Saturday, 16 October 2021

[Trivia] All About Japanese Morning Drama a.k.a Asadora

Aku sudah lama membuat postingan ini, kalau nggak salah tahun 2018, sebelum asadora ke-100 tayang. Tapi entah kenapa malah nggak jadi aku posting. Baru ingat kalau ada postingan ini saat aku mengecek draft blog ini dan akhirnya aku mencoba mengedit lagi. Sejujurnya pengetahuan asadoraku masih minim tapi aku sudah banyak menyelesaikan asadora, sekitar 20 asadora sudah aku tonton sampai tamat. Aku benar-benar jatuh cinta sama asadora sejak menonton Amachan pada tahun 2015 lalu. Aku selalu mengikuti perkembangannya sampai saat ini. Atau lebih tepatnya aku mulai rutin nonton asadora itu sejak menonton Mare pada tahun 2016.
 
Kali ini aku akan membicarakan asadora dengan panjang lebar, aku berusaha memasukkan semua tentang asadora disini dan juga alasan kenapa aku harus mencoba untuk menontonnya.

"Apa itu Asadora / Moning Drama?"

Asadora (朝ドラ) adalah singkatan dari 'asa dorama' atau 'morning drama' atau 'drama pagi', yaitu sebuah serial drama televisi yang ditayangkan dipagi hari oleh stasiun TV Jepang, NHK. Asadora tayang setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.15-08.30 pagi dan siaran ulang pada hari yang sama pukul 12.45-13.00 waktu Standar Jepang. Durasinya adalah 15 menit per episode. Tapi sejak musim semi 2020, NHK mengubah format penayangan asadora menjadi Senin-Jumat, dan di hari sabtu ditayangkan ringkasan episode senin-jumat itu.

Pada awalnya, asadora adalah sebuah program radio di NHK yang namanya radio drama, dimana ada narator membacakan sebuah cerita novel dan ada aktor pemerannya juga, tapi melalui radio gitu. Makanya asadora lebih dikenal dengan Renzoku Terebi Shōsetsu atau Serial TV Novel, sebuah novel yang diserieskan di TV. Dan karena itu sampai saat ini asadora selalu menggunakan narator atau pemandu cerita. Tapi nama asadora memang dipakai saat dramanya tayang di TV.

Asadora pada tahun 1961 format awalnya adalah tayang mulai Senin-Jumat dan 20 menit per episode. Pada tahun 1962 jam tayang berubah menjadi Senin-Sabtu dan menjadi 15 menit per episode dan tayang mulai pukul 8.15 pagi. Dan di tahun 2010-lah asadora mengubah jam tayang menjadi pukul 8 pagi waktu Jepang. Asadora cocok ditonton bagi mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu menonton drama yang durasinya panjang, karena durasinya hanya 15 menit per episode. Asadora biasanya tayang sebanyak 156 atau 151 episode (tapi ada juga yang 150 atau 162 episode). Tapi sejak formatnya berubah mulai tahun 2020, asadora hanya berjumlah 120+ episode.
 
Pada awalnya, asadora tayang 1 judul per tahun, yaitu sejak tahun 1961-1974. Tapi mulai tahun 1975, asadora tayang 2 kali dalam 1 tahun atau lebih tepatnya 1 judul untuk 2 musim. Tapi pengecualian untuk tahun 1983, dimana asadora dan drama jepang terpopuler sepanjang masa, 'Oshin', tayang sebanyak 300-an episode selama 1 tahun lebih. Hal ini karena Oshin benar-benar sangat populer, dengan rating rata-rata selama masa penayangannya adalah 52,6% bahkan salah satu episodenya mencapai rating 60%. Paruh pertama biasanya tayang mulai April-September (musim semi & musim panas) dan paruh kedua akan tayang Oktober-Maret (musim gugur & musim dingin). NHK mempunyai 2 cabang besar stasiun TV-nya, yaitu NHK Tokyo dan NHK Osaka. Paruh pertama biasanya diproduksi oleh NHK Tokyo dan paruh kedua diproduksi oleh NHK Osaka. Jadi biasanya sih asadora yang tayang mulai musim gugur kebanyakan fokus pada Osaka, karena diproduksi oleh NHK Osaka dan asadora yang mulai tayang pada musim semi akan fokus pada Tokyo.
 
Karena masa tayangnya sangat panjang + tayang setiap hari, jadi waktu syuting drama ini juga sangat panjang. Biasanya satu judul asadora membutuhkan waktu syuting sekitar 10 bulan. Karena itu kalau hanya mengandalkan satu studio, tentu saja akan ribet. Karena itu, ada 2 studio tempat syuting asadora, yaitu NHK Tokyo dan NHK Osaka. Jadi saat asadora produksi NHK Tokyo tayang, biasanya asadora untuk selanjutnya yang akan diproduksi oleh NHK Osaka sudah mulai syuting. Dan ada momen penyerahan tongkat heroine dari asadora ke asadora satunya, biasanya 1 minggu sebelum asadora itu tamat. Jadi, akan ada namanya baton touch heroine, yaitu penyerahan tongkat heroine dari asadora yang sedang tayang ke asadora yang akan tayang selanjutnya. Biasanya sih selain tongkat heroine, mereka juga akan menyiapkan hadiah untuk masing-masing, tergantung tema asadora apa yang mereka mainkan.
 
Sampai saat ini, asadora masih merupakan serial televisi paling populer di Jepang, selain karena tayang di TV Nasional Jepang yaitu NHK yang dapat dijangkau sampai ke pedesaan terpencil, jam tayangnya merupakan jam tayang saat penduduk Jepang sedang sarapan pagi, karena itu rating asadora selalu tinggi (diatas 20%). Kisah asadora juga dapat ditonton oleh semua usia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa sampai yang sudah tua, bahkan nenek-nenek juga menonton asadora. Karena itu tak heran jika asadora menjadi serial TV favorite setiap tahunnya. Asadora biasanya lebih suka mengambil cerita zaman dulu, kisah kehidupan tokoh utama dari ia kecil sampai dewasa, karena itu kita seperti dibawa mengikuti perjalanan hidup heroine. Tapi ada juga beberapa asadora yang mengambil masa modern.
 
Karena kepopulerannya itu, maka para bintang yang bermain dalam asadora biasanya akan langsung sangat populer di Jepang dan dicintai oleh seluruh negeri. Berperan dalam asadora merupakan kesempatan yang bagus untuk para aktor muda. Karena itu tidak mudah untuk menjadi bintang asadora, harus melalui proses audisi. Audisi asadora biasanya diikuti oleh ribuan peserta yang mengincar posisi 'heroine'. Bagi mereka yang tidak lulus, biasanya akan diberikan kesempatan untuk menjadi pemeran pembantu dalam drama tersebut.
Heroine atau tokoh utama, adalah hal yang penting dalam setiap asadora. Salah satu yang tidak berubah dari sebuah asadora sejak tahun 1961 adalah tokoh utamanya selalu seorang wanita. Jadi, setiap judul asadora, fokusnya pasti pada tokoh utama wanita dan kehidupannya, bagaimana ia berjuang menghadapi berbagai kesulitan dalam meraih impiannya. Tapi ada juga sih beberapa asadora yang tokoh utamanya adalah pria, hanya saja bisa dihitung dengan jari. 
 
Heroine asadora tidak selalu diambil melalui audisi. Sejak waktu kemunduran asadora, yaitu tahun 2003-2010, asadora sempat kesulitan mendapatkan rating diatas 20%, jadi pihak NHK memutuskan untuk mengcasting aktris yang sudah populer menjadi heroine, agar ratingnya kembali naik. Aktris pertama yang menjadi heroine asadora tanpa audisi adalah Inoue Mao (Ohisama, 2011). Setelah itu, aktris lainnya yang menjadi heroine tanpa audisi adalah Horikita Maki (Umechan Sensei, 2012), Anne (Gochisousan, 2013) dan Yoshitaka Yuriko (Hanako to Anne, 2014). Selain mereka berempat, NHK kembali melakukan audisi untuk heroine asadora dan pada tahun 2017 lalu, Arimura Kasumi (Hiyokko, 2017) menjadi heroine asadora tanpa audisi, diikuti oleh Hirose Suzu (Natsuzora, 2019), Ando Sakura (Manpuku, 2018), Toda Erika (Scarlet, 2019), Kubota Masataka (Yell, 2020), Sugisaki Hana (Ochoyan, 2020), Kiyohara Kaya (Okaeri Mone, 2021), Fukatsu Eri (Come Come Everybody, 2021) dan Kuroshima Yuina (Chimudondon, 2022).
 
 
"Hal yang harus kamu tahu tentang Asadora"

Format asadora sejak tahun 1961 tidaklah berubah, NHK berusaha mempertahankan format asadora selama 60 tahun. Aku pikir itu adalah sebuah hal yang sangat menakjubkan bisa membuat drama dengan tidak menghilangkan ciri khasnya, meski ada beberapa hal yang berubah.

1. Tokoh utama asadora adalah seorang wanita / heroine 
 
Fokus drama ini selalu tokoh utama wanita / heroine yang berjuang untuk meraih impiannya. Heroine dalam asadora biasanya digambarkan sebagai gadis yang tidak pernah menyerah dalam menghadapi kesulitan hidupnya. Hampir semua heroine adasora berhati malaikat, selalu menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup, tapi punya impian yang besar. Tapi ada juga beberapa heroine yang hatinya bukan hati malaikat alias ada disisi dalam dirinya yang tidak kita sukai, tapi masih bisa ditoleransi. 
 
Seperti yang aku tuliskan diatas, menjadi heroine asadora merupakan kesempatan yang sangat besar untuk menjadi populer di Jepang, karena itu banyak aktris yang berlomba-lomba untuk menjadi heroine asadora. Selama ini heroine asadora selalu tidak salah pilih, selalu memerankan karakternya dengan baik. Heroine asadora juga biasanya selalu dipilih dari aktris muda yang baru meniti karir alias belum terkenal dan biasanya setelah dramanya selesai, maka heroine asadora ini akan menjadi sangat populer dan mendapatkan banyak tawaran pekerjaan. Heroine asadora tidak hanya menjadi tokoh utama asadora tapi juga ikut berpartisipasi dalam berbagai Event NHK, termasuk acara musik tahunan NHK, Kohaku Uta Gassen, acara musik akhir tahun yang paling populer di Jepang. Selain itu biasanya mereka juga akan menjadi duta dari daerah dimana asadora itu berpusat. Jadi, memang menjadi heroine asadora memberikan kesempatan besar bagi para aktris muda untuk lebih bersinar.
 
Tapi tidak semua asadora menggunakan wanita sebagai tokoh utamanya. Ada beberapa asadora yang menggunakan hero atau seorang aktor sebagai tokoh utamanya, misalnya Massan (2014) dan Yell (2020). Tapi tetap saja, meski tokoh utamanya adalah pria, tapi ada heroine-nya, yaitu istri mereka dalam drama. Dan NHK Osaka adalah yang pertama kali mencoba meng-cast heroine yang non-jepang melalui asadora Massan.

Dalam asadora, biasanya fokus pada heroine yang ingin berjuang menjadi sesuatu. Misalnya dalam Amachan, heroine ingin menjadi idol; dalam Mare heroine ingin menjadi patissier; dalam Okaeri Mone heroine ingin menjadi penyiar cuaca; dalam Hanbun Aoi heroine ingin menjadi mangaka; dalam Natsuzora heroine ingin menjadi animator dan lain-lain. Tapi ada satu asadora yang menurutku cukup unik, yaitu Hiyokko, dimana heroine sama sekali tidak ingin menjadi sesuatu. Ia hanya ingin menjalani hidupnya dengan bahagia bersama keluarganya.

2. Ajang promosi daerah

Asadora selalu mengambil salah satu lokasi daerah di Jepang sebagai fokus. Aku tidak tahu bagaimana cara mengatakannya dengan baik, intinya adalah asadora bisa menjadi ajang promosi suatu daerah. Misalnya dalam asadora Amachan, sang tokoh utama pergi ke kampung halaman ibunya di Kitasanriku dan drama Amachan ini akan memperlihatkan keindahan daerah Kitasanriku, kesenian tradisionalnya, makanannya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan asadora Mare dimana sang tokoh utama dan keluarganya pergi ke daerah Noto, dalam drama diperlihatkan keindahan daerah Noto, kesenian tradisionalnya, apa yang dibanggakan dari Noto dan lain sebagainya.

Intinya sih, pasti ada satu daerah yang ditonjolkan dalam setiap asadora dan biasanya itu berhubungan dengan tokoh utamanya alias kampung halaman tokoh utama. Dan heroine dari asadora tersebut biasanya akan menjadi duta daerah tersebut selama setahun. Karena itu, setelah asadora selesai, biasanya para cast akan mengadakan event untuk menyapa penduduk dari daerah tersebut. Itu adalah event yang selalu ada setiap 1 judul asadora menyelesaikan masa tayangnya. Daerah yang menjadi pusat asadora biasanya akan menjadi populer. Aku sering melihat foto-foto saat para cast mengadakan event, tapi sangat sulit mencari videonya. Baru-baru ini event yang aku tonton adalah saat cast Umechan Sensei menyapa penduduk Kamata, karena dalam dramanya sang tokoh utama tinggal di Kamata. Atau event Kiyohara Kaya dan para cast di Kesennuma pas drama mereka masih tayang.

Salah satu contoh 'asadora sebagai ajang promosi daerah' yang paling berkesan adalah asadora Amachan, dimana mereka mengambil lokasi di Kitasanriku, di regional Tohoku. Pada tahun 2011, Tohoku mengalami bencana Tsunami yang cukup besar. Aku pernah membaca asadora Amachan sengaja mengambil lokasi di Tohoku untuk mempromosikan daerah tersebut dan kesuksesan Amachan menjadi 'social phenomenon' dimana Amachan mampu meningkatkan kedatangan turis ke Tohoku dan mempopulerkan bahasa daerah serta makanan khas Tohoku yang tentu saja akan meningkatkan ekonomi daerah tersebut. Aku dengar perekonomian daerahnya meningkat 60% setelah drama tersebut tayang. Asadora Amachan bahkan menjadi asadora pertama yang mendapatkan segmen 30 menit dalam acara akhir tahun NHK, Kohaku Uta Gassen, karena kesuksesannya. Bahkan sampai saat ini

3. Menceritakan masa lalu

Asadora biasanya mengambil latar belakang cerita dimasa lalu, yaitu sekitar tahun 1926-1989. Sangat jarang sebuah asadora menceritakan masa sekarang, tapi memang ada beberapa judul yang mengambil kisah pada tahun tayangnya. Kebanyakan asadora mengambil era showa, terutama masa sebelum dan sesudah perang dunia II. NHK Osaka yang pertama kali menantang asadora era Edo.
Tapi jangan salah, meski menceritakan masa lalu, drama ini bukan drama sejarah, bukan pula mengenai bagaimana mereka berperang. Tapi lebih ke kisah kehidupan heroine dan orang disekitarnya pada masa itu. Slice of Life banged.

Aku termasuk yang ragu untuk menonton asadora kalau tokoh utamanya masih mengenakan kimono, alias zaman dulu banged. Tapi ternyata justru asadora seperti itu malah lebih bagus dari asadora yang para tokohnya sudah mengenakan pakaian barat. Aku cukup kagum dengan naskah sebuah asadora, keren banged mereka bisa menampilkan banyak kisah dalam 1 drama.


4. Perjalanan panjang hidup sang tokoh utama = Episodenya banyak
 
Setiap asadora, selalu menceritakan perjalanan hidup sang tokoh utama atau heroine. Biasanya dimulai dari heroine kecil sampai menikah dan menjadi tua, bahkan ada juga yang sampai heroine-nya meninggal dunia. Jadi memang perjalanan hidup banged, karena itu sebuah asadora menarik dan kita puas menontonnya.

Minggu pertama biasanya dimulai dengan kisah kehidupan masa kecil sang tokoh utama dan minggu kedua dan seterusnya, kisah hidup heroine saat ia remaja dan seterusnya sampai episode terakhir. Karena asadora tayang dua musim dalam satu judul, jadi dalam asadora ada yang disebut sebagai part 1 dan part 2. Biasanya temanya nanti akan berbeda tapi tetap berhubungan. Sebagai contoh, asadora Amachan *lagi*, part 1 menceritakan tentang sang tokoh utama yang baru mengenal 'penyelam wanita' dan ia ingin menjadi penyelam wanita. Tapi di part 2 nanti, dia mulai mengenal dunia idol dan ia ingin menjadi Idol.
Contoh lainnya adalah asadora Mare. Di part 1, sang tokoh utama menemukan impiannya untuk menjadi seorang patissiere dan ia berjuang meraih impiannya itu. Di part 2 kehidupannya mulai berubah setelah ia menikah dan fokusnya adalah pada dirinya yang menjadi seorang ibu tapi tak bisa melupakan impiannya.

Asadora juga ada yang diambil dari kisah nyata atau based on true story dan biasanya asadora yang diambil dari kisah nyata ini lebih menarik dari yang original story, karena perjalanan hidup sang tokoh sudah tersusun dalam autobiography/biography jadi penulisnya tinggal menambahkan warna dalam kisahnya, tanpa harus memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya. NHK Osaka adalah yang biasanya mengambil kisah based on true story, mereka jarang membuat drama yang original story.
 
Dan karena kisahnya adalah perjalanan hidup heroine, maka episodenya juga sangat banyak, lebih dari 100 episode. Meski cuma 15 menit per episode, tapi kalau melihat jumlah episodenya yang 100+ bisa langsung pingsan, apalagi bagi pemula. Aku dulu juga gitu, pas awal mau nyoba nonton Amachan aku shock karena 156 episode, waktu itu aku belum tau kalau durasinya cuma 15 menit. Karena asadora memang tayang selama 6 bulan setiap hari (senin-jumat, kalau dulu senin-sabtu), bahkan dulu ada asadora yang tayang selama 1 tahun penuh, bahkan 2 tahun.


5. Kisah keluarga
 

Sebuah asadora tidak akan pernah lepas dari keluarga, jadi setiap asadora pasti akan berkisah mengenai keluarga. Meski fokusnya adalah heroine, tetap saja heroine itu adalah bagian dari keluarga dan akan membentuk sebuah keluarga baru, jadi memang asadora bisa dibilang adalah sebuah drama keluarga.

Karena kisah keluarga, tentu saja tak akan lepas dari orang tua, saudara, suami, anak-anak dan lain sebagainya. Karena kisha asadora adalah perjalanan hidup sang tokoh utama, maka tentu saja selama perjalanan itu biasanya ada tokoh yang akan meninggal dunia, biasanya adalah nenek, ayah atau ibu sang tokoh utama. Tapi ada juga kok beberapa asadora yang tokoh pentingnya tetap ada dari awal sampai akhir tanpa adegan meninggal dunia dan asadora seperti ini, aku biasanya menyebutnya 'healing asadora'. Beberapa judul yang sudah aku tonton yang tokoh keluarganya tidak ada yang meninggal dunia adalah Amachan, Mare, Hiyokko, Umechan Sensei, Churasan, Fight dan Okaeri Mone. Tapi meski healing asadora, bukan berarti asadoranya nggak sedih lho :)

Bicara mengenai kesedihan dalam sebuah drama, asadora termasuk sebuah drama yang pasti akan membuat menangis dan juga tertawa. Terutama karena berhubungan dengan keluarga, pasti ada kisah sedihnya, tapi menangis saat menonton drama bukan berarti karena ada tokohnya yang meninggal dunia, tapi karena hal lain juga. Misalnya, salah satu adegan yang selalu membuat aku menangis adalah saat sang tokoh utama menikah, adegan saat heroine berterima kasih pada orang tua karena sudah membesarkannya, selalu membuatku meneteskan air mata.


6. Tokoh dalam asadora sangatlah banyak

Asadora tayang sebanyak 100+ episode dengan durasi 15 menit per episodenya, meski fokusnya adalah pada heroine, tapi tentu saja akan ada banyak tokoh lainnya. Tokoh yang ada dalam asadora tidaklah main-main, sangat banyak. Asadora adalah drama dengan tokoh terbanyak yang pernah aku tonton.


Sebenarnya saat awal mengenal asadora, salah satu yang membuat aku ragu menontonnya adalah karena tokohnya banyak banged. Aku khawatir apakah aku bisa mengingat mereka satu per satu atau tidak. Tapi jangan khawatir, salah satu keunikan asadora itu adalah tokohnya yang sangat banyak, punya karakter tersendiri dan punya kisahnya masing-masing. Jadi dijamin selama menontonnya kita pasti akan ingat karaktgernya.
Dalam asaodra, tidak ada tokoh yang terbuang hanya menjadi cameo, semuanya pasti punya kisahnya masing-masing yang diceritakan seiring dengan perjalanan hidup sang tokoh utama.
Karena setiap karakter punya keunikan tersendiri, seiring dengan berlalunya setiap episode, aku yakin kita akan mengingat para tokoh satu per satu, meski lupa namanya pasti ingat karakternya bagaimana. Jadi memang, itu adalah salah satu keistimewaan dalam asadora.

Tokoh dalam asadora biasanya bukannya makin sedikit, tapi makin banyak. Seperti yang aku tuliskan diatas, setiap judul asadora ada 2 part, Part 1 dan Part 2, tokoh yang mengelilingi sang heroine biasanya berbeda-beda. Biasanya dari kampung halaman heroine tokohnya beda nanti pas heroine pergi ke kota (Tokyo atau Osaka) maka akan ada tokoh baru disana. Jadi memang banyaknya tokoh dalam asadora itu sesuatu banged.
Tapi karena itu aku menyukai asadora, biasanya diminggu terakhir penayangannya akan ada acara reuni dimana para tokoh dari kedua par dipersatukan dalam sebuah acara, biasanya acara perayaan memperingati sesuatu. Tapi memang ada juga sih tokoh yang nggak muncul lagi, biasanya itu adalah tokoh pembantu. Kalau tokoh penting pasti akan muncul lagi di minggu terakhir.


7. Kisahnya penuh dengan pesan kehidupan

Sebuah asadora selalu penuh dengan pesan kehidupan. Sebuah asadora memperlihatkan perjuangan sang tokoh utama, bagaimana ia tak menyerah meraih impiannya, menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup tapi ia selalu tersenyum, selalu melakukan kebaikan pada orang lain, dan itu memberikan banyak pesan kehidupan bagi penontonnya.
 
Itu sebabnya asadora menjadi sangat populer, karena tidak hanya fokus pada kisahnya, tapi pasti ada yang bisa diambil dari setiap judulnya. Kebanyakan sih pesannya adalah untuk tidak menyerah dan tetap berjuang meraih impian, dimanapun kamu berada pasti kamu akan bertemu dengan orang baik, keluarga adalah tempat dimana kamu bisa pulang kapan saja, selalu tersenyum meski keadaan sangat sulit, selalu berbuat baik pada orang lain dan lain sebagainya.
 
8. Menggunakan narator
 
Karena namanya Serial TV Novel, jadi ini berawal dari novel yang diceritakan kembali dimana dulunya namanya radio drama, tapi sekarang namanya asadora yang tayang di TV, maka setiap asadora pasti selalu punya narator atau pembaca cerita. Disinilah uniknya sebuah asadora atau bisa dibilang ciri khasnya. Biasanya narator adalag salah satu tokoh dalam drama, baik itu yang masih hidup, atau sudah meninggal, mungkin nenek atau orang tua heroine, tapi ada juga yang menggunakan narator yang memang tokohnya tidak muncul di drama, misalnya Ashida Mana yang menjadi narator di Manpuku.


9. Opening Song dan Ending Picture

Setiap asadora pasti punya opening song. Pada awal-awal asadora tayang di NHK, opening songnya hanya instrumen saja, tapi sejak asadora Romance (1984) opening song asadora mulai menggunakan lagu yang ada liriknya. Opening song asadora biasanya akan sangat populer, mengingat opening selalu muncul tipa hari, lama-lama pasti hapal.
 
Untuk drama Jepang yang jumlah episodenya sedikit, jarang ada yang pake opening song, paling cuma 15 detik aja diawal. Khusus asadora, opening song adalah ciri khas asadora. Untuk episode hari senin, OP-nya full 1 menit 30 detik, tapi untuk hari lain biasanya cuma 1 menit. Bisa di cek bedanya kalau kalian lagi nonton asadora. Opening song asadora juga sesuatu yang aku tunggu tiap asadora akan mulai, karena itu biasanya aku hapal lagunya lho, karena tiap nonton pasti nggak pernah aku skip. Di OP juga ada video klipnya yang biasanya akan memunculkan wajah heroine sebagai bintang video klip, cuma ada di beberapa asadora yang tidak memunculkan wajah heroine, cuma animasi saja.
 
Gambar di akhir episode asadora juga menjadi ciri khas sebuah asadora. Asadora tidak punya ending song, jadi kalau episode hari itu berakhir, tandanya tentu saja kata 'bersambung' dibagian kanan bawah dan ada gambar penutup setelah itu. Nah, gambar penutup di akhir tiap episode, biasanya adalah gambar kiriman dari netizen. Jadi sebelum asadora tayang, tim produksi akan membuat pengumuman di website bagi siapa yang tertarik maka bisa mengirimkan gambar mereka untuk nanti diseleksi mana yang dipilih tampil di gambar penutup. Biasanya temanya sesuai dengan asadora itu. Misalnya Okaeri Mone temanya adalah cuaca, jadi yang berhubungan dengan cuaca/alam; Gochisousan gambar ending creditsnya adalah gambar orang yang makan sambil tersenyum; Amachan gambar-gambar penduduk setempat; Umechan sensei gambar dokter-dokter wanita; Warotenka gambar orang-orang sedang tertawa dan lain-lain. Perhatikan deh tiap episode itu gambarnya beda dan biasanya di episode terakhir itu khusus untuk heroine, jadi heroine akan ada di gambar penutup episode terakhir.
 
 
 10. Heroine baton pass & Crank-up ceremony
 
Baton pass heroine adalah upacara penyerahan baton heroine dari asadora yang sedang tayang kepada heroine asadora yang akan tayang atau penggantinya. Ini dilakukan seminggu sebelum asadora yang sedang tayang berakhir. Biasanya heroine dari asadora yang sedang tayang, menyerahkan baton ke heroine asadora penggantinya. Selain baton, mereka juga bertukar kenang-kenangan sesuai dengan tema dramanya. Misalnya baton pass heroine dari asadora Mare ke Asa ga Kita, Tsuchiya Tao yang menjadi heroine asadora Mare memberikan cake pada Haru, heroine Asa ga Kita yang tayang menggantikan Mare. Sedangkan Haru memberikan sempoa pada Tao. Tema asadora Mare adalah patissier, makanya Tao memberikan cake. Tema asadora Asa ga Kita adalah bisnis dan heroinenya suka sempoa sejak kecil, makanya kenang-kenangannya sempoa. Kira-kira seperti itu.

Lalu crank-up ceremony atau upacara penutupan asadora saat syutingnya sudah berakhir juga akan ada setiap syuting asadora selesai. Biasanya adegan terakhir yang di shoot pasti adegan heroine, jadi heroine yang akan menarik tali tanda syuting berakhir. Dan biasanya crank up ceremony ini sangat mengharukan, heroine pasti menangis. Karena syutingnya hampir setahun dengan karakter dan staf dan cast yang sama, ya pasti sedih donk saat semuanya berakhir. Dan tokoh-tokoh penting biasanya akan datang saat penutupan syuting, bisanya sahabat dan keluarga heroine akan datang meski mereka sudah tidak ada syuting.


11. Pengumuman Judul, Heroine dan Para Cast

Ini juga merupakan salah satu ciri khas asadora yang belakangan ini sudah tidak ada lagi. Entah itu karena pandemi atau memang NHK sudah mengubah formatnya, tapi belakangan mereka tidak melakukannya lagi dan sebenarnya aku sedih, karena ini adalah salah satu momen asadora yang aku tunggu. Aku berharap karena pandemi, semoga setelah pandemi selesai, mereka melakukannya lagi.
 
Pengumuman heroine yang ada upacara pengumumannya itu terakhir adalah heroine asadora Ochoyan (Sugisaki Hana) pada November 2019  dan untuk upacara pengumuman cast, terakhir dilakukan saat asadora Scarlet pada September 2019. Heroine dan cast asadora memang menjadi rahasia dan saat upacara pengumuman-lah baru semuanya diberitahu siapa yang akan menjadi heroine dan castnya. Tentu saja waktu pengumumannya berbeda. Biasanya heroine dulu yang dimumkan dan beberapa bulan kemudian baru castnya. Dan cast juga diumumkan secara bertahap, biasanya keluarga heroine duluan, baru teman heroine, kemudian baru orang-orang penting yang ada di sekitar heroine. Karena namanya upacara jadi acaranya juga serius banged, dengan mengundang repoter, kayak konferensi pers gitu lah. Nak nanti castnya dipanggil satu satu gitu.

Untuk pengumuman judul, ada beberapa asadora yang melakukannya, ada yang tidak. Kalau mereka melakukan pengumuman judul maka biasanya yang hadir adalah penulisnya. Tapi kebanyakan asadora melakukan pengumuman judul sekaligus pengumuman heroine.

Aku benar-benar merindukan upacara pengumuman ini, karena seru banged lho, semua cast ngumpul saat konferensi pers. Belakangan pengumumannya dilakukan di website NHK aja, nggak ada kumpul-kumpul di studio, sedih sih.


12. Pasangan heroine

Pasangan heroine adalah salah satu ciri khas dari sebuah asadora.Disetiap asadora aku selalu menunggu pasangan heroine, baik itu yang cuma jadi love interest, atau pacar atau suami heroine. Asadora produksi NHK Osaka biasanya sudah memberikan spoiler diawal kalau heroine nantinya akan jadian sama karakter A, karena asadora NHK Osaka lebih banyak membahas heroine yangs udah menikah. Tapi untuk asadora NHK Tokyo, mereka lebih fokus ke kisah masa muda dan bisanya disini nih yang banyak penasaran dengan siapa heroine akan jadian. Jadi untuk pasangan heroine ini biasanya terbagi 3, cinta pertama, pacar dan suami. Ada kalanya cinta pertama akan menjadi suami, ada kalanya cuma jadi pacar, ada kalanya ya cuma cinta pertama. LOL.

Biasanya, yang akan menjadi pasangan heroine adalah karakter utama yang muncul diawal-awal dramanya tayang dan kebanyakan adalah teman masa kecil heroine. Jadi biasanya minggu pertama sangat memastikan siapa pasangan heroine, meski ya diawal drama keduanya tidak menunjukkan perasaan cinta. Tapi belakangan NHK mengubah formatnya, karena yang muncul di pertengahan, bahkan yang bukan cast utama bisa jadi suami heroine juga (Natsuzora). Bahkan ada asadora yang baru menampilkan siapa pasangan heroine di minggu terakhir lho (Hiyokko). Tapi biasanya kelihatan jelas sih siapa yang jadi pasangan heroine sejak awal, cuma di Natsuzora memang nggak nyangka yang muncul di tengah jadi pasangan heroine.
 
Aktor yang menjadi pasangan heroine, biasanya dia hanya akan punya kesempatan sekali saja menjadi pasangan heroine asadora. Jadi misalnya Aktor A udah pernah jadi pasangan heroine di Asadora X, maka meski dia muncul di asadora lain, dia nggak akan jadi pasangan heroine lagi. Tapi ada pengecualian, sejauh ini yang aku tahu yang mendapat kesempatan dua kali menjadi love interest/pasangan heroine adalah Matsuzaka Tori dan Sakaguchi Kentaro. Matsuzaka Tori menjadi suami heroine dua kali, di Umechan Sensei (Horikita Maki) dan Warotenka (Aoi Wakana). Sedangkan Sakaguchi Kentaro menjadi pasangan heropine di Toto Nee-chan (Takahata Mitsuki) meski mereka nggak menikah pada akhirnya dan di Okaeri Mone bareng Kiyohara Kaya yang akhirnya dia bisa menikah dengan heroine.
 
Pasangan heroine dimana heroinenya belum menikah, biasanya akan muncul dalam drama guide asadora, ada photoshoot pasangan dengan heroine.

 
 13. Poster
 
Poster asadora juga menjadi salah satu ciri khas sebuah asadora. Biasanya poster sebuah asadora itu ada 4 poster utama, tapi belakangan menjadi 2 poster aja. Memang sih pada awal tahun penayangan dulu poster asadora itu cuma satu aja, tapi tahun 2010an posternya jadi 2 dan kemudian 4, eh, belakangan ini turun lagi jadi 2 poster utama.

Poster asadora itu terbagi atas poster heroine dan poster cast utama. Poster heroine dan cast utama juga terbagi 2 jadi 4 poster utama. Poster heroine biasanya ada untuk part 1 drama dan untuk part 2 drama. Begitu juga dengan poster para cast, ada yang untuk part 1 dan part 2. Tapi belakangan ini sudah tidak ada poster para cast lagi, yang ada cuma poster heroine, untuk part 1 dan part 2.
Jadi poster 3 bulan pertama dan 3 bulan kedua itu beda, meski kalau untuk promosi biasanya NHk tetao menggunakan poster heroine yang untuk part 1, yang pertama rilis sebelum drama tayang.

 
 14. Drama Guide Book, Photo Book, NHK Stera, Asaichi, Kouhaku Uta Gassen

Drama Guide Book adalah salah satu ciri khas dari asadora. Jadi NHK merilis buku gitu yang isinya adalah petunjuk mengenai asadora yang sedang tayang berisi penjelasan cast, karakter, relationship chart, sinopsis tiap episodenya, wawancara dengan cast dan lain-lain. Dan Guide Book asadora ini rilis 2 kali untuk tiap asadora, Part 1 sebelum asadora tayang dan Part 2 dipertengahan asadora. Aku sudah mengatakan diatas kalau dalam satu judul asadora biasanya dibagi menjadi 1, 2 atau 3 bagian (kebanyakan sih 2 bagian) dan biasanya itu bagian kampung halaman dan bagian kota, jadi mereka punya guide book masing-masing. Dan di guide book part 2, biasanya heroine akan tampil bersama pasa
 
Selain itu biasanya ada buku lain yang rilis juga tentang asadora, misalnya beberapa tahun belakangan ada yang namanya asadora heroine photo book, kumpulan foto heroine yang diambil di lokasi syuting asadora. Kalau nggak salah heroine photo book itu dimulai saat Hanbun Aoi, tapi entah kenapa tidak ada lagi sejak Scarlet. Ochoyan merilis semacam photobook juga sih, tapi namanya bukan heroine photo book, aku lupa namanya. Di Okaeri Mone ada yang namanya fanbook, cuma itu mirip guide book sih, hanya saja lebih banyak wawancara castnya, pembahasan lebih ke cast bukan ke dramanya.
Aku selalu menantikan guide book asadora karena disana ada spoilernya. Aku suka banged spoiler asadora wkkwkwkwkw.

Karena asadora tayang di NHK ya jelas para cast akan tampil di acara-acara NHK, seperti acara pagi Asaichi. Itu adalah acara talk show yang suka mengundang cast asadora karena acaranya tayang tepat setelah asadora. Para MC juga menonton asadora sebelum mulai siaran. Cast biasanya jadi guest disini kalau di minggi tersebut sedang membahas karakternya. 
 
Acara musik akhir tahun NHK Kouhaku Uta Gassen, pengisi OST asadora biasanya akan tampil sebagai penyanyi disini. Heroine dan pasangannya juga diundang sebagai sebagai juri. Kalau beruntung heroine bahkan menjadi MC untuk acara musik paling populer di Jepang ini. Jika dramanya benar-benar populer, maka akan ada sesi spesialnya juga. Seperti Amachan sebagai satu-satunya asadora yang mendapat sesi spesial sepala 30 menit dalam Kouhaku.

NHK punya tabloid mingguan bernama NHK Stera dimana isi dari tabloid ini khusus untuk acara-acara NHK terutama dramanya. Kalau aku tidak salah NHK Stera terbit tiap minggu dan pasti akan membahas asadora dan taiga drama tiap minggunya. Biasanya akan ada wawancara atau sinopsis singkat untuk minggu tersebut.
 
 
"Mengenal Judul dan Fakta Asadora"

Sampai tulisan ini dibuat, NHK sudah mengumumkan 107 judul asadora dan diantara 107 judul tersebut, 104 judul sudah tayang. Asadora yang sedang tayang sekarang adalah asadora ke-104 yaitu Okaeri Mone yang dibintangi oleh Kiyohara Kaya. 
 
 Berikut ini aku akan menulis secara ringkas inti asadora tersebut setiap judulnya.
 

Judul-judul Asadora
-dikutip dari wikipedia dan dramawiki-

  1. Musume to Watashi (1961, Kitazawa Hyo) - tentang seorang ayah yang menjaga dua anak tirinya.
  2. Ashita no Kaze (1962, Watanabe Fumiko) - tentang keluarga miskin setelah perang dunia II.
  3. Akatsuki (1962, Saburi Shin) - tentang seorang profesor disbuah universitas yang berhenti dari pekerjaannya untuk menjadi seorang pelukis.
  4. Uzushio (1964, Hayashi Mischiko) - diangkat dari sebuah novel tentang seorang gadis yang lahir dari keluarga miskin dan hidup dengan berani.
  5. Tamayura (1965, Ryu Chishu) -  tentang seorang pria tua yang mulai travelling setelah ia pensiun.
  6. Ohanahan (1966, Kashiyama Fumie) - tentang seorang gadis yang lahir di era Meiji dan membesarkan keluarganya sendirian.
  7. Tabiji (1967, Hiiro Tomoe) - tentang seorang istri dan suaminya yang merupakan karyawan kereta api.
  8. Ashita Koso (1968, Fujita Yumiko) - sebuah drama keluarga yang memperlihatkan pertumbuhan orang-orang dalam generasi yang berbeda dalam satu kelarga.
  9. Nobuko to Obaa-chan (1969, Otai Naoko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama neneknya.
  10.  Niji (1970, Minamida Yoko) - seorang wanita yang berusaha mendukung keluarganya pada saat dan sesudah perang dunia II.
  11. Mayuko Hitori (1971, Yamaguchi Karin) - Kisah seorang anak yang ditinggalkan ibunya saat ia masih kecil dan setelah lulus ia bekerja di Tokyo sebagai reporter sebuah majalah sambil mencari ibunya.
  12. Ai Yori Aoku (1972, Maki Yoko) - kisah seorang gadis yang menikah diusia 18 tahun dan kehilangan suaminya saat perang. Ia berangkat ke Tokyo dan mengumpulkan para istri yang kehilangan suami saat perang, mereka membuka bisnis bersama-sama.
  13. Kita no Kazoku (1973, Takahashi Yoko) - tentang seorang gadis yang mengkhawatirkan antara hubungan ayah dan adiknya. Karena sebuah kecelakaan yang disebabkan ayahnya, keluarga mereka kesulitan dan ayahnya menghilang.
  14. Hatoko no Umi (1974, Fujita Mihoko) - tentang seorang wanita yang kehilangan ingatannya setelah bom atom Hiroshima.
  15. Mizuiro no Toki (1975, Otake Shinobu) -  tentang seorang gadis yang ingin menjadi dokter, ibunya adalah seorang perawat.
  16. Ohayo San (1975, Akino Yoko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama kakak tirinya yang meninggalkan rumah demi karirnya. Setelah ia dewasa ia memutuskan tinggal bersama sang kakak tiri dan menjalani hidup sebagai wanita karir.
  17. Kumo no Juutan (1976, Asaji Yoko) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi pilot.
  18. Hino Kunini (1976, Suzuka Keiko) - tentang seorang gadis yang menjadi seorang tukang kebun.
  19. Ichiban Hoshi (1977, Takase Haruna & Godai Michiko) - mengambil lokasi di Tendo, Yamagata.
  20. Kazamidori (1977, Arai Harumi)  - tentang seorang gadis yang menikah dengan seorang pria dari Jerman dan membuka usaha bakery di Kobe.
  21. Otei-chan 1978, Yuri Chikako) - tentang seorang gadis yang menyukai dunia drama.
  22. Watashi wa Umi (1978, Aihara Tomoko)  - tentang seorang wanita yang membesarkan anak yatim piatu pasca perang dunia II.
  23. Ma Nee-chan (1979, Kumagai Mami)  - berdasarkan autobiografi manga-ka Hasegawa Machiko dan kisah kakak perempuannya yang menciptakan perusahaan penerbitan demi menerbitkan manganya. 
  24. Ayu no Uta (1979, Yamazaki Senri) - tentang seorang wanita yang menjadi pemilik wanita sebuah grosir penjualan benang.
  25. Natchan no Shashin Kan (1980, Hoshino Tomoko) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi fotografer.
  26. Niji wo Aru (1980, Konno Misako)- tentang seorang wanita yang terpesona dengan dunia stage Takarazuka Revue dan memutuskan untuk masuk ke grup itu. 
  27. Mansaku no Hana (1981, Nakamura Akemi) - tentang seorang gadis yang dibawa ayahnya untuk tinggal bersama dua saudaranya yang tidak ada hubungan darah. 
  28. Honjitsumo Seiten Nari (1981, Hara Hideko) - tentang seorang wanita yang menjadi penyiar radio dan penulis. 
  29. Haikara-san (1982, Tezuka Satomi) - tentang seorang wanita yang mendirikan hotel untuk pertama kalinya di era Meiji. 
  30. Yoidon (1982, Fujiyoshi Fumiko) - seorang wanita yang hidup dalam kesulitan keluarganya dan akhirnya menjadi sukses setelah menjadi pemenang lari maraton.
  31. Oshin (1983; Kobayashi Ayako, Tanaka Yuko, Otawa Nobuko) - seorang gadis dari keluarga miskin yang harus melalui berbagai rintangan dalam hidupnya, tidak menyerah dan akhirnya menjadi salah satu wanita tersukses di Jepang.
  32. Romance (1984, Enoki Takaaki) - tentang seorang pria muda yang menjadi sutradara film.
  33. Kokoro wa Itsumo Ramune Shoku (1984, Shindo Eisaku) - berdasarkan kisah nyata komedian Akita Minoru yang menyukai komedi lebih dari apapun.
  34. Mio Tsukushi (1985, Sawaguchi Yasuko) - seorang gadis yang menikah dengan orang yang ia sukai, tapi kemudian suaminya menghilang di laut dan ia menjadi pendukung keluarganya sendirian.
  35. Ichiban Daiko (1985, Okano Shinichiro) - mengambil lokasi di prefektur Yamagata, tentang seorang pria yang memasuki dunia teater.
  36. Hanekonma 1986, Saito Yuki)- tentang seorang gadis yang mempelajari bahasa inggris untuk tahu lebih jauh mengenai dunia. Ia kemudian menjadi reporter surat kabar  dan menjadi seseorang yang mengajarkan pada para wanita mengenai jalan hidup yang lebih bebas. Sebuah kisah mengenai wanita yang open-minded.
  37. Miyako no Kaze (1986, Kano Miyuki) - tentang 3 anak perempuan dari penjual kain di Kyoto yang pindah ke Nara dan menjalankan bisnis ryokan, kemudian memasuki dunia fashion.
  38. Chotsu-chan (1987, Komura Hiro) - berdasarkan autobiografi dari Kuroyanagi Tetsuko.
  39. Hassai-sensei (1987, Wakamura Mayumi) - tentang seorang wanita dari Tokyo yang mengajar di sekolah khusus anak laki-laki.
  40. Non-chan no Yume (1988, Fujita Tomoko) - tentang seorang wanita yang kesulitan setelah perang dunia II dan mulai membuat majalah.
  41. Jun-chan no Ouen-ka (1988, Yamaguchi Tomoko) - tentang seorang gadis yang menyukai baseball dan setelah menikah ia membuka penginapan di dekat Koshien. Ia terkenal sebagai 'ibu' bagi siswa SMA yang berjuang di Koshien.
  42. Seishun Kazoku (1989, Ishida Sayumi & Shimizu Misa) - tentang jalan hidup seorang ibu dan anak perempuannya yang hidup dalam family modern.
  43. Wakko no Kinmeadaru (1989, Watanabe Azusa) - tentang seorang pemain voli wanita yang membantu komunitas lokal. Ia mengerahkan seluruh masa mudanya untuk voli dan mengincar medali emas dalam hidupnya sebagai seorang istri dan ibu yang baik.
  44. Rinrinto (1990, Tanaka Minoru) - tentang seorang pria yang mengembangkan televisi.
  45. Kyo, Futari (1990, Yamamoto Yoko) - tentang konflik antara seorang ibu, putrinya dan ibu mertuanya.
  46. Kimi no Na wa (1991, Suzuki Kyoka & Kurata Tetsuo) - remake dari sebuah radio drama populer tahun 1952, tentang seorang pria dan wanita yang bertemu saat serangan udara di Tokyo pada tahun 1945.
  47. Onna wa Dokyo (1992, Izumi Pinko & Sakurai Sachiko) - tentang seorang wanita dan anak tirinya di sebuah onsen.
  48. Hirari (1992, Ishida Hikari) - tentang seorang gadis yang menyukai sumo dan ingin menemukan pekerjaan yang berhubungan dengan sumo. Ia kemudian menjadi seorang ahli gizi.
  49. Eenyobo (1993, Toda Naho) - tentang seorang wanita yang berpisah dengan suminya dan berjuang untuk menjadi seorang dokter.
  50. Karin (1993, Hosokawa Naomi) - seorang gadis yang mengambil alih usaha keluarganya membuat miso setelah perang dunia II.
  51. Piano (1994, Junna Risa)  - tentang si bungsu dari 4 bersaudara yang dibesarkan oleh ayah mereka, dia ingin menjadi seorang penulis buku untuk anak-anak.
  52. Haruyo Koi (1994, Yasuda Narumi & Nakada Yoshiko) - seorang penulis novel populer yang mengetahui suaminya mempunyai penyakit kanker.
  53. Hashiran ka! (1995, Mikuni Kazuo) - seorang pria yang ingin bekerja dibidang musk rock meski ayahnya ingin anaknya mengikuti jejaknya membuat hakata ningyo.
  54. Himawari (1996, Matsushima Nanako) - tentang seorang wanita yang menjadi pengacara.
  55. Futarikko (1996, Iwasaki Hiromi & Kikuchi Maiko)  - tentang seorang pemain shogi pro dan adik kembarnya.
  56. Agri (1997, Tanaka Misato) - kisah nyata penata rambut Moshizuki Agri, dia adalah salah satu pebisnis wanita yang selamat dari perang dunia II dengan bertani.
  57. Amakara-shan (1997, Sato Yumiko) - tentang seorang wanita muda yang ingin menjadi pembuat sake.
  58. Ten Urara (1998, Sudo Risa) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi tukang kayu dan membangun rumah.
  59. Yanchakure (1998, Konishi Miho) - tentang seorang gadis yang selalu gagal saat melakukan apapun. Ia kemudian berhasil membangkitkan kembali sebuah perusahaan pembuatan kapal.
  60. Suzuran (1999, Tono Nagiko) - seorang pria yang bekerja di jalur kereta api pertama di Jepang menemukan seorang bayi perempuan dan membesarkannya seperti anaknya sendiri.
  61. Asuka (1999, Takeuchi Yuko ) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi pembuat wagashi (permen khas jepang) seperti ayahnya.
  62. Watashi no Aozora (2000, Tabata Tomoko ) - tentang seorang wanita yang ditinggal selingkuh oleh suaminya yang merupakan seorang petinju. Saat ditinggalkan, dia sedang hamil dan melahirkan anak laki-laki. Ia berusaha menghidupi dirinya dan anaknya sendirian, tapi kemudian suaminya kembali.
  63. Audrey (2000, Okamoto Aya) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi seorang aktris.
  64. Churasan (2001, Kuninaka Ryoko)- seorang gadis yang percaya akan janji masa kecilnya untuk menikah, ia berangkat ke Tokyo setelah lulus dengan harapan bertemu anak laki-laki itu, tapi anak itu sudah melupakan janji mereka. Ia kemudian menemukan impiannya untuk menjadi seorang perawat dan bekerja di rumah sakit yang sama dengan anak laki-laki itu.
  65. Honmamon (2001, Ikewaki Chizuru) - tentang seorang gadis yang lahir di keluarga yang tinggal di desa jauh alam hutan dan ingin menjadi seorang chef.
  66. Sakura (2002, Takano Shiho) - tentang seorang gadis, generasi ke-4 dari Japanese-American yang tinggal di Hawaii.  Ia baru menyelesaikan kuliahnya dan ingin pergi ke Jepang selama 1 tahun untuk mengajar.
  67. Manten (2002, Miyaji Mao)- tentang seorang wanita yang belajar mengenai cuaca.
  68. Kokoro (2003, Nakagoshi Noriko) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama ibu dan neneknya yang membuka usaha restoran tradisional. Ia adalah seorang pramugari yang kemudian menjadi seorang istri, ibu tiri, janda dan pebisnis wanita.
  69. Teruteru Kazoku (2003, Ishihara Satomi) - diangkat dari sebuah novel, menceritakan tentang sebuah keluarga yang membuka usaha bakery untuk membesarkan 4 anak perempuan mereka.
  70. Tenka (2004, Fujisawa Ema) - tentang seorang gadis yang tinggal bersama kakeknya di desa, setelah lulus SMA, ia tinggal bersama keluarganya di Tokyo dimana rumah mereka dekat sebuah TK dan itu membuat sang gadis ingin menjadi guru TK.
  71. Wakaba (2004, Harada Natsuki) - tentang seorang gadis yang menjadi tukang kebun seperti keinginan ayahnya, ia ingin mengabulkan keinginan ayahnya untuk memenuhi rumah mereka dengan pohon dan bunga-bunga.
  72. Fight (2005, Motokariya Yuika)  - tentang seorang gadis yang menghadapi berbagai kesulitan dalam hidupnya setelah pabrik ayahnya jatuh bangkrut. Ia bekerja di Onsen saat ia trauma pergi ke sekolah. Ia sangat menyukai kuda dan menemukan impiannya kalau ia ingin bekerja bersama kuda sebagai jalan karirnya.
  73. Kaze no Haruka (2005, Murakawa Eri) - tentang seorang gadis dimana kedua orangnya bercerai, ia memilih tinggal bersama ayahnya. Ia  yang punya impian menjadi agen travel.
  74. Junjo Kirari (2006, Miyazaki Aoi) - tentang seorang gadis yang sangat menyukai piano dan musik jazz. Ia menghadapi berbagai kesulitan demi impiannya untuk tetap bermain musik.
  75. Imo Tako Nankin (2006, Fujimiya Naomi) - diangkat dari kisah nyata seorang gadis yang mempunyai impian menjadi seorang novelist.
  76. Dondo Bare (2007, Higa Minami) - tentang seorang gadis yang menikah dengan pewaris ryokan kelas atas dan kemudian ia menjadi nyonya pemilik / okami.
  77. Chiritotechin (2007, Kanjiya Shihori) - tentang seorang gadis yang ingin berubah, ia ingin hidup dengan senyuman seperti janjinya pada kakeknya. Ia meninggalkan rumah setelah lulus SMA dan mulai mendalami dunia rakugo, japanese story telling.
  78. Hitomi (2008, Eikura Nana) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi dancer.
  79. Dandan (2008, Mikura Mana & Mikura Kana) - tentang kembar identik yang terpisah, mereka saling mencari satu sama lain, setelah bertemu, mereka ingin menggapai impian menjadi penyanyi.
  80. Tsubasa (2009, Tabe Mikako) - tentang seorang gadis yang bekerja disebuah radio lokal dan menjadi DJ.
  81. Welkame (2009, Kurashina Kana)- tentang seorang gadis yang menjadi editor sebuah majalah.
  82. Gegege no Nyobo (2010, Matsushita Nao) - diangkat dari kisah nyata istri manga-ka populer Jepang, sebelum sang suami populer, mereka harus hidup dalam kemiskinan.
  83. Teppan (2010, Takimoto Miori) - about a young woman who moves from Hiroshima to Osaka and tries to start an okonomiyaki restaurant.
  84. Ohisama  (2011, Inoue Mao) -  tentang seorang gadis yang kehilangan ibunya sejak kecil, mempunyai impian menjadi seorang guru dan membuka usaha soba bersama keluarga barunya.
  85. Carnation (2011, Ono Machiko) - diangkat dari kisah nyata seorang designer ternama Jepang yang membesarkan 3 puterinya menjadi designer ternama dunia.
  86. Umechan Sensei (2012, Horikita Maki) - tentang seorang gadis yang selalu dibandingkan dengan dua saudaranya yang pintar. Ia punya impian menjadi seorang dokter seperti ayahnya dan membuka klinik sendiri di tempat tinggalnya.
  87. Jun to Ai (2012, Natsuna) - about a young woman who raised in Okinawa, she works at a top-tier hotel in Osaka. She fall in love with a man who his name is written in same kanji as hers.
  88. Amachan (2013, Nounen Rena / Non) - tentang seorang gadis yang ingin menjadi penyelam wanita seperti neneknya dan kemudian menjadi seorang idol.
  89. Gochisousan (2013, Anne) - tentang seorang gadis yang sangat suka makan dan berubah menjadi seorang wanita yang ingin menyajikan makanan hangat 3 kali sehari untuk keluarganya.
  90. Hanako to Anne (2014, Yoshitaka Yuriko) - tentang seorang gadis yang sangat mencintai buku, ia lahir di keluarga miskin yang berhasil masuk ke sebuah sekolah untuk anak orang kaya, ia menyukai bahasa ingrris dan menjadi seorang penerjemah.
  91. Massan (2014, Charlotte Kate Fox) - berdasarkan kisah nyata seorang pria yang ingin membuat wiski petama di Jepang, ia menikah dengan seorang gadis kebangsaan Skotlandia tempat ia belajar wiski dan membawanya ke Jepang.
  92. Mare (2015, Tsuchiya Tao) - tentang seorang gadis yang takut untuk bermimpi karena ayahnya, tapi kemudian ia menemukan impiannya untuk menjadi patissiere, ia menjadi ibu dari 2 anak kembar dan melanjutkan impiannya membuka toko kue sendiri.
  93. Asa ga Kita (2015, Haru) - tentang seorang gadis yang sangat menyukai bisnis, ia mendapatkan kepercayaan dari keluarga dimana ia menikah, ia berhasil menyelamatkan usaha keluarga saat restorasi era meiji, membuka bank, asuransi jiwa dan universitas wanita pertama di Jepang.
  94. Toto Nee-chan (2016, Takahata Mitsuki)  - tentang seorang gadis yang menjadi kepala keluarga setelah ia kehilangan ayahnya. Ia bekerja demi ibu dan dua adiknya. Kelak ia akan membuka perusahaan penerbitan sendiri, bersama dua adiknya.
  95. Beppin-san (2016, Yoshine Kyoko) - 3 wanita dari keluarga kaya yang ditinggal suami saat berperang, berusaha mencari nafkah sendiri demi anak mereka. Dibantu oleh seorang teman, mereka berempat mulai membuka bisnis pakaian untuk anak-anak.
  96. Hiyokko (2017, Arimura Kasumi) - tentang seorang gadis yang hidupnya berubah setelah ayahnya menghilang, ia berangkat ke Tokyo untuk bekerja sambil mencari ayahnya. Ia dikelilingi oleh orang baik dan perlahan menjadi dewasa.
  97. Warotenka (2017, Aoi Wakana) - berdasarkan kisah nyaa
  98. Hanbun, Aoi (2018, Nagano Mei) - tentang seorang gadis yang kehilangan pendengaran di telinga kirinya, ia berangkat ke Tokyo untuk menjadi manga-ka, tapi semuanya tak berjalan lancar, ia kemudian kembali ke kampung halamannya sebagai ibu tunggal.
  99. Manpuku (2018, not announced yet) - diangkat dari kisah nyata penemu Nissin Food
  100. Natsuzora (2019, Hirose Suzu) - tentang seorang yatim piatu pasca perang dunia II, ia berpisah dengan 2 saudaranya dan kemudian menemukan impiannya untuk menjadi animator.
  101. Scarlet (2019, Toda Erika) - tentang seorang gadis yang berjuang menjadi pembuat keramik wanita pertama yang diakui di Jepang.
  102. Yell (2020, Kubota Masataka) - tentang seorang anak laki-laki yang sudah memenangkan komposisi musik klasik internasional dan berjalan di jalan musik bersama istrinya yang punya impian menjadi seorang penyanyi.
  103. Ochoyan (2020, Sugisaki Hana) - tentang seorang gadis yang dibuang oleh sang ayah, menemukan keluarga yang sebenarnya saat ia menjadi pelayan dan kemudian menemukan impiannya untuk menjadi seorang aktris.
  104. Okaeri Mone (2021, Kiyohara Kaya) - tentang seorang gadis korban gempa dan tsunami Tohoku 2011 yang mencari apa yang ia bisa lakukan dalam hidupnya untuk membantu kampung halaman dan kemudian menemukan pekerjaan peramal cuaca sebagai jalan hidupnya.
  105. Come Come Everybody (2021, Kamishiraishi Mone, Fukatsu Eri, Kawaei Rina) - kisah 3 generasi heroine selama 100 tahun yang berhubungan dengan acara pelajaran bahasa inggris di radio, NHK English Course.
  106. Chimudondon (2022, Kuroshima Yuina) - tentang seorang gadis yang dibesarkan di Okinawa yang mempunyai impian menjadi seorang chef.
  107. Maiagare (2022) - tentang heroine yang punya impian menjadi seorang pilot tapi karena sesuatu hal ia tidak bisa menjadi seorang pilot. Tapi ia tidak menyerah menemukan cara agar ia bisa terbang di udara.
Trivia: Fakta-fakta Asadora

  • Asadora dimulai tahun 1961 dengan durasi 20 menit per episode dan tayang setiap Senin-Jumat.
  • Tahun 1962, stylenya berubah menjadi 15 menit per episode dan tayang setiap Senin-Sabtu pukul 8.15 pagi.
  • Pada tahun 1975 asadora yang biasanya tayang sepanjang tahun, berubah menjadi 6 bulan untuk 1 judul.
  • Pada tahun 2010, asadora mengubah jam tayang menjadi pukul 8 pagi.
  • Asadora pertama yang tayang di NHK adalah Musume to Watashi (1961) yang dibintangi oleh Kitazawa Hyo.
  • Musume to Watashi originalnya adalah sebuah radio drama yang ditayangkan di NHK ardio pada tahun 1958.
  • Ashita no Kaze (1961, Watanabe Fumiko) adalah asadora pertama yang tayang selama 15 menit per episode setiap senin sampai sabtu.
  • Ashita no Koso (1968) adalah asadora pertama yang tayang dengan berwarna, bukan hitam putih lagi.
  • Asadora selalu tayang dengan rating tinggi, asadora-asadora awal rata-rata ratingnya adalah diatas 30%, bahkan beberapa asadora bertahan diatas 40%. Hal itu menunjukkan kepopuleran asadora pada masa awal tayang.
  • Pada awalnya, asadora tayang setahun sekali  (4 musim), tapi sejak tahun 1975, NHK memutuskan menayangkan asadora 2 judul dalam setahun (1 judul dalam 2 musim/6 bulan).
  • Mizuiro no Toki (1975, Shinobu Otake) adalah asadora  pertama yang tayang selama 6 bulan/2 musim.
  • Romance (1984) adalah asadora pertama yang menggunakan theme song dimana lagu openingnya ada liriknya. Sebelum itu, OP asadora cuma musik tanpa lirik.
  • Hirari (1992) adalah asadora pertama yang menggunakan penyanyi terkenal sebagai pengisi opening song.
  • Dream Comes True adalah pengisi opening song pertama dalam sejarah asadora yang mengisi theme song 2 kali, yaitu Hirari (1992) dan Manpuku (2018).
  • Oshin (1983, Kobayashi Ayako, Tanaka Yuko, Otawa Nobuko) adalah asadora ke-31, asadora dengan rating rata-rata tertinggi sepanjang masa, yaitu 52,6%. Kalau nggak salah sih Oshin juga dorama dengan rating tertinggi sepanjang masa, ada salah satu episodenya mendapat rating 62,9%. Oshin juga menjadi drama Jepang paling populer sepanjang masa dan tayang diberbagai negara, bahkan Indonesia. Pada saat Oshin tayang di TVRI, aku sempat menonton beberapa episode.
  • Oshin tayang pada tahun 1983 dimana NHK sudah membuat format asadora tayang 2 judul dalam setahun, tapi karena kepopuleran Oshin, akhirnya drama tersebut tayang sepanjang tahun sebanyak 297 episode.
  • Mayuko Hitori (1971, Yamaguchi Karin) adalah asadora dengan rating tertinggi ke-2 sepanjang masa yaitu 47,4%. 
  • Ai Yori Aoku (1972, Maki Hiroko) adalah asadora dengan rating rata-rata tertinggi ke-3 sepanjang masa yaitu 47,3%.
  • Hanekonma (1986, Saito Yuki) adalah asadora terakhir yang mendapat rating diatas 40%, yaitu 41,7%.
  • Kimi no Na Wa (1991, Suzuki Kyoka) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 30%.
  • Kimi no Na Wa dan Hashiranka (1995, Mikuni Kazuo) adalah asadora yang tayang selama setahun (4 musim) setelah Oshin.
  • Karin (1993, Hosokawa Naomi) adalah asadora terakhir yang mendapat rating diatas 30%, yaitu 31,4%.
  • Haruyo Koi (1994, Yasuda Narumi) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 25%.
  • Teru Teru Kazoku (2003, Ishihara Satomi) adalah asadora pertama yang mendapat rating rata-rata dibawah 20%.
  • Rating rata-rata asadora sejak tahun 2003 sampai 2011 berada dibawah 20% dan merupakan masa kemunduran asadora. Meski sebenarnya rating itu termasuk masih tinggi, tapi tetap saja untuk ukuran asadora itu sudah sangat jauh dibawah rata-rata biasanya, karena asadora selalu terkenal dengan rating diatas 20%.
  • Tsubasa (2009, Tabe Mikako) adalah asadora pertama dengan rating rata-rata dibawah 15%, yaitu 13,8%.
  • Welkame (2009, Kurashina Kana) adalah asadora dengan rating rata-rata terendah sepanjang masa, yaitu 13.5%.
  • Setelah Welkame tayang, Gegege no Nyobo (2010, Matsushita Nao) mampu menaikkan rating rata-rata menjadi 18,8% dimana salah satu episodenya memperoleh rating 23% yang merupakan rating per episode tertinggi sejak tahun 2003.
  • Ohisama (2011) adalah asadora pertama dimana NHK memilih heroine tanpa audisi. Aktris yang terpilih adalah Inoue Mao. Ini adalah upaya NHK untuk menaikkan rating asadora kembali, dengan meng-cast heroine dari artis yang sudah populer. Ohisama memperoleh rating rata-rata 18,8%.
  • Umechan Sensei (2011) adalah asadora pertama yang memperoleh rating rata-rata diatas 20% sejak tahun 2003, yaitu dengan rating rata-rata 20,7%. Horikita Maki menjadi heroine kedua asadora yang dipilih tanpa audisi.
  • Amachan (2013, Nounen Rena / Non) adalah asadora yang sangat populer sampai menimbulkan social phenomenon di Jepang, meski ratingnya berada sedikit dibawah Umechan Sensei, yaitu 20,6%.
  • Berkat asadora Amachan, daerah Sanriku, Tohoku, menjadi sangat populer dikunjungi turis. Penumpang kereta api mereka meningkat 50% dan bahkan terjadi peningkatan perekonomian daerah yang signifikan.
  • Sejak tahun 2013, rating asadora cukup stabil diatas 20%, tapi kemudian asadora Mare (2015, Tsuchiya Tao) kembali mendapat rating dibawah 20%.
  • Asa ga Kita (2015, Haru) yang tayang menggantikan Mare adalah asadora dengan rating rata-rata tertinggi sejak tahun 2003, yaitu 23,5%.
  • Asa ga Kita merupakan asadora pertama yang membahas zaman Edo.
  • Rating asadora stabil diatas 20% sejak Asa ga Kita, tapi kemudian asadora Scarlet (2019) mendapat rating dibawah 20% dan itu adalah asadora pertama yang mendapat rating dibawah 20% sejak 2015.
  • Asadora Yell (2020) kembali mendapat rating diatas 20% tapi asadora penggantinya, Ochoyan (2021) kembali mendapat rating dibawah 20%.
  • Asadora heroine yang di-cast tanpa audisi adalah Inoue Mao, Horikita Maki, Yoshitaka Yuriko, Anne, Arimura Kasumi, Hirose Suzu, Ando Sakura, Toda Erika, Kubota Masataka, Sugisaki Hana, Kiyohara Kaya, Fukatsu Eri dan Kuroshima Yuina.
  • Meski tokoh utama asadora selalu seorang gadis, tapi ada juga asadora leadnya adalah seorang pria, yaitu asadora Romance (1984) yang dibintangi oleh Takaaki Enoki, Massan (2014) yang dibintangi oleh Tamayama Tetsuji dan Yell yang dibintangi oleh Kubota Masataka.
  • Matsuzaka Tori dan Sakaguchi Kentaro adalah dua aktor yang punya kesempatan untuk menjadi pasangan heroine lebih dari 1 kali dalam asadora.
  • Charlotte Kate Fox adalah asadora heroine pertama bermata biru alias non-jepang.
  • Ada tradisi khas dari asadora yaitu 'baton pass/penyerahan baton' dari heroine asadora yang sedang tayang ke heroine asadora selanjutnya. Biasanya baton pass ini juga diikuti dengan pemberian kenang-kenangan yang biasanya adalah sesuatu yang khas dari asadora yang sedang mereka bintangi. Misalnya baton pass dari Mare ke Asa ga Kita, Mare memberikan cake (karena Mare tentang patissiere) dan Asa memberikan sempoa (karena Asa adalah gadis yang menyukai berhitung).
  • Sejak asadora Yell (2020) hari tayang asadora mengalami perubahan, yang biasanya tayang 6 kali seminggu menjadi 5 kali seminggu.
  • Asadora Come Come Everybody adalah asadora pertama NHK Osaka yang mengambil kisah original story sejak Gochisousan tahun 2013. Biasanya NHK Osaka menggunakan based on true story.
  • Come Come Everybody juga merupakan asadora pertama dengan 3 heroine.
 
Asadora yang sudah pernah aku tonton

Aku mulai menonton asadora sejak tahun 2015, yaitu asadora Amachan. Alasan aku mencobanya saat itu adalah karena aku penasaran, kenapa aktris dan aktor yang aku suka, setiap melihat filmography-nya, pasti ada asadora Amachan. FYI, saat itu aku ngefans banged sama Masahiro Higashide, Fukushi Sota, Hashimoto Ai dan Nounen Rena. Tapi saat itu aku masih belum tahu kalau Amachan adalah sebuah asadora, yang aku tahu itu drama 156 episode dan aku berfikir aku nggak akan sanggup menontonnya. Tapi aku beneran suka Nounen Rena di Hot Road dan karena memang banyak aktor yang aku suka main disana, akhirnya aku memberanikan diri mendownloadnya.
Tapi setelah download, aku nggak langsung nonton, aku masih ragu HAHAHAHAHHAA.

Kalau nggak salah, aku mulai nonton Amachan itu pas aku sakit seminggu, aku nggak bisa bangun dan bosan banged. Jadinya, aku memindahkan file Amachan ke handphone dan menonton dari handphone. Aku ketagihan HAHAHHAHAAHA.
Aku sempat hiatus sejenak dari asadora dan mulai lagi tahun 2016, karena Yamazaki Kento (Mare) LOL. Aku rasa sejak menonton Mare, aku mulai perlahan menonton asadora lagi dan dan sampai saat ini aku sudah menyelesaikan 24 judul asadora.

Berikut sedikit tentang asadora yang sudah pernah aku tonton, mulai dari asadora pertama aku tonton sampai yang baru aku selesaikan. 
  
1. Amachan (2013)

 
Cast. Nounen Rena, Hashimoto Ai, Arimura Kasumi, Higashide Masahiro, Fukushi Sota, Koike Teppei, Miyamoto Nobuko, Koizumi Kyoko, Sugimoto Tetta, Katagiri Hairi, Watanabe Eri, ect.

Story: Tentang seorang gadis yang bernama Amano Aki, yang pindah ke kampung halaman ibunya di Kitasanriku, Tohoku bersama ibunya. Neneknya adalah seorang penyelam wanita dan Aki tertarik menjadi penyelam wanita. Ia berteman dengan Adachi Yui yang punya impian menjadi idol. Ia mendukung impian temannya itu mereka membentuk duo Shiosai no Memory dan menjadi populer. Aki kemudian pindah ke Tokyo untuk menjadi idol yang sesungguhnya, ibunya menjadi managernya. Tapi saat terjadi Tsunami di Tohoku, Aki kembali ke Kitasanriku.

[Baca Review Lengkapnya Disini]

Apa yang membuat drama ini menarik?
  • Castnya. Bisa aku bilang wajah para cast dalam asadora ini sangat familiar bagi yang sudah sering menonton drama Jepang. Jadi mencoba asadora demi castnya, asadora ini cocok.
  • Ceritanya ringan. Dari kebanyakan asadora yang aku tonton, Amachan termasuk asadora yang ringan dan mudah diikuti.
  • Dengan kemampuan Kudo Kankuro sang penulis, ini drama asik diikuti dengan komedi dimana-mana, tapi bermakna.
  • Karena ini berhubungan dengan dunia idol, jadi pasti gampang dimengerti.
  • Nounen Rena sangat pandai memerankan karakternya, dia gadis lugu, tapi juga bisa memberontak. Teman yang seusia dengan Aki hanyalah Yui, tapi Aki juga berteman dengan para ibu yang tinggal di desa.
  • Shiosai no Memory adalah grup idola yang keren banged, aku yakin kalian akan suka.
  • Opening Song-nya lucu, kalau kalian menonton tanpa skip opening song, aku yakin itu lagunya nggak akan bisa hilang dari kepala, bikin pengen joged HAHAHHAHAHHA.
  • Pemandangannya indah. Rumah neneknya Aki dekat dengan laut, jadi sudah pasti pemandangan lautnya akan terasa banged. Apalagi awalnya Aki jadi penyelam, jadi ada pemandangan bawah laut juga.Mare

2. Mare (2015)
 

Cast. Tsuchiya Tao, Yamazaki Kento, Kadowaki Mugi, Shimizu Fumika, Takahata Yuta, Watanabe Daichi, Hayama Shono, Yagira Yuya, Nakamura Yurika, Iitoyo Marie, ect.

Story: Tsumura Mare adalah anak pertama dari 2 bersaudara. Ayahnya sangat suka bermimpi dan berbisnis, membuat keluarga mereka jatuh miskin. Mereka dalam pelarian dan tiba di daerah Noto. Ibunya memutuskan kalau mereka tak akan lari lagi dan akan tinggal di desa itu selamanya. Mereka dibantu oleh pasangan suami istri yang menyewakan mereka rumah untuk tinggal. Mare mulai tinggal disana dan berkenalan dengan teman-teman Noto, mereka bersahabat sampai SMA. Tapi kemudian ayahnya kabur meninggalkan mereka.  Karena ayahnya, Mare jadi tidak mau punya impian, ia ingin hidup tenang dan bekerja sebagai pegawai negeri yang gajinya stabil. Tapi Mare sejak dulu memang suka membuat cake dan pertemuannya dengan neneknya (Ibu dari ibunya) membuat Mare berfikir kalau ia ingin menjadi patissiere.

Mare berangkat ke Yokohama demi impiannya menjadi patissiere. Ia melalui segala rintangan dengan baik. Saat ia menikah, Mare harus kembali ke kampung halamannya karena suaminya sedang dalam kesulitan. Ia berhenti dari pekerjaannya dan fokus menjadi ibu rumah tangga. Tapi sang suami tetap ingin sang istri meneruskan impiannya. Mare kemudian membuka sebuah toko kue di Noto dengan bantuan keluarga dan teman-temannya.

[Baca Review Lengkapnya Disini]

Apa yang membuat drama ini menarik?
  • OST. Mare adalah asadora dengan OST terbaik yang pernah aku tonton dan itu masih belum berubah sampai sekarang.
  • Cake. Yang suka kue perancis, ini drama yang sangat cocok ditonton, melihat bagaimana Mare membuat cake dari bahan sederhana sampai cake dari bahan yang bagus.
  • Yamazaki Kento. HAHAHAHAHHA. Ya, pasti banyak fans Yamazaki Kento kan? Nah, ini drama yang sangat cocok untuk ditonton, karena Yamaken disini cowok bangeeeeeed!!! Kapan lagi bisa liat Yamaken jadi suami dengan 2 anak kembar? HAHAHHAHHA
  • Wajima-nuri. Mengenal lebih dekat mengenai pernis wajima, disini peran Yamaken adalah pengrajin pernis wajima.
  • Ceritanya mengalir dengan baik, dari awal sampai akhir betah banged menontonnya dan puas banged deh, 156 episode lho, nggak ada yang tanggung kalau di asadora HAHAHHAHA.
  • Persahabatan para tokoh. Disini persahabatan 5 sahabat kental banged, meski diantara mereka ada cinta segitiga juga, tapi nggak terlalu diperlihatkan sih, karena fokusnya ke Mare.

3. Gochisousan (2013)
 

Cast. Anne, Higashide Masahiro, Matsuura Miyabi, Suda Masaki, Nishihata Daigo, Takahata Mitsuki, Wada Masato, Toyoshima Hana, ect. 
 
Story: Uno Meiko adalah puteri dari pemilik restoran masakan barat di Tokyo. Sejak kecil ia suka makan, makanan adalah penyemangat hidupnya. Ia tumbuh menjadi anak perempuan yang sangat tinggi dan bahkan lebih tinggi dari para pria. Meski sudah remaja, Meiko tidak tertarik pada apapun kecuali makanan. Suatu hari seorang mahasiswa Nishikado Yutaro, menyewa kamar di rumah Meiko, itu adalah pertama kalinya Meiko bertemu dengan pria yang lebih tinggi darinya dan keduanya saling jatuh cinta. Meiko untuk pertama kalinya belajar memasak demi Yutaro.

Meiko dan Yutaro menikah dengan janji bahwa ia akan memasakkan makan hangat 3 kali sehari. Ia memegang janji itu selama masa pernikahan mereka. Tapi Meiko kesulitan karena kakak iparnya tidak menyukainya dan sangat kejam padanya. Meiko tak sekali dua kali menangis karena perlakuan kakak iparnya. Tapi ia berusaha bertahan. Meiko menghadapi berbagai kesulitan dalam hidupnya dengan terus memasak demi keluarganya, ia belajar memasak dengan bahan sederhana, memanfaatkan semua yang ada pada bahan makanan, bertahan saat perang dunia II dengan makanan.

[Baca Review Lengkapnya Disini]

Apa yang membuat drama ini menarik.

  • Makanan. Dari judulnya saja kita sudah tahu kalau tema drama ini adalah makanan, jadi siap-siap saja laper saat menonton drama ini, karena Meiko suka memasak berbagai makanan. Tapi sebenarnya drama ini lebih fokus ke bagaimana Meiko menyajikan makanan untuk leluarganya saat bahan makanan sedikit.
  • Anne. Anne sebagai Meiko adalah salah satu asadora heroine favorite-ku, melihat bagaimana dia menikmati makanan, bagaimana dia makan aduuuuh, jadi laper. Karakternya disini juga lucu banged.
  • Ini adalah asadora dengan latar perang dunia II yang aku tonton, awalnya aku ragu, ternyata aku bisa mengikutinya dengan baik.
  • Perjuangan hidup Meiko dan makanan sangat mengharukan.
  • Dulu, OTP asadora ini adalah salah satu alasan kenapa aku pengen re-watch ulang, tapi sejak Higashide selingkuh, duh, jadi males nonton asadora ini. Dalam asadora ini karakter suami heroine juga selingkuh lho, kasihan banged Anne.

4. Beppin-san (2016)

Cast. Yoshine Kyoko, Renbutsu Misako, Kengo Kora, Nagayama Kento, Tanimura Mitsuki, Momota Kanako, Tsuchimura Kaho, Hiraoka Yuta, Nakamura Tamao, Matsushita Yuya, Furukawa Yuki, Igashira Manami, Hayashi Kento ect.
 
Story: Bando Sumire adalah anak kedua dari keluarga Bando. Ibunya sudah meninggal sejak ia masih kecil, ia tinggal bersama ayah dan kakak perempuannya. Kakaknya diharapkan akan membawa mukoyoshi ke keluarga mereka, tapi ia ingin menikah dengan Nogami Kiyoshi, yang merupakan anak tunggal teman ayahnya dan cinta pertama Sumire. Akhirnya Sumire harus menikah dengan pria pilihan ayahnya, Tanaka Norio.

Sumire hamil saat perang dunia II dan suaminya harus meninggalkannya untuk berperang. Sumire dan bayinya berhasil selamat dari perang dan harus bertahan sendiri. Untuk memberi makan anaknya, ia harus bekerja, tapi Sumire adalah gadis keluarga kaya yang tidak bisa melakukan apapun selain menyulam. Pertemuannya dengan 2 sahabatnya saat SMA mengubah hidupnya. Mereka yang sama-sama menanti kepulangan suami dari perang, mulai membuat sesuatu untuk dijual. Dengan bantuan kakak Sumire dan suaminya, mereka mulai membuat pakaian anak-anak dan akhirnya mengembangkan bisnis mereka menjadi sebuah perusahaan.

[Baca Review Lengkapnya Disini]

Apa yang menarik dari drama ini?

  • Drama yang tenang dan menyejukkan jiwa, terutama suara dari naratornya, Konno Miho, yang merupakan ibu dari Sumire.
  • Gadis dari keluarga kaya yang tidak bisa apa-apa, tapi berhasil melakukan sesuatu demi anaknya. Mereka berempat memulai bisnis tanpa tahu apa-apa, mereka hanya membuat sesuatu yang bisa mereka buat, mereka benar-benar mulai dari 0 tapi mereka berkembang dengan pesat karena kebaikan mereka.
  • Semangat para ibu demi anak-anak mereka. Disini diperlihatkan sekali bagaimana para ibu akan melakukan apa saja demi anak mereka, ide ceritanya juga bagus, orang mungkin tak akan membeli sesuatu untuk dirinya, tapi untuk anak, mereka akan membelinya.
  • Bisnis yang benar-benar dimulai dari 0, menumpang di toko orang, membuka toko sendiri, membuka perusahaan sendiri sampai perusahaan itu sangat besar.
  • Furukawa Yuki!! HAHAHAHHA, jujur saja, aku sudah punya pikiran untuk drop drama ini, tapi kemudian Yuki jadi cast, seneng banged XD

5. Gegege no Nyobo (2010)

Cast. Matsushita Nao, Mukai Osamu, Hoshino Gen, Kubota Masataka, Emoto Tasuku, Adachi Rika, ect.

Story: Drama ini diangkat dari autobiografi dari Mura Nonue, istri dari mangaka Shigeru Mizuki yang membuat manga Gegege no Kitaro. Iida Fumie sudah cukup berumur tapi belum juga menikah dan itu membuat keluarganya khawatir. Sampai suatu hari ia dijodohkan dengan seorang pria yang ternyata cacat tangannya. Awalnya keluarganya menolak karena mereka tidak tahu awalnya kalau yang dijodohkan dengan puterinya adalah seorang pria cacat. Tapi entah kenapa Fumie menyetujui pernikahan itu.

Lalu dimulailah kehidupan suami istri di Tokyo dimana ternyata suaminya adalah seorang mangaka yang tidak populer. Mereka kesulitan setiap harinya karena tidak ada uang. Suaminya ternyata orang yang keras, ia membuat karya sesuai dengan isi hatinya jadi ia tak mau keluar dari jalurnya. Padahal manga yang ia buat sangat menarik tapi menurut yang lain itu manga yang suram. Sebagai istri ia percaya kalau suatu hari nanti akan ada yang mengakui karya suaminya itu.


Apa yang menarik dari drama ini?
  • Osamu Mukai aja udah membuat dramanya menarik lol.
  • Ini adalah kisah nyata pepatah yang mengatakan dibalik kesuksesan seorang suami, ada istri yang dengan setia mendukungnya.
  • Istri tokoh utama disini benar-benar tipe istri yang setia, meski suaminya mudah marah, dingin, yang ada dipikiran cuma manga dan manga, keras kepala, tapi istrinya benar-benar mendukung pekerjaan suami dan percaya pada suaminya.
  • Aku menyukai bagaimana di real life, mangaka itu pernah mengatakan kalau hanya istrinya lah yang bisa mengerti dirinya, ia tak akan menemukan wanita lain yang bisa mengerti akan dirinya.
  • Sangat sulit menerima kekurangan seseorang, tapi Fumie disini benar-benar sabar dan mendukung suami, pokoknya keren banged.
  • Kalau ceritanya jangan ditanya, ini adalah kisah kesuksesan seseorang yang terus gagal dan gagal.

6. Carnation (2011)

Cast. Ono Machiko, Natsuki Mari, Kuriyama Chiaki, Ayano Gou, Onoue Hiroyuki, Kobayashi Kaoru, Kondo Masaomi, Tsukamoto Shinya, Zaizen Naomi, Kunimura Jun, Itao Itsuji, ect.

Story: Drama ini diangkat dari kisah nyata fashion designer Koshino Ayako yang membesarkan 3 puterinya sendirian yang juga menjadi fashion designer nantinya. Heroine, Ohara Itoko dibesarkan dalam keluarga yang keras dan suatu hari ia jatuh cinta pada sebuah mesin jahit. Ya, cinta pertamanya adalah mesin jahit. Ia belajar otodidak untuk menjahit dan mendesain baju. Ia juga jatuh cinta pada pakaian barat dan mulai mendesain pakaian barat sendiri, sesuatu dengan permintaan costumer.

Ia kemudian menikah dengan seseorang pilihan keluarganya dan melahirkan 3 anak perempuan. Tapi ia mengetahui kalau sang suami selingkuh dan tanpa sempat bertanya mengenai hal itu, sang suami meninggal dalam perang. Ia kemudian membesarkan 3 anak perempuannya sendirian sekaligus tetap menjadi seorang designer. Ia menghadapi banyak hal dalam hidupnya selama masa itu, bagaimana 3 anaknya memberontak, bagaimana pemerintah ingin mengambil mesin jahitnya karena terbuat dari besi yang akan digunakan untuk membuat senjata perang. Tapi ia berhasil membesarkan 3 puterinya yang menyukai fashion seperti dirinya. Tiga puterinya itu kelak menjadi designer ternama dunia.


Apa yang menarik dari drama ini?
  • Berbeda dengan heroine asadora yang terkesan polos, lembut dan pure, heroine dalam asadora ini terkesan keras dan bukan tipe yang manis, bukan tipe heroine biasanya.
  • Heroine dalam asadora ini bahkan sempat berselingkuh dengan suami orang dan bisa aku bilang kalau heroine disini adalah salah satu yang nggak aku sukai, tapi disitulah menariknya.
  • Melihat bagaimana dunia fashion zaman perang dunia sangat menarik untuk diikuti, bagaimana heroine membuka tokonya, bagaimana ia menghadapi costumer, melindungi apa yang menjadi jalan hidupnya.
  • Bagaimana seorang janda membesarkan 3 orang anak perempuannya juga menarik untuk diikuti. Karena anak-anaknya punya kepribadian yang berbeda.
  • Ini adalah asadora dimana kita diperlihatkan sampai heroine menghembuskan nafas terakhirnya. Uniknya, saat ia mendapat tawaran kisahnya menjadi asadora juga diceritakan disini.

7. Ohisama (2011)
 

Cast. Inoue Mao, Mitsushima Hikari, Maiko, Kengo Kora, Tanaka Kei, Ito Ayumi, Nagayama Kento, Emoto Tokio, Tsuchiya Tao, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine Sudo Yoko, yang menjadi matahari bagi orang-orang disekitarnya, mengikuti nasehat sang ibu yang meninggal saat ia masih kecil, ia selalu membuat orang-orang disekitarnya tersenyum. Dibesarkan sebagai anak perempuan satu-satunya bersama sang ayah dan 2 kakak laki-lakinya, ia tumbuh menjadi anak yang dicintai. Ia menjadi seorang guru dan kemudian menikah dengan seorang pria yang ia cintai. Menunggu dengan setia kepulangan sang suami dari perang, ia hidup dengan bahagia bersama keluarga suaminya. Ia punya 3 sahabat baik yang selalu bersama-sama dengannya sejak SMA sampai mereka tua. Ia kelak akan membuka sebuah restoran berbasis rumah bersama 3 sahabatnya dan melanjutkan menjadi guru baru para siswanya.
 

Apa yang membuat drama ini menarik?
  • Inoue Mao. Karakter Sudo Yoko disini cocok sama Mao yang membawa kesan kalem, lembut, senyumannya menyegarkan hati.
  • Kalau mau liat Nakagawa Taishi kecil, disini tempatnya. Masih imut banged. Aku rasa saat itu dia belum dikenal karena subbernya bahkan salah ngasih nama dia hahahhahha.
  • Ini kisah seorang gadis yang sangat dicintai suami dan mertuanya, aku suka bagaimana mertuanya menyayanginya seperti anak sendiri. Mereka nggak menyuruh dia berhenti kerja meski sudah punya bayi, bahkan suaminya datang ke sekolah dengan bayinya jika bayinya pengen menyusu. Pokoknya keluarga suaminya mendukung banged.
  • Ini juga kisah persahabatan. Heroine punya 3 sahabat disini dan sangat mengharukan mereka tetap bersama-sama sampai tua nantinya, meski ya dipertengahan ada banyak masalah tapi mereka berhasil mempertahankan persahabatan mereka.
  • Meski pada akhirnya demi anak heroine berhenti bekerja, tapi jiwa seorang gurunya tidak menghilang sampai ia tua.

8. Churasan (2001)
 
Cast. Kuninaka Ryoko, Yamada Takayuki, Sakai Masaaki, Kanno Miho, Toda Keiko, Kimiko Yo, Suzuki Shogo, Maehara Eri, Becky, Konishi Manami, ect.
 
Story: Bersetting di Okinawa, ini adalah kisah keluarga Okinawa yang menjalankan sebuah guest house. Suatu hari seorang ibu dan 2 anaknya datang ke sana dan menghabiskan waktu di guest house itu. Salah satu anaknya terkena penyakit mematikan dan mereka kesana untuk menghabiskan hari-hari terakhir anaknya. Heroine, Kohagura Eri jatuh cinta pada salah satu kakak adik itu dan keduanya berjanji untuk menikah saat mereka dewasa nanti. Eri percaya akan janji itu dan berangkat ke Tokyo dan bekerja sebagai seorang perawat. Dia ternyata satu rumah sakit dengan pria yang berjanji menikahinya itu, tapi pria itu lupa janjinya?
 
Ini adalah sebuah drama yang bagus dan menurutku cukup unik, sampai beberapa minggu terakhir dibuat plotnya agak makjang kayak darama korea, trus aku jadi agak males HAHHAAAHA.
 
 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Okinawa. Keindahan Okinawa yang tiada duanya, sayang ini drama tahun 2000an jadi kualitasnya gambarnya nggak terlalu bagus.
  • Ini adalah kisah yang unik dari keluarga Okinawa, semua anggota keluarga punya karakter yang unik dan menarik untuk diikuti.
  • Ini adalah asadora yang populer pada masanya, banyak yang menyukai heroine asadora ini dan kalau ada voting asadora atau heroine, Churasan pasti masuk.
  • Kisah buk perawat dan seorang dokter mengingatkanku pada Itazura na Kiss HAHAHHHA.
  • Tokoh utama saat di Tokyo tinggal di sebuah share house/rumah kos yang anggota kosnya unik-unik. Aku suka saat mereka sering berkumpul.
  • Kisah kakak adik dalam drama ini dibahas cukup dalam dan aku suka hubungan antara heroine dan adik laki-lakinya.
  • Yamada Takayuki masih imut banged disini, pas pertama nonton aku nggak percaya itu dia HAHAHHAHA.

9. Hanako to Anne (2014)

Cast. Yoshitaka Yuriko, Kuroki Haru, Tsuchiya Tao, Kaku Kento, Kubota Masataka, Yamoto Yuma, Suzuki Ryohei, Nakamura Yuri, Machida Keita, Takanashi Rin, Nakama Yukie, Yoshida Kotaro, Yoshine Kyoko, ect.
 
Story:  Drama ini menceritakan heroine Hanako yang tidak suka dipanggil dengan nama Hanako, karena nicknamenya adalah Hana. Lahir dari keluarga miskin yang tidak mementingkan pendidikan, ia adalah anak yang sangat suka belajar. Karena Hana suka belajar, sang ayah juga mendukung ia mendapatkan pendidikan yang tinggi karena itu saat Hana remaja, ayahnya memasukkannya ke sebuah sekolah private dimana hanya anak-anak keluarga berada saja yang bersekolah. Hana sangat menyukai buku, cinta pertamanya adalah sebuah kamus.

Di sekolah itu Hana berkenalan dengan seorang siswa yang terkesan dingin dan tidak disukai, seorang anak yang beberapa tahun lebih tua darinya dan sudah bercerai beberapa kali. Mereka menjadi sahabat baik setelah Hana berhasil mendapatkan hatinya. Hana kemudian bekerja disebuah perusahaan penerbitan setelah ia lulus dan disana ia jatuh cinta pada seseorang yang sudah menikah. Bebagai rintangan berhasil ia hadapi dan akhirnya ia bisa menikah dengan orang yang ia cintai. Ia menantang dirinya sendiri untuk menjadi penerjemah pertama buku 'Anne of Green Gables'.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Deretan castnya, liat aja, cast terkenal semuanya aduh. Makanya wajib banged nonton drama ini.
  • Kalau kalian suka drama masa lalu dengan tema bahasa inggris, ini drama yang cocok.
  • Kisah kehidupan heroine disini lengkap dibahas, mulai dari masa kecilnya, persahabatannya, kisah cintanya, masalah adik-adik-nya, keluarganya.
  • Aku suka bagaimana heroine sangat suka belajar dan sang ayah mendukungnya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Bagaimana awalnya ia jadi membenci bahasa inggris karena ia tidak mengerti tapi kemudian ia berakhir mencintainya.
  • Kisah cinta Hana disini menarik, bagaimana teman masa kecilnya selalu mencintainya dan bagaimana ia mencintai seseorang yang seharusnya tidak boleh ia cintai, bagaimana mereka bersatu, bagaimana mereka menghabiskan masa-masa tua mereka.
  • Kubota Masataka disini menjadi teman masa kecil Hana yang menyukainya sejak minggu pertama drama ini dan ia sama sekali tidak menyerah. Ia sama seperti Hana yang berasal dari keluarga miskin dan aku rasa itu pengaruh dari semangat Hana membuatnya belajar dan belajar sampai akhirnya ia menjadi seorang guru nantinya.

10. Hiyokko (2017)

Cast. Arimura Kasumi, Sawamura Ikki, Kimura Yoshino, Mineta Kazunobu, Sakuma Yui, Izumisawa Yuki, Miyamoto Nobuko, Sasaki Kuranosuke, Wakui Emi, Isomura Hayato, Sato Hitomi, Matsumoto Honoka, Fujino Ryoko, Kojima Fujiko, Yagi Yuki, Ryusei Ryo, Takeuchi Ryoma, Shishido Kavka, Okayama Amane, Kanno Miho, Itoh Sairi, Inowaki Kai, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine, seorang siswi SMA yang tidak punya cita-cita tinggi. Ia hanya ingin menghabiskan hari-harinya membantu disawah sang kakek dan hidup bahagia dengan keluarganya di desa. Sang ayah berangkat ke Tokyo untuk menjadi pekerja bangunan stadion olimpiade pada masa itu dan suatu hari dikabarkan menghilang. Demi mencari sang ayah dan membantu keuangan keluarga, ia memutuskan berangkat ke Tokyo dan bekerja di sebuah pabrik disana. Berkenalan dengan teman-teman muda yang bekerja disana demi alasan yang sama, membantu keuangan keluarga, ia berusaha keras melakukan yang terbaik karena ia tahu ia bukan anak pintar dan agak lamban. Tapi suatu hari pabrik tersebut tutup, ia tidak bisa pulang ke kampung halamannya begitu saja, ia akhirnya diterima bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran.

Masih berusaha untuk menyesuaikan diri dengan Tokyo yang menurutnya bukan tempatnya, ia kemudian bertemu dengan orang-orang yang baik dan membantunya dalam hidupnya. Sambil mencari keberadaan sang ayah yang ia yakin ada disuatu tempat di Tokyo, ia bekerja dengan baik sebagai pelayan dan juga menjalani hari-harinya dengan ceria. Sampai suatu hari ia akhirnya merasa kalau Tokyo adalah rumahnya.
 

Apa yang menarik dari drama ini?
  • Ini adalah asadora ongoing pertama yang aku ikuti dan aku sama sekali tidak menyesalinya. Ceritanya sebenarnya sederhana tapi tidak membosankan.
  • Kalau di kebanyakan asadora, heroine berjuang untuk menjadi sesuatu, di Hiyokko ini heroine-nya tidak ingin menjadi sesuatu, dia cuma ingin menjalani hidup dengan baik, dengan bekerja sepenuh hati.
  • Arimura Kasumi cantik banged disini, aku yang biasanya protes sama aktingnya, disini dia bagus banged. Karakternya juga lovable.
  • Ini kisah yang menghangatkan hati antara keluarga, persahabatan para tokoh, dengan orang-orang yang ia kenal di Tokyo.
  • Menonton drama ini membawa kenangan masa muda bagi mereka yang masa mudanya ada di tahun 1964.
  • Kebanyakan heroine asadora produksi NHK Tokyo punya perasaan yang kuat kalau mereka ingin ke Tokyo untuk menggapai impian, berbeda dengan asadora ini, heroine awalnya tidak menyukai Tokyo tapi lama kelamaan merasa kalau Tokyo adalah rumahnya.
  • Ini adalah asadora slice of life yang tidak banyak konflik di dalamnya. Keseharian heroine sebagai seorang pelayan, juga sebagai anak muda, hubungannya dengan para tokoh, sangat menarik untuk diikuti.
  • Meski rating asadora ini biasa saja, tapi asadora ini memulai dengan rating dibawah 20% sampai akhirnya berhasil bertahan diatas 20%. Ini termasuk asadora yang disayangi di Jepang, bahkan mendapat season 2 ditahun berikutnya.
  • Kalau kalian suka drama tema anak muda tahun 1960-1970an, maka ini drama yang cocok untuk ditonton.
 
11. Massan (2014)

Cast. Tamayama Tetsuji, Charlotte Kate Fox, Hayami Akari, Nishida Naomi, Aibu Saki, Eguchi Noriko, Hamada Mari, Tsutsumi Shinichi, Asaka Kodai, Yanagi Yurina, Kazama Morio, Koike Eiko, Arata Horii, Sakai Wakana, Kinami Haruka, Amami Yuki, ect.

Story: Drama ini menceritakan tentang hero yang traveling ke luar negeri demi mewarisi toko sake milik keluarganya, tapi ia punya passion lain, ia lebih tertarik pada wiski. Sepulangnya ia ke Jepang, ia membawa menantu untuk keluarganya, seorang gadis kulit putih, rambut pirang, mata biru, wanita Skotlandia. Pada masa itu, pernikahan beda negara masih sangat tabu dan tentu saja keluarga tidak merestui hubungan mereka. Tapi ia tetap bersikeras untuk menikahi wanita itu dan ia memutuskan hubungan keluarga dengan keluarganya karena tidak menerima istrinya.
 
Mereka berdua berangkat ke daerah lain dan memulai penelitian membuat wiski disana. Sang suami benar-benar passionate dalam membuat wiski meski ia gagal berkali-kali tapi istrinya selalu mendukung dan percaya padanya. Hanya istrinya-lah yang mendukung apa yang ia lakukan itu. Berkali-kali gagal tidak membuatnya menyerah, berkali-kali ditolak perusahaan juga tidak membuatnya menyerah, selama ada seseorang yang mendukungnya, ia akan tetap maju.

Tapi kisah disini tidak hanya tentang wiski, juga tentang bagaimana seseorang berkulit putih berusaha beradaptasi dengan warga Jepang yang saat itu masih belum bisa percaya 100% pada orang asing. Apalagi saat Perang Dunia II terjadi, anti orang asing semakin menjadi-jadi. Istrinya bahkan pernah stress karena tidak bisa keluar rumah, jika keluar rumah akan dilempar gitu.

Ini adalah perjalanan hidup suami istri yang saling mencintai dan tidak pernah meragukan satu sama lain. Kisah seorang istri yang 100% mendukung impian sang suami.
 
 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Ceritanya berbeda dengan asadora yang biasanya, karena tokoh utamanya adalah orang asing. Meski awalnya agal aneh nontonnya karena bahasanya campur antara Jepang dan Inggris, tapi seru.
  • Kita bisa melihat bagaimana proses pembuatan wiski disini, bagaimana wiski yang bagus dibuat tidak semudah itu dan bagaimana minuman itu bisa diakui oleh lidah orang jepang yang saat itu masih menyukai sake sebagai alkohol.
  • Massan juga memperlihatkan bagaimana orang asing dulunya nggak disukai di Jepang, apalagi pernikahan dengan orang asing adalah tabu pada masa itu, tapi sang hero sama sekali nggak menyerah, bahkan memutuskan hubungan dengan keluarganya demi istrinya.
  • Juga sang istri yang berusaha keras menjadi istri yang baik, bagaimana menjadi istri pria Jepang, belajar bahasanya, belajar memasak, belajar banyak hal. Ia kesulitan tapi ia sama sekali tidak menyerah.
  • Skinship dalam pasangan asadora biasanya nggak terlaku banyak, beda dengan drama biasa. Tapi di Massan ini, pas pertama aku nonton, aku merasa kalau chemistry mereka itu bagus sekali, mereka juga beneran terlihat seperti pasangan suami istri, skinshipnya itu lho.
  • Kisah cinta mereka juga menarik untuk diikuti, sejak awal kita penasaran kok mereka bisa jatuh cinta, kok pria itu segitu cintanya sama istrinya dan kok heroinenya nggak ada keraguan meninggalkan tanah kelahiran demi ikut suami, pokoknya keren.

12. Asa ga Kita (2015)

Cast. Haru, Tamaki Hiroshi, Miyazaki Aoi, Emoto Tasuku, Dean Fujioka, Terajima Shinobu, Tomochika, Kiyohara Kaya, Kondo Masaomi, Fubuki Jun, Kiriyama Akito, Koshiba Fuka, Kudo Asuka, Seto Koji, Kimura Yoshino, Yoshioka Riho, ect.

Story: Drama ini mengambil kisah di akhir zaman Edo, heroine adalah anak kedua dari 3 bersaudara. Ia punya 1 kakak perempuan yang manis dan anggun, sementara ia adalah anak yang tomboi. Pada masa itu adalah hal yang lumrah anak masih 10 tahun sudah dijodohkan dengan seseorang dan heroine juga sudah dijodohkan dengan anak kedua dari sebuah keluarga kaya. Kesan pertamanya dimata calon suaminya tidak lah baik, tapi saat itu calon suaminya berhasil merebut hatinya.

Sejak kecil, heroine sangat menyukai pekerjaan laki-laki. Ia suka belajar bisnis tapi karena ia perempuan, ia selalu dimarahi ayahnya. Karena perempuan harusnya belajar musik, menari, memasak, menjahit dan lain-lain yang sangat membosankan dan ia tidak suka. Setelah menikah dengan suaminya, ia menemukan tempat baru disana karena keluarga suaminya menerima dirinya yang tidak feminin. Bahkan suaminya juga menerimanya apa adanya, mau belajar bisnis silakan, mau apapun silakan. Tapi suaminya memang nggak bisa diharapkan, tiap hari kerjanya main ke luar. Pada akhirnya, ia yang mengurus bisnis keluarga dan dengan ide-ide yang ia miliki ia berhasil membangun bisnis keluarga mereka agar tidak bangkrut seiiring perkembangan zaman. 

Berbeda dengan sang kakak yang menikah ke keluarga kaya juga, tapi ia tidak diperlakukan dengan baik disana. Mertuanya tidak suka padanya, suaminya juga dingin. Tapi kakaknya adalah istri setia, bahkan setelah keluarga bangkrut, ia sama sekali tidak mengkhianati keluarganya.

Heroine dalam asadora ini sangat suka berbisnis. Ia yang membuka bank pertama di Jepang dan bahkan mendirikan universitas untuk wanita pertama di Jepang.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Asa ga Kita adalah salah satu asadora terbaik sepanjang masa. Jangan ditanya kenapa, tonton aja, pasti tahu kenapa asadora ini terbaik.
  • Kisahnya sama sekali tidak membosankan dari episode 1 sampai episode terakhir, para tokoh punya keunikan masing-masing, kisah mereka menarik untuk diikuti.
  • Tamaki Hiroshi disini menjadi suami nggak guna, selalu pergi main keluar, jarang di rumah, bisnis ia serahkan pada istrinya, tapi sebenarnya itu karena ia tahu istrinya suka berbisnis dan memberikan kesempatan pada istrinya. Saat dibutuhkan, dia juga bisa diandalkan. Tapi sumpah pas nonton drama ini, melihat karakter dia awalnya itu bikin kesal, tapi lucu.
  • Kisah kakak adik disini menarik diikuti, melihat bagaimana perbedaan kepribadian keduanya, sama-sama menikah ke keluarga berada tapi nasib mereka berbeda satu sama lain. Kakaknya sempat menghilang dan akhirnya ditemukan. Meski hidup susah, tapi kakaknya lebih bahagia menjadi petani daripada dulu saat keluarga suaminya masih kaya.
  • Melihat bagaimana heroine sebagai pebisnis wanita menarik untuk diikuti, mengingat pada masa itu wanita diremehkan tapi heroine disini berhasil mendapatkan kepercayaan demi kepercayaan dalam berbisnis. Ide-idenya juga bagus dalam berbisnis.
  • Tidak hanya kisahnya, kisah anak heroine juga diceritakan disini, bagaimana anaknya tidak punya passion yang sama dengan sang ibu dan hanya ingin menjadi ibu rumah tangga biasa.
  • Jika dalam asadora lain diperlihatkan bagaimana dibalik kesuksesan suami ada istri yang mendukungnya, maka dalam drama ini diperlihatkan dibalik kesuksesan seorang istri ada suami yang setia mendampinginya.
  • Ini adalah asadora dengan rating tertinggi sejak tahun 2000, bahkan sampai sekarang belum ada asadora yang bisa mengalahkan rating rata-ratanya. Pasti karena sebagus itu kan ya?

13. Junjo Kirari (2006)

Cast. Miyazaki Aoi,  Terajima Shinobu, Igawa Haruka, Muroi Shigeru, Toda Keiko, Murata Takehiro, Shiomi Sansei, Nishijima Hidetoshi, Fukushi Seiji, ect.
 
Story: Drama ini menceritakan tentang seorang gadis dari keluarga biasa, karena pengaruh ayahnya yang merupakan seorang peneliti disebuah universitas yang menyukai musik jazz, ia juga tumbuh menjadi anak yang menyukai jazz. Ia bisa bermain piano dan kadang mengaransemen nadanya menjadi musik jazz dan ia sering dimarahi karena hal itu. Ia punya impian masuk ke sekolah musik karena ingin belajar lebih jauh tentang musik, tapi keluarga mereka kesulitan biaya dan tidak setuju dia masuk sekolah musik. Tapi ia sama sekali tidak menyerah, bahkan setelah ayahnya meninggal dan kakak perempuan paling tua menjadi kepala keluarga, ia tetap bersikeras ingin masuk ke sekolah musik.

Tidak mudah baginya meyakinkan keluarga  agar ia dibiarkan ke Tokyo, juga tidak mudah masuk ke sekolah musik itu. Meski ia tidak lulus, ia tetap di Tokyo dan bekerja disana, dengan harapan ia bisa lulus tahun depan, ia juga mengikuti les. Ia tinggal di sebuah share house dan kebetulan ada teman masa kecilnya disana juga. Mereka mulai menjalin hubungan tapi harus berpisah karena sang pria akan kembali ke kampung halaman dan mewarisi bisnis keluarga. Masalah keluarganya juga membuat ia kembali ke kampung halamannya dan kemudian bertunangan dengan teman masa kecilnya itu meski ditentang keluarga pihak laki-laki dan belum sempat mereka menikah, suaminya berangkat berperang. Pesan suaminya sebelum berangkat adalah agar dia tidak berhenti bermain musik.

Heroine memang tidak berhenti bermain musik, ia terus mencintai musik meski banyak hal yang terjadi dalam hidupnya. Sampai suatu hari kabar kematian calon suami ia terima. Semuanya terasa hancur, tapi ia masih percaya kalau calon suaminya masih hidup. Ia berusaha yang terbaik untuk hidup agar ia diterima oleh keluarga calon suaminya, ia tidak mau meninggalkan keluarga tunangannya itu hanya karena tunangannya dikabarkan meninggal dunia.
 
 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Bagi yang menyukai musik jazz, ini asadora yang bagus untuk diikuti.
  • Kalau kalian suka asadora dengan cerita yang makjang, maka kalian harus mengikuti asadora ini. Makjang dalam artian heroinenya selalu menghadapi masalah ini dan itu, dan masalahnya juga cukup berat sih, kayak drama-drama korea.
  • Drama ini mengisahkan bagaimana heroine masih bisa berjalan di jalan musik meski ia tidak sekolah musik, masih ada jalan lain yang bisa ia lalui untuk tetap terus bermain musik jazz.
  • Aku kurang menyukai heroine dalam asadora ini yang terkesan egois dan sejujurnya ini bukan tipe asadora yang aku bisa nikmati. Terlalu banyak kesedihan.
  • Tapi bagi fans Miyazaki Aoi, ini wajib ditonton sih.
 
14. Chiritotechin (2007)
 

Cast. Kanjiya Shihori, Wakui Emi, Matsushige Yutaka, Sato Megumi, Watase Tsunehiko, Kato Toranosuke, Shigeyama Motohiko, Aoki Munetaka, Hara Sachie, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine yang bernama Wada Kiyomi, cucu dari pengrajin sumpit di daerahnya. Selama masa sekolahnya ia selalu dibandingkan dengan Wada Kiyomi dari keluarga lain yang jauh lebih cantik dan pintar darinya. Karena nama mereka sama, jadinya teman-temannya memanggilnya dengan Kiyomi-B, sedangkan anak cantik dan pintar itu Kiyomi-A. Ia merasa jika ia tetap ada di kota itu, ia akan selalu menjadi nomor 2, si-B, makanya ia memutuskan pindah ke Osaka untuk menemukan jati dirinya. Disana ia kemudian bertemu dengan yang namanya rakugo, sebuah seni tradisional menyampaikan cerita. Ia dulu pernah mendengarkan rakugo dari kaset kakeknya dan ia kemudian tertarik untuk menjadi salah satu pemain rakugo.
 
Ia menjadi murid salah satu pemain rakugo yang kakeknya sukai, tapi pemain rakugo itu sekarang sudah malas banged dan nggak semangat sama sekali. Ada salah seorang muridnya yang berusaha keras untuk membuat gurunya itu bermain rakugo lagi. Pria itu bermusuhan dengan Kiyomi-B sejak awal meski mereka tinggal bersampingan. Kiyomi B dikelilingi oleh senpai-nya yang semuanya adalah pria, meski awalnya ia tidak diterima tapi lama kelamaan ia menjadi murid kesayangan semuanya. Ia menemukan apa yang ia cari selama ini dalam rakugo dan memulai petualangannya sebagai pemain rakugo wanita.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Drama ini sangat menarik, mengenal hal baru yang namanya rakugo, salah satu seni bercerita di jepang, seperti mendongeng tapi dengan cara tradisional dan ceritanya biasanya sesuatu yang lucu. Pemain Rakugo biasanya punya suara yang unik dalam bercerita, gayanya juga unik tapi tetap mengenakan pakaian tradisional.
  • Drama ini banyak komedinya dan itu sangat menghibur.
  • Melihat bagaimana satu-satunya murid perempuan dikelilingi oleh seniornya yang semuanya laki-laki, Kiyomi-B merasa sangat disayangi disana, ya meski awalnya mereka semuanya menyebalkan sih. Tapi aku suka melihat interaksi mereka pada adik kelas yang mereka sayangi.
  • Kisah cintanya juga bikin baper disini, ini termasuk asadora yang kisah cintanya bikin aku senyam senyum sendiri. Ya bisa ditebaklah siapa yang jadian sama siapa, tapi perjalanannya lumayan panjang. Ada patah hati juga, nggak mau mengakui perasaan, ya gitu deh.
  • Kisah Kiyomi A dan Kiyomi B juga menarik untuk diikuti, bagaimana Kiyomi A selalu mendapatkan yang terbaik dan Kiyomi B selalu mendapatkan yang terburuk, padahal Kiyomi A itu baik sama Kiyomi B, cuma dia benci aja karena itu anak yang merebut semuanya darinya, selalu merasa dibandingkan, ya dia kesal aja sama A. Tapi setelah mereka dewasa banyak yang berubah sih.
  • Ini adalah salah satu asadora terbaik yang pernah aku tonton.

15. Umechan Sensei (2012)

Cast. Horikita Maki, Matsuzaka Tori, Takahashi Katsumi, Mimura, Koide Keisuke, Baisho MItsuko, Minami Kaho, Kataoka Tsurutaro, Oshima Yoko, Takito Kenichi, Tokunaga Eri, Tsurumi Shingo, Narimiya Hiroki, Uno Misako, Mitsushima Shinnosuke, Nakamura Yuri, Owada Shinya, Kimura Fumino, Ito Kumiko, Nomura Shuhei, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang anak bungsu dari sebuah keluarga yang ayahnya adalah seorang dokter. Kakak perempuannya cantik dan pintar, kakak laki-lakinya juga tampan dan pintar. Ia hanya gadis biasa yang merasa tidak punya kelebihan apapun seperti dua kakaknya dan ia tidak percaya diri. Saat ia galau akan masa depannya, karena sebuah kejadian ia kemudian memutuskan untuk menjadi seorang dokter. Keluarganya sangat khawatir mengingat dia adalah anak yang lamban dan tidak pandai belajar. Tapi ia benar-benar serius untuk menjadi seorang dokter, ia bahkan membuat tempat belajarnya sendiri agar ia tidak diganggu dan berkat kerja kerasnya, ia akhirnya lulus masuk sekolah kedokteran.

Ia tahu kalau ia adalah anak yang lamban dalam belajar, jadi ia tahu ia harus bekerja keras 2 kali lipat dari teman-temannya. Berkat kegigihannya, ia berhasil lulus sekolah kedokteran, magang di rumah sakit. Saat ia bekerja di rumah sakit, ia kemudian menyadari kalau ia punya keinginan lain yaitu membuka klinik sendiri di dekat rumahnya. Ia terkenal sebagai dokter yang lemah lembut dan disayangi oleh orang-orang disekitarnya.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Bagi yang belum pernah menonton drama ini dan kangen sama akting Horikita Maki, maka tontonlah drama ini. Bagus.
  • Aku suka sekali opening songnya yang dinyanyikan oleh SMAP dan video opening songnya dari kerajinan lilin gitu.
  • Heroine dalam drama ini nggak punya kelebihan seperti dua kakaknya, semua meremehkannya saat ia memutuskan menjadi dokter karena ujiannya sangat sulit, tapi setidaknya ada satu orang yang mendukungnya sepenuh hati.
  • Melihat perjuangan gadis yang lamban dan pekerja keras seperti Umeko benar-benar menyentuh hati, ia menyadari kelemahannya dan ia berjuang dua kali lipat dari yang lain. Ia juga nggak punya impian menjadi dokter hebat atau semacamnya, makanya ia memutuskan membuka klinik saja dekat rumah, ia lebih suka mengobati masyarakat yang tidak punya uang untuk ke rumah sakit.
  • Matsuzaka Tori adalah suami heroine dalam drama ini dan bagaimana keduanya bersatu itu lucu sekali. Mereka teman masa kecil yang benar-benar nggak tertarik satu sama lain waktu kecil karena sibuk memikirkan impian mereka, tapi akhirnya mereka dipersatukan dengan cara yang tidak terduga.
  • Kisahnya bukan hanya tentang heroine, tapi juga tentang keluarga mereka, hubungan menantu dan mertua dalam drama ini juga lucu banged.
  • Kalau kalian mencari asadora dengan gentle story, sesuatu yang lembut, maka asadora ini cocok banged. Horikita Maki disini lembut banged deh pokoknya.
 
16. Fight (2005)

Cast. Motokariya Yuika, Ogata Naoko, Sakai Noriko, Watanabe Toru, Miura Haruma, Yuki Saori, Kodama Kiyoshi, Sato Hitomi, Kawahara Ayako, Segawa Ryo, Tamura Takahiro, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang terpaksa berpisah karena sesuatu terjadi pada bisnis sang ayah. Dengan harapan keluarganya bisa bersatu lagi suatu hari nanti, ia dipertemukan dengan seekor kuda di sebuah tempat perawatan untuk kuda balap. Ia mengunjungi tempat itu setiap hari untuk menyapa seekor kuda bernama Jonko. Ia bersahabat dengan kuda itu dan sering curhat pada Jonko. 

Keadaan keluarganya semakin memburuk saat sang ayah terpaksa menutup bisnisnya dan untuk mendukung keluarga, ibu dan adiknya pindah ke suatu tempat dimana ibunya bekerja sebagai pelayan disana. Masalah juga terlibat dengan sahabatnya dan juga sekolahnya. Ia hanya menemukan ketenangan saat ia berada di kandang kuda dan memutuskan untuk bekerja sambilan disana. Ia sangat menyukai kuda, terutama Jonko. Ia akan selalu bersama kuda yang selalu memberikannya semangat sampai kudanya tua nanti.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Aku sebenarnya tidak menyangka kalau asaodra ini sebagus itu, padahal pas awal nonton low expectation banged.
  • Aku menyukai asadora ini karena temanya unik, bersahabat dengan kuda. Karena kuda Jonko ini aku banyak menangis saat menonton asadora ini. Hubungan heroine dan kuda Jonko sangat unik, meski satu manusia dan satu adalah hewan, mereka berdua punya ikatan batin dan saling mengerti satu sama lain.
  • Disini kita diperlihatkan bagaimana kuda racing/kuda balap itu, bagaimana mereka dilatih, bagaimana mereka dirawat, apa yang akan terjadi jika mereka nggak bisa balapan lagi, bagaimana akhir dari hidup mereka. Pokoknya menyentuh sekali.
  • Kalau mau lihat Haruma Miura kecil, maka tonton asadora ini, dia masih imut banged disini dan jadi 2nd lead male dalam hidup heroine.
  • Aku suka kisah cinta dalam asadora ini, nggak tau kenapa aku baper sama heroine dan pasangannya. Mereka itu tipe yang nggak langsung jadi diawal, banyak rintangan dan halangannya sampai perasaan heroine bersambut.
  • Kisah keluarga disini juga mengharukan, heroine nggak punya banyak impian, dia cuma pengen keluarganya tinggal satu rumah lagi. Tapi keadaan membuat semua anggota keluarga berpisah dan itu tu sedih banged.

17. Toto Nee-chan (2016)

Cast. Takahata Mitsuki, Nishijima Hidetoshi, Kimura Tae, Sagara Itsuki, Sugisaki Hana, Mukai Osamu, Kawaei Rina, Hamano Kenta, Katagiri Hairi, Abe Junko, Oikawa Mitsuhiro, Karasawa Toshiaki, Ito Atsushi, Shuri, Sakaguchi Kentaro, Uesugi Shuhei, Furuta Arata, Nomaguchi Toru, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang sebuah keluarga yang kehilangan kepala keluarga. Pesan terakhir sang ayah pada anak sulungnya adalah untuk menjaga ibu dan dua adiknya. Sejak saat itu ia menjadi kepala keluarga dan memastikan kebahagiaan keluarganya. Karena ia masih kecil, ibu mereka mengajak mereka datang ke Tokyo, ke rumah keluarganya yang dulu ia tinggalkan demi menikah dengan suaminya. Awalnya heroine ingin bekerja untuk menghasilkan uang, tapi keluarganya berhasil meyakinkannya untuk masuk SMA baru mencari kerja. Ia bahkan menolak lamaran dari orang yang ia sukai karena ia tidak bisa meninggalkan ibu dan adik-adiknya.
 
Berpegang teguh pada pesan sang ayah, ia memastikan adik-adiknya bersekolah dengan baik dan bahkan masuk universitas meski ia sendiri hanya tamatan SMA. Meski kadang adik-adiknya kesal padanya yang bersikap seperti seorang ayah, tapi ia tidak pernah goyah dengan pendiriannya. Saat PD II terjadi, ia bertemu dengan seseorang yang mengubah hidupnya. Berkat orang itu, ia berhasil membuka perusahaan penerbitan sendiri bersama 2 adiknya yang khusus menerbitkan majalah untuk memudahkan hidup para wanita.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Perjuangan seorang kakak perempuan menggantikan sang ayah menjadi kepala keluarga.
  • Sangat mengharukan melihat dia benar-benar memastikan adik-adiknya lulus sekolah dengan baik, bertemu dengan orang baik, menikah ke keluarga yang baik.
  • Sebenarnya ibu dan adiknya juga tidak mau kakaknya menanggung beban keluarga mereka, mereka juga berharap kakaknya menemukan kebahagiaannya sendiri tapi kebahagiaan heroine adalah kebahagiaan keluarganya, jadi ya gitu.
  • Ini adalah asadora dimana heroinenya memilih melajang seumur hidupnya.
  • Kisahnya membuat perusahaan penerbitan sendiri juga menarik untuk diikuti, bagaimana perjuangannya membuat majalah bersama rekan kerjanya, mengumpulkan materi, mulai dari 0 sampai perusahaannya benar-benar sukses. Karena pada masa itu wanita yang bekerja masih diremehkan, jadi ia kesulitan karena hal itu.
  • Kisah cinta dalam asadora ini juga bikin gemes dan memang baper sih, dipertemukan dua kali, jatuh cinta dua kali, hampir jadi dua kali. Tapi setidaknya heroine tidak pernah tertarik pada laki-laki selain pria itu.
  • Lagu opening song asadora ini adalah favoriteku sepanjang masa.

18. Kaze no Haruka (2005)

Cast. Murakawa Eri, Watanabe Ikkei, Maya Miki, Kurokawa Mei, Nakamura Tomoya,  Kimura Yoshino, Fuji Tatsuya, Mizukawa Asami, Kinami Haruka, Asaoka Yukiji, Miyazaki Yoshiko, Kondo Koen, Matsuoka Mitsuru, Megumi, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine bersama ayah dan ibunya yang pindah dari Osaka ke Yufuin di prefektur Oita dengan harapan ayahnya akan membuka restoran disana. Ibunya tetap tinggal di Osaka karena ibunya bekerja disana. Ia berfikir kalau sang ibu nanti akan menyusul mereka tapi ternyata orang tuanya justru bercerai, bahkan saat pembukaan restoran dimana ibu janji akan datang, ibunya sama sekali tidak datang dan karena hal itu ia membenci sang ibu. Selama 10 tahun disana, restoran sang ayah sama sekali tidak populer, bahkan bangkrut. Untuk menghasilkan uang membuka kembali restoran dan membantu biaya pendidikan sang adik, ia memutukan pergi ke Osaka untuk bekerja disana. Meski ia masih tidak bisa memaafkan sang ibu, ia tetap tinggal di rumah ibunya.

Di Osaka, ia bekerja diperusahaan tour planner, membuat rencana untuk liburan orang-orang dan ia mulai menemukan apa yang ia sukai, apa yang ia ingin lakukan. Selama disana, ia mengasah kemampuannya sebagai pemandu tur dan mulai mengerti alasan kenapa sang ibu memilih bercerai daripada meninggalkan pekerjaan di Osaka. Ia kemudian kembali ke Yufuin dan bekerja di kantor pariwisata dimana ia berusaha untuk membuat rencana tur bagi wisatawan di Yufuin yang terkenal dengan wisata air panasnya.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Asadora ini adalah salah satu asadora dengan pemandangan alam terindah yang pernah aku tonton. Mungkin karena temanya adalah wisata, jadi memang keindahan alamnya juga diperlihatkan dengan baik. Dan lagi rumah heroine ada di bukit gitu, jadi adem banged pemandangannya.
  • Asadora ini membahas wanita karir, hubungan ibu dan anak perempuan, ayah dan anak perempuan.
  • Kisah cinta heroine juga menarik untuk diikuti, dimana heroine jatuh cinta pada teman masa kecilnya dan mereka bahkan sudah berencana untuk menikah tapi ia ditinggalkan sehari sebelum pernikahan. Itu tu sakit banged.
  • Ini adalah salah satu asadora dimana heroine jadian dengan 2nd lead-nya, meski 2nd leadnya muncul lebih awal dari 1st lead.

19. Warotenka (2017)

Cast. Aoi Wakana, Matsuzaka Tori, Hamada Gaku, Takahashi Issei, Endo Kenichi, Suzuki Honami, Takeshita Keiko, Chiba Yudai, Hotta Mayu, Tokunaga Eri, Suzuki Kyoka, Okamoto Rei, Hirose Alice, Ohno Tokuro, Maeno Tomoya, Fujii Takashi, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis dari keluarga terpandang yang sangat suka tertawa, bahkan karena lelucon kecil. Suatu hari ada kelompok genin/pelawak yang datang ke daerah itu dan disana ia bertemu dengan salah seorang genin yang tidak populer dan tidak lucu, tapi dia tertawa dengan lelucon genin itu. Mereka saling tukar menukar surat setelah itu. Saat heroine remaja, ia dan genin itu bertemu lagi dan berniat menikahinya, tapi tidak disetujui oleh orang tua heroine. Keduanya kemudian kawin lari dan tinggal di rumah keluarga genin. Keluarga genin itu adalah keluarga yang punya toko beras terkenal yang berharap anaknya menjadi pewaris. Awalnya heroine tidak diakui sebagai menantu dan malah dijadikan sebagai pembantu, itupun dibiarkan tinggal disana karena genin itu akhirnya mau bekerja di toko.

Meskipun jalannya berbeda, suami istri itu tidak menyerah untuk impian mereka membuat orang lain tertawa. Genin itu juga sadar kalau ia tidak lucu dan mengubah impiannya, jika ia tak bisa menjadi genin, maka ia akan membuat tempat dimana para genin berkumpul, ya sebuah perusahaan hiburan gitu, agensi untuk para genin. Suami istri itu memulai dari awal menuju impian mereka, menyewa tempat dimana para genin bisa tampil, mengumpulkan para genin berbakat yang bisa tampil dan lain-lain. Tapi tentu saja tidak mudah sampai mereka berhasil menjadi perusahaan entertaiment yang diakui. Dan heroine nantinya akan menjadi CEO wanita pertama pada zaman itu.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Matsuzaka Tori menjadi suami heroine lagi dalam drama ini setelah Umechan sensei dan itu adalah pertama kalinya dalam sejarah asadora, jadi menurutku keren banged.
  • Melihat bagaimana perusahaan agensi zaman dulu sangat menarik, mereka mulai dari 0 lho, membeli lahan, mencari artisnya dan lain-lain. Tapi pada masa itu perusahaan agensi nggak cuma menaungi para artis, tapi juga membuat tempat dimana para artis bisa tampil. Karena dulu lebih ke seni pertunjukan panggung.
  • Hirose Alice dalam drama ini keren banged, dia menjadi saingan heroine sejak awal.
  • 2nd lead dalam drama ini bikin baper parah, dia adalah seseorang yang selalu mendukung heroine sejak awal mereka dijodohkan, bahkan setelah perjodohan ditolak heroine, dia tetap mendukung impian heroine, bahkan setelah heroine kehilangan suaminya, dia tetap berada disamping heroine. Sayangnya mereka tetap tidak bersatu, tapi aku akui, 2nd lead disini benar-benar seseorang yang selalu ada untuk heroine.
  • Aura positif dari heroine disini membuat suasana cerah, apalagi Aoi Wakana memang kalau senyum itu bawaannya ceria aja gitu.
  • Heroine dikelilingi oleh orang-orang yang menyayanginya karena heroine memang orang yang baik pada semua orang, jadi saat perusahaan mereka memulai sekali lagi dari awal, ia banyak mendapatkan bantuan dan dukungan.

20. Hanbun, Aoi (2018)

Cast. Nagano Mei, Satoh Takeru, Matsuyuki Yasuko, Takito Kenichi, Harada Tomoyo, Tanihara Shosuke, Yamoto Yuma, Nao, Toyokawa Etsushi, Igawa Haruka, Seino Nana, Shison Jun, Nakamura Tomoya, Furuhata Seika, Tsukamoto Shinya, Mamiya Shotaro, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang seorang gadis yang kehilangan pendengaran di sebelah telinganya saat ia masih SD. Teman masa kecilnya yang lahir dihari dan rumah sakit yang sama dengannya selalu menyemangatinya. Tapi kemudian ia patah hati karena temannya itu menyukai wanita lain dan hanya menganggapnya teman. Ia menemukan impiannya untuk menjadi seorang mangaka dan berangkat ke Tokyo. Ia menjadi asisten seorang mangaka yang sulit dihadapi bersama 2 rekannya sampai akhirnya ia bisa debut dengan manganya. Ia terus berusaha meningkatkan kemampuannya tapi kemudian menyadari kalau ia tidak punya bakat.

Saat ia menyerah akan impiannya menjadi mangaka, ia kemudian bertemu dengan seorang pria yang punya impian menjadi sutradara film. Ia jatuh cinta pada pria itu dan mereka menikah, mereka dikaruniai satu orang anak. Saat menjadi seorang ibu dan istri, ia menghadapi suaminya yang kesulitan dalam membuat naskah, kemudian suaminya meminta cerai karena ingin fokus dengan naskahnya. Ia kembali kekampung halaman bersama puterinya. Disana ia reuni kembali dengan teman masa kecilnya dan pertemuan itu adalah titik balik dalam hidupnya.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Nagano Mei, Satoh Takeru, Nakamura Tomoya, tiga nama itu saja sudah membuat tertarik menonton asadora ini. Bagi fans ketiganya, ini drama yang wajib kalian tonton.
  • Ini adalah kisah heroine yang harus menempuh jalan lain karena kekurangannya dan menemukan kalau dirinya tidak berbakat disana. Kisah yang mengharukan dan menyakitkan sebenarnya.
  • Persahabatan juga dibahas dalam drama ini, bagaimana 3 orang mangaka memulai karir menjadi asisten sampai mereka debut dengan manga mereka sendiri.
  • Dan tentu saja kisah cinta antara heroine dan teman masa kecilnya, dilihat dari sisi manapun keduanya sudah berjodoh sejak kecil, lahir dihari dan tempat yang sama, teman sejak saat itu, tapi sampai mereka dipersatukan kembali jalanannya itu amat panjang dan berliku.
  • Sayangnya sifat heroine disini agak menyebalkan, jujur saja aku kurang suka karakter Nagano Mei disini.
  • Nakamura Tomoya disini imut banged, ini pertama kalinya aku menonton dramanya dan aku langsung suka.
  • Opening song asadora ini adalah salah satu opening song yang unik dan aku suka, terutama video klipnya.

21. Manpuku (2018)

Cast. Ando Sakura, Hasegawa Hiroki, Matsuzaka Keiko, Matsushita Nao, Kaname Jun, Uchida Yuki, Otani Ryohei, Kiritani Kenta, Kataoka Ainosuke, Matsui Rena, Hamano Kenta, Hashimoto Manami, Kishii Yukino, Fukagawa Mai, Seto Koji, Nakao Akiyoshi, Maiguma Katsuya, Hashizume Isao, Ogawa Sara, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine yang bekerja di sebuah hotel lalu suatu hari ada pelanggan yang jatuh cinta padanya dan mengajaknya menikah. Pria itu adalah pria kikuk yang punya banyak sekali ide membuat sesuatu. Ia adalah pria yang penuh dengan impian. Gadis itu menyukai si pria tapi ibu sang gadis tidak menyukainya karena merasa anak perempuannya tidak akan bahagia dengan seorang pria yang penuh dengan impian. Itu karena ayah heroine dulunya adalah pria seperti itu sampai akhirnya keluarga bangkrut.

Tapi karena ia yakin bisa bahagia dengan pria itu, heroine akhirnya menikah dan dimulailah perjalanan suami istri dengan ide bisnis suaminya yang terkesan aneh dan tidak masuk akal, tidak akan menghasilkan. Kegagalan demi kegagalan mereka alami, tapi sang suami tidak pernah menyerah. Memang sih bisnis baru dan terdengar aneh tidak akan mudah untuk diterima. Istrinya sih mendukung saja, tapi mertuanya yang pusing melihat bisnis aneh menantunya. Sampai suatu hari akhirnya mereka mengembangkan sebuah bisnis membuat mi instan yang saat ini kita kenal dengan cup noodles.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Ini adalah perjalanan bagaimana pertama kalinya mi instan dalam cup ditemukan, kalau di Indonesia merk populer adalah Pop Mie lol.
  • Tokoh utama pria disini memiliki ide-ide yang aneh dimana nggak banyak orang yang yakin dengan idenya itu. Tidak mudah baginya untuk akhirnya menemukan ide membuat mi instan dalam cup, penelitian demi penelitian, bagaimana akhirnya produk itu diterima masyarakat adalah perjalanan yang menarik untuk diikuti.
  • Narrator asaodra ini adalah Ashida Mana, suaranya itu enak banged di dengar, menjelaskan tentang apa yang terjadi dalam dramanya setiap episode.
  • Pasangan Hasegawa Hiroki dan Ando Sakura cute banged disini, mereka pasangan suami istri yang menurutku memang kelihatan seperti suami istri, nggak kaku satu sama lain.
  • Tapi yang membuat drama ini lebih menarik dan lucu adalah Matsuzaka Keiko, ibu heroine, menantu dari pemeran utama pria. Karakternya sebagai ibu disini lucu sekali, dia tipe ibu yang nggak biasa kerja, kerjaannya mengkhawatirkan anak-anaknya, terutama heroine dan suami, selalu berfikir negatif kalau menantunya mau melakukan sesuatu. Pokoknya karakternya disini sangat menghibur.
 
22. Natsuzora (2019)

Cast. Hirose Suzu, Kusakari Masao, Matsushima Nanako, Fujiki Naohito, Kiyohara Sho, Fukuchi Momoko, Yoshizawa Ryo, Yamada Yuki, Kudo Asuka, Okada Masaki, Kiyohara Kaya, Higa Manami, Yamaguchi Tomoko, Lily Franky, Iura Arata, Kanjiya Shihori, Sometani Shota, Kote Shinya, Watanabe Mayu, Nakagawa Taishi, Igawa Rikka, ect.
 
Story: Drama ini mengisahkan yatim piatu pada masa PD II. Heroine adalah yatim piatu karena perang, kemudian dibawa ke Hokkaido oleh ayah angkatnya, ia berpisah dengan kakak laki-laki dan adik perempuannya. Tumbuh dengan baik di daerah yang dikelilingi alam yang indah, ia menemukan apa yang ia sukai, yaitu menggambar. Saat ia mendapat kabar mengenai kakaknya ada di Tokyo, ia pergi ke sana tapi tidak pernah bertemu dengan kakaknya. Sembari mencari dimana saudara kandungnya, ia menemukan apa yang ingin ia lakukan, impiannya untuk menjadi seorang animator.

Ia mulai tinggal di Tokyo untuk mengapai impiannya yang tidak mudah. Ia berjuang di jalan yang ia pilih dengan dukungan dari orang-orang baik yang ia temui di Tokyo. Saat akhirnya ia bertemu dengan kakak laki-lakinya, mereka berdua kemudian bersama-sama mencari tahu keberadaan sang adik. Sembari menjadi seorang animator, ia menemukan belahan jiwanya, menikah dan punya anak. Sang suami mendukung impian sang istri sepenuhnya dan membantu istrinya yang menjadi seorang wanita karir yang bekerja. Dalam hidupnya, ia selalu berharap bertemu dengan adik perempuannya, ia tidak pernah berhenti mencari dan berdoa untuk kebahagiaan adiknya.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Melihat deretan castnya saja sudah sangat menarik, lihat aja sederetan nama-nama populer dalam drama ini.
  • Ini adalah drama yang memang sangat spesial bagi NHK dan promosinya nggak main-main, karena ini adalah asadora ke-100 dan Hirose Suzu sendiri dipilih tanpa audisi.
  • Kisah animator pada masa awal-awal film animasi sangat menarik untuk diikuti, bagaimana mereka membuat film dari gambar-gambar yang mereka gambar menggunakan tangan. Pake kertas lho, membuat ribuan gambar, keren banged.
  • Pemandangan Hokkaido sangat menyejukkan mata. Meski lokasi utamanya ada di Tokyo, tapi di episode awal dan beberapa episode di pertengahan saat heroine pulang kampung, mata dimanjakan dengan pemandangan Hokkaido. Sebenarnya aku nggak puas sih, tapi sudah cukup bagus untuk memperlihatkan keindahan alam Tokachi, Hokkaido.
  • Kisah keluarga disini dibahas cukup dalam, antara anak angkat dan orang tua angkat, dengan saudara angkatnya. Mereka memang mengangkat heroine sebagai anak tapi tidak mengubah nama asli heroine karena mereka nggak mau heroine kehilangan nama keluarga yang sama dengan nama kakak dan adiknya. Ia diperlakukan seperti anak kandung oleh orang tuanya dan saudara tirinya juga tidak iri sama sekali. Pokoknya keluarga angkatnya itu baik sekali. Bahkan kakeknya lebih dekat dengannya daripada dengan cucu kandung.
  • Kisah kakak adik disini juga menarik untuk diikuti, bagaimana mereka berpisah karena ia harus diadopsi, lalu bagaimana ia dibantu oleh teman lama kakaknya untuk mencari saudaranya yang hilang. Meski ia sibuk dengan dunianya, ia tidak pernah melupakan saudara kandungnya meski ia tak tahu mereka ada dimana. Mereka dibesarkan di keluarga berbeda lebih lama daripada saat mereka bersama-sama, tapi mereka selalu mengingat satu sama lain.
  • Ini adalah pertama kalinya asadora yang aku tonton menggunakan format berbeda dengan asadora sebelumnya dimana tokoh utama wanita/heroine jadian dengan seseorang yang muncul di pertengahan drama. Menurutku agak aneh, tapi ya memang bagus sih dibuat nggak tertebak.
  • Dalam drama ini ada karakter animator Studio Ghibli, Miyazaki Hayao dan Takahata Isao, meski NHK tidak resmi mengumumkan itu karakter mereka, tapi ya tahu lah fans, cepat kalau nyari tahu hal yang seperti itu.

23. Ochoyan (2020)

Cast. Sugisaki Hana, Matsumoto Tortoise, Miyazawa Emma, Shinohara Ryoko, Nagura Jun, Higashino Ayaka, Narita Ryo, Hoshida Hidetoshi, Itao Itsuji, Igawa Haruka, Wakamura Mayumi, Yoshikawa Ai, Abe Junko, Wakaba Ryuya, ect.

Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine yang bersusah payah merawat yang adik yang masih kecil setelah ibunya meninggal, tiba-tiba suatu hari ayahnya membawa seorang wanita ke rumah mereka. Ayahnya lebih memilih wanita itu dan membuang anak perempuannya. Heroine tiba di kota film Osaka, Dotonbori dan bekerja sebagai pelayan disana. Tidak mudah baginya menjadi seorang pelayan, tapi karena ia tidak punya tempat untuk pulang, ia memohon agar pemilik mau mempekerjakannya disana. 

Ia tumbuh sebagai gadis ceria yang menyukai seni pertunjukan, suatu hari ia menemukan keinginannya menjadi seorang aktris. Saat ayahnya muncul kembali dihadapannya dengan alasan ia ingin mereka hidup bersama-sama lagi, ia sangat senang tapi hatinya langsung hancur saat tahu kalau ayahnya berbohong. Ayahnya ingin menjualnya pada penagih hutang. Ia meninggalkan Dotonbori dan memulai hidup baru sebagai pelayan cafe di Kyoto sambil tetap mencoba untuk menggapai impiannya menjadi seorang aktris. Ia berhasil masuk ke sebuah perusahaan film tapi ia kesulitan mendapatkan tempatnya disana. Saat keadaan membaik, ayahnya datang lagi dan menganggu hidupnya. Disana ia memutuskan hubungan darah dengan sang ayah setelah ia memberikan uang pada ayahnya.
 
Ia sebenarnya tidak punya bakat tapi ia memiliki potensi untuk menjadi aktris panggung, bos-nya disana melihat potensinya dan mengirimnya kembali ke Dotonbori untuk menjadi seorang aktris panggung dalam sebuah grup teater yang baru ia bentuk. Ia akan berjuang menjadi seorang aktris yang nantinya akan dikenal sebagai ibu Osaka.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Fans Sugisaki Hana wajib menonton drama ini. Aktingnya sangat bagus disini. Karakternya memang penuh teriakan, tapi itu yang bikin seru.
  • Ini adalah perjalanan panjang seorang gadis menjadi aktris panggung dimana perjalanan hidupnya penuh lika dan liku. Selama menonton asadora, ini adalah asadora dimana heroinenya mendapat banyak masalah dalam hidup, satu per satu bermunculan saat ia mulai bahagia. Bisa dibilang asadora dengan heroine paling tanggung sih menurutku.
  • Ia kehilangan ibu saat masih kecil, harus merawat adiknya, ayahnya membuangnya, ia menjadi pelayan, saat hidupnya membaik ayahnya selalu datang menganggu, ia berjuang menjadi aktris dimana pada masa itu tidaklah mudah menjadi aktris wanita, saat mereka sukses perang terjadi, kemudian saat mereka menata kembali suaminya selingkuh, saat ia melarikan diri dan muak dengan semuanya, wanita yang dulu menjadi alasan ia dibuang datang kembali dalam hidupnya. Pokoknya memang tangguh heroine dalam asadora ini.
  • Kamu akan menangis tiap minggunya, dijamin. Kalau nonton asadora ini, harus siapin tisu yang banyak. Asadora memang sedih, tapi yang ini levelnya beda.
  • Dalam drama ini akan diperlihatkan awal mula dari asadora, dimana heroine-lah yang pertama menjadi aktris yang bermain dalam radio drama yang kelak kita kenal dengan asadora. Melalui drama itu dia sangat populer sampai dipanggil ibu Osaka, karena dia berperan sebagai ibu dalam radio drama itu.
  • Wanita tangguh. Tapi aku nggak puas dengan endingnya bersama suaminya. Seharusnya dia nggak memaafkan suaminya sih.

24. Yell (2020)

Cast. Kubota Masataka, Nikaido Fumi, Karasawa Toshiaki, Kikuchi Momoko, Mitsuishi Ken, Yakushimaru Hiroko, Sakumoto Takara, Matsui Rena, Mori Nana, Kazama Morio, Yamazaki Ikusaburo, Nakamura Aoi, Moriyama Naotaro, Shibasaki Kou, Furukawa Yuta, Naka Riisa, Furuta Arata, Noda Yojiro, Nomaguchi Toru, Furukawa Kotone, ect.

Story: Drama ini mengisahkan tentang anak pertama dari keluarga penjual kain yang seharusnya menjadi pewaris keluarga tapi tumbuh sebagai anak yang sulit dalam beradaptasi dan bersosialisasi. Ia tak bisa berbicara dengan lancar didepan orang lain, agak gagap gitu. Tapi ia punya bakat musik yang luar biasa dan itu ditemukan oleh guru musiknya saat SD. Ia sangat mencintai musik tapi harus melepaskan impiannya untuk menyelamatkan bisnis keluarga. 

Yang mengubah hidupnya adalah saat ia bertemu kembali dengan temannya pada masa SD, yang memintanya kembali ke jalan musik dengan mengikuti sebuah kompetisi komposisi musik luar dan ia mendapat juara kedua dalam lomba itu. Ia mendapat surat penggemar dari seorang gadis yang benar-benar menyukai musik yang ia buat. Mereka menjadi sahabat pena dan saling jatuh cinta meski mereka belum pernah bertemu sekalipun. Ditengah kegalauannya meneruskan musik atau bisnis keluarga, ia berangkat ke tempat sang gadis dan melamar gadis itu disana. Gadis itu punya impian menjadi seorang penyanyi dan ia memutuskan menikah dengan gadis itu. Tidak mudah baginya mendapat pengakuan keluarga, ia akhirnya memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya menuju Tokyo, dalam artian kasar, ia mengabaikan bisnis keluarga yang akan bangkrut. Karena hal itu adiknya sangat membencinya.

Berjalan di jalan musik bagi dua pasangan pengantin baru itu tidaklah mudah. Sang istri masih sekolah dan sang suami juga tidak bisa membuat musik yang bagus, karena keahliannya adalah membuat musik klasik sementara di studio rekaman ia diminta membuat musik populer. Mereka melangkah perlahan-lahan tapi pasti, saling mendukung impian satu sama lain.

 
Apa yang menarik dari drama ini?
  • Drama ini dibuat berdasarkan kisha hidup komposer ternama Jepang yang berhasil membuat 5000 lagu selama hidupnya, ia adalah pencipta lagu Rokko Oroshi yang menjadi lagu tema tim baseball Jepang, juga lagu tema universitas Waseda, lagu tema pertandingan Koshien dan lagu pembuka olimpiade Tokyo 1964.
  • Kisah pasangan suami istri yang berjalan di jalan menuju impian mereka, saling mendukung satu sama lain, tidak menyerah dengan keadaan, apalagi chemistry antara Kubota dan Nikaido mantap banged, mereka kelihatan seperti suami istri beneran, sangat menarik untuk diikuti.
  • Kisah persahabatan antara tokoh utama dan dua temannya pada masa SD juga akan membuat kita bertanya-tanya, aku punya teman kayak gitu nggak sih, yang saling mendukung disaat susah.
  • Hero dalam drama ini sangat menyayangi gurunya yang menemukan bakatnya, gurunya akan selalu menjadi penyemangatnya jika ia sedang slump.
  • Aku kagum sekali bagaimana orang-orang menciptakan lagu hanya dengan melodi di kepalanya tanpa menggunakan alat musik, melihat tokoh utama disini membuat lagu hanya dengan selembar kertas, menunjukkan betapa berbakatnya dia.
  • Lagu-lagu yang diciptakan hero dalam asadora ini akan membuat kalian penasaran dan langsung nyari di youtube lagunya, pasti deh. 
 
25. Okaeri Mone (2021)

Cast. Kiyohara Kaya, Suzuki Kyoka, Uchino Seiyo, Makita Aju, Hamada Mari, Sakaguchi Kentaro, Hamada Gaku, Nishijima Hidetoshi, Denden, Nagase Ren, Tsunematsu Yuri, Maeda Kouki, Maiko, Imada Mio, Shimizu Hiroya, ect.

Story: Drama ini mengisahkan tentang heroine yang punya kampung halaman di Kesennuma, pada hari terjadi gempa dan tsunami Tohoku, ia tidak ada di pulau dan itu meninggalkan luka dalam dirinya, bahwa ia tidak seperti yang lain, bahwa ia tidak bisa melakukan sesuatu. Ia tidak punya sesuatu yang ingin ia lakukan dimasa depan dan memutuskan meninggalkan pulau dan tinggal di pegunungan Tome. Saat ia berusaha mencari apa yang ingin ia lakukan, ia bertemu dengan seorang peramal cuaca populer di TV. Saat tahu kalau pekerjaan peramal cuaca adalah pekerjaan yang bisa memprediksi masa depan, ia memutuskan untuk menjadi peramal cuaca. Dengan bantuan dokter klinik tempat dimana ia bekerja, ia berhasil lulus ujian peramal cuaca yang sulit.

Saat melakukan pekerjaan peramal cuaca yang ia impikan, ia menemukan hal lain dari pada sekedar menyampaikan cuaca. Ia mengetahui kalau pekerjaan itu berhubungan dengan nyawa manusia dan punya lingkup yang luas termasuk penanggulangan bencana. Karena sebuah bencana alam terjadi di kampung halamannya, ia kemudian memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya, karena ia ingin melakukan sesuatu untuk kampung halamannya dengan pengalaman yang ia dapatkan sebagai peramal cuaca.


Apa yang menarik dari drama ini?
  • Kiyohara Kaya. Dia adalah salah satu aktris muda jepang paling berbakat saat ini, denut diusia 13 tahun dalam sebuah asadora, sudah banyak yang menunggu penampilannya dalam asadora sebagai heroine.
  • Kisahnya mengambil latar masa sekarang/modern. Asadora biasanya mengambil latar masa lalu, zaman Meiji atau Showa sedangkan di asadora ini, ceritanya akan sampai pada tahun 2020. Ya memang sih tetap masa lalu juga karena dimulai dari tahun 1995, tapi untuk ukuran asadora, itu termasuk masa modern 😂
  • Ini termasuk asadora dengan pemandangan yang indah. Meski syutingnya dilakukan pada masa pandemi, tapi keindahan pemandangan alamnya tetap ditampilkan dengan baik.
  • Pasangan heroine dalam drama ini lebih populer dari heroine-nya, karakter Sakaguchi Kentaro dalam drama ini mampu memikat hari para penonton karena karakternya yang unik dan bikin baper. Meski karakternya tipe yang sulit dimengerti, tapi cintanya pada heroine luar biasa.
  • Asadora ini fresh banged kalau menurutku, penuh warna.
  • Banyak netizen jepang yang mengatakan asadora ini terlalu suram untuk sebuah asadora tapi itu karena tema yang diangkat dalam asadora ini memang berat, masalahnya banyak tentang bencana alam. Itu karena Jepang memang negara yang sering terjadi bencana alam.
 
Asadora ranking
-beberapa adalah berdasarkan pendapat pribadi aku-
 
 Asadora dengan rating rata-rata tertinggi sepanjang masa:
 
  1. Oshin (1983) - 52.6%
  2. Mayuko Hitori (1971) - 47.4%
  3. Ai Yori Aoku (1972) - 47.3%
  4. Hatoko no Umi (1974) - 47.2%
  5. Kita no Kazoku (1973) - 46.1%
  6. Ohanahan (1966) - 45.8%
  7. Tabiji (1967) - 45.8%
  8. Ashita Koso (1968) - 44.9%
  9. Miotsukushi (1985) - 44.3%
  10. Oteichan (1978) - 43.0%
 
Asadora dengan rating terendah sampai 2021:

  1.  Welkame (2009) - 13.5%
  2. Tsubasa (2009) - 13.8%
  3. Hitomi (2008) - 15.2%
  4. Chiritotechin (2007) - 15.9%
  5. Dandan (2008) - 16.2%
  6. Tenka (2004) - 16.2%
  7. Okaeri Mone (2021) - 16.3%
  8. Fight (2005) - 16.7%
  9. Imo Tako Nankin (2006) - 16.8%
  10. Wakaba (2004) - 17.0%
 
Asadora yang punya review bagus dimata netizen:
 
Amachan
Churasan
Ohanahan
Asa ga Kita
Manpuku

 
Asadora yang paling aku sukai:
 
Asa ga Kita
Chiritotechin
Gegege no Nyobo

*special mention: Yell


Heroine yang paling aku sukai:
 
Yatabe Mineko (Arimura Kasumi, Hiyokko)
Meiko (Anne, Gochisousan)
Fukuko (Ando Sakura, Manpuku)


Heroine yang paling kuat karakternya:
 
Ohara Itoko (Ono Machiko, Carnation
Chiyo (Sugisaki Hana, Ochoyan)
Tsuneko (Takahata Mistuki, Toto Nee-chan)


Heroine yang paling pure:
 
Shimomura Umeko (Umechan Sensei)
Yatabe Mineko (Hiyokko)
Sudo Yoko (Ohisama)


Pasangan heroine yang paling aku sukai: 
 
Muraoka Eiji (Suzuki Ryohei, Hanako to Anne)
Koyama Yuichi (Kubota Masataka, Yell)
Kameyama Masaharu (Tamayama Tetsuji, Massan)
 
*special mention: Shirooka Shinjiro (Tamaki Hiroshi, Asa ga Kita)


Supporting cast yang paling aku sukai:
-dengan cerita tersendirinya yang menarik-
 
Amano Haruko (Koizumi Kyoko, Amachan)
Hayama Renko (Nakama Yukie, Hanako to Anne)
Imai Hatsu (Miyazaki Aoi, Asa ga Kita)

*special mention: Adachi Yui (Hashimoto Ai, Amachan)


Pasangan asadora couple yang aku sukai:
 
Kameyama Ellie & Kameyama Masaharu (Charlotte Kate Fox & Tamayama Tetsuji, Massan)
Shirooka Asa & Shirooka Shinjiro (Haru & Tamaki Hiroshi, Asa ga Kita)
Muraoka Hana & Muraoka Eiji (Yoshitaka Yuriko & Suzuki Ryohei, Hanako to Anne)
 
*special mention: Mare & Keita (Mare), Wada Kiyomi-B & Soso / Hajime Aoki (Chiritotechin), Mone & Suganami-sensei (Okaeri Mone)


Opening Song (lagunya) terbaik menurutku:
 
Utada Hikaru - Hanataba wa Kimi ni (Toto Nee-chan)
AKB48 - 365 Nichi no Kamihihouki (Asa ga Kita)
Sawada Hiroyuki - Marezora (Mare)
 
*special mention: Kuwata Keisuke - Wakai Hiroba (Hiyokko) & SMAP - Sakasama no Sora (Umechan Sensei)


Video Opening Song terbaik menurutku:
 
Hanbun, Aoi OP - ini lucu banged menurutku, menggambar menggunakan imajinasi pada suatu objek dan membuatnya lebih menarik. Pertama kali liat videonya aku kagum banged
Umechan Sensei OP - openingnya menggunakan karakter dari lilin gitu, lucu banged.
Hiyokko OP - ini OP-nya juga kreatif, aku lupa namanya apa, tapi dia kayak alat sehari-hari tapi dibentuk jadi sebuah tempat gitu
 
*special mention: Okaeri Mone, Kaze no Haruka, Mare
 
 
Musik asadora terbaik:
-ini maksudnya adalah keseluruhan OST-nya atau musik yang diputar didalam drama, bukan cuma opening song-
 
Mare OST - menurutku belum ada asadora yang musiknya sebagus asadora ini, aku sampai koleksi semua musiknya
Fight OST
Ohisama OST
Amachan OST


Kakak beradik terbaik dalam asadora:
 
Asa & Hatsu (Miyazaki Aoi & Haru, Asa ga Kita)
Shimomura Umeko, Shimomura Takeo & Shimomura Matsuko (Horikita Maki, Koide Keisuke & Mimura; Umechan Sensei)
Kohashi Tsuneko, Kohashi Mariko, Kohashi Yoshiko (Takahata Mitsuki, Sagara Itsuki, Sugisaki Hana; Toto Nee-chan)

*special mention: Ohisama's siblings


2nd Lead Male yang paling bikin baper:
-yang aku maksud adalah yang suka sama tokoh utama tapi nggak jadi, alias tokoh pria yang bertepuk sebelah tangan pada heroine-
 
Yamada Tenyo (Yoshizawa Ryo, Natsuzora)
Ino Shiori (Takahashi Issei, Warotenka)
Kiba Asaichi (Kubota Masataka, Hanako to Anne)

*special mention: Dean Fujioka (Asa ga Kita), Sakaguchi Kentaro (Toto Nee-chan)
 

Persahabatan terbaik dalam asadora:
 
Blank Paper Alliance - Sudo Yoko, Soma Machiko, Tsutsui Ikuko (Inoue Mao, Maiko, Mitsushima Hikari; Ohisama)
Ando Hana & Hayama Renko (Yoshitaka Yuriko & Nakama Yukie; Hanako to Anne)
Kiaris: Bando Sumire, Ono Akemi, Tada Ryoko & Tasaka Kimie (Yoshine Kyoko, Tanimura Mitsuki, Momota Kanako, Tsuchimura Kaho; Beppin-san) 
 
*special mention: Ookuibaraki's friends, Otome Girls (Hiyokko);
 
 
Persahabatan heroine dan teman laki-lakinya yang terbaik:
-yang pure tanpa ada cinta yang terlibat-
 
 
Natsu & Yukijiro (Hirose Suzu & Yamada Yuki, Natsuzora)
Meiko & Genta (Anne & Wada Masato, Gochisousan)
Persahabatan di Carnation, aku lupa nama karakternya T_T 

*special mention: persahabatan Mineko dan Mitsuo (Arimura Kasumi & Izumisawa Yuki, Hiyokko)


Asadora dengan kisah terbaik menurutku:
 
Gegege no Nyobo
Asa ga Kita
Massan
 
 
*special mention: Hanako to Anne, Massan


Asadora yang paling enjoyable saat menontonnya:
 
Hiyokko
Amachan
Umechan Sensei


Asadora yang paling banyak membuatku menangis:
 
Ochoyan
Toto Nee-chan
Fight
 
*special mention: Ohisama, Hiyokko

 
Asadora yang paling banyak membuatku tertawa:
 
Chiritotechin
Amachan
Gochisousan
 
*special mention: Asa ga Kita

 
Asadora yang paling bikin baper sama pasangannya:
 
Keita & Mare (Yamazaki Kento & Tsuchiya Tao, Mare) - sampe kebawa ke real life donk ini
Suganami-sensei & Mone (Sakaguchi Kentaro & Kiyohara Kaya, Okaeri Mone) - aku nggak ngeship mereka di RL tapi di dramanya memang bikin baper wkwkwkw
Kiyomi B & Sousou (Munetaka Aoki & Kanjiya Shihori, Chiritotechin)
 
*special mention: Fight, Hiyokko


Asadora Recommendations for Beginner:
 
Amachan
Mare
Okaeri Mone
Hanbun, Aoi
Natsuzora

*btw itu kok posternya kebetulan nuansa biru semua ya? XD
*aku rekomendasikan kalian menonton asadora itu dimulai dari yang aktor/aktrisnya kalian suka, jadi nanti lebih enjoy nontonnya. Soalnya 100+ episode itu cukup berat meski cuma 15 menit per episode.

Oke, cukup sekian postingan mengenai asadora sejauh yang aku tahu, entah itu aku sudah membahas semua atau belum, tapi ya menurutku sudah cukup lengkap untuk mengenal lebih jauh mengenai asadora. Masih banyak hal yang mungkin belum ada disini, harap dimaklumi. 

Sebenarnya aku membuat postingan jauh sebelum NHK merilis website asadora mereka pada https://www.nhk.or.jp/archives/asadora/ tapi saat itu aku belum selesai mengedit postingan ini, eh mereka malah rilis website untuk merayakan 100 judul asadora. Karena itu aku nggak mood mengedit postingan ini lagi. Tapi belakangan saat cek draft blog, aku melihat postingan ini. Sayang banged udah nulis panjang nggak di post, jadi aku edit ulang dan aku post lagi. 😂

Semoga informasi ini membantu bagi kalian yang penasaran dengan asadora, atau mungkin ada yang mau mencoba menontonnya. Dijamin nggak akan menyesal sih nonton asadora, cuma memang episodenya banyak banged.

Share:

1 comment:

  1. Berharap banget Makita Aju jadi cast heroine di masa mendatang

    ReplyDelete

Translate

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts