Kamis, 21 Oktober 2021

[Sinopsis] Okaeri Mone Episode 114

 
Sinopsis Okaeri Mone Episode 114

***

Setelah pembicaraan berat itu selesai, semuanya kembali menunjukkan senyuman mereka. Kakek mengatakan pada ayah Ryochin meski istrinya berada jauh disana, tapi terasa dekat, ia sama sekali tidak kesepian. Mereka menatap foto di altar nenek. Mone, Michi dan Ryochin bersiap keluar saat hujan tiba-tiba turun. Melihat hujan itu, Mone tersenyum dan teringat kata-kata Sayaka saat ia memutuskan menjadi peramal cuaca saat di panggung noh dulu, dimana jika semuanya terhubung ke jalannya maka hujan akan turun. Kira-kira gitu. Ryochin dan Michi bingung, Mone mengatakan bukan apa-apa. Michi dan Ryochin menembus hujan menuju mobil dan Mone telat mau membawakan payung untuk mereka.

Ayah Mone masuk ke ruang kerja kakek lagi. Ia menatap papan nama Nagaura Fishery dan foto peternakan tiram mereka yang rusak karena tsunami. Ayah menetapkan hatinya lagi. Michi kembali ke rumah setelah mengantar Ryochin dan ayahnya, ia kaget saat melihat ibu, ayah dan kakek duduk dengan wajah serius. Michi bertukar pandang dengan Mone. Ayah tampak serius, semua menahan nafas tapu kemudian ayah tertawa dan membuat semuanya bingung. Kakek mengatakan ada apa dengan ayah, padahal ayah tadi yang mengatakan ingin membicarakan sesuatu. Ayah mengatakan kalau ia tidak bisa sekeren ayah Ryochin dan kemudian meminta 2 puterinya untuk duduk bersama mereka. Ibu kemudian mengambil foto nenek karena nenek juga harus berkumpul dengan mereka. 

Awalnya ayah membicarakan mengenai Ayah Ryochin, mereka bersyukur sekali ayah Ryochin memulai langkah baru. Melihat ayah Ryochin hari ini, ayah mengatakan kalau ia juga ingin mencobanya, pekerjaan keluarga mereka, ia ingin mencobanya. Ini bukan tentang mewarisi atau apapun, tapi ia ingin mencobanya sejak lama. Kakek mengatakan kalau ayah pembohong, apanya yang sejak lama, padahal ayah sendiri yang begitu lulus SMA langsung ke Sendai. Ayah mengatakan saat itu ya saat itu, yang penting adalah sekarang, ia ingin mencobanya. Ayah mengatakan kalau manusia itu bisa berubah tapi ibu tertawa mengatakan kalau ia sama sekali tidak merasa ayah berubah. Michi setuju. Mone mengatakan kalau ayah selalu bersikap terus terang dan positif. Ayah mengatakan bulankah itu hal bagus. Semuanya tersenyum. Kakek mengatakan kalau begitu ayah cukup menjadi seperti sekarang saja. Kalau dia, apapun yang terjadi ia tidak akan bisa berpisah dengan laut. Meski rusak berkali-kali, memperbaiki berkali-kali, akan sangat sulit. Ayah kemudian duduk dengan sopan dan mengatakan kalau ia selama menjadi pegawai bank, ia mendengarkan berbagai kisah sulit dari banyak orang. Semuanya pada akhirnya membicarakan uang tapi bukan hanya itu yang mereka bicarakan, banyak yang berfikir untuk berhenti. Saat itu ada yang membicarakan kakek, semangat kakek akan peternakannya, saat rusak langsung diperbaiki tanpa pikir panjang tanpa ragu, karena ada kakek yang seperti itu maka yang lain juga bersemangat dan tidak menyerah. Ayah mengatakan kalau kakek sangat keren/hebat. 

Ayah yakin ada banyak orang yang melihat kakek dengan cara seperti itu, dan karena itu kota mereka bisa bertahan sejauh ini. Banyak yang membutuhkan tempat seperti itu, tempat dimana mereka bisa melihat semangat seseorang yang membuat mereka juga bersemangat. Karena itu, ayah pikir mereka tidak boleh mengakhiri peternakan tiram dimasa kakek. Jika memang kakek berencana menutupnya, maka ia ingin kakek memberikan peternakan itu padanya. Ayah serius mengenai hal ini, ia bahkan sampai bersujud dihadapan kakek. Kakek mengatakan kalau ayah bahkan tidak bisa mengendarai kapal. Ayah mengatakan itu sama saja dengan mobil, jika ia belajar ia pasti bisa melakukannya. Kakek mengatakan kalau ayah terbiasa di kota, memangnya bisa mengurus tiram?
Ayah mengatakan kalau ia bisa belajar dari kakek lalu ia akan berusaha melakukan sesuatu. Kakek mengatakan kalau itu tidak mudah, jangan menganggap remeh. Ayah mengatakan kalau ia tak pernah bilang itu mudah. Ia tahu ini tak mudah, karena itu ia akan melakukannya. Kakek menahan air matanya saat ia mengatakan kalau ayah mau melakukannya mak lakukan saja, tapi ia yakin ayah nggak akan bisa melakukannya. Kakek sebenarnya terharu melihat puteranya itu. Tapi ia menahannya. Ibu dan ayah senang sekali karena akhirnya kakek memberi izin.

Setelah itu, para wanita sibuk di dapur. Mone bertanya apakah itu artinya ayah akan berhenti dari bank mulai Maret? Ibu membenarkan. Mone bertanya pendapat ibu mengenai hal ini. Ibu mengatakan kakau ayah adalah orang yang bagus dalam melakukan pekerjaan apapun dan lagi ia tidak ingin kehilangan peternakan tiram kakek. Michi mengatakan tiba-tiba sekali ayah ingin menjadi nelayan. Ibu mengatakan kakau kelihatannya memang nggak mungkin, tapi seperti yang ayah katakan tadi, kita boleh mengubah hal yang ingin kita lakukan. Kapanpun memulainya nggak masalah. Ibu mengatakan lagi pula sejak awal keluarga tak berharap ayah jadi nelayan. Mone bertanya apa maksudnya.

Flashback ke masa lalu, saat ayah dan ibu baru menikah. Ibu pulang tergesa-gesa dan meminta maaf karena nenek yang melakukan pekerjaan rumah, padahal ia sebagai menantu sudah pindah kesana. Nenek mengatakan nggak masalah karena mereka adalah mereka. Lagian ia menyukai ibu yang tetap mempertahankan pekerjaan sebagai seorang guru. Nenek mengatakan kalau kakek juga menganggap ayah sebagai kebanggaannya. Nenek mengatakan sebuah rahasia pada ibu, bahwa saat ayah memutuskan kuliah di Sendai dan menjadi pegawai bank, kakek sebenarnya sangat sangat senang. Ibu terkejut karena ia pikir keluarga ingin ayah menjadi nelayan. Nenek mengatakan pada saat mereka menamai ayah setelah lahir, mereka bahkan nggak berfikir menginginkan ayah jadi nelayan. Kakek dan nenek menamai ayah dengan Koji, dari kanji yang nggak ada hubungannya dengan laut. Mereka hanya berharap dengan kekuatan sendiri ayah bisa menjalani hidupnya. Karena itu, meski nggak menjadi nelayan, mereka tetap senang dengan pilihan ayah. 

Kembali ke masa sekarang. Ibu tersenyum mengingat itu. Ibu mengatakan pada Mone dan Michi untuk melakukan apa yang mereka sukai. Mone dan Michi mengerti. 

***

Ayah mengubah jalan hidupnya diusia yang sudah tidak muda lagi, makanya kakek juga berfikir kalau ayah tidak akan bisa melakukannya. Tapi ayah sudah menetapkan hatinya bahwa ia ingin memulai lembar baru dalam hidupnya. Mungkin bagi kakek ayah menyianyiakan perjuangannya sebagai pegawai bank selama ini. Tapi bagi ayah ia ingin membantu usaha keluarga, ia ingin mencoba apa yang ia tinggalkan selama ini.
Keluarga Nagaura tidak pernah menetapkan masa depan anggota keluarga mereka. Lakukan apa yang kamu inginkan, apa yang kamu sukai. Nggak ada larangan mencoba sesuatu yang baru meski mereka dari keluarga nelayan. 


Share:

2 komentar:

  1. aAAAAA BAWANG LAGI :'(((
    Tapi besoook yeaaay
    suganami sensei
    pengen nonton live tapi gatau caranya

    BalasHapus
  2. Ayah keren 👍👍
    Gasabar besok hehehe..

    BalasHapus

Translate

Ads Here

NOTE:

DILARANG RE-UPLOAD / COPY PASTE TULISAN DI BLOG INI!

JIKA INGIN SHARE, CUKUP LINK KE POSTINGANNYA SAJA, BUKAN ISINYA!


[Trivia] Japanese Movie Recommendations List

Karena ada banyak yang menanyakan rekomendasi untuk J-Movie, jadi aku memutuskan untuk membuat list rekomendasi Japanese Movi...

Popular Posts This Month

Actor / Actress

Airi Matsui Ando Sakura Anna Ishii Aoi Miyazaki Aoi Morikawa Aoi Wakana Aoi Yu Aom Sushar Araki Yuko Ayase Haruka Bebe Tanchanok Chen Duling Chiba Yudai Chinen Yuri Choi Ara Dai Lu Wa Daiki Shigeoka Darren Wang Dori Sakurada Eikura Nana Eita Elaiza Ikeda Fujiki Naohito Fuka Koshiba Fukagawa Mai Fukatsu Eri Fukuchi Momoko Fukushi Sota Fuma Kikuchi Fumi Nikaido Furuhata Seika Gao Zhi Ting Go Kyung Pyo Gong Yoo Gou Ayano Hamano Kenta Han Seung Yeon Han Yeri Hana Sugisaki Haru Kuroki Haruka Fukuhara Haruma Miura Haruna Kawaguchi Hasegawa Hiroki Hashimoto Ai Hashimoto Kanna Hayami Akari Hayato Isomura Higa Manami Hikari Mitsushima Hirano Sho Hiroki Narimiya Hirose Alice Hirose Suzu Honoka Yahagi Horii Arata Hou Ming Hao Hu Yi Tian Hwang Jung Eum Hyeri Igawa Haruka Imada Mio Inoue Mao Ishihara Satomi Jang Se Hyun Ji Soo Ji Woo Joo Won Jun Shison Jung So Min Kaku Kento Kamiki Ryunosuke Kamishiraishi Moka Kamishiraishi Mone Kaname Jun Kanichiro Kanjiya Shihori Kasumi Arimura kawakami juria Kei Tanaka Kengo Kora Kentaro Kento Hayashi Kento Nagayama Kim Go Eun Kim Ji Won Kim Min Suk Kim So Hyun Kim Soo Hyun Kim Tae Ri Kim Woo Bin Kim Yoo Bin Kim Yoo Jung Kim Yoo Mi Kinami Haruka Kiritani Kenta Kitamura Takumi Kiyohara Kaya Kiyohara Sho Komatsu Nana Koseki Yuta Kou Shibasaki Kubota Sayu Kudo Asuka L Lee Bo Young Lee Chung Ah Lee Dong Hwi Lee Dong Wook Lee Gi Kwang Lee Jong Suk Lee Joon Lee Soo Hyuk Lee Yoo Jin Li Lan Di Lily Franky Mackenyu Mahiro Takasugi Maika Yamamoto Maki Horikita Makita Aju Mamiya Shotaro Marie Itoyo Masahiro Higashide Masaki Okada Masaki Suda Masataka Kubota Matsumoto Jun Matsushima Nanako Mayu Matsuoka Mei Nagano Mikako Tabe Mike D angelo Min Do Hee Minami Hamabe Minami Sara Mio Yuki Mirai Moriyama Mirai Shida mirai suzuki Mitsuki Takahata Mitsushima Shinnosuke Miwa Miyazawa Hio Miyu Yoshimoto Mizuki Yamamoto Moe Arai Mone Kamishiraishi Mugi Kadowaki Nadine Lustre Nagasawa Masami Nagase Ren Nakajima Kento Nakamura Tomoya Nao Nao Matsushita Nijiro Murakami Nounen Rena Okada Kenshi Osamu Mukai Otani Ryohei Park Bo Gum Park Eun Bin Park Hae Jin Park Seo Joon Park Shin Hye Pattie Ungsumalynn Phan Pagniez Reina Visa Rena Matsui Riho Yoshioka Rina Kawaei Ryo Ryusei Ryo Yoshizawa Ryoma Takeuchi Ryota Katayose Ryu Hwa Young Ryu Jun Yeol Sagara Itsuki Sairi Itoh Saito Takumi Sakaguchi Kentaro Sakuma Yui Sakurako Ohara Sato Kanta Satoshi Tsumabuki Seino Nana Seo Hyun Jin Seto Koji Shen Yue Shim Eun Kyung Shimon Okura Shin Hyun Soo Shirota Yuu Shohei Miura Shono Hayama Shuhei Nomura Shunya Shiraishi sometani shota Son Seung Won Song Ha Yoon Suga Kenta Sun Woong Suzuki Ryohei Suzy Taiga Taishi Nakagawa Takahashi Issei Takanori Iwata Takayuki Yamada Takeru Sato Takuya Kusakawa Tamaki Hiroshi Tao Phiangphor Tasuku Emoto Tomita Miu Tomoshita Yamashita Tori Matsuzaka Toyokawa Etsushi Tsubasa Honda Tsuchiya Tao Uchida Rio Ueno Juri Wan Peng Yamazaki Kento Yamoto Yuma Yo Oizumi Yoo In Na Yoo Seung Ho Yook Sung Jae Yoon Park Yoon So Hee Yoshine Kyoko Yosuke Sugino Yu Aoi yua shinkawa Yui Aragaki Yuina Kuroshima Yuki Furukawa Yuki Izumisawa Yuki Yamada Yukino Kishii Yuko Oshima Yuna Taira Yuriko Yoshitaka Yuta Hiraoka Yuya Matsushita Yuya Yagira Zhang Yao

Drama / Movie

3A 99.9 A Love So Beautiful A Story of Yonosuke Age of Youth 2 Always Sunset on Third Street amachan Anikoma Anohana Anone Ao Haru Ride Arbitratily Fond Asa ga Kita Ashi Girl At Cafe 6 Beppin-San Biscuit Teacher and Star Candy Bittersweet Boku Dake ga Inai Machi Boku no Ita Jikan Boukyaku no Sachiko Bubblegum Cafe Waiting Love Carnation Chia Dan Chihayafuru Chimudondon Chugakusei Nikki Churasan Come Come Everybody Crybaby Pierrot's Wedding Crying Out Love in the Center of the World Daily Lives of High School Boys Dating DNA Departures Eulachacha Waikiki Evergreen Love Father is Strange Fight Fleet of Time Forever Young Frankenstein no Koi From Five to Nine Gakko no Kaidan Gegege no Nyobo Gochisousan God Gift Good Morning Call Good Morning Call 2 Goon Ju Hana and Alice Hana Nochi Hare Hanako to Anne Hanbun Aoi Haruchika Hirunaka no Ryuusei Hirune Hime Hiyokko Honey and Clover Hot Road Hyouka I Love You in Tokyo I Want to Eat Your Pancreas If We Were A Season Itakiss LIT Itakiss LIT S2 Itakiss Movie Kahogo no Kahoko Kakegurui Kaze no Haruka Keiji Yugami Kidnap Tour Kiki Delivery Service Kimi no Na Wa Kingyo Club Kiss Me Thailand Koe no Katachi Koinaka Kuragehime Linda Linda Linda Little Forest Love Letter Lucky Romance Ma Boy Maiagare Man From The Stars Manpuku March Comes in Like a Lion Mare Massan May Who? Meteor Garden 2018 Moriyamachu Driving School My Huckleberry Friends My Husband Can Not Work My Little Sweet Pea My Old Classmate Nagi no Asukara Narratage Natsuzora Nodame Cantabile Oboreru Knife Ochoyan Ohisama Okaeri Mone Omotesando On The Wings of Love One Million Yen Girl One Week Friends Operation Love Orange Orange Days Ore Monogatari Our Little Sister Our Times Peach Girl Pinocchio Princess Hours Thailand Rage Rainbow Song ReLIFE Reply 1988 Romance Full of Life Sannin No Papa she was pretty Shigatsu wa Kimi no Uso Sing Salmon Sing Solanin Sound of Your Heart Splish Splash Love Ssam My Way Strobe Edge Sukina Hito ga Iru Koto Teiichi no Kuni Tenno no Ryoriban The 100th Love The Anthem of the Heart The Best Hit The Great Passage The Left Ear The Woodsman and The Rain The World of Us Today's Kira-kun Todome no Kiss Toki wo Kakeru Shojo Tokyo Tarareba Girls Tomorrow Cantabile Tonari no Kaibutsu-kun Toto Nee Chan Twenty Years Old Twilight Saya in Sasara Uchiage Hanabi Under the Hawthorn Tree Unnatural Wakamonotachi Warotenka We All Cry Differently What A Wonderful Family When We Were Young While You Were Sleeping Wise Prison Life Wood Job Yellow Elephant Yesterday Once More Your Lie in April Youth Over Flowers

Blog Archive

Advertise here

Recent Comments

Random Posts