Wednesday, 20 October 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 113

 
Sinopsis Okaeri Mone Episode 113

***

Ayah Mone ingin membiarkan Ryochin dan Ayahnya berbicara berdua saja, agar keduanya mengatakan isi hati masing-masing, jadi ia meninggalkan mereka dan pergi ke ruangan kerja kakek. Ibu menyajikan teh untuk Ryochin dan ayahnya, mengatakan kalau mereka akan menunggu di lantai 2 karena tidak mau mengganggu pembicaraan keduanya. Ibu pikir kalau ada mereka disana maka nanti Ryochin dan ayahnya nggak bisa leluasa bicara. Tapi Ryochin menolak dan meminta mereka tetap disana mendengarkan, ia ingin mereka disana. Ibu ragu tapi Michi langsung mengatakan ia mengerti. Dan begitulah, ibu, Mone dan Michi tetap di dapur mendengarkan. Saat itu Mone teringat bagaimana Ryochin mengatakan kalau ia belum bisa bahagia, bagaimana Michi mengkhawatirkan Ryochin yang berharap ayahnya naik kapal lagi.

Ryochin membicarakan kapal yang akan ia beli, kapal bekas tapi mesinnya masih bagus. Pemiliknya orang Hokkaido dan mengatakan kalau ia yang membeli maka pemilik akan menjual dengan harga lebih murah. Ayah memuji Ryochin yang disukai oleh pemilik kapal itu makanya menjual dengan harga rendah pada Ryochin. Ryochin menatap ayahnya dan mengajak ayahnya naik kapal itu bersama-sama. Ayah terdiam cukup lama dan akhirnya ia hanya menjawab kalau kapal itu adalah kapal Ryochin. Ryochin jadi kesal dan mengatakan kalau ayahnya selalu begitu, kalau bukan kapalnya sendiri (ayah), ayah tidak mau naik. Tapi ayah membantah, Ryochin tidak mendengarkan dan terus mengatakan kalau ayahnya masih belum bisa melupakan masa lalu, belum move on, tidak bisa berfikir positif. Semua orang berfikir seperti itu tentang ayah. Ayah tahu akan hal itu, hanya saja ia tidak berfikir untuk kembali menjadi dirinya yang dulu. Jika ia mencoba kembali, maka semuanya akan terhenti lagi. Ayah meminta maaf tapi ia mengatakan kalau ini adalah hal bagus baginya. Karena bagaimanapun kamu berfikir atau melakukan sesuatu, ada hal-hal yang tidak bisa kembali seperti dulu lagi. Ryochin terdiam. 

Ia kemudian duduk menghadap ayahnya dan mengatakan meski begitu, ia ingin ayah naik kapal lagi. Ia belum melupakan semuanya, sosok ayahnya yang gagah diatas kapal, ia masih mengingatnya. Dan ayah masih ada di hadapannya, itu adalah salah satu tujuan hidupnya, melihat ayah naik kapal lagi. Ayah mengatakan kalau ini bukan hidup Ryochin, ini adalah hidupnya. Ia sangat bersyukur pada Ryo, ia juga sudah sering memikirkan untuk naik kapal lagi demi Ryochin, tapi ia tidak bisa melakukannya. Baginya, menjadi nelayan sama dengan ada ibu Ryochin disampingnya. Tapi ibu sudah tidak ada lagi disampingnya dan jika ia naik kapal lagi ia mungkin akan mengakhiri hidupnya pada hari itu juga. Makanya ia memutuskan tidak naik kapal lagi. Ryochin menangis mendengar hal itu. Semua terdiam.
Ayah mengatakan kalau Ryochin sudah berusaha keras, Ryochin sudah bukan Ryochin yang dulu lagi, sekarang Ryochin sudah menjadi nelayan sejati. Ia ingin Ryochin dengan kapalnya sendiri melakukan apa yang ingin ia lakukan. Ia akan melihat Ryochin menaiki kapalnya dan itu sudah cukup baginya. Ryochin menangis dan dengan berat hati ia mengatakan ia mengerti. Ayah berterima kasih padanya yang sudah mau mengerti perasaannya.

Semuanya duduk di ruang tengah. Mone memanggil ayahnya. Kakek juga akhirnya ikut keluar. Ayah Ryochin meminta maaf karena sudah mengkhawatirkan kakek dengan banyak hal. Kakek mengatakan bukan apa-apa, ayah tidak perlu khawatir. Ayah Ryochin juga meminta maaf pada ibu.
Kemudian dalam keheningan, ayah mengambil stempelnya dan akan membubuhkan stempelnya di surat kematian istrinya. Tapi ia menunduk dan ragu, kemudian ia bertanya pada ayah Mone, jika ia membubuhkan stempel disana, rasanya seperti semuanya akan menghilang. Ayah Mone meminta ayah Ryochin mengangkat wajahnya dan melihat wajah semua yang ada disana, semuanya memasang wajah yang sama seperti Ayah Ryochin. Ayah perlahan mengangkat wajahnya dan menatap wajah semuanya satu per satu. Ayah mengatakan kalau hal itu tidak akan membuat seolah-olah ibu Ryochin tidak ada disini selama ini. Ayah Mone juga mengatakan kalau ayah Ryochin juga boleh bahagia terlepas dari apa yang terjadi dimasa lalu. 
Ayah Ryochin terdiam teringat kenangan masa lalunya bersama istrinya, kebahagiaan saat ia mempunyai kapal sendiri, saat ia menangis mengakui kesedihannya akan kehilangan istrinya, saat ia sering mengamuk karena perasaannya. Hari-hari selama 9 tahun belakangan ini. 
Tangan ayah Ryochin saat itu mulai bergerak dan akhirnya membubuhkan stempel di kertas kematian istrinya sambil menyanyikan lagu kesukaan istrinya.Air mata ayah Ryochin menetes seraya mengucapkan terima kasih dan selamat tinggal pada istri tercintanya. 

Setelah membubuhkan stempelnya, ayah menangis dalam diam. Ryochin mengambil ponsel ayahnya dan meminta ayah tetap menyimpan ponsel itu. Ayah menggenggam ponsel itu sangat kuat sambil menahan tangisnya, tapi air mata tetap keluar dengan deras. Semuanya membiarkan ayah menangis. Ayah Mone, ibu dan Mone juga tidak bisa menahan air mata mereka melihat perpisahan itu.

***

Akhirnya setelah 9 tahun dan 113 episode, ayah Ryochin merelakan kepergian istrinya. Selama ini ia tidak bisa merelakan kepergian sang istri dan terus hidup dalam luka lamanya. Meski perlahan-lahan ia mulai berubah dan kali ini ia melakukan demi puteranya. Tapi tetap sulit melepasnya.

Aku suka adegan Ryochin menghargai keputusan sang ayah untuk tidak naik kapal lagi. Ayah juga punya traumanya sendiri dan nggak bagus juga kalau dipaksa. Aku yakin kalu ayah pengen naik kapal lagi, suatu hari nanti dia akan naik lagi. Mungkin ayah butuh waktu lebih lama lagi. Dan aku harap Ryochin sabar menunggu saat itu. Dan dengan berakhirnya masalah ini, sekarang giliran Ryochin yang berbahagia. Semoga ia menemukan jalan hidupnya bersama Michi. Dan semoga ayah juga menemukan kebahagiaannya sendiri.

Aku nggak tau ya itu akting Nagase Ren atau arahan sutradara, kok pas ayahnya nangis, Ryochin nggak nangis? Feelnya jadi kurang dapet sih bagian itu. Tapi aku tetap suka adegannya kok. Apalagi melihat ibu satu-satunya yang tersenyum seolah-olah mengatakan kalau semuanya bisa berbahagia sekarang.

Share:

1 comment:

  1. AAAAA BAWAAAANG
    gak bisa bayangin kalo nonton di jepang. masa pagi saatnya sarapan dah nangiis duluan

    semangaat kak buat sinopsisnya. belakangan hari ini updatenya malam banget. semoga diberi kemudahan

    ReplyDelete

Translate

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts