Rabu, 06 Oktober 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 103

 
Sinopsis Okaeri Mone Episode 103
 
***

Mone dan Michi berbicara berdua di Hamarain. Michi baru selesai minum-minum dengan Ryochin dan ia kelihatan mabuk, karena khawatir keluarga akan khawatir, makanya Mone membawanya menenangkan diri di Hamarain dulu. Disana untuk pertama kalinya Michi membicarakan mengenai keresahan hatinya, mengenai hubungannya dan Ryochin yang tidak jelas dan ia tak bisa menanyakannya, juga mengenai perasaannya yang perlahan berubah dan ia tidak tahu apa yang sebenarnya ia lakukan selama ini dan apa yang sebenarnya ia inginkan. Saat itu Mone mengatakan pada Michi, bukankah Michi ingin pergi ke Tokyo?
Michi terdiam.

Michi dan Mone kemudian kembali ke rumah. Ibu saat itu sedang senyam senyum membaca sebuah surat dari pengunjung lama guest house mereka yang mengatakan kalau lain kali ia akan datang lagi. Ibu excited menceritakan pada mereka dan bahkan memperlihatkan foto yang dulu pernah mereka ambil saat anak itu berkunjung kesana. Jadi guest house yang dulu didirikan keluarga Nagaura itu adalah tempat anak-anak yang merasa kesulitan di sekolah menghabiskan waktu 2 minggu di pulau selama musim panas dengan pelayanan seperti keluarga oleh ibu, nenek dan kakek. Jadi bukan guest house yang cuma untuk liburan saja. Ibu benar-benar sangat senang karena keren sekali anak yang dulu pernah datang ingin datang kembali suatu hari nanti ke guest house mereka. Mone juga senang mendengarnya, tapi Michi tidak sesenang itu. Sejak Michi dan Mone tiba tadi, ibu sudah melihat wajah murung Michi dan ibu bertanya apakah Michi baik-baik saja. Michi tersenyum dan kemudian meninggalkan mereka untuk istirahat di kamarnya. Ibu menatap Mone dan Mone juga hanya tersenyum, ia tidak mengatakan apapun. Lalu telpon berbunyi dan ibu mengangkatnya. Ibu kelihatan terkejut dengan apa yang ia dengar di telpon.

Ibu ternyata mendapat telpon dari koperasi perikanan yang mengabarkan padanya kalau kakek tidak berniat untuk memperbaiki kembali rak tiram mereka yang rusak. Saat kakek pulang ke rumah, ibu mengajaknya bicara mengenai hal itu, ia bertanya apa maksud kakek dan kenapa kakek tidak mengatakannya padanya. Kakek mengatakan saat ia memberitahu ayah, ia berencana membicarakannya juga pada ibu, kakek meminta maaf. Ibu terkejut karena kakek dan ayah memutuskannya berdua. Tapi kakek membantah, ia mengatakan kalau itu adalah keputusannya sendiri. Ia mengatakan dengan bantuan bank dimana ayah bekerja, mereka sudah sering memperbaikinya jadi ia berfikir untuk mengakhiri peternakan tiram di generasinya. Ibu terkejut mendengar hal itu. Kakek mengatakan kalau mereka sudah berusaha cukup keras sampai hari ini, ia juga sudah tidak muda lagi jadi ia akan mengakhiri peternakan tiram keluarga Nagaura pada masanya.
Ibu tidak bisa membiarkan hal itu dan bertanya sejak kapan kakek memikirkan hal seperti ini.
 
 
Ayah yang sudah pulang dari kerja sejak tadi mendengarkan pembicaraan mereka diam-diam.
Tiba-tiba Michi yang sejak tadi mendengarkan dari dapur angkat bicara dan mengatakan kalau ia akan mewarisinya. Ia bertanya apa yang dikatakan kakek, padahal sejak awal sudah jelas ia yang akan mewarisinya, ia yakin yang lain juga berfikir begitu. Kakek membantah, ia mengatakan ia tidak pernah memutuskan hal itu (memutuskan kalau Michi yang akan mewarisinya). Michi mengatakan kalau ia masuk SMA Perikanan, ia juga bekerja di pusat pengembangan makanan laut, tentu saja ia juga berfikir bagaimana untuk membantu bisnis keluarga mereka. Mone terdiam menatap Michi.
Kakek bertanya pada Michi, Mi-chan, bukankah kamu suka meneliti? Menemukan sesuatu dengan meneliti dan melakukan penelitian untuk mengembangkan produk, meski sama-sama dibidang perikanan, itu adalah dua hal yang berbeda. Ia yakin Michi juga tahu akan hal itu. Michi mengatakan kalau mengenai hal itu ia baik-baik saja, bagaimanapun ia akan mewarisinya. 
 
 
Ibu mengatakan kalau ia mengerti, ia yang akan melanjutkan peternakan tiram mereka. Semuanya menatap pada ibu. Ibu mengatakan mereka akan melakukannya perlahan-lahan dan ia yakin semua akan baik-baik saja. Mereka pasti bisa menemukan caranya. Tapi kakek kemudian mengatakan pada ibu, bukankah ibu menginginkan pekerjaan yang terlibat dengan anak-anak?
Ibu terkejut. Kakek mengatakan bukankah ibu ingin melakukan pekerjaan guest house seperti yang nenek lakukan dulu?
Ibu terdiam, ia tidak bisa membantah hal itu. Semuanya juga terdiam. Ibu kemudian bertanya kenapa tiba-tiba kakek mengatakan hal seperti itu. Kakek mengatakan waktu itu, karena harus merawat nenek, ibu sampai berhenti sebagai guru sekolah dasar. Ia yakin ibu menyesal karena hal itu. Ibu terkejut mendengarnya, ia membantah dan bertanya apakah selama ini itu yang kakek pikirkan? Itu tidak benar, itu bukan karena nenek. Ibu hampir mengatakan alasan kenapa ia berhenti menjadi seorang guru tapi tiba-tiba ibu ingat ada Michi dan Mone disana, jadi ia tak melanjutkan kata-katanya. 
Kakek kemudian menyadari kalau ini pembicaraan yang berat, ia meminta mereka berhenti membicarakan hal ini. Kakek meminta maaf karena ia mengatakan hal yang tidak seharusnya ia katakan. Ibu hanya menunduk. Semuanya terdiam.

Michi dan Mone kembali ke lantai dua, Mone ada di pintu kamar Michi. Michi mengatakan pada kakaknya kalau ia akan melakukan sesuatu mengenai hal ini, jadi Mone tidak perlu khawatir. Lagian ia tak tahu kenapa kakek mengatakan hal seperti itu, padahal ada dirinya yang bisa mewarisi. Tapi Mone mengatakan apa yang kakek katakan itu ada benarnya, karena Michi menyukai penelitian.
Michi kesal dan mengatakan kakaknya berisik sekali, ini tidak ada hubungannya dengan Mone.
Mone mengatakan tentu saja ada dan Michi menatap kakaknya, apa hubungannya? Apakah kakaknya akan mewarisi peternakan tiram kakek?
Mone menggeleng mengatakan kalau ia tidak akan bisa melakukannya.
Michi tersenyum pahit mengatakan kakaknya enak sekali, kamu menemukan apa yang kamu ingin lakukan, melakukan pekerjaan dengan baik, lalu kembali ke sini, hubunganmu juga berjalan lancar dengan orang yang kamu cintai, perasaan kalian sama, kalian bahkan berfikir untuk menikah, hebat sekali. Semuanya berjalan dengan baik. Kamu memiliki semuanya. Kamu tidak akan mengerti bagaimana perasaanku.
Mone hanya terdiam mendengarkan semuanya.

Michi tak tahan lagi, ia ingin menangis dan melarikan diri dari saja. Tapi Mone menahannya di pintu. Ia ingin Michi mengatakan semuanya, semua yang ada dalam hati Michi, ia akan mendengarkannya. Michi menangis mengatakan ia tidak mengerti dirinya sendiri, apa yang harus ia pilih, penelitian? bisnis keluarga mereka? Ryo-kun?
Michi menangis mengatakan kalau pikirannya kacau, ia tidak tahu harus memilih apa.
Mone tidak bisa mengatakan apapun, yang bisa ia lakukan hanya mengelus lengan adiknya, berharap perasaannya membaik dengan hal itu.

Pagi-pagi sekali, Mone akan berangkat bekerja saat melihat ayah sendirian di ruang gelap menatap terompet. Mone mendekati ayahnya dan menyapa, Ayah langsung mencoba menyembunyikan terompet dan bertanya kenapa Mone berangkat pagi-pagi sekali. Mone mengatakan ia ingin melihat badai kabut sebelum berangkat kerja. Ia bertanya apakah ayahnya baik-baik saja, ayah pura-pura bingung kenapa Mone bertanya begitu. Mone melihat terompet dan ayah menyadari kalau ia ketahuan. Ayah mengambil terompet dan membukanya lagi. Mone duduk disamping ayahnya yang mengambil terompet dan menatapnya lagi. Mone mengatakan pada ayahnya, padahal ayah bisa meniupnya lagi jika ayah mau. Tapi ayah mengatakan ia tak akan melakukannya (ayah sepertinya juga berhenti bermain musik setelah ia memutuskan bekerja di bank). Ayah mengatakan kalau ia yang memutuskannya sendiri, tapi ia tak yakin apakah pilihannya benar atau tidak. Mone mengatakan kalau ayah melakukan pekerjaannya dengan baik, diangkat menjadi manager itu keren sekali. Ayah tertawa dan mengatakan dipuji begitu oleh puterinya membuatnya senang.
Ayah mengatakan baik musik atau pun pekerjaannya di bank tidak ada yang salah. Mone membenarkan.
Ayah sepertinya punya pikiran yang berat yang sedang ia coba putuskan. Kemudian ayah kembali menjadi ayah yang ceria biasanya, meminta Mone segera berangkat karena kalau terlambat Mone tidak akan bisa melihat badai kabut. Mone mengerti. Ia kemudian meninggalkan ayahnya yang masih duduk disana. Mone tidak bisa melakukan apapun melihat keluarganya yang sedang mengalami kesulitan.

***

Mone adalah pendengar yang baik. Meski ia tidak bisa memberikan solusi pada kesulitan keluarganya tapi ia mendengarkan keresahan hati mereka. Kadang orang yang sedang kesulitan tidak butuh saran ini itu, mereka hanya butuh seseorang yang dengan baik mendengarkan keluh kesah mereka.

Kakek mengerti semua orang punya hal yang ingin mereka lakukan, aku yakin kakek juga sudah jauh-jauh hari memikirkan hal itu. Puteranya melakukan pekerjaan dengan baik dan bahkan akan menjadi manager kantor pusat, cucu pertamanya melakukan pekerjaan dengan baik, ia juga tahu apa yang cucu keduanya ingin lakukan dan juga apa yang diinginkan menantunya. Tentu saja kakek tidak akan memaksa mereka mewarisi peternakan tiram keluarga jika harus mengorbankan apa yang mereka sukai. Tapi aku yakin ada jalannya, dan harapan satu-satunya adalah keputusan ayah. Aku penasaran apakah ayah akan kembali ke jalan musik sekalian mewarisi bisnis keluarga Nagaura.

Michi juga sedang dihadapkan dengan pilihan sulit. Perasaannya yang tertarik dengan penelitian dan ingin belajar lebih jauh, tapi juga ia ingin mewarisi bisnis keluarga dan juga mengenai Ryochin. Dimata Michi, Mone kelihatan enak sekali karena semuanya berjalan lancar untuk Mone. Ya kalau dilihat dari satu sisi sih memang semuanya berjalan lancar untuk Mone, pekerjaan lancar, masalah cinta pun lancar. Memang bikin iri sih. Tapi aku kecewa sama Michi, setelah apa yang dulu ia katakan, masa dia mengatakan hal menyakitkan pada Mone lagi. Kapan berubahnya dia? huhuhuhuhu.

Dan akhirnya, episode besok sepertinya Okaeri Mone akan membahas mengenai ibu, alasan kenapa ibu berhenti menjadi seorang guru padahal ia menyukai anak-anak. Semua berfikir ibu berhenti karena ia harus merawat nenek yang saat itu tidak bisa melakukan apapun setelah tsunami. Tapi ada alasan lain yang tidak bisa ia katakan di depan anak-anaknya?
Apakah ini ada hubungannya dengan Mone dan Michi? Mengingat Mone setelah tsunami jadi anak pemurung dan Michi juga berubah setelah gempa. Sepertinya episode besok bakalan nangis nih.

Share:

1 komentar:

  1. Hmm mulai problematik keluarga ini.. Semoga penyelesaiannya gak dipanjang panjangin dan sesuai porsinya masing masing.. Bingung juga mau komentar apa. Temponya mulai melambat, dan habis kisahnya ibu pasti nyambungnya ke bocah kemarin. Dan kisahnya Michi yg paling lama penyelesaiannya. Michi selesaikanlah semua beban pikiranmu di kampung halaman dan kemudian pergi belajar ke Tokyo. Jangan melarikan diri seperti Mone lakukan di masalalu

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts