Thursday, 18 May 2017

[Review] Anime Movie: Bungaku Shoujo / Book Girl (2010)


Lagi kangen anime movie dan nggak tahu lagi harus nonton yang mana, akhirnya lari ke sebuah movie lama berjudul Bungaku Shoujo / Book Girl / Literatur Girl. Awalnya aku pikir ini movie akan menceritakan tentang seorang gadis yang sangat menyukai buku, memang sih disini ada seorang gadis yang menyukai buku, tapi bukan dia tokoh utamanya, justru movie ini mengisahkan tentang orang lain. Menarik.


Book Girl adalah anime movie yang rilis pada tahun 2010, diproduksi oleh studio Production I.G yang diangkat dari sebuah light novel berjudul sama. Movie berdurasi 1 jam 40 menit ini bergenre misteri, drama, romance, school. Director movie ini adalah Shunsuke Tada yang menggarap anime series Kuroko no Basket, Tsubasa Shunraiki, Starmyu dan lain-lain.

SINOPSIS

Bungaku Shoujo menceritakan tentang Amano Touko, si gadis sastra yang sangat menyukai buku. Ia hobi membaca novel dan menjadi anggota satu-satunya klub sastra. Ia duduk di tahun kedua SMA. Tapi ada yang aneh dengan gadis ini, ia memakan kertas, kertas dari novel yang ia baca. Menurutnya rasa kertas tiap novel itu berbeda-beda dan ia menyukainya. Hal ini tak sengaja dilihat oleh Inoue Konoha, siswa tahun pertama, saat Touko memakan kertas di bawah pohon magnolia.

Untuk menjaga rahasianya, Touko memaksa Konoha masuk ke klub sastra. Meski ditolak tapi Touko tetap memaksanya masuk. Ia membuat Konoha menulis cerita-cerita pendek yang nantinya akan ia baca dan ia jadikan cemilan. Dan 2 tahun berlalu sejak saat itu. Sekarang Konoha sudah duduk di bangku kelas 2 SMA dan Touko di bangku kelas 3 SMA. Konoha masih menulis cerita untuk Touko sebagai cemilannya, meski kadang Konoha tampak tak bersemangat menulis.

Selain di klub sastra, kehidupan SMA Konoha biasa-biasa saja. Ia bertemu kembali dengan teman SMPnya Akutagawa yang absen sekolah beberapa lama karena ibunya masuk rumah sakit. Kemudian seorang gadis penjaga perpustakaan yang menyukainya dan berusaha lebih dekat dengannya. Konoha sih tampak oke-oke aja dengan hal itu.

Tapi masalah dimulai saat klub sastra dikirim surat kaleng yang berisi sebuah gambar. Awalnya Touko berfikir itu adalah siswa yang tertarik menjadi member baru, tapi ternyata tidak. Bahkan sudah 5 kali mereka dikirimi surat yang sama dan gambar yang sama. Sampai akhirnya mereka memergoki pelakuknya dan gadis itu mengatakan ia hanya iseng, tapi diam-diam si gadis mengatakan kalau ia disuruh mengirim gambar itu oleh seseorang bernama Inoue Miu. Mendengar nama itu, Konoha sangat terkejut, ia kelihatan ketakutan.

Touko tidak percaya itu hanya perbuatan iseng, ia mengajak Konoha kemudian mencari arti gambar itu yang ternyata terdapat salam sebuah novel Miyazawa Kenji, Night on the Galactic Railroad. Dan perlahan-lahan kita mulai kembali kemasa lalu Konoha yang berhubungan dengan novel itu. Tapi mereka mengungkitnya sepotong demi sepotong.

Saat menjenguk gadis yang menyukainya di rumah sakit, Konoha bertemu dengan teman masa SMP-nya Asakura Miu. Pertemuan ini mengubah kehidupan Konoha karena ia dihantui rasa takut dan bersalah akibat kejadian masa lalu. Pengirim surat bergambar itu ternyata adalah Miu, ia sudah lama meminta Akutagawa memberitahukan Konoha kalau ia kembali ke kota itu tapi akutagawa ternyata tak pernah mengatakannya pada Konoha.

Apa yang sebenarnya terjadi?
Singkat cerita. Miu dan konoha dulu adalah teman SD, Miu anak pindahan dan sulit bersosialisasi. Tapi Konoha mampu berinteraksi dengannya dan Miu menyukainya. Miu selalu punya khayalan dalam kepalanya karena suatu saat ia ingin menjadi penulis novel. Sementara Konoha selalu excited mendengarkan cerita Miu. Mereka bersama sampai SMP. Suatu hari, ada perlombaan menulis novel, Miu dan Konoha ikut. Konoha menulis hanya untuk kesenangannya saja, tapi ternyata ia memenangkan perlombaan itu. Karena saat itu penulis wanita lebih diminati, jadi Konoha menyamar menjadi penulis wanita bernama Inoue Miu. Konoha memberitahukan hal itu pada Miu dan malah membuat Miu kesal padanya. Miu mencoba bunuh diri dari atap sekolah karena hal itu. Sejak igu ia menghilang dan dirawat karena lukanya parah.

Pertemuan kembali tentu mengingatkan Konoha pada kejadian masa lalu. Ia tidak mengerti kenapa Miu melompat saat itu, apakah karena ia memenangkan lomba atau bagaimana. Usut punya usut ternyata Miu sudah lama kehabisan bahan cerita untuk Konoha dan ia menjiplak karya Kenji Miyazawa, karena itu Miu selalu melarang Konoha membaca novel Miyazawa Kenji. Saat mengikuti. lomba, Miu mengirimkan berkas kosong karena ia tidak punya ide menulis, ia pikir tidak mungkin anak SMP menjadi pemenang, tapi ternyata Konoha menang. Ia sangat membenci Konoha karena hal itu.

Sekarang Konoha kembali padanya dan ia tidak mau melepaskan konoha. Selama ini Miu selalu mengancam siapapun yang mendekati Konoha, termasuk Touko. Miu akan membuat orang-oranf jelek di hadapan Konoha. Miu dulunya adalah anak dari keluarga broken home. Ia dibenci di rumah dan satu-satunya temannya adalah Konoha. Hanya Konoha yang mengakuinya. Karenanya ia tidak mau Konoha di rebut, oleh novel ataupun orang lain.

Konoha sendiri karena rasa bersalah ia tidak bisa mengabaikan Miu. Apalagi saat Miu mencoba bunuh diri untuk kedua kalinya dan meski ia selamat, Miu sengaja menabrakkan diri ke mobil dan ia terluka lagi bahkan ingatannya kembali ke ingatannya saat SD. Demi Miu Konoha berjanji akan selalu disampingnya. Konoha bahkan berhenti dari klub sastra dan bahkan berhenti sekolah. Teman-temannya tentu saja khawatir pada Konoha karena mereka tahu kalau Miu hanya berpura-pura.

Pada akhirnya yang menyelesaikan masalah mereka adalah Touko. Touko yang membantu Konoha untuk mencari tahu apa sebenarnya keinginan Miu, karena Miu mengatakan kalau ia sama dengan Campanella, jadi mereka mencari tahu apa sebebenarnya keinginan  Campanella kenapa keluar dari kereta malam itu. Touko bisa dibilang penyelamat Konoha sih ya, karena ia selalu ada untuk Konoha. Saat Konoha ingin keluar dari klub, Touko mengatakan kalau ia akan selalu menunggu Konoha. Cerita yang Konoha buat untuknya ia tak akan pernah melupakannya. Dan ia menunggu cerita selanjutnya di novel buatan Konoha nantinya, meski Konoha mengatakan kalau ia sudah berhenti menulis.

Ini movie seru banged. Meski aku nggak pernah membaca Night on the Galactic Railroad dan nggak tahu mengenai Giovanni dan Campanella, aku bisa mengikuti dengan baik karena disini kita diajak melihat sedikit mengenai kisah Giovanni dan Campanella yang mirip dengan Miu dan Konoha.

Awalnya aku pikir ini movie ringan, ternyata berat eui. Aku benciiiiiiii sebenci bencinya sama Miu. Aku sama sekali nggak kasihan dengan dia, bahkan meski masalalunya begitu, bahkan jika dia jadi baik di akhir, pokoknya aku benci banged. Ini pertama kalinya aku benci banged sama karakter anime movie. Puncaknya sih saat ia mengatakan kalau Konoha adalah anjingnya yang hanya boleh melakukan perintahnya. UGHHHHHHH.
Paling suka adegan cewek yang suka sama Konoha itu akhirnya ambil tindakan dengan menyiram si Miu dengan air HAHAHAHHAHAHA rasain!

Tapu kalau nggak ada Miu ini anime nggak seru justru tokoh Miu disini paling kelihatan menonjol meski muncul di pertengahan. Aku benci banged sama Konoha pas dia mau berhenti sekolah supaya cuma bisa 24 jam bareng Miu. HELLOOOOO.
Tapi maklum sih, Miu dua kali melakukan percobaan bunuh diri di hadapannya.

Ending movie ini menggantung banged. Nanggung. Tapi ya its okay, meski cuma kaki, kita tahu kalau cewek yang datang ke rumah Konoha itu adalah Touko. Hanya saja aku nggak tahu apa pekerjaan Touko setelah dewasa. Mungkin jadi editor kali ya. Dan Konoha tetap menulis novel dengan nama Inoue Miu, penulis wanita. Adiknya bahkan nggak tahu kalau Inoue Miu itu kakaknya.
Tapi aku agak ragu juga sih, karena pas mereka SMA kayaknya banyak yang menyangka kalau Inoue Miu itu adalah Miu. Jangan-jangan yang datang ke rumah Konoha si Miu. ANDWEEEEEEEEEEE

Pokoknya ini movie seru. Wajib ditonton kalau menurut aku. Karena memang anime movie itu jarang banged ya. Biasanya anime berseries sambungannya ke movie, jadi kalau nggak nonton seriesnya rasanya ga asik gitu, sementara beberapa orang malas nonton series, pengen sekali tamat aja wkwkkwkw.
Tapi anime ini ada OVA juga kalau nggak salah 3 episode, aku nggak tahu sambungan ini atau sebelum movie ini. Meski nggak nonton OVA-nya, movienya sendiri udah bagus kok, nggak membingungkan.

Skor:

Story: 4/5
Cinematography: 4/5
Artwork: 3/5
Music: 3,5/5
Opening: 4/5
Ending: 2,5/5

Share:

3 comments:

  1. Eonni.. d'mna eonni download anime ini?? yang ukuran Pahe ad ngak eon anime ini??

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku download dari lk21 sih 😅 ada yg 360p

      Delete
  2. anime movie ini dah tak tonton berkali-kali, musiknya menurutku bagus, ceritanya malah ga begitu bagus tapi lumayan menarik. Suzumiya haruhi no shoushitsu juga bagus tapi harus nonton anime dramanya dulu

    ReplyDelete

Translate

Follow by Email

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


Follow Clover Blossoms on Twitter

[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Recent Posts

Recent Posts Widget

Popular Posts This Week

Actor / Actress

Airi Matsui Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Wakana Aom Sushar Araki Yuko Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Choi Ara Dori Sakurada Eikura Nana Eita Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayato Isomura Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Jeon Ji Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung Ryu Won Jung So Min Kamiki Ryunosuke Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kitamura Takumi Komatsu Nana Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Suda Masataka Kubota Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Miwa Miyu Yoshimoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Nadine Lustre Nagasawa Masami Nao Nijiro Murakami Nounen Rena Osamu Mukai Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taishi Nakagawa Takanori Iwata Takeru Sato Takuya Kusakawa Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tori Matsuzaka Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira

Drama / Movie

A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kaze no Haruka Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Man From The Stars March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ohisama Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Under the Hawthorn Tree Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Recent Comments

Random Posts