang kita pikirkan, tapi mereka membuat pilihan untuk berpisah dan Harika mengatakan dalam imajinasinya, ia akan membayangkan apa yang akan terjadi jika ia dan Hikoboshi berhasil kabur berdua saat masa kecil mereka.

"I try to do that in imagination. Back then, what if things turned out a little different, what would have happened? When we were children, the two of us ran away successful, what would have happened? If we had been successful, what would have happened?"

anone merupakan sebuah drama yang indah, menghangatkan hati tapi sedih. Memang seperti itulah drama-drama yang bertema kehidupan, berat. Well, kehidupan sendiri memang sudah berat sih.
BTW di drama ini ada banyak sekali quote, dan yang aku masukkan disini adalah sebagian kecil saja, favorite aku.

Rating anone ini cukup rendah, lebih rendah dari drama Sakamoto Yuji biasanya dan mengalami penurunan dari episode 1 sampai 9, tapi episode 10 ratingnya naik lagi. Menurutku sih karena drama ini memang berat banged. Aku pernah baca di girls channel memang banyak netizen yang bilang dramanya terlalu berat makanya banyak yang nggak nonton pas tayang, mungkin mereka merekam dan nonton kapan-kapan.

Tapi banyak sekali yang bisa kita ambil dari drama ini. Misalnya bagaimana para tokoh berasal dari latar belakang yang berbeda, mempunyai kisah yang berbeda dan sifat yang berbeda, mereka merindukan yang namanya 'keluarga' karena mereka itu 'dibuang' oleh keluarga kandung mereka sendiri dan mereka menemukan 'keluarga' itu saat mereka bersama-sama. Jadi terkadang, kita bisa menemukan rasa kekeluargaan ditempat asing.

Anone adalah seorang ibu yang sangat baik. Ia merawat Rei seperti anaknya sendiri meski Rei bukan anak kandungnya. Sejak Rei menghilang ia terus mencari Rei dan saat menemukannya ia terus berusaha mendekatinya meski Rei tidak menyukainya. Ia tidak salah apa-apa tapi justru ia yang meminta maaf pada Rei. Ia bahkan melakukan hal yang sangat sulit dilakukan orang asing pada Harika. Saat Harika diculik ia membayarkan uang tebusannya, Harika bahkan tidak mengerti kenapa. Sejak awal ia menganggap Harika adalah anaknya dan mengurus Harika seperti puterinya sendiri. Harika yang selama ini tidak mengenal yang namanya rumah dan tempat untuk pulang, menemukanya pada Anone.

Harika juga anak yang sangat baik. Ia bekerja dan bekerja untuk kebutuhan sehari-harinya, ia tak peduli pekerjaan apa asalkan ia digaji, meski gajinya sedikit, bahkan kadang bosnya menipunya. Ia mendapat selembar uang palsu 10 dolar dan mengembalikan pada Anone. Dia dengan tulus membantu dan akan menabung untuk Hikoboshi yang bahkan wajahnya saja ia tidak tahu. Pokoknya Harika benar-benar sesuatu deh. Aku salut banged sama dia.
Adegan saat Harika dan Hikoboshi ketemu di rumah sakit adalah adegan terbaik.

Bagi yang belum menonton drama ini, aku rekomendasikan untuk mulai menontonnya ya. Episode awal memang sedikit membosankan dan membingungkan, tapi dijamin seru menjelang akhir dan nggak akan menyesal menontonnya. Aku jujur saja menonton drama ini cuma karena Suzu, tapi ternyata aku jadi menyukai dramanya secara keseluruhan.

Share:

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda banged kok sama drama IU. Byk yg bilang miripmn aq jugajudh nonton tp mnurutku beda banged. Si Suzu di anone baik banged, dia g punya hutang n g punya keluarga, dia jg g ada kerjaan tetap. IU ada keluarga, ada sisi jahatnya yg entah knp smpe ep 4 aq g suka dia. iu butuh uang krn hutang, klo suzu krn ngobatin temenny, itu pun seputar uang palsu. lingkunganny jg beda.

      Delete
  2. Aku baru tau kalau ItsukaKoi juga buatan Sakamoto Yuji. Aku tertarik sama drama ini belakangan karena ada Suzu sama Hiroya.. dan sekarang setelah tau ini buatan Sakamoto Yuji, aku jadi makin penasaran. Ayo nonton ItsukaKoi! Aku sih suka banget sama drama itu. Hehe..
    Terima kasih ya review-nya, sekarang jadi mantap mau download anone 😁

    ReplyDelete

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Daiki Shigeoka Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kaname Jun Kanichiro Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Ueno Juri Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chugakusei Nikki Churasan Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts