Selasa, 18 Desember 2018

[Review] J-Drama: Dele (2018)

Dele adalah drama musim panas yang tayang di TV Asahi sebanyak 8 episode. Drama ini dibintangi oleh Yamada Takayuki (Nobunaga Concerto, Yareta Kamo Iinkai, Arakawa Under the Bridge) dan Suda Masaki (Todome no Kiss, Jimi ni Sugoi, Naotora). Disutradarai oleh Tsunehiro Jota (BG: Shinpen Keigonin, Gu Ra Me!, Cold Cases) dan Takimoto Tomoyuki (All About My Destiny, Kyonen no Fuyu Kimi to Wakare, No Otoko), drama ini cukup unik karena setiap episodenya ditulis oleh penulis yang berbeda, Honda Takayoshi yang merupakan penulis novel asli yang merangkap sebagai penulis script, Takimoto Tomoyuki yang merangkap sebagai sutradara, Kaneshiro Kazuki (Okusama wa Tori Atsukai Chui), Aoshima Takeshi (Hitorishizuka), Tokunaga Tomihiko (Aibou) dan Watanabe Yusuke (Mirai Nikki).

Seperti drama dengan tema kriminal lainnya, drama ini setiap episodenya punya guest yang berbeda. Sebenarnya ada banyak sekali guestnya, tapi yang aku kenal adalah Eguchi Noriko, Ishibashi Shizuka, Kom-i, Kimiko Yo, Noda Yojiro, Matsumoto Wakana, Hashimoto Ai, Watanabe Daichi, Shibasaki Kou, Yamada Aina dan lain-lain.

Drama ini menceritakan tentang sebuah perusahaan bernama dele.LIFE yang dijalankan oleh Sakagami Keiji (Yamada Takayuki). dele.LIFE adalah perusahaan asuransi yang merupakan partner dari firma hukum milik ayahnya yang sekarang dijalankan oleh kakak perempuannya Sakagami Mai (Aso Kumiko). Sakagami Keiji atau yang lebih sering dipanggil dengan Kei ini menggunakan kursi roda karena bagian bawah tubuhnya lumpuh karena penyakit yang tidak diketahui. Ia adalah seorang programer yang menjalankan perusahaannya sendirian.
dele.LIFE adalah perusahaan asuransi yang unik, ia membuka jasa untuk menghapus data di laptop/komputer/ponsel apabila pemiliknya sudah meninggal dunia. Jadi pemiliknya akan mendaftar ke dele.LIFE dan jika ia meninggal dunia, ia ingin pihak dele.LIFE menghapus data miliknya yang tidak bisa ia hapus selama ia masih hidup. Bisa saja karena ia tidak tega menghapusnya, atau ia meninggal mendadak dan ia tak ingin data itu dilihat oleh orang lain.

Karena punya keterbatasan, Kei sebenarnya tidak bisa bekerja sendirian, jadi kakaknya Mai sering mencarikan pekerja paruh waktu untuk Kei. Hanya saja Kei ini sifatnya dingin dan tidak bersahabat, pekerjaannya juga aneh jadi banyak yang berhenti. Suatu hari, Mai bertemu dengan MAshiba Yutaro (Suda Masaki) dan tertarik padanya. Ia kemudian menawarkan pekerjaan untuk Yutaro dan kebetulan Yutaro juga butuh kerja. DAn begitulah Kei berkenalan dengan Yutaro. Sifat Yutaro berbeda dengan Kei, ia lebih terbuka dan ceria. Awalnya Kei tidak menyukai Yutaro dan berfikir Yutaro akan berhenti dalam beberapa hari. Tapi siapa sangka mereka berdua cocok, Yutaro melakukan pekerjaannya dengan baik, meski ia sering ikut campur urusan klien dan membuat Kei kesal, tapi Kei malah terpengaruh pada sifat Yutaro dan selalu berakhir dengan membantunya. Bagi Kei, Yutaro itu adalah pria yang polos, jadi kadang ia sengaja merahasiakan beberapa hal dari Yutaro mengenai klien mereka.

Jadi, lebih mudahnya gini, kerjaan Kei itu seperti hacker, setelah klien meninggal dunia akan ada notifikasi masuk ke laptopnya dan ia akan menghapus data yang diminta klien tersebut, baik itu di komputer klien atau laptop atau ponsel, jadi data tersebut udah tersambung di laptop khusus Kei, jadi tinggal dihapus gitu. Nah, Yutaro ini bekerja untuk memastikan apakah klien tersebut benar-benar sudah meninggal dunia. Biasanya ia menghubungi lewat nomor telpon, email atau langsung ke rumah klien.
Yutaro suka ikut campur urusan klien kalau ia merasa ada yang tidak beres dengan kematian klien, ia sering penasaran dengan data yang disimpan klien dan itu sering menjadi awal pertengkaran Kei dan Yutaro. Di drama itu sih data klien biasanya berhubungan dengan kasus tertentu dan Yutaro pasti berusaha untuk menyelesaikan masalah klien sebelum mereka menghapus datanya.
Tapi kadang klien mereka itu bukan orang baik dan Kei biasanya tahu dan merahasiakan dari YUtaro, karena Yutaro ini menurut Kei itu adalah pria polos, jadi dia nggak mau membuyarkan bayangan Kei akan klien mereka.

Dari 8 episode yang tayang, ada beberapa kasus yang masih aku ingat. Salah satunya dan menjadi favorite-ku adalah saat Hashioto Ai dan Shibasaki Kou menjadi cameo. Shibasaki Kou cameo sebagai mantan pacar Kei, mereka sudah putus tapi masih sering bertemu dan itu adalah pertemuan terakhir mereka. Sementara di episode yang sama, Yutaro juga bertemu dengan karakter Hashimoto Ai sebagai tunangan dari klien mereka yang sedang koma. Chemistry Suda Masaki dan Hashimoto Ai bagus bangeeeeeed, adegan mereka berdua banyak, saking sukanya aku bahkan bikin FMV mereka berdua HAHAHHAHAHAHAHA (bisa di cek di akun youtubeku yang ke-3).
JAdi ceritanya Yutaro mencari tahu apakah klien mereka si A sudah meninggal atau belum dan disana ia bertemu dengan tunangan si A yang diperankan oleh Hashimoto Ai. Yutaro pura-pura jadi teman SD si A dan Hashimoto Ai percaya kemudian membawanya ke rumah sakit dimana si A sedang koma. Hashimoto Ai tanpa sengaja tahu kalau Yutaro adalah dari dari dele.LIFE dan meminta mereka untuk tidak menghapus data si A, ia ingin melihat data apa yang ingin di hapus si A. Tapi sayang sekali, peraturannya adalah tidak ada seorang pun yang boleh melihat data itu, meskipun itu tunangan klien.
Yutaro menghabiskan waktu seharian bersama Hashimoto Ai karena permintaan gadis itu dan Hashimoto Ai menceritakan kisahnya dengan si A, mereka teman masa kecil dan saling menyukai. Tapi kemudian Yutaro tahu kalau Hashimoto Ai berbohong, mereka sama sekali tidak bertunangan karena tunangan Hashimoto Ai adalah orang yang berbeda. Ternyata mereka hanya teman masa kecil biasa dan Hashimoto Ai selama ini menyukai sahabatnya itu.
Aku sudah menebak sejak awal ending episode ini mau dibawa kemana dan data apa yang disembunyikan si A dan tebakan aku benar HAHAHAHHAHAHAHAHAHHA. Aku kasihan banged sih sama Hashimoto Ai di episode tersebut. Kalau nggak salah episode 5.

Episode lainnya yang masih aku ingat adalah mengenai kasus keracunan makanan masal. Kasus itu endingnya benar-benar menyesakaan karena pada akhirnya kita nggak tahu siapa pelakunya. Yutaro dan Kei bukan detektif, bukan polisi, jadi mereka nggak bisa melakukan apapun tentang hal itu.
Ceritanya adalah seorang pria ditahan karena kasus keracunan makanan. Anak pria itu adalah klien dele.LIFE yang bunuh diri. Data yang ingin dihapus oleh anaknya itu adalah data pelaku sebenarnya. Ayahnya berfikir kalau anaknya yang melakukan hal itu, jadi daripada anaknya ditangkap maka biarlah dia yang disalahkan, karena dulu dia pernah melakukan hal yang sama, jadi polisi langsung menuduh dia yang melakukannya. Tapi ternyata anak pria itu sama sekali tidak melakukannya.
Ada banyak orang yang dicurigai oleh Kei dan Yutaro dan salah satu pelakunya masih berkeliaran. Pokoknya nyesek banged episode itu T_T

Episode yang lain juga menarik, pendekatannya berbeda dengan drama tema kriminal lain, deg degannya juga beda banged, mungkin karena penulisannya bagus dan juga cara pengambilan gambar drama ini indah banged, udah kayak movie.
Aku sangat merekomendasikan drama ini bagi yang suka drama misteri tapi nggak terlalu berat. Di ending drama ini diisyaratkan akan ada season 2 dengan tema yang berbeda. Di drama ini temanya menghapus data yang tidak bisa dihapus oleh klien, maka di season 2 kemungkinan adalah mengirim data pada seseorang yang tidak bisa dikirim oleh klien. Sangat menarik. Kalau ada season 2 aku akan sangat menantikannya. Kalau bisa sih secepatnya HAHAHAHAHA.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts